Latest Phone

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Tecno Spark 20

Advan Investasi Besar Untuk Buat Operating system Sendiri

Telko.id – Advan menyakini bahwa untuk menjadi sebuah brand besar harus memiliki produk yang bagus. Terlebih, Advan merupakan brand lokal yang harusnya lebih paham dengan kebutuhan konsumen Indonesia. Itu sebabnya, brand ini juga menginvestasikan dana yang cukup besar untuk membuat operating sendiri yang disebut denganIDOS.

“Kami punya tim sendiri yang terdiri dari anak-anak muda yang kreatif untuk membuat IDOS ini. Baik di Jakarta maupun di Semarang. Setiap masukan akan kebutuhan konsumen akan kami pelajari dan coba diakomodir melalui OS ini,” kata Tjandra Lianto, Marketing Director Advan.

Tjandra juga menambahkan bahwa “Advan tak pernah berhenti untuk melakukan inovasi dan menjadikan kebutuhan konsumen sebagai skala prioritas dalam setiap terobosan yang dihadirkan. IDOS ini kami kembangkan dengan berbagai fitur canggih untuk semakin meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan smartphone Advan.”

Sampai saat ini, sistem operasi ini telah mencapai versi IDOS 6.1.2 yang memakai basis Android Marshmallow 6.0 di mana konsumen sudah bisa mencoba kecanggihanya di smartphone terbaru Advan G1.

Sistem operasi IDOS meningkatkan kesempurnaan di saat menjalankan beragam aktivitas dengan ponsel. Bahkan dengan tren belanja online yang meningkat, IDOS mampu memproteksi data pembayaran masyarakat sehingga dapat bertransaksi dengan lebih aman. Sesuai dengan namanya IDOS adalah kebanggaan masyarakat Indonesia sebagai operating sistem pertama dan satu-satunya yang dikembangkan oleh brand nasional.

Pada proses pengembangannya tersebut, Tjandra mengungkapkan, pihaknya telah menyelesaikan jutaan bugs saat mengembangkan proteksi keamanan data konsumen. Tahun ini, mereka sedang mengembangkan IDOS 7 yang hadir dengan fitur lebih kaya.

Lebih lanjut Tjandra mengatakan, IDOS memiliki user interface khusus yamg dirancang berdasarkan kebutuhan dan kebiasaan orang Indonesia. “Keberadaan IDOS menjadikan tampilan antar muka ponsel ini semakin fresh dan user friendly,” ujar  Tjandra.

IDOS 6.1.2 ini memiliki empat update utama, yaitu Security, Smart Management, Power Saving, dan Unique Feature. Untuk Security, ada fitur Anti Theft yang berfungsi untuk melindungi pengguna dari akses oarang asing ke smartphone. Ketika salah masukkan  password sebanyak 3 kali, maka otomatis orang yang iseng membuka smartphone kita akan langsung terfoto.

Lalu, ada sistem enkripsi data pengguna yang berfungsi untuk melindungi data pengguna dengan sistem enkripsi ber-password ketika bertransaksi/belanja online. Bahkan ada fasilitas Apps Lock yang akan mengamankan perangkat anda dengan mengunci aplikasi untuk menjaga privasi anda.

Masalah baterai juga diperhatikan oleh Advan. Untuk itu ada fitur Power Saving memiliki 3 mode penghematan baterai, yaitu All-Time Saving yang berfungsi sebagai optimalisasi penghematan untuk penggunaan normal. Smart Saving yang mampu mengenali aplikasi yang berjalan dan menyesuaikan penggunaan daya. Dan, Ultra Saving yang mampu menghemat secara ekstrim dengan memprioritaskan fungsi dasar komunikasi.

Keunggulan lain adalah Smart Management dengan fitur Health Guard di dalamnya. Sebuah aplikasi yang bisa memantau penggunaan perangkat anda sekaligus sebagai pengingat untuk selalu menjaga kesehatan anda. Lalu dilengkapi dengan Picture in Picture yang akan membantu dalam beraktifitas di smartphone sambil tetap dapat nonton video dimana saja dan kapan saja. Selain itu, IDOS 6.1.2 ini juga sudah dilengkapi dengan QR Scan ID yang dapat menyimpan data kontak Anda cukup dengan melakukan Scan Barcode ID.

Keunggulan lain adalah Unique Feature dengan fitur Shake to shot & play yang mampu mengakses kamera dengan cepat tanpa merubah posisi tangan, cukup dengan menggoyangkan perangkat. Begitu juga saat mendengarkan music. Cukup goyangkan saja, player akan perpindah lagu.

Pada IDOS 6.1.2 ini juga terdapat Quick touch yang memiliki fasilitas satu akses shortcut untuk bermacam-macam aktivitas. Mulai dari kembali ke Home, Screenshot, Airplane mode, Ringtone Profile, dan lainnya.

Yang cukup menarik adalah One touch command. Di mana dengan satu sentuhan saja dapat membersihkan sampah di memori agar performa menjadi kembali fresh. Sekaligus juga dapat mengganti wallpaper untuk membuat tampilan baru. Untuk mencari aplikasi yang diperlukan juga sudah diakomodir. Namanya fitur Quick Universal Search. Cukup swipe dari bawah keatas dan masuk ke Quick Universal Search untuk mengetik aplikasi yang anda inginkan.

Satu lagi, Advan juga memiliki fasilitas Panduan Muslim yang akan sangat berguna karena terdapat fitur waktu sholat, masjid terdekat, arah kiblat hingga bacaan Quran.

Dengan semua kemampuan yang dimiliki IDOS ini boleh dibilang, langkah yang dilakukan oleh Advan ini sangat membanggakan Indonesia. Pasalnya, belum banyak brand lokal yang mengembangkan operating sendiri. Yang sudah sempat terdengar hanya Fira OS yang dikembangkan oleh Polytron dan sudah diimplementasikan di line up nya hingga saat ini. (Icha)

Latest

Dua Perangkat Samsung Ini Tangguh Untuk Berbagai Medan

Telko.id - Untuk memenuhi kebutuhan berbagai perusahaan di Indonesia...

Telkomsel dan ZTE Kolaborasi, Hadirkan Pengalaman 1 Gbps di Indonesia

Telko.id – Telkomsel dan ZTE Corporation jalin kerjasama strategis...

Xiaomi Perkenalkan Ekosistem Pintar “Human x Car x Home” di MWC 2024

Telko.id - Xiaomi memperkenalkan ekosistem pintar terbaru "Human x...

Telkomsel Hadirkan Paket kuWOTA JKT48, Apa Untungnya?

Telko.id – Telkomsel Prabayar kolaborasi dengan JKT48 meluncurkan paket...

Rekomendasi

Ini Strategi Bisnis GoTo Untuk 2024

Telko.id - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (“GoTo” atau “Perseroan”), menyelenggarakan paparan publik untuk memaparkan perkembangan terbaru Perseroan untuk tahun 2024. Paparan tersebut mencakup...

EDGE2, Data Center 23 MW Siap Beroperasi di Jantung Kota Jakarta

Telko.id - PT Ekagrata Data Gemilang ("EDGE DC"), penyedia pusat data (data center) hari ini meluncurkan fasilitas keduanya di pusat kota Jakarta, yang dikenal...

Bose Open Earbuds, Tak Perlu Putus Dari Dunia Luar!

Telko.id – Bose Open Erabuds dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan generasi muda saat ini yang hobi mendengarkan musik saat melakukan aktivitas lain, seperti saat bekerja,...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini