Terragraph dan ARIES Jadi Upaya Baru Facebook untuk Hubungkan Dunia

Telko.id – Ambisi Facebook untuk membuat dunia terhubung tampaknya tidak akan berhenti pada drone bertenaga surya saja – Aquila – yang disebut-sebut akan mampu membawa konektivitas Internet untuk daerah paling terpencil. Baru-baru ini, perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg itu juga mengungkap rencana teranyarnya, yakni Terragraph dan Proyek ARIES.

Keduanya akan difokuskan pada antena terestrial, namun masing-masing mengambil rute yang berbeda, kata Ubergizmo, Kamis (14/4).

Terragraph akan dapat membekali tiang lampu serta perlengkapan lainnya di jalan dengan antena sehingga kota akan diselimuti Wi-Fi, sementara ARIES akan memberdayakan banyak antena yang dikemas ke dalam array raksasa, yang memungkinkan untuk mengarahkan konektivitas ke kejauhan.

Terragraph akan memungkinkan Facebook memanfaatkan pengetahuannya tentang SDN (software-define network), di samping standar WiGig yang notabene memiliki kemampuan untuk menangani tingkat transmisi hingga 7 Gbits.

Facebook berencana untuk menggelar proyek percontohan untuk Terragraph akhir tahun ini di San Jose, California. Nah, jika semua ini berjalan dengan baik, itu berarti semakin banyak bagian dunia akan dapat terhubung ke Internet.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0