spot_img

Lelang Frekuensi Jadi Salah Satu Agenda Kominfo Tahun Depan

Telko.id – Menkominfo Rudiantara atau yang sering disapa Chief RA mengungkapkan rencana Kominfo untuk tahun 2016 mendatang. Ditemui pada saat launching program bundling Indosat dan Advan di Jakarta, (23/12), Chief RA mengurai rencananya terkait lelang frekuensi.

“Tahun 2016, kita akan perhatikan mengenai perkembangan mobile broadband dengan membuka lelang di frekuensi 2100 MHz dan juga di frekuensi 2300 Mhz untuk meningkatkan kapasitas di kota-kota besar,” katanya.

Seperti diketahui, frekuensi 2100 dan 2300Mhz menawarkan kapasitas yang lebih baik ketimbang frekuensi 1800 Mhz yang saat ini digunakan oleh 4 operator untuk menggelar layanan 4G.

Saat ini, frekuensi 2100 Mhz masih menyisakan 2 blok yang akan diperebutkan oleh empat operator 4G. Keempat operator tersebut antara lain XL Axiata, Indosat Ooredoo, Telkomsel serta Hutchison 3.

Sementara untuk frekuensi 2300 Mhz yang masih menyisakan pita lebar sebesar 30 Mhz juga diperlukan oleh keempat operator tersebut yang nantinya akan digunakan untuk keperluan Carier Agregation.

Di tahun 2016, Pemerintah juga akan berfokus untuk mengembangkan Fix Broadband.

“Fix Broadband adalah True Broadband, namun karena memakan waktu dan biaya yang sangat besar, Fix Broadband tidak dapat dikembangkan pada tahun ini,” ucap Rudiantara.

Sementara terkait 4G, Kominfo juga mengaku akan terus mendorong ketersediaan perangkat 4G yang lebih terjangkau lagi bagi semua kalangan masyarakat di Indonesia. Fokus ke ekosistem 4G seperti Application juga akan lebih digiatkan lagi di tahun mendatang. Hal ini ditujukan untuk semakin menumbuhkan perekonomian Indonesia dengan memanfaatkan ranah digital.

“Terimakasih kepada teman-teman media yang selalu mengkomunikasikan kepada publik sehingga gairah dari 4G selalu ada di masyarakat,” pungkasnya. [ak/if]

Related Articles

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles