spot_img
Latest Phone

OpenAI Siapkan Browser dengan AI, Saingan Google Chrome

Telko.id - OpenAI sebagai induk perusahaan dari ChatGPT sedang...

TECNO Luncurkan POVA 7 Series, Desain Futuristik dan Performa Gaming AI

Telko.id - TECNO resmi meluncurkan POVA 7 Series di...

Google Akhirnya Gabungkan Android dan ChromeOS, Apa Kelebihannya?

Telko.id - Google secara resmi mengonfirmasi rencana besar mereka...

Garmin Venu X1 Resmi Dirilis: Smartwatch Teringan dengan Layar 2 Inci

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan Venu X1,...

OPPO Reno14 Pro Berbekal MediaTek Dimensity 8450, Performa Lebih Cepat

Telko.id - OPPO resmi memperkenalkan Reno14 Pro sebagai smartphone...
Beranda blog Halaman 87

Telkomsel Hadirkan Internet BAIK Festival (IBFEST) 2025, Ini Targetnya!

0

Telko.id – Telkomsel kembali menghadirkan Internet BAIK Series 9, program Corporate Social Responsibility (CSR) tahunan yang bertujuan meningkatkan literasi digital serta mendorong pemanfaatan teknologi secara Bertanggung Jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif (BAIK).

Tahun ini, Internet BAIK mengusung konsep festival (Internet BAIK Festival/IBFEST) dengan tema “Ignite Ideas, Unleash Creativity”.

Program ini menghadirkan berbagai kegiatan edukatif dan kompetisi yang berfokus pada pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) bagi pelajar SMA/SMK sederajat, sejalan dengan misi Asta Cita pemerintah Republik Indonesia dalam pengembangan sumber daya manusia unggul.

IBFEST juga mendukung target Kementerian Komunikasi dan Digital dalam mencetak talenta digital nasional guna mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Baca juga : Telkomsel DigiAds Ramadan Insight 2025, Gambarkan Perilaku Konsumen

“Transformasi digital di Indonesia berkembang pesat dan menghadirkan banyak peluang kemajuan untuk bangsa kita. Literasi digital kini menjadi kunci utama agar masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan teknologi secara bijak, aman, dan produktif,” kata Nezar Patria, Wakil Menteri Komunikasi dan Digital Republik Indonesia.

Oleh karena itu, menurut Nezar, program seperti Internet BAIK Series 9 menjadi relevan dalam mendukung kesiapan masyarakat menghadapi perkembangan AI secara bijak.

“Melalui kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, komunitas, dan dunia pendidikan, saya yakin kita dapat menciptakan masyarakat digital yang lebih cerdas, beretika, dan bertanggung jawab,” kata Nezar menambahkan.

Menurut laporan “Agenda Peluang Kecerdasan Artifisial untuk Indonesia Emas 2045” oleh Google, pemanfaatan AI berpotensi meningkatkan keunggulan ekonomi Indonesia hingga Rp2.612 triliun (167 miliar USD) pada 2030, yang setara dengan hampir 13% PDB Indonesia pada 2022.  

Selain itu, disebutkan juga bahwa AI dapat membantu Indonesia mencapai visi Indonesia Emas 2045 dengan meningkatkan produktivitas dan inovasi di berbagai sektor.

Teknologi ini dapat mengubah cara bisnis beroperasi, mempercepat penelitian ilmiah, serta mendorong industri menghasilkan karya inovatif.

“Melalui IBFEST, Telkomsel ingin membekali generasi muda dengan keterampilan AI yang aplikatif. Kami percaya bahwa AI bukanlah ancaman yang akan menggantikan peran manusia, melainkan teknologi yang dapat memperkuat kapabilitas dan kreativitas manusia,” kata Saki H. Bramono, Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel.

Ia pun menyebutkan bahwa Telkomsel ingin peserta tidak hanya memahami AI secara teori, tetapi juga menggunakannya secara bertanggung jawab untuk menciptakan solusi nyata yang bermanfaat, baik dalam pengembangan bisnis, penelitian, maupun karya kreatif yang berdampak positif.

IBFEST 2025 menawarkan tiga jalur peminatan yang dirancang untuk membantu peserta mengoptimalkan AI sesuai dengan minat mereka:

  • Biztech – Menggunakan AI untuk menciptakan solusi bisnis dan sosial melalui riset dan pengembangan produk berbasis teknologi.
  • Genius – Memanfaatkan AI dalam penelitian untuk menghasilkan inovasi yang berdampak nyata di berbagai bidang.
  • Creativy – Menggabungkan AI dengan seni untuk menciptakan musik, video, dan karya visual yang orisinal serta bermakna.

Selain kompetisi untuk pelajar, IBFEST juga melibatkan guru dan tenaga pengajar melalui program pelatihan dan sertifikasi AI yang bekerja sama dengan Kuncie, platform pembelajaran digital dari Telkomsel.

Sebagai bagian dari Telkomsel Jaga Cita – inisiatif Telkomsel untuk menciptakan dampak melalui penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) secara berkelanjutan – Internet BAIK turut mendukung pendidikan yang lebih inklusif, adaptif, dan berkelanjutan di Indonesia.

Ini khususnya diwujudkan dengan menghadirkan akses dan solusi digital yang memperluas peluang belajar bagi pelajar dan tenaga pendidik bersama platform Telkomsel lainnya, seperti Ilmupedia, Skul.id, Kuncie, dan by.U.

“Melalui Internet BAIK dan inisiatif Telkomsel Jaga Cita, kami tidak hanya ingin membekali generasi muda dengan keterampilan digital, tetapi juga menginspirasi mereka untuk memanfaatkan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab,” tambah Saki.

Ia pun percaya bahwa ekosistem digital yang aman dan inklusif akan mendorong interaksi yang lebih positif serta melahirkan talenta-talenta muda yang siap menjadi agen perubahan bagi masa depan Indonesia.

Sejak diluncurkan pada 2016, program Internet BAIK telah menjangkau lebih dari 21.331 pelajar di 1.484 sekolah, melibatkan lebih dari 9.553 guru, orang tua, dan komunitas di 296 kota/kabupaten, serta melahirkan lebih dari 1.600 Internet BAIK Agents of Change dan 1.100 Digital Creative Content.

Melalui Internet BAIK Festival 2025, Telkomsel berkomitmen untuk semakin memperkuat ekosistem pembelajaran digital dan pemanfaatan AI yang inklusif dan inovatif, sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045.

