spot_img
Latest Phone

Bocoran Samsung Galaxy Watch8: Desain Baru, Tapi Kecepatan Isi Daya Masih Sama?

Telko.id - Bocoran resmi dari sertifikasi 3C di China...

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...
Beranda blog Halaman 136

Snapdragon Ikut Hiasi Seragam Manchester United

Telko.id – Qualcomm Technologies, Inc. baru saja mengumumkan kemitraan dan penempatan resmi logo Snapdragon di seragam baru klub sepak bola Manchester United (MU) untuk tim pria dan wanita.

Pengumuman tersebut disampaikan sesaat setelah peluncuran home kit terbaru klub itu untuk musim tanding 2024/25 yang menampilkan merek Snapdragon.

Kesepakatan ini juga akan menampilkan merek Snapdragon pada seragam tandang (away kit) dan third kit, yang merupakan perluasan dari kolaborasi strategis MU dengan Qualcomm Technologies.

Penempatan logo tersebut mempertegas inklusivitas prosesor Snapdragon yang sudah hadir bagi lebih dari 3 miliar perangkat secara global, dan mewujudkan pengalaman premium dari berbagai merek digital terbesar di dunia melalui smartphone, PC next-gen, kacamata AR, games, perangkat wearables, dan mobil.

Baca juga : Snapdragon Dev Kit, Aplikasi PC AI Lanjutan Dari Qualcomm

Sementara itu, home kit terbaru MU yang ikonis diperkenalkan secara detail oleh Adidas pada hari ini, dan akan pertama kali dipakai oleh tim utama pria selama tur pramusim di Eropa dan Amerika Serikat beberapa pekan mendatang, termasuk melawan klub Real Betis asal Spanyol di ajang Snapdragon Cup di Snapdragon Stadium, San Diego, Amerika Serikat, pada 31 Juli 2024.

Adapun video peluncuran home kit terbaru itu menampilkan bagaimana legenda MU, Eric Cantona, merayakan emosi, kreativitas, dan dedikasinya sebagai pesepakbola, yang kemudian menginspirasi Snapdragon untuk memperluas semangat tersebut kepada para fans.

Video ini sekilas memperlihatkan penempatan logo Snapdragon di bagian depan seragam MU, untuk nantinya akan diikuti oleh peluncuran away kit dan kit ketiga pada akhir Juli nanti.

Pengalaman melihat langsung home kit musim tanding 2024/25 akan semakin seru karena para penggemar MU dapat menikmati pengalaman teknologi augmented reality (AR) dengan memindai logo Snapdragon di bagian depan seragam.

Pengalaman imersif yang dikembangkan oleh Snapdragon ini akan membawa para fans MU ke markas klub di Stadion Old Trafford, Manchester, serta menampilkan rangkaian konten eksklusif MU di sepanjang musim tanding terkini.

Jean-Claude Blanc, CEO Manchester United, mengatakan: “Peluncuran home kit baru kami adalah momen menggembirakan di setiap persiapan awal musim tanding, terutama tahun ini karena kami menyambut Snapdragon sebagai mitra utama dari seragam kami yang baru.”

“Meski penempatan logo pada seragam MU akan menjadi simbol kolaborasi kami yang paling terlihat jelas, namun kami berharap dapat menggunakan prosesor Snapdragon untuk memungkinkan pengalaman yang inovatif bagi penggemar di seluruh dunia, yang akan membuat mereka semakin dekat dengan klub sepak bola favoritnya,” ungkap Jean-Claude Blanc menambahkan.

Jean-Claude Blanc menambahkan juga bahwa MU selalu berusaha mendobrak batasan-batasan untuk mewujudkan berbagai kemungkinan, dan kami sangat senang bisa menjalin kemitraan dengan sebuah perusahaan yang selalu berada di garis depan inovasi.

“Kami senang sekali bisa memperluas kolaborasi yang telah terjalin dengan Manchester United. Dengan 1,1 miliar fans setia di seluruh dunia, MU adalah salah satu persona terkemuka di industri olahraga global, ” kata Don McGuire, Senior Vice President & CMO Qualcomm Inc.

Don McGuire berharap kolaborasi ini dapat meningkatkan pemahaman dan koneksi lebih erat terkait peran Snapdragon dalam menciptakan pengalaman luar biasa di miliaran perangkat bagi lebih banyak masyarakat dunia. (Icha)

Sinyal XL Axiata Jangkau Puluhan Pulau Terpencil di Kepulauan Riau

0

Telko.id – Sinyal layanan internet PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) tersedia di puluhan pulau terpencil di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Saat ini, warga di sekitar 40 pulau terpencil di provinsi kepulauan itu telah dapat menikmati layanan internet XL Axiata untuk berbagai keperluan produktif. Total BTS di seluruh Kepri tidak kurang dari 1.750 unit, yang mayoritas merupakan BTS 4G.

Ketersediaan layanan internet tersebut merupakan wujud nyata dari komitmen XL Axiata mendukung program pemerintah dalam upaya pemerataan layanan data dan ekonomi digital hingga area terdepan.

Di seluruh Kepri, saat ini jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau sedikitnya 395 desa/kelurahan, 46 kecamatan dan 7 kabupaten.

Baca juga : XL Axiata Dorong Digitalisasi di Industri Tambang dan Migas

”XL Axiata akan terus memperkuat layanan internet di pelosok area, termasuk pulau-pulau kecil yang terpencil di berbagai provinsi. Keberadaan jaringan dan layanan data yang baik di remote area akan memangkas kesenjangan digitalisasi dengan area perkotaan sehingga warga masyarakat setempat bisa mengakses berbagai layanan digital, terutama untuk tetap produktif dan kompetitif,” kata I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata.

Dengan begitu, percepatan pembangunan bisa pula terlaksana sesuai dengan kebutuhan. Kuatnya layanan data dan internet di Kepri juga memiliki nilai sangat strategis untuk ketahanan dan kedaulatan negara, mengingat letak geografis yang bersebelahan langsung dengan Singapura dan Malaysia.

Gede menambahkan bahwa dalam 2 tahun terakhir di Kepri, XL Axiata telah meningkatkan kualitas layanan internet dengan menambahkan hampir 200 BTS dan lebih dari 1.000 BTS telah di-upgrade #JadiLebihBaik.

Saat ini, perluasan jaringan dan peningkatan kualitas masih terus dilakukan terutama di Kepulauan Anambas, Kepulauan Bintan dan Kepulauan Karimun. Dalam 2 tahun terakhir pula, terjadi peningkatan trafik data sebesar 11% di seluruh Kepri.

Berikut ini pulau-pulau yang telah terjangkau jaringan 4G XL Axiata, yakni di Pulau Bintan, Pulau Kelong, Pulau Mantang, Pulau Numbing, Pulau Pengujan, Pulau Tambelan, Pulau Buru, Pulau Combol, Pulau Durai, Pulau Kundur, Pulau Sanglang Besar, Pulau Sugi Bawah, Pulau Tanjung Balai Karimun, Pulau Ungar, Pulau Air Asuk, Pulau Anambas, Pulau Impul, Pulau Jemaja dan Pulau Kanan, Pulau Mengkait.

Lalu sudah menjangkau juga Pulau Mubur, Pulau Siantan, Pulau Lingga, Pulau Selayar, Pulau Singkep, Pulau Natuna, Pulau Subi Kecil, Pulau Batam, Pulau Belakang Padang, Pulau Bulan, Pulau Buluh Batam, Pulau Galang, Pulau Kasu, Pulau Nipa, Pulau Pemping, Pulau Rempang, Pulau Sekokok, Pulau Teluk Bakau, Pulau Bintan, dan Pulau Penyengat.

Secara keseluruhan di Kepri dan pulau sekitarnya, trafik penggunaan layanan internet tertinggi di Kota Batam, Kabupaten Bintan, dan Kota Tanjung Pinang. Ketiga area tersebut juga memang merupakan area perkotaan dengan pendudukan terbesar juga di Kepri. Total jumlah pelanggan di seluruh Kepri sekitar 500 ribu pelanggan.

“Upaya penyediaan layanan internet berkualitas telah XL Axiata laksanakan selama ini hingga ke pulau-pulau terpencil di Kepri agar juga bisa mendukung upaya #kemudahan dan peningkatan literasi digital masyarakat. Selain itu, kami juga menyediakan layanan internet dengan harga terjangkau semua kalangan agar semua warga memiliki kesempatan memanfaatkan layanan internet untuk tujuan produktif dan positif lainnya,” lanjut Gede.

Untuk bisa menyediakan jaringan internet 4G di area kepulauan terpencil tersebut, XL Axiata menggunakan koneksi melalui backbone milik sendiri dan juga kemitraan dengan pihak lain, termasuk untuk penggunaan satelit.

Di Sumatera, termasuk Kepri, XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 12 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 38 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G. XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. (Icha)

3 Sensor Gambar Mobile Samsung Ini, Buat Foto Tambah Ciamik

Telko.id – Samsung Electronics Co, Ltd, baru-baru ini memperkenalkan tiga sensor gambar mobile terbaru yang didesain untuk kamera utama maupun sub-kamera pada smartphone, yaitu ISOCELL HP9, ISOCELL GNJ, dan ISOCELL JN5.

Seiring dengan meningkatnya ekspektasi konsumen untuk kualitas dan performa kamera smartphone, sensor gambar terbaru Samsung akan memberikan hasil yang memukau dari berbagai sudut pengambilan, menciptakan standar baru untuk fotografi mobile.

“Meningkatkan performa sensor gambar dan mengatasi perbedaan antara kamera utama dan sub-kamera untuk memberikan pengalaman fotografi yang konsisten di semua pengambilan adalah kiblat baru industri ini,” ujar Jesuk Lee, Executive Vice President & CTO System LSI Sensor Business Team, Samsung Electronics.

Jesuk Lee pun menambahkan bahwa Samsung akan terus menetapkan standar bagi industri dan mendorong batasan teknologi melalui rangkaian sensor mobile terbaru mereka, yang mengintegrasikan berbagai teknologi terkini.

Baca juga : Samsung Rancang Teknologi AI dengan Pendekatan Human-Centric dan Hybrid

ISOCELL HP9: Sensor Telefoto 200MP untuk Smartphone
ISOCELL HP9 memiliki 200 juta 0,56 mikrometer (μm) piksel dalam format optik 1/1,4 inci.
Dengan lensa mikro high-refractive yang dirancang dengan material yang baru, HP9 secara signifikan meningkatkan kemampuan pengumpulan cahaya dengan mengarahkan lebih banyak cahaya secara akurat ke filter warna RGB terkait.

Ini menghasilkan reproduksi warna yang lebih cerah dan fokus yang lebih baik, dengan sensitivitas cahaya yang 12% lebih baik (berdasarkan signal-to-noise rasio 10) dan performa kontras autofocus yang 10% lebih baik dibandingkan produk sebelumnya.

Khususnya, HP9 unggul dalam kondisi pencahayaan rendah, mengatasi tantangan yang biasa dialami oleh kamera telefoto tradisional.

Teknologi Tetra² pikselnya menggabungkan 16 piksel (4×4) ke dalam sensor 12MP besar berukuran 2,24μm, sehingga foto portrait menjadi lebih tajam – bahkan dalam kondisi gelap – dan menciptakan efek bokeh yang dramatis.

Seiring dengan semakin besarnya ukuran kamera utama pada smartphone premium, ruang untuk kamera telefoto pun semakin bertambah.

Format optik besar HP9 menjadikannya cocok untuk modul telefoto, menghasilkan performa yang seimbang dengan kamera utama premium dalam hal kualitas gambar, autofocus, high dynamic range (HDR), dan frame per second (fps).

Ditenagai oleh algoritma remosaic, HP9 memiliki 2x atau 4x in-sensor zoom mode, dapat mencapai 12x zoom apabila dipasangkan dengan modul zoom telefoto 3x, sembari mempertahankan kualitas gambar yang tajam.

ISOCELL GNJ: Integrasikan Inovasi Teknologi Piksel Mutakhir

ISOCELL GNJ adalah sensor dual pixel dengan 50 juta piksel 1,0μm dalam format optik 1/1,57 inci.


Setiap piksel memiliki dua fotodioda, memungkinkan terjadinya autofocus yang cepat dan akurat, mirip dengan cara mata manusia berfokus.

Sensor gambar juga secara simultan merekam informasi kaya warna untuk pemfokusan cepat dengan kualitas gambar yang terjaga terus menerus.

GNJ memadukan teknologi dual pixel dengan fungsi zoom in-sensor untuk menghasilkan rekaman yang lebih jernih dalam mode video dan gambar beresolusi lebih tinggi, yang bebas dari artefak atau pola moiré dalam mode foto.

Anti-refractive layer (ARL) transmisi tinggi yang diperbarui, dipadukan dengan lensa mikro high-refractive paten Samsung, tidak hanya meningkatkan transmisi cahaya dan mengurangi pantulan yang tidak diinginkan, tetapi juga memastikan bahwa area gelap tidak dibuat terang berlebihan, menghasilkan foto yang lebih akurat dengan detail gambar yang terjaga dengan baik.

Selain itu, GNJ menyertakan bahan isolasi piksel dalam deep trench isolation (DTI) yang sudah ditingkatkan dari polisilikon ke silikon oksida, sehingga meminimalkan crosstalk antar piksel yang berdekatan.
Hal ini memudahkan sensor untuk menangkap gambar yang lebih detail dan presisi.

Semua inovasi ini telah berhasil dicapai dengan konsumsi daya yang lebih rendah, dengan peningkatan 29% dalam mode pratinjau dan 34% dalam mode video pada 4K 60fps.

ISOCELL JN5: Pengalaman Kamera yang Konsisten dari Setiap Sudut

Teknologi Dual vertical transfer gate (Dual VTG) meningkatkan transfer muatan daya dalam piksel, secara substansial mengurangi noise dalam kondisi cahaya redup yang ekstrem, untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih jernih.

ISOCELL JN5 memiliki 50 juta piksel 0,64μm dalam format optik 1/2,76 inci.

Memanfaatkan Super Quad Phase Detection (Super QPD), JN5 menyesuaikan fokus dengan membandingkan perbedaan fase secara vertikal dan horizontal, menangkap detail terkecil dari objek yang bergerak cepat dengan guncangan yang minimal.

Selain itu, JN5 menyatukan teknologi dual slope gain (DSG) untuk menyempurnakan HDRnya. Teknologi ini mengamplifikasi informasi cahaya analog yang masuk ke dalam piksel menjadi dua sinyal, mengubahnya menjadi digital, kemudian menggabungkannya menjadi satu data, sehingga memperluas jangkauan warna yang bisa dihasilkan oleh sensor.

Menerapkan algoritma remosaic perangkat keras akan meningkatkan kecepatan pemotretan kamera sekaligus memungkinkan zoom secara real-time, baik dalam mode preview maupun mode pengambilan gambar, tanpa delay apapun.

Format optik yang ramping pada JN5 ini menjadikannya sangat serbaguna, dapat digunakan di berbagai kamera utama dan sub-kamera, termasuk kamera wide-angle, ultra-wide-angle, kamera depan, dan lensa telephoto, untuk menghadirkan pengalaman fotografi yang konsisten dari berbagai sudut pengambilan. (Icha)

Finnet, Anak Usaha Telkom, Catat Pertumbuhan Laba Bersih 7.5%

0

Telko.id – Di tahun 2023, Finnet mencatat pertumbuhan laba bersih dengan kenaikan sebesar 7,5% dibandingkan tahun sebelumnya.

Ini terungkap dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023 Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), PT Finnet Indonesia (Finnet).

Dalam RUPST ini, Direktur Utama Finnet, Rakhmad Tunggal Afifuddin mempresentasikan kinerja perusahaan tahun 2023, perencanaan tahun 2024 serta beberapa program terkait inovasi, teknologi, tata kelola perusahaan serta pengelolaan risiko perusahaan.

Di tahun 2023, Finnet mencatat pertumbuhan laba bersih dengan kenaikan sebesar 7,5% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini didorong oleh peningkatan transaksi digital dan perluasan bisnis dalam berbagai segmen.

Baca juga : Dukung Ekonomi Lokal, Telkom Rekonstruksi Jembatan Gantung di Desa Cimahpar

Rakhmad menambahkan, dengan strategi yang dirancang untuk tahun 2024, Finnet pun optimistis dapat terus mempertahankan pertumbuhan yang solid dan memperkuat posisinya sebagai penyedia solusi pembayaran digital di Indonesia.

Finnet akan terus berkomitmen dalam memberikan layanan terbaik, meningkatan kualitas layanan dan mengembangkan teknologi untuk menghadirkan solusi pembayaran digital yang lebih inklusif di Indonesia.
Finnet juga menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas peran dan kontribusi anggota direksi yang telah berakhir masa jabatannya.

“Terima kasih atas dedikasi dan kontribusi kepada jajaran manajemen dan seluruh karyawan Finnet dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta dukungannya dalam mewujudkan visi, misi, objektif dan program kerja perusahaan sepanjang tahun 2023. Semoga ke depan, Finnet dapat terus tumbuh secara berkelanjutan bagi terciptanya nilai perusahaan yang lebih tinggi lagi,” tutup Rakhmad.

Adapun susunan Dewan Komisaris dan Jajaran Direksi hasil RUPST adalah sebagai berikut:
Dewan Komisaris
Komisaris Utama                                              : Difi Johansyah
Komisaris                                                           : Pontjo Suharwono
Komisaris                                                           : Heriawan
Komisaris                                                           : Budi Setia Laksmana
Jajaran Direksi
Direktur Utama                                                 : Rakhmad Tunggal Afifuddin
Direktu Enterprise Business                           : Aziz Sidqi
Direktur Finance & Risk Management         : Fajar Wibawa
Direktur Digital Business                                : Apep Noormansyah 

(Icha)

Indosat Kenalkan Solusi AI Untuk Revolusi Industri Hulu Migas Indonesia

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui Indosat Business memperkenalkan solusi berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk revolusi industry hulu migas di Indonesia.

Hal ini disampaikan Indosat bersama dengan anak perusahaannya, Lintasarta, yang berpartisipasi dalam Rapat Kerja Teknologi Informasi (Raker TI) Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) yang diadakan pada tanggal 12-14 Juni 2024 di Nusa Dua, Bali.

Acara tahunan yang mengangkat tema “Penerapan Artificial Intelligence (AI) dan Keamanan Infrastruktur Informasi Vital untuk Mendukung Pencapaian Target Hulu Migas” ini dihadiri oleh seluruh Perusahaan Migas dan sekitar 70 perusahaan KKKS Hulu Migas.

Indosat Business menggunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan sejumlah solusi dalam penerapan AI guna mendukung pencapaian target Hulu Migas di Indonesia.

Baca juga : Indosat dan Google Cloud, Siapkan Pengalaman Digital Berbasis AI di Seluruh Indonesia

“Pemanfaatan inovasi teknologi merupakan hal sangat penting untuk tetap menjadi terdepan di sektor minyak dan gas yang dinamis. Ajang ini merupakan momentum penting bagi Indosat Business untuk dapat memperkenalkan solusi kecerdasan buatan termutakhir kepada para pelaku industri di sektor minyak dan gas,” kata Muhammad Buldansyah, Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison atau yang biasa dipanggil Danny.

Menurut Danny, dengan semangat kolaborasi dan gotong royong bersama para pelaku industri, Indosat Business siap menjadi mitra teknologi untuk kemajuan sektor minyak dan gas yang lebih bersih, efisien, dan juga berdaya saing.

Pada kesempatan ini, Indosat Business mendemonstrasikan beberapa solusi teknologi berbasis AI yang dimiliki di antaranya:

  • High Resolution Seismic through AI Technology, untuk memfasilitasi metode eksplorasi berdasarkan pengukuran respon gelombang seismik (suara) beresolusi tinggi dengan teknologi AI. Solusi ini dapat menjawab keterbatasan data seismik yang memiliki resolusi rendah. Dengan perencanaan yang matang di setiap sumur, teknologi ini juga dapat meningkatkan produksi hingga 10%.
  • Connected Workers Through AI, yang dapat menghubungkan para pekerja satu sama lain. Solusi ini dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas pekerja hingga 10%, meningkatkan kualitas produksi, dan mengurangi kesalahan manual hingga 15%. Solusi ini juga dapat memonitor kepatuhan keselamatan dan tingkat tanggap darurat pekerja.
  • Indosat Condition Based Monitoring and Predictive Maintenance, mengatasi kerusakan pemeliharaan peralatan kritis yang menyebabkan kerugian, sehingga mengurangi kerusakan pemeliharaan hingga 20% & meningkatkan produktivitas sebesar 8 hingga 10%.
  • Indosat AI Cloud: AI-based Legal Contract Analysis, solusi yang dapat mengulas kontrak hukum yang kompleks, risiko finansial yang tinggi, dan pertimbangan regulasi yang ekstensif. Manfaat Pengurangan biaya hingga 50% untuk pengeluaran penasihat hukum luar Menghemat waktu hingga 90% dalam peninjauan kontrak.
  • Indosat Intelligent Surveillance, solusi ini mengatasi kecelakaan tinggi yang terjadi pada sektor industry Minyak dan Gas. Solusi ini dapat mengurangi 95% potensi cidera fatal, 90% pengurangan kebakaran dan ledakan, serta biaya yang 70% lebih efisien dibandingkan pemantauan secara manual.
  • Lintasarta Cloudeka Deka GPU Infra, solusi ini siap untuk GPU, pusat data dengan kepadatan tinggi, Infrastruktur Cloud GPU di Indonesia, efisiensi biaya Capex dan Opex, dan model pembayaran yang fleksibel dan dapat diskalakan.

“Solusi Indosat Business dibuat dengan mempertimbangkan alokasi sumber daya terbaik, pengurangan dampak lingkungan, dan maksimalisasi hasil produksi.

Tujuannya adalah membentuk kembali industri minyak dan gas dengan memanfaatkan teknologi AI agar lebih tangguh, mudah beradaptasi, dan berkelanjutan di masa depan. Hal ini sejalan dengan tujuan besar Indosat dalam memberdayakan Indonesia,” tutup Danny. (Icha)

realme Bakal Perkenalkan Teknologi AI Imaging Terbaru, Apa Saja?

Telko.id – realme akan memperkenalkan lini debut smartphone kamera profesional AI pertamanya yang telah lama ditunggu-tunggu, yaitu realme 13 Pro Series 5G, pada acara media preview di Bangkok, Thailand pada 4 Juli mendatang.

Pada acara ini, realme akan turut menghadirkan organisasi independen internasional pihak ketiga dalam hal pengujian, inspeksi, dan sertifikasi, TÜV Rheinland, untuk mengeksplorasi potensi transformatif AI pada kamera smartphone dan teknologi pemrosesan gambar, serta mengumumkan kolaborasi terbaru yang akan dihadirkan di industri.

Menyusul pengenalan strategi AI perusahaan secara global dan peluncuran IP teknologi Next AI, realme saat ini berfokus untuk meluncurkan serangkaian fungsi AI yang komprehensif pada semua lini produk.

Hal ini termasuk fitur AI yang berfokus pada aspek fotografi dan pemrosesan gambar, di mana realme saat ini menjadi yang terdepan dalam membawa fotografi mobile dari era piksel ke era AI.

Baca juga : realme GT 6, Smartphone Gaming Yang berbekal Teknologi AI

Di industri smartphone saat ini, Number Series realme telah mendapatkan reputasi yang kuat dalam hal fitur kamera dan pemrosesan gambar berkualitas tinggi.

Berlandaskan hal tersebut, kini realme mengembangkan inovasi serta teknologi pemrosesan gambar yang lebih canggih, dalam rangka memperkenalkan smartphone dengan kamera profesional AI pertamanya.

Disiapkan untuk menjadi tonggak sejarah baru dalam dunia fotografi mobile, realme 13 Pro Series 5G akan menghadirkan rangkaian fitur canggih melalui teknologi kamera AI kepada audiens yang lebih luas, sebagai bagian dari misi realme untuk memberikan pengalaman teknologi yang unggul kepada pengguna muda di seluruh dunia.

Pada acara realme AI Imaging Media Preview, realme bersama TÜV Rheinland sebagai kedua pemimpin di industr akan berkolaborasi dan menyampaikan seputar potensi AI dalam hal fotografi mobile. Acara ini akan menjadi awal baru untuk membawa masa depan menjadi kenyataan.

Berdasarkan rumor yang beredar, untuk Realme 13 Pro dan 13 Pro+ kemungkinan akan hadir dalam empat pilihan, yaitu 8 GB/128 GB, 8 GB/256 GB, 12 GB/256 GB, dan 12 GB/512 GB. Meluncur Pilihan warnanya pun menarik, yaitu Monet Gold, Monet Purple, dan Sky Green untuk Realme 13 Pro, sedangkan Realme 13 Pro+ mungkin hadir dengan Monet Gold dan Emerald Gold.

Realme 13 Pro+ diprediksi akan dibekali baterai 5,050mAh dan mendukung fast charging 80W. Chipset yang diusung kemungkinan adalah Snapdragon 7s Gen 3. Kamera telefoto periskop Sony IMX882 dengan kemampuan zoom optik 3x menjadi andalan. Untuk bodinya, perkiraan dimensinya adalah 161.34 x 73.91 x 8.23mm dengan berat sekitar 190 gram.

Namun, kedua ponsel ini sama-sama digadang akan mengusung layar AMOLED FHD+ berukuran 6.7 inci, dengan refresh rate 120Hz dengan lengkungan di tepinya, serta menjalankan Realme UI 5 berbasis Android 14.

Peningkatan Kamera AI Fitur utama adalah fotografi AI, yang diklaim dapat membawa fotografi smartphone ke level selanjutnya. Kita dapat menantikan fitur-fitur seperti peningkatan otomatis dalam kondisi minim cahaya, pengenalan objek dan latar belakang yang lebih baik, dan efek bokeh yang lebih natural.

Dengan semua bocoran dan konfirmasi dari Realme, seri 13 Pro tampaknya akan menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mencari smartphone dengan kemampuan fotografi unggulan. (Icha)

Beli Tiket Disney Cruise, Kini Bisa Lewat Traveloka

Telko.id – Traveloka resmi akan menjadi salah satu distributor tiket perjalanan bersama Disney Cruise Line di Indonesia, usai peluncurannya di Singapura pada 26 Juni 2024.

Para pengguna Traveloka berkesempatan untuk menikmati pesona Disney Adventure di atas laut dengan perpaduan keajaiban yang unik. Disney Adventure dijadwalkan akan memulai pelayaran pada akhir 2025 dengan pelabuhan awal pelabuhan utama di Singapura.

Pelayaran ini akan menghadirkan berbagai pilihan kuliner bertema Disney hingga aktivitas mendebarkan di atas kapal yang menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para peserta dari seluruh kalangan usia.

“Peluncuran perdana armada Disney Cruise Line di Asia menghadirkan kesempatan baru nan menarik bagi para traveler untuk merasakan dunia penuh petualangan. Penjualan tiket perdana diperkirakan akan dimulai pada kuartal empat (Q4) 2024 di Traveloka,” kata Caesar Indra, President of Traveloka.

Baca juga : Traveloka Gandeng Cebu Pacific, Dorong Pariwisata di Filipina

Traveloka tidak hanya akan menyediakan tiket Disney Adventure tetapi juga beragam paket lainnya, termasuk Fly-Cruise, liburan di Singapura bersama Disney Adventure, dan lainnya, untuk memenuhi permintaan berbagai segmen dan kebutuhan pelanggan.

Disney Adventure akan menjadi suatu perjalanan sekaligus tujuan petualangan tanpa batas yang menghidupkan nilai-nilai utama dari dongeng Disney. Di atas kapal pesiar, para tamu akan menelusuri perjalanan ke tujuh area bertema unik, masing-masing dipenuhi dengan lusinan karakter ikonis Disney untuk pengalaman wisata luar biasa dan tak terlupakan, tanpa pernah meninggalkan kapal.

Disney Imagination Garden, akan menjadi pusat atraksi dari Disney Adventure, menawarkan paduan pertunjukan di ruang terbuka dengan lembah yang mempesona serta taman menawan untuk sebuah pengalaman yang emosional. Terinspirasi dari 100 tahun petualangan Disney yang heroik dan menyentuh, para tamu akan menemukan pintu gerbang menuju perjalanan yang tak terlupakan. 


Di Disney Discovery Reef, keluarga dapat berbelanja dan kulineran di area peristirahatan yang dinamis dan dirancang sedemikian rupa untuk membangkitkan semangat karakter dan kisah bawah laut ikonis dari Walt Disney Animation Studios serta Pixar Animation Studios.

Terinspirasi dari dunia “Big Hero 6” yang eklektik dari Walt Disney Animation Studios, 
San Fransokyo Street akan menjadi area hiburan keluarga yang penuh semangat dengan suasana semarak pasar jalanan, dilengkapi berbagai jenis permainan serta aktivitas interaktif, toko, bioskop, dan masih banyak lagi.

Di Wayfinder Bay, para tamu akan terpesona oleh “cakrawala di mana langit bertemu laut”, sebuah oasis terbuka di bawah sinar matahari di mana para tamu dapat bersantai dan hiburan eksklusif menanti. Tepi kolam renang yang mewah namun santai ini akan menampilkan keindahan khas Kepulauan Pasifik yang terinspirasi dari film Disney Animation, “Moana”.

Town Square akan menjadi ajang perayaan karakter-karakter bangsawan Disney. Sebuah negeri ajaib yang ditujukan bagi mereka yang berharap pada bintang agar impian mereka menjadi kenyataan. Toko-toko, lounge, kafe dan restoran, serta tempat hiburan bertemakan putri kerajaan Disney dapat di temukan di hutan fantastis ini 


Di Marvel Landing, para hero superakan bersatu di sebuah tempat yang dirancang untuk para bagi para tamu dari segala usia. Area ini akan menawarkan petualangan ala Avengers, dengan atraksi dan pengalaman baru yang menampilkan representasi imajinatif dari para karakter hero favorit para tamu.

Toy Story Place akan menginspirasi para tamu untuk menjelajah, berkreasi, berinteraksitukar cerita, bersenang-senang di taman bermain yang unik serta interaktif dengan tempat makan bertema dan area bermain air, di mana dunia “Toy Story” dari Pixar menjadi hidup dengan cara-cara yang menarik dan kreatif. (Icha)

Yuk Liburan yang Unthinkable Dengan Ragam Kemudahan dari Jenius

Telko.id – Masuk liburan sekolah membuat minat masyarakat Indonesia untuk berpergian juga meningkat, baik ke luar negeri atau menjelajahi Indonesia, apalagi ada banyak kemudahan dari Jenius membuat liburan pun unthinkable.

Tren liburan ini didukung oleh data Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat peningkatan sebesar 30,63% untuk penerbangan domestik pada bulan April 2024 dibandingkan Maret 2024. Sementara itu, penerbangan internasional pun meningkat 11,45% dari bulan sebelumnya.

Tak sekadar mengunjungi tempat wisata, tujuan liburan para traveler semakin beragam dan personal. Mulai dari mencoba kuliner khas lokal, menyaksikan penampilan artis idola, mengunjungi tempat ibadah, hingga mengenal budaya daerah, dan masih banyak lagi.

Memahami tren perjalanan yang semakin dinamis, Jenius sebagai solusi life finance dari Bank BTPN, hadir untuk memudahkan para traveler mengelola keadaan finansial agar dapat memenuhi kebutuhan perjalanan mereka.

Baca juga : Jenius Serukan ‘Think Unthinkable’, Apa Itu?

Setiap perjalanan, baik itu solo trip ataupun jalan-jalan bersama keluarga dan teman-teman, pastinya memiliki konsekuensi finansial, mulai dari persiapan, pada saat perjalanan berlangsung, sampai ketika kembali dari perjalanan.

“Untuk menghadapi hal ini, Jenius memberikan kemudahan yang unthinkable bagi Teman Jenius untuk mempersiapkan dan menikmati perjalanan mereka secara nyaman, termasuk dalam mengatur keuangan tanpa harus khawatir pada situasi tak terduga,” kata Febri Rusli, Digital Banking Product & Innovation Head Bank BTPN.

Kebutuhan pada saat traveling pun bisa lebih mudah teratasi dengan memanfaatkan Kartu Kredit Jenius. Kemudahan transaksi dengan Kartu Kredit Jenius tidak hanya memberikan Teman Jenius akses yang lancar dan aman saat traveling ke luar negeri, tetapi juga memungkinkan para penggunanya untuk mengumpulkan Yay Points yang bisa ditukarkan secara real-time.

Hingga kini Jenius terus memperluas opsi penukaran Yay Points dengan menggandeng beberapa mitra strategis terbaru, yaitu AirAsia MOVE, Citilink, dan MAPCLUB.

Kolaborasi terbaru ini memungkinkan Teman Jenius untuk menukarkan Yay Points mereka dan mendapatkan produk-produk unggulan dari ketiga mitra tersebut.

Saat ini, tersedia tiga pilihan kategori Yay Points di Jenius, yaitu Travel (GarudaMiles, KrisFlyer Miles, Traveloka Points, AirAsia points, LinkMiles), e-Wallet (GoPay, Ovo Cash),dan Eat & Shop (MAPCLUB Points).

Yay Points yang dikumpulkan oleh teman Jenius dapat ditukar menjadi LinkMiles untuk kemudian ditukarkan menjadi tiket pesawat ke destinasi favorit dan penawaran menarik dari mitra Citilink.

“Kerja sama yang dilakukan antara Citilink dengan Jenius diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi pelanggan setia Citilink untuk menemani perjalanan liburan mereka. Apalagi dengan tidak adanya batasan untuk penukaran Yay Points menjadi LinkMiles, pelanggan dapat mempersiapkan liburan mereka dengan lebih mudah dan efisien,” ujar Haza Ibnu Rasyad, Head of Corporate Secretary & CSR Division Citilink.

Sementara itu, teman Jenius juga dapat menukarkan Yay Points menjadi AirAsia points, poin loyalitas program AirAsia rewards di aplikasi AirAsia MOVE.

“Kolaborasi ini akan memberikan keuntungan, fleksibilitas, serta nilai yang lebih besar bagi para teman Jenius dan anggota AirAsia. Terutama, dengan perluasan fungsi AirAsia points yang kini dapat ditukarkan untuk pemesanan tiket AirAsia dan 700 maskapai global lainnya, 900.000 pilihan hotel di seluruh dunia, serta berbagai produk dan layanan perjalanan yang terdapat di dalam aplikasi AirAsia MOVE,” ujar Arifin Prasetyo, Country Head AirAsia rewards Indonesia.

Adapun penukaran Yay Points ke MAPCLUB Points bisa langsung digunakan konsumen untuk bertransaksi online melalui aplikasi MAPCLUB atau toko-toko offline MAP.

“Dengan kolaborasi bersama Jenius, kami berharap dapat memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen untuk mengumpulkan poin, melakukan penukaran poin lebih fleksibel, dan menikmati lebih banyak manfaat lainnya,” ujar Marcella Dewi, Direktur MAPCLUB Digital Asia.

Jelajahi Dunia, Temukan Pengalaman Unthinkable Bersama Jenius

Guna memastikan perjalanan lancar dan menyenangkan, baik di dalam maupun luar negeri, Jenius juga menghadirkan solusi finansial yang dirancang secara khusus dan lebih personal untuk para traveler.

Salah satunya kategori Transaksi, di mana Kartu Debit Jenius Visa dapat dipakai bertransaksi mata uang Rupiah dan sembilan mata uang asing lainnya, mulai dari euro (EUR), poundsterling Inggris (GBP), dolar Singapura (SGD), dolar Amerika Serikat (USD), dolar Australia (AUD), dolar Hong Kong (HKD), baht Thailand (THB), yen Jepang (JPY), hingga yuan Tiongkok (CNY).

Semuanya tersedia 24 jam, 7 hari seminggu tanpa libur langsung dari aplikasi Jenius. Dengan demikian, teman Jenius dengan mudah menukarkan mata uang pada saat traveling ke luar negeri.

Teman Jenius juga bisa memanfaatkan fitur Flexi Cash, sebuah layanan dana siaga fleksibel dengan limit hingga Rp200 juta yang dapat dicairkan sesuai kebutuhan. Hadirnya Flexi Cash dapat memberikan kemudahan bagi para traveler dalam mengatasi kebutuhan keuangan yang mendesak di tengah perjalanan.

“Melalui fitur-fitur yang Jenius hadirkan, teman Jenius bisa mengatur alokasi dana traveling dengan cerdas, melakukan pemesanan tiket dan akomodasi secara seamless, transaksi makan dan belanja yang fleksibel, hingga pilihan tabungan yang personalized,” kata Febri.

Jenius memastikan teman Jenius bisa fokus menikmati dan menciptakan momen unthinkable selama perjalanan, baik di dalam maupun luar negeri. Ke depan, Jenius akan terus menghadirkan inovasi yang solutif dan relevan dengan kebutuhan para digital savvy. (Icha)

Peretas PDNS 2 Berikan Kunci Dekripsi Gratis, Aneh?

Telko.id – Perestas Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 yang dilakukan oleh kelompok hacker Brain Cipher berjanji, besok (03/07) akan memberikan kunci Dekripsi ke pemerintah secara gratis.

Seperti dikutip dari @stealthmole_int yang menyebutkan bahwa “geng ransomware Brain Cipher mengumumkan mereka akan merilis kunci dekripsi secara gratis pada hari Rabu ini”. Mereka pun menekankan perlunya pendanaan dan spesialis keamanan siber.

Mereka pun mohon maaf kepada Indonesia atas gangguan ini. Permintaan pengakuan publik atas keputusan mereka.

Akan kah, benar kunci dekripsi tersebut akan diberikan?

Seperti kita ketahui, hampir dua minggu Brain Cipher mengunci data dari PDNS 2 yang membuat layanan publik pemerintahan terganggu. Ketika berhasil menembus server pusat data, hacker meminta tebusan sebesar USD 8 juta atau setara dengan Rp 131 miliar.

Baca juga : Peretas PDNS Minta Tebusan Rp 131 miliar, Ini Sikap Pemerintah!

Di sisi lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto menyatakan Presiden Joko Widodo telah memerintahkan pemulihan layanan publik terdampak serangan siber ransomware pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2.  Menurut Menko Polhukam, Presiden mengarahkan layanan publik kembali normal pada Juli 2024.

Proses pemulihan layanan tersebut salah satunya menggunakan backup server dari Cold Site Batam yang kemudian diaktifkan pada fasilitas PDNS 1 dan Data Center Temporary milik penyedia.

Mengenai backup Menko Polhukam menekankan sebagai kewajiban yang harus dilaksanakan. “Ini mandatori, tidak opsional lagi. Sehingga kalau secara operasional PDNS berjalan, ada gangguan, masih ada backup yaitu di DRC atau Cold Site yang ada di Batam dan bisa auto gate interactive service,” tandas Hadi Tjahjanto.

Dengan pengaturan backup, setiap tenant atau kementerian Lembaga Pemerintah Daerah akan memiliki backup data dan layanan sebagai Upaya untuk menjaga keberlangsungan layanan jika ada insiden serupa di masa mendatang.

