Harga dan Spesifikasi – Oppo Reno8 Z 5G kali pertama diperkenalkan pada 2022, August 04, hadir dengan sistem operasi Android 12, ColorOS 12.1, konfigurasi memori 128GB 8GB RAM, kamera utama beresolusi 64 MP dan chipset Qualcomm SM6375 Snapdragon 695 5G (6 nm) dengan prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 660 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 660 Silver) dan GPU Adreno 619 untuk mendukung performa. HP Oppo Reno8 Z 5G memiliki varian warna Starlight Black, Dawnlight Gold dan dilengkapi dengan layar AMOLED, 430 nits (typ), 600 nits (HBM)- Inch dengan resolusi 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~409 ppi density), baterai berkapasitas 4500 mAh mAh, dan support konektivitas GSM / HSPA / LTE / 5G untuk wilayah Indonesia.
Dari sisi desain, smartphone yang pada awal peluncurannya dibandrol dengan harga sekitar 350 EUR (harga global) ini, memiliki dimensi 159.9 x 73.2 x 7.7 mm (6.30 x 2.88 x 0.30 in) dengan bobot 181 g (6.38 oz). Material yang digunakan terdiri dari kombinasi Glass front, plastic frame, glass back. Pada bodinya juga tertanam slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan slot memori microSDXC.
Sementara dari sisi fungsi, selain menawarkan komposisi prosesor, ram, memori internal, baterai, dan sistem operasi untuk mendukung performa, spesifikasi Oppo Reno8 Z 5G juga memanjakan kebutuhan photo video penggunanya dengan kamera 64 MP. Berikut adalah spesifikasi kameranya:
Video : Kamera Utama ( 1080p@30fps, 720p@30/120fps, EIS), Kamera Selfie ( 1080p@30fps)
Fitur lainnya : LED flash, HDR, panorama
Ketersediaan
Di tengah persaingan pasar yang kian sengit, komposisi harga dan spesifikasi menjadi kian penting. Inilah mengapa Oppo menanamkan cukup banyak fitur ke dalam HP Oppo Reno8 Z 5G dengan komposisi prosesor, ram, memori internal, kamera, sistem operasi dan baterai yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persaingan pasar.
Harga Oppo Reno8 Z 5G
Setelah diperkenalkan pada 2022, August 04, smartphone ini dirilis secara global atau berstatus Available. Released 2022, August 04. Untuk harga, Oppo Reno8 Z 5G dibandrol dengan kisaran harga sekitar 350 EUR. Harga tersebut adalah harga untuk pasar global. Harga tersebut bisa jadi tidak jauh berbeda dengan pasar Indonesia, terkecuali jika ada fitur atau kelengkapan paket penjualan yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.
Sebagai informasi, harga untuk pasar Indonesia, kami kumpulkan dari empat market place yaitu Bukalapak, Shopee, Lazada, dan JD. Harga tersebut bisa jadi berbeda dengan pasar offline atau berubah sesuai dengan perkembangan trend di pasar. Referensi harganya akan tersedia saat HP tersebut sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia.
Spesifikasi Lengkap
Sebagai informasi, spesifikasi smartphone kembangan Oppo ini dibuat berdasarkan spesifikasi awal pada saat kali pertama HP ini diperkenalkan secara global. Spesifikasinya bisa berubah atau ada penyesuaian berdasarkan lokasi pemasaran.
Telko.id – DANA dan Sinar Mas, berkolaborasi untuk mengakselerasi ekonomi digital Indonesia. Langkah ini merupakan kelanjutan dari aksi korporasi kedua nya. Di mana Sinar Mas mengucurkan investasi ke DANA yang mencapai 250 juta dolar AS atau sekitar Rp 3,7 triliun (kurs Rp 14.804 per dolar AS).
Kolaborasi DANA dan Sinar mas ini menjadi penting untuk saling menguntungkan disemua sisi. Baik untuk mengakselerasi literasi digital dan inklusi keuangan di Indonesia. Apalagi, Sinar Mas merupakan group besar yang bergerka dibanyak bidang. Sebut saja bidang layanan keuangan digital, telekomunikasi, serta properti dan lainnya.
“Semangat kolaborasi yang diinisiasi DANA dan Sinar Mas pada sektor telekomunikasi, layanan keuangan digital, serta properti, merupakan langkah awal kami untuk pengembangan ekonomi digital lintas industri,” ujar Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA Indonesia.
“Dengan teknologi terdepan DANA, inovasi, serta solusi pembayaran yang terintegrasi dan didukung oleh sepak terjang Sinar Mas yang ekstensif di berbagai lini bisnis, kami akan terus meningkatkan dan memperluas layanan keuangan berbasis gaya hidup untuk konsumen, solusi untuk merchant, serta berbagai layanan keuangan melalui kemitraan dengan lembaga keuangan,” ungkap Vince menambahkan.
Di samping itu, DANA tetap berkomitmen menjadi platform ekosistem terbuka sebagai solusi pembayaran dan layanan keuangan berbasis gaya hidup serta mempercepat pertumbuhan platform terbuka kami, yang kami yakini diperlukan untuk literasi dan inklusi keuangan yang lebih masif di Indonesia.
Kolaborasi seperti apa yang akan dikerjakan dengan Sinar Mas Group ini?
Dengan Smartfren misalnya, menurut Andrijanto Muljono, Chief Commercial Officer Smartfren berharap semakin banyak peluang baru yang terbuka di masyarakat, baik untuk UMKM atau anak – anak muda kreatif yang kini sangat lihai memanfaatkan teknologi digital.
Sedangkan dengan Sinar Mas Multiartha, melalui unit usaha-usaha nya berkomitmen untuk mendukung penuh program literasi dan inklusi keuangan nasional Indonesia.
“Tak hanya dalam pembayaran digital, kami akan bekerjasama dengan DANA untuk memberikan layanan lebih lengkap melalui produk investasi keuangan seperti reksa dana, obligasi, asuransi dan lain-lain yang tersedia di dalam ekosistem Sinarmas Financial Service Group,” ujar Ferita, Director Sinar Mas Multiartha.
Apalagi, kini kedua nya sudah menjadi Kami sebagai salah satu group keuangan dan investasi di Indonesia bersama DANA siap bersama untuk menjunjung perkembangan/akselerasi ekonomi digital ecosystem di Indonesia dan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Indonesia.”
Kolaborasi DANA dengan Sinar Mas Land juga akan menggali potensi yang ada untuk memasuki sektor digital dari hulu ke hilir.
“Kami akan mendorong DANA untuk mendukung transaksi dengan pembayaran digital, mulai dari warga, pemain UMKM hingga ritel besar. Kami akan mengintegrasikan pembayaran digital di township yang kami kembangkan, sehingga pelayanan warga lebih efisien dan nyaman. Selain itu, kolaborasi ini akan langsung kami implementasikan ke proyek-proyek inovasi yang sedang kami kembangkan di dalam ekosistem Sinar Mas Land,” ungkap Mulyawan Gani, Chief Transformation Officer Sinar Mas Land.
Irawan Harahap, Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land menambahkan, “Sinar Mas Land tengah mengembangkan ekosistem digital yang terdiri atas akademia, komunitas, startup hingga perusahaan multinasional. Kami menyambut kedatangan DANA yang tentu akan memperkaya ekosistem digital kami. Semoga kolaborasi ini memberi dampak yang besar, tidak hanya terasa di township dan proyek pengembangan Sinar Mas Land, tapi juga berdampak ke ekonomi nasional.”
Apresiasi dan dukungan terhadap penyelesaian transaksi investasi terbaru dari Sinar Mas dan Lazada Group kepada DANA juga dipaparkan oleh Pandu Sjahrir selaku Ketua Umum AFTECH.
Selaras dengan tekad AFTECH untuk senantiasa membantu memenuhi akses layanan keuangan berbasis teknologi bagi masyarakat di seluruh Indonesia, kolaborasi ini menjadi akselerator bagi pertumbuhan teknologi layanan keuangan finansial, yang dapat mendukung percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), serta literasi dan inklusi keuangan.
Pandu Sjahrir, Ketua Umum AFTECH mengatakan, “Saat ini, DANA sudah dikenal dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Saya pribadi turut senang dengan adanya kontribusi dari para investor baru DANA yang sekaligus mencerminkan telah tumbuhnya pilar-pilar kepercayaan masyarakat. Melalui acara ini, saya menitipkan pesan agar DANA dapat menjaga kepercayaan pengguna.”
Pertumbuhan DANA sebagai perusahaan teknologi keuangan yang telah mencapai 120 juta pengguna di seluruh Indonesia, dan mengolah rata-rata lebih dari 10 juta transaksi harian, adalah salah satu wujud inklusi keuangan di Indonesia yang membutuhkan upaya kolektif yang signifikan dari semua pemain dalam ekonomi digital dan lembaga keuangan konvensional.
Melalui semangat kolaborasi ini, DANA akan terus memberikan solusi terbaik bagi masyarakat Indonesia, baik masyarakat dalam kategori banked maupun unbanked, serta mendukung visi Pemerintah dan regulator untuk pembayaran digital dan open finance.
Beberapa pengembangan fitur terbaru juga telah DANA siapkan hingga akhir tahun 2022 diantaranya memperluas pilihan pembayaran seperti asuransi, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), eSamsat, hingga mitra pembayaran online dan offline.
DANA juga ikut serta mendukung kebijakan regulator melalui penerapan BI-Fast, QRIS TTS (Topup, Tarik, Setor), dan SNAP Open Banking. Dalam waktu dekat, DANA akan meluncurkan Family Account yang ditujukan khusus untuk generasi Z. (Icha)
Telko.id – Telkomsel kembali gelar turnamen eSport Dunia Games League 2022. Turnamen ini melanjutkan kesuksesan pelaksanaan turnamen Dunia Games League sebelumnya pada 2019, 2020, dan 2021 dengan total partisipasi kumulatif mencapai lebih dari 69,4 ribu gamers dan lebih dari 46 juta views.
Pada tahun ini, Telkomsel membuka pendaftaran Dunia Games League untuk umum sejak tanggal 25 Agustus 2022 melalui laman dgl.duniagames.co.id.
Turnamen Dunia Games League 2022 akan berlangsung secara online pada setiap akhir pekan pada akhir September hingga akhir Oktober 2022 untuk babak penyisihan Qualifier Stage, Group Stage, dan Play-Ins, serta secara offline untuk laga 12 tim terbaik pada babak Grand Final di Basketball Hall Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.
Ya, industri gaming dan esports Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk terus tumbuh menjadi salah satu kekuatan ekonomi digital kreatif nasional di masa depan. Melalui kehadiran Dunia Games League 2022, Telkomsel kembali mempertegas komitmennya dalam membuka semua peluang kemajuan di ekosistem industri gaming dan kancah esports nasional.
“Semoga penyelenggaraan salah satu turnamen gaming terbesar di Indonesia ini dapat disambut positif oleh seluruh pihak dan menjadi batu loncatan bagi para gamer dan komunitas agar dapat terus meningkatkan kemampuan, kompak berkembang, dan tampil mencetak prestasi,” kata Nirwan Lesmana, Vice President Digital Lifestyle Telkomsel.
Penyelenggaraan Dunia Games League merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel melalui Dunia Games dalam mendukung ekosistem industri dan kancah esports dan gaming tanah air. Sejak 2017, Dunia Games secara konsisten menggelar turnamen-turnamen bergengsi, seperti Indonesia Games Championship, Dunia Games League, DGWIB Championship, DGWIB Regular Season, dan turnamen-turnamen tingkat grassroot yang diadakan di lebih dari 120 cluster di seluruh Indonesia.
Sejak kesuksesan gelaran pertama Dunia Games League pada 2019, Telkomsel dan Dunia Games secara rutin menggelar turnamen esports nasional tersebut setiap tahunnya. Dengan catatan total partisipasi kumulatif hingga lebih dari 69,4 ribu gamers dan lebih dari 46 juta views selama tiga tahun terakhir, Telkomsel berharap pelaksanaan Dunia Games League tahun keempat ini dapat menarik kembali puluhan ribu gamers dan para penggemarnya dari seluruh Indonesia untuk berpartisipasi.
Dunia Games League mempertandingkan game populer Free Fire sebagai game utama. Pendaftaran untuk Qualifier Stage terbuka bagi 6.000 non-professional players dari seluruh wilayah Indonesia sejak tanggal 25 Agustus 2022.
Sedangkan bagi professional players, Dunia Games League mengundang 18 tim secara khusus untuk berpartisipasi melalui Group Stage. Pada Qualifier Stage dan Group Stage, Dunia Games League melanjutkan empat tim terbaik per Area dari Qualifier Stage dan dua tim terbaik dari Group Stage untuk bertanding di babak Grand Final.
Hingga 18 tim terbaik yang tidak langsung lolos ke Grand Final akan bertanding kembali di babak Play-Ins untuk memperebutkan enam tiket ke Grand Final. Total sebanyak 12 tim terbaik akan berlaga pada babak Grand Final yang akan berlangsung di Basketball Hall Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.
Dengan mengadopsi skema turnamen tersebut, DGL membuka peluang bagi gamer non-profesional untuk menjadi juara di wilayahnya dan melaju ke Play-Ins hingga Grand Final untuk bertanding dengan tim profesional.
Mulai dari babak penyisihan di Group Stage, perebutan tiket di Play-Ins, sampai dengan panggung laga akhir di Grand Final, para tim terbaik berkesempatan meraih hadiah dengan beragam nominal yang totalnya mencapai hingga 553 juta Rupiah.
Para penonton dan penggemar esports dan gaming pun dapat mendukung teman-teman dan tim favorit mereka yang bertanding di Dunia Games League 2022 melalui Live Streaming untuk Group Stage, Play-Ins, hingga Grand Final di laman dgl.duniagames.co.id.
“Di samping berbagai inisiatif kolaborasi strategis dan pemanfaatan solusi teknologi terintegrasi, Telkomsel dan Dunia Games akan terus berupaya menghadirkan ragam aktivitas dan inisiatif yang dapat memberikan dampak lebih besar dalam mengembangkan sekaligus menguatkan ekosistem industri esports dan gaming di Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan. Bagi para gamers, mari berkompetisi secara sportif, dan pertontonkan kemampuan terbaik tim anda di Dunia Games League 2022. Let the games begin,” ujar Nirwan menambahkan.
Sebagai informasi, Dunia Games Telkomsel merupakan games platform dan portal media esports nomor satu di Indonesia dengan pencapaian monthly visitor lebih dari 18 juta.
Selain menghadirkan informasi terkini dan hal-hal menarik seputar video games, industri gaming, esports, tech, dan pop culture, Dunia Games juga melayani pembelian kupon atau voucher untuk PC games dan mobile games melalui layanan direct carrier billing.
Dalam perkembangannya, Dunia Games juga sudah memperluas portofolio bisnisnya sebagai games publisher, mulai dari Shellfire, Lord of Estera, Rise of Nowlin, Kolak Express 3, hingga Return of Condor Heroes. (Icha)
Telko.id – Kredivo gandeng Ramayana untuk perdalam penetrasi Paylater di kota tier 2 dan 3. Dengan adanya kerjasama ini, seluruh pengguna Kredivo dapat menggunakan pembayaran Paylater di 101 gerai Ramayana yang tersebar di seluruh Indonesia.
Indina Andamari, VP Marketing & Communications Kredivo memaparkan optimisme dengan Kredivo gandeng Ramayana dapat mengoptimalkan momentum pertumbuhan sektor ritel di kota non-metropolitan melalui penggunaan Paylater.
“Berkaca dari pengalaman kami melayani kebutuhan lebih dari 6 juta pengguna yang berada di berbagai belahan wilayah di Indonesia, kami percaya akan dampak besar yang bisa kita ciptakan melalui kolaborasi bersama Ramayana,” kata Indina.
Apalagi Ramayana sebagai pemain ritel memiliki jaringan yang kuat di seluruh pulau di Indonesia. Kredivo pun berharap upaya perluasan layanan kredit digital ini dapat mengakselerasi ekonomi daerah, khususnya geliat industri ritel fesyen di kota tier 2 dan 3.”
Temuan dari “Unlocking The Next Wave of Digital Growth: Beyond Metropolitan Indonesia” Alpha JWC memprediksi bahwa kota tier 2 dan 3 akan menjadi penyumbang terbesar pendapatan per kapita di tahun 2030 dengan kontribusi sebesar 49% hingga 51%.
Hal ini didukung oleh Paylater yang telah memperlihatkan potensi sebagai produk pembayaraan digital yang dapat mendorong peningkatan inklusi keuangan di kota-kota tier 2 dan 3. Berdasarkan data internal dari Kredivo menyatakan bahwa pengguna Paylater di area tier 2 dan 3 naik sebesar 52% pada semester 1 tahun 2022 dibanding periode yang sama tahun lalu.
Dari pengguna Paylater, pembelanjaan produk kategori fesyen menempati posisi pertama sebagai kategori produk dengan transaksi terbanyak di kalangan masyarakat kota tier 2 dan 3 dengan proporsi 20,1 %, disusul produk makanan (18,3%) dan produk kesehatan (18,6%).
Ramayana pun melihat bahwa di tengah pertumbuhan ekonomi kota tier 2 dan 3, integrasi layanan keuangan digital dengan gerai fisik yang seamless jadi kunci menjawab kebutuhan konsumen era digital.
“Ramayana terus memperkuat komitmen untuk menyediakan produk fesyen berkualitas dan selalu berinovasi sesuai dengan kebutuhan konsumen dan perubahan era. Walau dunia sudah makin online, pengalaman berbelanja offline harus terus memberikan pengalaman baru bagi konsumen,” kata Alexander A. Tumbel, Head of Loyalty Program & Merchant Acquisition Division Ramayana mengungkapkan.
Dengan demikian, integrasi online dan offline jadi kunci, dan kami sebagai pemain terdepan di industri ritel Indonesia siap meningkatkan kenyamanan berbelanja pelanggan dengan menyediakan lebih banyak pilihan pembayaran yang inovatif, seperti Paylater.
Alexander pun optimis dengan Kredivo gandeng Ramayana ini dapat menjadi pendorong tumbuhnya industri ritel di Indonesia.
Setyadi Surya, Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) menyuarakan pendapatnya tentang potensi kolaborasi antara layanan keuangan digital dan ritel. Di mana belanja offline akan terus memiliki peminatnya apalagi dengan adanya rasa kejenuhan bagi masyarakat yang selama ini berdiam diri di rumah.
“Untuk tetap dapat mempertahankan konsumen, para pelaku ritel offline juga perlu berinovasi untuk memberikan kemudahan akses belanja, salah satunya melalui integrasi dengan layanan keuangan kredit digital yang semakin mudah, fleksibel, dan mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” ujar Setyadi Putra.
Dengan demikian, layanan keuangan digital dapat menguntungkan kedua pihak baik dari sisi konsumen maupun sisi ritel dalam proses jual beli dan keberlanjutan bisnis. Ia pun berharap dengan kemitraan antara Kredivo dan Ramayana dapat menjadi bukti nyata bahwa kedua industri ini dapat saling mendukung terhadap potensi industri masing-masing, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.
Kredivo memberikan promo kepada pengguna baru Kredivo jika berbelanja di Ramayana, yaitu akan mendapatkan potongan langsung Rp50 ribu tanpa minimal transaksi, periode promo hingga 31 Desember 2022.
Selanjutnya, untuk pengguna lama Kredivo juga akan mendapatkan potongan langsung Rp50 ribu, dengan minimal transaksi Rp250 ribu, periode promo hingga 30 September 2022. (Icha)
Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) kembali gelar Connex Webinar ketiga melalui Indosat Business, dengan tajuk “Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan di Industri Jasa Keuangan dengan Solusi Digital yang Aman dan Andal”.
Connex ketiga di tahun ini bertujuan untuk menjawab tantangan yang sedang dihadapi oleh industri jasa keuangan Indonesia serta literasi mengenai keamanan dan perlindungan industri jasa keuangan digital.
“Kami senang dapat kembali menyelenggarakan Connex hari ini sebagai bentuk dukungan penuh IOH terhadap agenda transformasi digital Indonesia, termasuk industri perbankan dan jasa keuangan. Melalui Indosat Business, kami ingin menjadi pilihan utama dalam menghadirkan berbagai solusi digital yang aman dan andal bagi kebutuhan teknologi informasi para pelanggan,” kata Bayu Hanantasena, Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison.
Penyelenggaraan Indosat Business Connex ketiga tahun 2022 ini, turut menghadirkan Anggota Dewan Komisioner OJK, Friderica Widyasari Dewi, Analis Eksekutif Senior Group Inovasi Keuangan Digital OJK, Dino Milano Siregar, Executive Vice President Center of Digital BCA dan Ketua Komite Kerja Cyber Security Perbanas.
Selain itu juga hadir Wani Sabu, SVP-Head of Head of Data Analytic Indosat Ooredoo Hutchison, Pulkit Khanna, SVP- Head of Marketing & Channel Management Indosat Ooredoo Hutchison, Linggajaya Budiman, serta Interim President Director BDx Indonesia, Mayank Srivastava yang membahas segala hal yang dibutuhkan oleh sektor keuangan di Indonesia saat ini dan masa depan.
Perubahan pola kinerja industri jasa keuangan merupakan dampak dari Pandemi Covid- 19 telah membawa perubahan di industri perbankan dan jasa keuangan. Perlambatan ekonomi, perlambatan pertumbuhan kredit, peningkatan Non-Performing Loan (NPL) yang memicu restrukturisasi kredit, hingga penurunan transaksi di cabang, menjadi kendala yang dihadapi sektor ini.
Di sisi lain, terjadi peningkatan transaksi digital yang mendorong migrasi layanan perbankan yang berbasis konvensional menuju digital. Pemerintah pun mendukung insiatif transformasi digital dan transaksi non-tunai lewat implementasi QRIS.
Meski layanan perbankan secara digital menawarkan kemudahan akses bagi nasabah, namun bayang-bayang kejahatan siber terus menghantui, sebab keamanan data digital makin rentan serangan siber. Selain itu, pemanfaatan teknologi digital juga membuat biaya teknologi informasi kian tinggi.
“IOH melalui Indosat Business, hadir dengan sejumlah solusi yang tepat untuk industri finansial seperti layanan data center, big data analytics, security operation center, SD- WAN, unified communications, hingga layanan chatbot yang mendukung pengalaman nasabah yang baik dan terjamin keamanannya,” tutup Bayu. (Icha)
Telko.id – Melanjutkan kesuksesan program tanggung jawab sosialnya untuk UMKM lokal Indonesia periode sebelumnya, Telkomsel kembali menggelar Digital Creative Entrepreneurs atau DCE 2.0.
Program DCE 2.0 kali ini bertajuk #BeyondCreativity dan bertujuan untuk menjadi platform solusi dan inkubasi bagi pengembangan entrepreneur dan brand owner lokal untuk memperkuat kreativitas, kapabilitas, dan kompetensi digital mereka melalui pemanfaatan ekosistem aset dan infrastruktur Telkomsel dan para mitranya.
Telkomsel membuka pendaftaran UMKM untuk pelaksanaan DCE 2.0 dan meluncurkan kembali program tersebut dalam Kick-Off Webinar yang bertemakan ‘Elevate Your Business Using Digital Creative’ pada Rabu (24/8).
Telkomsel selaku digital ecosystem enabler konsisten dalam membuka peluang dan kesempatan lebih luas #BeyondCreativity melalui program DCE 2.0 bagi para pelaku UMKM, meningkatkan daya saing mereka di tingkat nasional maupun global agar dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.
Penyelenggaraan DCE 2.0 menjadi salah satu wujud komitmen Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler dalam membuka peluang mendorong kemajuan dan akselerasi pertumbuhan UMKM Indonesia.
Saki menambahkan bahwa tujuan Digital Creative Entrepreneurs ini bukan hanya agar entrepreneur dan brand owner bisa sukses di tingkat nasional atau global, tetapi juga supaya UMKM lokal bisa terus bertumbuh, menginspirasi, berinovasi, hingga pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat dari dampak pandemi.
Melalui program DCE 2.0, Telkomsel membuka peluang dan kesempatan lebih luas #BeyondCreativity bagi para entrepreneur dan brand owner dengan serangkaian kegiatan yang berfokus pada peningkatan kreativitas, kapasitas, dan kapabilitas digital UMKM, mulai dari seminar daring (webinar), lokakarya (workshop), hingga pendampingan (mentoring) untuk mengakselerasi transformasi bisnis digital mereka.
Pada tahun 2022 ini, DCE 2.0 membuka pendaftaran bagi 1.500 UMKM di bidang kriya, busana, makanan dan minuman, serta satu kategori baru, yaitu perawatan pribadi.
Para pelaku UMKM juga berkesempatan untuk mendapatkan materi pelatihan dan pengembangan digital oleh hingga 19 pemateri dan 4 mentor ahli di bidang entrepreneurship digital.
Selain itu, program DCE 2.0 pun membuka peluang melalui pemanfaatan ekosistem aset dan infrastruktur Telkomsel, seperti platform 99% Usahaku untuk menunjang pertumbuhan bisnis dan manajemen keuangan, MyAds sebagai solusi periklanan dan promosi digital UMKM, Kuncie yang dapat mengembangkan keahlian bisnis dengan edukasi digital, MAXstream sebagai online venue untuk menghelat aktivitas virtual, dan Kantor Telkomsel Area untuk menghimpun UMKM calon peserta potensial.
Kemudian pada akhir program, DCE 2.0 akan menghadirkan sebuah pameran virtual yang juga sekaligus diadakan secara offline untuk mengangkat para UMKM binaan dan produk-produk unggulan mereka.
Lebih dari 911 UMKM dari seluruh penjuru Indonesia terdaftar dan 150 UMKM telah terpilih untuk mengikuti rangkaian program DCE 2021, yang di antaranya terdiri dari webinar, entrepreneurship classes, intimate sessions, mentoring sessions, sampai dengan virtual exhibition.
Berdasarkan aspek produk, legalitas, finansial, digital, dan kreativitas, DCE 2021 memilih lima UMKM sebagai peserta terbaik : Tangan Dia dari Kab. Gowa, Sulawesi Selatan (Best of The Best), Kailoka dari Kota Bandung, Jawa Barat (Terbaik Kategori Kriya), RSthelabel dari Surabaya, Jawa Timur (Terbaik Kategori Fashion), Mbrebes Mili Food dari Depok, Jawa Barat (Terbaik Kategori Makanan & Minuman), dan Kain Indonesia Co dari DKI Jakarta (Terbaik Kategori Usaha Mikro). Seluruh peserta terbaik DCE 2021 mendapatkan bantuan modal usaha dengan nilai total mencapai 200 juta Rupiah.
Menghadirkan pembicara Pendiri Thisable Nicky Clara, Pendiri HAUS! Gufron Syarif, dan Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Siti Azizah, DCE Kick-Off Webinar ‘Elevate Your Business Using Digital Creative’ menegaskan pentingnya digital mindset untuk mendorong kemajuan dan akselerasi pertumbuhan UMKM, terutama pada era dimana seluruh elemen industri dan masyarakat tengah menjalani transformasi digital.
UMKM yang berminat untuk melihat kembali webinar ini dapat mengakses tayangan ulang acara melalui platform MAXstream, YouTube, dan Vidio.
“Kami harap DCE 2.0 dapat menjadi referensi akselerasi transformasi digital pada sektor UMKM di Indonesia, sekaligus menciptakan dampak nyata terhadap pemberdayaan UMKM dengan mencetak smart digitalpreneur yang cakap dan terampil dalam memanfaatkan perkembangan teknologi digital, melaju #BeyondCreativity dalam mengembangkan potensi bisnis mereka. UMKM bangkit, Indonesia maju!” pungkas Saki.
Telkomsel pun akan terus membuka peluang dengan menghadirkan beragam inisiatif yang dapat mendukung sektor UMKM dalam melewati berbagai tantangan, sehingga dapat terus menjadi penggerak roda ekonomi bangsa di berbagai kondisi, melalui pemanfaatan teknologi terkini.
Seiring dengan kemunculan Realme V23i di pasar HP, banyak pertanyaan muncul mengenai kapabilitas dan fitur-fiturnya. Dari daya tahan baterai, kualitas layar, hingga dukungan jaringan 5G, artikel ini akan mengungkap 7 fakta kunci yang membantu Anda memahami apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Realme V23i. Kami akan menyelidiki setiap aspek penting dari HP ini, memberikan gambaran yang jelas dan objektif untuk membantu Anda menentukan apakah Realme V23i sesuai dengan kebutuhan Anda.
1. Layar IPS LCD dengan Refresh Rate 90Hz
Layar IPS LCD memang bukan yang kami harapkan dari HP di kategori ini. Meskipun layar dengan ukuran 6.56 inches, 104.2 cm2 (~84.7% screen-to-body ratio) yang memiliki resolusi 720 x 1612 pixels, 20:9 ratio (~268 ppi density) dan support refresh rate 90Hz, juga tidak bisa dikatakan jelek.
Dan sebagai perbandingan, pesaing lainnya seperti
Oppo A1 memiliki layar IPS LCD dengan refresh rate 120Hz, dan Oppo A77 memiliki layar IPS LCD dengan refresh rate 90Hz.
2. Chipset Grade B dengan GPU Rating 119
Di atas kertas, chipset Dimensity 700 yang dibawa Realme V23i mencatatkan score Antutu 10 rata-rata di angka 388660. Performanya ditopang oleh RAM berkapasitas 4 GB. Di level performa yang sama,
ada Oppo A1 dengan chipset Snapdragon 695 5G - Antutu 441837 dan RAM 8/12 GB, dan ada Oppo A77 dengan chipset Dimensity 810 - Antutu 425066 dan RAM 4/6 GB. Sementara untuk performa grafis, GPU Mali-G57 MC2 milik Realme V23i kami beri rating 119. Sebagai pembanding, GPU Oppo A1 punya rating 148, dan GPU Oppo A77 punya rating 119.
3. Support 5G
Meski sebagian pengguna berpendapat bahwa 4G sudah cukup untuk memberikan pengalaman berselancar di dunia maya dengan nyaman, tapi keberadaan teknologi 5G di Realme V23i adalah sebuah nilai tambah. Paling tidak, HP ini sudah membawa Anda selangkah lebih maju untuk menapaki masa depan. Dimana HP di level yang sama seperti
Oppo A1 sudah support teknologi 5G , dan Oppo A77 sudah support teknologi 5G .
4. Baterai 5000 mAh - charging
Semua fitur yang ada di Realme V23i ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh. Sementara pesaingnya,
Oppo A1, dan Oppo A77,
masing masing dilengkapi
baterai 5000 mAh - charging 67W, dan baterai 5000 mAh - charging 33W.
5. Dimensi 163.8 x 75.1 x 8.1 mm Frame Plastik
Realme V23i memiliki detail bodi Glass front, plastic frame, plastic back dengan dimensi 163.8 x 75.1 x 8.1 mm yang memiliki ketebalan 8.1 mm. HP ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang posisinya ada di sisi ponsel. Adapun untuk variasi warna, Realme V23i menyediakan opsi warna Black dan Blue.
6. Kamera Utama 13 MP
Tak bisa dipungkiri, kamera jadi salah satu daya tarik utama dari sebuah HP. Untuk itulah Realme V23i menanamkan kamera utama dengan spesifikasi 13 MP, (wide), AF. Fungsionalitasnya didukung oleh kamera kedua yang memiliki spesifikasi 2 MP, f/2.4, (depth). Sementara untuk kebutuhan selfie, HP ini menyediakan kamera dengan spesifikasi 8 MP, (wide).
7. Opsi Memori
Last but not least, fakta yang tak kalah pentingnya adalah perihal opsi memori penyimpanan. Yup, HP Realme V23i dilengkapi RAM berkapasitas 4 GB dengan opsi memori internal 128GB 4GB RAM.
Realme terus berinovasi dengan meluncurkan HPRealme V23i, untuk menghadirkan teknologi terbaru ke dalam genggaman Anda. Diperkenalkan pada 25 August 2022, HP ini menawarkan kombinasi antara kinerja dan estetika. Realme V23i menjanjikan pengalaman penggunaan yang tidak istimewa tapi masih bisa diandalkan melalui chipset Dimensity 700 yang memiliki score Antutu 10 rata-rata di angka 388660 dan ditopang oleh RAM berkapasitas 4 GB. Spesifikasi tersebut jadi modal Realme V23i untuk bersaing dengan Oppo A1 yang dilengkapi chipset Snapdragon 695 5G serta RAM 8/12 GB, dan Oppo A77 yang dilengkapi chipset Dimensity 810 serta RAM 4/6 GB. Realme V23i sendiri, menurut data terakhir kami di bulan Juni 2025, belum ada informasi harga dan ketersediaannya di pasar Indonesia.
Selain harga, prosesor, dan memori, variabel penting yang juga bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih sebuah HP adalah layar. Untuk itu Realme menanamkan layar IPS LCD berukuran 6.56 inches, 104.2 cm2 (~84.7% screen-to-body ratio) dengan resolusi 720 x 1612 pixels, 20:9 ratio (~268 ppi density) dengan refresh rate 90Hz. Pada sektor kamera, spesifikasi kamera utama 13 MP yang didukung perekaman video 1080p@30fps juga jadi andalan Realme V23i. Dan semua fitur tersebut ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh. Spesifikasi lainnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah , atau cek ulasan lengkapnya dengan membaca artikel Realme V23i: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui.
Telko.id – Smartfren mengumumkan bundling kartu perdana Unlimited Nonstop edisi khusus menyambut kehadiran smartphone mutakhir Samsung Galaxy Z Fold4 5G dan Galaxy Z Flip4 5G.
Pelanggan yang menggunakan kartu perdana edisi khusus ini bakal mendapatkan manfaat antara lain berupa kuota data total 60 GB (5 GB per bulan selama 1 tahun) dan bebas akses Unlimited aplikasi pilihan.
“Smartfren selalu menghadirkan inovasi produk dan layanan yang relevan dengan gaya hidup digital anak muda Indonesia. Samsung Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G terbaru ini merupakan produk yang selaras dengan semangat Smartfren, sehingga kami menghadirkan bundling kartu perdana khusus,” kata Hermansyah Arifin, Chief Product & Services Strategy Smartfren.
Dengan menggunakan kartu perdana Unlimited Nonstop ini, pelanggan bisa menikmati jaringan internet Smartfren serta memanfaatkannya untuk membuka berbagai peluang baru.
Smartfren bundling kartu perdana Unlimited Nonstop edisi khusus dengan masa berlaku 1 tahun ini dapat diperoleh pelanggan setiap melakukan pembelian unit Samsung Galaxy Z Fold4 5G atau Galaxy Z Flip4 5G di seluruh gerai Erafone di Indonesia.
Cukup menambahkan Rp200.000 maka pelanggan bisa langsung menikmati kartu perdana Smartfren Unlimited Nonstop edisi khusus tersebut. Sebagai operator pertama yang menghadirkan eSIM di Indonesia, Smartfren juga menyediakan kartu perdana khusus ini dalam bentuk eSIM yang lebih praktis dan canggih.
“Komitmen Samsung untuk selalu menghadirkan inovasi yang mampu membuat konsumen do greater terlihat dengan keseriusan mengembangkan lini foldable smartphone hingga kini telah sampai pada peluncuran Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G. Dan tentunya kami ingin inovasi kami juga bukan hanya terbaik namun juga fungsional, begitu juga yang kami lakukan dalam kolaborasi dengan Smartfren,” kata Selvia Gofar, Head of MX Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia.
Samsung Galaxy Z Fold4 5G merupakan perangkat yang memadukan keunggulan smartphone dan tablet. Spesifikasinya antara lain berupa layar berukuran 6,2 inci yang bisa dibentangkan menjadi 7,6 inci, prosesor 4 nanometer, kemampuan multitasking yang bisa membuka tiga aplikasi pada saat bersamaan, serta kamera dengan tiga lensa (12 megapiksel ultra-wide, 50 megapiksel wide-angle, dan 10 megapiksel telephoto).
Sedangkan Samsung Galaxy Z Flip4 5G dibekali layar 6,7 inci yang dapat dilipat, prosesor 4 nanometer, kamera berlensa ganda (12 medapiksel ultra-wide, dan 12 megapiksel wide), serta peningkatan baterai hingga 3700 mAh yang lebih tahan lama. Kedua smartphone ini sama-sama mendukung eSIM.
Teknologi jaringan yang digunakan Smartfren, seperti multiple carrier, millimeter wave, beam forming, dan lain sebagainya berperan dalam memberikan koneksi internet terbaik yang bisa dioptimalkan lewat Samsung Galaxy Z Fold4 5G dan Flip4 5G. Menggunakan kombinasi kartu perdana dan gadget ini, pelanggan akan bisa menikmati akses internet berkecepatan tinggi dan stabil melalui jaringan Smartfren. (Icha)
Telko.id – XL Axiata berhasil melalui periode semester pertama 2022 dengan hasil kinerja yang terus menguat dimana pendapatan meningkat 9% lebih tinggi dari periode yang sama dari kuartal sebelumnya (QoQ) dan juga daripada tahun sebelumnya (YoY) .
Sedangkan untuk EBITDA juga meningkat, yaitu sebesar 12% QoQ (Rp.3,56 triliun) dan 4% YoY (Rp. 6,73 triliun). Laba bersih meningkat menjadi 476 miliar selama kuartal kedua saja sehingga mencapai sebesar Rp 615 miliar di semester pertama.
Pencapaian tersebut tidak terlepas dari terus meningkatnya kualitas jaringan XL Axiata yang semakin membuat nyaman pelanggan saat mengakses berbagai layanan telekomunikasi dan data.
“Selain meningkatkan kualitas pelayanan dan pengalaman pelanggan, kami benar-benar fokus dalam meningkatkan kualitas jaringan. Di tengah iklim kompetisi yang tidak pernah mengendur, salah satu peluang penentu yang bisa kami manfaatkan adalah menyajikan jaringan yang benar-benar baik dan berkualitas,” kata Dian Siswarini, Presiden Direktur dan CEO XL Axiata.
Dian Siswarini, Presiden Direktur dan CEO XL Axiata
Apalagi, saat ini masyarakat Indonesia semakin tergantung dengan digitalisasi yang membutuhkan koneksi internet yang prima. Peningkatan kualitas jaringan yang dilakukan XL Axiata pun tidak hanya mencakup peningkatan kualitas sinyal, namun juga dengan terus memperluas jaringan ke daerah-daerah baru, termasuk di area terpencil dan di luar Jawa.
Dian menambahkan, berdasarkan hasil survey independent yang dilakukan oleh salah satu lembaga survey terpercaya di industri telekomunikasi, pada periode Juli 2022 lalu, XL Axiata menempati peringkat pertama untuk kategori kecepatan mengunduh (download speed) dan pengalaman akses video (streaming video).
Menurutnya, hal ini merupakan pengakuan atas keberhasilan kerja keras pihaknya dalam meningkatkan kualitas jaringan. Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas jaringan, pelayanan dan pengalaman pelanggan tersebut, kami berhasil meningkatkan ARPU secara signifikan dan meraih pencapaian sebagai operator dengan pertumbuhan tercepat.
Hingga akhir Juni 2022, XL Axiata total memiliki lebih dari 144 ribu BTS, dengan jumlah BTS 4G meningkat signifikan mencapai 88.447. Jumlah ini meningkat 39% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (YoY).
Selain itu, untuk meningkatkan kualitas jaringan 4G, XL Axiata juga telah mematikan sebagian besar BTS 3G yang dimiliki. Dari periode akhir Juni tahun lalu hingga akhir Juni 2022, sebanyak 92% dari seluruh BTS 3G telah dipadamkan, dan hanya tersisa sekitar 4.221 BTS. Targetnya, per akhir 2022, seluruh BTS 3G sudah padam.
Trafik XL Axiata selama semester pertama 2022 juga terus meningkat. Tercatat, dalam kinerja XL Axiata, trafik meningkat sebesar 30% (YoY) menjadi 3.840 Petabyte di akhir Juni 2022. Sementara itu, jika dibandingkan kuartal sebelumnya, trafik meningkat pesat sebesar 7%.
Hal ini juga selaras dengan meningkatnya pengalaman pelanggan yang lebih baik, karena adanya peningkatan User Throughput dan perbaikan Latency selama kuartal pertama tahun ini.
Kenaikan trafik yang signifikan tersebut turut mendorong kenaikan pendapatan dari layanan data dan layanan digital. Tercatat, di kinerja semester pertama 2022 ini XL Axiata berhasil meraih pendapatan data dan layanan digital sebesar Rp 12,87 triliun, atau terjadi peningkatan 9% YoY.
Akses internet yang lebih cepat berdampak positif pada pemakaian aplikasi digital, termasuk aplikasi milik perusahaan, yaitu “myXL”dan “Axisnet”.
Pada kedua aplikasi yang antara lain menawarkan berbagai paket layanan dan juga sarana customer service kepada pelanggan tersebut, masing-masing mengalami peningkatan pengguna aktif bulanan sejak awal pandemi.
Dengan demikian, peningkatan investasi yang telah XL Axiata implementasikan telah terbukti sangat mendukung peningkatan performa bisnis, terutama pada sisi efisiensi biaya serta peluang untuk meningkatkan penjualan produk.
Selaras dengan visi perusahaan menjadi operator konvergensi terdepan di Indonesia (#1 Converged Operator in Indonesia), XL Axiata terus berupaya keras mengenalkan layanan konvergensi kepada masyarakat Indonesia, sekaligus meningkatkan manfaatnya.
Hasilnya, penetrasi layanan konvergensi ini telah mencapai 28%, yang berarti menunjukkan kuatnya permintaan atas produk ini. Akuisisi Linknet yang baru saja dilakukan akan sangat mendukung pengembangan produk konvergensi ini di masa mendatang.
Selain itu, XL Axiata juga telah menuntaskan akuisisi Hypernet. Langkah ini akan semakin memperkuat portofolio XL Axiata pada layanan korporasi (B2B).
Di sepanjang semester pertama 2022 ini, beban biaya operasional meningkat 13,2% (YoY) menjadi Rp 7,34 triliun dari Rp 6,49 triliun di periode yang sama tahun sebelumnya. Meningkatnya biaya operasional ini dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain biaya pemasaran dan penjualan, biaya terkait pajak BHP (regulatory charges) dan sebagainya.
Sementara itu, total jumlah pelanggan XL Axiata meningkat menjadi 57,23 juta, dengan jumlah pelanggan layanan prabayar sebanyak 55,8 juta. Pelanggan 4G mencapai 90,9%, meningkat 6% YoY. ARPU campuran tercatat sebesar Rp 39 ribu, meningkat dari Rp 36 ribu di kuartal sebelumnya. Hal ini menunjukkan kemampuan XL Axiata menjaga perkembangan pelanggan yang sehat.
Posisi keuangan XL Axiata cukup sehat dengan mampu menjaga posisi neraca tetap terkendali pasca akuisisi saham Linknet. Tercatat, utang kotor meningkat 26% YoY menjadi Rp 13,24 triliun, dengan angka gearing ratio net debt to EBITDA (termasuk finance lease) sebesar 2,8x. Utang bersih meningkat 39% YoY menjadi Rp 11,23 triliun. XL Axiata berfokus untuk melakukan pengurangan hutang kedepannya.
Perusahaan tidak memiliki utang berdenominasi USD. Sebesar 86% dari pinjaman yang ada saat ini berbunga mengambang (floating) dan pembayarannya masih dapat dikelola hingga dua tahun ke depan. Free Cash Flow (FCF) berada pada tingkat yang sehat, dengan meningkat sebesar 62,8%, ke angka Rp 3,12 triliun.
Untuk membiayai pembangunan jaringan dan mendorong pertumbuhan pendapatan, nilai commited capex meningkat 37,4% YoY menjadi Rp 6,8 triliun pada paruh tahun pertama 2022. Rencananya di tahun 2022 ini XL Axiata tetap akan mengalokasikan belanja modal dengan nilai relatif sama dengan tahun lalu sekitar Rp 9 triliiun.
Ada sejumlah peluang positif di Industri Telekomunikasi Indonesia di tahun 2022 yang bisa dimanfaatkan oleh XL Axiata untuk dapat meningkatkan performa ke depan. Peluang-peluang tersebut yakni pertama, pelonggaran bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan.
Hal ini akan mendorong mobilitas masyarakat yang akan meningkatkan perekonomian. Kedua, meningkatnya permintaan yang kuat oleh masyarakat pada layanan digital guna mendukung gaya hidup hybrid, termasuk untuk bekerja, hiburan, dan rekreasi. Ketiga, meningkatnya minat masyarakat pada layanan yang simpel, seperti solusi all in one yang mengkombinasikan beberapa produk dalam satu paket. (Icha)