Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Menkominfo Dorong Industri Pusat Data Indonesia Go Global

Telko.id – Pemerintah mendukung upaya pengembangan ekosistem industri digital untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya melalui industri pusat data Indonesia yang bisa go global.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi pun mendorong pembangunan ekosistem data baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun swasta agar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Ke depan saya yakin DCI akan mendorong pertumbuhan industri pusat data Indonesia untuk semakin go global, tidak perlu jauh-jauh setidaknya di level Asia Tenggara saja dulu,” tuturnya dalam kegiatan E1 Open Days Data Center International (DCI) Indonesia di Jakarta Selatan, Kamis (21/03/2024).

Budi menjelaskan pada Tahun 2028 nilai pasar kegiatan layanan data center di Asia Tenggara diproyeksikan mengalami kenaikan 135% dibanding tahun 2023. Jika dibandingkan di tingkat global rata-rata pertumbuhannya hanya 15,2% setiap tahunnya.

Baca juga : Pengalihan Data center TelinSG ke NeutraDC Singapore, Ini Targetnya!

“Tentu peluang ekonomi dalam layanan pusat data di tingkat regional tidak boleh kita lewatkan. Apalagi di tingkat nasional, penetrasi internet kita di Indonesia yang terhubung sudah mencapai 79,5% atau sekitar 220 setengah juta penduduk Indonesia,” jelasnya. 

Menurut Menkominfo, jumlah penetrasi internet tersebut merupakan pasar yang sangat besar menunjukkan potensi keunggulan pusat data yang signifikan. 

“Hal ini menunjang aktivitas masyarakat menggunakan teknologi digital,” tandasnya.

Namun demikian, Budi mengingatkan tantangan dalam aspek kapasitas Pusat Data Center Indonesia yang hanya memiliki kapasitas 184 megawatt di Tahun 2023. Menurutnya, angka tersebut masih jauh jika dibandingkan dengan negara tetangga Singapura yang memiliki data center berkapasitas 707 MW. 

“Kita memang masih perlu banyak melakukan pekerjaan rumah, dari mulai optimalisasi pembangunan infrastruktur jaringan internet, pemenuhan kebutuhan talenta digital hingga penyediaan akses teknologi digital,” ungkapnya.

Budi juga mengapresiasi kiprah DCI Indonesia selama lebih dari 10 tahun memberikan layanan data. Bahkan mengharapkan dapat berkontribusi membangun masa depan digital Indonesia yang semakin produktif dan konstruktif. (Icha)

Latest

Telkomsel Bersama Tencent Cloud dan MCASH, Adopsi Palm Scanner, ini Targetnya!

Telko.id – Telkomsel bersama dengan Tencent Cloud dan MCASH...

Axioo Gandeng JKT48, Sasar Para Generasi Z

Telko.id - PT. Tera Data Indonusa, melalui brand laptop...

Indosat HiFi Perluas Jangkauan 100% Fiber Optik ke Kota Sekunder

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui brand Indosat HiFi perluasan...

Samsung Solve for Tomorrow Gelar Pelatihan Design Thinking, Ubah Ide Jadi Solusi

Telko.id - Samsung Solved for Tomorrow gelar pelatihan Design...

Rekomendasi

Dampak Kehadiran Starlink Terhadap Industri Telekomunikasi

Telko.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan telekomunikasi di Indonesia, termasuk Starlink. Hal tersebut diungkapkan Ketua Tim Penanganan Pelayanan Perizinan...

Tiga Peran Strategis IDTH Sebagi Rujukan Untuk Uji Perangkat Telekomunikasi

Telko.id – Indonesia Digital Test House (IDTH) yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo di Tapos Depok Jawa Barat seminggu yang lalu. Langkah ini merupakan...

Kominfo Kembangkan IDTH Jadi Pusat Inovasi Perangkat Digital Nasional

Telko.id - Indonesia kini memiliki pusat pengujian perangkat yang berstandar internasional Indonesia Digital Test House (IDTH) yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika. Presiden Joko Widodo...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini