spot_img
Latest Phone

Garmin quatix 8, Smartwatch Maritim dengan Fitur Canggih

Telko.id - Garmin Indonesia resmi meluncurkan quatix 8, smartwatch...

Moto g86 Power 5G: Spek Lengkap dengan Harga Terjangkau

Telko.id - Smartphone terbaru dari Motorola akan segera diluncurkan....

Apple Kembangkan Chatbot AI Sendiri, Saingan ChatGPT

Telko.id – Perusahaan teknologi besar Apple, mulai bergerak mengembangkan...

Pendapatan Apple Naik 10%, Penjualan iPhone Tembus 3 Miliar Unit

Telko.id - Apple mengumumkan hasil keuangan kuartal III 2025...

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...
Beranda blog Halaman 620

Paket bundling dari Telkomsel dan iPhone, Potongan Harganya Besar!

Telko.id – Paket bundling Telkomsel dan iPhone hadir untuk mendukung konektivitas digital terbaik. Paket bundling ini bukan hanya untuk prabayar saja, tetapi juga untuk pelanggan paskabayar operator ini.  

Paket bundling iPhone Plan-Pascabayar yang dihadirkan adalah Halo Unlimited dengan kuota data hingga 165 GB per bulan. Setiap paket akan mendapatkan keuntungan dari akses gratis ke MAXStream, GamesMAX, MusicMAX, aplikasi chat, e-commerce, dan bebas akses Disney+ Hotstar selama enam bulan.

Sementara pelanggan Telkomsel Prabayar dapat memanfaatkan paket bundling iPhone Plan-Prepaid yang dapat diaktifkan melalui aplikasi MyTelkomsel, di mana pelanggan bisa mendapatkan 34GB per bulan selama tiga bulan, termasuk gratis berlangganan Disney+ Hotstar.

Kolaborasi bersama iPhone ini menegaskan komitmen Telkomsel untuk menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan dengan membuka peluang lebih luas. Didukung pengalaman dan kualitas jaringan terdepan, Telkomsel bergerak aktif dalam memenuhi kebutuhan semua pelanggan yang menuntut cara terbaik dalam menikmati layanan digital Telkomsel dengan menggunakan iPhone, seperti game online dan streaming video.

“Kami berharap kolaborasi ini dapat memenuhi kebutuhan semua pelanggan, termasuk pelanggan bernilai tinggi, pelanggan yang paham teknologi, dan siapa pun yang menginginkan pengalaman digital terbaik,” ungkap Tuty Afriza, Acting on SVP Consumer Group Telkomsel menjelaskan.

Paket bundling dari Telkomsel dan iPhone akan tersedia mulai tanggal 3 September 2021 di beberapa cabang GraPARI, di antaranya Wisma Alia Jakarta, Central Park Jakarta, PIM 3 Jakarta, Mall Kelapa Gading 3 Jakarta, Bekasi Cyber Park, Batam Center, Batam Penuin, Samarinda, Pahlawan Semarang, dan Pontianak. Paket bundling ini juga tersedia di gerai-gerai Erafone di seluruh negeri.

Telkomsel berkomitmen untuk memberikan pengalaman digital lifestyle terbaik yang didukung oleh jaringan broadband terdepan yang andal dan prima dengan lebih dari 234.000 BTS di seluruh Indonesia.

Selain itu, sebagai the first 5G operator di Indonesia, Telkomsel menegaskan konsistensinya dalam mengimplementasikan roadmap broadband untuk meningkatkan kapabilitas digital nasional secara terukur dan berkelanjutan dalam membangun bangsa.

Menilik dari telkomsel.com/iPhone ada 6 produk yang masuk dalam program ini. Dan cukup besar potongan harga yang diberikan. Ini merupakan momen langka, pasalnya iPhone sangat jarang memberikan diskon atau potongan harga.

Misalnya untuk Apple iPhone 12 Pro Max dengan kapasitas 128GB hanya dibandrol Rp.17.999.000 saja dari harga Rp.20.499.000. Lalu Apple iPhone 12 Pro dibandrol dengan harga Rp.15.999.000 dari Rp.18.499.000. Sedangkan Apple iPhone 12 dibandrol dengan harga Rp.12.999.000 dari Rp.14.999.000.

Untuk Apple iPhone 12 mini dibandrol dengan harga Rp. 10.999.000 dari harga Rp.12.999.000. Sedangkan Apple iPhone 11 dapat diperoleh dengan harga Rp.9.999.000 dari harga asalnya Rp. 11.999.000.  Untuk Apple iPhone SE dapat diperoleh dengan harga Rp.6.499.000 dari harga awalnya Rp.7.499.000. Dan terakhir, Apple iPhone XR dibandrol dengan harga Rp.7.499.000 dari harga awalnya Rp.7.999.000. (Icha)

Pemerintah Pastikan Aplikasi PeduliLindungi Aman

0

Telko.id – Pemerintah pastikan aplikasi PeduliLindungi aman. Saat ini, pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan terus melakukan penelusuran dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait menanggapi informasi yang beredar terhadap dugaan kebocoran data pengguna Electronic Health Alert Card atau e-HAC.

”Dugaan kebocoran ini tidak terkait dengan aplikasi e-HAC yang ada di aplikasi PeduliLindungi, dan saat ini tengah dilakukan investigasi dan juga penelusuran lebih lanjut terkait dengan informasi dugaan kebocoran ini,” kata Kepala Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Anas Maruf dalam Konferensi Pers secara virtual, di Jakarta, Selasa (31/08/2021).

Menurut Anas Maruf, hasil penelusuran saat ini mengindikasikan bahwa terjadi dugaan kebocoran data pada aplikasi e-HAC lama yang sudah dinonaktifkan sejak tanggal 2 Juli 2021.

Aplikasi e-HAC yang saat ini digunakan oleh masyarakat telah terintegrasi dengan Sistem informasi Satu Data Covid-19 PeduliLindungi yang terdapat pada Pusat Data Nasional dalam kondisi tidak terpengaruh insiden tersebut dan pengamanannya didukung oleh Kemenkominfo dan BSSN.

“Integrasi tersebut dilakukan sesuai amanat SE No HK. 02.01/MENKES/847/2021 tentang digitalisasi dokumen kesehatan bagi pengguna transportasi udara yang terintegrasi dengan PeduliLindungi,” jelasnya.

Kepala Data dan Informasi Kemkes melanjutkan, pembuktian adanya sebuah insiden kebocoran data pribadi baru dapat disimpulkan setelah dilakukan audit digital forensik. Meskipun demikian, dugaan kebocoran data di e-HAC lama diduga diakibatkan kebocoran sistem di pihak ketiga.

“Kementerian Kesehatan saat ini sudah melakukan tindakan yang diperlukan untuk mencegah meluasnya dampak kebocoran data tersebut,” jelasnya.

Upaya pelaporan yang akan ditindaklanjuti dengan penyelidikan oleh pihak berwajib, termasuk melaporkan insiden terkait kepada Kemenkominfo juga akan dilakukan, sesuai amanat PP No 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

“Pemerintah meminta masyarakat untuk mendownload aplikasi PeduliLindungi dan memanfaatkan fitur e-HAC yang ada di dalamnya, serta menghapus aplikasi e-HAC yang lama,” ujar Anas Maruf.

Sebelumnya diberitakan, kasus kebocoran data kembali terjadi di Indonesia. Kali ini menyangkut data pengguna yang tersimpan di aplikasi e-HAC buatan Kemenkes. Kasus kebocoran data e-HAC pertama kali diungkap oleh peneliti keamanan siber dari VPNMentor, yang menemukan kebocoran data di aplikasi e-HAC pada 15 Juli lalu.

Dalam sebuah posting-an di blog resmi VPNMentor, data sebanyak 1,3 juta pengguna e-HAC diperkirakan telah terdampak kebocoran data ini. Ukuran data tersebut kurang lebih mencapai 2 GB.

Pihak VPNMentor menyebutkan juga bahwa pengembang e-HAC disebut menggunakan database Elasticsearch yang kurang aman untuk menyimpan data.

Bahkan, kasus ini tidak hanya mengungkap data pengguna e-HAC, tetapi juga seluruh infrastruktur terkait e-HAC, seperti data tes Covid-19 yang dilakukan penumpang, data pribadi penumpang, data rumah sakit, hingga data staf e-HAC.

VPNMentor pun dengan sigap memberikan info pada pemerintah dan akhirnya setelah menghubungi Badan Siber dan Sandir Negara (BSSN), akhirnya menutup server e-HAC pada 24 Agustus 2021. (Icha)

Telkomsel Alihkan 4000 BTS Pada Mitratel Agar Lebih Ideal dan Efisien

0

Telko.id – Telkomsel alihkan 4000 BTS pada Dayamitra Telekomunikasi “Mitratel” sebagai langkah lanjutan komitmennya dalam penguatan transformasi portofolio bisnisnya.

Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Jual Beli (Sale and Purchase Agreement/SPA) antara Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dengan Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) pada 31 Agustus 2021. Aksi korporasi ini melengkapi apa yang sudah dilakukan kedua perusahaan yakni Telkomsel alihkan 6.050 BTS pada 2020 lalu.

“Kelanjutan aksi korporasi dengan melakukan pengalihan kepemilikan menara telekomunikasi kepada Mitratel semakin menunjukan keseriusan Telkomsel untuk lebih fokus dalam memperkuat eksistensi dan penetrasi inovasi dalam menggelar layanan digital. Dengan begitu, Telkomsel akan semakin memiliki lebih banyak sumber daya perusahaan yang dapat diarahkan untuk terus membuka peluang dan kesempatan dalam menguatkan ekosistem gaya hidup digital masyarakat Indonesia secara lebih inklusif,” ungkap Hendri Mulya Syam, Direktur Utama Telkomsel menjelaskan.

Aksi korporasi ini merupakan langkah Telkom dalam penataan portofolio demi value creation yang optimal dari keduanya baik bagi masing-masing perusahaan, TelkomGroup dan stakeholder. Bagi Telkomsel, ini merupakan wujud konsisten dan keseriusan dalam mendukung transformasi portofolio di bisnis digital.

“Sedangkan bagi Mitratel, langkah ini semakin memperkuat portofolio menara telekomunikasi TelkomGroup serta memantapkan langkah Mitratel sebagai pemain tower terbesar di Indonesia, yang mendukung beragam kebutuhan tidak hanya bagi TelkomGroup tapi juga tenant lainnya. Sehingga Mitratel bersiap untuk mengoptimalkan value creation selanjutnya melalui aksi korporasi yang lebih besar lagi,” ujar Budi Setyawan Wijaya, Direktur Strategic Portfolio Telkom.

Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko menambahkan, “Mitratel berkomitmen untuk terus berupaya menggali potensi-potensi baru dalam rangka memperkuat fundamental perusahaan, tentunya dengan aksi korporasi ini semakin menunjukkan posisi Mitratel sebagai konsolidator bisnis menara telekomunikasi di pasar”.

Transaksi ini kembali mengukuhkan Mitratel sebagai tower provider terbesar di Indonesia dan akan semakin membuka peluang untuk pemanfaatan menara ini oleh semua tenant yang potensial, terlebih masuknya era 5G di Indonesia yang berpeluang besar bagi bisnis menara telekomunikasi.

Pengalihan kepemilikan menara ini juga akan memberikan kesempatan dan layanan yang sama kepada seluruh operator untuk dapat memperluas area dan meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan. Hal ini tentu saja akan berkontribusi positif untuk percepatan digitalisasi skala nasional.

Dengan adanya pengalihan ini Mitratel telah memiliki lebih dari 28.000 menara telekomunikasi yang tersebar di seluruh Indonesia baik urban, suburban maupun daerah rural. Mitratel juga terbuka untuk melakukan transaksi jual beli dengan pihak manapun sepanjang menguntungkan bagi kedua belah pihak dan memberikan value creation bagi pemangku kepentingan.

Melalui kesepakatan ini juga diharapkan dapat meneruskan momentum bagi kedua perusahaan dalam kelanjutan komitmen memperkuat pengelolaan aset dan lini bisnis yang dapat lebih mendorong pertumbuhan kinerja organisasi yang lebih ideal, produktif, efektif, dan efisien.

Sehingga, baik Telkomsel dan Mitratel akan terus memperkuat nilai tambah masing-masing perusahaan di setiap fokus inovasi produk dan layanan yang dihadirkan.

Telkomsel pun selalu berharap kelanjutan aksi korporasi dalam pengalihan menara telekomunikasi yang dimiliki ini juga dapat terus memberikan nilai tambah dalam upaya perusahaan dalam memaksimalkan aset infrastruktur yang dimiliki, dan lebih mendorong akselerasi penguatan struktur perusahaan yang lebih ideal, terutama untuk keberlangsungan jangka panjang dalam menghadirkan inovasi produk dan layanan berbasis ekosistem digital yang lebih customer-centric. (Icha)

Tokopedia Gelar START Customer Experience First Summit

0

Telko.id – Tokopedia gelar START Customer Experience First Summit bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional. Ini merupakan konferensi yang baru pertama kali diadakan dengan mengusung tema ‘Reimagining the Right Blend of Human Touch, Technology, and Data Analytics for the Best Customer Experience’.

Acara ini merupakan konferensi customer experience (CX) pertama dari Tokopedia yang akan mengulas praktik CX terbaik di berbagai bidang seperti perbankan, telekomunikasi, pemerintahan dan berbagai industri lainnya. Puluhan praktisi akan berdiskusi mengenai perpaduan antara sentuhan manusia, teknologi dan data dalam menciptakan pengalaman pelanggan terbaik untuk pelanggan di Indonesia

Masyarakat dapat mengikuti rangkaian kegiatan Tokopedia START CX First Summit 2021 dengan melakukan registrasi dan mengikuti kegiatan secara daring melalui situs Tokopedia Academy dan Official YouTube Inside Tokopedia pada Sabtu, 4 September 2021 pukul 09.00-17.00 WIB.

Acara akan dibuka dengan berbagai sesi dari Co-Founder and Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edison; COO Tokopedia, Melissa S. Juminto; CTO Tokopedia, Herman Widjaja; Vice President of People and Office Management Tokopedia, Nanang Chalid; Senior Vice President of Customer Excellence Tokopedia, Rudy A. Dalimunthe; Vice President of Engineering dan Chief of Staff Technology Tokopedia, Aswin Tanu Utomo, serta sederet talenta digital Tokopedia lainnya.

Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia, Leontinus A. Edison menjelaskan, “Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia terus berupaya membentuk ekosistem yang kolaboratif guna mendukung kemajuan talenta digital Indonesia, termasuk di bidang CX. Di Tokopedia sendiri, kami telah menerapkan strategi CX berbasis digital, dengan perpaduan sentuhan manusia, teknologi dan data, untuk menciptakan pengalaman terbaik bagi seluruh pelanggan di Indonesia.” 

“START CX First Summit 2021 adalah wujud dari komitmen Tokopedia bersama para talenta digital untuk mendukung pemerataan layanan pelanggan terbaik melalui inovasi teknologi. START CX First Summit 2021 ini juga diharapkan dapat menjadi wadah bagi Tokopedia dan seluruh praktisi untuk dapat saling berbagi pengalaman dan wawasan, serta mendorong kemajuan CX di Indonesia,” tambah Leontinus.

SVP of Customer Excellence Tokopedia, Rudy Azhary Dalimunthe mengatakan “Sebagai apresiasi kami untuk para pelanggan di Hari Pelanggan Nasional, kami mengajak praktisi CX dari berbagai industri untuk berbagi pengalaman terbaik sehingga nantinya dapat memberikan inspirasi  untuk pegiat CX lain dan meningkatkan kepuasan pelanggan saat bertransaksi.”

Sederet nilai tambah juga bisa didapatkan oleh komunitas CX dari gelaran START CX First Summit “Untuk komunitas CX, kami menyediakan wadah untuk networking, branding, serta berdiskusi dan berbagi pengetahuan tentang kemajuan teknologi serta pengalaman lintas industri untuk pengalaman yang lebih baik bagi para pelanggannya,” tambah Rudy.

Selain START CX First Summit 2021, Tokopedia melalui Tokopedia Academy juga menghadirkan berbagai inisiatif lainnya seperti START Summit, START Summit Extension, START Women in Tech, Devcamp, Tokopedia Internship, Product Design Academy, Summer Acceleration Program, kolaborasi dengan berbagai universitas, dan masih banyak lagi, demi mendukung perkembangan talenta digital.

Acara START CX First Summit 2021 didukung oleh sejumlah mitra, termasuk Kementerian Perdagangan, Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), ServiceNow, IGT Solutions, Mitracomm Ekasarana dan Genesys. (Icha)

ini Dia Daftar Pemenang Indosat Ooredoo SheHacks 2021

0

Telko.id –  Pemenang SheHacks 2021 akhirnya sudah ditentukan. Program ini merupakan inovasi yang diluncurkan pada bulan Juni 2021 untuk memberdayakan lebih banyak perempuan Indonesia dengan kekuatan teknologi dan mengurangi kesenjangan gender di bidang ekonomi, pendidikan, dan kesehatan perempuan.

Terpilih tiga pemenang yang mendapatkan total hadiah Rp100 juta yakni Tim Wegrow dengan proposal Wegrow (Green Living Platform), Triasih dengan proposal Ruang Tengah, dan Troopers dengan proposal Wifood, Save It Don’t Waste It. 


Acara pengumuman pemenang SheHacks 2021 yang digelar secara virtual tersebut dibuka oleh Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Virkam Sinha, dan mendapat sambutan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Bintang Puspayoga, dan Direktur Tata Kelola Digital Ekonomi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Selliane Halia Ishak.

Acara tersebut juga dihadiri oleh peserta dan komunitas perempuan Indonesia, serta CEO of LinkAja Haryati Lawidjaja, dan Construction Director of MRT Jakarta, Silvia Halim, sebagai pembicara talkshow bertemakan ‘How to Overcome the Challenges for Women in Tech’.

“SheHacks 2021 hadir dengan tujuan sederhana yaitu untuk memberdayakan lebih banyak perempuan di bidang teknologi dalam berkontribusi mengurangi kesenjangan gender yang kami temukan di hampir semua lini kehidupan,” ungkap Vikram Sinha, Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo dalam sambutannya.

Program ini juga menurut Vikram menjadi pengalaman yang berharga bagi Indosat Ooredoo melihat ide dan karya luar biasa dari para perempuan inspiratif ini. “Semangat nya dalam menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang muncul terkait dengan kesenjangan gender telah membuat kami percaya pada masa depan yang menjanjikan akan peran perempuan di bidang teknologi ujar Vikram menambahkan.

Ia pun berharap para peserta dan pemenang SheHacks 2021 dapat mengambil manfaat sebesar-besarnya dari program SheHacks dan karya-karyanya dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas hidup dan peran perempuan di Indonesia!”

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Bintang Puspayoga mengatakan “Kami sangat mengapresiasi dan mendukung upaya dari Indosat Ooredoo yang telah memberikan sumbangsih nyata untuk pengarusutamaan gender di Indonesia melalui program SheHacks. Hal tersebut menjadi bagian dari solusi dalam mengurangi jurang kesenjangan gender dari sisi ekonomi, pendidikan, dan kesehatan dengan penggunaan teknologi”.

Bintang menambahkan bahwa “Pemberdayaan perempuan merupakan isu yang kompleks dan multisektoral. Oleh karena itu, komitmen dan kerja sama antar lembaga, baik pemerintah maupun swasta menjadi sangat penting. Semoga para peserta terpilih yang berhak mengikuti buddy program dapat benar-benar mempertanggungjawabkan program yang telah dibuat sehingga dapat memberikan dampak nyata terhadap pemberdayaan perempuan di Indonesia,”.

Direktur Tata Kelola Digital Ekonomi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Selliane Halia Ishak, mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi adanya program SheHacks dari Indosat Ooredoo. Karya inovasi para peserta yang merupakan solusi tepat untuk mengatasi masalah yang muncul terkait dengan kesenjangan gender, telah membuat kami percaya pada masa depan yang menjanjikan akan peran perempuan di bidang teknologi”.

Ia pun berharap agar program SheHacks bisa menjadi motivasi bagi pihak lain untuk bersama meningkatkan peran perempuan Indonesia dengan pemanfaatan teknologi agar bersama-sama berkontribusi pada industri kreatif dan meningkatkan ekonomi digital Indonesia.

SheHacks tahun ini berhasil memberdayakan 1.453 wanita Indonesia dengan rentang usia 15- 40 tahun dan menerima total 477 proposal solusi permasalahan. Pencapaian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya dengan total 95 peserta dan 30 proposal yang dikumpulkan. Jangkauan SheHacks 2021 juga lebih luas dari tahun 2020 karena 23% dari total peserta tahun ini berasal dari luar Pulau Jawa.

Para finalis dinilai berdasarkan intensitas permasalahan, solusi yang berkelanjutan, produk dan pasar, potensi dampak, daya saing, komunikasi, dan lain-lain. Juri-juri yang terlibat antara lain Arief Musta’in (Director & Chief Strategy and Innovation Officer Indosat Ooredoo), Natasha Nababan (Chief Legal & Regulatory Officer Indosat Ooredoo), Haryati Lawidjaja (CEO LinkAja), Samira Shihab (CEO & Co-Founder Tinkerlust), dan Dwi Faiz (Kepala Program UN Women Indonesia).

Tiga pemenang terbaik mendapatkan hadiah uang tunai total Rp100 juta, dengan rincian pemenang pertama Rp50 juta, pemenang kedua Rp30 juta, dan pemenang ketiga Rp20 juta. Lima peserta dengan proposal terbaik juga berkesempatan melakukan presentasi kepada mitra global potensial untuk mendapatkan kemungkinan pengembangan bahkan pendanaan karya inovatif mereka. (Icha)

Apple Bakal Tambahkan Fitur Emergency Message via Satelit Tahun Depan

0

Telko.id – Apple bakal tambahkan fitur Emergency Message via Satelit tahun depan. Ini merupakan fokus pertama produsen asal Amerika ini, seperti yang dilaporkan Bloomberg mengutip orang-orang yang mengetahui situasi tersebut. Dan perangkat yang akan dibenamkan fitur ini, rumornya adalah iPhone 13.

Spekulasi bahwa iPhone berikutnya akan memiliki kemampuan satelit meningkat setelah analis TF International Securities Ming-Chi Kuo mengatakan ponsel tersebut kemungkinan akan bekerja dengan spektrum yang dimiliki oleh Globalstar.

Menurut sumber Bloomberg, fitur emergency Text via satelit akan terbatas untuk memulai dan kemungkinan baru siap tahun depan. Sayang nya, seorang perwakilan Apple masih menolak berkomentar.

Emergency Message via Satelit ini akan memungkinkan pengguna mengirim SMS ke layanan darurat dan kontak melalui jaringan satelit ketika tidak ada sinyal seluler. Fitur itu akan diintegrasikan ke dalam aplikasi Pesan sebagai protokol ketiga, di samping SMS dan iMessage standar.

Fitur kedua akan menjadi alat untuk melaporkan keadaan darurat besar, seperti kecelakaan pesawat dan kapal tenggelam, juga menggunakan jaringan satelit. Dengan nama sandi ‘Stewie’ di dalam Apple, ini akan membatasi pesan menjadi lebih pendek. Teks akan secara otomatis masuk ke telepon kontak darurat, bahkan jika pengaturan jangan ganggu aktif.

Satu desain yang direncanakan akan memungkinkan pengguna mengirim pesan dengan mengetik “Emergency SOS” di mana mereka biasanya memasukkan nama kontak. Selain mengirimkan teks, layanan tersebut pada akhirnya dapat menangani beberapa panggilan telepon juga.

Menurut laporan itu, Apple bahkan telah mempertimbangkan untuk menyebarkan satelitnya sendiri. Namun, fitur yang saat ini dalam pengembangan cenderung mengandalkan jaringan yang ada. Tidak jelas apakah Apple akan bermitra dengan penyedia satelit tertentu atau menawarkan layanan di semua negara.

Globalstar sebelumnya mengatakan telah menandatangani perjanjian dengan pihak tak dikenal untuk mengembangkan layanan baru — pengungkapan yang sekarang diyakini beberapa orang sebagai bukti bahwa itu adalah mitra Apple. Apple tidak bekerja sama dengan saingan Globalstar Iridium dalam upaya tersebut, orang-orang yang akrab dengan masalah ini mengatakan kepada Bloomberg.

Dalam sebuah catatan kepada investor, Kuo mengklaim bahwa iPhone 13 akan dapat terhubung langsung ke satelit orbit bumi rendah (atau LEO) berkat chip baseband Qualcomm X60 yang disesuaikan.

Satelit LEO mungkin paling dikenal sebagai tulang punggung layanan internet Starlink Elon Musk yang mengandalkan satelit di orbit yang lebih rendah untuk mengirimkan internet ke pelanggan dan menghindari beberapa perangkap umum dari internet satelit, termasuk latensi tinggi, dan pemadaman umum.

Tetapi Starlink bukan satu-satunya perusahaan yang menggunakan satelit LEO untuk konektivitas. Hughesnet dan OneWeb telah menggabungkan kekuatan untuk meluncurkan pesaing Starlink dan Immarsat mengumumkan konstelasi baru yang dimaksudkan untuk menyatu dengan jaringan 5G terestrial untuk solusi yang lebih global.

Tampaknya kunci sebenarnya dari rumor iPhone ini adalah Globalstar, yang stoknya meroket awal tahun ini ketika Qualcomm mengumumkan chip X65 yang akan datang akan mendukung teknologi Band n53 Globalstar. 3GPP sebelumnya telah menyetujui Band n53 sebagai band 5G.

Namun, seperti yang ditunjukkan oleh pakar 5G PCMag, Sascha Segan di Twitter, ambisi Globalstar untuk menggunakan bandwidth yang dialokasikan sepenuhnya berbasis di Bumi.

Menambahkan modem khusus dengan dukungan untuk n53 (di antara band lainnya) akan memberi iPhone berikutnya cap yang menawarkan “dukungan 5G global” awal, bahkan jika sinyal tersebut belum dapat meninggalkan planet ini.

Sementara itu membuka spekulasi yang lebih liar bahwa Apple dapat bekerja dengan Globalstar pada beberapa jenis jaringan pribadi, cukup menambahkan n53 sebagai jangkar untuk agregasi operator atau Akses Berbantuan Berlisensi dapat membantu meningkatkan jangkauan atau meningkatkan kecepatan saat Anda sangat membutuhkannya. (Icha)

6 Kemampuan Oppo Reno6 Yang Gahar Buat Main Game

0

Telko.id – Dimasa seperti saat ini, yang banyak harus melakukan banyak kegiatan di rumah, tentu smartphone menjadi benda yang paling sering digenggam. Bukan hanya untuk bekerja atau sekolah saja, main game juga tentu nya. Nah, dari banyak smartphone yang beredar saat ini, banyak juga yang pas digunakan untuk main game. Salah satunya Oppo Reno6 yang gahar buat main game.

Unik nya, bukan hanya software dan hardware saja yang mendukung Oppo Reno6 ini gahar buat dipakai main game. Banyak juga fitur yang sudah disesuaikan untuk memberikan pengalaman baru bagi para gamer. Walaupun Oppo Reno6 ini bukan dibuat khusus untuk main game, tapi tetap saja beberap fitur di dalamnya sangat mumpuni dan memberikan kenyaman saat bermain.

Penasaran kan? Kita bahas dulu hardware yang dibenamkan dalam Oppo Reno6 yang baru saja diluncurkan ini ya.

Layar

Layar ini penting bagi para pemain game. Pasalnya, jika tampilannya kurang asyik, tentu mainnya jadi kurang seru. Nah. Perangkat ini sudah menggunakan layar berkualitas tinggi yang menghadirkan pengalaman multimedia yang nyaman, terutama saat bermain game online.

Ya, layar pada perangkat ini memiliki 6.4 Inci AMOLED Display, 91,7 % Rasio layar ke bingkai dengan Rasio layar 20 9, Refresh Rate 90Hz, Respon sentuhan hingga 180Hz, Resolusi layar 2400 x 1080 FHD+, Sertifikasi SGS Eye Care Display, dan asyiknya sudah ada Sertifikasi Netflix & Amazon Video HD Streaming.

Chipset

Tentu untuk bermain game, kita perlu dukungan chipset yang mumpuni. Nah, perangkat ini sudah menggunakan Qualcomm Snapdragon 720G. Arti huruf G adalah gaming, jadi chipset ini khusus dibuat untuk bermain game.

Snapdragon 720G masuk dalam lini Qualcomm Snapdragon Elite Gaming. Memiliki CPU Kryo 465 dan GPU Adreno 618 dengan clockspeed 2.3 GHz dan fabrikasi 8nm. Dan, Reno6 sudah punya. Asyik ya!

Chipset ini sudah mumpuni untuk melakukan berbagai aktivitas biasa di smartphone maupun memainkan game berat tanpa lag yang berarti.

RAM dan Memori Internal

Kapasitas RAM dan memori internal pada perangkat ini juga dapat diandalkan. Sudah dibenamkan 8GB RAM LPDDR4X (dengan fitur RAM Expansion) 128GB ROM UFS 2.1. Adanya teknologi Ekspansi RAM yang dikembangkan Oppo ini membuat Anda ketika kehabisan ruang RAM maka dapat memilih untuk mengubah sebagian dari ROM (penyimpanan internal) yang tersedia menjadi RAM virtual.

Anda pun dapat menyesuaikan tiga tingkat ukuran ekspansi, yang berarti RAM 8GB Oppo Reno6 dapat dilengkapi dengan memori tambahan 2GB/3GB/5GB. Hal ini membuat Reno6 tetap berjalan dengan lancar dengan beberapa aplikasi yang berjalan bersamaan.

Sangat cukup untuk mendukung Anda main game karena maklum saja, game online yang populer saat ini memiliki ukuran file cukup besar yang butuh ruang penyimpanan cukup di memori internal. Belum lagi file-file tambahan lainnya dari update game yang bisa menyita tempat penyimpanan yang lumayan besar.

Inilah yang membuat memori internal yang besar penting dalam pencarian smartphone. Kapasitas RAM juga perlu diperhatikan karena komponen yang satu ini dapat meningkatkan frame rate saat bermain game dan juga menyimpan data game sementara untuk akses cepat sehingga sewaktu smartphone dipakai main game akan lancar jaya anti ngelag.

Kemampuan Oppo Reno6 buat main game ini diatas standar yang ada dipasaran. Di mana, standar kapasitas RAM untuk bisa dipakai main game dengan nyaman disarankan minimal 3GB, sedangkan untuk memori internal minimal 16 GB agar bisa dipakai gaming dan tidak mengganggu kinerja smartphone secara keseluruhan. Reno6 sudah diatas itu semua!

Sistem operasi

Sistem operasi memiliki andil untuk membuat sebuah smartphone cocok sebagai perangkat gaming atau tidak. Hal ini karena sistem operasi berfungsi untuk mengatur kinerja berbagai aplikasi dalam smartphone agar bisa berjalan bersamaan tanpa membuat crash.

Nah, reno6 ini sudah menggunakan OS ColorOS 11.1 berbasis Android 11. Jadi untuk bermain dengan game yang saat ini sedang popular sangat bisa. Maklum saja, saat ini banyak game-game populer yang mensyaratkan versi Android terbaru yang bisa memainkan game tersebut untuk memberikan pengalaman main game yang lebih puas.

Kapasitas baterai

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah kapasitas baterai smartphone yang diincar. Baterai berkapasitas besar sangat ideal untuk dipakai bermain game karena bisa tahan lama tanpa harus bolak balik charge.

Pastinya, Reno6 sudah sangat mendukung. Soalnya, perangkat ini sudah menggunakan baterai dengan kekuatan 4310mAh dan sudah mendukung 50W Flash Charge. Jadi proses pengisian daya juga bisa lebih cepat. Reno6 dapat diisi hingga 100% dalam 45 menit, dan pengisian daya 5 menit akan memberi daya yang cukup untuk 3 jam pemutaran video berkelanjutan. Mantap kan!

Dan yang sangat jarang ada di perangkat lain adalah baterai perangkat ini juga dilengkapi fitur Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby, dimana kedua fitur ini akan membantu memaksimalkan baterai terakhir ketika sangat dibutuhkan. Anda akan merasa aman ketika mengetahui masa pakai baterai terakhir dapat bertahan hingga menemukan tempat untuk mengisi daya.

Fitur Pendukung

Nah, selain hardware yang sudah dimiliki Reno6, ada juga beragam fitur yang tentu nya akan membuat Anda semakin nyaman dalam bermain game. Apa saja?

Reno6 ini dilengkapi dengan fitur Quick Startup yang dapat membantu mengidentifikasi game favorit yang paling sering dimainkan Anda. Fitur ini akan membuat game tetap aktif di latar belakang bahkan setelah keluar dari game itu sendiri.

Saat memulai kembali game, Anda dapat mengambil jalan pintas untuk langsung berada pada halaman beranda permainan hanya dengan satu klik.

Sementara Game Focus Mode akan meminimalisasi semua pemberitahuan melalui notifikasi agar pengguna dapat berfokus kepada permainan yang dijalankan.

Selain itu perangkat ini juga memiliki HyperBoost 4.0, automatic CPU dan GPU optimization. Fitur ini dapat mengatur konsumsi daya saat bermain game dan menjaga performa game untuk tetap optimal. Sekaligus juga bisa menjadi frame rate tetap terjaga.

Oh iya, ketika menunggu respon saat bermain game, ada fitur Quick Return Bubble yang memungkinkan Anda mengawasi permainan saat ingin membalas pesan atau melakukan kegiatan lain di smartphone ini. Setiap detik permainan Anda akan terlihat dan dengan sigap Anda dapat kembali kepermainan hanya dengan satu sentuhan. Keren kan!

Dan satu lagi, perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan Multi-Cooling System. Sistem pending ini mampu melakukan pembuangan hawa panas 21,9% lebih baik dan efisien dibandingkan seri sebelumnya. Sistem pendingin ini berada di atas mainboard dan komponen lainnya yang ditempatkan di dalam bodi aluminium tangguh milik Reno6.

Oppo Reno6 Multi-Cooling System Gaming

Multi-Cooling System pada Oppo Reno6 menggunakan tiga lapisan grafit yang diletakkan pada bingkai penutup atas untuk pembuangan panas, juga ditempatkan pada bagian baterai.

Bagian motherboard dilapisi oleh sebuah gel konduktif, sementara untuk speaker, chip, dan prosesor, diberikan lapisan lembaran grafit setebal 0,01mm.

Sebuah lembaran baja juga diletakkan sebelum penutup casing bawah. Lalu, ada foam yang ditambahkan pada papan pelindung baterai dengan tujuan membuang panas perangkat.

Jadi bermain game dalam jangka waktu panjang pun, tetap nyaman dalam genggaman karena tidak panas.

So, Reno6 ini pas banget kan untuk menemani Anda main game! (Icha)

Potensi Besar, XL Axiata Perkuat Posisi Garap Pasar Korporat dan UKM

0

Telko.id – Potensi besar, XL Axiata perkuat posisi garap pasar korporat dan UKM. Salah satunya adalah dengan mengenalkan brand baru “XL Axiata Business Solutions” menggantikan brand lama “XL Business Solution”.

Dengan menyandang brand baru, sejumlah penyesuaian dilakukan termasuk penyempurnaan visi bisnis serta peningkatan kualitas layanan agar mampu bersaing dalam kompetisi yang ketat.

Kebijakan ini merupakan bagian dari transformasi untuk mewujudkan visi perusahaan menjadi #1 Converged Operator in Indonesia. Transformasi XL Axiata Business Solutions ini sekaligus melengkapi rangkaian perayaan XL Axiata memasuki usia 25 tahun dalam upaya Membangun Indonesia Digital.

”Transformasi merupakan salah satu langkah yang perlu kita lakukan untuk bisa ikut dalam kompetisi bisnis dan industri yang sangat dinamis. Apalagi tuntutan dunia usaha, termasuk UKM, atas layanan korporat di tengah kondisi pandemi berkepanjangan terus meningkat. Untuk itu, selain rebranding, kami juga melakukan berbagai penyesuaian, termasuk penyempurnaan visi serta peningkatan kualitas layanan agar mampu bersaing dalam kompetisi bisnis ini,” ungkap Abhijit J. Navalekar, Direktur & Chief Commercial-Home and Enterprise Officer XL Axiata saat memperkenalkan brand baru nya tersebut secara virtual (31/08).

Abhijit berharap, rebranding dan transformasi ini akan mampu memperkuat posisi “XL Axiata Business Solutions” sebagai salah satu merek pilihan untuk menggarap pasar korporasi dan UKM. Agar visi tersebut mampu terwujud, sejumlah penguatan layanan yang diterapkan antara lain adalah dengan peningkatan kinerja hasil yang dipercepat dengan memberikan solusi yang tepat dan berharga.

Hal ini untuk menjawab kebutuhan pelanggan di semua sektor industri untuk mampu meningkatkan kinerja bisnis di tengah persaingan yang semakin ketat.

“Perubahan brand baru menjadi XL Axiata Business Solutions bukan semata hanya pergantian nama dan logo, tetapi esensi yang mau kami tekankan sejalan dengan 4 pilar pendukung transformasi XL Axiata; fokus pada ekspansi cakupan bisnis utama, memperkuat kapabilitas sistem pendukung layanan, otomasi & digitalisasi dan mendorong terjalinnya kesepakatan besar,” ujar Feby Sallyanto, Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata menambahkan.

XL Axiata Business Solutions juga akan memberikan solusi tepat dan bermanfaat sesuai dengan kebutuhan klien dengan akses dan penggunaan yang mudah, serta mengutamakan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan solusi yang ditawarkan.

Dalam setiap layanannya, XL Axiata Business Solutions menyiapkan profesional dengan keahlian komprehensif dalam inovasi teknologi informasi dan komunikasi untuk memperkaya wawasan klien. Selain itu, XL Axiata Business Solutions menyediakan solusi yang dirancang khusus sesuai kebutuhan pelanggan melalui implementasi teknologi digital dan konektivitas.

Kemudian, XL Axiata Business Solutions berkomitmen untuk menyediakan layanan secara cepat dengan berbagai akses layanan pelanggan yang dapat dijangkau setiap saat. Terakhir, jangkauan jaringan luas yang dimiliki XL Axiata akan melengkapi layanan XL Business Solutions

Saat ini, pelanggan XL Axiata Business Solutions telah mencapai lebih dari 3.000 perusahan yang terdiri dari firma skala besar juga UKM. Perusahaan tersebut juga bergerak di lebih dari 330 sektor industri.

Membawa semangat baru pada rebranding, XL Axiata Business Solutions memberikan sejumlah penawaran menarik yang berkaitan dengan konektivitas internet korporat, layanan pendorong produktifitas perusahaan, dan juga Internet of Things beserta layanan konsultasi eksklusif yang dapat diakses pada www.xlaxiata.co.id/bisnis.

XL Axiata Business Solutions terus meningkatkan keragaman produk portofolionya menyesuaikan dan kebutuhan klien dan juga meningkatkan mutu layanan berstandar global dengan meraih beberapa sertifikat Internasional diantaranya Sertifikat MEF 3.0 CE, Sertifikasi ISO 9001:2015, dan ISO/IEC 20000-1 : 2018.

Layanan ini juga ditopang oleh infrastruktur jaringan XL Axiata dengan total lebih dari 156 ribu BTS, termasuk lebih dari  65 ribu BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas dan, saat ini, telah mencapai lebih dari 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. (Icha)

Stellar Cyber Tunjuk Alfa Siber Teknologi Jadi Distributor

Telko.id – Stellar Cyber, merupakan platform AI/ML yang memberikan perlindungan maksimal, hari ini mengumumkan bahwa Alfa Siber Teknologi (AST), perusahaan teknologi yang berbasis di Indonesia, memilih platform Stellar Cyber ​​untuk menyediakan keamanan siber yang komprehensif bagi customer-nya untuk meningkatkan produktivitas serta menurunkan biaya operasional menjadi lebih rendah.

Stellar Cyber adalah platform Open XDR pertama di dunia yang membawa SOC generasi selanjutnya ke pasar cyber security.

Stellar Cyber sendiri merupakan platform Open eXtended Detection and Response (XDR) pertama dan satu-satunya di dunia, memiliki konsep Security Operations Center (SOC) baru yang memastikan keamanan di seluruh tahapan Kill Chain (rantai eliminasi) dengan menerima masukan solusi dari keamanan siber lain yang sudah ada dan memangkas biaya operasi karena adopsi Artificial Intelligence dan Engine Machine Learning dan meningkatkan kinerja analis  dengan dasbor keamanan yang mudah digunakan.

“Luasnya penawaran Stellar Cyber, termasuk UEBA (User Entity Behavior Analytics – Analisa Perilaku User), NTA (Network Traffic Analyzer), NG-SIEM dan respon otomatis, dan kemampuannya untuk berintegrasi dengan platform Endpoint Detection and Response (EDR) menjadikannya sistem Open XDR pertama yang saya ketahui,” menurut Afriandi, Technical Director untuk Alfa Siber Teknologi.

Alfa Siber Teknologi juga mengoperasikan Security Operations Center (SOC) berbasis cloud, yang menyediakan solusi Cyber Security yang terdiri dari serangkaian produk di semua aspek infrastruktur teknologi informasi dengan rekam jejak yang terbukti.

“Dengan luasnya customer dan proposisi channel yang dimiliki oleh Alfa Siber Teknologi, kami sangat senang untuk memperkenalkan dan mereplikasi manfaat yang sudah didapatkan dari banyak customer global kami ​​yang terus berkembang.” menurut Adrian Sutikna, Managing Director untuk Alfa Siber Teknologi.

“Pendekatan Open XDR Stellar Cyber ​​memungkinkan kami untuk melengkapi solusi keamanan customer yang sudah ada dan membantu meningkatkan kinerja mereka dengan menghubungkan semua data dalam satu data lake dan menganalisis ancaman di seluruh tahapan Cyber Kill Chain.”

“Kemitraan strategis kami dengan Alfa Siber Teknologi membuka sejumlah peluang baru,” menurut Changming Liu, CEO Stellar Cyber.

“Kami menantikan kerjasama yang erat, karena Alfa Siber Teknologi membawa keuntungan dari Open XDR ke seluruh organisasi di kawasan Indonesia,” tambah Changming.

Setahun Terakhir, XL Axiata Gencar Bangun Jaringan 4G di Banten

0

Telko.id – Setahun terakhir, XL Axiata gencar bangun jaringan 4G di Provinsi Banten berupa lebih dari 630 BTS 4G, hingga ke wilayah pelosok-pelosok pedesaan yang sebelumnya belum terjangkau. Tak heran, trafik di wilayah itu juga meningkat.

Inisiatif tersebut merupakan bagian dari implementasi komitmen XL Axiata memasuki usia 25 tahun dalam upaya Membangun Indonesia Digital. Untuk terus mendukung visi pemerintah dalam percepatan sekaligus pemerataan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi dan data di seluruh Indonesia.

“Trafik data di seluruh Banten meningkat hingga 76% dalam dua tahun terakhir. Karena itu, kami harus terus membangun jaringan 4G, baik untuk meningkatkan kualitas layanan, maupun untuk perluasan ke area-area yang memang baru dan memiliki potensi besar.

Seiring dengan pembangunan jaringan, kami juga terus melakukan fiberisasi jaringan untuk meningkatkan kapasitas, agar kenyamanan pelanggan juga semakin meningkat,” ungkap Rd. Sofia Purbayanti, Region Group Head XL Axiata Jabodetabek menjelaskan.

Menurut Sofia, saat ini jaringan 4G XL Axiata di seluruh Provinsi Banten sudah menjangkau hingga 154 kecamatan dan 918 kelurahan/desa di seluruh kota dan kabupaten yang ada, dengan total 4,5 juta pelanggan. Untuk menopang layanan di seluruh provinsi di ujung Barat Pulau Jawa ini, XL Axiata mengoperasikan total lebih dari 10.700 BTS, termasuk lebih dari 4.000 BTS diantaranya merupakan BTS 4G.

Di seluruh Banten, XL Axiata memiliki BTS terbanyak, termasuk jaringan 4G, di Kabupaten Tangerang, yaitu total 2.300 BTS, termasuk lebih dari 1.100 BTS 4G. Untuk wilayah Kota Tangerang, layanan ditopang oleh total sekitar 1.800 BTS, termasuk lebih dari 800 BTS 4G. Untuk Kota Tangerang Selatan beroperasi sekitar 1.700 BTS, sekitar 780 BTS di antaranya 4G.

Untuk area Kota Serang, XL Axiata memiliki lebih dari 800 BTS, dengan jumlah BTS 4G mencapai lebih dari 300 BTS. Sedangkan di Kabupaten Serang terdapat lebih dari 1.400 BTS, hampir 500 BTS merupakan BTS 4G. Kemudian di Kota Cilegon beroperasi lebih dari 600 BTS, 200 BTS di antaranya 4G. Kabupaten Lebak dilayani sekitar 850 BTS, dengan 250 di antaranya BTS 4G. Kabupaten Pandeglang mendapatkan layanan XL Axiata yang didukung sekitar 1.000 BTS, termasuk jaringan 4G berupa 300 BTS 4G.

Selain fokus melakukan pembangunan jaringan 4G, XL Axiata juga memperkuat layanan data dengan memperluas pembangunan jaringan fiber optic atau fiberisasi yang jalurnya masuk hingga ke BTS-BTS di pelosok Banten. XL Axiata berharap dengan terhubungnya setiap BTS dengan kabel fiber optik dapat lebih meningkatkan kualitas jaringan dan tentunya secara otomatis akan memberikan kenyamanan lebih kepada pengguna layanan data.

Fiberisasi di wilayah Banten telah berhasil dilakukan pada 650 BTS, atau sekitar 31% dari total BTS yang ada di provinsi itu. Jumlah BTS yang akan terkoneksi dengan jaringan fiber optik di seluruh Provinsi Banten akan terus bertambah mengingat kebutuhan untuk meningkatkan kualitas layanan data seiring dengan peningkatan trafik data yang signifikan.

Sementara itu, terkait dengan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung serta lokasi pariwisata pantai Anyer, Teluk Carita, dan Pantai Sawarna, XL Axiata siap mendukung pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan jaringan 4G. Saat ini di lokasi pariwisata pantai di Banten telah dibangun sebanyak lebih dari 130 BTS 4G, serta memperluas jaringan fiber optik. (Icha)