Telko.id – Oppo, brand smartphone terdepan global, hari ini mengumumkan pembukaan Oppo Experience Store terbaru di AEON MALL Deltamas, Cikarang.
Toko ini merupakan wujud komitmen Oppo untuk menghadirkan pengalaman berbelanja smartphone yang istimewa dan mudah diakses bagi masyarakat di wilayah Cikarang dan Bekasi.
Cikarang dan Bekasi merupakan dua wilayah di Jawa Barat yang berkembang pesat. Pertumbuhan industri dan infrastruktur di kedua wilayah ini turut meningkatkan daya beli masyarakat, termasuk terhadap produk teknologi seperti smartphone. Hal ini terlihat dari peningkatan penggunaan internet dan akses terhadap media sosial yang kian meluas.
Finders Cafe Oppo Experience Store Aeon Mall Deltamas
Memiliki luas 241 meter persegi, Oppo Experience Store Aeon MALL Deltamas menghadirkan berbagai macam produk Oppo terbaru, seperti smartphone, smartwatch, dan earphone. Para pengunjung juga dapat merasakan langsung teknologi inovatif Oppo melalui area experience yang disediakan.
Selain itu, Oppo Experience Store Aeon Mall Deltamas juga dilengkapi dengan FInders Cafe dan Toko Buku, sehingga para pengunjung dapat bersantai dan menikmati waktu mereka sambil berbelanja smartphone.
Kehadiran Finders Cafe dan Toko Buku ini melengkapi konsep Oppo Experience Store yang tidak hanya berfokus pada penjualan smartphone, tetapi juga memberikan pengalaman menyeluruh bagi pengunjung.
Promo Menarik
Dalam rangka pembukaan toko baru, OPPO Experience Store Cilandak Town Square menawarkan berbagai promo menarik, seperti Kopi gratis hingga 1000 cup khusus di hari grand opening dan Potongan harga 50% untuk pembelian snack & Coffee di Finders Coffee.
Selain itu juga ada Lelang produk OPPO dengan harga mulai dari Rp499.000, Diskon spesial hingga 32% untuk produk tertentu, Program trade-in dengan cashback hingga 1 juta rupiah dan Angsuran 0% hingga 24 bulan
Pengembangan
Oppo optimis bahwa pembukaan Oppo Experience Store Aeon Mall Deltamas akan mendapat sambutan positif dari masyarakat.
Kedepannya, Oppo berharap dapat membuka toko serupa di lebih banyak tempat di Indonesia, sehingga dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan memberikan pengalaman berbelanja smartphone yang istimewa bagi semua.
Kedepannya Oppo akan mengembangkan beberapa Experience Store di beberapa wilayah Indonesia, seperti Discovery Mall Bali, Palembang Indah Mall, Aeon Mall BSD, Bintaro Exchange Mall, dan Pacific Place Mall.
Pengembangan toko offline Oppo Experience Store di wilayah-wilayah tersebut merupakan langkah strategis untuk meningkatkan brand awareness Oppo di Indonesia.
Dengan memahami gaya hidup masyarakat Indonesia dan memilih lokasi yang tepat, Oppo dapat memberikan pengalaman berbelanja yang positif bagi konsumen dan mencapai target bisnisnya.
Telko.id – Samsung Electronics mengumumkan peluncuran perayaan kompetisi eSport selama satu bulan penuh di Asia Tenggara melalui Galaxy Gaming Academy Campus Series pertamanya, yang berfokus pada mobile gaming dan Odyssey Cup Campus League, yang menyoroti PC gaming.
Dimulai pada tanggal 20 Mei 2024, perayaan selama sebulan penuh ini didedikasikan untuk menyatukan komunitas gamer pelajar yang penuh semangat di seluruh Asia Tenggara, inisiatif terbaru yang muncul dari komitmen Samsung untuk mengukir masa depan eSport yang lebih kompetitif.
Galaxy Gaming Academy: Wadah untuk Para Calon Juara
Diluncurkan pada tahun 2023, Galaxy Gaming Academy bertujuan untuk mendukung para gamer mobile amatir dalam perjalanan gaming mereka, dengan memberikan pelatihan dan wadah untuk meningkatkan kemampuan mereka.
Ditargetkan untuk para mahasiswa, Galaxy Gaming Academy Campus Series menawarkan platform unik untuk tim dari Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Singapura, untuk unjuk kemampuan mereka dalam Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) 5v5 yang dinamis dari Mobile Legends Bang Bang (MLBB).
Acara ini didukung Galaxy A55 5G yang memastikan pengalaman gaming yang imersif dan mulus, karena smartphone ini sudah dilengkapi dengan prosesor terbaru Exynos 1480 yang mumpuni, visual layar Super AMOLED yang cerah, dan peningkatan berupa advanced heat control.
Adapun Galaxy S24 Ultra dengan kecerahan layarnya, prosesornya yang bertenaga, dan konektivitas yang seamless, siap mendukung para gamer untuk meraih langkah menuju kemenangan.
Odyssey Cup Campus League
Melanjutkan kesuksesan Odyssey Cup, Odyssey Cup Campus League didedikasikan untuk para PC gamer tingkat mahasiswa, dan menyediakan platform bagi para calon gamer profesional yang untuk menunjukkan dan mempertajam kemampuan mereka.
Tim-tim mahasiswa dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam akan saling beradu dalam serangkaian tantangan, dan bertarung dalam pertandingan tim 5v5 yang intens dalam dunia Real-Time Strategy (RTS) Dota 2.
Samsung berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman gaming terbaik dengan monitor gaming andalannya: Odyssey Neo G9 dan Odyssey OLED G9. Odyssey Neo G9 adalah monitor gaming layar lebar dual UHD 57” curved pertama dari Samsung, menghadirkan visual yang menakjubkan dan waktu respons yang cepat.
Adapun Odyssey OLED G9 adalah DQHD OLED pertama Samsung di layar curved 49” dengan AI upscaling dan waktu respons 0,03ms yang luar biasa cepat. Monitor ini bertujuan untuk menyajikan visual dan kecepatan yang luar biasa bagi gamer kasual maupun hardcore.
Sebulan Penuh Keseruan Gaming
Pendaftaran peserta untuk kedua turnamen Samsung eSport ini dibuka mulai 20 Mei 2024. Sepanjang satu bulan, para peserta akan memiliki kesempatan untuk terlibat dalam turnamen yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan bermain game, memupuk semangat kebersamaan, dan merayakan budaya gaming.
“Dedikasi Samsung terhadap inovasi tidak hanya terbatas pada produk, tetapi juga pada dunia eSport yang lebih kompetitif dan dinamis,” kata ,” ujar Chonhong Ng, VP & Head of Regional Marketing, Samsung Electronics Southeast Asia and Oceania.
Galaxy Gaming Academy Campus Series dan Odyssey Cup Campus League diharapkan menjadi wadah yang tidak hanya menampilkan talenta-talenta luar biasa dari kawasan Asia Tenggara, tetapi juga menyatukan komunitas mahasiswa yang memiliki minat besar dalam dunia gaming untuk berkompetisi menggunakan perangkat gaming terbaik.
Di Indonesia, babak kualifikasi akan berlangsung pada tanggal 1 dan 2 Juni 2024, dilanjutkan dengan babak final pada tanggal 8 dan 9 Juni 2024. Setelah itu, babak playoff regional dijadwalkan pada tanggal 21, 22, dan 23 Juni 2024.
Odyssey Campus League menyediakan total hadiah senilai USD 10.000, dimana juara pertama akan mendapatkan hadiah senilai USD 4.000, juara kedua USD 2.500, juara ketiga USD 1.500, juara keempat USD 1.000, dan juara kelima dan keenam masing-masing akan mendapatkan hadiah senilai USD 500.
Galaxy Gaming Academy Campus Series menyediakan total hadiah senilai USD 15.000, dimana juara pertama akan mendapatkan hadiah senilai USD 7.500, dilanjutkan juara kedua USD 3.500, juara ketiga USD 2.500, dan juara keempat akan mendapatkan hadiah senilai USD 1.500. (Icha)
Telko.di – Kecanggihan Galaxy AI memang bisa dimanfaatkan oleh siapapun, termasuk fashion entrepreneur Rara Shamira dalam menjalankan bisnisnya.
Rara sebagai owner sekaligus founder dari fashion brand @designbyomo ini mengakui begitu bermanfaatnya mobile AI pada Galaxy S24 untuk menyelesaiakan kegiatan berbisnis nya dengan lebih maksimal.
“Galaxy AI membantu aku banget untuk jalanin bisnisku. Aku bisa melakukan banyak hal dalam waktu singkat, mulai dari mencari inspirasi fashion collection, melakukan photoshoot, hingga berkomunikasi dengan partner di luar negeri. Semua menjadi lebih efisien dan mudah,” ujar Rara.
Saat ini ada cukup banyak dari generasi muda di Indonesia yang mulai tertarik untuk menjalankan usaha sendiri. Berdasarkan laporan bertajuk ‘Statistik Pemuda Indonesia 2023’ yang digagas oleh Badan Pusat Statistik ditemukan bahwa sekitar 20,56% pemuda di Indonesia bekerja dengan status berusaha, meningkat 1,08% dari tahun sebelumnya.
Karena itu, untuk mendukung Gen Z menemukan cara baru dalam mengoptimalkan kreativitas dan produktivitas termasuk dalam berbisnis, Samsung berinovasi menghadirkan fitur-fitur canggih pada Galaxy AI di Galaxy S24 Series.
Lalu, fitur Galaxy AI apa saja yang membantu Rara untuk mengembangkan bisnis fashion-nya? Langsung saja simak tips sukses usaha ala Rara berikut:
#1 Cari inspirasi Pakai Circle to Search with Google dan Browsing Assist
Fitur Circle to Search yang membantu kamu untuk mencari inspirasi trend fashion
Sebelum memulai bisnis fashion, penting bagi kamu untuk melakukan riset terhadap brand yang akan didirikan, termasuk riset tren terkini, dan ide-ide produk yang menarik. Galaxy AI hadir dengan fitur Circle to Search with Google yang memudahkan kamu untuk mencari inspirasi fashion item hanya dengan melingkari produk yang menarik perhatian.
Dari pengalaman Rara yang juga hobi traveling, Galaxy AI menurutnya memberikan kemudahan dalam menjaga produktivitas saat berada di luar ruangan. Ia dapat dengan cepat melakukan riset sambil traveling, tanpa perlu repot membuka banyak aplikasi.
Setelah mendapatkan informasi yang diperlukan melalui fitur Circle to Search with Google, Rara pun bisa mengakses informasi tersebut secara ringkas dengan merangkum artikel yang ditemukan di internet menggunakan Browsing Assist.
Fitur Browsing Assist memungkinkan kamu untuk merangkum artikel dengan cepat dan efisien. Hasil dari rangkuman tersebut nantinya bisa disalin dan disimpan menggunakan Note Assist agar menjadi sebuah catatan yang lebih rapi dan mudah dibaca ulang.
Tidak hanya itu, Galaxy AI juga memudahkan Rara menerjemahkan artikel berbahasa asing melalui kemampuan untuk menerjemahkan 15 bahasa asing ke Bahasa Indonesia dalam hitungan detik.
#2 Gunakan Live Translate dan Transcript Assist Kembangkan bisnis ke luar negeri
Meeting tanpa kendala bahasa dengan siapapun dengan bantuan Transcript Assist dari Galaxy AI
Dalam mengembangkan usaha, penting untuk terbuka memperoleh pengetahuan dari berbagai sumber dan ahli, baik dari dalam maupun luar negeri. Kamu pun nggak perlu khawatir akan terhambat oleh bahasa saat belajar karena Galaxy AI dilengkapi dengan fitur Live Translate untuk berkomunikasi melalui telefon, dan Chat Assistuntuk melakukan menerjemahkan pesan singkat, yang kini sudah mendukung Bahasa Indonesia.
Fitur Chat Assist dari Galaxy AI yang memudahkan kamu berinteraksi dengan teman dari mancanegara
“Sebagai owner brand fashion, aku cukup sering berkomunikasi dengan desainer atau pemilik bisnis fashion dari luar negeri, seperti Korea, agar bisa tetap up to date fashion terbaru. Harus diakui bahwa fitur-fitur, seperti Live Translate atau Transcript ini membantu banget buat berkomunikasi lintas bahasa,” jelas Rara.
Fitur Live Translate bisa menerjemahkan bahasa asing, baik secara langsung maupun lewat panggilan telepon. Kamu bisa mem-pairing fitur tersebut dengan Text Calluntuk untuk menjawab panggilan telepon dengan text disaat sibuk dan lawan bicara tetap menerima dengan jelas dalam bentuk suara. Caranya mudah:
Klik “Call Assist” saat panggilan masuk
Pilih “Text Call” dari opsi
Mulailah mengetik pesan kamu, dan pesan akan diubah menjadi ucapan untuk pendengar
Selain itu, ada juga fitur Transcript Assist yang memungkinkan kamu merekam dan mentranskripsi, serta menerjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Fitur ini bisa melakukan transkripsi rekaman dengan durasi waktu rekaman di bawah tiga jam.
Fitur ini bisa membantu para owner fashion brand yang ingin men dapat insight dari Youtube atau podcast dari berbagai negara dengan mudah karena bisa langsung di translate bahkan diberikan rangkuman langsung ke bahasa Indonesia.
#3 Bikin konten unik untuk promoting bisnis kamu di media sosial dengan Photo Assist
Buat konten unik dan on-trend dengan Instant Slow-Mo di Galaxy AI
Setelah produk yang ingin dijual sudah tersedia, kamu butuh melakukan strategi pemasaran untuk menarik perhatian calon pembeli. Namun, bagi entrepreneur muda terutama yang baru memulai bisnisnya sering kali kita perlu melakukan banyak hal secara mandiri.
Dengan bantuan fitur Photo Assistdi Galaxy AI, kamu nggak hanya dapat mengikuti tren yang ada, tetapi juga menciptakan ide dan tren baru.
Misalnya, kamu ingin membuat konten mix and match baju ala scrapbook. Kamu bisa memanfaatkan Generative edit untuk menambah foto lain ke dalam foto kamu.
Kamu bisa ikuti cara berikut:
Pilih foto model yang akan menjadi base fotonya
Klik logo pensil dan klik logo bintang tiga (Logo galaxy AI)
Klik tanda “+” di pada pojok kanan atas layar
Pilih foto baju yang ingin di tempel
Lakukan hal yang sama untuk fashion item yang lain
Kamu juga bisa injecting tren seperti tren slow-motion menggunakan glambot dengan fitur AI Instant Slow-Mo.
Ikuti cara berikut untuk mendapatkan video slow-motion seperti menggunakan glambot dalam hitungan detik:
Take video dengan cara mengayunkan device ke depan, dan klik zoom 2x ke arah wajah model
Klik hasil video, tap dan tahan layar saat video sedang diputar. Secara instan, video akan berubah menjadi slow-motion
Untuk membuatnya permanen, tap tombol pensil, tapAdjust Speed, dan atur kecepatan yang diinginkan. Kamu juga bisa mengatur bagian mana yang ingin di konten slow-motion.
Apabila sudah puas, tap tombol Save
Fitur Instant Slow-Mo juga dilengkapi beberapa frame tambahan berdasarkan gerakan, sehingga momen dapat diperlambat dengan halus untuk hasil video yang tetap epic
#4 Manfaatkan fitur Chat Assist untuk caption yang menarik!
Tidak perlu bingung lagi untuk bikin caption yang catchy, dengan bantuan fitu Chat Assist, kamu bisa membuat berbagai caption
Kamu bisamanfaatkan fitur Chat Assist agar caption-mu jadi terlihat catchy dan menarik perhatian audiens. Fitur Chat Assist bisa memberikan suggestion gaya penulisan sesuai konteks yang diinginkan dalam 16 bahasa.
Bahkan, bisa juga digunakan untuk chatting beda bahasa, baik dalam gaya bahasa formal maupun casual.
Ikuti langkah berikut untuk memanfaatkan fitur writing style pada Chat Assist:
Tulislah caption yang diinginkan pada kolom caption sebelum diposting di media sosial
Setelah menulis pesan, ketuk logo bintang tiga (Logo galaxy AI)
Pilih opsi untuk mengubah writing style atau memeriksa ejaan dan tata bahasa.
Kamu dapat memilih dan menerapkan gaya menulis yang diinginkan
Chat Assist juga bisa buat kamu bertukar pesan bahasa asing dengan mudah bahkan di berbagai third-party apps, seperti WhatsApp, LINE, bahkan Instagram direct message.
“Gen Z seperti yang kita tahu menginginkan kemudahan dan kepraktisan dalam hidupnya. Termasuk dalam mengembangkan bisnis. Karenanya, Galaxy AI sebagai teknologi terbaru dari Samsung dapat turut berperan dalam mendukung mereka mengembangkan strategi bisnis di era digital,” ujar Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.
Mulai dari mencari inspirasi dan riset dengan Circle to Search with Google, hingga fitur penerjemah Live Translate, semuanya bisa menjadi solusi untuk mewujudkan ide-ide baru dan strategi bisnis yang fleksibel di era digital.
Galaxy AI kini telah tersedia di perangkat Galaxy S23 Series, S23 FE, S22 Series, Z Flip5, Z Fold5, Z Flip4, Z Fold4, Tab S9 Series, dan Tab S8 Series. (Icha)
Telko.id – Huawei Device Indonesia meresmikan peluncuran Huawei Watch Fit 3 yang merupakan smartwatch berbentuk persegipertama dari Huawei.
Kehadiran perangkat ini melanjutkan semangat fashion forward Huawei dengan menggabungkan nilai fungsional dalam balutan desain edgy yang inovatif.
Optimisme ini didukung oleh serangkaian fitur canggih untuk mendukung kegiatan berolahraga dan gaya hidup sehat namun tetap tampil gaya yang menjadi keunggulannya.
Selain itu, smart watch Huawei ini juga membawa berbagai peningkatkan yang membuatnya semakin andal berperan sebagai asisten pribadi dalam menunjang penampilan stylish sehari-hari.
Mengusung bodi setipis 9,9 mm dan bobot seringan 26 gram, Huawei Watch Fit 3 menawarkan pengalaman menggunakan smartwatch yang seamless dan fleksibel. Smartwatch dari Huawei ini mempunyai pilihan warna bodi dan strapsmartwatch yang colorful.
Mendukung kesuksesan dari peluncuran Huawei Watch Fit 3 di Indonesia, Rico Zhang selaku President of Smart Wearable and Health Product Line, Huawei Consumer Business Group juga turut hadir untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai komitmen Huawei dalam mengembangkan inovasi dan teknologi di bidang manajemen kesehatan dalam setiap produk Huawei.
Huiler Fan, Country Head Huawei Device Indonesia, mengatakan, “Huawei kembali memperkuat posisinya sebagai pemimpin di industri wearables melalui kehadiran Huawei Watch Fit 3. Smartwatch ini dirancang untuk menjadi partner sempurna pengguna dalam menerapkan gaya hidup sehat dan aktif, melalui tampilan desain squared yang unik dan juga lebih ramping nan tipis”.
Bahkan pengguna pun bisa memilih aneka pilihan warna dan jenis strap untuk disesuaikan dengan personal style masing-masing.
Tidak ketinggalan, deretan teknologi canggih pada fitur manajemen kesehatan dan asisten kebugaran yang dimiliki smart watch Huawei juga dapat dipersonalisasikan secara presisi dengan kebutuhan gerak aktif para penggunanya.”
Perangkat ini sudah dapat di beli mulai hari ini, 21 Mei 2024 dengan harga mulai dari Rp1.999.000. Untuk varian dengan strap fluoroelastomer terdapat pilihan warna Hitam, Moon White, Pink, dan Hijau, yang dibanderol seharga Rp1.999.000.
Sementara untuk warna Abu-Abu dengan strap nylon, bisa didapatkan dengan harga Rp2.299.000. Selama masa promosinya hingga 18 Juni 2024, pelanggan mempunyai kesempatan mendapatkan bonus Huawei FreeBuds SE 2 senilai Rp 469.000 (first come first serve), bunga cicilan 0% selama 12 bulan, dan VIP Service selama 1 tahun. (Icha)
Telko.id – PT Hyundai Motors Indonesia menyerahkan mobil listrik (EV), yang meliputi total 86 unit terdiri dari 50 unit IONIQ 5 dan 36 unit IONIQ 6, untuk penyelenggaraan World Water Forum 2024.
Penyediaan kendaraan operasional resmi tersebut, yang akan menunjang kebutuhan mobilitas para tamu VIP dan komite pelaksana, menjadi dukungan Hyundai bagi pemerintah dalam menyukseskan World Water Forum 2024 yang pertama kalinya berlangsung di Indonesia pada 18–24 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali.
World Water Forum adalah pertemuan internasional terbesar yang membahas isu-isu di sektor air. Forum ini digelar setiap tiga tahun sekali dan telah berlangsung sejak 1997.
Tahun ini, World Water Forum mengangkat tema “Water Shared for Prosperity” yang menunjukan perhatian serius dunia akan manajemen isu air di masa depan demi kesejahteraan bersama. World Water Forum ke-10 ini pun menjadi momentum penting bagi Indonesia dalam meningkatkan perannya terhadap tata kelola air secara global.
Woojune Cha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia, mengatakan, “Hyundai bangga bisa terus berkontribusi nyata terhadap kegiatan kenegaraan dan kemajuan bangsa, sebagaimana yang kini kami lakukan dengan memberi dukungan penuh bagi Indonesia sebagai tuan rumah World Water Forum 2024”.
Pemanfaatan mobil listrik terbaik Hyundai di Indonesia, yakni IONIQ 5 dan IONIQ 6, dalam mendukung kelancaran konferensi tingkat dunia ini pun memperkuat komitmen kami dalam mendorong elektrifikasi di industri otomotif Tanah Air.
Tidak hanya menghadirkan kendaraan operasional selama World Water Forum 2024, Hyundai juga hadir dengan Hyundai Service Point yang beroperasi selama 24 jam untuk melengkapi solusi mobilitas selama kegiatan.
Terletak di Central Parking, ITDC Area, Nusa Dua, Hyundai Service Point akan menyediakan dukungan suku cadang serta berbagai solusi perawatan dan perbaikan kendaraan ketika dibutuhkan.
Dengan begitu, Hyundai mampu menjamin performa dan kondisi kendaraan operasional selama acara berlangsung.
Selama berlangsungnya acara, Hyundai siap sedia menghadirkan layanan Hyundai Roadside Assistance (bagian dari Layanan Darurat 24 Jam) dan Hyundai Mobile Service. Kedua layanan tersebut siap memenuhi berbagai keperluan perbaikan dan perawatan kendaraan, termasuk saat kondisi darurat, untuk memastikan kondisi kendaraan selalu prima.
Selain itu, Hyundai juga menyediakan layanan Hyundai Mobile Charging yang siap melakukan penambahan daya listrik di kondisi darurat dan membantu kendaraan mencapai stasiun pengisian daya terdekat.
Keterlibatan di World Water Forum 2024 menegaskan keandalan Hyundai dalam menunjang berbagai kebutuhan mobilitas, khususnya di ajang internasional yang membutuhkan keamanan dan kenyamanan tingkat tinggi.
Sebelumnya, Hyundai juga telah dipercaya untuk mendukung penyelenggaraan FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023TM, ASEAN Summit 2023, Archipelagic and Island States Summit 2023, dan G20 Summit 2022.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberi kepercayaan kepada Hyundai untuk bisa menjadi bagian dari kiprah Indonesia di kancah internasional dari waktu ke waktu,” kata ,” Woojune Cha.
Ia juga menyebutkan bahwa kepercayaan pemerintah ini juga menjadi motivasi lebih untuk terus memberikan lebih banyak inovasi bernilai tambah yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia, termasuk dalam menyediakan solusi mobilitas terbarukan yang andal dan teruji seperti lini EV dari Hyundai. (Icha)
Dividen yang dibagikan Indosat tersebut setara 48% dari laba bersih tahun buku 2023. Adapun investor akan mendapat Rp 268,4 per lembar saham yang dimiliki.
Dividen akan dibayarkan paling lambat 30 hari setelah diumumkannya ringkasan risalah rapat. Sisa laba bersih tahun buku 2023 sebesar Rp2,34 triliun akan dialokasikan oleh perseroan sebagai laba ditahan.
President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan pencapaian ini merupakan hasil kontribusi para karyawan, kolaborasi dengan mitra strategis, pelanggan yang loyal, dan kepercayaan yang diberikan para pemegang saham.
“Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan yang menemani perjalanan tanpa akhir Indosat, melanjutkan penciptaan nilai dalam perjalanan transformatif menuju AI Native TechCo. Dengan fokus pada inovasi teknologi dan pengembangan AI, kami siap memberikan nilai lebih kepada pemegang saham dan menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan,” ujarnya.
Adapun diketahui, hingga kuartal I tahun 2024, Indosat mencatat total laba bersih sebesar Rp 1,29 triliun yang meningkat 39,4% secara tahunan (yoy).
Sedangkan untuk EBITDA mengalami peningkatan yang lebih cepat dari pendapatan, dengan pertumbuhan 22,1% YoY mencapai Rp6.509 miliar.
Kinerja keuangan yang mengesankan ini mendorong kenaikan EBITDA Margin Indosat menjadi 47,0%, dan menghasilkan Laba Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk sebesar Rp1.295 miliar, meningkat 39,4% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.
Indosat terus melanjutkan komitmen ekspansi perluasan jaringan BTS 4G serta peningkatan cakupan distribusi produk dan pelayanan melalui Mini Gerai IM3 dan 3Kiosk ke berbagai pelosok pedesaan, termasuk di wilayah timur Indonesia.
Untuk mendukung transformasi menjadi AI Native TechCo, Indosat akan terus berinvestasi dalam pengembangan sumber daya manusia berbasis teknologi, meningkatkan kualitas layanan, dan memperluas konektivitas.
Ini didukung oleh kemitraan strategis Indosat, melalui anak usahanya, dengan NVIDIA sebagai Cloud PartnerProvider pertama di Indonesia serta inisiatif pemberdayaan perempuan dan UMKM. (Icha)
Telko.id – Starlink, satelit milik elon Musk resmi masuk Indonesia, Indosat pun melihat bahwa masuknya layanan satelit, bukan hanya Starlink bukan ancaman, melainkan peluang. Ya, peluang untuk melakukan kerjasama.
Hal ini disampaikan oleh Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison dalam konferensi Pers hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Indosat, Selasa, (21/5/2024).
Vikram menyebutkan bahwa pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk menjalin kerja sama dengan semua penyedia layanan satelit mana pun, tak terkecuali Starlink milik Elon Musk.
“Kehadiran layanan telekomunikasi satelit bukan merupakan kompetisi. Karena Indosat melihat pemain baru yang hadir akan membantu percepatan ke daerah pelosok,” ujar Vikram.
Bahkan Vikram pun mengakui bahwa Indosat menyatakan telah ada beberapa perusahaan yang saat ini dijajaki untuk layanan business to business (B2B). Hal ini demi memberi layanan tepat guna bagi konsumennya.
“Tentunya dengan partnership yang telah dihasilkan dengan mempertimbangkan harga dan mempertimbangkan beberapa hal tapi yang paling penting adalah dapat memperdayakan masyarakat Indonesia,” ujarnya.
Diketahui, Layanan Starlink sendiri sudah tersedia beberapa waktu lalu di Indonesia. Sejumlah pengguna media sosial mengaku telah menggunakannya.
Sementara itu, bos Starlink Elon Musk juga datang langsung ke Indonesia sejak Minggu (19/5/2024). Salah satu agendanya adalah meresmikan layanan pada sebuah Puskesmas di Bali.
Musk juga mengunggah postingan soal kedatangannya di Indonesia. Salah satunya mengatakan cukup terhormat untuk bisa meluncurkan Starlink di Indonesia.
Dalam unggahan lainnya, dia mengatakan konektivitas sangat bermanfaat untuk masyarakat terpencil. Yakni bisa meningkatkan akses pada pendidikan dan juga peluang ekonomi.
Di Indonesia sendiri, satelit milik Elon Musk itu rencananya akan dipasang di 3.400 Puskesmas yang belum mendapat fasilitas internet dan yang koneksi internetnya kurang bagus. (Icha)
Telko.id – Penyedia ekosistem solusi digital usaha milik Telkom Indonesia Indibiz menggelar segudang promo menarik bagi pelaku usaha perhotelan dan pendidikan yakni program Indibiz aMAYzing: Bangkit Indonesia dan Bangkit Pendidikan Indonesia.
Program aMAYzing ini terdiri dari banyak varian promo yang khusus diperuntukan untuk sektor usaha hotel dan pendidikan.
“Ada banyak sekali penawaran menarik dari kami, mulai dari potongan harga jasa pemasangan sebesar 70 persen hingga gratis layanan add-on unggulan kami seperti OCA Customer Engagement, Antares Easy, Pijar Mahir hingga Pijar Sekolah,” kata Iwan Rusdarmono, Vice President Enterprise Business Orchestration Telkom.
Lebih lanjut, OVP Enterprise Regional Management Telkom, Reni Yustiani menjelaskan total ada 43 paket promo yang ditawarkan Indibiz Hotel dan Sekolah. Indibiz menyajikan ragam promo tersebut agar memudahkan para pelaku bisnis perhotelan dan pendidikan menentukan paket yang sesuai dengan bisnisnya.
“Masing-masing entitas tentu memiliki kebutuhannya tersendiri masing-masing karena itu kami membantu dengan memberikan pilihan paket yang paling sesuai dan efisien,” jelas Reni Yustiani.
Ihwal promo Indibiz Hotel misalnya, ada paket bundling layanan digital yang dipadukan dengan layanan sistem keamanan dari Antares Easy, sistem customer engagement Omni Communication Assistant, hingga bonus gratis cloud storage.
Semua paket dalam program tersebut juga sudah termasuk jaringan digital cepat dan pemotongan biaya jasa pasang baru sebesar 70 persen. Adapun paket yang ditawarkan mulai dari Rp 422 ribu- 1,5 juta/bulan.
Adapun Indibiz sekolah menawarkan pilihan paket bundling layanan digital dengan akses pelatihan digital Pijar Mahir. Ada banyak sekali materi pelatihan gratis yang tersedia mulai dari materi digital marketing, bahasa asing, teknologi, hingga pembelajaran bisnis.
Tentunya, promo aMAYzing Indibiz Sekolah juga tersedia bundling yang dipadu padankan dengan berbagai layanan add-on yang menunjang bisnis pendidikan seperti Antares Easy, OCA, dan cloud storage. Untuk promo Indibiz Sekolah aMAYzing Bangkit Pendidikan Indonesia berkisar Rp 412 ribu- 1,6 juta/bulan.
“Kami harapkan dengan adanya promo Indibiz aMAYzing ini bisa turut mendorong percepatan penetrasi ekosistem digital yang makin berkualitas bagi pelaku usaha perhotelan dan pendidikan,” tutup Reni. (Icha)
Telko.id – Menurut survei yang dilakukan oleh Vero, sebuah konsultan komunikasi yang bekerjasama dengan global YouGov, 94% perilaku konsumen Indonesia masih dipengaruhi oleh influencer. Seperti apa pengaruhnya?
Dengan estimasi pengeluaran untuk pemasaran influencer yang mencapai Rp 5,5 triliun (sekitar US$ 349,83 juta) pada tahun 2028 oleh Statista, industri ini telah memberikan peluang besar bagi bisnis di Indonesia untuk memanfaatkan interaksi dengan para influencer untuk terhubung dengan audiens target mereka.
Berdasarkan survei komprehensif yang melibatkan lebih dari 2.000 responden dari berbagai latar belakang demografis, Vero dan YouGov menemukan bahwa 94% dari responden mengatakan bahwa influencer telah memberikan pengaruh dalam membentuk pola perilaku dan keputusan pembelian mereka.
Lalu, sebanyak 63% dari responden mengatakan bahwa alasan utama mereka mengikuti konten dari seorang influencer adalah untuk mempelajari hal baru, 58% untuk mencari informasi terkini, dan 53% untuk mencari inspirasi.
Sementara itu, 63% dari responden secara aktif mencari konten yang menawarkan saran dan tips dari para ahli, 47% menginginkan konten-konten edukatif, dan 41% merasa tertarik dengan cerita atau pengalaman pribadi influencer.
Hasil temuan ini berlaku untuk berbagai latar belakang demografis, menunjukkan pandangan yang umum tentang nilai, relevansi, dan pengaruh yang diberikan influencer terhadap masyarakat Indonesia.
“Terlihat jelas bahwa potensi besar yang dimiliki influencer dalam memengaruhi pembentukan pola pikir dan perilaku masyarakat telah melewati batas demografi. Sebagian besar masyarakat Indonesia, terlepas dari usia, tingkat pendapatan, dan lokasi geografis, mengakui bahwa mereka dipengaruhi oleh konten dari influencer,” kata Brian Griffin, CEO Vero di Jakarta, Selasa (21/5/2024).
“Alasan utama mereka berinteraksi dengan influencer adalah karena konten tersebut informatif, inspiratif, dan bermanfaat. Hal ini membuka peluang besar bagi bisnis dan organisasi untuk bekerja sama dengan influencer dalam menyampaikan pesan mereka. Adapun hal terpenting yang harus dilakukan untuk mencapai hasil terbaik adalah selalu menggunakan data dan proses yang terstruktur.” lanjutnya.
Edward Hutasoit, General Manager at YouGov, menekankan bahwa efektivitas influencer berkaitan erat dengan nilai-nilai budaya Indonesia tentang kebersamaan dan kepercayaan.
“Penelitian ini menyimpulkan bahwa para kreator konten digital dapat berperan sebagai pembimbing yang memberikan saran sesuai dengan keahlian individu mereka. Bagi merek, bermitra dengan influencer tidak hanya menjadi taktik pemasaran, namun juga terhubung dengan audiens secara autentik dan menciptakan dampak yang signifikan melalui kepercayaan mereka terhadap influencer,” jelas Edward.
Menurut Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan M.Sc, Universitas Insitute Pertanian Bogor, seorang pakar yang mendalami perilaku konsumen, temuan tersebut menunjukkan bahwa pola perilaku konsumsi di masyarakat Indonesia mengalami pergeseran.
Para influencer dinilai sangat relevan dengan nilai-nilai kebersamaan dan sosial dalam budaya Indonesia, di mana kepercayaan dan rekomendasi dari mulut ke mulut memiliki peran yang signifikan.
“Mereka tidak hanya membentuk dan memimpin komunitas baru, namun juga dapat memberikan referensi melalui konten yang menghibur dan sarat informasi berharga , yang pada akhirnya akan memengaruhi pilihan dan keputusan pembelian konsumen,” ungkap Ujang.
Lalu, kebutuhan konsumen Indonesia akan konten yang mudah dipahami dan dapat dipercaya menjadi tantangan bagi para kreator konten untuk tetap menjaga autentisitas dan relevansi dengan budaya lokal kita.
“Dengan demikian, pengaruh mereka dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan,” ungkapnya.
Tim influencer Vero merekomendasikan agar perusahaan memanfaatkan potensi pemasaran influencer yang terus berkembang sebagai pilar utama dalam strategi komunikasi dan pemasaran mereka. Konten pemasaran influencer pun harus difokuskan pada storytelling yang autentik, bukan hanya sekadar hiburan.
Chatrine Siswoyo, Senior Advisor ASEAN Vero, menekankan pentingnya hubungan autentik dalam konteks ini.
“Efektivitas pemasaran influencer berakar pada hubungan yang tulus antara perusahaan dan kreator konten, yang dibangun berdasarkan kepercayaan dan nilai-nilai bersama. Mengenali influencer sebagai individu-individu yang berbeda-beda dengan perspektif unik masing-masing memungkinkan mereka untuk mengintegrasikan pesan merek secara relevan kepada audiens, sehingga meningkatkan kesadaran merek dan mendorong konversi,” jelasnya.
Selain itu, menggunakan analisis data yang mendalam sangat penting dalam mengoptimalkan strategi pemasaran influencer. Rangkaian solusi pemasaran influencer eksklusif Vero, InFluent, memastikan proses dan strategi yang terukur dalam mengelola kampanye influencer dan mengukur efektivitas konten.
Metodologi identifikasi influencer TrueVibe, yang dimiliki oleh Vero, menyediakan proses berbasis data untuk membantu merek mengidentifikasi dan berinteraksi dengan influencer yang dapat memberikan dampak dan hasil optimal untuk kampanye mereka.
Dengan menganalisis tingkat interaksi dan insight audiens, menyusun konten yang relevan, memilih influencer yang tepat untuk kampanye mereka, serta mengevaluasi hasil konkret dari upaya pemasaran dengan lebih baik.
Pendekatan ini tidak hanya menjadikan proses pengambilan keputusan lebih strategis, tetapi juga memastikan bahwa kerja sama dengan influencer memberikan nilai tambah yang optimal sesuai dengan tujuan pemasaran secara menyeluruh. (Icha)
Telko.id – Indosat bersama Twimbit baru saja meluncurkan laporan khusus berjudul, “Empowering Indonesia Report 2024” bertajuk tema “Growth Beyond Metropolitan”.
“Teknologi dan konektivitas memiliki peran kunci dalam memajukan Indonesia, dan laporan ini adalah langkah konkret kami dalam mewujudkan visi tersebut,” kata Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.
Momentum Hari Kebangkitan Nasional ini diambil untuk meluncurkan “Empowering Indonesia Report 2024”, sekaligus menjadi simbol bagi Indosat dalam mengajak para mitra strategis untuk bergotong royong mengeksplorasi peluang dan solusi berkelanjutan.
Vikram pun percaya riset dapat menjadi momentum untuk memperkuat kolaborasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan sosial, serta membuka jalan menuju masa depan lebih cerah dan inklusif menuju Indonesia Emas 2045 yang didorong oleh inovasi dan pemberdayaan masyarakat.
Empowering Indonesia Report 2024 mengusung lima inisiatif strategis yang diperlukan untuk melakukan transformasi secara berkelanjutan menuju visi Indonesia Emas 2045
Meliputi pemanfaatan potensi kota sekunder, peningkatan ekonomi digital hingga pelosok pedesaan di area rural, penguatan peran UMKM, peningkatan teknologi dalam sektor pertanian, serta pemberdayaan perempuan. Berdasarkan riset, diproyeksikan bahwa ekonomi digital Indonesia akan mencapai Rp1,8 triliun pada tahun 2027.
“Kami merasa terhormat, dapat terlibat dan mendukung inisiatif dalam membuka pintu bagi pertumbuhan berkelanjutan melalui “Empowering Indonesia Report 2024”. Dengan proyeksi hingga tahun 2027, kami yakin langkah ini akan menjadi pondasi yang kuat untuk mewujudkan transformasi yang berkelanjutan dan inklusif bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata Manoj Menon, Founder and Chief Executive Officer Twimbit.
Raymond Chin, Entrepreneur and Financial Enthusiast, mengatakan, “Pertumbuhan di luar kota metropolitan menjadi sebuah langkah tepat untuk mewujudkan inklusi ekonomi yang lebih luas di Indonesia”.
Raymond menambahkan bahwa dengan menjelajahi potensi daerah-daerah di luar kota besar hingga desa terpencil, mewujudkan peluang tanpa batas untuk kemajuan yang lebih besar dan kesempatan yang lebih luas. Dengan keterlibatan seluruh elemen masyarakat, saya yakin bahwa kolaborasi dan inovasi dapat mewujudkan pertumbuhan yang lebih berkelanjutan.
Indosat dan Twimbit juga membuka kesempatan bagi anak muda yang ingin berkontribusi di bidang teknologi melalui program “Youth-Tech Challenge Competition”. Sebagai bagian dari persiapan, Indosat akan menggelar acara grand launching dan roadshow di berbagai kampus.
Kompetisi ini bertujuan untuk menciptakan solusi inovatif yang didukung oleh teknologi guna mengatasi tantangan nasional di berbagai bidang, seperti perkotaan, pertanian, pendidikan, UMKM, dan pemberdayaan perempuan.
Kompetisi ini akan dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pendahuluan, semifinal, dan final. Para peserta akan dibimbing melalui serangkaian sesi mentorship dan kesempatan untuk melakukan kolaborasi dengan para profesional industri.
Mereka akan diberikan kesempatan memilih satu dari beberapa studi kasus dari Empowering Indonesia Report 2024, yang terfokus pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. (Icha)