4 Operator Perancis Ambil Bagian dalam Lelang Spektrum 700MHz

Jakarta – Regulator telekomunikasi Perancis, Arcep, baru-baru ini membuat pengumuman lewat akun Twitter resminya, bahwa lelang untuk spektrum 700 MHz akan dimulai pada 16 November mendatang. Sampai saat ini, regulator telah menunjukkan bahwa lelang akan berlangsung pada bulan November untuk frekuensi yang akan dialokasikan pada akhir tahun.

Keempat operator mobile Perancis, seperti Orange, Free, Bouygues Telecom dan Numericable-SFR dijadwalkan akan mengambil bagian dalam lelang ini.

Menurut laporan Telecompaper, Kamis (15/10), lelang ini diperkirakan akan memakan waktu beberapa hari. Proses ini akan melibatkan delapan putaran penawaran sehari, dengan harga untuk masing-masing 5 MHz naik EUR 5 juta dalam setiap putaran. Harga awal adalah EUR 416 juta per blok.

Kini, sebanyak enam blok, atau 30 MHz, sedang disiapkan untuk lelang dengan total minimal EUR 2,5 miliar. Free, yang sebelumnya tidak mengambil bagian dalam lelang 800 MHz akan dapat membeli hingga tiga blok, sementara pesaingnya dibatasi dengan masing-masing maksimal dua blok. Spektrum baru ini akan digunakan untuk LTE dan akan memungkinkan transisi ke 5G nantinya.

 Saat ini, seperti diketahui, spektrum 700MHz digunakan untuk terestrial TV digital, namun dijadwalkan akan ditata ulang untuk komunikasi mobile dari April 2016 di wilayah terpadat di Perancis dan antara Oktober 2017 dan Juni 2019 untuk sisa wilayah lainnya.
Di Indonesia sendiri, sebelum beranjak ke spektrum 900MHz dan akhirnya memutuskan berlabuh di spektrum 1800MHz, spektrum 700MHz sejatinya memang dianggap sebagai ‘rumah’ yang paling ideal untuk 4G LTE. Apalagi sebagian besar perangkat juga telah menggunakan frekuensi rendah yang ada di 700 Mhz.

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0