Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Oppo Pad Air2

Tecno Spark 20

Ini Operator Seluler Indonesia Yang Jadi Global Rising Star versi OpenSignal!

Telko.id – OpenSignal baru saja mengeluarkan laporannya dalam Global Mobile Network Awards 2022. Dari deretan operator dunia, ada operator seluler di Indonesia yang masuk menjadi Global Rising Star.

Global Mobile Network Awards 2022 dari OpenSignal itu membandingkan secara langsung kualitas pengalaman jaringan seluler operator yang ada di seluruh dunia.

Dari laporan tersebut, OpenSignal membuat 6 katagori yakni pengalaman video, pengalaman game, pengalaman aplikasi suara, pengalaman kecepatan unduh, pengalaman kecepatan unggah, dan pengalaman ketersediaan 4G.

Lalu ada Global Winners dan Leaders, kemudian ada Global Rising Star. Dalam Global Winners, operator yang mendapat predikat adalah :

Pengalaman Video – T-Mobile Netherlands dan KPN Pengalaman Game – LG U+ dan SK Korea Selatan
Pengalaman Aplikasi Suara – LG U+, SK Telecom, dan Vodafone Republik Ceko
Pengalaman Kecepatan Unduh – SK Telecom
Pengalaman kecepatan Unggah – 3 Denmark
Pengalaman Ketersediaan 4G – LG U+ Korea Selatan

Yang menarik adalah pada Global Rising Star. Pasalnya, dalam 30 deretan operator yang ada dalam setiap katagori, muncul operator Indonesia.

Dalam katagori Pengalaman Video, muncul operator Smartfren, XL Axiata dan Indosat. Lalu pada katagori Pengalaman Game, nama Smartfren muncul lagi. Begitu juga pada katagori Pengalaman Aplikasi Suara dan Pengalaman Kecepatan Unduh.

Kemudian pada Pengalaman kecepatan Unggah, Smartfren juga muncul lagi, bersanding dengan Telkomsel. Sedangkan pada katagori Pengalaman Ketersediaan 4G, tidak ada operator Indonesia yang muncul.

Menurut OpenSignal, Smartfren dinilai sebagai peringkat ke-2 di kawasan Asia Pasifik dengan peningkatan kualitas video (18%) dan Pengalaman Game (26.9%).

Smartfen juga dinilai sebagai operator peringkat ke-3 di kawasan Asia Pasifik dengan peningkatan tertinggi pada kualitas Aplikasi Suara (5.3%) dan peringkat ke-5 untuk Pengalaman Kecepatan Unggah (45.9%).

Selain itu, Telkomsel mewakili Indonesia yang masuk dalam kategori Pengalaman Kecepatan Unggah. Kualitas unggah Telkomsel meningkat 35%.

Adapun, Indosat Ooredoo Hutchison mewakili Indonesia untuk kategori pengalaman video, di mana kualitas streaming video meningkatn 8,7%.

Sebagi informasi, Global Rising Star ini merupakan yang pertama kali dilaporkan oleh OpenSignal. Dan ada 30 operator teratas di seluruh dunia di mana pengguna OpenSignal telah melihat peningkatan terbesar di paruh kedua seluler mereka tahun 2020 dan periode yang sama pada tahun 2021. (Icha)

Latest

Telkomsel Gelar Baktiku Negeriku 2024, Fokus Tingkatkan Ekonomi Desa

Telko.id -  Telkomsel meluncurkan kembali program Corporate Social Responsibility...

Telkomsel Umumkan Peraih Telkomsel Awards 2024

Telko.id - Telkomsel mengumumkan para peraih penghargaan Telkomsel Awards...

NeutraDC Ungkap Potensi Ekonomi Digital Batam

Telko.id - Sebagai wujud komitmen perusahaan dalam pembangunan berkelanjutan,...

Huawei MatePad SE 11 Kids Edition, Solusi Tablet Aman & Edukatif Buat Anak

Telko.id – Huawei MatePad SE 11 Kids Edition dirancang...

Rekomendasi

ATSI Kritisi Keberadaan Satelit Starlink Di Indonesia

Telko.id – ATSI mengkritisi kehadiran Starlink boleh dibilang sangat mulus ke Indonesia, tidak banyak ini dan itu tetiba sudah diberikan ijin oleh Pemerintah untuk...

Starlink Masuk, Proses Merger Smartfren dan XL Axiata Jalan teruss!

Telko.id – Proses merger Smartfren dan XL Axiata yang saat ini sedang berlangsung due diligence, sebagai tahap awal tidak akan terpengaruh dengan hadirnya Starlink...

Merger XL Axiata dan Smartfren Diharapkan Selesai Akhir Tahun

Telko.id - Axiata Group Bhd berharap rencana merger antara anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya di Indonesia, PT XL Axiata Tbk dan PT Smartfren Telecom...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini