Latest Phone

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Tecno Spark 20

Tahun 2024, Target Bangun BTS 4G BAKTI di Papua Semua Selesai

Telko.id – Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Fadhilah Mathar menyatakan akan memperkuat koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk memenuhi target pembangunan 630 Base Transceiver Station (BTS) 4G di Papua.

Menurutnya, BAKTI Kementerian Kominfo mengutamakan keamanan karyawan mitra penyedia pembangunan BTS 4G.

“Kami berupaya memastikan para karyawan dan mitra penyedia BAKTI yang sedang berkegiatan di wilayah tersebut selamat dan terhindar dari risiko. Sumberdaya manusia merupakan aset yang paling berharga bagi kami sehingga setiap kali ada ancaman dan gangguan, karyawan dan mitra selalu menjadi perhatian kami detik demi detik,” jelasnya di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

BAKTI Kementerian Kominfo membangun hampir 5.000 BTS 4G di daerah 3T. Perangkat penyedia sinyal telekomunikasi itu terletak di 4.991 desa dalam 134 kabupaten dan 26 provinsi.

Baca juga : Kominfo Bentuk Satgas untuk Tuntaskan Program BTS 4G BAKTI

“Paling banyak dii Provinsi Papua yakni sebanyak 630 BTS 4G,  selanjutnya Papua Barat Daya sebanyak 596 BTS 4G dan Kalimantan Barat sebanyak 553 BTS 4G,” tutur Fadhilah.

Menurutnya, Papua menjadi salah wilayah fokus sasaran Program Pembangunan BTS 4G BAKTI Kementerian Kominfo. Oleh karena itu, Dirut  Fadhilah Mathar berrap situasi Papua segera kembali aman dan damai dengan dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

“Dari pengalaman kami bekerja sama dengan masyarakat Papua kami yakin bahwa situasi yang memanas segera reda dan semua orang mendapat perlindungan penuh rasa kemanusiaan dari mereka,” jelasnya.

Ketua Satuan Tugas BAKTI Kementerian Kominfo Sarwoto Atmosutarno menjelaskan pembangunan BTS 4G di daerah 3T, termasuk Papua dilakukan bekerja sama dengan pemerintah daerah.

“Lahan itu 20 x 20 meter disediakan pemda makanya ada kerjasama Kominfo dengan Kemendagri. Jadi begitu kita bicara yang lahan itu, maka kita berbicara relokasinya dengan Kemendagri,” jelasnya.

Menurut Sarwoto, Satgas BAKTI Kominfo juga telah menyarankan agar usulan pembangunan BTS 4G di daerah 3T bisa dilakukan secara bottom up.


“Dengan begitu, para bupati di daerah 3T dapat mengajukan usulan pembangunan BTS 4G di wilayah kerjanya masing-masing,” ungkapnya.

Ketua Satgas BAKTI Kominfo mengakui Pembangunan BTS 4G di wilayah Papua menghadapi kendala geografis. Menurutnya, pengiriman bahan untuk membangun BTS 4G menemui kendala transportasi untuk pengangkutan.

“Memang ada kesulitan transportasi, nah ini mau diatasi bagaimana tim yang bekerja ini mau mengakses dan mengirimkan logistik ke sana,” ujarnya.

Penyebaran penduduk yang tidak merata juga menjadi tantangan tersendiri pembangunan BTS 4G di wilayah Papua.

“Dalam membangun BTS 4G dipertimbangkan jumlah populasi. Pembangunan bisa dilakukan kalau jumlah penduduk di suatu wilayah di atas 500 orang. Kemudian, kemampuan populasi. Apakah punya handphone? Kalau nggak ya untuk apa,” jelas Sarwoto.

Ketua Satgas BAKTI Kominfo pun menegaskan, 630 BTS 4G yang belum selesai akan dirampungkan tahun 2024. Lantas, pada tahun 2025 seluruh BTS 4G sudah beroperasi penuh.

“Termasuk juga proyek 30 ribu titik akses internet untuk sekolah, puskesmas, keamanan di daerah perbatasan. Kita punya polisi dan TNI yang bertugas di perbatasan yang memerlukan pendataan informasi,” tuturnya. (Icha)

Latest

Flash Sale realme Note 50 Terjual Lebih dari 20 Ribu Unit

Telko.id – Kehadiran realme Note 50 melalui program flash...

Samsung Galaxy Fit3, Smartband Canggih Di Bawah Rp1 juta!

Telko.id -Samsung Electronics meluncurkan Galaxy Fit3, smartband canggih yang...

Piala by.U 2024 Kembali Digelar, Melibatkan 912 Sekolah!

Telko.id – Telkomsel melalui produknya by.U akan menggelar Piala...

Xiaomi 14 Series Hadir Berbekal Leica Optics dan Xiaomi HyperOS

Telko.id – Xiaomi baru meluncurkan Xiaomi 14 Series, yakni...

Rekomendasi

BAKTI Kominfo Sediakan Akses Internet di TPS di 3T

Telko.id – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo memfasilitasi kebutuhan akses internet di wilayah terluar, tertinggal dan terdepan (3T) untuk penyelenggara Pemilu. Hal...

Menjaga Kedaulatan Indonesia di Angkasa dengan Bisnis Satelit

Telko.id - Indonesia sebagai negara kepulauan yang besar selayaknya memberikan perhatian kepada bisnis satelit. Sayangnya, bisnis satelit di Indonesia jarang diperbincangkan dan kurang mendapatkan...

BAKTI Buka Suara Soal Terseretnya Korupsi SAP

Telko.id – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) buka suara terkait namanya yang terseret dalam kasus korupsi yang dilakukan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini