spot_img
Latest Phone

OpenAI Siapkan Browser dengan AI, Saingan Google Chrome

Telko.id - OpenAI sebagai induk perusahaan dari ChatGPT sedang...

TECNO Luncurkan POVA 7 Series, Desain Futuristik dan Performa Gaming AI

Telko.id - TECNO resmi meluncurkan POVA 7 Series di...

Google Akhirnya Gabungkan Android dan ChromeOS, Apa Kelebihannya?

Telko.id - Google secara resmi mengonfirmasi rencana besar mereka...

Garmin Venu X1 Resmi Dirilis: Smartwatch Teringan dengan Layar 2 Inci

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan Venu X1,...

OPPO Reno14 Pro Berbekal MediaTek Dimensity 8450, Performa Lebih Cepat

Telko.id - OPPO resmi memperkenalkan Reno14 Pro sebagai smartphone...
Beranda blog Halaman 86

MLBB x Oppo Smooth Legend Cup Siap Masuk Babak Puncak

0

Telko.id – Setelah sukses digelar di tujuh kota besar di Indonesia, MLBB x Oppo Smooth Legend Cup memasuki babak puncak dengan National Qualifiers Grand Final.

Acara yang berlangsung di Oppo Gallery Gandaria City ini mempertemukan para juara dari masing-masing kota yang akan bertarung memperebutkan tiket untuk melangkah ke kancah internasional melawan 6 tim juara dari 6 negara Asia Tenggara.

Dalam ajang yang penuh dengan strategi dan semangat kompetisi tinggi, delapan tim terbaik yang terdiri dari Pertalegends Esport (Makassar), Team Argha (Depok), Greegy Family 2 (Bandung), Team Gryffin (Bali), UNS Longtrim (Yogyakarta), Satu Esports (Medan), Glomo (Surabaya) dan Revemoin (Jakarta) bertanding memperebutkan gelar juara sekaligus mewakili Indonesia di turnamen MLBB tingkat Asia Tenggara.

Pemenang National Qualifier Grand Final ini akan segera berhadapan langsung dengan 6 tim juara multinasional yang telah membuktikan keunggulan mereka di MLBB x Oppo Smooth Legend Cup untuk merebut hadiah utama senilai USD 10.000.

Tim Griffyn berhasil menjuarai MLBB x Oppo Smooth Legend Cup National Qualifier dan akan bertarung di Grand Final Asia Tenggara serta memenangkan hadiah uang tunai senilai Rp50.000.000.

Greegy Family menduduki juara 2 dan mendapatkan hadiah Rp25.000.000, selanjutnya Satu Esport sukses meraih juara 3 dan mendapatkan hadiah Rp15.000.000.

Di panggung Grand Final MLBB x OPPO Smooth Legend Cup, dua tim legendaris yang dipimpin oleh Clayy dan Luminaire juga turut beradu skill dengan pemain legendaris dari seluruh negara di Asia Tenggara. Grand Final MLBB x OPPO Smooth Legend Cup akan menghadirkan 8 tim legendaris dari 6 negara Asia Tenggara.

Tak hanya menawarkan panggung kompetisi kelas atas, acara ini juga dimeriahkan oleh berbagai kegiatan menarik.

Pengunjung yang hadir dimanjakan dengan Games Corner, di mana mereka dapat menguji keunggulan Reno13 Series melalui tantangan 8-Hour Gaming Challenge.

Sementara itu, Photo Spot yang memamerkan keunggulan AI Livephoto Reno13 Series melalui Live Photo Challenge memberikan pengalaman interaktif yang semakin menghidupkan momen dan suasana dalam foto.

Di samping itu, Cosplay Competition turut menambah semarak acara. Para peserta yang berhasil lolos dari online qualification bersaing dengan hadiah menarik, yakni Rp3.500.000 untuk juara pertama, Rp2.000.000 untuk juara kedua, Rp1.000.000 untuk juara ketiga, dan Rp500.000 bagi masing-masing juara keempat hingga kesepuluh.

“Acara MLBB x Oppo Smooth Legend Cup ini merupakan bukti nyata bahwa esports di Indonesia semakin berkembang dan mampu bersaing di level internasional,” ujar Patrick Owen, Chief Marketing Officer OPPO Indonesia.

Patrick pun menambahkan bahwa diri nya bangga dapat menyelenggarakan event yang tidak hanya menyatukan para pecinta game dari berbagai daerah, tetapi juga memberikan pengalaman interaktif melalui berbagai kegiatan pendukung.

Dengan antusiasme yang luar biasa dari pengunjung dan peserta, pada event ini, diharapkan menjadi momentum penting dalam mengukuhkan posisi Indonesia sebagai kekuatan baru di dunia esports.

Seluruh masyarakat dan pecinta game diundang untuk menyaksikan pertarungan seru ini dan merasakan langsung atmosfer kompetisi yang penuh semangat. (Icha)

Lelang Frekuensi 1,4 GHz : Peluang atau Tantangan?

0

Telko.id – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) tengah bersiap menggelar lelang frekuensi 1,4 GHz pada tahun ini.

Langkah ini diharapkan dapat memperluas akses internet tetap (fixed broadband) yang lebih terjangkau bagi masyarakat, terutama untuk sektor rumah tangga, pendidikan, dan kesehatan.

Namun, lelang frekuensi ini menghadirkan peluang sekaligus tantangan. Hal ini menjadi topik diskusi dalam forum Morning Tech bertajuk “Lelang Frekuensi, Untuk Siapa?” yang digelar di Jakarta pada Senin, 24 Februari 2025.

Peluang Akses Internet Murah

Koordinator Kebijakan Penyelenggaraan Infrastruktur Digital Komdigi, Benny Elian, menegaskan bahwa spektrum ini akan digunakan untuk menghadirkan layanan internet berkualitas dengan harga terjangkau.

Baca juga : Lelang Spektrum 1,4 GHz Siap Salib 700 MHz dan 26 GHZ ?

“Kami ingin menghadirkan internet yang lebih murah bagi masyarakat, dengan tarif berkisar Rp 100.000 hingga Rp 150.000 per bulan untuk kecepatan hingga 100 Mbps,” ujar Benny.

Komdigi menargetkan lelang 1,4 GHz selesai pada semester pertama 2025, sebelum lelang spektrum 700 MHz dilaksanakan.

Hingga saat ini, terdapat tujuh perusahaan yang menunjukkan minat terhadap frekuensi tersebut. Namun, Benny menyebutkan bahwa jumlah peserta dapat bertambah saat proses lelang resmi dibuka.

Tantangan Regulasi dan Persaingan Pasar

Penetrasi fixed broadband di Indonesia masih tergolong rendah, dengan angka 21,31% dari total rumah tangga.

Kecepatan unduh rata-rata juga hanya mencapai 32,07 Mbps, tertinggal dibandingkan negara-negara lain.

Oleh karena itu, pemanfaatan frekuensi 1,4 GHz melalui Broadband Wireless Access (BWA) dianggap sebagai solusi untuk memperluas cakupan internet dengan biaya lebih rendah.

Namun, menurut Dekan Fakultas Hukum Universitas Mitra Bangsa, Kamilov Sagala, transparansi dalam proses lelang harus dijaga untuk mencegah praktik monopoli.

“Frekuensi adalah sumber daya terbatas yang harus dikelola dengan adil. Jika tidak, hanya segelintir perusahaan yang akan mendapatkan manfaat,” tegas Kamilov.

Ia juga mengingatkan bahwa dengan tujuh pihak yang sudah berminat, persaingan bisa menjadi ketat dan harga spektrum bisa melonjak tinggi jika mekanisme lelang hanya berbasis harga.

Ketua Bidang Infrastruktur Telematika Nasional Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel), Sigit Puspito Wigati Jarot, menyoroti pentingnya pembangunan infrastruktur digital yang berkualitas serta pengembangan talenta digital, terutama di kalangan generasi muda.

“Saat ini, Indonesia tertinggal dalam pengembangan 5G, dengan kecepatan rata-rata baru mencapai 30 Mbps, jauh tertinggal dibandingkan negara-negara di ASEAN,” ungkapnya.

Ia menekankan bahwa regulasi yang adaptif dan kolaboratif sangat dibutuhkan untuk memastikan transformasi digital berjalan berkelanjutan dan kompetitif.

Model Kompetisi dan Implikasi bagi Industri

Dalam dunia telekomunikasi, berbagai model kompetisi dapat diterapkan dalam pengelolaan frekuensi ini. Sigit menjelaskan bahwa terdapat beberapa opsi, mulai dari Infrastructure-Based Competition, Wholesale Access Model, hingga Public-Private Partnership.

“Setiap model memiliki kelebihan dan tantangan masing-masing. Untuk Indonesia, pendekatan hibrida yang melibatkan pemerintah daerah bisa menjadi solusi yang tepat,” ujarnya.

Selain itu, tarif layanan setelah lelang juga harus menjadi perhatian. Ia menyoroti bahwa harga untuk layanan seluler dan FWA (Fixed Wireless Access) sebaiknya dibedakan.

“Kompetisi harga seluler bersifat nasional, sedangkan harga FWA bisa lebih variatif, bahkan hingga tingkat lokasi rumah. Oleh karena itu, sebaiknya ada perbedaan harga FWA antara wilayah perkotaan dan pedesaan agar lebih adil,” pungkasnya.

Dengan berbagai peluang dan tantangan yang ada, keberhasilan lelang frekuensi 1,4 GHz sangat bergantung pada kebijakan yang diambil oleh Komdigi.

Jika proses lelang dilakukan dengan transparan dan adil, maka langkah ini dapat menjadi dorongan besar bagi peningkatan akses dan kualitas internet di Indonesia. (Icha)

hibank Luncurkan Aplikasi hi by hibank, Targetkan UMKM

0

Telko.id – PT Bank Hibank Indonesia (hibank), anak usaha PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), resmi meluncurkan aplikasi mobile banking terbaru, hi by hibank.

Aplikasi ini dirancang sebagai solusi digital terintegrasi bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) guna mempermudah transaksi keuangan serta mendorong pertumbuhan bisnis mereka.

Peluncuran hi by hibank berlangsung dalam rangkaian acara hi Pasar Rakyat Digital yang digelar di Hutan Kota GBK selama tiga hari, mulai 21 hingga 23 Februari 2025.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Direktur Utama BNI Putrama Wahju Setyawan, Direktur Utama hibank Jenny Wiriyanto, serta sejumlah pengusaha UMKM yang berkesempatan mencoba langsung fitur-fitur aplikasi ini.

Baca juga : Laba Bersih Amar Bank Naik 15% di Semester I 2024, Berkat Digitalisasi

Aplikasi hi by hibank hadir dengan berbagai fitur utama yang membantu pelaku UMKM dalam perencanaan, pengelolaan, pencatatan, pembiayaan, dan pengembangan usaha.

Terobosan ini memungkinkan para pelaku usaha UMKM naik kelas dengan berbagai kemudahan digital yang ditawarkan dalam satu genggaman.

Direktur Utama hibank Jenny Wiriyanto mengatakan, kehadiran aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah UMKM dalam mengelola keuangan mereka serta membuka akses lebih luas terhadap peluang bisnis mereka.

“hi by hibank merupakan aplikasi mobile banking pertama yang berfokus pada ekosistem digital. Hanya dengan satu klik, berjuta potensi terbuka. Kemudahan dalam genggaman ini diharapkan dapat turut berkontribusi dalam mengakselerasi pertumbuhan UMKM di Indonesia,” ujar Jenny.

Untuk meningkatkan literasi keuangan pelaku UMKM, hibank menghadirkan fitur hi-literasi, sebuah program edukasi digital mengenai keuangan, investasi, dan pengelolaan bisnis.

Selain itu, terdapat fitur hi-chat yang memungkinkan pelaku usaha berkonsultasi dengan Relationship Manager digital untuk merencanakan keuangan bisnis mereka.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur hi-tung guna membantu perencanaan keuangan melalui kantong digital, hi-goal, dan hi-deposito.

Sementara itu, fitur hi-pos memungkinkan pencatatan transaksi harian yang dapat dianalisis untuk mendukung keputusan bisnis dan akses pembiayaan digital.

Dalam hal pendanaan, hi by hibank menghadirkan layanan hi-bijak dan hi-talang, yaitu pinjaman berbasis ekosistem digital dengan pendekatan rantai pasok.

Pelaku usaha juga dapat memanfaatkan fitur hi-UMKM untuk meningkatkan operasional dan promosi bisnis mereka melalui integrasi dengan media sosial.

“Dengan aplikasi ini, kami tidak hanya meluncurkan layanan perbankan digital, tetapi juga membuka peluang besar bagi UMKM untuk naik kelas dan memperkuat ekonomi Indonesia,” tambah Jenny.

Adapun hibank terus menunjukkan pertumbuhan positif dengan pendekatan berbasis komunitas. Pada tahun 2024, hibank mencatat total aset sebesar Rp17,8 triliun atau tumbuh 22% secara Year on Year (YoY).

Sementara pinjaman meningkat 75% YoY menjadi Rp10,5 triliun dengan rasio kredit bermasalah (NPL) yang terjaga di level 0,8%. Dana Pihak Ketiga (DPK) juga naik 33% YoY menjadi Rp12,6 triliun.

Sementara itu, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar menyatakan, peluncuran hi by hibank melengkapi transformasi digital BNI Group. Sebelumnya, BNI telah memperkenalkan wondr by BNI pada Juli 2024 dengan tiga fitur utama, yakni insight, transaksi, dan growth.

“Dengan kepemilikan 63,9% saham di hibank, BNI menargetkan anak usaha ini sebagai sumber pertumbuhan jangka panjang. Melalui hibank, BNI Group dapat menjadi one stop solution untuk memenuhi kebutuhan keuangan di berbagai segmen bisnis serta mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” ungkap Royke.

Peluncuran hi by hibank menandai langkah besar dalam upaya digitalisasi UMKM di Indonesia. Dengan berbagai fitur inovatif dan dukungan penuh dari BNI Group.

Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi terpadu bagi pelaku UMKM untuk mengelola keuangan, mengakses pendanaan, dan mengembangkan bisnis secara lebih efisien. (Icha)

Nubia V70 Series, Smartphone AI untuk Para Pelajar

0

Telko.id – Nubia kembali meluncurkan seri terbarunya yaitu V70 Series yang terdiri dari V70 dan V70 Design, 20 Februari 2025.

Dengan slogan “Performa Sigma, Vroom Terus!” Nubia V70 Series ini dirancang untuk para pelajar yang ingin memiliki smartphone dengan teknologi AI canggih, performa lancar, dengan harga yang masih terjangkau.

Smartphone ini menggabungkan hardware Tangguh dan software yang cerdas untuk mendukung aktivitas sehari – hari seperti dari belajar hingga hiburan.

Spesifikasi Nubia V70 Series

Tidak hanya menawarkan performa lancar, tetapi juga tampil dengan desain yang stylish dan premium. Hadir dengan desain Sky-Mirror yang jernih. Nubia V70 Series hadir dengan Sertifikasi SGS 50-Month Smooth yang menjamin pengalaman yang handal tanpa hambatan dalam jangka panjang.

Baca juga : Penjualan Naik Signifikan, nubia Siap Ekspansi Besar di 2025

Menggunakan layar HD+ 6.7 inci dengan refresh rate 120Hz, memberikan pengalaman penggunaan yang lebih halus dan imersif, untuk para pelajar yang ingin membaca ebook atau mengikuti kelas online.

Dengan MYOS 14 menawarkan pembaruan software terbaru untuk mengoptimalkan performa pengalaman pengguna.

Terdapat juga fitur Live Island 2.0 juga untuk menampilkan notofikasi dibagian atas layar. Didukung dengan Near Field Communication (NFC) untuk memungkinkan transaksi digital yang cepat dan mudah.

Nubia V70 Series memiliki baterai 5000mAh dengan pengisian cepat hingga 33W yang akan memastikan daya tahan penggunaan sepanjang hari. AI Photos akan mendukung berbagai fitur canggih.

Seperti AI Optical Character Recognition, AI Potrait Light, AI Magic Unblur, AI Background Unblur, AI Magic Editor, AI Eraser, AI Organization, AI Storytelling, AI Photo Search dan AI Face Stickers.

 Perbedaan V70 dan V70 Design

Meskipun hadir dengan spesifikasi yang mirip, namun tetap ada perbedaan dari kedua smartphone ini. Nubia V70 Design ideal untuk pelajar yang mencari keseimbangan antara perfomra dan harga terjangkau.

Dilengkapi dengan RAM 16GB (8GB+8GB) dan penyimpanan 128GB memberikan ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan berbagai macam catatan, tugas hingga hiburan.

Menggunakan chipset UniSoC T606 akan memastikan kelancaran untuk melakukan multitasking. Kamera 50MP Nubia AI Camera yang susunannya 50MP Ultra-clear, main camera, Auto HDR dan AI Photos.

V70 Design hadir dalam tiga warna yaitu Stone Gray, Jade Green, Citrus Orange dan Stone Gray dengan Sky-Mirror Glass yang memberikan kesan elegan.

Tidak mau kalah dengan V70 Design, V70 hadir dengan RAM 20GB (8GB+12GB) dan penyimpanan 128GB dengan kamera 108MP AI Triple Camera, auto HDR dan AI Photos.

Sudah menggunakan chipset UniSoC T616 yang akan sangat membantu pengguna dalam pengerjaan tugas yang lebih berat atau multitaskin yang lebih menantang.

V70 hadir dalam tiga warna yaitu Stardust Gray, Sunshine Gold, dan Glacier Green dengan desain Sky-Mirror yang jernih, mencerminkan keanggunan dan estetika yang modern.

Harga dan Penawaran Eksklusif

Nubia V70 akan diluncurkan secara eksklusif di e-commerce Shopee mulai tanggan 24 Februari 2025 – 2 Maret 2025, dengan harga perkenalan Rp 1.699.000.

Selama pembelian periode eksklusif, akan mendapatkan benefit berupa Free Wired earphone dan akan mendapatkan spesial cicilan 0% di Shopee Paylater selama 3 bulan.

Setelah periode eksklusif, Nubia V70 akan tersedia di seluruh platform e-commerce Nubia Official Store dengan harga normal Rp 1.799.000.

Nubia V70 Design juga akan diluncurkan secara eksklusif di e-commerce Tokopedia mulai tanggal 24 Februari 2025 – 2 Maret 2025 dengan harga perkenalan Rp 1.449.000.

Pembelian selama periode eksklusif akan mendapatkan benefit Free Wired earphone dan cicilan Tokopedia Paylater 0% selama 3 bulan. Setelah periode eksklusif, Nubia V70 Design akan hadir diseluruh platform e-commerce Nubia Official Store dan toko offline dengan harga normal Rp 1.499.000. (Icha)

Fancam Makin Jernih Pakai Galaxy S25 Series, HP Konser dengan AI

0

Telko.id – Samsung Galaxy S Series telah menjadi HP konser andalan anak muda dalam beberapa tahun terakhir. Kini, Galaxy S25 Series meneruskan tongkat estafet tersebut dan membawanya ke level yang lebih tinggi berkat peningkatan kamera dan AI.

Jadi membuat konten apapun dimanapun menjadi lebih epik termasuk di konsr musik. Ditambah dengan zoom fenomenal dan ketajaman saat low light, Galaxy S25 Series punya semua aspek yang dibutuhkan dari HP konser idaman.

“Berkat teknologi kamera yang disempurnakan dan mobile AI yang lebih pintar, pengguna bisa merasakan pengalaman yang benar-benar berbeda saat capture momen konser,” ujar Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Lensa 50 MP ultrawide memastikan setiap momen tertangkap sempurna, nightography foto dan video yang tertangkap semakin jernih, bahkan saat melakukan zoom.

Baca juga : Galaxy Festival, Berikan Pengalaman Konser dengan Kecanggihan Galaxy S25 Series

Fungsi perekaman video dengan resolusi hingga 8K dan 30 FPS, ditambah dengan fitur Galaxy Log, memastikan siapa saja bisa mendapat fancam yang sangat jernih dan cinematic sekelas profesional.

Dan yang tak kalah menarik dan harus pengguna juga yaitu fitur terbaru Galaxy S25 Series Audio Eraser untuk hapus suara mengganggu saat membuat konten konser, dijamin konten jadi lebih rapih dan bikin smartphone kamu tak tertandingi.

“Dan hari ini konsumen kami yang telah memiliki Galaxy S25 series mereka, dapat langsung mencoba semua kecanggihan nya dan capture konser Galaxy Festival yang kami gelar untuk para konsumen tercinta” ujar Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Reza Febrio, Fotografer Konser, mengatakan bahwa Galaxy S25 Series adalah HP konser terbaik. “Momen konser benar-benar tertangkap sempurna kapan pun saya tap shutter. Saat lihat hasil foto dan videonya yang sharp banget, saya seperti melihat momen aslinya langsung dari barisan depan”.

“Galaxy S25 Ultra ini buat saya adalah HP konser terbaik yang pernah saya coba” ujar Reza setelah menggunakan Galaxy S25 Series untuk mengabadikan keseruan Galaxy Festival di Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 16 Februari 2025.

Gimana pengalaman Reza pakai Galaxy S25 Series untuk capture stage act RAN, Diskoria, Yura Yunita, hingga Dewa 19 ft. Ello di Galaxy Festival? Simak berikut ini:

Bikin Fancam Paling Jernih dengan Nightography

Penampilan RAN yang tertangkap jelas saat sedang bernyanyi di Galaxy Festival, walaupun kondisi cahaya berubah-ubah

Galaxy S25 Series hadir dengan kemampuan Nightography yang ditingkatkan. Jadi, pengguna tak perlu khawatir saat nonton konser malam hari karena hasil tangkapan kamera akan tetap tajam, detail, dan cerah. Fungsi Nightography ini bisa untuk foto maupun video, termasuk ketika pengguna memakai zoom.

Kalau kita bicara soal konten konser, banyak orang pasti ingin bikin fancam yang menyoroti artis favorit. Tapi, ada banyak tantangan yang bisa bikin hasilnya jadi kurang maksimal, misalnya kondisi cahaya yang redup, artis yang banyak bergerak, atau jarak ke panggung yang terlalu jauh.

“Nah, dengan Galaxy S25 Series, kita bisa dapetin fancam yang keren di berbagai situasi dengan lebih mudah,” ujar Reza.

“Untuk rekam fancam yang bagus, kita bisa pakai Nightography dengan zoom sekitar 3x, tergantung posisi, untuk fokus ke wajah si artis. Supaya dapet detail yang jelas, kita bisa arahin kamera ke area panggung yang terkena spotlight lalu lock fokusnya supaya hasilnya tidak blur. Jangan lupa juga atur exposure agar intensitas cahayanya tidak berlebihan,” Reza menambahkan.

Mengabadikan Keseruan Crowd dengan Lebih Detail dan Immersive

Hasil 50 MP Ultra-Wide, ditangkap saat keadaan low-light

Galaxy S25 Series juga menawarkan peningkatan signifikan dari segi kamera dengan hadirnya lensa ultrawide 50MP di Galaxy S25 Ultra. Lensa berkualitas tinggi tersebut pun didukung dengan kapabilitas perekaman hingga 8K pada 30 fps. Jadi, pengguna bisa capture banyak momen berkesan selama konser dengan hasil yang jernih, tajam, dan socmed-worthy tanpa perlu banyak edit.

“Menurutku, konten konser itu nggak melulu soal stage act. Suasana dan energi dari crowd juga perlu banget untuk diabadikan. Nah, kita bisa capture atau rekam crowd secara luas dan jelas dengan mode ultrawide di Galaxy S25 Series,” kata Reza menambahkan.

Kita bisa tunggu momen saat crowd tersorot lampu panggung agar hasil foto atau videonya semakin sesuai dengan mood konsernya. Biar hasilnya lebih keren, kita juga bisa pakai hal-hal di sekitar seperti tangan atau lightstick sebagai framing atau foreground buat menambah depth dan kesan immersive.

Bikin Fancam Terbaik dengan Proses Edit Video Termudah

Hasil fancam jadi lebih vibrant berkat Galaxy Log yang bisa di grading sesuai keinginan

Samsung membawa kemampuan content creation di Galaxy S Series ke level yang lebih tinggi lewat fitur Galaxy Log di Galaxy S25 Series. Kini, pengguna dapat merekam video dalam format LOG seperti pakai kamera profesional untuk menangkap lebih banyak detail di area terang dan gelap.

Dari situ, pengguna bisa lebih leluasa untuk melakukan color grading yang lebih cinematic. Menurut Reza, punya fitur LOG di smartphone sangat menyenangkan, karena setiap momen dan terutama konser ini jadi lebih mudah di abadikan dengan device yang compact tapi dengan hasil yang layaknya professional.

Samsung bikin konten konser to next level, karena hasil akhirnya bisa di grading lagi sesuai keinginan, terutama momen konser yang seringkali pencahayaan cukup menantang.

Peningkatan kualitas content creation di Galaxy S25 Series semakin lengkap dengan adanya Audio Eraser yang bisa menghilangkan suara tertentu di video dengan mudah. Fitur ini sangat bermanfaat karena saat nonton konser, akan ada banyak noise suara yang bisa mengganggu kualitas video yang kita rekam.

Audio Eraser sendiri bisa mendeteksi enam tipe suara, yaitu ucapan, musik, angin, alam, keramaian, dan kebisingan. Jika pengguna merasa ada ucapan teman yang bocor atau suara crowd yang terlalu dominan di dalam rekaman video saat konser, pengguna bisa menentukan volume dari setiap tipe suara tersebut untuk mendapatkan kualitas konten yang diinginkan.

Menurut Reza, Audio Eraser sangat membantunya ketika ingin merekam bagian favorit dari konser dengan sempurna, misalnya saat musisi menyanyikan verse paling seru dari suatu lagu. Walau crowd sing along sekalipun, Reza tetap bisa mendapatkan suara si penyanyi secara jelas.

“Galaxy Log dan Audio Eraser benar-benar game-changer! Saat datang ke konser, kita pasti ingin melihat artis favorit membawakan langsung lagu-lagu andalan,” kata Reza.

Jadi, sangat rugi rasanya kalau datang ke konser tapi hasil kontennya kurang maksimal atau didominasi suara noise. Nah, dengan Galaxy Log, kita bisa menghidupkan setiap warna dan detail di dalam video untuk mendapatkan mood konten yang kita mau.

“Sedangkan Audio Eraser bisa bantu kita mengurangi noise saat konser, jadi yang lebih terdengar di konten cuma suara yang kita mau saja, apakah itu suara si musisi atau suara crowd yang kompak nyanyi bareng,” kata Reza.

Samsung Hadirkan Galaxy Festival, Konser yang Rayakan Galaxy S25 Series bersama Konsumen setia

Sejalan dengan peluncuran Samsung Galaxy S25 Series di Indonesia, Samsung merayakan kehadiran Galaxy S25 Series dengan menggelar Galaxy Festival 2025.

Sebuah acara yang menggabungkan pengalaman hiburan dan inovasi teknologi dalam satu perayaan. Pengunjung dapat menikmati penampilan dari musisi lokal ternama serta merasakan langsung kecanggihan Galaxy AI dan peningkatan teknologi kamera Galaxy S25 Series untuk mengabadikan momen konser dengan kualitas terbaik. Konsumen juga dapat membeli Galaxy S25 Series langsung di Galaxy Festival.

Galaxy Festival mengajak para pencinta Samsung yang telah memiliki Gaalxy S25 Series ditangan mereka atau ingin mencoba langsung kecanggihan kamera dalam sebuah acara konser.

Konsumen yang telah melakukan pre-order di Galaxy Studio Kota Kasablanka dan Grand Indonesia pada periode 23 Januari – 9 Februari 2025, serta mereka yang telah berpartisipasi dalam User-Generated Content (UGC) di Samsung Store pada periode 23 Januari – 14 Februari 2025, mendapatkan kesempatan eksklusif untuk menghadiri acara ini. Samsung telah menyiapkan lebih dari 2.000 tiket eksklusif bagi mereka yang memenuhi syarat.

Dan bagi konsumen yang membeli Galaxy S25 Series di Galaxy Festival akan mendapatkan benefit tambahan berupa travel adaptor 25 watt dan Magnetic Case senilai total Rp.800.000. Benefit ini juga tersedia bagi konsumen yang melakukan pre-order di Galaxy Studio dan mendatangi area experience Galaxy S25 Series di Galaxy Festival.

HP Konser dengan AI

Rasakan pengalaman membuat konten saat konser lebih immersive dengan Galaxy S25 Series! Beli Galaxy S25 Ultra, Galaxy S25+, dan Galaxy S25 secara langsung di toko online maupun offline!

Galaxy S25 Ultra tersedia dalam 3 opsi, yaitu 12GB/256GB (Rp22.999.000), 12GB/512GB (Rp24.999.000), dan 12GB/1TB (Rp28.999.000) dengan pilihan warna Titanium Silverblue, Titanium Whitesilver, Titanium Gray, dan Titanium black. Lalu, ada juga opsi warna online exclusive, yaitu Titanium Pinkgold, Titanium Jetblack, dan Titanium Jadegreen.

Galaxy S25+ terdiri dari varian 12GB/256GB (Rp17.999.000) dan 12GB/512GB (Rp19.999.000). Galaxy S25 tersedia dalam pilihan 12GB/256GB (Rp14.999.000) dan 12GB/512GB (Rp16.999.000).

Kedua model tersebut mengusung pilihan warna Navy, Icyblue, Mint, dan Silver Shadow. Terdapat juga tiga warna online exclusive, yaitu Blueblack, Coralred, dan Pinkgold. (Icha)

Kulkas Pintar Samsung BESPOKE AI, Hemat Energi Berkapasitas Besar!

0

Telko.id – Samsung Electronics Indonesia meluncurkan Kulkas Pintar BESPOKE AI seri RS70 dengan teknologi SmartThings AI, SmartThings AI Energy Mode, dan teknologi SpaceMax yang inovatif.

Dengan fitur-fitur inovatif, kulkas ini tidak hanya memberikan keluarga kenyamanan lebih dalam pengelolaan makanan, menyimpan bahan makanan yang lebih banyak, tetapi juga membantu pengguna menghemat energi secara signifikan.

Dengan gaya hidup yang modern dan makin sadar lingkungan, konsumen menginginkan perangkat rumah tangga yang memberikan kemudahan, namun tak mengorbankan performa dan penghematan energi.

Tak mengherankan permintaan terhadap kulkas pintar berteknologi AI, yang dapat membantu konsumen mendapatkan sejumlah benefit seperti pengontrolan temperatur secara otomatis, mendukung perintah suara, serta hemat listrik, kini tumbuh positif.

Baca juga : Kulkas Ungkep BESPOKE Samsung, Bisa Kurangi Limbah!

Kulkas Pintar BESPOKE AI seri RS70 memiliki kapasitas besar dengan teknologi SpaceMax yang inovatif supaya keluarga bisa menyimpan lebih banyak stok makanan

“Kulkas Pintar BESPOKE AI seri RS70 memiliki inovasi SmartThings AI Energy Mode, Kecerdasan Buatan (AI) yang menghemat energi hingga 10%, dan teknologi SpaceMax yang inovatif membuat kapasitas penyimpanan lebih luas tanpa menambah ukuran badan kulkas,” ucap Jimmy Tjan, Head of Home Appliances Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia.

Menurut Jimmy, Samsung mengintegrasikan kulkas pintar ini dengan smartphone untuk memudahkan pemiliknya mengontrol kulkas mulai dari mengatur temperatur, memberikan resep masakan sesuai isi bahan makanan di dalam kulkas, menyalakan alarm pintu jika kulkas dalam keadaan terbuka, hingga menginformasikan bagian yang perlu diperbaiki.

“Ini adalah definisi kulkas yang lebih mengerti Anda dan untuk kebutuhan keluarga modern,” ucap Jimmy menjelaskan.

Kulkas yang Bisa Dikendalikan dari Mana Saja

Berbelanja bahan makanan secara berlebihan berisiko menyebabkan bahan makanan basi atau kedaluarsa. Kulkas Pintar BESPOKE AI dapat terhubung ke smartphone melalui aplikasi SmartThings, yang menawarkan efisiensi, kenyamanan, dan pengelolaan bahan makanan, ditambah dengan kemampuan mengontrol kulkas dari jarak jauh.

Dengan fitur Food List di aplikasi SmartThings, konsumen bisa memeriksa stok bahan makanan yang disimpan di dalam kulkas termasuk tanggal kedaluarsanya.

Misalnya, saat di supermarket, konsumen bisa memastikan apakah stok telur masih ada sehingga tak perlu membeli jika masih tersedia.  Sementara fitur AI Recipe akan memberikan rekomendasi resep menu yang bisa dibuat dari bahan makanan yang tersedia di kulkas.

Aplikasi SmartThings juga memungkinkan konsumen mengatur temperatur kulkas dan freezer secara real-time. Serta memastikan kulkas tetap bekerja secara optimal melalui fitur perawatan otomatis Device Care.

Aplikasi ini akan memberikan notifikasi ketika ada komponen yang perlu diganti atau dibersihkan, serta memberikan petunjuk pemecahan masalah serta panduannya.

Bila membuka pintu kulkas terlalu lama atau lupa menutupnya, aplikasi SmartThings akan memberikan alarm sehingga konsumen bisa segera menutup pintu kulkas untuk menjaga suhu tetap optimal dan mencegah penggunaan listrik berlebihan. Termasuk memberikan peringatan dini jika ada malfungsi dalam kinerja kulkas. 

Tagihan Listrik Berkurang Konsumen pun Senang

Kulkas yang hemat listrik tentu bakal bikin konsumen senang karena dapat mengurangi pengeluaran bulanan, sehingga budget yang ada bisa dialokasikan untuk hal lain yang lebih penting bagi keluarga.

Aplikasi SmartThings yang terhubung ke Kulkas Pintar BESPOKE AI memiliki fitur SmartThings AI Energy Mode yang dapat menghemat energi hingga 10%.

Berkat teknologi AI, SmartThings AI Energy Mode dapat memonitor penggunaan energi, memberikan laporan analitik untuk mengenal pola penggunaan energi per jam atau harian, sehingga konsumen bisa memantau energi yang sudah dikonsumsi oleh kulkas, maupun smart appliances lainnya.

Saat AI Energy Mode di aplikasi SmartThings diaktifkan, kulkas akan mengatur penggunaan energi secara lebih efisien.

Dengan bantuan teknologi AI, kulkas akan mengoptimalkan kecepatan kompresor, siklus defrost atau pencairan, dan pengaturan suhu, untuk mengurangi penggunaan listrik tapi tak mengorbankan performa pendinginan sehingga bahan makanan tetap terjaga kesegarannya.

Jika penggunaan energi melebihi target yang telah ditetapkan, SmartThings akan merekomendasikan Saving Mode dengan mengoptimalkan kecepatan kompresor dan menyesuaikan siklus defrost berdasarkan pola penggunaan dan kondisi lingkungan sekitar, tanpa mengorbankan performa pendinginan.

Kapasitas Lebih Besar Tanpa Menambah Ukuran Kulkas

Menyiapkan bekal makan siang anak di sekolah itu susah-susah gampang. Dengan meal prep, konsumen akan terbantu dan lebih kreatif dalam membuat menu makan siang yang disukai.

Namun untuk melakukan hal ini, konsumen membutuhkan kulkas berkapasitas besar yang dapat menyimpan lebih banyak bahan makanan.

Kulkas Pintar BESPOKE AI seri RS70 hadir dengan kapasitas gross 680L atau nett 647L. Dengan kapasitas sebesar itu, konsumen bisa menyimpan lebih banyak stok makanan dan leluasa menyusun meal prep untuk bekal anak.

Cocok juga bagi keluarga besar yang lebih sering memasak di rumah, sehingga tak perlu sering-sering berbelanja ke supermarket.

Dengan lebih banyak ruang penyimpanan dan kompartemen, konsumen bisa mengatur isi kulkas dengan lebih rapi, menyimpan bahan makanan sesuai kategori seperti daging, sayuran, produk susu, minuman, dan sebagainya.

Dengan cara ini, kontaminasi silang antar bahan makanan bisa dihindari dan bahan makanan akan terjaga kesegarannya lebih lama.

Uniknya, Kulkas Pintar BESPOKE AI seri RS70 memiliki kapasitas besar tapi tak kelihatan bulky. Teknologi SpaceMax yang inovatif menciptakan dinding kulkas yang lebih ramping dengan insulasi yang benar-benar efisien.

Alhasil, kulkas ini memiliki ruang penyimpanan yang lebih luas tanpa menambah ukuran kulkas secara keseluruhan. Desain inovatif ini memastikan efisiensi energi tetap optimal, sekaligus memberikan lebih banyak ruang untuk menyimpan bahan makanan.

Durabilitas Tinggi dalam Desain Modern dan Elegan

Kulkas Pintar BESPOKE AI seri RS70 dilengkapi dengan Digital Inverter Compressor yang efisien dan lebih tahan lama. Digital Inverter Compressor akan menyesuaikan kecepatannya sebagai respons atas pendinginan yang diinginkan.

Ini membuatnya bisa beroperasi dengan lebih senyap, menggunakan lebih sedikit energi, dan bekerja lebih awet, yang ditopang oleh garansi hingga 20 tahun untuk kompresornya.  

Kulkas Pintar BESPOKE AI seri RS70 ini juga dilengkapi dengan pegangan pintu yang tersembunyi, membuat desain kulkas tampak lebih minimalis dan premium berbaur elegan dengan gaya interior dapur.

Kulkas Pintar BESPOKE AI seri RS70 tersedia dalam dua warna yaitu Silver dan Black dengan harga mulai dari Rp14.599.000 hingga Rp15.099.000.

Bonus menarik berupa Tefal Cookware set senilai Rp1.800.000, voucher MAP senilai Rp300.000, dan perlindungan garansi hingga 2 tahun dengan Samsung Care+.

Promo berlangsung selama periode promosi 17 Februari – 13 April 2025 di toko elektronik mitra Samsung atau gerai resmi Samsung di seluruh Indonesia. (Icha)

Telkom Akses Turut Berkontribusi di Bakti Sosial BUMI 2.0

0

Telko.id – PT Telkom Akses, anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung kesejahteraan masyarakat dengan berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial BUMI 2.0 (Bersama Untuk Masyarakat Indonesia).

Acara ini diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (ILUNI FKUI) yang juga dikenal sebagai Kompak Medika 94 (KOMET 94), dalam rangka memperingati Dies Natalis Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) ke-75.

Mendukung Akses Kesehatan untuk semua, Telkom Akses menyadari bahwa kesehatan merupakan hak dasar setiap individu. Oleh karena itu, partisipasi dalam kegiatan ini sejalan dengan komitmen perusahaan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya bagi mereka yang kurang mampu.

Selain itu, langkah ini juga sejalan dengan program pemerintah yang memberikan cek kesehatan gratis untuk semua saat ulang tahun. Melalui kegiatan BUMI 2.0, Telkom Akses berharap dapat memperluas akses layanan kesehatan dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga : Telkomcel Perkuat Komitmen ESG Bersama PM Xanana Gusmão

Telkom Akses turut berperan dalam mendukung kelancaran kegiatan, baik dari segi penyediaan fasilitas maupun bantuan operasional.

Program BUMI 2.0 menargetkan ratusan peserta dari berbagai lapisan masyarakat yang membutuhkan layanan medis. Beberapa kegiatan utama yang diadakan dalam bakti sosial ini meliputi:

  • Pemeriksaan Kesehatan Gratis – Memberikan layanan pemeriksaan kesehatan dasar bagi masyarakat untuk mendeteksi penyakit sejak dini.
  • Operasi Bibir Sumbing dan Katarak – Membantu pasien yang mengalami kelainan bibir sumbing serta gangguan penglihatan akibat katarak agar dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.
  • Khitanan Massal dan Bedah Minor – Menyediakan layanan khitanan gratis bagi anak-anak serta bedah minor bagi pasien yang membutuhkan tindakan medis kecil.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur telekomunikasi, Telkom Akses tidak hanya berfokus pada pengembangan jaringan dan teknologi, tetapi juga memiliki komitmen kuat dalam menjalankan ESG (Environmental, Social, and Governance).

Partisipasi dalam BUMI 2.0 menjadi salah satu wujud nyata kepedulian perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. (Icha)

Telkomcel Perkuat Komitmen ESG Bersama PM Xanana Gusmão

0

Telko.id – Sebagai bagian dari TelinGroup yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), Telin Timor Leste (Telkomcel) terus memainkan peran penting dalam mendorong transformasi digital di Timor-Leste.

Menandai 12 tahun pelayanan, Telkomcel menegaskan kembali komitmennya terhadap dampak sosial dan pengembangan digital yang inklusif melalui kolaborasi dengan Perdana Menteri Kay Rala Xanana Gusmão.

“Kami berterima kasih kepada masyarakat dan Pemerintah Timor-Leste atas kepercayaan yang telah diberikan selama 12 tahun ini. Kami bangga menjadi mitra strategis dalam pembangunan negara ini, terutama dalam mempercepat transformasi digital yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” ujar Benedictus Ardiyanto Priyo, CEO Telkomcel Benedictus Ardiyanto Priyo.

Investasi dalam Pengembangan Talenta Masa Depan

Dalam rangka mewujudkan komitmen TelinGroup dalam pengembangan talenta, Telkomcel terus berinvestasi pada sumber daya manusia lokal.

Baca juga : Telkom Gelar B2B Camp Summit Day, Siap Kuasai Pasar B2B 

Saat ini, 95% karyawan Telkomcel adalah warga negara Timor-Leste, dengan 75% posisi manajerial dipegang oleh talenta lokal di mana lebih dari setengahnya adalah perempuan.

Untuk mendukung pertumbuhan karir dan kepemimpinan, Telkomcel menyediakan beasiswa dan program pengembangan kepemimpinan bagi karyawan, termasuk kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana dan magister.

Program ini merupakan bagian dari inisiatif pendidikan TelinGroup yang telah memberikan kesempatan bagi karyawan Telkomcel terbaik untuk menempuh pembelajaran global di universitas terkemuka.

Seperti Harvard Business School, Stanford Business School, INSEAD Business School, London Business School, Kellogg School of Management, Wharton School, dan MIT Sloan School.

Mewujudkan Lingkungan Kerja Inklusif dalam Komitmen ESG

Sebagai bagian dari Telin Group ESG Wheel, Telkomcel berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan mendukung keberagaman. Selain pertumbuhan profesional, perusahaan juga menekankan kesejahteraan karyawan dan kontribusi sosial, yang diwujudkan melalui program perjalanan spiritual, serta pembangunan pusat pelayanan komunitas (Uma Domin).

“Dengan komitmen terhadap inklusivitas dan keberlanjutan, kami yakin bahwa kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat akan membentuk masa depan Timor- Leste yang lebih maju secara digital,” tambah Benedictus.

Melangkah ke Depan: TAIS 2025

Guna mewujudkan visi perusahaan, Telkomcel akan menyelenggarakan “Telkomcel Annual International Summit (TAIS) 2025” pada 27 Februari 2025.

Forum ini akan menjadi wadah bagi para pemimpin industri, pejabat pemerintah, dan pemangku kepentingan untuk membahas inovasi teknologi, pengembangan talenta, serta strategi digital inklusif bagi Timor-Leste dan kawasan sekitarnya.

Melalui TAIS 2025, Telkomcel bertujuan untuk mendorong interaksi dan kolaborasi lintas sektor, sekaligus memperkuat perannya dalam membangun ekosistem digital yang berkelanjutan dengan dukungan dari Pemerintah Timor-Leste.

Dengan fondasi yang kuat di bidang teknologi, pendidikan, dan tanggung jawab sosial, Telkomcel terus berkomitmen untuk mempercepat transformasi digital serta mendorong pertumbuhan jangka panjang bagi masa depan Timor-Leste. (Icha)

Tingkatkan Kecepatan Bandwidth, Biznet Targetkan Tambah 30% Pelanggan

0

Telko.id – Biznet meningkatkan kecepatan bandwidth untuk menambah jumlah pelanggannya di tahun 2025. Targetnya, bisa menambah 30% jumlah pelanggan barunya, terutam di segmen B2B.

“Saat ini Biznet sudah mencapai 700 ribu pelanggan dengan yearly growth hingga 25% dan target kita tahun 2025 ini sampai 30%,” ucap Adrianto Sulistyo, Senior Manager Marketing Biznet Adrianto Sulistyo di Jakarta pada Kami (20/02).

Ia menjelaskan, dari total 700 ribu pelanggan Biznet, sekitar 70 persen adalah pelanggan Business to Consumer (B2C). Sementara untuk pelanggan Business to Business (B2B) masih sekitar 30 persen.

Biznet sendiri lebih memilih untuk memprioritaskan kualitas dan kecepatan dibandingkan dengan harga. Apalagi, saat ini kebutuhan internet masyarakat Indonesia sangat tinggi. Pasalnya, menurut Adri, masyarakat harus memahami apa yang mereka bayarkan harus sesuai dengan apa yang mereka dapatkan.

Baca juga : Opensignal: Biznet Pimpin Kecepatan Internet di Indonesia

Salah satu provider wifi di Indonesia ini juga menyadari bahwa produk mereka kini banyak digunakan oleh Gen-Z. Dimana Gen-Z yang memerlukan internet cepat untuk kebutuhan kesehariannya.

Bermodalkan ping kecil dan bandwidth yang kencang, Biznet membantu masyarakat dengan menunjang semua aktivitas digital dengan lebih efektif dan lancar dengan koneksi internet yang handal, memiliki bandwidth besar, upload download yang simetris serta didukung oleh teknologi canggih dan terkini.

Pelanggan Gen-Z Biznet sendiri saat ini sebesar 20% dari total pelanggannya merupakan para gamers yang notabene membutuhkan bandwidth besar untuk mendukung kinerja mereka, terlebih dalam kancah professional.

“Kita (gamers) butuh internet yang kencang dan juga stabil, agar bisa bersaing dengan player – player lain dan hal ini dipenuhi oleh Biznet.” Tutur Lemon, salah satu Pro-Player Mobile Legend.

Itu sebabnya, Biznet pun mensasar segmen tersebut dengan meluncurkan kampanye Biznet Home Gamers 3D. Di mana, Layanan ini terkhususkan untuk para gamers dengan kecepatan bandwidth hingga 400 Mbps.

Layanan ini menggunakan server yang lebih private dengan uplink dan downlink yang lebih stabil dan simetris.

Teknologi terbaru dari Biznet kini terkoneksi langsung dengan kabel bawah laut Biznet Nusantara Cable System -1 (BNCS-1) dan sudah menghubungkan pulau – pulau di Indonesia seperti Jawa – Bali – Sumatra (Sumatra Selatan & Lampung) – Bangka – Batam.

Internet yang handal didukung dengan infrastruktur yang mumpuni, Biznet memahami bahwa kebutuhan internet saat ini tidak hanya untuk update disosial media, namun juga untuk kepentingan lain seperti bermain game, membuat konten, belajar, bekerja hingga live selling bagi pelaku bisnis online.

“Upaya Biznet untuk meningkatkan kehandalan layanan ini, kami juga memiliki dan mengoperasikan infrastruktur digital kami yang canggih, yang dapat memastikan setiap pelanggan terkoneksi dengan layanan Internet Biznet yang lebih cepat dan stabil dalam kondisi apapun. Jadi, pelanggan dapat menikmati pengalaman Internet yang lebih optimal dengan pake Biznet,” ujar Adri.

Selain itu, untuk memastikan baik setiap individu maupun bisnis merasakan manfaat dari koneksi Internet handal Biznet. “Kami juga akan terus melakukan ekspansi untuk menjangkau lebih banyak wilayah di Indonesia,” lanjut Adri.

Biznet memperkuat jaringan infrasturktur di Indonesia melalui pembangunan kabel bawah laut milik Biznet yang dilanjutkan di tahun ini, yang akan menghubungkan konektivitas antara pulau Jawa ke Bali hingga ke Kalimantan melalui Biznet Nusantara Cable System-2 (BNCS-2).

Biznet mulai bulan Februari 2025 juga meningkatkan kehandalan infrastruktur layanannya dengan menambah kapasitas jaringan Fiber Optic melalui Kabel Bawah Laut di Kota Cirebon (200 Gbps), Semarang (200 Gbps) serta di kota Surabaya hingga 400 Gbps. (AGI/Icha)

Telkom Gelar B2B Camp Summit Day, Siap Kuasai Pasar B2B 

0

Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bekerja sama dengan MarkPlus Institute menggelar B2B Camp Summit Day.

Kegiatan yang dilaksanakan di Telkom Landmark Tower, Jakarta, pada Jumat (14/2) ini merupakan acara puncak dari rangkaian pelatihan intensif Account Manager yang sebelumnya digelar pada 5-7 Februari lalu secara online.

Program ini menjadi ajang eksklusif bagi member Digistar Club terpilih untuk memperdalam wawasan mengenai strategi pemasaran dan penjualan berbasis consultative selling di era digital.

Program diawali dengan sesi online yang diikuti oleh rata-rata 300 peserta per hari dari berbagai daerah. Setelah melalui proses seleksi berdasarkan partisipasi dan antusiasme peserta, sebanyak 80 peserta terbaik berkesempatan untuk menghadiri acara puncak secara langsung di B2B Camp Summit Day 2025.

Baca juga : Tahun 2025, Telkom Melalui Indibiz Siap Dominasi Pasar B2B

Acara dibuka dengan sambutan dari Assistant Vice President Employe Value Proposition & Human Capital Communication Telkom Rama Sugiharto. Rama menyampaikan apresiasinya kepada para peserta yang telah menunjukkan dedikasi tinggi sepanjang program.

“Ini adalah perjalanan yang dirancang khusus untuk mengasah keterampilan yang saat ini paling dibutuhkan di industri sekaligus sebagai bagian dari talent pipeline di TelkomGroup. Para peserta telah dikurasi dengan cermat berdasarkan partisipasi aktif mereka selama sesi online sebelumnya,” ujar Rama menjelaskan.

Sementara itu, CEO MarkPlus Yosanova menyoroti pentingnya peran seorang Account Manager dalam lanskap bisnis modern.

“Seorang Account Manager yang hebat bukan hanya mampu menjual produk, tetapi juga dapat mengomunikasikan tantangan serta kekurangan perusahaan dengan jujur. Melalui acara ini, peserta akan mendapatkan wawasan eksklusif dari para ahli mengenai bagaimana menjadi seorang Account Manager yang benar-benar bernilai bagi klien,” ujarnya.

Pada acara puncak, peserta mendapatkan wawasan mendalam mengenai customer profiling, strategi mengidentifikasi dan memahami pelanggan ideal melalui data, analisis pasar, serta pola perilaku pelanggan.

Sesi ini disampaikan oleh COO MarkPlus Institute Marthani yang berbagi wawasan strategis tentang bagaimana memahami pelanggan dan menerapkan data dalam strategi bisnis.

Peserta juga menggali lebih dalam tentang consultative selling, pendekatan berbasis konsultasi yang membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan memberikan solusi yang tepat sesuai kebutuhan bisnis mereka.

Sesi ini dipandu oleh Berliana Account Manager Telkom sekaligus Education Influencer/Content Creator yang membagikan pengalaman dan teknik praktis dalam menerapkan strategi penjualan berbasis konsultasi.

Tak hanya teori, peserta juga mendapatkan pengalaman praktik langsung melalui sesi hands-on roleplay pitching kepada klien.

Dalam sesi ini, mereka diberikan real use case dan ditantang untuk mengidentifikasi permasalahan bisnis serta menyusun solusi yang tepat, kemudian mempresentasikannya secara langsung.

Sesi ini dirancang untuk mengasah kemampuan analisis, komunikasi, dan pemecahan masalah yang menjadi kunci utama dalam peran seorang account manager.

VP HC Culture & Industrial Relations Telkom Iwan Setiawan mengatakan bahwa Telkom B2B Camp Summit Day 2025 menjadi bukti bahwa strategi penjualan berbasis pelanggan dan pendekatan konsultatif semakin relevan dalam dunia bisnis yang terus berkembang.

“Program ini diharapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi para peserta dalam menghadapi tantangan industri ke depan guna menyiapkan generasi muda. Tentunya kegiatan sejalan dengan semangat kami melalui Digistar untuk menyiapkan talenta muda yang match dengan kebutuhan industri sehingga siap untuk memasuki dunia kerja,” ungkap Iwan.

Sebagai bagian dari komitmen Telkom dalam mendukung pengembangan talenta muda digital, Digistar Club hadir sebagai komunitas eksklusif bagi generasi muda Indonesia yang ingin terus mengembangkan keterampilan, membangun jaringan profesional, dan mengakses program-program pelatihan eksklusif.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari ekosistem inovatif yang siap membawa talenta digital ke level selanjutnya! (Icha)