Latest Phone

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Tecno Spark 20

Digitalisasi Indonesia, GSMA Tekankan Pentingnya Keberlanjutan Usaha

Telko.id – Asosiasi Industri Seluler Global (Global System for Mobile Communications Association/GSMA) menggelar forum Digital Nation Summit 2023 untuk membahas masa depan negara digital yang tangguh.

Dalam sambutannya, Kepala GSMA Asia Pasifik, Julian Gorman mengatakan bahwa potensi ekonomi digital Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di Asia Tenggara.

“Kehadiran berbagai perusahaan teknologi di Indonesia menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Keberadaan perusahaan telekomunikasi, baik operator maupun penyedia infrastruktur sebagai tulang punggung penyediaan layanan menjadi kunci untuk mewujudkan visi Indonesia emas 2045,” kata Julian.

Baca juga : Indosat dan GSMA Buat Digitalisasi ​Konservasi Mangrove

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Dr Ismail menyampaikan bahwa pemerintah tengah menggodok beragam peraturan yang berimbang dengan mempertimbangkan kelanjutan industri dan kemajuan sektor telekomunikasi dalam negeri.

“Salah satu yang tengah hangat diperbincangkan adalah pengembangan 5G di Indonesia. Kami dituntut untuk menciptakan dan  menyiapkan regulasi sesegera mungkin. Meski demikian, penting bagi Pemerintah untuk tidak tergesa-gesa. Untuk itu kami minta kepada para pelaku usaha untuk memberikan use case yang dapat dijadikan acuan penerapan terbaik di Indonesia,” tegas Ismail.

Tak hanya itu, Ismail juga menyebut pihaknya mendukung penuh para pengusaha telekomunikasi agar dapat menjaga keberlanjutan bisnis.

“Kami secara intensif berkomunikasi dengan para operator, utamanya bagaimana pemerintah dapat hadir dan memberikan aturan dengan takaran yang tepat, sehingga dapat mengakomodir kepentingan berbagai pihak,” ujar Ismail.

Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Kumar Singh menyambut baik pernyataan Ismail.

“Indosat Ooredoo Hutchison memiliki semangat gotong royong untuk memberdayakan masyarakat Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan tujuan pemerintah dalam mengakselerasi digitalisasi di dalam negeri. Untuk itu, saat ini Indosat fokus pada peningkatan literasi digital bagi masyarakat Indonesia, lewat nilai tambah yang kami berikan lewat layanan-layanan yang ada,” ujar Ritesh.

Ritesh juga mengajak seluruh pihak untuk bergandeng tangan bersama untuk mencapai negara digital yang tangguh di masa depan. (Icha)

Latest

Presiden Groundbreaking Telkom Smart Office di IKN

Telko.id - Sebagai upaya untuk mendukung percepatan pembangunan Ibu...

Oppo Watch X Unik, Ada Fitur Dukung Olahraga Badminton

Telko.id - Oppo resmi meluncurkan jam pintar flagship terbaru...

4 Alasan, Huawei FreeBuds Pro 3 Pas Buat Teman Keseharianmu

Telko.id - Hari ini, Huawei resmi meluncurkan Huawei FreeBuds...

Indosat dan Nokia Kolaborasi Tingkatkan Talenta Digital Indonesia Adopsi AI

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mengumumkan...

Rekomendasi

Indosat dan Nokia Kolaborasi Tingkatkan Talenta Digital Indonesia Adopsi AI

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mengumumkan kemitraannya dengan Nokia dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2024 yang digelar di Barcelona, Spanyol. Kesepakatan...

Indosat Bersama NVIDIA Siap Ciptakan Infrastruktur AI Berdaulat

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) group berkolaborasi dengan NVIDIA dalam membentuk lanskap teknologi dan mendorong Indonesia ke barisan terdepan revolusi Artificial...

Indosat Gandeng Huawei Kembangkan Inovasi Berbasiskan AI

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dan Huawei menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang pengembangan digital. Tujuan kemitraan ini untuk mendukung pengembangan kecerdasan buatan (Artificial...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini