spot_img
Latest Phone

iPadOS 26 Resmi Dirilis: Multitasking Lebih Canggih dan Desain Baru

Telko.id - Para pengguna iPad merasakan perangkat nya masih...

Apple Intelligence Tambah Fitur Baru, Tapi Siri Masih Belum Cerdas

Telko.id - Dalam konferensi Worldwide Developers Conference (WWDC) 2025,...

iOS 26 Resmi Dirilis: Desain Liquid Glass dan Fitur AI Terbaru

Telko.id - Apple baru saja meluncurkan iOS 26, yang...

Bocoran Samsung Galaxy Watch8: Desain Baru, Tapi Kecepatan Isi Daya Masih Sama?

Telko.id - Bocoran resmi dari sertifikasi 3C di China...

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...
Beranda blog Halaman 427

vivo Y22s

0

Harga dan Spesifikasi – vivo Y22s kali pertama diperkenalkan pada 2022, August 23, hadir dengan sistem operasi Android 12, Funtouch 12, konfigurasi memori 128GB 8GB RAM, kamera utama beresolusi 50 MP dan chipset Snapdragon 680 4G dengan prosesor Octa-core (4×2.4 GHz Kryo 265 Gold & 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver) dan GPU Adreno 610 untuk mendukung performa. HP vivo Y22s memiliki varian warna Dark Blue, Yellow Green dan dilengkapi dengan layar IPS LCD-6.55″ Inch dengan resolusi 720×1612 pixels, baterai berkapasitas 5000 mAh, dan support konektivitas GSM / HSPA / LTE untuk wilayah Indonesia.

Dari sisi desain, smartphone yang pada awal peluncurannya dibandrol dengan harga sekitar 250 EUR (harga global) ini, memiliki dimensi 164.3 x 76.1 x 8.4 mm (6.47 x 3.00 x 0.33 in) dengan bobot 192 g (6.77 oz). Material yang digunakan terdiri dari kombinasi Glass front, plastic frame, plastic back. Pada bodinya juga tertanam slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan slot memori microSDXC (dedicated slot).

Sementara dari sisi fungsi, selain menawarkan komposisi prosesor, ram, memori internal, baterai, dan sistem operasi untuk mendukung performa, spesifikasi vivo Y22s juga memanjakan kebutuhan photo video penggunanya dengan kamera 50 MP. Berikut adalah spesifikasi kameranya:

  • Komposisi Kamera Utama : 50 MP, f/1.8, (wide), PDAF
    2 MP, f/2.4, (macro)
  • Kamera Selfie : 8 MP, f/2.0, (wide)
  • Video : Kamera Utama (1080p@30fps), Kamera Selfie (1080p@30fps)
  • Fitur lainnya : Dual LED flash

Ketersediaan

Di tengah persaingan pasar yang kian sengit, komposisi harga dan spesifikasi menjadi kian penting. Inilah mengapa Vivo menanamkan cukup banyak fitur ke dalam HP vivo Y22s dengan komposisi prosesor, ram, memori internal, kamera, sistem operasi dan baterai yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persaingan pasar.

Harga vivo Y22s

Setelah diperkenalkan pada 2022, August 23, smartphone ini dirilis secara global atau berstatus Available. Released 2022, August 23. Untuk harga, vivo Y22s dibandrol dengan kisaran harga sekitar 250 EUR. Harga tersebut adalah harga untuk pasar global. Harga tersebut bisa jadi tidak jauh berbeda dengan pasar Indonesia, terkecuali jika ada fitur atau kelengkapan paket penjualan yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.

Sebagai informasi, harga untuk pasar Indonesia, kami kumpulkan dari empat market place yaitu Bukalapak, Shopee, Lazada, dan JD. Harga tersebut bisa jadi berbeda dengan pasar offline atau berubah sesuai dengan perkembangan trend di pasar. Referensi harganya akan tersedia saat HP tersebut sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Spesifikasi Lengkap

Sebagai informasi, spesifikasi smartphone kembangan Vivo ini dibuat berdasarkan spesifikasi awal pada saat kali pertama HP ini diperkenalkan secara global. Spesifikasinya bisa berubah atau ada penyesuaian berdasarkan lokasi pemasaran.

Baca juga update informasi terkait HP Oppo Terbaru, HP Nokia Terbaru, HP Samsung Terbaru, HP Xiaomi Terbaru,  HP Vivo Terbaru, HP Realme Terbaru dan beragam informasi tentang berita teknologi telekomunikasi lainnya.

vivo iQOO Z6x

0

Harga dan Spesifikasi – vivo iQOO Z6x kali pertama diperkenalkan pada 2022, August 25, hadir dengan sistem operasi Android 11, Origin OS Ocean, konfigurasi memori 128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM, 256GB 8GB RAM, kamera utama beresolusi 50 MP dan chipset Dimensity 810 dengan prosesor Octa-core (2×2.4 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G57 MC2 untuk mendukung performa. HP vivo iQOO Z6x memiliki varian warna Black, Blue, Orange dan dilengkapi dengan layar IPS LCD-6.58″ Inch dengan resolusi 1080×2408 pixels, baterai berkapasitas 6000 mAh, dan support konektivitas GSM / CDMA / HSPA / CDMA2000 / LTE / 5G untuk wilayah Indonesia.

Dari sisi desain, smartphone yang pada awal peluncurannya dibandrol dengan harga sekitar 180 EUR (harga global) ini, memiliki dimensi 163.9 x 75.3 x 9.3 mm (6.45 x 2.96 x 0.37 in) dengan bobot 204 g (7.20 oz). Material yang digunakan terdiri dari kombinasi Glass front, plastic frame, plastic back. Pada bodinya juga tertanam slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan slot memori No.

Sementara dari sisi fungsi, selain menawarkan komposisi prosesor, ram, memori internal, baterai, dan sistem operasi untuk mendukung performa, spesifikasi vivo iQOO Z6x juga memanjakan kebutuhan photo video penggunanya dengan kamera 50 MP. Berikut adalah spesifikasi kameranya:

  • Komposisi Kamera Utama : 50 MP, f/1.8, 26mm (wide), PDAF
    2 MP, f/2.4, (macro)
  • Kamera Selfie : 8 MP, f/2.0, (wide)
  • Video : Kamera Utama (1080p@30fps), Kamera Selfie (1080p@30fps)
  • Fitur lainnya : Dual-LED flash, HDR, panorama

Ketersediaan

Di tengah persaingan pasar yang kian sengit, komposisi harga dan spesifikasi menjadi kian penting. Inilah mengapa Vivo menanamkan cukup banyak fitur ke dalam HP vivo iQOO Z6x dengan komposisi prosesor, ram, memori internal, kamera, sistem operasi dan baterai yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persaingan pasar.

Harga vivo iQOO Z6x

Setelah diperkenalkan pada 2022, August 25, smartphone ini dirilis secara global atau berstatus Coming soon. Exp. release 2022, September 01. Untuk harga, vivo iQOO Z6x dibandrol dengan kisaran harga sekitar 180 EUR. Harga tersebut adalah harga untuk pasar global. Harga tersebut bisa jadi tidak jauh berbeda dengan pasar Indonesia, terkecuali jika ada fitur atau kelengkapan paket penjualan yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.

Sebagai informasi, harga untuk pasar Indonesia, kami kumpulkan dari empat market place yaitu Bukalapak, Shopee, Lazada, dan JD. Harga tersebut bisa jadi berbeda dengan pasar offline atau berubah sesuai dengan perkembangan trend di pasar. Referensi harganya akan tersedia saat HP tersebut sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Spesifikasi Lengkap

Sebagai informasi, spesifikasi smartphone kembangan Vivo ini dibuat berdasarkan spesifikasi awal pada saat kali pertama HP ini diperkenalkan secara global. Spesifikasinya bisa berubah atau ada penyesuaian berdasarkan lokasi pemasaran.

Baca juga update informasi terkait HP Oppo Terbaru, HP Nokia Terbaru, HP Samsung Terbaru, HP Xiaomi Terbaru,  HP Vivo Terbaru, HP Realme Terbaru dan beragam informasi tentang berita teknologi telekomunikasi lainnya.

vivo iQOO Z6 (China)

0

Harga dan Spesifikasi – vivo iQOO Z6 (China) kali pertama diperkenalkan pada 2022, August 25, hadir dengan sistem operasi Android 12, Origin OS Ocean, konfigurasi memori 128GB 8GB RAM, 256GB 8GB RAM, 256GB 12GB RAM, kamera utama beresolusi 64 MP dan chipset Snapdragon 778G+ 5G dengan prosesor Octa-core (1×2.5 GHz Cortex-A78 & 3×2.4 GHz Cortex-A78 & 4×1.9 GHz Cortex-A55) dan GPU Adreno 642L untuk mendukung performa. HP vivo iQOO Z6 (China) memiliki varian warna Black, Orange, Blue dan dilengkapi dengan layar IPS LCD, 120Hz, HDR10, 650 nits (HBM)-6.64″ Inch dengan resolusi 1080×2388 pixels, baterai berkapasitas 4500 mAh, dan support konektivitas GSM / CDMA / HSPA / CDMA2000 / LTE / 5G untuk wilayah Indonesia.

Dari sisi desain, smartphone yang pada awal peluncurannya dibandrol dengan harga sekitar 250 EUR (harga global) ini, memiliki dimensi 164 x 75.8 x 8.6 mm (6.46 x 2.98 x 0.34 in) dengan bobot 194.6 g (6.88 oz). Pada bodinya juga tertanam slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan slot memori No.

Sementara dari sisi fungsi, selain menawarkan komposisi prosesor, ram, memori internal, baterai, dan sistem operasi untuk mendukung performa, spesifikasi vivo iQOO Z6 (China) juga memanjakan kebutuhan photo video penggunanya dengan kamera 64 MP. Berikut adalah spesifikasi kameranya:

  • Komposisi Kamera Utama : 64 MP, f/1.8, (wide), PDAF, OIS
    2 MP, f/2.4, (macro)
    2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera Selfie : 8 MP, f/2.0, (wide)
  • Video : Kamera Utama (4K@30fps, 1080p@30/60fps, gyro-EIS), Kamera Selfie (1080p@30fps)
  • Fitur lainnya : Dual-LED dual-tone flash, HDR, panorama

Ketersediaan

Di tengah persaingan pasar yang kian sengit, komposisi harga dan spesifikasi menjadi kian penting. Inilah mengapa Vivo menanamkan cukup banyak fitur ke dalam HP vivo iQOO Z6 (China) dengan komposisi prosesor, ram, memori internal, kamera, sistem operasi dan baterai yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persaingan pasar.

Harga vivo iQOO Z6 (China)

Setelah diperkenalkan pada 2022, August 25, smartphone ini dirilis secara global atau berstatus Coming soon. Exp. release 2022, September 01. Untuk harga, vivo iQOO Z6 (China) dibandrol dengan kisaran harga sekitar 250 EUR. Harga tersebut adalah harga untuk pasar global. Harga tersebut bisa jadi tidak jauh berbeda dengan pasar Indonesia, terkecuali jika ada fitur atau kelengkapan paket penjualan yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.

Sebagai informasi, harga untuk pasar Indonesia, kami kumpulkan dari empat market place yaitu Bukalapak, Shopee, Lazada, dan JD. Harga tersebut bisa jadi berbeda dengan pasar offline atau berubah sesuai dengan perkembangan trend di pasar. Referensi harganya akan tersedia saat HP tersebut sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Spesifikasi Lengkap

Sebagai informasi, spesifikasi smartphone kembangan Vivo ini dibuat berdasarkan spesifikasi awal pada saat kali pertama HP ini diperkenalkan secara global. Spesifikasinya bisa berubah atau ada penyesuaian berdasarkan lokasi pemasaran.

Baca juga update informasi terkait HP Oppo Terbaru, HP Nokia Terbaru, HP Samsung Terbaru, HP Xiaomi Terbaru,  HP Vivo Terbaru, HP Realme Terbaru dan beragam informasi tentang berita teknologi telekomunikasi lainnya.

Xiaomi Poco M4 5G

0

Harga dan Spesifikasi – Xiaomi Poco M4 5G kali pertama diperkenalkan pada 2022, August 15, hadir dengan sistem operasi Android 12, MIUI 13, konfigurasi memori 64GB 4GB RAM, 128GB 6GB RAM, kamera utama beresolusi 13 MP dan chipset Dimensity 700 dengan prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G57 MC2 untuk mendukung performa. HP Xiaomi Poco M4 5G memiliki varian warna Power Black, Cool Blue, Poco Yellow dan dilengkapi dengan layar IPS LCD, 90Hz, 500 nits (HBM)-6.58″ Inch dengan resolusi 1080×2408 pixels, baterai berkapasitas 5000 mAh, dan support konektivitas GSM / HSPA / LTE / 5G untuk wilayah Indonesia.

Dari sisi desain, smartphone yang pada awal peluncurannya dibandrol dengan harga sekitar 220 EUR (harga global) ini, memiliki dimensi 164 x 76.1 x 8.9 mm (6.46 x 3.00 x 0.35 in) dengan bobot 200 g (7.05 oz). Material yang digunakan terdiri dari kombinasi Glass front (Gorilla Glass), plastic frame, plastic back. Pada bodinya juga tertanam slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan slot memori microSDXC (dedicated slot).

Sementara dari sisi fungsi, selain menawarkan komposisi prosesor, ram, memori internal, baterai, dan sistem operasi untuk mendukung performa, spesifikasi Xiaomi Poco M4 5G juga memanjakan kebutuhan photo video penggunanya dengan kamera 13 MP. Berikut adalah spesifikasi kameranya:

  • Komposisi Kamera Utama : 13 MP, f/2.2, (wide), PDAF
    2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera Selfie : 5 MP, f/2.2, (wide)
  • Video : Kamera Utama (1080p@30fps), Kamera Selfie (1080p@30fps)
  • Fitur lainnya : LED flash, HDR, panorama

Ketersediaan

Di tengah persaingan pasar yang kian sengit, komposisi harga dan spesifikasi menjadi kian penting. Inilah mengapa Xiaomi menanamkan cukup banyak fitur ke dalam HP Xiaomi Poco M4 5G dengan komposisi prosesor, ram, memori internal, kamera, sistem operasi dan baterai yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persaingan pasar.

Harga Xiaomi Poco M4 5G

Setelah diperkenalkan pada 2022, August 15, smartphone ini dirilis secara global atau berstatus Coming soon. Exp. release 2022, September. Untuk harga, Xiaomi Poco M4 5G dibandrol dengan kisaran harga sekitar 220 EUR. Harga tersebut adalah harga untuk pasar global. Harga tersebut bisa jadi tidak jauh berbeda dengan pasar Indonesia, terkecuali jika ada fitur atau kelengkapan paket penjualan yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.

Sebagai informasi, harga untuk pasar Indonesia, kami kumpulkan dari empat market place yaitu Bukalapak, Shopee, Lazada, dan JD. Harga tersebut bisa jadi berbeda dengan pasar offline atau berubah sesuai dengan perkembangan trend di pasar. Referensi harganya akan tersedia saat HP tersebut sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Spesifikasi Lengkap

Sebagai informasi, spesifikasi smartphone kembangan Xiaomi ini dibuat berdasarkan spesifikasi awal pada saat kali pertama HP ini diperkenalkan secara global. Spesifikasinya bisa berubah atau ada penyesuaian berdasarkan lokasi pemasaran.

Baca juga update informasi terkait HP Oppo Terbaru, HP Nokia Terbaru, HP Samsung Terbaru, HP Xiaomi Terbaru,  HP Vivo Terbaru, HP Realme Terbaru dan beragam informasi tentang berita teknologi telekomunikasi lainnya.

Survei TikTok: Shoppertainment Sangat Pengaruhi Keputusan Membeli

Telko.id – TikTok bekerjasama dengan Boston Consulting Group (BCG) untuk meluncurkan survei bertajuk “Shoppertainment: APAC’s Trillion-Dollar Opportunity” dengan responden di seluruh pasar Asia Pasifik, termasuk Indonesia, Thailand, Vietnam, Australia, Korea Selatan, dan Jepang.

Survei TikTok ini memberikan wawasan bagi brand tentang pengaruh teknologi terhadap perilaku belanja konsumen yang semakin membutuhkan pengalaman menghibur saat mereka memilih produk ataupun melakukan pembelian, atau yang biasa disebut Shoppertainment

Shoppertainment merupakan pendekatan penjualan dan promosi yang berbasis konten digitan dan menggabungkan unsur hiburan serta edukasi. Pendekatan ini menciptakan cara yang menarik bagi brand untuk mengubah interaksi mereka dengan konsumen melalui format “video-first, sound-on“.

Menurut survei dari TikTok dan BCG ini, pendekatan shoppertainment ini memberikan pengaruh pada pertumbuhan brand, tepatnya sebesar 63%, terutama di Indonesia, Jepang, dan Korea Selatan.

Shoppertainment menggabungkan konten, culture, dan kegiatan penjualan dengan cara yang mulus. Dengan begitu, brand dapat berinteraksi dengan audiens selama berbelanja, tanpa terlalu ‘berjualan’ secara terang-terangan. Brand pun akhirnya mampu menyentuh kebutuhan fungsional dan emosional pelanggan, sehingga bisa tercipta hubungan yang lebih kuat dan lebih lama,” kata Sam Singh, Vice President of Global Business Solutions, TikTok APAC.

Hiburan sebagai esensi komersial/jual beli

Studi ini mengungkapkan bahwa konsumen di Asia Pasifik mengharapkan brand untuk fokus pada hiburan, sebelum memberikan informasi produk dan langkah untuk membelinya. Hal ini dilakukan untuk mengajak konsumen beralih dari tahap awareness ke tahap desire, dan akhirnya maju ke tahap conversion—secara mulus.

Kesenangan dan hiburan: 81% responden mengharapkan konten bercerita dan pendidikan, sementara 76% responden mengaku tertarik pada format video-first. Konten tersebut dapat dibuat oleh influencer dan kolaborasi brand yang ditampilkan melalui TV belanja atau livestream dan dibalut unsur komedi.

Kredibel dan asli: 71% responden menemukan bahwa orisinalitas atau authenticity penting dalam membuat konten menarik. Para brand dapat menciptakan sentimen brand yang autentik, dengan ulasan yang kredibel dan percakapan komunitas yang terbuka dan menarik, yang dapat menginspirasi komunitas melalui ulasan produk atau video unboxing.

Inspirasi dan kesenangan: 71% responden mengharapkan brand tidak memaksakan pengambilan keputusan saat berinteraksi dengan konsumen. Para brand harus memastikan kontennya bisa sesuai dengan minat dan hobi target konsumen, sehingga konsumen menimbulkan perasaan bahagia atau membangkitkan kenangan yang positif.

Tren dan komunitas: 65% responden ingin melihat saran dan rekomendasi tepercaya tentang brand online. Penting untuk menyertakan suara pakar komunitas yang kredibel dan tepercaya, sehingga obrolan ini pun bisa diteruskan oleh pengguna kepada teman dan pengguna lainnya.

Indonesia shoppertainment

Di Indonesia sendiri, konsumen sangat terbuka untuk mengadopsi shoppertainment sebagai bagian dari kegiatan belanja mereka. Sebanyak 83% dari responden Indonesia menyatakan bahwa mereka menonton video sebelum akhirnya membeli produk tersebut. Selain itu, konten video mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli kategori fesyen, kecantikan, dan elektronik mencapai lebih dari 50%.

Salah satu brand elektronik dan peralatan smart home asal Indonesia, BARDI, telah berhasil memanfaatkan format “video-first” di TikTokuntuk memanfaatkan antusiasme konsumen berbelanja selama musim Mega Sales melalui sesi live streaming sepanjang hari. BARDI berkolaborasi dengan para kreator TikTok untuk menyajikan konten yang menghibur dan mendorong keinginan membeli produk-produk yang telah didiskon.

Sesi live tersebut tak hanya interaktif, tapi juga edukatif dalam memberikan informasi mengenai kegunaan produk smart home untuk para pengguna. Kampanye ini berhasil mendatangkan lebih dari 89 ribu penonton dari sesi live. Tidak hanya itu, lebih dari 370 produk milik BARDI berhasil terjual dalam sesi live streaming ini. (Icha)

Oppo Reno8 Z 5G

1

Harga dan Spesifikasi – Oppo Reno8 Z 5G kali pertama diperkenalkan pada 2022, August 04, hadir dengan sistem operasi Android 12, ColorOS 12.1, konfigurasi memori 128GB 8GB RAM, kamera utama beresolusi 64 MP dan chipset Qualcomm SM6375 Snapdragon 695 5G (6 nm) dengan prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 660 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 660 Silver) dan GPU Adreno 619 untuk mendukung performa. HP Oppo Reno8 Z 5G memiliki varian warna Starlight Black, Dawnlight Gold dan dilengkapi dengan layar AMOLED, 430 nits (typ), 600 nits (HBM)- Inch dengan resolusi 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~409 ppi density), baterai berkapasitas 4500 mAh mAh, dan support konektivitas GSM / HSPA / LTE / 5G untuk wilayah Indonesia.

Dari sisi desain, smartphone yang pada awal peluncurannya dibandrol dengan harga sekitar 350 EUR (harga global) ini, memiliki dimensi 159.9 x 73.2 x 7.7 mm (6.30 x 2.88 x 0.30 in) dengan bobot 181 g (6.38 oz). Material yang digunakan terdiri dari kombinasi Glass front, plastic frame, glass back. Pada bodinya juga tertanam slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan slot memori microSDXC.

Sementara dari sisi fungsi, selain menawarkan komposisi prosesor, ram, memori internal, baterai, dan sistem operasi untuk mendukung performa, spesifikasi Oppo Reno8 Z 5G juga memanjakan kebutuhan photo video penggunanya dengan kamera 64 MP. Berikut adalah spesifikasi kameranya:

  • Komposisi Kamera Utama : 64 MP, f/1.7, 26mm (wide), PDAF
    2 MP, f/2.4, (macro)
    2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera Selfie : 16 MP, f/2.4, 27mm (wide), 1.0µm
  • Video : Kamera Utama ( 1080p@30fps, 720p@30/120fps, EIS), Kamera Selfie ( 1080p@30fps)
  • Fitur lainnya : LED flash, HDR, panorama

Ketersediaan

Di tengah persaingan pasar yang kian sengit, komposisi harga dan spesifikasi menjadi kian penting. Inilah mengapa Oppo menanamkan cukup banyak fitur ke dalam HP Oppo Reno8 Z 5G dengan komposisi prosesor, ram, memori internal, kamera, sistem operasi dan baterai yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persaingan pasar.

Harga Oppo Reno8 Z 5G

Setelah diperkenalkan pada 2022, August 04, smartphone ini dirilis secara global atau berstatus Available. Released 2022, August 04. Untuk harga, Oppo Reno8 Z 5G dibandrol dengan kisaran harga sekitar 350 EUR. Harga tersebut adalah harga untuk pasar global. Harga tersebut bisa jadi tidak jauh berbeda dengan pasar Indonesia, terkecuali jika ada fitur atau kelengkapan paket penjualan yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.

Sebagai informasi, harga untuk pasar Indonesia, kami kumpulkan dari empat market place yaitu Bukalapak, Shopee, Lazada, dan JD. Harga tersebut bisa jadi berbeda dengan pasar offline atau berubah sesuai dengan perkembangan trend di pasar. Referensi harganya akan tersedia saat HP tersebut sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Spesifikasi Lengkap

Sebagai informasi, spesifikasi smartphone kembangan Oppo ini dibuat berdasarkan spesifikasi awal pada saat kali pertama HP ini diperkenalkan secara global. Spesifikasinya bisa berubah atau ada penyesuaian berdasarkan lokasi pemasaran.

Baca juga update informasi terkait HP Oppo Terbaru, HP Nokia Terbaru, HP Samsung Terbaru, HP Xiaomi Terbaru,  HP Vivo Terbaru, HP Realme Terbaru dan beragam informasi tentang berita teknologi telekomunikasi lainnya.

Akselerasi Ekonomi Digital Indonesia, DANA dan Sinar Mas

0

Telko.id – DANA dan Sinar Mas, berkolaborasi untuk mengakselerasi ekonomi digital Indonesia. Langkah ini merupakan kelanjutan dari aksi korporasi kedua nya. Di mana Sinar Mas mengucurkan investasi ke DANA yang mencapai 250 juta dolar AS atau sekitar Rp 3,7 triliun (kurs Rp 14.804 per dolar AS).

Kolaborasi DANA dan Sinar mas ini menjadi penting untuk saling menguntungkan disemua sisi. Baik untuk mengakselerasi literasi digital dan inklusi keuangan di Indonesia. Apalagi, Sinar Mas merupakan group besar yang bergerka dibanyak bidang. Sebut saja bidang layanan keuangan digital, telekomunikasi, serta properti dan lainnya.

“Semangat kolaborasi yang diinisiasi DANA dan Sinar Mas pada sektor telekomunikasi, layanan keuangan digital, serta properti, merupakan langkah awal kami untuk  pengembangan ekonomi digital lintas industri,” ujar Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA Indonesia.

“Dengan teknologi terdepan DANA, inovasi, serta solusi pembayaran yang terintegrasi dan didukung oleh sepak terjang Sinar Mas yang ekstensif di berbagai lini bisnis, kami akan terus meningkatkan dan memperluas layanan keuangan berbasis gaya hidup untuk konsumen, solusi untuk merchant, serta berbagai layanan keuangan melalui kemitraan dengan lembaga keuangan,” ungkap Vince menambahkan.

Di samping itu, DANA tetap berkomitmen menjadi platform ekosistem terbuka sebagai solusi pembayaran dan layanan keuangan berbasis gaya hidup serta mempercepat pertumbuhan platform terbuka kami, yang kami yakini diperlukan untuk literasi dan inklusi keuangan yang lebih masif di Indonesia.

Kolaborasi seperti apa yang akan dikerjakan dengan Sinar Mas Group ini?

Dengan Smartfren misalnya, menurut Andrijanto Muljono, Chief Commercial Officer Smartfren berharap semakin banyak peluang baru yang terbuka di masyarakat, baik untuk UMKM atau anak – anak muda kreatif yang kini sangat lihai memanfaatkan teknologi digital.

Sedangkan dengan Sinar Mas Multiartha, melalui  unit usaha-usaha nya berkomitmen untuk mendukung penuh program literasi dan inklusi keuangan nasional Indonesia.

“Tak hanya dalam pembayaran digital, kami akan bekerjasama dengan DANA untuk memberikan layanan lebih lengkap melalui produk investasi keuangan seperti reksa dana, obligasi, asuransi dan lain-lain yang tersedia di dalam ekosistem Sinarmas Financial Service Group,” ujar Ferita, Director Sinar Mas Multiartha.

Apalagi, kini kedua nya sudah menjadi Kami sebagai salah satu group keuangan dan investasi di Indonesia bersama DANA siap bersama untuk menjunjung perkembangan/akselerasi ekonomi digital ecosystem di Indonesia dan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Indonesia.”

Kolaborasi DANA dengan Sinar Mas Land juga akan menggali potensi yang ada untuk memasuki sektor digital dari hulu ke hilir.

 “Kami akan mendorong DANA untuk mendukung transaksi dengan pembayaran digital, mulai dari warga, pemain UMKM hingga ritel besar. Kami akan mengintegrasikan pembayaran digital di township yang kami kembangkan, sehingga pelayanan warga lebih efisien dan nyaman. Selain itu, kolaborasi ini akan langsung kami implementasikan ke proyek-proyek inovasi yang sedang kami kembangkan di dalam ekosistem Sinar Mas Land,” ungkap Mulyawan Gani, Chief Transformation Officer Sinar Mas Land.

Irawan Harahap, Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land menambahkan, “Sinar Mas Land tengah mengembangkan ekosistem digital yang terdiri atas akademia, komunitas, startup hingga perusahaan multinasional. Kami menyambut kedatangan DANA yang tentu akan memperkaya ekosistem digital kami. Semoga kolaborasi ini memberi dampak yang besar, tidak hanya terasa di township dan proyek pengembangan Sinar Mas Land, tapi juga berdampak ke ekonomi nasional.”

Apresiasi dan dukungan terhadap penyelesaian transaksi investasi terbaru dari Sinar Mas dan Lazada Group kepada DANA juga dipaparkan oleh Pandu Sjahrir selaku Ketua Umum AFTECH.

Selaras dengan tekad AFTECH untuk senantiasa membantu memenuhi akses layanan keuangan berbasis teknologi bagi masyarakat di seluruh Indonesia, kolaborasi ini menjadi akselerator bagi pertumbuhan teknologi layanan keuangan finansial, yang dapat mendukung percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), serta literasi dan inklusi keuangan.

Pandu Sjahrir, Ketua Umum AFTECH mengatakan, “Saat ini, DANA sudah dikenal dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Saya pribadi turut senang dengan adanya kontribusi dari para investor baru DANA yang sekaligus mencerminkan telah tumbuhnya pilar-pilar kepercayaan masyarakat. Melalui acara ini, saya menitipkan pesan agar DANA dapat menjaga kepercayaan pengguna.”

Pertumbuhan DANA sebagai perusahaan teknologi keuangan yang telah mencapai 120 juta pengguna di seluruh Indonesia, dan mengolah rata-rata lebih dari 10 juta transaksi harian, adalah salah satu wujud inklusi keuangan di Indonesia yang membutuhkan upaya kolektif yang signifikan dari semua pemain dalam ekonomi digital dan lembaga keuangan konvensional.

Melalui semangat kolaborasi ini, DANA akan terus memberikan solusi terbaik bagi masyarakat Indonesia, baik masyarakat dalam kategori banked maupun unbanked, serta mendukung visi Pemerintah dan regulator untuk pembayaran digital dan open finance.

Beberapa pengembangan fitur terbaru juga telah DANA siapkan hingga akhir tahun 2022 diantaranya memperluas pilihan pembayaran seperti asuransi, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), eSamsat, hingga mitra pembayaran online dan offline.

DANA juga ikut serta mendukung kebijakan regulator melalui penerapan BI-Fast, QRIS TTS (Topup, Tarik, Setor), dan SNAP Open Banking. Dalam waktu dekat, DANA akan meluncurkan Family Account yang ditujukan khusus untuk generasi Z. (Icha)

Telkomsel Kembali Gelar Turnamen Esports Dunia Games League 2022

0

Telko.id – Telkomsel kembali gelar turnamen eSport Dunia Games League 2022. Turnamen ini melanjutkan kesuksesan pelaksanaan turnamen Dunia Games League sebelumnya pada 2019, 2020, dan 2021 dengan total partisipasi kumulatif mencapai lebih dari 69,4 ribu gamers dan lebih dari 46 juta views.

Pada tahun ini, Telkomsel membuka pendaftaran Dunia Games League untuk umum sejak tanggal 25 Agustus 2022 melalui laman dgl.duniagames.co.id.

Turnamen Dunia Games League 2022 akan berlangsung secara online pada setiap akhir pekan pada akhir September hingga akhir Oktober 2022 untuk babak penyisihan Qualifier Stage, Group Stage, dan Play-Ins, serta secara offline untuk laga 12 tim terbaik pada babak Grand Final di Basketball Hall Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

Ya, industri gaming dan esports Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk terus tumbuh menjadi salah satu kekuatan ekonomi digital kreatif nasional di masa depan. Melalui kehadiran Dunia Games League 2022, Telkomsel kembali mempertegas komitmennya dalam membuka semua peluang kemajuan di ekosistem industri gaming dan kancah esports nasional.

“Semoga penyelenggaraan salah satu turnamen gaming terbesar di Indonesia ini dapat disambut positif oleh seluruh pihak dan menjadi batu loncatan bagi para gamer dan komunitas agar dapat terus meningkatkan kemampuan, kompak berkembang, dan tampil mencetak prestasi,” kata Nirwan Lesmana, Vice President Digital Lifestyle Telkomsel.

Penyelenggaraan Dunia Games League merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel melalui Dunia Games dalam mendukung ekosistem industri dan kancah esports dan gaming tanah air. Sejak 2017, Dunia Games secara konsisten menggelar turnamen-turnamen bergengsi, seperti Indonesia Games Championship, Dunia Games League, DGWIB Championship, DGWIB Regular Season, dan turnamen-turnamen tingkat grassroot yang diadakan di lebih dari 120 cluster di seluruh Indonesia.

Sejak kesuksesan gelaran pertama Dunia Games League pada 2019, Telkomsel dan Dunia Games secara rutin menggelar turnamen esports nasional tersebut setiap tahunnya. Dengan catatan total partisipasi kumulatif hingga lebih dari 69,4 ribu gamers dan lebih dari 46 juta views selama tiga tahun terakhir, Telkomsel berharap pelaksanaan Dunia Games League tahun keempat ini dapat menarik kembali puluhan ribu gamers dan para penggemarnya dari seluruh Indonesia untuk berpartisipasi.

Dunia Games League mempertandingkan game populer Free Fire sebagai game utama. Pendaftaran untuk Qualifier Stage terbuka bagi 6.000 non-professional players dari seluruh wilayah Indonesia sejak tanggal 25 Agustus 2022.

Sedangkan bagi professional players, Dunia Games League mengundang 18 tim secara khusus untuk berpartisipasi melalui Group Stage. Pada Qualifier Stage dan Group Stage, Dunia Games League melanjutkan empat tim terbaik per Area dari Qualifier Stage dan dua tim terbaik dari Group Stage untuk bertanding di babak Grand Final.

Hingga 18 tim terbaik yang tidak langsung lolos ke Grand Final akan bertanding kembali di babak Play-Ins untuk memperebutkan enam tiket ke Grand Final. Total sebanyak 12 tim terbaik akan berlaga pada babak Grand Final yang akan berlangsung di Basketball Hall Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

Dengan mengadopsi skema turnamen tersebut, DGL membuka peluang bagi gamer non-profesional untuk menjadi juara di wilayahnya dan melaju ke Play-Ins hingga Grand Final untuk bertanding dengan tim profesional.

Mulai dari babak penyisihan di Group Stage, perebutan tiket di Play-Ins, sampai dengan panggung laga akhir di Grand Final, para tim terbaik berkesempatan meraih hadiah dengan beragam nominal yang totalnya mencapai hingga 553 juta Rupiah.

Para penonton dan penggemar esports dan gaming pun dapat mendukung teman-teman dan tim favorit mereka yang bertanding di Dunia Games League 2022 melalui Live Streaming untuk Group Stage, Play-Ins, hingga Grand Final di laman dgl.duniagames.co.id.

“Di samping berbagai inisiatif kolaborasi strategis dan pemanfaatan solusi teknologi terintegrasi, Telkomsel dan Dunia Games akan terus berupaya menghadirkan ragam aktivitas dan inisiatif yang dapat memberikan dampak lebih besar dalam mengembangkan sekaligus menguatkan ekosistem industri esports dan gaming di Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan. Bagi para gamers, mari berkompetisi secara sportif, dan pertontonkan kemampuan terbaik tim anda di Dunia Games League 2022. Let the games begin,” ujar Nirwan menambahkan.

Sebagai informasi, Dunia Games Telkomsel merupakan games platform dan portal media esports nomor satu di Indonesia dengan pencapaian monthly visitor lebih dari 18 juta.

Selain menghadirkan informasi terkini dan hal-hal menarik seputar video games, industri gaming, esports, tech, dan pop culture, Dunia Games juga melayani pembelian kupon atau voucher untuk PC games dan mobile games melalui layanan direct carrier billing.

Dalam perkembangannya, Dunia Games juga sudah memperluas portofolio bisnisnya sebagai games publisher, mulai dari Shellfire, Lord of Estera, Rise of Nowlin, Kolak Express 3, hingga Return of Condor Heroes. (Icha)

Kredivo Gandeng Ramayana Perdalam Penetrasi Paylater di Kota Tier 2 & 3

0

Telko.id – Kredivo gandeng Ramayana untuk perdalam penetrasi Paylater di kota tier 2 dan 3. Dengan adanya kerjasama ini, seluruh pengguna Kredivo dapat menggunakan pembayaran Paylater di 101 gerai Ramayana yang tersebar di seluruh Indonesia.

Indina Andamari, VP Marketing & Communications Kredivo memaparkan optimisme dengan Kredivo gandeng Ramayana dapat mengoptimalkan momentum pertumbuhan sektor ritel di kota non-metropolitan melalui penggunaan Paylater.

“Berkaca dari pengalaman kami melayani kebutuhan lebih dari 6 juta pengguna yang berada di berbagai belahan wilayah di Indonesia, kami percaya akan dampak besar yang bisa kita ciptakan melalui kolaborasi bersama Ramayana,” kata Indina.

Apalagi Ramayana sebagai pemain ritel memiliki jaringan yang kuat di seluruh pulau di Indonesia. Kredivo pun berharap upaya perluasan layanan kredit digital ini dapat mengakselerasi ekonomi daerah, khususnya geliat industri ritel fesyen di kota tier 2 dan 3.”

Temuan dari “Unlocking The Next Wave of Digital Growth: Beyond Metropolitan Indonesia” Alpha JWC memprediksi bahwa kota tier 2 dan 3 akan menjadi penyumbang terbesar pendapatan per kapita di tahun 2030 dengan kontribusi sebesar 49% hingga 51%.

Hal ini didukung oleh Paylater yang telah memperlihatkan potensi sebagai produk pembayaraan digital yang dapat mendorong peningkatan inklusi keuangan di kota-kota tier 2 dan 3. Berdasarkan data internal dari Kredivo menyatakan bahwa pengguna Paylater di area tier 2 dan 3 naik sebesar 52% pada semester 1 tahun 2022 dibanding periode yang sama tahun lalu.

Dari pengguna Paylater, pembelanjaan produk kategori fesyen menempati posisi pertama sebagai kategori produk dengan transaksi terbanyak di kalangan masyarakat kota tier 2 dan 3 dengan proporsi 20,1 %, disusul produk makanan (18,3%) dan produk kesehatan (18,6%).

Ramayana pun melihat bahwa di tengah pertumbuhan ekonomi kota tier 2 dan 3, integrasi layanan keuangan digital dengan gerai fisik yang seamless jadi kunci menjawab kebutuhan konsumen era digital.

“Ramayana terus memperkuat komitmen untuk menyediakan produk fesyen berkualitas dan selalu berinovasi sesuai dengan kebutuhan konsumen dan perubahan era. Walau dunia sudah makin online, pengalaman berbelanja offline harus terus memberikan pengalaman baru bagi konsumen,” kata Alexander A. Tumbel, Head of Loyalty Program & Merchant Acquisition Division Ramayana mengungkapkan.

Dengan demikian, integrasi online dan offline jadi kunci, dan kami sebagai pemain terdepan di industri ritel Indonesia siap meningkatkan kenyamanan berbelanja pelanggan dengan menyediakan lebih banyak pilihan pembayaran yang inovatif, seperti Paylater.

Alexander pun optimis dengan Kredivo gandeng Ramayana ini dapat menjadi pendorong tumbuhnya industri ritel di Indonesia.

Setyadi Surya, Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) menyuarakan pendapatnya tentang potensi kolaborasi antara layanan keuangan digital dan ritel. Di mana belanja offline akan terus memiliki peminatnya apalagi dengan adanya rasa kejenuhan bagi masyarakat yang selama ini berdiam diri di rumah.

“Untuk tetap dapat mempertahankan konsumen, para pelaku ritel offline juga perlu berinovasi untuk memberikan kemudahan akses belanja, salah satunya melalui integrasi dengan layanan keuangan kredit digital yang semakin mudah, fleksibel, dan mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” ujar Setyadi Putra.

Dengan demikian, layanan keuangan digital dapat menguntungkan kedua pihak baik dari sisi konsumen maupun sisi ritel dalam proses jual beli dan keberlanjutan bisnis. Ia pun berharap dengan kemitraan antara Kredivo dan Ramayana dapat menjadi bukti nyata bahwa kedua industri ini dapat saling mendukung terhadap potensi industri masing-masing, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Kredivo memberikan promo kepada pengguna baru Kredivo jika berbelanja di Ramayana, yaitu akan mendapatkan potongan langsung Rp50 ribu tanpa minimal transaksi, periode promo hingga 31 Desember 2022.

Selanjutnya, untuk pengguna lama Kredivo juga akan mendapatkan potongan langsung Rp50 ribu, dengan minimal transaksi Rp250 ribu, periode promo hingga 30 September 2022. (Icha)

Indosat Ooredoo Hutchison Gelar Connex Webinar Ketiga

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) kembali gelar Connex Webinar ketiga melalui Indosat Business, dengan tajuk “Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan di Industri Jasa Keuangan dengan Solusi Digital yang Aman dan Andal”.

Connex ketiga di tahun ini bertujuan untuk menjawab tantangan yang sedang dihadapi oleh industri jasa keuangan Indonesia serta literasi mengenai keamanan dan perlindungan industri jasa keuangan digital.

“Kami senang dapat kembali menyelenggarakan Connex hari ini sebagai bentuk dukungan penuh IOH terhadap agenda transformasi digital Indonesia, termasuk industri perbankan dan jasa keuangan. Melalui Indosat Business, kami ingin menjadi pilihan utama dalam menghadirkan berbagai solusi digital yang aman dan andal bagi kebutuhan teknologi informasi para pelanggan,” kata Bayu Hanantasena, Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Penyelenggaraan Indosat Business Connex ketiga tahun 2022 ini, turut menghadirkan Anggota Dewan Komisioner OJK, Friderica Widyasari Dewi, Analis Eksekutif Senior Group Inovasi Keuangan Digital OJK, Dino Milano Siregar, Executive Vice President Center of Digital BCA dan Ketua Komite Kerja Cyber Security Perbanas.

Selain itu juga hadir Wani Sabu, SVP-Head of Head of Data Analytic Indosat Ooredoo Hutchison, Pulkit Khanna, SVP- Head of Marketing & Channel Management Indosat Ooredoo Hutchison, Linggajaya Budiman, serta Interim President Director BDx Indonesia, Mayank Srivastava yang membahas segala hal yang dibutuhkan oleh sektor keuangan di Indonesia saat ini dan masa depan.

Perubahan pola kinerja industri jasa keuangan merupakan dampak dari Pandemi Covid- 19 telah membawa perubahan di industri perbankan dan jasa keuangan. Perlambatan ekonomi, perlambatan pertumbuhan kredit, peningkatan Non-Performing Loan (NPL) yang memicu restrukturisasi kredit, hingga penurunan transaksi di cabang, menjadi kendala yang dihadapi sektor ini.

Di sisi lain, terjadi peningkatan transaksi digital yang mendorong migrasi layanan perbankan yang berbasis konvensional menuju digital. Pemerintah pun mendukung insiatif transformasi digital dan transaksi non-tunai lewat implementasi QRIS.

Meski layanan perbankan secara digital menawarkan kemudahan akses bagi nasabah, namun bayang-bayang kejahatan siber terus menghantui, sebab keamanan data digital makin rentan serangan siber. Selain itu, pemanfaatan teknologi digital juga membuat biaya teknologi informasi kian tinggi.

“IOH melalui Indosat Business, hadir dengan sejumlah solusi yang tepat untuk industri finansial seperti layanan data center, big data analytics, security operation center, SD- WAN, unified communications, hingga layanan chatbot yang mendukung pengalaman nasabah yang baik dan terjamin keamanannya,” tutup Bayu. (Icha)