spot_img
Latest Phone

Facebook Gelar Tiga Hari Festival bertajuk Nyasar ke Dimensi Facebook, Ini Targetnya

Telko.id – Facebook Indonesia siap meramaikan akhir pekan ini...

Garmin Manfaatkan Data Wearable, Pengendalian Diabetes Personal

Telko.id - Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Garmin Indonesia menyoroti...

Garmin Instinct Crossover AMOLED Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan...

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...
Beranda blog Halaman 1504

Masih Terganjal TKDN, iPhone 7 Sudah Melenggang di Toko Online

0

Telko.id – Meski kehadirannya belum resmi di Indonesia. Salah satunya lantaran masih terganjal TKDN, toh iPhone baru besutan Apple tetap melenggang di sejumlah situs jual beli online tanah air.

Sejumlah nama seperti JD.ID, Bukalapak, dan Tokopedia adalah beberapa diantaranya yang diketahui telah menjual iPhone 7. Baik dengan sistem penjualan pre order maupun COD atau cash on delivery.

Berdasarkan pantauan tim Telko.id, ketiga situs jual beli online ini menawarkan iPhone 7 dengan harga yang berbeda, mulai dari Rp 12 jutaan hingga Rp 19 jutaan.

Menariknya, kehadiran iPhone 7 dan 7 Plus ke tanah air ini juga didukung oleh sejumlah lembaga perbankan nasional, termasuk BNI, OCBC NISP, Bank Danamon dan UOB, yang bersama JD.ID menawarkan promo menarik bagi para pelanggan. Salah satunya adalah potongan sebesar Rp 1 juta untuk pembelian menggunakan kartu kredit dari bank tersebut.

Masa pengiriman untuk kedua perangkat ini sebut JD.ID akan dimulai pada 23 September mendatang.

Sekedar informasi, iPhone 7 dan 7 Plus pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat pada 8 September lalu, dan telah siap menyambangi setidaknya 28 negara, termasuk Australia, Amerika Serikat, Inggris, Hong Kong dan Jerman.

iphone-7-ditjen-sdppi1

iphone-7-ditjen-sdppi2

Di Indonesia, status iPhone 7 dan iPhone 7 Plus – yang memiliki kode Apple-A1778 dan Apple-A1784 saat ini masih dalam proses dibuat SP3 di Balai Uji Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kedua perangkat ini dianggap masih bermasalah dalam hal TKDN.

Solusi CBN Ini Mampu Halau DDOS Attack

0

Telko.id – CBN menjadi pelopor Internet Service Provider (ISP) lokal yang menghadirkan solusi teknologi di Indonesia, yakni CBN Internet Clean Pipe.

CBN Internet Clean Pipe adalah solusi internet ultra aman untuk memenuhi kebutuhan perlindungan internet dari aktivitas berbahaya dan serangan DDoS (Distributed Denial of Service) yang kerap terjadi pada jaringan perusahaan.

Seperti diketahui, DDOS menjelma menjadi sebuah teror yang cukup mengerikan beberapa waktu ini. Tercatat, DDOS sempat dimanfaatkan untuk melumpuhkan server milik perusahaan perbankan di Indonesia.

DDOS sendiri merupakan jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputer yang diserang tersebut.

Berkaca dari hal ini, sejatinya internet Clean Pipe sangat dibutuhkan oleh beragam industri yang berbasis dan mengutamakan jaringan internet pada servisnya, seperti perbankan, e-commerce, hospitality, content providers, dan lain lain. Dengan kemampuan untuk mendeteksi aktifitas DDoS sejak awal dan menghentikan serangan sebelum mencapai jaringan, sehingga pengguna tidak perlu mengkhawatirkan hambatan yang terjadi pada kelangsungan bisnisnya.

Marcelus Ardiwinata, Chief Operational Officer CBN mengatakan, beragam jenis ancaman terhadap jaringan internet semakin berkembang pesat dari waktu ke waktu. Secara global, serangan DDoS termasuk peringkat 10 besar dalam ancaman di dunia cyber, yang semakin besar dan canggih. Setiap bidang usaha yang berbasis internet sangatlah rentan akan serangan DDoS yang pada akhirnya merugikan perusahaan, seperti downtime, biaya bandwith yang jauh lebih besar, kehilangan pelanggan, merusak image brand/ perusahaan serta berkurangnya ketersediaan layanan dan pencurian data viral.

Hal ini akan semakin krusial apabila serangan ditujukan kepada situs yang berhubungan dengan proses pembayaran/ payment, karena dapat membahayakan pemasukan perusahaan maupun kepercayaan pelanggan.

“Dengan pengalaman nyata sebagai ISP terpercaya selama 20 tahun di Indonesia, CBN menghadirkan solusi perlindungan jaringan CBN Internet Clean Pipe.  Kami yakin CBN Internet Clean Pipe dapat melindungi jaringan internet perusahaan, dengan memblokir lalu lintas berbahaya (malicious traffic) dan hanya memperbolehkan traffic yang aman untuk di proses lebih lanjut,” tutue Marcel.

CBN Internet Clean Pipe di desain khusus untuk mendeteksi serangan DDoS, baik dari serangan yang membanjiri jaringan (volumetric attack) ataupun online application intrusion (application-layer attack). Melalui pengembangan dan penyempurnaan selama bertahun-tahun, CBN telah membangun sebuah platform yang fleksibel sebagai solusi perlindungan berlapis untuk melindungi jaringan, server dan tenaga ahli yang kritikal untuk  mendeteksi dan memberikan solusi mitigasi yang bekerja secara terus menerus, 24 jam/ hari, 7 hari/ minggu, 365 hari/ tahun.

Lewat Satelit, Eusanet dan Eutelsat Layani Daerah Rural di Saxony

0

Telko.id – Penyedia internet satelit Jerman, Eusanet dan Eutelsat Broadband telah mengumumkan penyebaran layanan broadband berbasis satelit barunya di salah satu negara bagian, yakni Saxony, lebih tepatnya di Sayda. Jaringan FTTH di distrik Ullersdorf ini akan menyediakan koneksi internet hingga 30 Mbps untuk rumah tangga pribadi atau sampai dengan 50 Mbps untuk bisnis.

Dilaporkan Telecompaper, Jumat (16/9), sekitar 17 pelanggan telah terhubung pada hari peluncuran. Kini, total 45 rumah tangga dan bisnis telah mengantri.

Koneksi internet broadband ini sendiri dibangun melalui satelit Eutelsat KA-SAT (9 ° BT). Rumah tangga lokal disediakan dengan bandwidth hingga 30Mbps untuk download dan hingga 5Mbps untuk upload. Sementara untuk bisnis, Eusanet menawarkan kecepatan hingga 50Mbps untuk download dan hingga 10Mbps untuk upload.

Ke depan, Eusanet juga berencana untuk menawarkan telepon berbasis IP melalui kombinasi layanan satelit/FTTH. Perusahaan juga akan menyediakan rumah tangga yang terhubung dengan saluran TV digital baik kualitas SD maupun HD pada tahap berikutnya.

Solusi sementara yang dipasang di Ullersdorf ini sendiri menandai contoh bagaimana pedesaan di daerah yang tidak terlayani atau terjangkau broadband dapat mulai berinvestasi di infrastruktur serat optik dan membawa mereka mendapatkan layanan bahkan meski di sana belum ada sambungan darat untuk ketersediaan backbone regional dan nasional.

Masuki Babak Akhir, Kompetisi The Big Start Indonesia Sisakan 20 Brand

0

Telko.id – Kompetisi web series, The Big Start Indonesia, kian dekat pada episode pamungkas. Kompetisi yang fokus pada pencarian wirausaha kreatif lokal dengan produk terbaik ini telah mengumumkan 20 brand yang lolos untuk maju ke tahap Final.

Saat ini, para pendiri dari top 20 brand telah berada di Jakarta untuk mengikuti rangkaian kegiatan karantina hingga tahap grand final.

“Kami melakukan proses seleksi yang sangat ketat untuk menentukan 20 brand yang berhak lolos ke tahap final. Top 20 brand ini tidak hanya inovatif, kreatif, dan unik, tetapi juga memiliki potensi besar untuk bisa dipasarkan di tanah air maupun ke mancanegara,” kata Kusumo Martanto, CEO Blibli.com dalam keterangan resmi.

Ia menjelaskan, brand yang lolos ke tahap final ini dipilih dari 100 brand yang lolos seleksi tahap 2 dengan tiga kriteria penilaian produk, yaitu kreativitas, inovasi dan keunikan. Selain itu, penilaian juga mempertimbangkan faktor pilihan konsumen melalui video yang diunggah di YouTube.

Top 20 brand yang terpilih masuk ke babak final kompetisi The Big Start Indonesia berasal dari beberapa kategori jenis usaha, mulai dari fashion, makanan dan minuman, kesehatan dan kecantikan, kerajinan, kebutuhan ibu dan anak, hingga hobi dan teknologi. Adapun ke-20 brand itu meliputi Motiviga, PijakBumi, Topee, Wakatobi Eyewear, Neveres Sports Wear, Amazara, Savis, Joycia, FrozBanana, Stereo Desert, Olmatix, Potme Farm, Peek.me, Ocean Fresh, Ritjhson Pomade, Cool Sugar Wax, Klen n Kind, Antik Mebel, Leon Paperworks dan Gauri Art Division.

Selama di Jakarta, top 20 brand tersebut menjalani proses karantina untuk mendapat pembekalan dan pelatihan bisnis yang intensif dari pakar dan para pengajar, yang dalam hal ini berasal dari Podomoro University.

“Podomoro University berkomitmen untuk menularkan ilmu kewirausahaan kepada masyarakat luas. Kami sangat mendukung kompetisi The Big Start Indonesia sebagai platform untuk mencari pengusaha kreatif lokal dengan produk terbaik,” tegas Cosmas Batubara, Rektor Podomoro University.

Di sini, para finalis akan diberi pembekalan berupa program Basic Entrepreneurship Experience (BEE) yang memperkenalkan tren manajemen bisnis dan unsur-unsur entrepreneurial dengan panduan berpikir dan berperilaku seorang entrepreneur. Selain itu, juga diajarkan tentang cara menumbuhkan kreativitas dan inovasi untuk mempertahankan dan mendorong pertumbuhan bisnis yang telah dibangun.

Untuk mendapatkan Founder terbaik, para finalis juga akan mengikuti program seleksi melalui berbagai tantangan sesuai dengan pengetahuan bisnis yang telah diperolehnya yang dikemas dalam rangkaian web series reality show The Big Start Indonesia.

Kompetisi The Big Start Indonesia sendiri merupakan web series kompetisi pertama di Indonesia yang fokus pada pencarian pengusaha kreatif lokal dengan produk terbaik. Kampanye ini digagas oleh Blibli.com bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) untuk memberdayakan pengusaha lokal yang kreatif dan inovatif sehingga dapat berkembang ke tahap selanjutnya.

Kominfo Siap Blokir Lebih dari 80 Aplikasi dan Website Terkait LGBT

0

Telko.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika siap untuk memblokir lebih dari 80 aplikasi dan situs web yang diduga berkaitan dengan LGBT. Keputusan ini diambil menyusul rapat tertutup yang dilakukan Kominfo dan pemerintah lainnya

Pertemuan ini awalnya diadakan untuk meninjau permintaan polisi untuk memblokir grindr dan 17 aplikasi lain yang diduga digunakan dalam jaringan prostitusi anak, tapi kementerian memperpanjang daftar untuk memasukkan layanan pro-LGBT lainnya.

“Kami akan senang jika kementerian komunikasi memblokir [aplikasi gay] tanpa ragu-ragu karena bau pornografi begitu kuat pada mereka, seperti menunjukkan ketelanjangan,” kata Ericson Siregar, seorang perwira Mabes Polri, seperti disadur Buzzfeed.

Meskipun tindakan pemerintah ini memungkinkan munculnya sentimen anti-LGBT, namun kekhawatiran lain adalah bahwa ini akan menjadi awal mula pemangkasan layanan internet AS di Indonesia.

Kepala Investigasi Kementerian Komunikasi, Teguh Arifiadi mengatakan bahwa mereka sudah meminta Google menghapus tiga aplikasi, yakni Grindr, Blued, dan BoyAhoy, dari Play Store. Mereka kemungkinan akan melanjutkan dengan permintaan penghapusan untuk beberapa atau semua dari 80 situs dan layanan lainnya yang telah direview.

Sebelumnya, masih dalam upaya memerangi LGBT, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga telah meminta Line untuk menghapus tema dan stiker LGBT di bulan Februari. Selain itu, pemerintah juga telah mulai menyusun RUU untuk melarang situs pro-LGBT pada bulan Maret.

Pemerintah Harus Buat Aturan Tambahan Untuk Kawal Network Sharing

0

Telko.id – Pemerintah nampaknya akan terus mendorong revisi PP 52 dan 53 tahun 2000 berjalan sesuai rencana. Tujuannya agar network sharing dapat diberlakukan secepat mungkin.

Pada acara diskusi bertajuk Implementasi Network Sharing dalam Persaingan Usaha, Dr Fahmy Radhi, MBA Dosen Departemen Ekonomika dan Bisnis UGM mengatakan, pemerintah harus berhari-hati dalam menetapkan kebijakan network sharing. Sebab jika tidak hati-hati maka pembangunan infrastrktur telekomunikasi di daerah terpencil dan perbatasan akan mandek.

Jika pemerintah menerapkan network sharing saat ini, menurut Fahmy kebijakkan tersebut tergolong prematur. Sebelum menerapkan network sharing, seharunya pemerintah terlebih dahulu bisa menciptakan kematangan jaringan yang mampu menjangkau konsumen di seluruh wilayan di suatu negara (mature network). Selain itu pemerintah juga membuat gap kepemilikan jaringan antar operator rendah (low coverage gap).

Kunci keberhasilan dari network sharing selanjutnya adalah, tidak ada operator yang dominan (no operator domination).
Namun jika network sharing ini benar-benar dipaksakan, Fahmy meminta agar pemerintah mau membuat regulasi yang bisa memaksa seluruh operator penyelenggara jaringan telekomunikasi untuk mau membangun jaringan di daerah terpencil dan perbatasan yang terbilang tidak menguntungkan. Sebab selama ini Operator seluler lainnya memiliki kecenderungan dalam membangun di daerah yang menguntungkan saja.

Selain adanya aturan mengenai kewajiban operator untuk membangun di daerah terpencil dan perbatasan, Fahmy mengatakan pemerintah juga harus memberikan kopensasi yang sesuai bagi pemilik jaringan telekomunikasi yang telah terlebih dahulu membangun di daerah tersebut.

“Seharunya adanya regulasi tambahan yang bisa memaksa operator telekomunikasi untuk membangun jaringan dan pemberian kopensasi yang sesuai. Tujuannya agar mengurangi dampak mandeknya pembangunan jaringan telekomunikasi di daerah terpencil. Intinya pemerintah selaku regulator harus  menjamin tidak ada operator yang dirugikan,”tutur Fahmy.

Menurut Fahmy sebelum network sharing diimplementasikan, seharunya pemerintah membuat dahulu blue print pengembangan industri telekomunikasi di Indonesia. Tujuannya agar efisiensi yang dicita-citakan di industri telekomunikasi dapat tercapai.

Sejatinya, Active Network sharing akan menghasilkan sebuah efisiensi bagi industri Telekomunikasi Indonesia. Hal tersebut dikarenakan setiap operator akan menghemat Capex serta Opex mereka hingga 70%.

Namun, demi tersedianya jaringan di wilayah-wilayah terpencil, setiap operator harus tetap membangun di wilayah tersebut meski peraturan network sharing sudah disahkan.

Bisa saja, masing-masing operator membangun infrastruktur secara bersama untuk digunakan bersama di sebuah wilayah yang tidak padat penduduknya.

Menkominfo Ajak Investor Bangun E-Commerce Indonesia

0

Telko.id – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara membuka peluang bagi investor untuk membangun E-Commerce Indonesia. ”Roadmap E-Commerce Indonesia sudah siap dan akan segera disahkan. Dimana untuk menunjang tujuh isu pada roadmap tersebut ada 30 inisiatif yang akan dilaksanakan dengan proyeksi sebesar USD 130 Milyar pada tahun 2020,” paparnya dalam US-Indonesia Investment Summit 2016 di Jakarta, Kamis (15/9/2016).

Roadmap eCommerce merupakan serangkaian lebih dari 30 inisiatif untuk mendorong berkembangnya e-Commerce dan bisnis digital di Indonesia. Inisiatif yang terdiri dari logistik, infrastruktur komunikasi, keamanan siber, pajak, perlindungan konsumen, pendanaan dan investasi serta pendidikan dan SDM itu diharapkan akan menjadi pendorong kesuksesan eCommerce dan bisnis digital nasional.

Berkaitan dengan Roadmap E-Commerce tersebut, Rudiantara mendukung penuh lahirnya perusahaanstartup lokal dan ditargetkan paling tidak ada dua startup yang jadi unicorn seperti Go-Jek pada tahun ini. “Kita juga akan mengundang Plug and Play TechCenter ke Indonesia untuk berbagi ilmu tentang E-Commerce kepada perusahaan startup. Kita berupaya untuk membangun ekosistem E-Commerce Indonesia,” katanya.

Berkenaan dengan undangan pada investor untuk menanam modal di sektor e-Commerce tersebut, Rudiantara juga sempat menyampaikannya pada kunjungannya di Indonesia Bussiness Forum di Shanghai, RRT beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Menkominfo menyatakan bahwa “Pemerintah memiliki komitmen untuk memberikan kemudahan investasi yang berguna bagi kemajuan ekosistem industri digital di Indonesia dan UMKM yang akan memasuki dunia digital.”

“Indonesia siap mengembangkan e-Commerce. Roadmap e-Commerce yang akan segera ditetapkan pemerintah. Ada tujuh isu yang diidentifikasi sebagai pendorong kesuksesan untuk mencapai nilai USD130 Miliar e-Commerce Indonesia pada tahun 2020 yaitu logistik, infrastruktur komunikasi, keamanan siber, pajak, perlindungan konsumen, pendanaan, pendidikan dan SDM,” jelas Menteri Rudiantara.

Kementerian Kominfo telah mengembangkan porgram prioritas sebagai kunci untuk implementasi Roadmap e-Commerce, antara lain:
1. Mendorong Indonesia menjadi the Digital Energy of Asia.
2. Menciptakan Indonesia menjadi negara dengan digital economy yang terbesar di Asia Tenggara.
3. Mendorong pencapaian transaksi e-Commerce sampai USD130 Miliar pada tahun 2020.
4. Menciptakan 1000 Teknoprener nasional yang mumpuni dengan nilai perusahaan mencapai USD10 Miliar USD.

0906_Penyaluran Dana Kartu Indonesia Pintar (revisi)

Menteri Kominfo menyampaikan Pemerintah Indonesia memiliki komitmen untuk memberikan kemudahan investasi yang berguna bagi kemajuan ekosistem industri digital di Indonesia dan UMKM yang akan memasuki dunia digital. Di depan ratusan pelaku bisnis dari Tiongkok dan Indonesia, Menteri Kominfo menyampaikan salah satu faktor terpenting mendukung e-Commerce adalah infrastruktur komunikasi. “Pemerintah telah memulai pembangunan Palapa Ring untuk menghubungkan seluruh kepulauan di Indonesia dan terhubung internet,” paparnya.

Proyek Palapa Ring, menurut Menteri Kominfo, menargetkan kemampuan jaringan yang setara antara wiayah barat, tengah dan timur Indonesia. “Bandwidth wilayah Indonesia tengah dan timur kita dorong lebih setara dengan wilayah barat.  Kemampuan jaringan broadband yang menghubungkan pulau-pulau atau kota-kota adalah keharusan, keniscayaan. Kita bangun akses-akses broadband di kota-kita semuanya juga mendorong desa-desa menjadi broadband,” jelas Rudiantara.

Pembangunan akan disertai dengan upaya meningkatkan efisiensi agar masyarakat dapat merasakan layanan serta manfaat lebih. “Ini tidak hanya dikerjakan oleh operator telekomunikasi eksisting. Banyak wilayah-wilayah yang penyelenggara tidak berani masuk atau membangun jaringan broadband menuju ke sana, Pemerintah akan langsung intervensi membangun. Inilah program Palapa Ring yang juga menjadi sarana menuju akses Internet cepat dan murah ke rakyat. Masyarakat mendapat akses Internet yang broadband,” papar Menteri Rudiantara.

Komitmen Kemudahan Investasi
Indonesia Business Forum adalah forum yang difasilitasi oleh BKPM dan Kedutaan Republik Indonesia di Shanghai. Pelaksanaannya dikelola oleh INACHAM (Indonesia China Chamber of Commerce) dan CFLD (China Fortune Land Development) untuk membantu para pelaku usaha dari Indonesia dan Tiongkok meningkatkan nilai perdagangan dan investasi di Indonesia.

Pemerintah Indonesia, sebagaimana disampaikan Menteri Kominfo memberikan kesempatan investasi untuk e-Commerce (marketplace) sebesar-besarnya dengan memperhatikan ekosistem digital ekonomi nasional. “Jadi investasi asing dapat dibuka sampai dengan 49 persen dalam kepemilikan modal perusahaan untuk nilai investasi asing antara Rp10 Miliar sampai dengan Rp100 Miliar. Dan kepemilikan modal sampai dengan 100 % untuk nilai investasi di atas Rp100 Miliar. Sedangkan secara horisontal perusahaan startup yang nilai perusahaannya sampai dengan Rp10 Miliar, maka masuk kategori UKM,” jelasnya.

Menteri Rudiantara menjelaskan salah satu Program Utama Kemkominfo yaitu penciptaan 1000 startup digital. Penciptaan 1000 startup nasional itu bertujuan untuk mendorong investasi dan pertumbuhan ekonomi nasional. “Pemerintah membuka diri untuk menjalin kerjasama dan investasi yang dapat membantu akselerasi pencapaian target program tersebut,” jelasnya.

Kebijakan itu telah ditunjukkan oleh pertemuan langsung Menkominfo dengan para Angel Investor yang berminat terlibat dalam program tersebut. “Kami juga telah melakukan inisiasi pembicaraan terkait pembangunan inkubator dengan skala besar di Indonesia oleh investor dari Tiongkok,” jelasnya. (Icha)

Indonesia ‘Desak’ Google Bayar Pajak

0

Telko.id – Dalam Forum KTT G20 yang baru saja usai di Hangzhou, Indonesia mendukung diterapkannya kebijakan pertukaran informasi keuangan untuk kepentingan perpajakan, guna meningkatkan pendapatan negara-negara berkembang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia mendorong dibentuknya sistem perpajakan internasional yang adil dan transparan. Selain itu, kepada sejumlah negara anggota G20, Indonesia juga mengimbau setiap negara untuk tidak membuat kebijakan yang merugikan negara lain.

Apa yang disampaikan Bapak Presiden pada G20 memang menggambarkan kondisi kini dari maraknya aktifitas eCommerce, apps dan social media yang di satu sisi ada pemain domestik di sisi lain ada pemain global sehingga permasalahan pajak perlu dicarikan titik temu dan antar negara diharapkan memberikan ruang fasilitasi akan fairness dari pajak ini.

Menkominfo Bapak Rudiantara dalam beberapa kesempatan mendorong adanya equal treatment bisnis online nasional dan bisnis online global juga bisnis traditional dengan bisnis online di ads ini. Equal treatment di sini adalah dari sisi pajak. Kalau yang domestik terkena pajak di Indonesia, demikian pula yang global, yaitu melalui skema Bentuk Usaha Tetap (BUT).

Sebagaimana diketahui bahwa belanja digital ads online tahun 2015 mencapai USD 800 juta lebih dari 1,1 trilyun rupiah. Belanja ads online Indonesia 2016 mengalami kenaikan jauh lebih signifikan sekitar lebih dari 1 Milyar USD.

Plt. Kepala Biro Humas Kominfo, Nooriza mengatakan bahwa, “Terkait Bentuk Usaha Tetap atau Permanent Establishment terus kita dorong. Google itu transaksinya diarahkan ke Google Inc yang berada di Singapura,” seperti dilansir dari laman kominfo (16/09).

Nooriza menambahkan Petinggi Google telah menganggap penting Indonesia bagi google, sebagaimana India dan Brasil. “Kita telah sampaikan kepada Google untuk juga memperlakukan Tax yang setara di Indonesia. Transaksi yg masuk ke revenue google yg berasal berasal dari Indonesia dan ads yg ditujukan (targeted) untuk Indonesia bagaimana agar google juga membayar pajak. Dipersilakan google menempatkan permanent establishment di Indonesia. Kalau Indonesia dianggap sangat penting maka juga memberikan kesetaraan dalam hal transaksi dan pajak ini. Kita cek di India bahwa google menempatkan permanent establishment di India sehingga transaksi dari india masuk ke google yg di India dan itu dikenakan pajak bahkan dengan angka persentasi pajak yg lebih besar. Kita berharap google akan bisa arif dalam masalah bisnis ini dan memberikan kesetaraan. Transaksi-transaksi jangan di pool di negara tertentu saja, yang merugikan negara-negara yang memberikan expenditure nya ke google”. (Icha)

Imbauan Kominfo Bagi Penggunaan Samsung Galaxy Note 7

0

Telko.id – Berkenaan dengan beredarnya kekhawatiran konsumen dan masyarakat terhadap produk smartphone Samsung Galaxy Note 7, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyampaikan beberapa imbauan. Adapun imbauan tersebut sebagai berikut :

1. Samsung Electronic Indonesia telah mengumumkan pembatalan Pre-Order sesuai dengan pengumuman resminya http://www.samsung.com/id/galaxylaunchpack/word.html dan saat ini belum ada penjualan resmi produk tipe tersebut di Indonesia.

2. Pihak Samsung telah menkonfirmasi bahwa terdapat permasalahan baterei pada produk Samsung Galaxy Note 7. Sehingga kepada masyarakat yang telah membeli atau memilikinya disarankan untuk mengubungi Call Center Samsung : 0800-1112-8888 atau 021 5699 7777 atau live chathttp://livechat.support.samsung.com/Customer_new/ID.

3. Terhadap permasalahan pada produk Samsung Galaxy Note 7, dihimbau kepada masyarakat agar tidak membawa dan menghidupkan Samsung Galaxy Note 7 termasuk khususnya melakukan charging (pengisian baterai) baik melalui adaptor, powerbank atau sumber daya ke area atau dalam objek vital publik untuk menghindarkan kejadian atau kecelakaan dari permasalahan baterai.

4. Bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam melakukan pengujian perangkat adalah pengujian terhadap fungsi pemancaran spektrum frekuensi radio yang digunakan oleh produk telekomunikasi nirkabel yang termasuk persyaratan teknis, contohnya daya pancar (power), frekuensi kerja dan bandwith, emisi liar dan electromagnetic compatibility. Pengujian tidak meliputi secara keseluruhan juga kualitas produknya

5. Terhadap aspek produk, kami telah berkoordinasi dengan Kementerian terkait bahwa terhadap kualitas dan adanya kegagalan produk merupakan warranty dari Perusahaan atau Badan yang mengeluarkan atau memproduksi produk tersebut.

6. Kepada pihak-pihak yang melakukan penjualan produk Samsung Galaxy Note 7 agar memperhatikan perlindungan kepada konsumen sebagaimana peraturan terkait.

7. Perlu diketahui saat ini Samsung Galaxy Note 7 belum resmi dijual di Indonesia sehingga penggunanya masih sedikit yang mungkin didapat dari luar negeri. Namun demikian mohon Penanggung Jawab Objek Vital Publik memberikan himbauan kepada pengguna ponsel tersebut agar segera menghubungi Call Center Samsung dan tidak menyalakan atau mengisi baterai selama berada di objek vital tersebut. (Icha)

Berikan Layanan Terbaik, Allianz Life Gandeng HaloDoc

0

Telko.id – PT Asuransi Allianz Life Indonesia atau Allianz Life bekerja sama dengan aplikasi HaloDoc memberikan layanan Allianz eAZy Med khusus bagi nasabah asuransi kesehatan Allianz Life. Layanan Allianz eAZy Med ini berada di dalam fitur ApotikAntar dari aplikasi HaloDoc yang merupakan solusi layanan praktis terintegrasi yang terhubung dengan apotek resmi.

Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang dirilis tahun 2015, mengatakan bahwa dari total jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 254,9 juta jiwa, sebanyak 88,1 juta menjadi pengguna internet dengan tingkat penetrasi pengguna internet sebesar 34,9%. Hal ini memicu berbagai kalangan dan perusahaan untuk melanjutkan bisnis usahanya melalui sektor digital.

 “Kami melihat fitur ApotikAntar yang dimiliki oleh aplikasi HaloDoc ini memiliki persamaan tujuan yang ingin Allianz Life berikan kepada nasabah. Dengan teknologi digital yang ditawarkan, maka Allianz Life hadirkan layanan Allianz eAZy Med yang akan membantu nasabah untuk dapat memesan obat berdasarkan resep dokter secara digital dan langsung terkirim ke alamat mereka. Kemudian, secara otomatis klaim obat tersebut akan terkirim ke Allianz,” ujar Todd Swihart, Managing Director Allianz Health & Corporate Solutions pada keterangan tertulis yang diterima tim Telko.id (15/9).

Sementara itu, CEO HaloDoc, Jonathan Sudharta berujar, HaloDoc merupakan aplikasi yang sengaja didesain untuk mempermudah akses kesehatan bagi masyarakat di zaman yang serba melek teknologi dan berguna untuk membantu masyarakat memperoleh pertolongan dan diagnosis awal secara cepat, aman dan nyaman.

“Kami percaya bahwa jaminan kesehatan adalah yang terpenting bagi setiap orang, pilihan jatuh pada asuransi Allianz sebagai salah satu perusahaan asuransi kesehatan terbaik di Indonesia.  Selain karena HaloDoc dan Allianz life memiliki kesamaan tujuan, ini adalah kali pertama HaloDoc bekerjasama dengan asuransi. Dan, ini juga merupakan layanan pertama bagi Allianz dimana nasabah dimudahkan dalam hal klaim obat melalui fitur ApotikAntar pada aplikasi HaloDoc. Kerjasama ini merupakan bentuk layanan awal saja dan setelah ini harapannya akan adaservice-service lainnya yang kami buat untuk memudahkan konsumen HaloDoc” ujar Jonathan.

Layanan Allianz eAZy Med sendiri akan memberikan kemudahan bagi nasabah asuransi kesehatan Allianz Life dengan hanya mengirimkan foto resep dan dokumen pendukung klaim melalui fitur ApotikAntar dan obat yang dipesan akan langsung dikirimkan kepada nasabah.

Sampai dengan saat ini jaringan apotek di lebih dari 1.000 apotek resmi dari ApotikAntar memungkinkan nasabah Allianz di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Yogyakarta dan Balikpapan dapat menikmati layanan Allianz eAZy Med.