Pemerintah akan menyiapkan pengaturan terkait penempatan data dan cadangannya secara berlapis sesuai dengan tingkat klasifikasi data mulai dari data strategis, data terbatas, hingga data terbuka. 

“Jadi nanti ada data-data yang sifatnya umum atau terbuka seperti statistik dan sebagainya akan disimpan di cloud, sehingga tidak penuh data yang ada di PDN,” ungkapnya.

Disamping itu, BSSN akan terus meningkatkan keamanan siber dengan cara menyambungkan komando kendali BSSN serta mengaktifkan Computer Security Insident Response Team (CSIRT) yang akan terus memantau upaya pengelolaan PDN dan backup data. 

“Tentunya, kita juga diperintah Bapak Presiden untuk meninjau kembali Peraturan/Instruksi Presiden terkait dengan operasional siber termasuk BSSN dan jajarannya, sehingga nantinya komando kendali itu mudah apabila terjadi permasalahan,” tutur Menko Polhukam.

Menko Hadi Tjahjanto mengimbau kepada setiap tenant agar senantiasa mengingatkan penggunaan akun secara hati-hati dan segera mengeluarkan surat edaran.

“Dari hasil forensik pun kami sudah bisa mengetahui bahwa user yang selalu menggunakan password-nya dan akhirnya terjadi permasalahan yang sangat serius ini. Oleh sebab itu, penegakan hukum oleh BSSN dan oleh aparat nantinya bisa dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku,” tegasnya. (Icha)



Oppo A3 Pro 5G Bakal Hadirkan Teknologi AI Generatif

Telko.id – Oppo A3 Pro 5G akan mengghadirkan teknologi AI Generatif canggih, ini kali pertama diberikan bagi pengguna A series. Berbagai fitur AI seperti AI LinkBoost dan AI Eraser hadir untuk memberikan pengalaman hiburan yang lebih lancar dan menyenangkan sepanjang hari.

Ubah Setiap Momen Jadi Sempurna dengan AI Eraser

Untuk pertama kalinya, Oppo memperkenalkan AI Eraser di lini A Series. Dengan kemampuan AI generatif Oppo, AI Eraser dapat mengidentifikasi dan menghapus objek atau orang yang tidak diinginkan dari gambar, lalu mengisi celah tersebut secara alami sehingga tidak terlihat jejak pengeditan.

Fitur canggih ini memungkinkan pengguna menghapus objek yang tidak diinginkan dari foto hanya dengan mengelilingi objek tersebut. AI Eraser menghasilkan hasil penghapusan yang mulus, memastikan foto terlihat sempurna.

Teknologi ini secara cerdas dapat mengenali objek dan orang dalam foto melalui model skala besar yang dikembangkan oleh Oppo, yang kemudian mengisi area yang dihapus dengan latar belakang yang alami.

Baca juga : Oppo A3 Pro 5G Gandeng Mobile Legends, Berbekal Ketangguhan Kelas Militer!

Konektivitas Selalu Stabil dan Lancar dengan AI LinkBoost

AI LinkBoost dari OPPO menggunakan model AI tingkat sistem untuk memastikan konektivitas yang stabil di mana pun pengguna berada. Pengguna dapat menikmati konektivitas yang mulus saat bermain game atau streaming video, bahkan di area dengan sinyal yang lemah atau ditengah jaringan yang sibuk.

Teknologi ini menggabungkan mesin transmisi data yang dikembangkan oleh OPPO, antena 360 derajat, daya antena yang ditingkatkan, dan pemilihan jaringan cerdas untuk mengatasi sinyal lemah dan hambatan jaringan, sehingga dapat memberikan pengalaman konektivitas yang stabil dalam kondisi jaringan yang kompleks.

  • Tetap Lancar di Berbagai Zona Web: Di lingkungan dengan sinyal Wi-Fi yang buruk seperti di mall dan kantor, AI LinkBoost dapat meningkatkan kecepatan beralih antara jaringan Wi-Fi dan seluler sebesar 20%.
  • Taklukan Sinyal Lemah: Dengan AI LinkBoost, OPPO A3 Pro 5G dapat berbagi konten lebih cepat dan memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi saat membagikan foto dalam kondisi jaringan yang lemah seperti di konser atau festival musik.
  • Tetap Terhubung Selama Perjalanan: Update peta yang lebih cepat saat navigasi di jalanan padat atau kawasan perkotaan yang sibuk untuk posisi yang akurat. Baik saat menggunakan aplikasi navigasi atau Google Maps, pengguna tidak perlu khawatir tersesat karena OPPO A3 Pro 5G selalu siap membantu dengan cepat.

AI Portrait Retouching 7.0

Fitur retouching yang sudah ditingkatkan ini dilengkapi dengan panel retouching yang dapat disesuaikan dengan 8 tingkat dan 100 level, serta 10 tombol untuk pilihan tekstur kulit, pipi, ukuran mata, hidung, dagu, dan lainnya. Pengguna dapat menggeser melakukan penyesuaian detail wajah secara presisi real-time, menghasilkan efek kecantikan yang lebih alami untuk selfie, portrait, dan video.

Dengan semua keunggulan ini, OPPO A3 Pro 5G siap menjadi smartphone favorit di kelasnya. Perangkat ini resmi hadir di Indonesia dengan harga Rp3.999.000 dan sudah dapat dipesan secara daring mulai tanggal 28 Juni hingga 4 Juli 2024 eksklusif di Tokopedia dan TikTok Shop.

Konsumen dapat menikmati keuntungan tambahan hingga Rp470.000 selama periode pemesanan, berupa cashback sebesar Rp400.000, bonus Gadget Proteksi, serta kopi gratis di gerai Finders Cafe dengan memberikan review lengkap beserta foto/video dan komen. (Icha)