Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Tahun 2023, Xiaomi Laba Bersih Melonjak 126,3 Persen

Telko.id – Pada tahun 2023 lalu,  Xiaomi Corporation mencatatkan kinerja yang baik di mana, pendapatan total Xiaomi mencapai 271,0 miliar, sementara laba bersih yang disesuaikan melonjak 126,3% menjadi 19,3 miliar RMB (setara 591.3 Triliun rupiah).

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedua sejak Xiaomi menjadi perusahaan terdaftar.

Bisnis Kendaraan Listrik pintar (EV) serta inisiatif baru lainnya mengalami peningkatan hingga mencapai 6,7 miliar RMB (setara dengan 14.6 Triliun rupiah) (biaya kompensasi berbasis saham yang terkait dengan EV pintar dan inisiatif baru lainnya sebesar 0,8 miliar RMB tidak termasuk untuk tahun ini).

Pada kuartal keempat 2023, pendapatan total Xiaomi terus tumbuh selama dua kuartal berturut-turut, mencapai 73,2 miliar RMB (setara dengan 159.7 Triliun rupiah), meningkat 10,9% dari tahun sebelumnya, sementara laba bersih yang disesuaikan melonjak 236,1% YoY menjadi 4,9 miliar RMB.

Baca juga : Xiaomi Perkenalkan Ekosistem Pintar “Human x Car x Home” di MWC 2024

Sepanjang tahun 2023, Xiaomi terus menerapkan strategi operasional utamanya yang menekankan skala dan profitabilitas secara bersamaan.

Tahun tersebut juga menjadi awal dari implementasi peningkatan strategi perusahaan, yang dikenal sebagai “Human × Car × Home“.

Dalam hal kinerja bisnis, pertumbuhan laba mengalami akselerasi pada paruh pertama 2023, diikuti oleh peningkatan pendapatan kuartalan pada paruh kedua. Kedua indikator ini mencerminkan pertumbuhan ketahanan dan efisiensi yang luar biasa dalam operasional bisnis Xiaomi.

Di sisi pengembangan ekosistem, Xiaomi memperkenalkan sistem operasi baru, Xiaomi HyperOS, dan menggelar acara peluncuran teknologi EV Xiaomi.

Acara peluncuran produk Xiaomi SU7 Series dijadwalkan pada 28 Maret 2024, yang akan semakin memperkaya portofolio ekosistem Xiaomi.

Permintaan kuat untuk model smartphone flagship didorong oleh tren premiumisasi
Pada tahun 2023, Xiaomi telah mengirimkan sekitar 145,6 juta unit smartphone secara global, dengan pendapatan tahunan dari penjualan smartphone mencapai 157,5 miliar RMB (setara dengan 343.6 Triliun rupiah) dan margin laba kotor sebesar 14,6%.

Menurut Canalys, Xiaomi berhasil mempertahankan posisi No. 3 dalam pengiriman smartphone global selama tiga tahun berturut-turut. Pada kuartal keempat tahun 2023, pengiriman global smartphone Xiaomi meningkat menjadi 40,5 juta unit, naik sebesar 23,9% YoY.

Menghadapi persaingan pasar yang ketat, Xiaomi terus memperkuat inovasi teknologinya dan memasuki pasar smartphone premium. Pada tahun 2023, harga jual rata-rata (ASP) smartphone Xiaomi di pasar China mengalami peningkatan lebih dari 19% YoY.

Menurut data pihak ketiga, pangsa pasar Xiaomi dalam penjualan smartphone di segmen harga 4.000 RMB-6.000 RMB (setara dengan 8.7 Juta rupiah – 13 juta rupiah) di pasar China mencapai 16,9% pada tahun 2023, meningkat sebesar 9,2 poin persentase YoY.

Pada kuartal keempat, Xiaomi bahkan berhasil mencapai peringkat penjualan No. 1 di segmen harga yang sama. Di pasar China, lebih dari 20% dari total pengiriman smartphone Xiaomi untuk tahun ini adalah smartphone premium (model dengan harga eceran pada atau di atas 3.000 RMB (setara dengan 6,5 juta rupiah)).

Sebagai salah satu merek global yang paling sukses di China, smartphone Xiaomi berhasil mempertahankan posisi yang kuat di pasar global pada tahun lalu. Menurut Canalys, pada tahun 2023, pengiriman smartphone Xiaomi berada di peringkat tiga besar di 51 negara dan wilayah secara global, serta berada di antara lima besar di 65 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Secara khusus, Xiaomi menduduki peringkat No. 2 di Timur Tengah, dan peringkat No. 3 di Amerika Latin, Afrika, dan Asia Tenggara, dengan pertumbuhan pangsa pasar yang signifikan di semua wilayah ini. Model andalan dari Xiaomi mendapatkan pujian yang luas, terutama seri Xiaomi 14 yang memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Strategi operasi ritel baru Xiaomi, yang mengusung konsep “integrasi etalase”, telah menghasilkan dampak positif dengan peningkatan yang signifikan dalam efisiensi toko ritel offline-nya. Menurut data pihak ketiga, pada tahun 2023, pangsa pasar Xiaomi dalam pengiriman smartphone melalui toko offline di pasar China meningkat menjadi 8,4%.

Jumlah perangkat IoT yang terhubung pada platform AIoT mencapai rekor tertinggi, dan mendapatkan pujian yang luas di pasar global.


Pada tahun 2023, pendapatan dari produk IoT dan gaya hidup Xiaomi mencapai 80,1 miliar RMB, dengan margin laba kotor mencapai 16,3%, mencapai rekor tertinggi. Pada 31 Desember 2023, jumlah perangkat IoT yang terhubung (tidak termasuk smartphone, tablet, dan laptop) pada platform AIoT Xiaomi mencapai 739,7 juta, meningkat 25,5% YoY.

Sementara jumlah pengguna dengan lima atau lebih perangkat yang terhubung ke platform AIoT-nya (tidak termasuk smartphone, tablet, dan laptop) mencapai 14,5 juta, meningkat 25,3% YoY. Monthly Active Users (MAU) dari Mi Home App Xiaomi juga tumbuh menjadi 85,8 juta pada Desember 2023.

Xiaomi terus memperluas skenario smart living dan mendapatkan pengakuan global yang semakin luas. Sementara itu, Xiaomi TV terus mengembangkan strategi premiumisasinya. Menurut All View Cloud, pada 2023, pengiriman TV Xiaomi masuk dalam lima besar secara global.

Pada tahun yang sama, peralatan rumah tangga pintar Xiaomi menunjukkan momentum pertumbuhan penjualan yang tinggi, dengan pendapatan meningkat hampir 40% YoY.

Pengiriman tablet global Xiaomi melebihi 5 juta unit, meningkat lebih dari 50% YoY, dengan pengiriman tablet Xiaomi di pasar luar negeri meningkat dua kali lipat YoY.

Di sektor produk wearables, Xiaomi mempertahankan posisi terdepan di industri dengan fitur komprehensif dan portofolio produk yang beragam.

Menurut Canalys, pada tahun 2023, pengiriman smart band Xiaomi berada di peringkat kedua baik di pasar China maupun di pasar global, sementara pengiriman buds juga berada di peringkat kedua di pasar China.

Memperkuat kolaborasi untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan di segmen layanan internet
Pada tahun 2023, layanan internet Xiaomi mencapai rekor tertinggi dalam pendapatan dan margin laba kotor, dengan pendapatan layanan internet mencapai 30,1 miliar RMB ( setara dengan 65.6 triliun rupiah) dan margin laba kotor layanan internetnya mencapai 74,2%.

Dengan memanfaatkan jejak globalnya, Monthly Active Users (MAU) Xiaomi secara global dan di pasar China (termasuk smartphone dan tablet) masing-masing mencapai 641,2 juta dan 155,6 juta.

Dalam kemitraan globalnya, Xiaomi menerapkan pendekatan terbuka yang memungkinkan potensi monetisasi bisnis. Pada tahun 2023, pendapatan dari layanan internet di luar negeri meningkat 24,1% YoY menjadi 8,4 miliar RMB (setara dengan 18.3 triliun rupiah), mencapai rekor tertinggi dan menyumbang 28,0% dari total pendapatan layanan internet Xiaomi.

Dengan upaya terus menerus dalam mengoptimalkan efisiensi di seluruh platformnya, pendapatan iklan Xiaomi mencapai 20,5 miliar RMB (setara dengan 44.7 triliun rupiah), meningkat 11,2% YoY.

Seiring dengan kemajuan strategi premiumisasi smartphone, jumlah pengguna aktif dan pengguna berbayar dari game dalam bisnis Xiaomi terus bertambah, mendorong pendapatan dari game mencapai 4,4 miliar RMB (setara dengan 9.6 triliun rupiah) pada tahun 2023, meningkat 7,0% YoY.

Menetapkan tujuan baru pada 2020 – 2030, Xiaomi berkomitmen untuk berinvestasi dalam teknologi inti dasar dan bertujuan menjadi pemimpin teknologi mutakhir global Pada 2023, Xiaomi memperkenalkan tujuan barunya untuk 2020‒2030 dengan komitmen yang kuat untuk investasi berkelanjutan dalam teknologi inti dasar.

Perusahaan berdedikasi untuk menjadi pemimpin dalam bidang teknologi mutakhir global yang terus berkembang. Pada tahun yang sama, biaya penelitian dan pengembangan (“R&D”) Xiaomi mencapai 19,1 miliar RMB (setara dengan 41.6 triliun rupiah), meningkat 19,2% YoY.

Pada tanggal 31 Desember 2023, Xiaomi memiliki 17.800 personel R&D, yang setara dengan 53% dari total karyawan perusahaan.

Pada tanggal 28 Desember 2023, Xiaomi merilis produk EV pertamanya, yaitu seri Xiaomi SU7, dalam acara Xiaomi EV Technology Launch. Acara tersebut menampilkan lima teknologi inti Xiaomi EV, yang menjadi tonggak keberhasilan dalam langkah baru perusahaan. (Icha)

Latest

Polytron AC Smart Neuva Pro, Teman Saat Cuaca Tak Pasti

Telko.id – Polytron AC Smart Neuva Pro, pas jadi...

H3RO Land Dream Battle, Cara Tri Ajak Generasi Muda Berkarier di Industri Gaming

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui brand Tri,...

Jaringan FMC XL SATU Fiber Kini Telah Hadir di Morowali

Telko.id - XL Axiata terus memperluas jaringan Fix Mobile...

Galaxy Z Fold6 Jawab Kebutuhan Atlet Jetski, Aero Aswar

Telko.id -  Animo pengguna usai peluncuran Galaxy Z Fold6...

Rekomendasi

Poco F6 Pakai Chipset Snapdragon 8s Gen 3, Ini Kemampuannya!

Telko.id – Poco F6, belum lama ini meluncur ke pasar global dengan debut chipset Snapdragon 8s Gen 3 dari Qualcomm. Dipilihnya chipset premium ini tentu...

PocoPad Hadir Berbekal Xiaomi HyperOS dan Memori Besar

Telko.id – Xiaomi menambahkan lini baru di sub brandnya Poco yakni segmen tablet yaitu PocoPad. Seperti juga pada smartphone nya, tablet Poco pun menghadirkan...

Xiaomi Masuk dalam Daftar ‘TIME100 Most Influential Companies’ 2024

Telko.id - TIME telah menetapkan Xiaomi sebagai salah satu dari "TIME100 Most Influential Companies" tahun 2024. Penghargaan ini menjadi prestasi pertama bagi Xiaomi, seiring dengan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini