Latest Phone

Oppo Pad Air2

Tecno Spark Go 2024

Tecno Spark 20

BUMN Gandeng Microsoft Untuk Akselerasi Transformasi Digital

Telko.id – Kementerian BUMN mendukung kolaborasi strategis antara Grup BUMN dengan Microsoft untuk mengakselerasi dan memperluas transformasi digital di ekosistem BUMN.

Kolaborasi ini dilakukan melalui pemanfaatan Office 365 di BUMN, anak dan cucu perusahaan dalam grup BUMN.
Kemitraan ini diwujudkan dalam penandatanganan Framework Agreement antara Forum Digital BUMN (FORDIGI BUMN) sebagai forum koordinasi Grup BUMN di bidang Teknologi dan Informasi dengan Microsoft di Seattle pada Senin pagi, 18 Desember 2023.

Acara penandatanganan yang dilakukan antara Muhamad Fajrin Rasyid – Ketua Umum FORDIGI BUMN dan Robert Karczewski – Director Operations Microsoft Asia Pacific Operation Center.

Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Tedi Bharata – Deputi Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN selaku pembina dari FORDIGI BUMN, Antony Cook –  Corporate Vice President & Deputy General Counsel Microsoft, Raghu Ramakhrishnan – Chief Technology Officer for Data Microsoft, dan Dharma Simorangkir – Presiden Direktur Microsoft Indonesia.

Baca juga : Telkomsel Integrasi Microsoft Azure Artificial Intelligence

“Kepemimpinan teknologi dan transformasi digital di ekosistem BUMN merupakan fondasi untuk kekuatan dan kemajuan. Dengan peran besar BUMN sebagai lokomotif pembangunan bangsa dan skala Grup BUMN yang demikian besar, kita harus memastikan tidak ada yang tertinggal: semua holding BUMN, juga anak, dan cucu perusahaan di seluruh nusantara,” kata Tedi Bharata seusai momen penandatanganan kerangka kerja FORDIGI BUMN dan Microsoft (18/12).

Ia pun menyebutkan bahwa tidak hanya yang besar dan yang di kota besar tapi semua bertransformasi, tanpa terkecuali.

Ini adalah ikhtiar yang memerlukan dukungan dan sinergi di dalam BUMN dan dengan berbagai pihak, sebagaimana arahan Menteri BUMN, Erick Thohir.
“Untuk itu kami menyambut baik kemitraan FORDIGI BUMN dengan Microsoft untuk mengakselerasi transformasi digital di ekosistem BUMN yang didalamnya terdapat lebih dari 800 perusahan dengan lebih dari 1 juta karyawan BUMN,” ungkap Tedi Bharata.

Kolaborasi ini kedepannya akan dapat meningkatkan keamanan data melalui keamanan siber yang lebih baik di lingkungan Grup BUMN, selain itu juga bisa meningkatkan penggunaan AI untuk optimalisasi pengelolaan bisnis BUMN.

Sementara itu, Muhamad Fajrin Rasyid mengatakan, “Kolaborasi strategis dengan Microsoft ini sejalan dengan komitmen Kementerian BUMN dan upaya FORDIGI BUMN untuk mempererat sinergi dalam Grup BUMN, serta dengan para mitra penyedia solusi teknologi untuk mempercepat dan memperluas transformasi digital di ekosistem BUMN agar menjadi technology leader yang berdaya saing global”.

Saat ini, Office 365 sudah digunakan sebagai platform produktivitas digital dan modernisasi cara kerja di berbagai BUMN dan afiliasinya.

Pemanfaatan Office 365 secara lebih meluas di Grup BUMN akan memungkinkan karyawan BUMN untuk bekerja, berbagi hasil pekerjaan, dan berkolaborasi dari mana saja, serta dengan perangkat apa saja, menggunakan rangkaian aplikasi produktivitas berbasis cloud Microsoft.

Dilengkapi dengan lapisan-lapisan keamanan yang membantu melindungi data karyawan, teknologi ini akan mendukung sinergi BUMN dalam meningkatkan nilai ekonomi dan dampak sosial di Indonesia.

“Kami merasa terhormat dapat mengambil bagian dalam akselerasi transformasi digital Grup BUMN dan berharap bisa meneruskan momentum positif ini dengan berkolaborasi bersama FORDIGI BUMN di bidang lain, seperti generative AI dan cybersecurity,” ujar Dharma Simorangkir, Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir dalam kesempatan yang samasama.

Kementerian BUMN bersama dengan FORDIGI BUMN berkomitmen untuk  mengakselerasi dan memperluas transformasi digital di Grup BUMN dengan bekerjasama dengan para mitra penyedia teknologi untuk menghadirkan perubahan positif yang signifikan bagi  BUMN Group. (Icha)

Latest

Flash Sale realme Note 50 Terjual Lebih dari 20 Ribu Unit

Telko.id – Kehadiran realme Note 50 melalui program flash...

Samsung Galaxy Fit3, Smartband Canggih Di Bawah Rp1 juta!

Telko.id -Samsung Electronics meluncurkan Galaxy Fit3, smartband canggih yang...

Piala by.U 2024 Kembali Digelar, Melibatkan 912 Sekolah!

Telko.id – Telkomsel melalui produknya by.U akan menggelar Piala...

Xiaomi 14 Series Hadir Berbekal Leica Optics dan Xiaomi HyperOS

Telko.id – Xiaomi baru meluncurkan Xiaomi 14 Series, yakni...

Rekomendasi

BAKTI Kominfo Sediakan Akses Internet di TPS di 3T

Telko.id – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo memfasilitasi kebutuhan akses internet di wilayah terluar, tertinggal dan terdepan (3T) untuk penyelenggara Pemilu. Hal...

Menjaga Kedaulatan Indonesia di Angkasa dengan Bisnis Satelit

Telko.id - Indonesia sebagai negara kepulauan yang besar selayaknya memberikan perhatian kepada bisnis satelit. Sayangnya, bisnis satelit di Indonesia jarang diperbincangkan dan kurang mendapatkan...

BAKTI Buka Suara Soal Terseretnya Korupsi SAP

Telko.id – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) buka suara terkait namanya yang terseret dalam kasus korupsi yang dilakukan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini