spot_img

Apple Bakal Tambahkan Fitur Emergency Message via Satelit Tahun Depan

Telko.id – Apple bakal tambahkan fitur Emergency Message via Satelit tahun depan. Ini merupakan fokus pertama produsen asal Amerika ini, seperti yang dilaporkan Bloomberg mengutip orang-orang yang mengetahui situasi tersebut. Dan perangkat yang akan dibenamkan fitur ini, rumornya adalah iPhone 13.

Spekulasi bahwa iPhone berikutnya akan memiliki kemampuan satelit meningkat setelah analis TF International Securities Ming-Chi Kuo mengatakan ponsel tersebut kemungkinan akan bekerja dengan spektrum yang dimiliki oleh Globalstar.

Menurut sumber Bloomberg, fitur emergency Text via satelit akan terbatas untuk memulai dan kemungkinan baru siap tahun depan. Sayang nya, seorang perwakilan Apple masih menolak berkomentar.

Emergency Message via Satelit ini akan memungkinkan pengguna mengirim SMS ke layanan darurat dan kontak melalui jaringan satelit ketika tidak ada sinyal seluler. Fitur itu akan diintegrasikan ke dalam aplikasi Pesan sebagai protokol ketiga, di samping SMS dan iMessage standar.

Fitur kedua akan menjadi alat untuk melaporkan keadaan darurat besar, seperti kecelakaan pesawat dan kapal tenggelam, juga menggunakan jaringan satelit. Dengan nama sandi ‘Stewie’ di dalam Apple, ini akan membatasi pesan menjadi lebih pendek. Teks akan secara otomatis masuk ke telepon kontak darurat, bahkan jika pengaturan jangan ganggu aktif.

Satu desain yang direncanakan akan memungkinkan pengguna mengirim pesan dengan mengetik “Emergency SOS” di mana mereka biasanya memasukkan nama kontak. Selain mengirimkan teks, layanan tersebut pada akhirnya dapat menangani beberapa panggilan telepon juga.

Menurut laporan itu, Apple bahkan telah mempertimbangkan untuk menyebarkan satelitnya sendiri. Namun, fitur yang saat ini dalam pengembangan cenderung mengandalkan jaringan yang ada. Tidak jelas apakah Apple akan bermitra dengan penyedia satelit tertentu atau menawarkan layanan di semua negara.

Globalstar sebelumnya mengatakan telah menandatangani perjanjian dengan pihak tak dikenal untuk mengembangkan layanan baru — pengungkapan yang sekarang diyakini beberapa orang sebagai bukti bahwa itu adalah mitra Apple. Apple tidak bekerja sama dengan saingan Globalstar Iridium dalam upaya tersebut, orang-orang yang akrab dengan masalah ini mengatakan kepada Bloomberg.

Dalam sebuah catatan kepada investor, Kuo mengklaim bahwa iPhone 13 akan dapat terhubung langsung ke satelit orbit bumi rendah (atau LEO) berkat chip baseband Qualcomm X60 yang disesuaikan.

Satelit LEO mungkin paling dikenal sebagai tulang punggung layanan internet Starlink Elon Musk yang mengandalkan satelit di orbit yang lebih rendah untuk mengirimkan internet ke pelanggan dan menghindari beberapa perangkap umum dari internet satelit, termasuk latensi tinggi, dan pemadaman umum.

Tetapi Starlink bukan satu-satunya perusahaan yang menggunakan satelit LEO untuk konektivitas. Hughesnet dan OneWeb telah menggabungkan kekuatan untuk meluncurkan pesaing Starlink dan Immarsat mengumumkan konstelasi baru yang dimaksudkan untuk menyatu dengan jaringan 5G terestrial untuk solusi yang lebih global.

Tampaknya kunci sebenarnya dari rumor iPhone ini adalah Globalstar, yang stoknya meroket awal tahun ini ketika Qualcomm mengumumkan chip X65 yang akan datang akan mendukung teknologi Band n53 Globalstar. 3GPP sebelumnya telah menyetujui Band n53 sebagai band 5G.

Namun, seperti yang ditunjukkan oleh pakar 5G PCMag, Sascha Segan di Twitter, ambisi Globalstar untuk menggunakan bandwidth yang dialokasikan sepenuhnya berbasis di Bumi.

Menambahkan modem khusus dengan dukungan untuk n53 (di antara band lainnya) akan memberi iPhone berikutnya cap yang menawarkan “dukungan 5G global” awal, bahkan jika sinyal tersebut belum dapat meninggalkan planet ini.

Sementara itu membuka spekulasi yang lebih liar bahwa Apple dapat bekerja dengan Globalstar pada beberapa jenis jaringan pribadi, cukup menambahkan n53 sebagai jangkar untuk agregasi operator atau Akses Berbantuan Berlisensi dapat membantu meningkatkan jangkauan atau meningkatkan kecepatan saat Anda sangat membutuhkannya. (Icha)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0