IBFEST 2025 resmi dibuka di SMAN 3 Bogor pada 19 Februari 2025. Setelah Bogor, program ini akan mengadakan roadshow ke sejumlah kota lainnya serta membuka akses partisipasi online bagi pelajar SMA/SMK sederajat di seluruh Indonesia. (Icha)

Scala by Metranet Jawab Tantangan Transformasi Digital

0

Telko.id – Memasuki era yang semakin didominasi oleh teknologi, transformasi digital telah menjadi kebutuhan utama bagi organisasi di berbagai sektor.

Percepatan perubahan ini menjadi tantangan bagi setiap industri untuk segera mengambil langkah nyata dalam bertransformasi, baik dalam aspek operasional, strategi, maupun inovasi.

Menjawab tantangan tersebut, Scala by Metranet platform milik anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) hadir sebagai mitra strategis untuk membantu organisasi melakukan transformasi digital dengan lebih terorganisir.

Melalui pendekatan yang holistik, Scala tidak hanya menyediakan solusi digital, tetapi juga memberdayakan sumber daya manusia dan membangun strategi yang adaptif untuk membantu organisasi menciptakan ekosistem digital yang berkelanjutan. 

Baca juga : Xooply Hadir Untuk Meningkatkan Kualitas SPBE di Indonesia

Scala memiliki tiga layanan utama yang dirancang untuk membantu setiap organisasi dalam melakukan transformasi digital:

#1 Advisory Services Scala menyediakan layanan konsultasi dan pendampingan bagi organisasi yang ingin memulai atau mempercepat transformasi digital.

Pendekatan ini mencakup perancangan strategi dan roadmap yang disesuaikan dengan kebutuhan unik setiap organisasi. Layanan ini telah terbukti sukses, melalui kerja sama SCALA dengan PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) dalam kegiatan Leadership Forum SPMT.

#2 Digital Transformation Enabler Sebagai fasilitator, Scala menyediakan layanan produk digital yang inovatif dan dapat diintegrasikan dengan mudah ke dalam sistem organisasi.

Layanan ini dirancang untuk mendukung perubahan teknologi yang cepat tanpa mengganggu stabilitas operasional.

Kesuksesan layanan ini terlihat pada implementasi di sektor pemerintahan, yakni layanan Manage Service Big Data DPR RI serta Dashboard Data Analytic untuk Permodalan Nasional Madani (PMN) dan Pegadaian, yang memungkinkan pengambilan keputusan berbasis data dengan lebih efektif.

#3 Business Operational Management Scala menawarkan solusi digital yang fokus pada pengelolaan operasional bisnis.

Dengan alat sistem pendukung yang agile dan fleksibel, organisasi dapat mengoptimalkan proses bisnis mereka secara lebih efektif.

Salah satu keberhasilan layanan ini adalah memperkuat sistem sertifikasi halal (SiHalal) milik Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) yang berhasil meningkatkan efisiensi dan inovasi operasional di sektor publik.

“Transformasi digital adalah proses yang melibatkan kolaborasi antara teknologi, manusia, dan strategi yang tepat. Scala hadir untuk memastikan organisasi memiliki pondasi yang kuat dalam menghadapi perubahan di era ini,” kata Faisal Yusuf, Direktur Bisnis Metranet.

Dengan pengalaman melayani lebih dari 100 klien, Scala by Metranet terus berkomitmen untuk menjadi mitra terpercaya dalam mendukung organisasi menghadapi tantangan di era transformasi digital.

Dengan membawa inovasi, efisiensi, dan solusi yang relevan serta memastikan setiap organisasi dapat meraih tujuan mereka dengan lebih terarah, terukur dan berkelanjutan. (Icha)

Pre-Order Asus ROG Flow Z13 (2025) Berhadiah Monitor Gaming

0

Telko.id – Asus ROG Flow Z13 (2025) sudah bisa dipesan mulai tanggal 19 Februari hingga 17 Maret 2025. Gamers sudah bisa memesan tablet gaming paling powerful di dunia tersebut melalui ROG Exclusive Store, Asus Exclusive Store, Asus Online Store, hingga Asus Official Store di e- commerce.

Selain itu, bisa diperoleh di partner Asus tertentu sesuai dengan yang termasuk pada ‘Daftar Toko yang Berpartisipasi’ untuk menjadi yang pertama mendapatkan most powerful gaming tablet in the world.

Tidak hanya itu, gamers yang berpartisipasi dalam sesi limited pre-order kali ini juga berkesempatan mendapatkan ROG Gladius II Core gaming mouse selama persediaan masih ada serta berkesempatan mengikuti program undian khusus dengan hadiah monitor gaming ROG dan TUF.

Pre-Order Sekarang dan Dapatkan Monitor Gaming ROG!

Asus menghadirkan program yang sangat menarik untuk semua gamers yang ingin memiliki ROG Flow Z13 (2025).

Baca juga : Asus Zenbook A14, Berbekal Copilot+ PC Paling Ringan di Dunia

Dalam program kali ini, setiap gamers yang melakukan pre-order ROG Flow Z13 (2025) berhak mendapatkan ROG Gladius II Core gaming mouse tanpa diundi!

Selain itu, gamers juga berkesempatan untuk mengikuti undian eksklusif dengan total hadiah sebagai berikut:  

  • 5 unit ROG Strix Gaming Monitor XG27ACS (masing-masing senilai Rp3,9 juta) 

  • 5 unit ASUS TUF Gaming Monitor VG279Q3A (masing-masing senilai Rp3,3 juta) 


Pemenang undian akan diumumkan pada tanggal 10 April 2025. Untuk informasi lengkapnya, kunjungi website ROG berikut ini: https://www.asus.com/id/events/infoM/activity_ROGFlowZ13_PreOrder 


Tablet Gaming Paling Powerful di Dunia 
ROG Flow Z13 (2025) merupakan satu-satunya perangkat gaming yang ditenagai prosesor terbaru AMD Ryzen AI Max+ 395 yang menggabungkan 16 core CPU Zen 5 dan GPU RDNA 3.5 dengan 40 compute units dalam satu chip.

Kombinasi tersebut memungkinkan performa grafis setara GPU diskrit namun lebih hemat daya sehingga mampu menangani multitasking berat hingga game AAA.

Prosesor ini juga dilengkapi NPU 50 TOPS untuk mendukung fitur AI dan menjadikan ROG Flow Z13 (2025) sebagai tablet Copilot+ PC paling powerful. 


Sistem memori pada Flow Z13 mengusung arsitektur unified memory, memungkinkan CPU dan GPU berbagi RAM secara dinamis untuk performa optimal dalam game maupun tugas berat lainnya.

Didukung LPDDR5X 8000MHz berkapasitas hingga 64GB, tablet ini menawarkan bandwidth memori yang sangat tinggi dengan latensi rendah. Berkat fleksibilitas alokasi memori hingga 48GB untuk VRAM, Flow Z13 menjadi workstation portabel yang mampu menangani pemrosesan model AI berskala besar secara lokal. 


Dari sisi desain, sistem pendinginan baru dengan vapor chamber berbahan baja dan tembaga memberikan cakupan lebih luas pada motherboard.

Dual 2nd Gen Arc Flow Fans dan ventilasi yang lebih besar menjaga suhu tetap stabil, sementara rute udara khusus mendinginkan area di belakang layar untuk kenyamanan pengguna.

Tablet ini juga hadir dengan layar 2.5K 180Hz Nebula Display, konektivitas lengkap termasuk USB4 dan HDMI 2.1, serta baterai 70Wh untuk daya tahan lebih lama. 


Ayo bergabung di ROG Community Indonesia

ROG Community Indonesia sendiri merupakan salah satu komunitas gaming terbesar di Indonesia dengan lebih dari 55.000 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia.

ROG Community hadir sebagai jembatan antara gamers sekaligus pengguna dan penggemar produk ROG dengan #TeamROG.

Dengan misi menghadirkan komunitas gaming yang sehat, Asus ROG Indonesia juga akan menggelar berbagai kegiatan ROG Community lainnya di seluruh Indonesia.

Mari bergabung menjadi anggota ROG Community Indonesia di https://https://rogcommunity.id/ dan dapatkan ROG Elite Rewards di https://rog.asus.com/id/elite/. (Icha)

Asus Zenbook A14, Berbekal Copilot+ PC Paling Ringan di Dunia

0

Telko.id – Asus Resmi memperkenalkan Zenbook A14 (UX3407QA), laptop Copiot+ PC paling ringan di dunia dengan bobot hanya 899 gram.

Tidak hanya sekadar laptop ringan, ia juga dilengkapi dengan AI canggih serta berbagai fitur yang akan mempermudah penggunanya.

“Zenbook A14 adalah wujud inovasi terbaru dari ASUS sekaligus merupakan standar baru untuk industri laptop ultraportable,” ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director.

Jimmy pun menyatakan bahwa , laptop ini tidak hanya sekadar ringan, tetapi juga memiliki daya tahan baterai seharian serta  fitur yang dapat mempermudah penggunanya. Inilah laptop ultraportable terbaik yang pernah ada.

Baca juga : Asus Zenbook 14 OLED, Berbekal AI OLED dan Intel Core Ultra Terbaru

Zenbook A14 hadir sebagai standar baru untuk laptop Copilot+ PC dengan bobot hanya 899 gram. Laptop ringan ini menggunakan material inovatif Ceraluminum  yang 30% lebih ringan dan tiga kali lebih kuat dibandingkan anodized aluminum yang umum digunakan pada laptop premium.

Material tersebut tidak hanya memberikan daya tahan lebih baik, tetapi juga memungkinkan desain yang tetap ramping dan elegan.

Ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon X Series dengan Hexagon NPU berkapasitas 45 TOPS, Zenbook A14 mampu menangani berbagai tugas berbasis AI dengan lancar, termasuk fitur Windows Studio Effect, Live Caption with Translation, dan Windows Image Creator.

Dari segi keamanan, Zenbook A14 dilengkapi fitur Adaptive Lock, Adaptive Dimming, serta Microsoft Pluton security chip untuk perlindungan ekstra.

Pengalaman pengguna semakin optimal dengan touchpad luas yang mendukung Smart Gesture, keyboard tahan noda dengan travel key 1,3 mm, serta ASUS EasyLift hinge untuk keseimbangan bobot yang lebih baik.

Untuk pengalaman multimedia yang lebih imersif, Zenbook A14 memiliki layar 14 inci FHD OLED NanoEdge dengan kualitas warna tajam, serta audio premium berkat Snapdragon Sound, yang menghadirkan High-Resolution Audio dengan latensi rendah dan teknologi noise cancelation untuk komunikasi yang lebih jernih.

Unload: Laptop Copilot+ PC Paling Ringan di Dunia

Asus Zenbook A14 hadir sebagai standar baru untuk Copilot+ PC ultraportabel dengan bobot hanya 899 gram. Desainnya yang elegan dan ringan sangat cocok bagi pengguna yang sering bepergian, memungkinkan mobilitas tanpa beban berlebih.

Rangka laptop ringan ini sepenuhnya dibuat dari Ceraluminum, material inovatif yang tidak hanya lebih tangguh, tetapi juga jauh lebih ringan, membuatnya ideal untuk penggunaan sehari-hari. Hadir dengan warna yang terinspirasi dari alam, tampilan Zenbook A14 tetap minimalis dan selaras dengan tradisi desain Zenbook yang elegan dan abadi.

Ceraluminum merupakan material premium yang digunakan secara eksklusif di laptop ringan Asus Zenbook. Menggabungkan bahan ceramic dan aluminum melalui teknik produksi khusus, Ceraluminum hadir sebagai material yang 30% lebih ringan dan tiga kali lebih kuat dibandingkan anodized aluminum yang banyak digunakan di laptop-laptop premium lainnya.

Material ini juga yang membuat Zenbook A14 mengantongi sertifikasi lolos uji US Military Grade Durability (MIL-STD-810H).

Keunggulan Ceraluminum juga dibuktikan melalui uji ketahanan yang ketat di laboratorium untuk memastikan daya tahannya dalam kondisi dunia nyata.

Material ini diuji ketahanan gores dengan menempatkan laptop bersama kunci dan koin dalam drum berputar, serta diuji ketahanan terhadap guncangan dengan menjatuhkannya dari ketinggian 50 cm.

Selain itu, daya tahannya terhadap keausan diuji dengan menggosok permukaan laptop sebanyak 18.000 kali untuk memastikan warnanya tetap terjaga.

Lewat berbagai pengujian tersebut, Zenbook A14 tetap bebas goresan, tahan benturan, dan mempertahankan tampilannya yang premium, menjadikannya pilihan sempurna bagi pengguna yang mengutamakan kombinasi ringan dan daya tahan tinggi.

Unplugged: Daya Tahan Baterai Seharian

Salah satu cara untuk membuat daya tahan baterai laptop menjadi lebih panjang adalah dengan menambah kapasitas baterainya. Namun hal tersebut akan membuat bobot laptop menjadi semakin berat dan berpengaruh pada portabilitasnya.

Namun Zenbook A14 berbeda. Laptop ringan ini memiliki daya tahan baterai hingga 19 jam namun tetap dapat tampil dengan bobot hanya 899 gram saja.

Kombinasi hardware dan optimalisasi dari sisi firmware memungkinkan Zenbook A14 bisa digunakan untuk beraktivitas seharian tanpa harus bergantung pada sumber listrik.

Dilengkapi dengan sistem pendingin inovatif yang terdiri dari dua kipas ringan dan heat pipe, Zenbook A14 mengoptimalkan penempatan komponen utama untuk pendinginan yang senyap dan efektif.

Memiliki performa chipset hingga 30W dan mode 0dB Whisper untuk operasi tanpa suara, laptop ini menghadirkan efisiensi daya yang luar biasa.

Bahkan saat digunakan tanpa adaptor, Zenbook A14 tetap memberikan performa stabil tanpa penurunan kinerja, menjadikannya teman perjalanan ideal untuk penerbangan panjang, perjalanan darat, atau jadwal rapat yang padat.

Unlimited: Ditenagai Prosesor dengan Pemrosesan AI Powerful

ASUS Zenbook A14 ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon X Series terbaru yang telah dilengkapi Qualcomm Hexagon NPU dengan performa pemrosesan AI hingga 45 TOPs.

Dengan performa pemrosesan AI tersebut, Zenbook A14 mampu menjalankan berbagai aplikasi dan fitur berbasis AI tanpa masalah, termasuk fitur yang ada di Copilot+ PC seperti Windows Studio Effect, Live Caption with Translation, serta Windows Image Creator.

Laptop AI ini juga dilengkapi dengan Windows Phone Link, yang memungkinkan pengguna menghubungkan ponsel Android atau iOS ke Windows.

Selain itu, integrasi Snapdragon Seamless menciptakan ekosistem lintas perangkat yang memungkinkan perpindahan antara perangkat berbasis Snapdragon tanpa gangguan.

Fitur ini meningkatkan produktivitas dengan kemudahan berbagi file, pencerminan layar, serta sinkronisasi yang lancar antara perangkat seluler dan laptop.

Keamanan menjadi prioritas utama dengan fitur Adaptive Lock dan Adaptive Dimming, yang melindungi informasi sensitif saat pengguna menjauh dari laptop.

Selain itu, laptop AI ini dibekali Microsoft Pluton security chip yang memberikan lapisan perlindungan tambahan di tingkat perangkat keras.

Windows Passkey juga hadir untuk meningkatkan keamanan saat masuk ke sistem, memastikan hanya pengguna yang berwenang yang dapat mengakses perangkat.

Zenbook A14 menawarkan pengalaman pengguna yang nyaman dengan touchpad yang diperbesar dan mendukung Smart Gesture untuk navigasi yang lebih intuitif.

Keyboardnya memiliki keycaps tahan noda, jarak antar tombol yang optimal, serta travel key 1,3 mm untuk pengalaman mengetik yang nyaman.

Selain itu, laptop AI ini juga dilengkapi ASUS EasyLift hinge, yang dirancang presisi untuk membuka layar dengan stabil dan memastikan distribusi bobot yang seimbang.

Untuk pengalaman multimedia yang imersif, Zenbook A14 dibekali layar 14 inci FHD OLED NanoEdge yang menyajikan warna tajam dan kontras mendalam.

Sistem audio didukung oleh dua speaker bertenaga dengan teknologi Snapdragon Sound, yang menawarkan High-Resolution Audio berkualitas 24-bit/192kHz.

Selain itu juga Latensi ultra-rendah untuk sinkronisasi audio dan visual yang sempurna, serta fitur noise cancelation canggih untuk panggilan suara yang jernih dan pengalaman audio terbaik di kelasnya.

Main Spec.Zenbook A14 (UX3407QA)
CPUSnapdragon X  X1 26 100 Processor (30MB Cache, up to 2.97GHz,  8 cores, 8 Threads) with Qualcomm Hexagon™ NPU up to 45TOPS
Operating SystemWindows 11 Home
Memory16GB LPDDR5X
Storage512GB M.2 NVMe PCIe 4.0 SSD
Display14-inch IPS, WUXGA (1920 x 1200) 16:10, 60Hz, 100% sRGB, Anti-glare
GraphicsQualcomm Adreno GPU
Input/Output1x USB 3.2 Gen 2 Type-A (data speed up to 10Gbps), 2x USB 4.0 Gen 3 Type-C with support for display / power delivery (data speed up to 40Gbps), 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
ConnectivityWi-Fi 6E(802.11ax) (Tri-band) 2*2 + Bluetooth 5.3
CameraFHD camera with IR function to support Windows Hello
AudioSmart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Battery48WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension31.07 x 21.39 x 1.34 ~ 1.59 cm
Weight899 gram
ColorsZabriskie Beige, Iceland Gray
PriceRp15.299.000
Warranty2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty

(Icha)

Galaxy Festival, Berikan Pengalaman Konser dengan Kecanggihan Galaxy S25 Series

0

Telko.id – Samsung sukses menggelar Galaxy Festival sebagai perayaan kehadiran Galaxy S25 Series di pasar Indonesia.

Dengan membawa konsep musik festival, acara ini berhasil menarik lebih dari 2.400 pengunjung yang antusias tidak hanya untuk menikmati penampilan sederet musisi ternama Indonesia, namun juga mencoba langsung kecanggihan yang dihadirkan pada Galaxy S25 Series.

Terutama pada peningkatan Galaxy AI serta peningkatan teknologi kamera yang sangat mendukung keseharian termasuk dalam menikmati konser musik.

“Galaxy Festival menjadi wujud inovasi kami dalam memberikan pengalaman untuk mencoba terobosan canggih di Galaxy S25 Series,” ujar Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Baca juga : Galaxy S25 adalah True AI Companion seorang Dian Sastrowardoyo

Apalagi, dalam Galaxy Festival ini juga terdapat experience area, jadi para tamu undangan dapat mengeksplor setiap fitur terbaru mulai dari Galaxy AI, peningkatan kapabilitas kamera, hingga perfomance paling powerful dari Galaxy S25 Series dan mereka bisa melanjutkan pengalaman seru di acara konser untuk menikmati penampilan musisi kesayangannya.

“Bahkan kami memberikan kesempatan pada 20 orang pengunjung dalam program TryGalaxy untuk dapat mencoba langsung kecanggihan Galaxy S25 series dalam menangkap momen konser yang tak terlupakan,” sahut Verry menambahkan.

Kamera 50 MP Ultra Wide di Galaxy S25 Series

Pada gelaran yang diselenggarakan selama 1 hari ini, pengunjung mendapatkan kesempatan mencoba inovasi unggulan Galaxy S25 Series.

Dan lebih dari 2.200 pengunjung yang hadir tercatat mencoba pengalaman menarik berbagai fitur keunggulan di area experience.

Antusiasme terbesar terlihat di area wefie (group selfie), di mana pengunjung dapat mengabadikan momen bersama dengan kamera 50 MP Ultra Wide Galaxy S25 Ultra.

Selain itu, Portrait Studio juga menjadi salah satu fitur favorit yang banyak dicoba di Galaxy Festival, saat konsumen dapat mencoba fitur Portrait Studio yang lebih pintar dalam menghasilkan foto.

Konsumen juga berkesempatan membawa pulang hasil print Portrait Studio yang mereka sukai.

Selain itu, pengunjung juga antusias mencoba fitur Audio Eraser yang memungkinkan hasil rekaman suara konten yang jelas saat musik masih melantun di background.

Fitur Galaxy AI terbaru di Galaxy S25 Series ini dapat mengatur bahkan menghilangkan 6 tipe suara (noise) dalam konten, termasuk salah satunya noise.

Para pengunjung yang merupakan pecinta gaming juga dapat menikmati pengalaman gaming sangat responsif dan lancar, serta visual dan kecepatan yang tak tertandingi dengan Galaxy S25 Series yang telah didukung oleh chipset, Snapdragon® 8 Elite for Galaxy.

Pengunjung Galaxy Festival menjajal kamera Galaxy S25 Series untuk menangkap momen konser

Selain itu Samsung juga memberikan kesempatan 20 konsumen pertama yang mendatangai booth TryGalaxy, mereka berkesempatan membawa langsung Galaxy S25 Series ke area konser dan mencoba kecanggihan smartphone ini untuk menangkap momen konser dengan sangat memukau.

Mereka berkesempatan mencoba kecanggihan Nightography dan kemampuan zoom yang lebih tajam, serta perekaman video dengan resolusi hingga 8K dan 30 FPS.

Hasil tangkapan terbaik, stabil dan jernih para musisi RAN, Diskoria, Eva Celia, Andien, Yura Yunita hingga Dewa 19 dapat dihasilkan walau dalam kondisi minim cahaya atau low-light.

Melalui Galaxy Festival, Samsung menghadirkan sebuah pengalaman teknologi yang menginspirasi dan memudahkan konsumen untuk mengeksplorasi cara-cara baru dalam berkreasi, berkomunikasi, dan menikmati hiburan.

Keseruan konser Galaxy Festival menghadirkan musisi lokal ternama

Galaxy Festival dibuka secara eksklusif bagi konsumen yang telah melakukan pre-order Galaxy S25 Series di Galaxy Studio Kota Kasablanka atau Grand Indonesia pada periode 23 Januari – 9 Februari 2025.

Selain itu, mereka yang berpartisipasi dalam User-Generated Content (UGC) di Samsung Store pada periode 23 Januari – 14 Februari 2025 juga berkesempatan mendapatkan undangan spesial.

Manfaatkan Berbagai Promo Menarik!

Dapatkan Galaxy S25 Ultra, Galaxy S25+, dan Galaxy S25 di Samsung Experience Store terdekat atau secara online di Samsung.com/id sekarang! Menariknya, selama periode 14 Februari hingga 14 Maret 2025, kamu bisa menikmati berbagai bonus eksklusif hingga senilai 4,5 juta rupiah.

Promo ini mencakup trade-in cashback sebesar Rp2.000.000, cashback pembelian wearables senilai Rp1.000.000, serta cashback hingga Rp1.500.000 dari bank mitra.

Selain itu, bagi konsumen yang ingin merasa lebih aman menggunakan perangkat mereka, Samsung juga memberikan diskon hingga 40% untuk pembelian Samsung Care+, yang berlaku hingga 2 tahun.

Galaxy S25 Ultra tersedia dalam 3 opsi, yaitu 12GB/256GB (Rp22.999.000), 12GB/512GB (Rp24.999.000), dan 12GB/1TB (Rp28.999.000) dengan pilihan warna Titanium Silverblue, Titanium Whitesilver, Titanium Gray, dan Titanium black.

Lalu, ada juga opsi warna online exclusive, yaitu Titanium Pinkgold, Titanium Jetblack, dan Titanium Jadegreen.

Galaxy S25+ terdiri dari varian 12GB/256GB (Rp17.999.000) dan 12GB/512GB (Rp19.999.000).

Galaxy S25+ tersedia dalam pilihan 12GB/256GB (Rp14.999.000) dan 12GB/512GB (Rp16.999.000). Kedua model tersebut mengusung pilihan warna Navy, Icyblue, Mint, dan Silver Shadow.

Terdapat juga tiga warna online exclusive, yaitu Blueblack, Coralred, dan Pinkgold. (Icha)

Digital Hub Indosat Siap Penuhi Kebutuhan Digital Masa Kini

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) menghadirkan Digital Hub, fitur terbaru yang kini tersedia di aplikasi myIM3 dan bima+, untuk mempermudah akses ke berbagai kebutuhan digital dalam satu aplikasi.

Dengan Digital Hub, pengguna bisa menikmati layanan seperti streaming musik, belanja online, hingga akses ke pusat kebugaran.

Tak hanya itu, Digital Hub Indosat ini juga menghadirkan kategori baru, seperti komik, perjalanan, pembelian tiket, dan transportasi, menjadikannya solusi lengkap dan praktis untuk kebutuhan pelanggan sehari-hari.

Desain yang modern dan user-friendly memastikan pengalaman digital yang lebih mudah, nyaman, dan menyenangkan.

Baca juga : Kinerja Indosat 2024, Catat Laba Bersih Tumbuh 38,1%

Dengan lebih dari 50 juta pelanggan aktif bulanan (monthly active users) dan hampir 10 juta pelanggan aktif harian (daily active users) di aplikasi myIM3 dan bima+, Digital Hub siap menjadi platform utama bagi penyedia layanan digital.

Inovasi ini membuka peluang lebih luas bagi layanan digital untuk menjangkau masyarakat dari berbagai kalangan dan memberikan manfaat yang lebih besar.

“Kehadiran Digital Hub adalah langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin dinamis, kata Ritesh Kumar Singh, Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Ia pun menjelaskan bahwa fitur ini semakin memperkuat misi Indosat dalam memberikan pengalaman digital kelas dunia.

“Tidak hanya sebatas layanan telekomunikasi, Digital Hub akan memperkaya keseharian pelanggan dengan kenyamanan, variasi, dan keandalan dalam satu platform,” ujar Ritesh.

Dengan Digital Hub di myIM3 dan bima+, pelanggan kini dapat menikmati berbagai layanan digital terintegrasi, seperti streaming musik di Trebel, belanja di Blibli dan Tokopedia, serta mendapatkan voucher perjalanan dari tiket.com.

Selain itu, pelanggan juga berkesempatan mendapatkan keuntungan eksklusif, seperti kuota data gratis, uji coba keanggotaan Celebrity Fitness, hingga diskon sampai dengan Rp1 juta untuk tiket pesawat dan hotel.

Semua fitur ini dirancang untuk memberikan pengalaman digital yang lebih hemat, efisien, dan seru.

Digital Hub merupakan bagian dari komitmen Indosat dalam menghadirkan solusi inovatif bagi pelanggan.

Inisiatif ini juga menandai transformasi Indosat dari perusahaan Telco menjadi TechCo, dengan memanfaatkan kecerdasan buatan dan layanan digital terkini.

Indosat terus berinovasi untuk memberikan kenyamanan serta nilai tambah maksimal di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital.

Untuk menikmati semua fitur Digital Hub, pelanggan cukup memperbarui aplikasi myIM3 atau bima+ ke versi terbaru di Google Play Store atau Apple App Store. (Icha)

AI Mampu Tinggkatkan Efisiensi di Digital Healthcare Ecosystem

0

Telko.id – AdMedika yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) yang bergerak di bidang Digital Health Third Party Administrator (TPA) terbesar di Indonesia dan B2B Digital Health di TelkomGroup.

AdMedika turut ambil bagian dalam event International GlobalHealth Indonesia Summit Conference & Awards 2025 yang diselenggarakan di The Ritz-Carlton, Bali, pada Jumat-Sabtu (14-15 Februari 2025).

Acara ini dihadiri oleh para pemimpin di industri kesehatan, inovator, serta praktisi untuk mendiskusikan transformasi dan inovasi di sektor layanan kesehatan di Indonesia.

GlobalHealth Indonesia Summit Conference & Awards 2025 mempertemukan para pemimpin industri kesehatan, praktisi medis, serta inovator teknologi kesehatan dari seluruh Indonesia dan Asia-Pasifik.

Baca juga : AdMedika Gelar Seminar Eliminasi Kanker Serviks, Lindungi Perempuan

Acara ini bertujuan untuk membahas transformasi layanan kesehatan, mempercepat adopsi teknologi, serta mendorong kolaborasi dalam meningkatkan kualitas layanan medis.

CEO AdMedika Dian Prambini menjadi salah satu guest speaker yang memaparkan mengenai “Optimizing AI & Data Analytics in Healthcare: TPA Perspective”, membahas bagaimana pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dan analitik data dapat meningkatkan efisiensi layanan dalam digital healthcare ecosystem menjadi lebih seamless dan terintegrasi.

Dalam paparannya, Dian Prambini menjelaskan lebih detail mengenai Health Industry Challenges & Opportunities Data Interoperability dan Optimizing AI & Data Analytics, AI-Based Auto Claim Verification, di mana semua solusi tersebut terdapat pada produk layanan AdMedika.

Pada acara yang sama AdMedika yang bergerak di industri healthcare ini juga berhasil meraih penghargaan bergengsi sebagai “TPA Service Provider of the Year in Indonesia”.

“Penghargaan ini menjadi bukti nyata komitmen AdMedika dalam menghadirkan inovasi berbasis teknologi untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia. Dengan pemanfaatan AI dan analitik data, kami dapat menciptakan solusi yang lebih cerdas dan adaptif dalam ekosistem layanan kesehatan,” kata Dian Prambini.

Ia pun menyatakan akan terus mengembangkan solusi digital yang mendukung industri asuransi dan penyedia layanan kesehatan agar lebih efisien, terintegrasi, dan berorientasi pada kepuasan pelanggan.

“Melalui partisipasi di GlobalHealth Indonesia Summit 2025, kami berharap dapat terus berkontribusi dalam menciptakan ekosistem layanan kesehatan yang lebih maju dan berkelanjutan,” ucap Dian Prambini.

Penghargaan ini semakin memperkuat posisi AdMedika sebagai penyedia layanan TPA terbaik di Indonesia, hal ini akan memperkuat komitmen AdMedika untuk terus menjaga kepercayaan pelanggan dengan kualitas layanan terbaik dalam menciptakan ekosistem layanan kesehatan Indonesia. (Icha)

Oppo Reno13 F 5G, Hadirkan Edisi Spesial Timnas Indonesia!

0

Telko.id – Oppo Indonesia kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung olahraga nasional dengan meluncurkan kolaborasi eksklusif bersama Timnas Indonesia.

Kolaborasi ini semakin memperkuat posisi Oppo melalui Oppo Reno13 sebagai ponsel AI trendyyang mendukung semangat Garuda, sekaligus semakin dekat dengan para penggemar sepak bola di Indonesia.

Melalui langkah strategis ini, Oppo terus memperlihatkan dukungannya terhadap perkembangan olahraga di Tanah Air.

Sebagai bagian dari kolaborasi ini, Oppo dan PSSI meluncurkan Case dan Wallet edisi spesial Timnas Indonesia yang hanya tersedia untuk pembeli Reno13 F 5G selama periode 17-28 Februari 2025.

Baca juga : Oppo Find N5, Tanda Mulainya Era Baru Smartphone Foldable

Konsumen yang membeli perangkat Reno13 F 5G selama periode tersebut berkesempatan mendapatkan hadiah eksklusif ini secara gratis.

Penawaran ini berlaku di toko offline dan online yang menjual produk resmi Oppo Indonesia, dengan sistem siapa cepat dia dapat. Dengan jumlah yang terbatas, collectible item ini memiliki nilai eksklusif yang tinggi bagi para penggemar Timnas Indonesia dan pengguna Oppo.

“Kami  menyambut baik peluncuran Case dan Wallet edisi spesial Timnas Indonesia x Oppo ini yang akan tersedia GRATIS untuk pembeli Reno13 F 5G selama periode 17-28 Februari 2025.” ujar Marsal Masita, Direktur PT. GSI

Menurut nya, kolaborasi PSSI dengan Oppo ini bertujuan untuk mendekatkan Timnas Indonesia kepada para pengguna Oppo yang sudah memberikan dukungan tiada henti bagi perjuangan Garuda menuju pentas dunia.

“Ini bukan hanya sekedar  aksesori, tapi juga bentuk semangat dan kebanggaank sebagai bagian dari Timnas Indonesia,” ujar Marsal menambahkan.

“Melalui Case dan Wallet pada produk Reno13 F 5G yang canggih dan penuh inovasi, Oppo berharap para penggemar bisa merasakan semangat Garuda dalam genggaman tangan mereka,” ungkap Marsal.

Phone case edisi spesial ini mengusung desain khas yang merepresentasikan semangat Garuda, menjadikannya lebih dari sekadar aksesoris tetapi juga simbol kebanggaan nasional.

Dengan kehadiran case eksklusif ini, Reno13 F 5G bukan hanya jadi perangkat teknologi, tetapi juga fashion statement yang mencerminkan antusiasme penggunanya terhadap sepak bola Indonesia.

“Oppo memahami bahwa sepak bola bukan hanya sekadar olahraga, tetapi juga bagian dari identitas dan kebanggaan nasional. Melalui kolaborasi ini, Oppo memberikan pengalaman lebih kepada konsumen, mengajak mereka untuk mendukung Timnas Indonesia dengan cara yang lebih personal,” jelas Patrick Owen, Chief Marketing Officer Oppo Indonesia.

Langkah ini juga menurut Patirck sejalan dengan strategi Oppo dalam membangun keterikatan antara teknologi dan passion masyarakat Indonesia.

Sebagai perangkat andalan, Reno13 F 5G hadir dengan teknologi canggih yang mendukung berbagai aktivitas penggunanya.

Dilengkapi fitur AI Livephoto, perangkat ini mampu mengabadikan momen spesial dengan lebih hidup melalui rekaman 3 detik.

Selain itu, sertifikasi IP69 memungkinkan pengguna melakukan fotografi bawah air tanpa casing tambahan, menjadikannya sebagai smartphone pertama yang memiliki Underwater Mode.

Dari sisi performa, baterai berkapasitas 5000mAh memastikan pengalaman gaming yang lancar hingga 8 jam nonstop.

Dengan inovasi dan dukungan nyata terhadap olahraga nasional, Oppo terus berupaya memberikan nilai lebih kepada konsumennya.

Kolaborasi dengan Timnas Indonesia ini menjadi bukti nyata bagaimana teknologi dapat menjadi bagian dari passion masyarakat, khususnya para pencinta sepak bola Tanah Air. (Icha)

Moto G45 5G, Jadi Smartphone Pertama Saat Motorola Kembali ke Indonesia

0

Telko.id – Motorola resmi kembali ke pasar Indonesia. Sebagai penanda, perusahaan teknologi asal AS ini merilis Moto G45 5G. Ini adalah handphone entry level. Pun begitu Moto G45 5G membawa dapur pacu mumpuni di kelasnya dibalut dengan tampilan trendy.

“Motorola comeback to Indonesia dengan spirit local for local. Jadi kita produksi semuanya dari lokal untuk masyarakat lokal dan juga untuk membawa perubahan untuk lokal community kita. Kami membawa handphone pertama kita, Motorola G45,” kata Bagus Prasetyo, Country Head Motorola Indonesia saat acara peluncuran di Jakarta, Selasa (18/2/2025)

“Kami harapkan ke depannya kami bisa meningkatkan kerja sama secara strategis untuk bisa membawa demokratisasi smartphone di seluruh pelosok Indonesia. Tunggu untuk inovasi-inovasi terbaru dari Motorola sepanjang 2025 dan juga di tahun-tahun yang akan datang,” imbuhnya.

Baca juga : Motorola Kembali Ke Indonesia, Targetkan Jadi 5 Besar Dalam 3 Tahun

Spesifikasi Motorola Moto G45 5G

  • Layar: 6.5-inch (1600 x 720 Pixels) HD+ 20:9 aspect ratio IPS display, refresh rate 120Hz, kecerahan hingga 500 nits, terlindungi Corning Gorilla Glass 3
  • Chipset: Snapdragon 6s Gen 3
  • RAM: 8GB LPDDR4X
  • Memori internal: 256 GB UFS 2.2 storage, bisa diperluas hingga 1TB menggunakna microSD
  • Sistem operasi: Android 14 dengan My UX
  • SIM Card: Hybrid (nano + nano / microSD)
  • Kamera belakang: 50MP dengan aperture f/1.8, makro 2MP dengan aperture f/2.4
  • Kamera depan: 16MP dengan aperture f/2.4
  • Fitur: 3.5mm audio jack, Stereo Speakers, Dolby Atmos, Hi-Res audio, FM Radio dan sensor sidik jari di samping, tahan percikan air (IP52)
  • Koneksi: 5G (n1/n3/n5/n7/n8/n20/n28/n38/n40/n41/n77/n78 bands), Dual 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11 ac (2.4GHz + 5GHz), Bluetooth 5.2, GPS, USB Type-C
  • Baterai: 5.000mAh dengan fast charging 20W
  • Dimensions: 162.7 x 74.64 x 8.03mm; Berat: 183g

Moto G45 5G dibuat dengan ketebalan 8mm dan bobot ringan 183g. HP ini memiliki sertifikasi tahan air IP52 yang artinya tahan dari tumpahan, percikan, dan hujan ringan.

Moto G45 5G ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 6s Gen 3, yang menjanjikan kinerja lancar untuk berbagai aktivitas, mulai dari penggunaan sehari-hari hingga bermain game. Chipset ini dipadukan dengan pilihan RAM 8GB serta memori internal 128GB yang dapat diperluas dengan kartu microSD.

Untuk layarnya, Moto G45 5G mengusung panel IPS LCD 6,5 inch dengan refresh rate 120Hz, memberikan pengalaman visual yang mulus dan responsif. Sektor kamera juga menjadi salah satu daya tarik, dengan kamera utama 50MP yang didukung oleh teknologi PDAF, serta kamera makro 2MP.

Untuk kamera selfienya berukuran 16 MP. Motorola juga menghadirkan fitur kamera seperti Audio Zoom, Spot Color, Auto Smile Capture, Gesture Capture, dan Auto Night Vision Mode.

Selain performa, Motorola juga memberikan perhatian pada desain Moto G45 5G. Ponsel ini hadir dengan desain modern dan pilihan warna yang menarik. Fitur-fitur lain yang turut hadir antara lain dukungan jaringan 5G, sensor sidik jari, dan baterai berkapasitas besar.

HP ini menjalankan My UX berbasis Android 14. Motorola menjanjikan update Android dan keamanan selama tiga tahun.

Terdapat fitur Moto Gestures yang memungkinkan pengguna melakukan gerakan tertentu, misalnya lakukan chop-chop untuk menyalakan flashlight atau double twist untuk membuka kamera. Selain itu ada Smart Connect untuk mirroring HP ini ke layar yang lebih besar seperti desktop, laptop, tablet, dan TV.

Moto G45 5G hadir dalam varian warna Brilliant Blue, Brilliant Green and Viva Magenta. Semuanya dibalut dengan lapisan vegan leather yang bikin nyaman di genggaman.

Mulai dijual 25 Februari mendatang, harga Motorola Moto G45 5G 8/256 GB di Indonesia adalah Rp 2.599.000. Menyambut bulan Ramadan, HP ini dijual dengan harga spesial yakni Rp 2.399.000.

HP ini bisa dibeli secara di marketplace seperti Shopee Indonesia, Tokopedia, TikTok Shop, Lazada Indonesia, Akulaku, Blibli. Selain itu di toko ritel terkemuka di seluruh Indonesia. (Icha)

Motorola Kembali Ke Indonesia, Targetkan Jadi 5 Besar Dalam 3 Tahun

0

Telko.id – Motorola akhirnya memutuskan untuk kembali berjualan di Indonesia. Dengan filosofi “Smarter Technology for All,” Motorola siap mendefinisikan kembali lanskap smartphone lokal dengan pendekatan yang inovatif, terpercaya, dan inklusif.

Bahkan perusahaan ini menargetkan untuk menjadi pemain 5 besar di Indonesia, hanya dalam waktu singkat saja, tiga tahun! Dengan membawa Local to Local, Motorola pun berani menargetkan diri sendiri yang cukup besar itu.

Jika melihat dari pengalamannya yang sudah puluhan tahun dan sempat menjadi ‘jawara’ juga pada awal tahun 2000 itu, apakah bisa menjadi bekal untuk sukses di Indonesia dan dapat memenuhi target tersebut?

Tentu, itu, bukan persoalan mudah dan tidak kecil investasi yang harus dilakukan. Investasi tersebut, bukan hanya untuk mengembangkan produk saja, agar bisa bersaing di pasar, tetapi juga investasi dibidang lain. Seperti marketing, distribusi dan lainnya.

Baca juga : Setelah bertahun-tahun hilang, Motorola Resmi Hadir Lagi ke Pasar Indonesia

Beberapa brand global yang mencoba masuk ke Indonesia saja, ada yang tidak bisa sukses. Bahkan nyungsep, yang akhirnya tidak menjadi apa-apa di Indonesia.

Sebut saja seperti, ZTE, Huawei, LG, Nokia dan lainnya. LG, akhir nya tidak meneruskan bisnis smartphone nya. Lalu, Nokia melalui HMD, saat ini masih terseok-seok di Indonesia.

Sedangkan ZTE dan Huawei, dengan kepelikannya sendiri, masih juga berat untuk bersaing di pasar Indonesia.

Seberat apapun persaingan di Indonesia ini, Motorola tetap optimis bisa mencapai target nya di tiga tahun ke depan.

Hal ini disampaikan oleh Bagus Prasetyo, Country Head Motorola Indonesia dalam peluncuran Moto g45 5G sebagai produk pertama nya, saat kembali ke Indonesia.

“At least dalam 3 tahun, kurang lebih 3 tahun ya, kami sebenarnya berambisi untuk menjadi top 5,” ujar Bagus saat ditemui usai peluncuran Moto g45 5G di Jakarta, Selasa (18/2/2025).

Ia menjelaskan, di Indonesia mereka memiliki moto local for local. Artinya apa yang ada di Indonesia harus kembali ke Indonesia juga.

“Oleh karena itu tidak menutup kemungkinan untuk ke depannya perusahaan akan berkolaborasi dengan partner-partner lokal lainnya,” jelas Bagus.

Saat ini mereka berpartner dengan perusahaan lokal untuk produksi di Indonesia. Dimulai dari perakitan paling dasar yaitu PCB sampai ke proses pengemasan dilakukan di Indonesia.

Menjalin kerjasama dengan partner lokal disebut akan memberikan nilai dan manfaat lebih besar bagi pengguna.

“100% di Indonesia dimulai dari pemasangan PCB, dimasukkan dalam kotak hingga pemasaran semuanya dibuat di Indonesia. Dan kami punya mitra strategis dengan PT Sat Nusa Persada,” ungkap Bagus.

Jurus ketiga yakni inovasi. Bagus mengatakan Motorola percaya dengan inovasi adalah kunci sebuah brand atau produk bisa terus tumbuh di masyarakat.

“Demand masyarakat itu tidak turun, tapi naik terus. Ini yang kami lihat bahwa Motorola selalu memberikan value added dalam setiap produknya dalam setiap layanan dan kami berharap bahwa apa yang kami tawarkan untuk market Indonesia.” pungkasnya. (Icha)