spot_img
Latest Phone

Garmin quatix 8, Smartwatch Maritim dengan Fitur Canggih

Telko.id - Garmin Indonesia resmi meluncurkan quatix 8, smartwatch...

Moto g86 Power 5G: Spek Lengkap dengan Harga Terjangkau

Telko.id - Smartphone terbaru dari Motorola akan segera diluncurkan....

Apple Kembangkan Chatbot AI Sendiri, Saingan ChatGPT

Telko.id – Perusahaan teknologi besar Apple, mulai bergerak mengembangkan...

Pendapatan Apple Naik 10%, Penjualan iPhone Tembus 3 Miliar Unit

Telko.id - Apple mengumumkan hasil keuangan kuartal III 2025...

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...
Beranda blog Halaman 621

Seperti ini Perilaku Masyarakat Indonesia Gunakan Fintech

0

Telko.id – Perilaku masyarakat Indonesia dalam melakukan pembayaran kini telah banyak berubah dan mulai banyak yang menggunakan pembayaran digital. Seperti apa perilaku masyarakat Indonesia?

Kadence International Indonesia meluncurkan hasil penelitian terbarunya, Penggunaan dan Perilaku Pengguna Pembayaran Digital dan Layanan Keuangan di Indonesia. Riset yang dilakukan pada Juli 2021 ini melibatkan 1.000 responden melalui survei online di beberapa kota besar di Indonesia yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, dan Palembang.

Di dalam riset ini, Kadence meneliti pola perilaku masyarakat Indonesia yang menggunakan secara aktif 14 platform pembayaran digital yang saat ini didominasi oleh pengguna OVO, GoPay, ShopeePay, dan DANA.

Hasil survei mengungkapkan 44% responden menggunakan pembayaran digital setidaknya 4 kali dalam seminggu untuk melakukan 5 jenis transaksi online (pembelian pulsa, pemesanan makanan, belanja online, pembayaran tagihan dan transportasi) dan setidaknya melakukan transaksi offline di 1-2 merchant dalam 3 bulan terakhir.

Temuan ini merupakan cerminan perubahan perilaku masyarakat Indonesia termasuk dalam bertransaksi, khususnya karena dipicu terjadinya pandemi COVID-19. Masyarakat secara tidak langsung dipaksa untuk mengadopsi transaksi digital dalam memenuhi kebutuhan hariannya dan mengharuskan mereka mengenal secara lebih dekat berbagai penyelenggara jasa sistem pembayaran yang hadir dalam berbagai pembayaran digital.

Hal ini pun turut mendorong tingkat penggunaan pembayaran digital di Indonesia. Berdasarkan data Bank Indonesia, transaksi pembayaran digital meningkat dari Rp145 triliun di 2019 menjadi Rp205 triliun di 2020.

Saat ini, pembayaran digital turut berperan dalam pertumbuhan perekonomian digital di Indonesiaselain tentunya karena konsumen khususnya di kota besar sekarang semakin paham digital. Tidak hanya menghadirkan kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi, adanya fitur layanan keuangan digital lain seperti investasi dan asuransi pun menarik minat masyarakat untuk semakin mengenal instrumen layanan keuangan digital dalam skala yang lebih luas.

“Hal ini tentu saja dapat memberikan efek positif terhadap peningkatan literasi dan inklusi keuangan nasional yang berdampak pada percepatan pemulihan ekonomi nasional,” ungkap Sebastian, Quantitative Director Kadence menjelaskan.

Berdasarkan kesadaran merek, responden menilai bahwa OVO merupakan platform pembayaran digital yang paling mereka kenal dengan perolehan persentase sebesar 96%, disusul oleh GoPay dengan raihan 95%.

Selanjutnya, DANA juga memiliki tingkat kesadaran merek yang cukup tinggi yaitu sebesar 93%, di mana angka ini lebih besar jika dibandingkan dengan ShopeePay (81%).

Walaupun ShopeePay memiliki kesadaran merek yang lebih rendah, namun ShopeePay mampu mendapatkan pengguna aktif sebanyak 57%, lebih besar dari pengguna aktif DANA yaitu 46%. Hal ini tentu memperlihatkan bagaimana ShopeePay memiliki posisi yang kuat di mata masyarakat. 

Apabila dianalisis lebih lanjut dari jumlah pengguna aktif, OVO juga mendominasi dengan perolehan skor sebesar 71%, disusul GoPay sebesar 64%. Khususnya dalam hal transaksi pemesanan makanan online, OVO bersaing ketat dengan GoPay, namun tepat memimpin transaksi pemesanan makanan online dengan skor 81%, sedangkan GoPay memperoleh persentase sebesar 75%.

Pola yang sama terlihat dalam hal transaksi offline dimana OVO juga merupakan platform pembayaran digital yang paling banyak digunakan, salah satunya untuk transaksi di warung, OVO unggul dengan skor 38% sementara DANA menempati posisi kedua dengan skor 36%.  

Dengan kondisi pengguna aktif terbesar, 31% responden juga menjadikan OVO sebagai merek yang paling sering mereka gunakan, disusul oleh GoPay (25%), dan ShopeePay (20%) dibanding platform pembayaran digital lainnya.

Selain karena ekosistemnya yang luas, OVO juga dipilih karena alasan kemudahan penggunaan aplikasi, jaminan keamanan dan kerahasiaan, serta banyak direkomendasikan oleh banyak orang. OVO juga mendapat poin tertinggi dari pengulangan penggunaan oleh pengguna yang mencerminkan banyaknya manfaat yang mereka dapatkan ketika bertransaksi menggunakan OVO.

Berbeda dengan OVO, platform pembayaran digital ShopeePay dipilih oleh responden dengan alasan gencarnya promosi menarik yang dilakukan serta biaya top up yang rendah, dan cenderung digunakan bertransaksi kebutuhan harian seperti peralatan rumah tangga, produk perawatan diri dan kesehatan serta pembelian barang elektronik.

Hal ini berkaitan dengan ekosistem ShopeePay yang terhubung dengan Shopee sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia. 

Dari segi pengguna, dibandingkan dengan pembayaran digital lain, OVO menjadi pilihan bagi pengguna di usia produktif (25-45 tahun) seluruh gender dengan komposisi yang hampir imbang yaitu laki-laki sebesar 51% dan perempuan 49%.

Berimbangnya komposisi pengguna juga dialami oleh DANA dengan perbandingan 55% laki-laki dan 45% perempuan. Sedangkan GoPay dan ShopeePay lebih disukai oleh responden yang berada di kalangan usia muda (18-24 tahun). Pengguna GoPay didominasi oleh laki-laki, sedangkan pengguna ShopeePay didominasi oleh perempuan.

Penggunaan platform pembayaran digital pun semakin meluas. Berbagai instrumen layanan keuangan digital pun turut dihadirkan para pemain pembayaran digital ini dalam ekosistemnya seperti pembayaran asuransi dan investasi. Tren investasi serta kebutuhan masyarakat tentang proteksi Kesehatan memang semakin meningkat di kala pandemi.

Berdasarkan Data statistik publik yang dikeluarkan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada bulan Januari 2021 terjadi peningkatan jumlah investor pasar modal yang signifikan, demikian pula dengan premi asuransi kesehatan tumbuh positif pada kuartal I menurut data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

Terkait adanya instrumen layanan keuangan digital lain pada platform pembayaran digital, OVO mencatat poin tertinggi dalam kesadaran responden terhadap fitur asuransi dan investasi. Sebesar 63% responden mengenal fitur investasi di OVO dan 44%nya pernah menggunakan fitur tersebut, sedangkan GoPay dan ShopeePay memimpin dalam kesadaran responden terhadap fitur Pay Later yang dihadirkan keduanya dengan raihan 58% untuk GoPay dan 59% untuk ShopeePay.

“Kita harus dapat mengapresiasi berbagai inovasi yang dihadirkan para pemain pembayaran digital di Indonesia untuk menghadirkan kemudahan akses terhadap layanan keuangan digital. Kami harap para pemain pembayaran digital dapat memaksimalkan perannya dalam memajukan dan memperkuat ekosistem ekonomi digital yang saat ini sedang gencar dilakukan oleh semua pihak,” ujar Sebastian.

Kadence International optimis semakin banyak masyarakat yang tersentuh kemudahan layanan keuangan digital semakin maju pula perekonomian Indonesia kedepannya. (Icha)

Ini Dia, 3 Pemenang Telkomsel DigiHackAction Yang Menginspirasi

0

Telko.id – Telkomsel DigiHackAction baru saja selesai ditandai dengan berlangsungnya Demo Day, di mana sepuluh finalis mempresentasikan langsung ide-ide terbaik mereka di depan para dewan juri secara virtual, Senin (30/8).

Demo Day ini sekaligus menjadi penutup seluruh rangkaian kegiatan program Adtech dan Martech Hackathon pertama di Indonesia ini dengan diumumkannya tiga pemenang utama.

“Semoga DigiHackAction dapat lebih banyak menciptakan beragam inovasi dalam solusi dan ide bisnis yang lebih customer-centric untuk memenuhi berbagai kebutuhan digital marketing di Indonesia sehingga mampu #BukaSemuaPeluang yang akan berkontribusi pada kemajuan industri digital advertising di Indonesia,” ungkap Ronny W. Sugiadha, SVP Digital Advertising & Banking Telkomsel dalam virtual media update (30/08).

Tingginya antusias talenta digital Tanah Air untuk mengasah kemampuan sudah terlihat sejak dibukanya pendaftaran DigiHackAction yang berlangsung selama Juni hingga Juli 2021. DigiHackAction yang mengusung tema “The 1st Adtech and Martech Hackathon in Indonesia” pada tahun ini menerima sebanyak 300 ide.

Ratusan ide tersebut datang dari para peserta dengan berbagai latar belakang yang di antaranya 68% tim independen, 24% startup, 27% pengembang, dan 11% perusahaan digital.

Berdasarkan jumlah ide yang masuk, 46% di antaranya memilih tema Advertising and Marketing Direct Solution, 28% memilih Digital Advertising Product, dan 26% memilih Advertising and Marketing Support Solution.

Ratusan ide tersebut kemudian dikurasi hingga tersaring 137 ide (Top 100) yang diumumkan pada 14 Agustus 2021. Para juri kemudian mulai mengambil alih peran dalam mengkurasi ide-ide tersebut untuk dipilih menjadi 10 ide terbaik (Top 10) untuk dipresentasikan pada Demo Day yang diumumkan pada 26 Agustus 2021 lalu.

Demo Day pada program Telkomsel DigiAds bersama Telkomsel Innovation Center (TINC) dan DS DailySocial (DS) ini merupakan acara pamungkas yang dinanti, baik oleh para finalis maupun dewan juri.

Pada kesempatan ini, setiap finalis akan mempresentasikan berbagai ide inovatif dan revolusioner yang telah diformulasikan kepada dewan juri dalam waktu dibatasi untuk dapat memberikan tantangan tersendiri bagi para finalis menunjukkan profesionalitasnya dalam menjabarkan berbagai ide secara singkat dan impresif kepada dewan juri.

Seluruh ide yang masuk dan lolos sampai ke Demo Day telah melewati berbagai tahapan penilaian, yang dinilai oleh dewan juri Amir Karimuddin (Head of Editorial & Research of DailySocial), Olga Elisa (Founder of ALEGA), dan Rama Mamuaya (Founder & CEO of DailySocial).

Begitu juga dalam penentuan tiga pemenang, dewan juri yang memberikan penilaian berasal dari pihak Telkomsel yang terdiri dari Ronny W Sugiadha (SVP Digital Advertising & Banking Telkomsel), Andi Kristianto (Pj. SVP Corporate Strategy and Strategic Investment Telkomsel), Jockie Haresoen (VP Business Development Telkomsel), Iwan Pujo Satoto (GM Data Solutions Service Management and Delivery Telkomsel), Indra Mardiatna (VP Technology Strategy Telkomsel), dan Mahmud Saladin (VP Strategy and Explorative Partnership Telkomsel).

Selain itu, terdapat dewan juri dari pihak eksternal yang merupakan para ahli dan praktisi industri digital yang turut memberikan penilaian pada Demo Day, di antaranya Winston Utomo (Founder dan CEO of IDN Media), Samira Shihab (CEO Stellar Women & Co-Founder of Tinkerlust), dan Bayu Asmara (Managing Director of DKK Consulting).

Dewan juri menentukan ide-ide yang layak lolos sampai di tahap Top 10 berdasarkan kriteria umum dan khusus. Kriteria umum yang dimaksud terdiri dari impresi, kesulitan teknologi, dan orientasi pasar.

Sementara kriteria khusus meliputi kemampuan kerja tim dan kualitas presentasi, penyelesaian masalah, kelayakan produk dan fitur atau kemudahan penggunaan, adopsi teknologi dan pengembangan sinergis, serta potensi bisnis.

Sementara itu, untuk di Demo Day para pemenang dipilih berdasarkan aspek kelayakan rancangan dalam pemanfaatan aset Telkomsel Digiads dan seberapa baik proporsi nilai untuk pengembangan bisnis ke depan.

Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan melalui penilaian yang objektif, dewan juri pun memilih Cek Toko Sebelah App (juara 1) dengan ide Real Time Product Comparison, TIM Deadliner (juara 2) dengan ideComment Robot Marketing, dan StoriAI (juara 3) dengan ide AI Assistant for Persuasive Writing sebagai pemenang utama DigiHackAction yang berhak mendapatkan hadiah dan membuka peluang kolaborasi dengan Telkomsel DigiAds dalam tahapan proses inkubasi dan akselerasi selanjutnya.

Solusi Real Time Product Comparison milik Cek Toko Sebelah App memungkinkan pengguna untuk dapat membandingkan harga produk dari setiap platform e-commerce (Shopee, Bukalapak, Lazada, Tokopedia). Sementara itu, melalui alat marketing bernama Comment Robot Marketing, Tim Deadliner ingin memudahkan para UMKM dapat memaksimalkan merk dan memasarkan produk mereka melalui komentar di media sosial menggunakan teknologi Natural Language Processing Artificial Intelligence.

Tak ketinggalan, StoriAI sendiri menawarkan solusi yang diberi nama AI Assistant for Persuasive Writing agar pengguna dapat menciptakan iklan yang menarik, konten tulisan, caption media sosial dan deskripsi di e-commerce tanpa memerlukan keahliah copywriting.

Dengan ini DigiHackAction ini juga diharapkan akan menjadi pintu bagi unit bisnis Telkomsel DigiAds dalam menginspirasi hadirnya lebih banyak talenta berdedikasi yang memiliki solusi terbaik berbasis customer and market centric untuk dapat dikembangkan menjadi aset dan engine baru, sekaligus menjadi salah satu upaya Telkomsel dalam memperkuat digital trifecta yang meliputi Digital Connectivity, Digital Service, dan Digital Platform. (Icha)

Oppo Reno6 Series 5G Pas Performa nya Buat Generasi Milenial dan Z

0

Telko.id – Oppo Reno6 Series 5G memiliki berbagai dukungan hingga performa nya pas buat para generasi Milenial dan Z. Baik Kebutuhan smartphone untuk semua kebutuhan mulai dari identitas, keuangan, media sosial, transportasi, olahraga, meeting online, gaming dan sebagainya.

Kebutuhan-kebutuhan ini hadir dalam aplikasi yang berkapasitas cukup besar sehingga dapat menyebabkan kinerja smartphone melamban. Nah, dengan Oppo Reno6 Series 5G, baik Oppo Reno6 5G maupun Oppo Reno6 Pro 5G, performanya dapat diandalkan oleh pengguna di berbagai kondisi.

“Dengan inovasi berbasis human-centric, Oppo selalu mengutamakan pengalaman pengguna dengan teknologi mutakhir. Kami percaya bahwa untuk menghadirkan produk teknologi inovatif dengan tingkat kenyamanan yang tepat bagi pengguna, harus fokus pada kebutuhan konsumen. Untuk itu, performa Oppo Reno6 Series 5G dikembangkan untuk memberikan pengalaman optimal mulai dari pilihan prosesor, kapasitas yang dapat ditingkatkan, dan pengisian daya,” ungkap Patrick Owen, Chief Creative Officer Oppo Indonesia menjelaskan.

Dan inilah sejumlah fitur Oppo Reno6 Series 5G yang menghadirkan performa mumpuni dan memenuhi kebutuhan generasi Milenial dan Z. Yuk kita bahas satu per satu.

Prosesor

Oppo Reno6 Series 5G dibekali dengan dua pilihan chipset yang akan menjamin smartphone tetap optimal di berbagai situasi. Oppo Reno6 5G adalah smartphone pertama  yang menampilkan SoC terintegrasi 5G terbaru MediaTek, Dimensity 900, yang dibangun di atas prosesor 6nm.

Sedangkan Oppo Reno6 Pro 5G ditenagai oleh chipset Qualcomm® Snapdragon™ 870 5G dengan CPU Kryo 585 mutakhir, yang dapat beroperasi hingga 3,2 GHz, menjadikannya kecepatan tertinggi yang dicapai hingga saat ini di dunia seluler.

Kedua prosesor canggih yang disematkan akan menambah kenyamanan pengguna, terlebih saat terkoneksi pada jaringan 5G, yang dapat meminimalisasi delay saat presentasi melalui platform meeting online atau menghindari lag ketika bermain game online.

Kapasitas

Tak hanya dilengkapi dengan kapasitas besar, Oppo Reno6 Series 5G juga dibekali dengan RAM Expansion Technology yang dikembangkan langsung oleh OPPO untuk meningkatkan ruang memori penyimpanan.

Oppo Reno6 5G berkapasitas RAM 8GB dan ROM 128GB serta RAM Expansion Technology yang dapat menambah memori penyimpanan ROM 2GB/3GB/5GB jika ruang RAM habis.

Sedangkan Oppo Reno6 Pro 5G berkapasitas RAM 12GB, ROM 256GB dan RAM Expansion Tehcnology yang memungkinkan tambahan memori 3GB/5GB/7GB saat dibutuhkan. Penambahan memori ini memungkinkan Oppo Reno6 Series 5G tetap berjalan lancar meskipun menjalankan beberapa aplikasi bersamaan di satu waktu.

Untuk pembuangan panas yang lebih baik, selain Multi-cooling System yang tersedia, sistem Oppo Reno6 Series 5G telah ditingkatkan dengan Ultra-large Vapor Chamber 31,68 cm² dengan ketebalan 0,4mm. Ini memberikan solusi pendinginan terbaik dengan tetap mempertahankan desain ultra-tipis.

Pengisian daya

Dengan kebutuhan yang banyak berpusat pada smartphone, tentu pengguna mengharapkan baterai yang tahan lama dan pengisian daya baterai yang cepat. Teknologi pengisian daya super cepat Oppo Reno6 Series 5G meningkatkan efisiensi sekaligus memastikan keamanan selama proses pengisian daya.

Semua teknologi Flash Charging Oppo harus melalui standar pengujian yang ketat. Setelah pengisian dan pengosongan baterai 800 kali dalam pengujian, masa pakai baterai rata-rata tetap sekitar 80% dari kinerja puncaknya, sementara pengisian dan pengosongan tidak menunjukkan tanda-tanda bahaya keselamatan.

Dengan baterai 4.300 mAh dan 65W SuperVOOC 2.0, Reno6 5G dapat terisi 100% dalam 28 menit. Sedangkan Oppo Reno6 Pro 5G dilengkapi baterai 4500mAh dan 65W SuperVOOC 2.0 yang dapat mencapai pengisian 100% hanya dalam 31 menit. Keduanya memungkinkan penggunaan sepanjang hari bahkan dengan baterai yang sangat rendah.

Oppo Reno6 5G dibanderol dengan harga Rp 7.999.000,00 dan Oppo Reno6 Pro 5G dengan harga Rp 10.999.000,00. Keduanya tersedia di Oppo Gallery, Oppo Store, gerai partner smartphone yang menjual OPPO, dan e-commerce terkemuka termasuk Akulaku, Blibli, JD.ID, Lazada, Shopee dan Tokopedia. Dapatkan berbagai penawaran menarik dalam periode First Sale 28 Agustus – 3 September 2021.

“Dengan kombinasi ini, kami memastikan performa dari OPPO Reno6 Series 5G ini akan  mendampingi pengguna baik untuk kebutuhan personal sehari-hari maupun profesional sekaligus memanjakan mereka yang hobi gaming. Pada akhirnya, OPPO Reno6 Series 5G memberikan performa cepat dengan konsumsi daya yang seimbang di era 5G saat ini,” tutup Patrick Owen.  (Icha)

Smartfren Salurkan Donasi untuk Rumah Baca dan UMKM Disabilitas

0

Telko.id – Smartfren salurkan donasi untuk Rumah Baca Sang Petualang dan UMKM Disabilitas yakni Precious One melalui BenihBaik. Total, donasi yang akan disalurkan sejumlah Rp 78,327,412. 

Smartfren salurkan Donasi yang merupakan hasil dari penjualan merchandise WOWLabs. WOWLabs adalah wadah kokreasi yang diluncurkan Smartfren tahun lalu.  Wadah ini merupakan wadah kokreasi sebagai teman buka peluang untuk mengumpulkan kreator lokal dan para generasi muda yang  kreatif.

Ini adalah cara Smartfren untuk memberikan dukungannya supaya generasi muda di Indonesia agar dapat selalu berkreasi tanpa batas, mewujudkan ide – ide dan karya mereka.

Melalui WOWLabs ini, Smartfren dan brand serta kreator lokal tersebut akan bersama-sama kokreasi produk limited edition. Saat ini, produk yang sudah tersedia adalah sepatu limited edition buatan Pijak Bumi dan kaus kaki buatan Stayhoops yang keduanya dibuat dengan desain karya Addy Debil.

Saat ini melalui WOWLabs, Smartfren telah menggandeng brand dan kreator lokal Indonesia yaitu Addy Debil, Show The Monster, Hana Madness, Pijak Bumi, Stayhoops, Ahha Official Store dan Artine Kain untuk bersama – sama membuka berbagai peluang berkreasi dan berkontribusi untuk Indonesia yang lebih baik. 

“Terima kasih kepada BenihBaik  yang sudah menjadi mitra strategis dalam membantu Smartfren salurkan donasi kepada Rumah Baca Sang Petualang dan Precious One. Ini adalah salah satu wujud kepedulian Smartfren dalam masa pandemi. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi kelancaran pendidikan non formal di rumah baca, juga mendukung UMKM disabilitas untuk terus berkarya.” Ujar Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren.

Untuk pendidikan, Smartfren dan BenihBaik akan menyalurkan donasi ke Rumah Baca Sang Petualang yang merupakan lembaga sosial non-profit. Hasil yang terkumpul untuk Program Rumah Baca Sang Petualang akan digunakan untuk membeli kebutuhan belajar dan sarana prasarana.

Sedangkan untuk membantu UMKM disabilitas, Smartfren dan BenihBaik menyalurkan donasinya melalui Precious One. Precious One adalah organisasi yang berfokus pada penguatan disabilitas.

Antara lain dengan mendukung penciptaaan serta pengembangan UMKM penyandang disabilitas, juga dukungan dalam berkarya dan bekerja. Melalui program – programnya, Precious One berharap bahwa akan lebih banyak lagi masyarakat yang dapat melihat dan percaya bahwa disabilitas mampu menghasilkan karya – karya berkualitas dan turut membangun Indonesia. (Icha)

Oppo Reno6 Series 5G, Besok Resmi Dijual Perdana di Indonesia

0

Telko.id – Oppo Reno6 Series 5G yang terdiri dari Oppo Reno6 5G dan Oppo Reno6 Pro 5G mampu memberikan Portrait Video yang terbaik melalui konektivitas 5G yang cepat. Setelah diluncurkan beberapa waktu lalu, kini Oppo Reno6 Series 5G, pioner portrait video dalam jaringan 5G, resmi dijual perdana di Indonesia mulai tanggal 28 Agustus 2021.

Perangkat Oppo Reno6 Series 5G dapat diperoleh di Oppo Gallery, Oppo Store, gerai partner smartphone yang menjual Oppo, dan e-commerce terkemuka termasuk Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli, JD.id, Akulaku.

“Kami menyambut baik kesiapan Indonesia dalam menyediakan jaringan 5G. Dengan semakin terbukanya jaringan komunikasi 5G dan ketersediaan produk Oppo yang dapat menggunakan jaringan 5G, kami yakin generasi Z di Indonesia akan semakin mudah mengembangkan potensi,” ungkap Patrick Owen, Chief Creative Officer OPPO Indonesia.

Dari sisi produk, OPPO dengan salah satu fitur unggulan Portrait Video senantiasa ingin memberikan pengalaman video terbaik kepada para pengguna sehingga Oppo pun fokus pada 4 tahapan proses video end-to-end mulai dari pengambilan gambar (shooting) dan pengeditan (editing), hingga penayangan (viewing) dan berbagi (sharing).

Kini dengan Reno6 Series 5G yang dapat langsung digunakan di jaringan 5G yang telah tersedia di Indonesia, pengalaman membuat video menjadi semakin cepat dan nyaris tanpa jeda/delay.”

Reno6 Series 5G adalah smartphone pertama yang memiliki cinematic bokeh effect untuk video. Bokeh Flare Portrait Video mendukung visual yang lebih dramatis dengan penyesuaian ukuran dan tingkat keterangan sesuai dengan pergerakan kamera dan subyek photo serta dapat langsung memberikan preview.

Efek sinematik ini biasanya hanya dihasilkan dari peralatan film profesional. OPPO Reno6 5G dilengkapi dengan AI Highlight Video’s Live HDR dimana algoritma akan mengatur pencahayaan dan menambahkan warna sesuai warna aslinya. OPPO Reno6 PRO 5G dilengkapi dengan DOL-HDR yang meningkatkan kualitas video dengan lebih jernih, warna lebih sesuai aslinya dan jangkauan dinamis video menjadi 4 kali.

Patrick Owen menambahkan, “Untuk menciptakan cahaya bokeh indah yang terlihat di Bokeh Flare Portrait Video, OPPO Reno6 Series 5G harus melakukan serangkaian pemrosesan data yang rumit dan berat. OPPO telah mengumpulkan puluhan ribu gambar yang diambil menggunakan lensa SLR dengan panjang fokus yang berbeda, menganalisis gambar-gambar ini baik secara manual maupun menggunakan AI untuk meningkatan kemampuan algoritma yang dibutuhkan dalam  Bokeh Flare Portrait Video”.

Ukuran, kecerahan, dan lingkaran cahaya dari setiap cahaya bokeh dihasilkan melalui pengoptimalan tingkat piksel setelah pengenalan latar belakang cahaya dari objek foto. Ini yang membuat efek keseluruhan menjadi lebih alami dan fleksibel dibandingkan dengan filter gambar bokeh yang biasa diambil di efek bokeh statis sederhana.

Lebih lanjut, Patrick mengatakan, “Melihat berbagai keunggulan tersebut, market Indonesia menunjukkan antusias yang tinggi terhadap pre order Reno6 Series 5G sejak diluncurkan beberapa waktu lalu. Oleh karenanya di periode First Sale ini kami memiliki banyak penawaran menarik yang bisa membantu pengguna Reno6 Series 5G memiliki pengalaman yang lebih maksimal ketika menggunakan Reno6 Series 5G kesayangannya.”

Dalam periode First Sale ini, OPPO memberikan benefit dengan ketentuan sebagai berikut:

Setiap pembelian OPPO Reno6 5G akan mendapatkan Portrait Lighting Protective Case dengan harga khusus, Rp 399.000 (bundling price), dari harga normal Rp 499.000,- Benefit ini hanya untuk pembelian melalui e-commerce (Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli, JD.id, Akulaku dan OPPO Store.

Selain itu juga ada program Bunga 0% & bebas biaya administrasi + bunga rendah untuk Home Credit. Kemudian, program Bunga 0% & bunga Rendah untuk Kredit Plus (syarat & ketentuan berlaku).

Ditambah lagi, bebas biaya administrasi, DP 0% bagi member AEON, tenor cicilan hingga 24 bulan, cash back hingga Rp 200.000,- dan Bebas biaya administrasi, diskon DP hingga Rp 200.000,- & gratis 1 bulan cicilan jika menggunakan Payku.

Oppo juga mengadakanprogram Lifestyle Upgrade Trade In dengan mendapatkanpotongan harga hingga Rp. 525.000 untuk Reno6 5G dan hingga Rp. 675.000 untuk Reno6 Pro 5G (syarat dan ketentuan berlaku), dengan menggunakan Laku6 atau Trade in Plus.

Tidak ketinggalan, Oppo juga memberikan point reward bagi pengguna aplikasi MyOPPO yakni  MyOPPO Double Bind Phone Rewards. Yang diperoleh adalah 3500 points x2 bagi pengguna Reno6 5G user + gratis layanan JOOX VIP untuk 1 bulan atau 5500 points x2 bagi pengguna Reno6 Pro 5G user + gratis layanan JOOX VIP untuk 1 bulan.

OPPO Reno6 5G dibanderol dengan harga Rp 7.999.000,00 dan OPPO Reno6 Pro 5G dengan harga Rp 10.999.000,00. Keduanya tersedia di OPPO Gallery, OPPO Store, gerai partner smartphone yang menjual OPPO, dan e-commerce terkemuka termasuk Akulaku, Blibli, JD.ID, Lazada, Shopee dan Tokopedia.

“Memiliki OPPO Reno6 Series 5G dan mencoba fitur Portrait Video dengan efek dramatis cinematic bokeh flare effect membuat Anda menjadi profesional film maker tanpa harus memiliki banyak peralatan yang kompleks. Coba dan unggah di laman social mediamu.  Rasakan kemudahan pembuatan videonya, editing, menonton dan membaginya dengan cepat di jaringan 5G dan kualitas video terbaik dengan Portrait Video,” tutup Patrick Owen. (Icha)

XL Axiata Dukung Terus Pemberdayaan Perempuan

0

Telko.id – Konferensi Tingkat Menteri G20 tentang Pemberdayaan Perempuan berlangsung pada 26 Agustus 2021 di Santa Margherita Ligure, Italia. Ketua Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), Hadriani Uli Silalahi dan Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini turut hadir secara langsung dalam konferensi tersebut mewakili Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Selain itu turut hadir Direktur & Chief Strategic Transformation & Information Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya dan Ketua Komite Tetap Bidang Pendidikan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Rinawati Prihatiningsih selaku chair dan co-chair dari G20 Empower. 

Konferensi Tingkat Menteri G20 tentang Pemberdayaan Perempuan ini adalah kali pertama diadakan semenjak G20 dibentuk. Tujuan dari Konferensi ini adalah menciptakan momen untuk mem-fokus-kan perhatian secara transversal pada isu pemberdayaan perempuan, menyatukan pemerintah dan aktor non-pemerintah.

Kehadiran 4 orang perwakilan Indonesia dalam konferensi di Italia diantaranya adalah untuk menyampaikan pendapat mengenai issue perempuan sekaligus melakukan observasi dan persiapan Indonesia dalam rangka Presidensi G20 di tahun 2022 mendatang. 

Seperti diketahui, Indonesia akan menjadi Presidensi G20 dan tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.  Indonesia sebagai Presidensi G20 akan mengangkat tema Recover Together, Recover Stronger.

“Salah satu isu yang dibahas dalam Ministerial Conference on Women’s Empowerment tahun 2021 adalah peran perempuan dalam kewirausahaan UMKM di masa digitalisasi. Indonesia harus mengambil kesempatan ini untuk menaikkan kapasitas perempuan agar turut berkontribusi dalam memulihkan perekonomian melalui usaha keluarga. Dengan lebih dari 133 juta perempuan di Indonesia, menjadi modal SDM yg besar untuk menggerakkan sektor produktif,” ungkap Raden Edi Prio Pambudi, Staf Ahli Bidang Konektivitas, Pengembangan Jasa, dan SDA, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian/Co-Sherpa G20 Indonesia dalam acara Virtual Press Conference “Road to G20 Indonesia Presidency 2022 – Laporan dari G20 Ministerial of Women Conference 2021, Italy.

Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian PPPA, Lenny N. Rosalin mengatakan,”Indonesia akan terus memperkuat komitmen untuk memastikan pelaksanaan pengarusutamaan gender, perlindungan hak perempuan, pemberdayaan perempuan baik itu di tingkat Nasional maupun global”.  

Ia juga menyebutkan bahwa akan terus mengawal isu-isu ini, bagaimana mengurangi kesenjangan gender di berbagai bidang pembangunan.  Bahkan ia juga siap untuk menyusun kebijakan dan program-program yang tentunya untuk menutup kesenjangan gender secara menyeluruh.  

Hal ini tentunya sejalan dan menjadi bagian dari prioritas Presiden yang tertuang dalam yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional 2020 – 2024 yang secara eksplisit dituangkan dalam Peraturan Presiden.  

Partisipasi aktif dan komitmen Indonesia telah diakui oleh berbagai negara di dunia oleh karena itu, ini merupakan momentum yang tepat untuk menciptakan peluang, membuka dialog dan berdiplomasi untuk bersama-sama berkolaborasi dengan berbagai negara dalam mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, perlindungan hak perempuan dan sebagainya.

Komitmen dan semangat ini akan di wujudkan nantinya melalui presidency Indonesia pada Ministerial Conference on Women’s Empowerment 2022.  Tentu dengan harapan agar seluruh elemen pemerintah, swasta, lembaga masyarakat, dunia usaha , media dan akademisi untuk dapat memanfaatkan momentum ini agar memberikan perhatian terhadap implementasi upaya-upaya pemberdayaan perempuan, mewujudkan kesetaraan gender dan memenuhi hak-hak perempuan terutama di Indonesia.

Ketua KOWANI, Hadriani Uli Silalahi mengatakan, “Presidensi G20 perlu perencanaan yang matang di tingkat Ministerial, Working Group, dan Engagement Groups baik dari segi substansi dan teknis. Kami sebagai bagian dari Engagement Group W20, memiliki tanggung jawab untuk memastikan kelancaran presidensi Indonesia di Tahun 2022. Untuk itu, kami didukung oleh Kantor Sherpa G20 Indonesia, mewakili pemerintah Indonesia menghadiri G20 Ministerial of Women Conference untuk melakukan observasi sebagai usaha persiapan.”

Uli Silalahi menambahkan, “kegiatan kami selama di Italy, berpusat pada pemetaan proses diplomasi yang terjadi di dalam pertemuan Internasional sehingga kedepannya kami dapat mengaplikasikan apa yang dipelajari dalam masa presidensi Indonesia”.

Ia juga turut menyaksikan bahwa seluruh delegasi memiliki komitmen kuat untuk membawa pemberdayaan gender ke tingkat yang terdepan, tanpa memandang latar belakang yang dimiliki. KOWANI yang merupakan federasi 97 organisasi perempuan di Indonesia yang terbesar dan tertua, dengan sejarah yang panjang dalam usaha pencapaian pemberdayaan perempuan sejak tahun 1928 merasa sangat bangga dapat ikut bergabung.

Seperti tema yang diusung untuk Presidensi G20 Indonesia Recover Together, Recover Stronger, persatuan memang sangat penting dalam usaha pencapaian tujuan bersama.

”Setelah mengikuti Konferensi Tingkat Menteri G20 tentang pemberdayaan perempuan di Italia, saya akan terus berkomitmen untuk ikut serta secara aktif mensukseskan Presidensi G20 2022 terutama dalam hal isu perempuan dan kesetaraan gender, diantaranya dimulai dengan pengembangan STEM (yaitu pembelajaran secara terintegrasi antara pengetahuan, teknologi dan matematika untuk mengembangkan kreativitas agar mampu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari), sesuai dengan agenda yang telah disepakati bersama dalam konferensi G20 di Italia,” ungkap Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata.

Direktur & Chief Strategic Transformation and Information Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya selaku Chair dari G20 Empower menambahkan, “Ke depannya kami dari sektor swasta berkolaborasi dengan Pemerintah, dan Lembaga Masyarakat akan terus berfokus untuk meningkatkan program kepemimpinan perempuan di dunia usaha dan pengembangan talenta para pekerja perempuan yang lebih tangguh dan berkelanjutan. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran perempuan dalam posisi pimpinan merupakan hal mendasar bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara dan dapat digunakan untuk menilai daya saing suatu negara.”

Ketua Komite Tetap Bidang Pendidikan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Rinawati Prihatiningsih hadir memenuhi undangan Menteri “Equal Opportunities and Family”, Italy, Elena Bonetti sebagai salah satu pembicara dalam Konferensi Tingkat Menteri ini.

Pada sesi dengan tema “STEM, Financial and Digital Literacy, Environment and Sustainability”, Rinawati menyampaikan, “kemajuan yang signifikan untuk pemberdayaan perempuan terkait pemberdayaan di bidang STEM, Literasi Keuangan dan Digital untuk perempuan dapat dicapai apabila adanya koordinasi dan kerjasama seluruh pemangku kepentingan di tingkat nasional dan global dalam pelaksanaan program, kebijakan dan implementasi.

Disamping itu, pentingnya tindak lanjut berdasarkan perspektif gender dalam pengukuran, pemantauan dan evaluasi program, kebijakan dan implementasinya, sehingga dapat mempertimbangkan kesenjangan, tantangan serta peluang untuk mengatasinya serta memastikan capaian yang dihasilkan.”

G20 EMPOWER

Aliansi G20 EMPOWER, yang menyatukan perwakilan sektor swasta dan mitra pemerintah dari negara-negara G20 memiliki tujuan bersama untuk mempercepat proses kepemimpinan dan pemberdayaan perempuan di sektor swasta, mengidentifikasikan tindakan nyata yang harus diambil pada tiga bidang fokus utamanya. Pertama, mempromosikan produktifitas melalui penguatan sumber daya manusia.

Kedua, inovasi untuk produksi dan ekonomi inklusif serta peningkatan kualitas pendidikan dan soft skill dan ketiga meningkatkan ketahanan dan memastikan pertumbuhan; inklusif, berkelanjutan dan stabilitas.

Berdasarkan data yang disampaikan G20 Empower dalam Dokumen Komunike Konferensi Tingkat Menteri G20 2021 tentang pemberdayaan perempuan, partisipasi angkatan kerja perempuan secara global hanya sebesar 38.8%. Lalu, Perempuan hanya menempati 27% dari semua posisi manajerial.

Perempuan juga hanya menduduki 26% kursi di dewan direksi perusahaan publik di seluruh negara OECD.

Selain itu, Komunike G20 Empower mempromosikan model kepemimpinan baru yang memikirkan kembali keterampilan dan kualitas yang harus dimiliki seorang pemimpin dan memastikan perusahaan dipimpin oleh tim yang beragam dan berkapasitas untuk menciptakan lingkungan kerja yang setara untuk semua, yang berpusat pada nilai-nilai inklusivitas, keadilan, dan keberlanjutan.

Model kepemimpinan ini juga berupaya meningkatkan potensi inovasi dari tenaga kerja yang beragam, memastikan perempuan layaknya lelaki, diberikan STEM dan keterampilan lunak, sumber daya produktif, dan peluang untuk memimpin perusahaan masa depan.

Dengan mengubah kebijakan dan pendidikan, pelatihan dan budaya kerja dan dengan memanfaatkan semua alat-alat yang relevan – termasuk kerangka kerja Keberlanjutan dan Tata Kelola Lingkungan (ESG) – sektor swasta dapat mempercepat perubahan positif dalam meringankan kaum perempuan dari stereotip gender dan bias yang tidak disadari, dan pada akhirnya memberikan dampak yang abadi pada kemajuan perempuan dalam kepemimpinan di semua negara G20.

G20 Empower merupakan aliansi yang diluncurkan pada Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Osaka, Jepang pada tahun 2019. G20 Empower sendiri bertujuan untuk membangun dan mendukung jejaring sektor swasta di negara-negara anggota G20 dalam mengidentifikasi tantangan dan mendukung kemajuan kepemimpinan perempuan di sektor swasta.

Keanggotan G20 Empower Indonesia saat ini diwakili oleh focal point yang terdiri dari perwakilan Kemen PPPA, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), dan XL Axiata. (Icha)

DANA 2.0, Tak Hanya Tampilan, Pengalaman Pengguna pun Tambah Kaya!

0

Telko.id – DANA 2.0 hadir dengan tampilan antarmuka (UI) versi terbaru untuk memperkaya pengalaman pengguna (UX) dalam bertransaksi digital. Harapannya,dapat  mengakselerasi teknologi yang inklusif untuk semua masyarakat dan membawa perubahan yang progresif dalam memudahkan beragam aktivitas hingga memberdayakan masyarakat ke kehidupan yang lebih baik.   

“Inklusi teknologi finansial, yang berperan penting dalam meningkatkan kontribusi ekonomi digital nasional, akan terwujud apabila kepercayaan dan literasi masyarakat Indonesia terhadap manfaat yang dihadirkannya menguat,” ujar Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA di hadapan para partisipan gelaran diskusi virtual DANA Tech Talk edisi perdana. 

Vince juga melanjutkan bahwa “Fondasi yang dibutuhkan untuk membangun kepercayaan tersebut antara lain adalah kemudahan dan kenyamanan penggunaan serta akses, keandalan teknologi, serta jaminan keamanan dan proteksi”.

DANA v.2.0 yang dikembangkan merupakan bentuk keseriusan kami dalam menjawab tantangan tersebut. Inovasi teknologi, termasuk UI dan UX, akan terus kami lakukan secara konsisten dan senantiasa menjadi fokus dalam pengembangan dompet digital DANA demi pengalaman bertransaksi yang terbaik untuk para pengguna.”

Pengembangan tampilan antarmuka (UI) membawa peran besar dalam memberikan nilai di setiap pengalaman pengguna (UX) dalam bertransaksi digital. Peranan ini diakui pula oleh beberapa studi seperti Forrester Research di tahun 2019 dalam laman websitenya yang menyatakan bahwa optimasi UI/UX sangat penting untuk sebuah aplikasi dalam mengantarkan pengguna pada tujuan mereka.

Dalam studi tersebut dikatakan pula apabila UI/UX yang optimal dapat mendorong keinginan transaksi pengguna sebesar 14,4% dan juga mampu mempertahankan retensi pengguna sampai 15,8%.

Oleh karena itu, pengembangan DANA 2.0 merupakan upaya DANA dalam menjembatani dan memahami basis pengguna di era digital yang memiliki karakteristik unik dengan kebutuhan yang makin kompleks.

Berpijak pada komitmen tersebut, DANA v.2.0 menghadirkan sejumlah pembaruan pada beberapa aspek yang menjadi pilar DANA sebagai dompet digital yang aman dan tepercaya (trusted), bersahabat dan ramah pengguna (friendly), serta mudah dan selalu siap diandalkan (accessible).

Tampilan yang menyegarkan dari DANA v.2.0 ini dapat segera pengguna temui pada tampilan depan DANA atau DANA Home yang makin ramah pengguna. Tampilan antarmuka dalam versi teranyar ini menjadi lebih bersih dengan sajian informasi kontekstual yang lebih baik untuk setiap komponen.

Misalnya, kemunculan informasi aktivitas pengguna DANA, menu ‘Hanya Untukmu’ untuk mengecek langsung kode referral, voucher, dan lainnya, hingga informasi DANA Protection agar pengguna jadi bebas cemas dalam bertransaksi digital.

DANA juga menyederhanakan langkah-langkah dalam fitur Kirim Uang. Pengguna kini dapat dengan mudah memanfaatkan kolom pencarian untuk transfer yang lebih praktis. Selain itu, pada tampilan barunya, DANA juga memajang deretan tujuan transaksi yang terakhir dilakukan.

Kedua pilihan ini menjadi jalan pintas bagi pengguna untuk mempercepat transfer pada tujuan yang sama baik sesama pengguna DANA ataupun rekening bank.

Untuk menjadikan pengguna merasa aman, nyaman dan terbantu pengelolaan transaksinya, DANA memperbarui fitur DANA Statement dengan menambahkan widget di iOS. Melalui pembaruan ini pengguna dapat dengan cepat melihat keseluruhan pengeluaran mereka di DANA tanpa harus masuk ke aplikasi DANA.

Selain itu dihadirkan pula fitur Daily Limit yang memungkinkan pengguna mengatur batas pembelanjaan harian untuk setiap kartu sehingga pengunaan makin terkontrol dan terkendali. DANA juga menambahkan lapisan keamanan ekstra untuk kartu pengguna di dalam DANA.

Pintarnya teknologi yang dimiliki DANA dapat dirasakan lewat fitur Smart Pay. Fitur ini membantu memberikan rekomendasi metode pembayaran terbaik untuk pengguna. Dengan demikian, pengguna tidak perlu khawatir apabila saldo DANA tidak mencukupi untuk bertransaksi.

Caranya pun mudah, Smart Pay dapat diaktifkan dengan mengakses halaman Me, lalu ubah pengaturan di Profile Setting, kemudian nyalakan Automatically Redirect Payment untuk mengaktifkan fungsi Smart Pay.

Peranan pengembangan UI/UX untuk mengakomodir kebutuhan sekaligus menjaga kepercayaan pengguna juga ditanggapi senada oleh Borrys Hasian yang dikenal sebagai Design Innovation Consultant & Design Sprint Expert. Menurutnya, setiap penyedia layanan keuangan harus selalu adaptif dalam menanggapi kebutuhan pengguna yang senantiasa berubah-ubah.

 “Peran teknologi makin penting dalam mewujudkan ekonomi digital yang kian inklusif dan kontributif. Salah satu caranya adalah melalui pembaruan tampilan UI/UX seperti yang diimplementasikan oleh DANA.

Fokus utama yang perlu diprioritaskan dalam setiap pembaruan ini tidak hanya semata-mata untuk melakukan diferensiasi produk, tetapi harus dipertimbangkan lebih holistik dan user-centered, yaitu membuat User Experience yang lebih baik dengan pengalaman personal yang bernilai, bermakna, dan engaging (menarik) dalam setiap perjalanan pengguna dalam bertransaksi digital, serta mampu meningkatkan literasi keuangan digital mereka dan memudahkan hampir segala aspek kehidupan pengguna,” ujarnya.

Peluncuran DANA v.2.0 di bulan Agustus yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia dan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional menjadi momentum bagi DANA untuk mengokohkan tekad dan upaya nyatanya dalam mendukung transformasi menuju masyarakat digital.

Selain mendukung visi jangka panjang terealisasinya cashless society yang makin kompeten, tekad dan upaya tersebut bagi DANA sangat penting guna mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi COVID-19 melalui pengembangan teknologi finansial.  

DANA v.2.0 resmi diperkenalkan pada ajang DANA Tech Talk bertajuk ‘Gold Recipe in Building Experiences to Tens of Million Users’, forum diskusi para penggiat teknologi untuk membahas mengenai   potensi teknologi dan inovasi dompet digital dalam memajukan ekonomi digital nasional.

Kegiatan ini akan digelar secara rutin dan diharapkan bisa menjadi sarana diskusi nan edukatif yang sekaligus menjaring ide-ide baru mengenai pemanfaatan teknologi guna mewujudkan ekonomi digital yang makin inklusif. (Icha)

Telkomsel Kembali Beri Bantuan Kuota Internet Untuk Siswa Belajar

0

Telko.id – Telkomsel kembali beri bantuan kuota internet untuk kepada pelajar dan tenaga pengajar yang merupakan program pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI).

Saat ini telah telah memasuki tahap ketiga dan akan berlangsung selama periode September-November 2021. Inisiatif tersebut menjadi bentuk konsistensi dari Telkomsel dalam mendampingi masyarakat menghadapi masa penuh tantangan sebagai dampak masih berlansungnya pandemi COVID-19, melalui kemudahan akses layanan dan jaringan broadband berteknologi terdepan dengan cakupan yang merata hingga pelosok negeri, guna memastikan kenyamanan pengalaman belajar mengajar jarak jauh secara daring.

 “Partisipasi Telkomsel di program Bantuan Kuota Internet dari Kemendikbudristek RI merupakan salah satu upaya nyata kami untuk mendukung perubahan perilaku masyarakat dalam beradaptasi dengan kebiasaan baru, melalui adopsi teknologi yang lebih inklusif dan menyentuh di lebih banyak sektor kehidupan,” ungkap Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur Sales Telkomsel.

Merujuk pada Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Paket Kuota Data Internet Tahun 2021, ​​penyaluran program Bantuan Kuota Internet periode September-November 2021 Peserta Didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mendapat 7GB/bulan selama 3 bulan.

Lalu untuk peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mendapat 10GB/bulan selama 3 bulan. Sedangkan untuk pendidik Jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah mendapat 12GB/bulan selama 3 bulan. Bagi Dosen dan Mahasiswa mendapat 15GB/bulan selama 3 bulan.

Distribusi bantuan ini akan dilakukan pada 11–15 September 2021, 11–15 Oktober 2021, dan 11–15 November 2021. Kuota data internet yang diberikan akan berlaku selama 30 hari sejak diterima.

Keseluruhan bantuan kuota internet pada tahap ini adalah kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali platform yang dibatasi Kemendikbudristek RI demi pemanfaatan kuota data yang lebih maksimal untuk keperluan belajar mengajar.

Untuk memperlancar penyaluran bantuan kuota, Telkomsel mengimbau para penerima manfaat agar memastikan nomor ponsel yang didaftarkan sejak penyaluran bantuan Paket Kuota Data Internet tahap satu di 2020 masih dalam status aktif.

Jika terdapat perubahan nomor ponsel, penerima manfaat dapat berkoordinasi dengan perwakilan sekolah atau institusi pendidikan terkait yang ditunjuk pemerintah setempat.

Bagi penerima manfaat yang belum terdaftar atau ingin memastikan proses verifikasi pendaftaran data dalam program ini juga dapat menghubungi perwakilan sekolah atau institusi pendidikan berwenang melalui aplikasi DAPODIK Kemendikbudristek RI.

Sigit lebih lanjut menambahkan, Telkomsel akan memastikan seluruh penerima manfaat di dalam basis pengguna perusahaan sesuai dengan data yang telah terverifikasi di sistem Kemendikbudristek RI.

Telkomsel senantiasa mengajak masyarakat yang telah terverifikasi secara resmi untuk memanfaatkan Bantuan Paket Kuota Internet periode September-November 2021 ini dengan optimal dan bijak sesuai kebutuhan demi kelancaran dan kenyamanan dalam menjalani kegiatan belajar jarak jauh secara daring. (Icha)

Jakarta Siap Kolaborasi Dengan Indosat Ooredoo Untuk Layanan 5G

0

Telko.id – Indosat Ooredoo 5G baru saja resmi diluncurkan di Jakarta. Pada peresmiannya itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan hadir menyaksikan. Bahkan dalam sambutannya, Ia menyebutkan sangat mendukung kehadiran layanan 5G ini di Jakarta. Harapannya dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat ibu kota ini.

“Kami sangat mengapresiasi peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Jakarta karena dengannya dapat dimanfaatkan untuk percepatan Smart City, Smart Government, dan Smart Society. Kami berharap dengan peluncuran layanan 5G ini, membawa manfaat sebesar-besarnya untuk warga Jakarta, dan kami siap berkolaborasi lebih lanjut serta membuat seluruh kota siap memanfaatkannya,” ungkap Anies dalam sambutannya dalam peluncuran Indosat Ooredoo 5G di Jakarta, Kamis (26/08).

Apalagi saat kondisi pandemi seperti ini. Perlu dihadapi secara kolaboratif, artinya kerja bersama. “Salah satu hikmah dari pandemi yaitu kita semakin mengoptimalkan bagaimana teknologi bisa membantu menjalankan banyak hal dengan lebih baik dan lebih efisien. Dampak positif lainnya adalah tumbuh besarnya kultur digital, khususnya di Jakarta,” ungkap Anies menambahkan.

Keinginan Anies itu juga sejalan dengan Indosat Ooredoo yang disampaikan oleh Ahmad Al-Neama, President Director and CEO Indosat Ooredoo dalam sambutannya. “Kami percaya teknologi 5G dan berbagai use cases akan membantu merevolusi cara industri dan bisnis beroperasi dan cara konsumen mengakses layanan publik dan hiburan. Dengan peluncuran ini, Indosat Ooredoo mendorong revolusi 5G Indonesia dan menggerakkan bangsa menuju masa depan yang cerah dan mendukung 5G”.

Peluncuran layanan 5G komersial di Jakarta ini untuk mendukung revolusi 5G di Indonesia dan mempercepat transformasi digital dan visi kota pintar Jakarta.

Layanan 5G yang baru akan memberikan akses ke Internet broadband seluler yang lebih baik bagi pelanggan konsumen dan bisnis Indosat Ooredoo yang akan membantu mempercepat pemulihan ekonomi Jakarta serta mendukung era industri 4.0.

Layanan 5G akan memberdayakan berbagai use case unik yang menawarkan potensi untuk merevolusi industri manufaktur kota, layanan publik, sector kesehatan, dan memenuhi permintaan konten digital dan layanan hiburan yang terus meningkat melalui jaringan seluler.

Pada kesempatan yang sama Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang, mengatakan “Kami melihat peluncuran layanan 5G ini akan sangat membantu masa pemulihan perindustrian Indonesia akibat pandemi. Dukungan teknologi digital yang dibawa oleh 5G, akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses yang dibutuhkan untuk mempercepat produksi barang dan jasa agar segera dinikmati manfaatnya oleh masyarakat. Harapan kita bersama untuk membantu Indonesia dari segala sektor agar segera bangkit dan semakin tangguh menghadapi masa depan.”

Head Ericsson Indonesia, Jerry Soper, mengatakan “Ericsson sangat senang dapat memperkuat kemitraan dengan Indosat Ooredoo melalui penyediaan layanan 5G di Jakarta. Digitalisasi adalah salah satu pendorong utama pemulihan ekonomi pasca-pandemi dan teknologi 5G akan membantu Indonesia menyongsong masa depan yang lebih baik, mempercepat transformasi digital, serta memenuhi kebutuhan negara akan konektivitas jaringan yang lebih kuat. Dan Ericsson akan tetap berkomitmen untuk mendukung Indosat Ooredoo dalam menyediakan layanan 5G yang inklusif bagi konsumen dan perusahaan di Indonesia.”

Teknologi 5G menawarkan kecepatan internet tinggi dan latensi rendah dan ini memberdayakan berbagai use cases unik yang mencakup semua industri dan berlaku untuk pelanggan bisnis dan konsumen.

Beberapa use cases paling canggih termasuk mobil terhubung dan layanan hiburan dalam mobil; teknologi pengawasan pintar seperti drone dan CCTV pintar; listrik pintar yang secara otomatis mendeteksi kesalahan di sirkuit rumah tangga; aplikasi kesehatan yang melibatkan pemantauan jarak jauh; dan aplikasi hiburan seperti video HD seluler, video 360, dan virtual reality.

Peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Jakarta yang menunjukkan beberapa use cases tersebut melibatkan mitra-mitra strategis seperti Ericsson, Qualcomm, Indocyber, SONAR, Sari Technology x Universitas Gunadharma, Bosch, dan MPS.

Untuk melanjutkan revolusi 5G di Indonesia, Indosat Ooredoo berencana untuk memperluas  peluncuran komersial layanan 5G ke kota-kota besar lainnya di Indonesia, termasuk Surabaya, dan Makassar, di mana terdapat permintaan konsumen yang tinggi akan layanan data. (Icha)

Oppo Pamerkan Beragam Teknologi Baru di Smart China Expo 2021

0

Telko.id – Oppo pamerkan seri MagVOOC baru pada Smart China Expo 2021 yang bertema “Smart Technology: Empowering Economy, Enriching Life”, yang berlangsung di Chongqing, China pada 23 hingga 26 Agustus 2021. Selain itu juga memperkenalkan Teknologi Konektivitas dalam Mobil pada ajang sama.

“Oppo berupaya menerapkan strategi baru di bidang IoT dan area yang lebih luas terkait Internet of Experience, yang bertujuan untuk memberdayakan pelanggan di berbagai skenario.” Kata Henry Duan, Wakil Presiden dan Presiden Produk Smartphone Oppo.

“Dengan teknologi pengisian daya cepat magnetik dan konektivitas dalam mobil yang baru, kami melakukan yang terbaik untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada setiap aspek,” ungkap Henry.

MagVOOC Wireless Powerbank

Selain mendemonstrasikan wireless air charging technology pada Smart China Expo 2021, Oppo juga mengungkapkan pertama kalinya teknologi pengisian daya flash magnetik  yakni seri Oppo MagVOOC.

Seri baru ini mencakup MagVOOC wireless power bank, yang menggunakan sistem penyelarasan magnetik untuk memastikan keselarasan yang tepat antara ponsel dan pengisi daya. Kemudian, MagVOOC ultra-thin flash charger, hadir dengan mengadopsi desain terpisah yang membuat pengisi daya ini tampil lebih tipis.

Desain kedua perangkat ini memungkinkan untuk mudah dibawa pengguna. Terakhir, MagVOOC wireless flash charging stand, yang membantu pengguna menghemat hingga 60% waktu persiapan pengisian dibandingkan dengan pengisian daya kabel konvensional. Oppo berkomitmen untuk mengoptimalkan teknologi dan produknya untuk memberikan pengalaman terbaik kepada penggunanya.

Kemampuan konektivitas smartphone terintegrasi dalam kendaraan

Pada Smart China Expo 2021, Oppo menunjukkan pencapaian terbarunya dalam kemampuan konektivitas smartphone di dalam mobil di acara tersebut, termasuk kunci mobil digital, kontrol kendaraan jarak jauh pada Oppo Find X3, kontrol kendaraan jarak jauh pada Oppo Watch 2, serta pengisian daya flash dalam mobil.

Kunci mobil digital memungkinkan pengguna untuk menggunakan smartphone Oppo membuka kunci mobil melalui koneksi Bluetooth. Tidak diperlukan jaringan seluler dalam hal ini, sehingga menawarkan kenyamanan untuk penggunaan sehari-hari.

Kontrol kendaraan jarak jauh pada Oppo Find X3 atau Oppo Watch 2 memungkinkan pengguna menyalakan AC dari jarak jauh melalui aplikasi. Hal ini juga dapat membantu pemilik mobil untuk mencari mobil mereka dengan membunyikan klakson dari kejauhan.

Selain itu, pengguna juga dapat menikmati pengisian daya cepat dalam mobil canggih Oppo, yang mendukung pengisian daya flash 65W VOOC USB flash charge dan 40W VOOC wireless flash charge saat mengemudi.

Oppo terbuka dalam kolaborasi lintas industri untuk mengeksplorasi kemungkinan baru dan menjalin kemitraan dengan banyak merek kendaraan terkemuka, seperti NIO, BYD Auto, dan Geely. Nantinya, smartphone akan menjadi pusat kendali kendaraan. Semakin banyak teknologi canggih akan dimasukkan ke dalam ekosistem konektivitas smartphone dengan kendaraan.

Lebih banyak perangkat IoT yang terhubung

Sejak Oppo mengangkat konsep Internet of Experience, pencapaian Oppo kini mencakup pengembangan AR Glass 2021 dan beberapa perangkat rumah pintar lainnya yang semuanya terhubung dengan teknologi UWB.

Oppo AR Glass 2021 mengadopsi desain split yang membuat kacamata memiliki bobot lebih ringan. Dengan demikian, pemakaian untuk waktu yang cukup lama akan terasa lebih nyaman. Dilengkapi dengan solusi optik Birdbath mainstream, Oppo AR Glass 2021 menawarkan pengalaman seperti melihat layar cinema dalam jarak dekat kepada penggunanya. (Icha)