spot_img
Latest Phone

Apple Kembangkan Chatbot AI Sendiri, Saingan ChatGPT

Telko.id – Perusahaan teknologi besar Apple, mulai bergerak mengembangkan...

Pendapatan Apple Naik 10%, Penjualan iPhone Tembus 3 Miliar Unit

Telko.id - Apple mengumumkan hasil keuangan kuartal III 2025...

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...

ROG Phone 9 Series Tawarkan Bonus Eksklusif dan Diskon Hingga Rp2,99 Juta

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) menghadirkan promo...

ASUS ROG Exclusive Store Surabaya, Hadirkan Pengalaman Gaming Terbaik

Telko.id - ASUS resmi membuka ROG Exclusive Store di...
Beranda blog Halaman 377

Honor Play7T: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui

0

Seiring dengan kemunculan Honor Play7T di pasar HP, banyak pertanyaan muncul mengenai kapabilitas dan fitur-fiturnya. Dari daya tahan baterai, kualitas layar, hingga dukungan jaringan 5G, artikel ini akan mengungkap 7 fakta kunci yang membantu Anda memahami apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Honor Play7T. Kami akan menyelidiki setiap aspek penting dari HP ini, memberikan gambaran yang jelas dan objektif untuk membantu Anda menentukan apakah Honor Play7T sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Layar IPS LCD dengan Refresh Rate 90Hz

Layar IPS LCD memang bukan yang kami harapkan dari HP di kategori ini. Meskipun layar dengan ukuran 6.74 inches, 109.7 cm2 (~85.1% screen-to-body ratio) yang memiliki resolusi 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~260 ppi density) dan support refresh rate 90Hz, juga tidak bisa dikatakan jelek. Dan sebagai perbandingan, pesaing lainnya seperti Oppo A1 memiliki layar IPS LCD dengan refresh rate 120Hz, dan Oppo A77 memiliki layar IPS LCD dengan refresh rate 90Hz.

2. Chipset Grade B dengan GPU Rating 119

Di atas kertas, chipset MT6833V yang dibawa Honor Play7T mencatatkan score Antutu 10 rata-rata di angka 418550. Performanya ditopang oleh RAM berkapasitas 8 GB. Di level performa yang sama, ada Oppo A1 dengan chipset Snapdragon 695 5G - Antutu 441837 dan RAM 8/12 GB, dan ada Oppo A77 dengan chipset Dimensity 810 - Antutu 425066 dan RAM 4/6 GB. Sementara untuk performa grafis, GPU Mali-G57 MC2 milik Honor Play7T kami beri rating 119. Sebagai pembanding, GPU Oppo A1 punya rating 148, dan GPU Oppo A77 punya rating 119.

3. Support 5G

Meski sebagian pengguna berpendapat bahwa 4G sudah cukup untuk memberikan pengalaman berselancar di dunia maya dengan nyaman, tapi keberadaan teknologi 5G di Honor Play7T adalah sebuah nilai tambah. Paling tidak, HP ini sudah membawa Anda selangkah lebih maju untuk menapaki masa depan. Dimana HP di level yang sama seperti Oppo A1 sudah support teknologi 5G , dan Oppo A77 sudah support teknologi 5G .

4. Baterai 6000 mAh - charging 225W

Semua fitur yang ada di Honor Play7T ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 6000 mAh yang didukung fitur pengisian 22.5W wired. Sementara pesaingnya, Oppo A1, dan Oppo A77, masing masing dilengkapi baterai 5000 mAh - charging 67W, dan baterai 5000 mAh - charging 33W.

5. Dimensi 167.5 x 76.9 x 8.3 mm

Honor Play7T memiliki dimensi 167.5 x 76.9 x 8.3 mm yang memiliki ketebalan 8.3 mm. HP ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang posisinya ada di sisi ponsel. Adapun untuk variasi warna, Honor Play7T menyediakan opsi warna Black, Blue dan Silver.

6. Kamera Utama 50 MP dan PDAF

Tak bisa dipungkiri, kamera jadi salah satu daya tarik utama dari sebuah HP. Untuk itulah Honor Play7T menanamkan kamera utama dengan spesifikasi 50 MP, f/1.8, (wide), PDAF. Fungsionalitasnya didukung oleh kamera kedua yang memiliki spesifikasi 2 MP, f/2.4, (depth). Sementara untuk kebutuhan selfie, HP ini menyediakan kamera dengan spesifikasi 5 MP, f/2.2, (wide).

Untuk autofokus, HP ini menggunakan Phase Detection Autofocus (PDAF) , menawarkan kecepatan dan akurasi yang luar biasa dalam autofokus.

7. Opsi Memori

Last but not least, fakta yang tak kalah pentingnya adalah perihal opsi memori penyimpanan. Yup, HP Honor Play7T dilengkapi RAM berkapasitas 8 GB dengan opsi memori internal 128GB 8GB RAM dan 256GB 8GB RAM.

Cek juga informasi lengkap terkait harga dan spesifikasi Honor Play7T.

Honor Play7T Versus Xiaomi Redmi Note 12

Honor Play7TXiaomi Redmi Note 12
HargaBelum TersediaRp 2.099.000
CPUMT6833V, dengan CPU rating 37Snapdragon 4 Gen 1, dengan CPU rating 37
GPUMali-G57 MC2, dengan GPU rating 119Adreno 619, dengan GPU rating 148
LayarIPS LCD, 90HzAMOLED, 120Hz, 1200 nits (peak)
Kamera50 MP, f/1.8, (wide), PDAF

2 MP, f/2.4, (depth)
48 MP, f/1.8, (wide), PDAF

8 MP, f/2.2, 120˚ (ultrawide), 1/4", 1.12µm

2 MP, f/2.4, (macro)
Memori128GB 8GB RAM, 256GB 8GB RAM128GB 4GB RAM, 128GB 6GB RAM, 256GB 8GB RAM
BateraiLi-Po 6000 mAh, non-removableLi-Po 5000 mAh, non-removable
Charging22.5W wiredN/A

Sinar Mas Land dan Microsoft Dukung Para Startup di Upper West

Telko.id – Sinar Mas Land melalui salah satu proyeknya yakni Upper West melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Microsoft untuk memberikan dukungan teknologi senilai lebih dari USD 300.000.

Dukungan tersebut diwujudkan melalui pendanaan kepada para penghuni SOHO di Upper West BSD City dalam program Microsoft for Startups Founders Hub.

Kerja sama antara kedua belah pihak ini dipertemukan oleh Living Lab Ventures (LLV), sebuah corporate venture dari Sinar Mas Land yang berfokus memberikan suntikan dana untuk menginkubasi dan mengakselerasi global minded digital entrepreneurs potensial di Indonesia.

Prosesi penandatangan tersebut dilakukan oleh James Widjaja (Director Upper West), Makka Kesuma (CTO for Digital Natives and Startups Microsoft Indonesia), dan Bayu Seto (Partner Living Lab Ventures).

Baca juga : Startup Naungan LLV Dapat Dukungan Dari Microsoft

Dalam program Microsoft for Startups Founders Hub, para penghuni SOHO dapat mengakses berbagai macam aplikasi yang canggih.

Mulai dari platform cloud terpercaya, aman, dan open-source friendly, hingga alat produktivitas terbaik bagi developer seperti GitHub Enterprise, Engineer Visual Studio Enterprise, Power Platform, Microsoft 365, dan Dynamics 365.

Selain itu, platform ini juga memberikan akses ke leading edge technology seperti OpenAI yang merevolusi Natural Language System dengan kemampuan dari GPT-3 model.

Sebagai materi pelatihan, para startup founder akan mendapat akses ke Microsoft Learn (yang kini sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia) untuk membangun berbagai developer skills seperti DevOps Engineer, Data Engineer, Data Scientist, Solution Architect, hingga Security Engineer.

Upper West merupakan sebuah mixed-use development di mana kita dapat melakukan aktivitas pekerjaan, tempat tinggal, dan sekaligus bisa menikmati lifestyle yang sangat lengkap.

Upper West sangat memperhatikan perkembangan kebutuhan masyarakat saat ini agar lebih efektif dan efisien, serta memikirkan kebutuhan pebisnis jangka panjang.

Beragam fasilitas dihadirkan untuk memberikan kemudahan dalam berwirausaha, salah satunya melalui program Microsoft for Startups Founders Hub.

“Melalui kolaborasi dengan Microsoft akan sangat mendukung para pebisnis untuk menjalankan dan mengembangkan bisnisnya di dalam satu tempat dengan daya infrastruktur yang canggih. Kami akan terus mendukung akselerasi startup lokal untuk membuka potensi mereka agar dapat menjadi game-changer di masa depan,” kata James Widjaja, Director Upper West.

“Kami menyambut baik kolaborasi dengan Sinar Mas Land melalui proyeknya yakni Upper West dalam memberdayakan lebih banyak startup potensial di Indonesia,” kata Makka Kesuma, Chief Technology Officer for Digital Natives and Startups Microsoft Indonesia.

Makka juga menambahkan bahwa dalam program Microsoft for Startups Founders Hub, para startup leaders nantinya akan mendapatkan beragam akses manfaat berupa teknologi dan tools dari Microsoft serta mitra.

Beragam akses ini serta sumber daya lainnya yang disokong oleh Microsoft dapat digunakan oleh masing-masing startup untuk menjalankan bisnisnya sampai empat tahun.

Dalam kesempatan itu, Partner Living Lab Ventures – Bayu Seto menambahkan, “Kami harap dengan program ini, dapat meningkatkan entrepreneur-entrepreneur baru, program ini memberikan cukup banyak benefit kepada entrepreneur baru dimana mereka mendapatkan dukungan teknologi dari Microsoft yang sudah bekerja sama dengan LLV sebelumnya.

Menurut Bayu, langkah tersebut juga sejalan dengan misi Living Lab Ventures yaitu mendukung peningkatan ekonomi digital kreatif di Indonesia. “Kami harap akan banyak startup-startup baru yang tumbuh di Upper West ini,” ata Bayu.

Upper West merupakan sebuah pengembangan mixed-use pertama yang berlokasi sangat strategis di CBD BSD City, menggabungkan lifestyle ground, SOHO, apartment, dan loft living yang saling terintegrasi dalam satu kawasan.

Proyek ini dikembangkan oleh perusahaan konsorsium gabungan antara Sinar Mas Land dan PT Dwijaya Karya yang telah berpengalaman dalam membangun proyek premium.

Saat ini, progres pembangunan Upper West telah mencapai tingkat 9. Konstruksi Upper West dikerjakan oleh TATA Kontraktor yang merupakan salah satu kontraktor di Tanah Air yang sangat mengutamakan kualitas premium dan ketepatan waktu pembangunan.

Upper West akan memberikan kenyamanan untuk mendapatkan bagi seluruh penghuninya dalam satu atap.

Semua fasilitas yang ada di Upper West dihadirkan untuk memberikan kemudahan dalam berwirausaha dan menunjang terjadinya interaksi antar penghuni, sehingga akan menciptakan ekosistem komunitas yang dapat saling berkolaborasi yang menguntungkan bagi semua pihak.

Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain seperti Creator Room untuk para pembuat konten, Communal Kitchen & Experimental Resto bagi para penggiat kuliner, Experience Lounge untuk mengadakan event dan meeting.

Selain itu juga ada fasilitas lainnya seperti Collaborative Space, Day Care Center, Nature and Retreat Terrace, Games Room, Barbeque Pavilion, Wellness and Yoga Terrace, Fitness Center, Infinity Pool, Refreshment Room, dan Sky Pods. (Icha)

iQOO Z Series, Siap Hadir Dengan Performa Tangguh, Seperti Apa ya?

0

Telko.idBrand smartphone iQOO [dibaca: aiku] mengumumkan akan membawa seri terbarunya untuk segmen mid-range, iQOO Z Series, ke Indonesia.

Mengusung slogan “Redefining Power”, iQOO Z Series akan menemani aktivitas sehari-hari para power optimizer. iQOO Z Series akan resmi meluncur di Indonesia pada 3 April 2023. 

“iQOO mendengar harapan konsumen akan smartphone yang mampu memberikan tenaga maksimal dan kecepatan tinggi. Maka dari itulah, tidak lama lagi kami akan membawa iQOO Z Series yang akan mendefinisikan ulang Powerpada smartphone kelas menengah,” ungkap Aaron Mao, Country Director of iQOO Indonesia.

iQOO melihat semangat luar biasa konsumennya dari generasi Z dan Milenial – yang terus mengeksplorasi jati diri, memiliki keinginan kuat untuk mendapatkan yang terbaik dari hidup, dan mengadopsi teknologi terbaru. Semangat inilah yang menjadi alasan kuat iQOO untuk menghadirkan seri terbarunya, iQOO Z Series.

Baca juga : Spesifikasi iQOO Z7x

Kabarnya, perangkat terbaru ini akan mewarisi gen iQOO yang identik dengan performa tinggi yang akan menunjang segala aktivitas padat konsumen.

Perangkat ini pun bakal menjadi smartphone yang pas untuk mereka, para power optimizer, yang memberikan kesempatan untuk menikmati hidup, bereksplorasi dengan segala aspirasi mereka sebagai generasi muda, dan mendorong semangat #PowerUp di setiap aspek kehidupan  mereka. 

Peluncuran pertama brnad ini di Indonesia dengan iQOO 11 mendapat sambutan yang sangat baik dan para tech enthusiasts menunjukkan ketertarikan yang tinggi akan produk berikutnya.

Dengan semangat ‘I Quest On and On’ iQOO terus mendorong batasan dan berinovasi untuk memberikan pengalaman unik dan membawa kinerja yang tak tertandingi, brand ini pun memutuskan untuk menyapa kembali konsumen dengan iQOO Z Series.

“Kami harap iQOO Z series yang akan meluncur sebentar lagi dapat menjadi smartphone yang bersahabat untuk anak muda yang ingin tetap produktif serta menjadi versi terbaik bagi diri mereka,” tutup Aaron.

Sayang masih belum jelas, tipe perangkat ini yang bakal diluncurkan di Indonesia. Namun, beberap rumor beredar, besar kemungkinan salah satunya iQOO Z7 5G.

Spesifikasi iQOO Z7 5G

Jika menilik dari GSM arena, iQOO Z7 5G akan mengusung layar AMOLED berukuran 6,38 inch Full HD+. HP ini punya dukungan refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 360Hz.

Dapur pacunya menggunakan chipset MediaTek Dimensity 920 SoC dengan RAM 8 GB. Diberikan fitur RAM virtual hingga 8 GB untuk bantu dongkrak performa.

Ada dua kamera yang disematkan di bagian belakang, terdiri dari kamera utama 64 MP yang dilengkapi OIS dan sensor depth 2 MP. Kamera di bagian depan berukuran 16 MP.

Lantaran menggunakan AMOLED, HP ini menyertakan sensor sidik jari di layar. Untuk baterainya berkapasitas 4.500 mAh dengan pengisian cepat 44W, menjanjikan 50% dalam 25 menit charging.

Saat dirilis, iQOO Z7 5G menjalankan Funtouch OS 13 berbasis Android 13. iQOO menjanjikan HP ini akan mendapatkan dua kali update Android dan pembaruan keamanan selama 3 tahun.

iQOO Z7 5G hadir dalam varian warna Norway Blue dan Pacific Night. Untuk harganya sebagai berikut:

iQOO Z7 5G 6/128 GB harganya 18.999 rupee atau Rp 3,5 juta

iQOO Z7 5G 8/128 GB harganya 19.999 rupee atau Rp 3,7 juta

Di Indonesia harganya berapa ya? (Icha)

BPKP Manfaatkan Netmonk Prime Dari Telkom Buat Pantau Jaringan

0

Telko.id – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), sinergi dengan Telkom melalui Netmonk Prime, platform digital dibawah naungan Leap-Telkom Digital.

Kini BPKP dapat melakukan pemantauan jaringan di internal BPKP Pusat untuk menekan risiko terjadinya gangguan jaringan.

Penerapan digitalisasi dalam pemantauan jaringan di internal BPKP Pusat membutuhkan perangkat yang telah terkoneksi dengan jaringan internet sehingga kuantitasnya akan semakin prima.

Seiring meningkatnya aktivitas penggunaan jaringan internet, semakin meningkat pula risiko terjadinya gangguan jaringan.

Baca juga : Tutup 2022, TelkomGroup Raup Pendapatan Rp147,31 Triliun

Untuk itu, dalam menghindari segala risiko yang mungkin muncul, dibutuhkan upaya pencegahan yang bisa dilakukan melalui monitoring jaringan pada aktivitas tersebut.

Monitoring jaringan merupakan proses mengumpulkan dan menganalisa data- data yang ada di dalam lalu lintas jaringan.

Praktik ini sangat penting untuk perusahaan atau instansi memantau infrastruktur jaringan, seperti mengetahui berfungsi atau tidaknya perangkat jaringan.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara pengawasan keuangan negara dan pembangunan nasional, jaringan yang saling terkoneksi dan berjalan tanpa masalah sangat diperlukan untuk memudahkan kinerja BPKP.

Namun, sebelumnya BPKP kerap mengalami kesulitan dalam melakukan pemantauan perangkat jaringan yang berfungsi dengan baik atau tidak. Tak hanya itu, pemantauan kesehatan perangkat yang digunakan juga tidak bisa dilakukan dengan efektif.

Direktur Digital Business Telkom Fajrin Rasyid mengatakan, sebagai solusi monitoring jaringan kehadiran Netmonk Prime bertujuan untuk mempermudah tim IT BPKP dalam melakukan pemantauan jaringan di perusahaan maupun instansi.

Dengan Netmonk Prime, perusahaan dan instansi dapat memantau kondisi jaringan, web/API, serta server secara proaktif dan dapat melakukan pemeliharaan preventif cukup dalam satu aplikasi.

“Dengan memanfaatkan dashboard Netmonk Prime yang friendly user, memudahkan BPKP dalam melakukan pemantauan jaringan serta kesehatan perangkat jaringan yang digunakannya untuk menghindari kekusutan jaringan yang dapat berimbas buruk bagi kinerja BPKP,” ujar Fajrin.

Selain BPKP Pusat, Netmonk Prime saat ini juga telah dipercaya oleh lebih dari 15 perusahaan di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan monitoring jaringan mereka.

Fitur-fitur unggulan Netmonk Prime seperti otomatisasi laporan secara real-time notification terbukti mampu menundukung kebutuhan di berbagai perusahaan dan instansi.

Kerja sama antara Netmonk dan BPKP juga terjalin melalui pelatihan bersama. Salah satunya pada pertengahan Januari 2023 lalu, Netmonk menyambangi BPKP untuk memberikan penjelasan mengenai berbagai fitur Netmonk yang telah disesuaikan dengan kebutuhan BPKP. Melalui kegiatan ini, BPKP juga menjadi lebih terbantu dalam mengevaluasi kinerja jaringannya.

Sub Koordinator Pengelolaan Infrastruktur Teknologi Informasi BPKP Wahyu Anggoro menyampaikan bahwa, “Penggunaan Netmonk Prime telah memenuhi kebutuhan BPKP untuk melihat up and down dari sisi perangkat, sisi penggunaan traffic, dan juga kita bisa memantau kesehatan perangkat”.

Wahyu menambahkan bahwa dengan memanfaatkan Netmonk Prime dari Leap-Telkom Digital, BPKP menjadi lebih terbantu untuk mengetahui potensi terjadinya gangguan jaringan.

“Netmonk Prime dapat memberikan peringatan atau alert ketika ada perangkat jaringan mana saja yang mengalami masalah sehingga tim informasi teknologi (IT) BPKP dapat lebih cepat mengantisipasinya,” ungkap Wahyu.

Lebih lanjut, Wahyu menambahkan, “Sebelum menggunakan Netmonk Prime, alur penanganan gangguan jaringan lebih rumit dan tidak praktis karena tim IT harus mengumpulkan data-data yang diperlukan secara manual. Dengan adanya Netmonk Prime, kami bisa mendapatkan alert dari hal-hal critical yang terjadi pada penggunaan bandwidth,” imbuh Wahyu.

Sejalan dengan Wahyu, Koordinator Operasional dan Keamanan IT BPKP Fahmi Kurniawan menyampaikan pengalaman terkait salah satu critical alert yang pernah diterima oleh BPKP Pusat berkat bantuan dashboard Netmonk Prime adalah ketika kapasitas penggunaan bandwidth di BPKP Maluku Utara telah lebih dari 70%.

Berkat peringatan itu, Tim IT BPKP Pusat bisa langsung melakukan pemeriksaan dan penanganan lanjutan agar penggunaan bandwidth tidak melebihi kapasitas.

“Setelah diperiksa ternyata benar ada penggunaan bandwidth lebih dari 70%. Sebelumnya kami belum pernah mendapatkan peringatan seperti itu. Penggunaan Netmonk Prime sangat membantu dengan dashboard yang informatif,” ujar Fahmi.

Netmonk merupakan bagian dari Leap-Telkom Digital sebagai umbrella brand dari produk- produk digital PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). Melalui produk digitalnya yang saling bersinergi, Telkom berkomitmen untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan platform digital cerdas yang berkelanjutan di Indonesia. (Icha)

Tutup 2022, TelkomGroup Raup Pendapatan Rp147,31 Triliun

0

Telko.id – Telkom berhasil menutup tahun buku 2022 dengan kinerja yang memuaskan melalui pertumbuhan positif baik dari sisi pendapatan, Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi (EBITDA), maupun laba bersih operasi.

Perseroan membukukan pendapatan konsolidasian sebesar Rp147,31 triliun atau tumbuh sebesar 2,9% dibanding periode yang sama tahun lalu. EBITDA perseroan tercatat sebesar Rp78,99 triliun atau tumbuh 4,3% YoY dengan laba bersih operasi Rp25,86 triliun atau tumbuh 7,7% YoY.

“Syukur Alhamdulillah, Telkom dapat menutup tahun 2022 dengan cukup baik, baik dari aspek kinerja keuangan maupun operasional. Pencapaian kinerja ini merupakan output dari fokus perusahaan dalam menjalankan strategi utama Five Bold Moves demi menciptakan nilai tambah serta pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan,” kata Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkom.

Pada segmen Mobile, Telkomsel selaku anak usaha Telkom membukukan pendapatan Rp89,04 triliun atau tumbuh 1,8% dari periode yang sama tahun lalu. Digital Business menjadi kontributor pertumbuhan kinerja dengan kontribusi sebesar 81,9% dari total pendapatan. Segmen ini tumbuh positif 6,9% YoY mencapai Rp72,93 triliun dibanding periode yang sama di tahun 2021.

Baca juga : NeutraDC, NAVER Cloud, dan Cisco Kolaborasi Dorong Transformasi Digital

Telkomsel melayani 156,8 juta pelanggan dengan data payload yang tumbuh positif hingga 18,7% YoY menjadi 16.426.853 TB dan konsumsi payload menyentuh 11.962 MB per pengguna layanan data atau tumbuh 16,1% YoY.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan mobile sekaligus memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan, Telkomsel secara resmi menjadi pemenang lelang frekuensi 2,1GHz dari Kementerian Komunikasi dan Informatika pada November 2022 lalu.

Sementara itu investasi Telkomsel di GoTo juga menghasilkan synergy value yang cukup baik bagi perusahaan, di antaranya integrasi MyTelkomsel dan GoPay untuk meningkatkan user experience penggunaan produk digital, integrasi layanan Telkomsel MyAds serta platform GoBiz untuk membantu digitalisasi UMKM, kemudahan bagi mitra Gojek untuk menjadi mitra reseller Telkomsel, dan lainnya.

Pada segmen Consumer, pendapatan IndiHome tercatat sebesar Rp28,0 triliun atau tumbuh positif 6,4% dari periode yang sama tahun lalu, dengan kontribusi 19,0% dari total pendapatan Perseroan dan EBITDA yang stabil pada kisaran 50%.

Adapun 90% pendapatan IndiHome ini dikontribusi pelanggan segmen Consumer dan selebihnya dari segmen Enterprise. IndiHome menutup 2022 dengan pertumbuhan pelanggan sebesar 7,1% dari akhir tahun lalu menjadi 9,2 juta pelanggan, 63% di antaranya merupakan pelanggan Dual Play dan 37% pelanggan Triple Play.

ARPU IndiHome cukup stabil pada kisaran harga Rp268 ribu, didukung oleh pendapatan dari add- ons yang tumbuh 10,4% YoY.

Pada segmen Enterprise, perseroan mencatat kinerja sebesar Rp19,2 triliun dengan layanan B2B Digital IT Services dan Enterprise Connectivity sebagai kontributor utama pendapatan.

Segmen ini mencatat pertumbuhan kinerja kuartalan yang cukup signifikan pada triwulan keempat 2022 sebesar 9,3% YoY. Telkom terus memperkuat kapabilitas di bisnis cloud melalui kerja sama strategis dengan pemain teknologi global, di samping terus meningkatkan kualitas dalam memberikan solusi digital kepada pelanggan.

Sementara itu pendapatan segmen Wholesale and International tumbuh 8,3% YoY menjadi Rp15,4 triliun dikontribusi pertumbuhan pada bisnis layanan suara wholesale internasional dan bisnis infrastruktur digital.

Pada bisnis tower, Mitratel selaku anak usaha Telkom mengukuhkan posisi sebagai perusahaan tower terbesar di Asia Tenggara berdasarkan kepemilikan menara telekomunikasi, melalui kepemilikan sebanyak 35.418 unit tower dengan tenancy ratio 1,47x.

Mitratel membukukan pendapatan sebesar Rp7,7 triliun atau tumbuh 12,5% YoY, yang utamanya didorong oleh perolehan dari sewa menara. EBITDA dan laba bersih perusahaan sepanjang 2022 tumbuh positif 18,5% dan 29,3%.

Sepanjang 2022, total belanja anggaran perseroan mencapai Rp34,2 triliun atau 23,2% dari total pendapatan. Anggaran belanja ini difokuskan pada pengembangan infrastruktur jaringan telekomunikasi demi pengalaman digital pelanggan yang lebih baik.

Startegi TelkomGroup: Five Bold Moves

Sebagai upaya untuk membangun keunggulan perusahaan yang kompetitif pada domain bisnis Digital Connectivity, Digital Platform, dan Digital Service, Telkom menginisiasi strategi utama Five Bold Moves.

Strategi ini bertujuan untuk memperkuat posisi Perseroan sebagai perusahaan telekomunikasi digital telco kelas dunia, dengan tujuan jangka panjang untuk menciptakan nilai yang lebih tinggi bagi pemangku kepentingan.

Saat ini, Telkom berfokus pada inisiatif FMC (Fixed- Mobile Convergence), InfraCo, dan DC Co (Data Center) serta terus memperkuat fundamental untuk inisiatif B2B Digital IT Service Co dan DigiCo.

Pada inisiatif FMC, TelkomGroup akan menghadirkan integrasi bisnis yang kuat antara fixed dan mobile broadband yang akan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dengan capex yang lebih efisien.

Kehadiran FMC diharapkan akan menyediakan berbagai layanan, teknologi, dan paket produk berdasarkan kebutuhan pelanggan, serta mampu meningkatkan proposisi nilai Telkom Group dan keunggulan yang kompetitif.

Seiring dengan implementasi FMC yang tengah dilakukan, TelkomGroup juga menggali potensi InfraCo yang akan mengoptimalkan value dan utilitas aset infrastruktur.

Selanjutnya untuk inisiatif Data Center, perseroan mencatat kinerja yang kian baik pada bisnis data center dan cloud sebesar Rp 1,6 triliun.

Hal ini sejalan dengan permintaan akan layanan data center yang terus bertumbuh. Hingga akhir Desember 2022, TelkomGroup memiliki 28 data center yang berlokasi di dalam maupun luar negeri.

Saat ini TelkomGroup tengah mengonsolidasi seluruh data center yang dimiliki di bawah satu entitas Telkom Data Ekosistem (TDE) dengan brand NeutraDC. Proses konsolidasi terus dilakukan dengan estimasi target penyelesaian pada 2024 mendatang.

Pada Desember 2022, Telkom melalui NeutraDC memulai groundbreaking Hyperscale Data Center (HDC) ke-2 di Batam. Tak hanya akan melayani berbagai kebutuhan bisnis di Indonesia, HDC Batam disiapkan juga untuk menangkap potensi limpahan permintaan (spillover) dari negara lain, terutama dari Singapura.

HDC Batam akan dibangun di atas lahan seluas 8 Ha yang terdiri dari tiga kampus berstandar global, dengan designed IT load capacity sebesar 51 MW, menggunakan energi yang terbarukan (renewable energy) melalui pengurangan emisi karbon dan mengarah pada peningkatan implementasi ESG, serta mengadopsi sistem multi-tier.

“Ke depannya, TelkomGroup masih akan terus melanjutkan implementasi inisiatif strategis Five Bold Moves,” ujar Ririek.

Melalui strategi ini, TelkomGroup dapat melakukan diversifikasi dan memperluas pangsa pasar dari bisnis B2B sekaligus dapat mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar B2C yang akan fokus dijalankan Telkomsel, sehingga pada akhirnya mampu memaksimalkan peluang dan penciptaan nilai bagi perusahaan. (Icha)

Smartfren dan Xingtera, Kolaborasi Solusi IoT Berbasis 5G

0

Telko.id – Smartfren dan Xingtera Inc., penyedia solusi Artificial Intelligence of Things (AIoT) dari Negeri Paman Sam, resmi menandatangani nota kesepahaman yang bertujuan memulai kerja sama untuk mewujudkan “Indonesia Industri 4.0”.

Prosesi yang berlangsung pada awal Maret lalu di sela Mobile World Congress 2023 di Barcelona, diharapkan akan memberikan dampak positif pada perkembangan perangkat berbasis kecerdasan buatan (AI) serta IoT untuk industri di tanah air.

“Kolaborasi ini akan berfokus pada pengenalan teknologi canggih dan solusi sistem 5G cloud-native dari hulu-ke-hilir (end-to-end) yang telah terbukti,” kata Yuqing Niu, President and CEO Xingtera Inc.

Lebih lanjut, Yuqing menjelaskan bahwa tujuan kerjasama ini adalah membantu perusahaan manufaktur di Indonesia dalam mempercepat realisasi janji transformasi digital, kemudian pada saat yang bersamaan berperan mempercepat jalan untuk mewujudkan Indonesia 4.0.

Baca juga : Smartfren Business Hadirkan Smartconnect, Apa Targetnya?

Perjanjian tersebut menegaskan komitmen Smartfren bersama Xingtera dalam mendukung serta mengembangkan solusi, aplikasi kecerdasan buatan, manufaktur otonom, dan lain sejenisnya.

Seluruhnya merupakan solusi-solusi terkini yang dirancang berdasarkan teknologi 5G, kecerdasan buatan (AI), serta IoT untuk diterapkan oleh Smartfren.

Harapannya penerapan solusi ini memperkuat posisi Smartfren, terutama bagi unit usaha Smartfren Business yang selama ini selalu konsisten menyediakan berbagai solusi industri 4.0 untuk perusahaan (enterprise) atau usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Selanjutnya Smartfren dan Xingterra, melalui Smartfren Business, akan mulai mengimplementasikan nota kesepahaman itu dalam proyek percontohan di pelabuhan cerdas yang dikelola OKI Mills, bagian dari APP Sinar Mas.

Pasca implementasi proyek, nota kesepahaman juga berlaku dalam meningkatkan skala otomatisasi operasional di pabrik OKI Mills, serta memperluasnya ke lokasi manufaktur lain yang serupa.

“Fokus kami adalah menciptakan teknologi inovatif dalam hal otomatisasi dengan pengembangan teknologi untuk perusahaan dan UMKM,” ujar Alim Gunadi, CEO Smartfren Business.

Nah, lewat kerja sama ini, Alim menyebutkan dapat menjelajah berbagai potensi baru dalam teknologi industri, salah satunya yang berdasarkan teknologi 5G.

“Proyek dengan OKI Mills ini merupakan langkah awal mewujudkan proses otomatisasi operasional yang dapat meningkatkan kinerja serta produktivitas perusahaan atau bisnis,” ujar Alim.

“Kami berharap proyek yang bekerja sama dengan Smartfren ini dapat segera terlaksana.” kata Yuqing Niu menambahkan.

Xingtera, berharap solusi yang telah teruji di lapangan serta keahliannya itu dapat berkontribusi pada revitalisasi industri di Indonesia dalam mewujudkan target Indonesia 4.0. (Icha)

Waspada Penipuan, Jangan Asal Download MyTelkomsel

0

Telko.id – Waspada! Penipuan dengan pengiriman file .APK semakin marak. Modus ini banyak beredar dipesan singkat dari pihak yang tidak bertanggung jawab melalui sejumlah platform instant messaging (seperti melalui Whatsapp dan Telegram).

Telkomsel pun mengimbau pelanggan untuk terus waspada dan berhati-hati dalam merespon hal tersebut, terutama untuk pesan yang meminta pelanggan mengunduh (install) file .APK atau tautan (link) fiktif tertentu, yang biasanya terdapat Malware.

Modus kejahatan tersebut umumnya menggunakan metode social engineering, yakni teknik manipulasi dengan memanfaatkan kesalahan/ kekhilafan manusia agar bisa mendapatkan akses mengambil informasi pribadi atau data-data berharga/ rahasia yang terdaftar di sejumlah layanan berbasis aplikasi digital, seperti perbankan dan platform financial technology (fintech), yang terhubung langsung dengan gawai masyarakat.

Sejumlah modus kejahatan unduh file .APK fiktif dilakukan antara lain melalui permintaan pelaku kepada masyarakat mengunduh beberapa jenis file .APK yang menyampaikan adanya undangan pernikahan/ perayaan tertentu, konfirmasi pengiriman jasa ekspedisi, surat tilang elektronik, upgrade aplikasi perbankan digital atau fintech, tagihan internet, lowongan pekerjaan, termasuk kini ada yang mengatasanamakan file .APK Aplikasi MyTelkomsel fiktif.

Baca juga : Tips Hindari Penipuan Online lewat File APK ala Tokopedia

Seluruh modus tersebut memiliki potensi tindak kejahatan, untuk itu diperlukan kewaspadaan lebih dari pelanggan Telkomsel untuk tidak perlu menanggapi permintaan yang dimaksud dan tidak menginformasikan kode apa pun kepada pihak yang tidak dikenal.

Untuk pelanggan pascabayar Telkomsel Halo, guna menjaga kenyamanan, disarankan untuk senantiasa memantau/ melakukan pengecekan limit (batas) penggunaan Telkomsel Halo secara rutin, agar selaras dengan penggunaan bulanan.

“Telkomsel serius menangani maraknya potensi penipuan yang berpotensi terjadi kepada pelanggan kami. Kami senantiasa terus melakukan sosialisasi secara berkala melalui seluruh kanal layanan pelanggan untuk meningkatkan kewaspadaan dan siap berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait guna menindaklajuti jika ada laporan dari korban berbagai modus kejahatan, terutama yang mengatasnamakan layanan Telkomsel,” kata Saki Hamsat Bramono, Vice President Corporate Communications Telkomsel menjelaskan.

Pelanggan Telkomsel diimbau meningkatkan kewaspadaan untuk tidak sembarangan mengunduh file atau mengakses tautan (link) sembarangan dan tidak memiliki kejelasan, jangan segera percaya jika ada penawaran hadiah secara langsung, serta tidak memberikan informasi data pribadi maupun data layanan jasa keuangan seperti perbankan yang bersifat rahasia.”

Telkomsel memastikan tidak pernah meminta kode verifikasi dalam bentuk apa pun, termasuk mengirimkan permintaan kepada pelanggan untuk mengunduh file .APK.

Saat ini ditemukenali bahwa modus kejahatan yang dilakukan oleh pelaku kejahatan yakni mengirimkan file .APK fiktif dengan harapan calon korban mengakses dan kemudian mengunduh file .APK fiktif tersebut.

Setelah proses instalasi selesai, calon korban diminta memberikan izin akses ke beberapa aplikasi yang memungkinkan pelaku kejahatan mencuri data rahasia secara langsung dari gawai calon korban.

Sejumlah data yang dapat diakses, antara lain seperti foto, video, SMS, dan akses akun layanan perbankan digital/ fintech. Jika akses sudah diberikan ke pelaku, maka sangat dimungkinkan bagi pelaku kejahatan memiliki kontrol terhadap gawai korban serta mengetahui seluruh informasi rahasia seperti PIN, password, dan kode OTP.

Saki lebih lanjut menambahkan, Telkomsel juga telah menyediakan berbagai kanal layanan bagi pelanggan yang ingin mendapatkan informasi ataupun melakukan pengaduan jika mengalami potensi penipuan atau kejahatan yang mengatasnamakan Telkomsel.

Pelanggan dapat menghubungi layanan Call Center 188, mengirimkan SMS ke 1166 dengan format: PENIPUAN#NOMOR PENIPU#ISI SMS PENIPUAN, mengirimkan email ke cs@telkomsel.com, atau membuat laporan ke akun resmi media sosial Telkomsel.

“Telkomsel berharap dengan semakin tingginya kesadaran pelanggan untuk terus waspada dalam menggunakan layanan telekomunikasi maupun digital, dapat semakin mengurangi potensi terkena modus kajahatan yang semakin berevolusi mengikuti perkembangan teknologi terkini,” ungkap Saki.

Telkomsel pun giat mengingatkan kembali bahwa segala informasi untuk pelanggan, baik mengenai program, layanan, produk, ataupun promosi berhadiah.

Telkomsel selalu menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi, seperti melalui surat, pemberitaan di media massa nasional, informasi di GraPARI terdekat , di Call Center Telkomsel, serta situs resmi perusahaan melalui https://www.telkomsel.com/. (Icha)

Trafik Data XL Axiata Bakal Naik 30% Selama Ramadan dan Lebaran

0

Telko.id – XL Axiata memproyeksikan akan ada kenaikan trafik data pada saat Ramadan dan Lebaran hingga 30%.

Setidaknya porsi dari video streaming di jaringan XL akan mencapai sekitar 70 % dr toral trafik data  XL Axiata. Hal ini dilhat dari trend Ramadan dan Lebaran tahun lalu. Memang ada sedikit perbedaan, karena tahun lalu masih dalam masa pandemic covid1 19. Tahun ini sudah masuk dalam masa endemic.

“Walau demikian, acuan nya tetap menggunakan trend tahun lalu. Hanya saja, tentu XL tidak hanya akan fokus pada video streaming saja, tetapi juga layanan yang lain. Persiapan infrastruktur jaringan kami lakukan menyeluruh,” ungkap Jhon Paber Ompusunggu – Head Strategic Operation & Automation dalam media update XL Axiata yang dilakukan di Jakarta, Jumat (24/04).

Trend itu juga yang membuat XL Axiata memberikan berbagai promo menarik selama Ramadan dan Lebaran kali ini. Seperti apa program yang digelar XL Axiata tahun ini?

Baca juga : Hadapi Ramadan dan lebaran 2023, Ini Strategi XL Axiata

“Ramadan dan Lebaran menjadi momen khusus bagi masyarakat Indonesia, di mana biasanya trafik penggunaan data menjadi meningkat signifikan. Peningkatan trafik data di jaringan XL terpicu oleh meningkatnya aktivitas digital mereka dalam mengisi masa beribadah sepanjang Ramadan dan mengisi liburan Panjang Lebaran,” kata David Arcelus Oses, Direktur & Chief Commercial Officer XL Axiata.

Itu sebabnya, selain memastikan kapasitas jaringan data yang memadai, kami juga menyediakan produk layanan dengan promo menarik, termasuk diskon besar seperti yang berlaku bagi pelanggan prabayar XL dan AXIS, pascabayar PRIORITAS serta pelanggan untuk internet rumah dari XLSATU fiber.

XL SATU Fiber Promo Speed Upgrade

XL SATU Fiber merupakan produk konvergensi pertama di Indonesia dari XL Axiata juga menghadirkan beberapa promo yang bisa dinikmati oleh pelanggan XL SATU Fiber.

Untuk pelanggan baru, cukup dengan Rp.276rban/bulan pelanggan dapat internet rumah fiber unlimited dengan speed upgrade dari 30Mbps ke 50Mbps selama 6 bulan dan kuota HP bersama 15GB untuk sekeluarga dalam satu tagihan. Beragam paket menarik lainnya bisa dilihat di website satu.xl.co.id.

Lalu ada program Kuota HP bersama berlaku untuk pelanggan XL dan XL PRIORITAS. Ditambah lagi ada Bonus langganan Vidio Platinum dan CATCHPLAY+ Movie Lovers selama 12 bulan dan bonus langganan Lionsgate Play selama 3 bulan.

Bahkan XL Axiata membebaskan biaya instalasi dan sewa perangkat, sudah termasuk XL HOME ENTERTAINMENT BOX (STB).

Semua program tersebut berlaku dari mulai dari 23 Maret hingga 30 April 2023.

Yang menarik, ada juga program untuk pelanggan XL SATU FIBER yakni fitur dan konten partner baru. Dimana, kini kuota hp bersama XL SATU fiber bisa dinikmati juga oleh pelanggan XL PRIORITAS.

Untuk mendapatkannya sangat mudah, cukup daftarkan nomor XL PRIORITAS anda atau keluarga di aplikasi myXL pada akun XL SATU Fiber anda.

Tidak hanya itu, kini hiburan dirumah makin seru dengan adanya LIONSGATE PLAY yang bisa di akses di XL HOME ENTERTAINMENT BOX (STB), pelanggan bisa menonton beragam tayangan box office berkualitas dunia.

AXIS

Untuk Axis misalnya, ada diskon hingga 70% plus bonus kuota gim, sosial media dan streaming ketika melakukan pembelian paket internet sesuai dengan profil pelanggan di aplikasi myXL dan AXISnet mulai 20 Maret – 27 April 2023.

Tak hanya itu, AXIS juga memberikan Paket Jam Kritis dan Anti Batal. Paket Jam Kritis yaitu paket dengan kuota utama, kuota sahur (00-06) dan kuota bedug (17 – 20) mulai dari 11GB Rp 17.900 untuk 3 hari hingga 20GB Rp 49,900 untuk 30 hari.

Lalu, ada juga Paket Sosmed Anti Batal yaitu paket dengan kuota utama, kuota sosmed, dan kuota chat 5GB Rp 7,500 untuk 3 hari.

Supaya tidak batal puasa, ada Paket Nonton Anti Batal yaitu paket dengan kuota utama dan kuota aplikasi nonton favorit, serta bonus akses premium ke aplikasi tersebut, mulai dari 3GB + 3GB Rp 11.900 untuk 3 hari.

Dan juga, Paket Ngegame Anti Batal yaitu paket dengan kuota utama + bonus Garena shell mulai dari 1GB Rp 12.900 untuk 1 hari.

Nah, jika banyak melakukan kegiatan pas sahur, ada Voucher Promo spesial Ramadan yaitu voucher promo untuk mendapatkan bonus kuota sahur (00-06) / kuota bedug (17-20) dan kuota gmaps untuk mudik ketika melakukan aktivasi paket di AXISnet. Semua promo ini bisa didapatkan pada tanggal  20 Mar – 28 Apr.

Promo XL prabayar

Lalu untuk XL Prabayar ada Special Offer Ramadan. Di mana, setiap pembelian paket Akrab, Xtra Combo Plus dan Xtra Combo VIP Plus di myXL selama Ramadan bisa mendapatkan bonus Vidio Platinum 30 hari dan bebas akses aplikasi Noice tanpa kuota.

Lalu ada juga Tebus Murah yang dimulai dari 1.000 Paket data 100MB dan bonus voucher McDonalds, MAP, Tokopedia, Indomaret, Alfamart atau Kelas Pintar untuk setiap transaksi aktivasi paket data di Aplikasi myXL dengan minimal transaksi Paket Data 90.000 (Persediaan terbatas).

Atau tebus murah mulai dari 1.000 Xtra Kuota VIU atau Vidio untuk setiap transaksi aktivasi paket Xtra Combo Mini variant tertinggi.

Yang menarik, ada penawaran Flash Sale. Dimana, penawaran spesial ini dilakukan setiap hari di jam 15:00 – 18:00 WIB dan 02:00 – 05:00 WIB hanya di aplikasi myXL. Pelanggan akan berpeluang mendapatkan Kuota Sosial Media, Video Streaming dan kuota Games mulai 500, Voucher atau Diamond Games diskon hingga 40% atau Voucher Video Streaming diskon hingga 30% dengan KODE PROMO: XLFUN.

XL PRIORITAS

XL paskabayar dalam layanan XL Prioritas juga menggelar promo Bayar di Akhir dan Bayar di Awal. Yang pertama adalah myPRIO X Bayar di Akhir (Paylater) berupa bonus tagihan bulan pertama, ditambah diskon 30% untuk bulan kedua dan bulan ketiga, untuk pendaftaran myPRIO X dari plan Gold hingga Ultima.

Lalu ada myPRIO X Bayar di Awal (Upfront) berupa Beli Paket 2 bulan, Dapat 3 bulan dan Beli Paket 3 bulan, Dapat 5 bulan. Periode program ini hingga 30 April 2023.

Ketiga adalah Paket bundling device myPRIO DEAL. Yang ditawarkan adalah Extra Youtube 15GB untuk 3 bulan dengan periode hingga 30 April 2023. Berlaku untuk pendaftaran myPRIO DEAL dari plan Gold hingga Ultima.

Promo berlaku untuk pembelian melalui 14 XL Center di Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Lombok. Lalu pada Toko Mitra Smartphone : Erafone, Trio, GTN, Celullar World dan Fonel. Sedangkan lewat Online Channel bisa melalui Blibli dan Tokopedia.

Keempat, Bonus Tambahan VIDIO Platinum berupa : bonus berlangganan Vidio platinum 30 hari untuk . Pengguna baru Plan Gold dan Bonus berlangganan Vidio Platinum hingga 1 tahun Pengguna baru Plan Platinum hingga Ultima.

eSIM XL

Oh iya, XL Axiata pun memperkenalkan layanan terbarunya yakni eSIM. eSIM merupakan salah satu layanan baru dari XL Axiata di mana pelanggan XL prabayar kini tidak perlu menggunakan sim card fisik di smartphone-nya.

Ada beberapa kelebihan eSIM. Pertama mempercepat proses pelanggan untuk membeli nomor XL tanpa harus membeli secara fisik lewat toko, tidak perlu menunggu untuk waktu pengiriman.

Kedua, pelanggan mendapatkan kuota lebih besar dan masa berlaku yang lebih panjang.

Nah, khusus untuk pelanggan baru, eSIM XL saat ini dapat di beli di XL web store, store.xl.co.id mulai Rp 30 ribu hingga Rp 60 ribu dengan total kuota hingga 166GB termasuk bonus dobel kuota setahun penuh.

Di tahap awal ini, pelanggan lama juga bisa mendapatkan eSIM  di 27 XL Center, dan akan segera hadir di seluruh XL Center lainnya.

XL Axiata Business Solutions

Untuk para pelanggan corporate juga kebagian promo lho. Ada yang namanya, Promo BIZ Pascabayar dan Digital Rewards.

Untuk Promo BIZ Pascabayar, pelanggan diberikan Voucher hingga 50juta yang berlaku aktivasi baru dan upgrade plan (khusus UMKM) dengan periode promo hingga 31 Mei 2023.

Lalu, untuk Promo Digital rewards, pelanggan berkesempatan mendapatkan gratis Smartphone dan diskon hingga 44% dengan periode promo hingga 20 Mei 2023.

Ada juga promo Special Price Google Workspace Business Starter. Yang diperoleh adalah Special price Rp 50.000/lisensi/bulan (harga semula Rp 65.000/lisensi/bulan) dengan periode promo hingga 31 Juli 2023.

Asyik nya lagi ada promo Manage Service Wifi. Dimana pelanggan akan mendapatkan Diskon 15% untuk pelanggan dengan pemasangan baru dengan periode promo hingga 30 April 2023.

David menambahkan, selain menyediakan ragam produk pilihan yang menarik, XL Axiata juga menyiapkan fitur di aplikasi myXL. Ada yang namanya Fitur selfcare. Ini merupakan fitur Refresh Network Button, Kontrol Pulsa, dan Fitur Search yang bisa dilakukan pelanggan sendiri untuk membantu kelancaran aktifitas pelanggan selama bulan Ramadan.

Berikut cara untuk menggunakan fitur ini di aplikasi myXL:

Refresh Network Button, yang memungkinkan pelanggan me-refresh parameter jaringan melalui aplikasi myXL, setelah di-refresh jaringan akan lebih stabil. Caranya:  Masuk ke aplikasi myXL, klik icon XL Care, lalu masuk ke icon Jaringan.

Kontrol Pulsa, yang memungkinkan pelanggan dapat mengunci pulsa dari layanan di luar paket utama. Fitur ini sekaligus merupakan sarana untuk keamanan dan transparansi. Caranya: Masuk ke myXL, Tab Profil, Klik Kontrol Pulsa.

Fitur Search, berfungsi untuk filter mencari paket yang sesuai dengan preferensi pelanggan. Di dalamnya terdapat filter untuk harga, paket, dan kuota. Caranya: Masuk ke aplikasi myXL, Klik icon XL Store, dan cari paket gunakan icon kaca pembesar di kanan atas. (Icha)

Kini pelanggan XL Axiata Sudah Bisa Pakai eSIM

0

Telko.id – eSIM merupakan salah satu layanan baru dari XL Axiata di mana pelanggan XL prabayar kini tidak perlu menggunakan sim card fisik di smartphone-nya.

XL Axiata merupakan operator ketiga yang menyediaka layanan eSIM ini setelah Smartfren dan Indosat Ooredoo Hutchison.

XL melihat bahwa trend ke depan dari smartphone ini memang akan mengeluarkan produk yang mampu membaca eSIM.

“Kami melihat produsen produk ke depan hanya akan membuat esim saja,” kata Lyra Filiola, Group Head Mass Segment.

Baca juga : Kini Gerai IM3 Telah Sediakan layanan eSIM

“Jadi kami juga menyediakan layanan ini,” ujar Lyra.

Memang, saat ini baru pelanggan XL Axiata prabayar yang bisa mengganti kartu fisik dengan eSIM, maupun bagi calon pelanggan XL Axiata.

Selanjutnya, pelanggan Prioritas dan Axis. “Paling tidak, Axis pada bulan April ini sudah bisa mengganti eSIM,” ujar Lyra.

Memang, tidak bisa terlalu cepat pergantian eSIM ini, karena menurut Lyra, eSIM ini harus ada kerjasama dengan provider handset nya. Jadi utnuk XL Prioritas pun baru akan coming soon.

Walau begitu, XL Axiata tidak akan berhenti disini saja untuk layanan eSIM nya. Layanan ini akan terus dilanjutkan ke IoT maupun ke Apparel karena memang masa depannya memang arah itu.

Untuk saat ini, jenis smartphone yang sudah bisa menggunakan eSIM adalah iPhone XS ke atas. Jika kalian pengguna Samsung, mulai dari Samsung Galaxy Z Flip dan Z Fold, Galaxy Note 20 Series, hingga Galaxy S20 Series ke atas telah mendukung teknologi ini.

Sementara untuk Huawei yang berjalan di Harmony OS, cuma pengguna Huawei Mate 40 Pro dan Huawei P40 Series yang bisa menghubungkan ponselnya dengan eSIM.

Diketahui, eSIM sendiri merupakan salah satu layanan baru dari XL Axiata di mana pelanggan XL prabayar kini tidak perlu menggunakan SIM card fisik di smartphone-nya.

Beberapa kelebihan eSIM adalah antara lain mempercepat proses pelanggan untuk membeli nomortanpa harus membeli secara fisik lewat toko.

Selain itu, pelanggan juga tidak perlu menunggu untuk waktu pengiriman. Pengguna layanan seluler berbasis eSIM juga dijanjikan bakal mendapatkan kuota lebih besar dan masa berlaku yang lebih panjang.

Khusus untuk pelanggan baru, eSIM XL saat ini dapat di beli di XL web store mulai Rp 30 ribu hingga Rp 60 ribu dengan total kuota hingga 166 GB termasuk bonus dobel kuota setahun penuh.

Di tahap awal ini, pelanggan lama juga bisa mendapatkan eSIM di 27 XL Center, dan akan segera hadir di seluruh XL Center lainnya.

Dengan eSIM, perangkat ponsel yang dugunakan dapat dipakai dengan mode dual SIM alias Nano SIM + eSIM yang saat ini baru ada di iPhone.

Kelebihan menarik lainnya dari eSIM di iPhone adalah dapat menyimpan beberapa nomor eSIM secara mudah dan aktifkan nomor sesuai kebutuhan. (Icha)

Xiaomi Redmi A2+

0

Xiaomi terus berinovasi dengan meluncurkan HPXiaomi Redmi A2+, untuk menghadirkan teknologi terbaru ke dalam genggaman Anda. Diperkenalkan pada 24 March 2023, HP ini menawarkan kombinasi antara kinerja dan estetika. Xiaomi Redmi A2+ menjanjikan pengalaman penggunaan yang tidak istimewa tapi masih bisa diandalkan melalui chipset Helio G36 yang memiliki score Antutu 10 rata-rata di angka 153527 dan ditopang oleh RAM berkapasitas 2-4 GB. Spesifikasi tersebut jadi modal Xiaomi Redmi A2+ untuk bersaing dengan Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL yang dilengkapi chipset Snapdragon 660 serta RAM 3-6 GB, dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL yang dilengkapi chipset Snapdragon 632 serta RAM 3/4 GB. Xiaomi Redmi A2+ sendiri, menurut data terakhir kami di bulan Agustus 2025, belum ada informasi harga dan ketersediaannya di pasar Indonesia.

Selain harga, prosesor, dan memori, variabel penting yang juga bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih sebuah HP adalah layar. Untuk itu Xiaomi menanamkan layar IPS LCD berukuran 6.52 inches, 102.6 cm2 (~81.0% screen-to-body ratio) dengan resolusi 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~269 ppi density) dengan refresh rate . Pada sektor kamera, spesifikasi kamera utama 8 MP yang didukung perekaman video 1080p@30fps juga jadi andalan Xiaomi Redmi A2+. Dan semua fitur tersebut ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh yang didukung fitur pengisian 10W. Spesifikasi lainnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah .

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi A2+

Spesifikasi Terbaru Xiaomi Redmi A2+

Spesifikasi Xiaomi Redmi A2+
KETERSEDIAN
Diperkenalkan 24 March 2023
Status Available. Released 2023, March 24
JARINGAN
Teknologi GSM / HSPA / LTE
Jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
Jaringan 3G HSDPA 850 / 900 / 2100
Jaringan 4G 1, 3, 5, 7, 8, 20, 28, 38, 40, 41 - International
Kecepatan Akses HSPA, LTE
BODI
Dimensi 164.9 x 76.8 x 9.1 mm
Berat 192 gram
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Varian Warna Aqua Blue, Classic Black, Sea Green
LAYAR
Tipe Layar IPS LCD 400 nits (typ)
Ukuran Layar 6.52 inches, 102.6 cm2 (~81.0% screen-to-body ratio)
Resolusi Layar 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~269 ppi density)
PLATFORM
Sistem Operasi Android 12 or 13 (Go edition) - MIUI
Chipset Mediatek Helio G36 (12 nm)
CPU / Prosesor Octa-core (4x2.2 GHz Cortex-A53 & 4x1.7 GHz Cortex-A53)
GPU / Prosesor Grafis PowerVR GE8320
MEMORI
Kartu Memori microSDXC (dedicated slot)
RAM 2-4 GB
ROM / Memori Internal 32GB 2GB RAM
32GB 3GB RAM
64GB 3GB RAM
64GB 4GB RAM
KAMERA UTAMA
Sensor Kamera 8 MP, f/2.0, (wide)
0.08 MP (depth)
Fitur Kamera Dual-LED flash, HDR
Perekaman Video 1080p@30fps
KAMERA SELFIE
Sensor Kamera 5 MP, f/2.2
Perekaman Video 1080p@30fps
KONEKTIVITAS
WIFI Wi-Fi 802.11 a/b/g/n
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
GPS GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
NFC No
Radio FM radio
USB microUSB 2.0
Jack Audio 3.5mm Yes
FITUR LAIN
Sensors Fingerprint (rear-mounted), accelerometer
BATERAI
Tipe Baterai Li-Po
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Li-Po 5000 mAh, non-removable
Charging 10W wired


FAQ

Berapa harga HP Xiaomi Redmi A2+?

Sampai saat ini, kami belum mendapatkan informasi harga Xiaomi Redmi A2+, tapi kami akan informasikan di laman ini begitu ada update harga untuk HP ini.

Berapakah RAM Xiaomi Redmi A2+?

Xiaomi Redmi A2+ dilengkapi RAM berkapasitas 2-4 GB dengan opsi memori internal 32GB 2GB RAM dan 32GB 3GB RAM(lihat tabel untuk varian memori lainnya).

Xiaomi Redmi A2+ menggunakan chipset apa?

Xiaomi Redmi A2+ menggunakan chipset Helio G36 yang diatas kertas mencatatkan score Antutu 10 di angka rata-rata sekitar 153527.

Apakah Xiaomi Redmi A2+ cocok untuk main game?

Untuk HP ini, sebaiknya jangan mainkan game kategori sedang hingga berat, game yang ringan ringan saja.

Apakah Xiaomi Redmi A2+ memiliki sensor sidik jari? Dimana posisinya?

Ya, Xiaomi Redmi A2+ sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari. Posisinya ada di bagian belakang.

Apakah Xiaomi Redmi A2+ sudah fast charging?

HP ini support pengisian baterai 10W wired .