Tecno terus berinovasi dengan meluncurkan HPTecno Pop 7, untuk menghadirkan teknologi terbaru ke dalam genggaman Anda. Diperkenalkan pada 28 March 2023, HP ini menawarkan kombinasi antara kinerja dan estetika. Tecno Pop 7 menjanjikan pengalaman penggunaan melalui chipset yang memiliki score Antutu 10 rata-rata di angka dan ditopang oleh RAM berkapasitas 2 GB. Spesifikasi tersebut jadi modal Tecno Pop 7 untuk bersaing dengan Tidak ada post terkait untuk ditampilkan.. Tecno Pop 7 sendiri, menurut data terakhir kami di bulan Agustus 2025, belum ada informasi harga dan ketersediaannya di pasar Indonesia.
Selain harga, prosesor, dan memori, variabel penting yang juga bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih sebuah HP adalah layar. Untuk itu Tecno menanamkan layar IPS LCD berukuran 6.6 inches, 104.6 cm2 (~84.6% screen-to-body ratio) dengan resolusi 720 x 1612 pixels, 20:9 ratio (~267 ppi density) . Pada sektor kamera, spesifikasi kamera utama 8 MP yang didukung perekaman video 1080p@30fps juga jadi andalan Tecno Pop 7. Dan semua fitur tersebut ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh yang didukung fitur pengisian 10W. Spesifikasi lainnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah , atau cek ulasan lengkapnya dengan membaca artikel Tecno Pop 7: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui.
Dan sebagai perbandingan, pesaing lainnya seperti
Tidak ada post terkait untuk ditampilkan..
2. Chipset
Di atas kertas, chipset yang dibawa Tecno Pop 7 mencatatkan score Antutu 10 rata-rata di angka . Performanya ditopang oleh RAM berkapasitas 2 GB. Di level performa yang sama,
Tidak ada post terkait untuk ditampilkan.. Sementara untuk performa grafis, GPU milik Tecno Pop 7 kami nilai sesuai dengan harganya. Sebagai pembanding, Tidak ada post terkait untuk ditampilkan..
3. Mentok di GSM / HSPA / LTE
Untuk akses data, Anda harus puas dengan teknologi GSM / HSPA / LTE dan dukungan WiFi. Dimana HP di level yang sama seperti
Tidak ada post terkait untuk ditampilkan..
4. Baterai 5000 mAh - charging 10W
Semua fitur yang ada di Tecno Pop 7 ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh yang didukung fitur pengisian 10W wired. Sementara pesaingnya,
Tidak ada post terkait untuk ditampilkan.,
masing masing dilengkapi
Tidak ada post terkait untuk ditampilkan..
5. Dimensi 163.9 x 75.5 x 8.9 mm Frame Plastik
Tecno Pop 7 memiliki detail bodi Glass front, plastic back, plastic frame dengan dimensi 163.9 x 75.5 x 8.9 mm yang memiliki ketebalan 8.9 mm. HP ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang posisinya ada di bagian belakang. Adapun untuk variasi warna, Tecno Pop 7 menyediakan opsi warna Endless Black dan Capri Blue.
6. Kamera Utama 8 MP
Tak bisa dipungkiri, kamera jadi salah satu daya tarik utama dari sebuah HP. Untuk itulah Tecno Pop 7 menanamkan kamera utama dengan spesifikasi 8 MP, f/2.0, (wide), AF. Fungsionalitasnya didukung oleh kamera kedua yang memiliki spesifikasi 0.08 MP, (depth). Sementara untuk kebutuhan selfie, HP ini menyediakan kamera dengan spesifikasi 5 MP.
7. Opsi Memori
Last but not least, fakta yang tak kalah pentingnya adalah perihal opsi memori penyimpanan. Yup, HP Tecno Pop 7 dilengkapi RAM berkapasitas 2 GB dengan opsi memori internal 64GB 2GB RAM.
Seiring dengan kemunculan Honor Play7T Pro di pasar HP, banyak pertanyaan muncul mengenai kapabilitas dan fitur-fiturnya. Dari daya tahan baterai, kualitas layar, hingga dukungan jaringan 5G, artikel ini akan mengungkap 7 fakta kunci yang membantu Anda memahami apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Honor Play7T Pro. Kami akan menyelidiki setiap aspek penting dari HP ini, memberikan gambaran yang jelas dan objektif untuk membantu Anda menentukan apakah Honor Play7T Pro sesuai dengan kebutuhan Anda.
1. Layar IPS LCD dengan Refresh Rate 90Hz
Layar IPS LCD memang bukan yang kami harapkan dari HP di kategori ini. Meskipun layar dengan ukuran 6.7 inches, 108.7 cm2 (~89.6% screen-to-body ratio) yang memiliki resolusi 1080 x 2388 pixels (~391 ppi density) dan support refresh rate 90Hz, juga tidak bisa dikatakan jelek.
Dan sebagai perbandingan, pesaing lainnya seperti
Oppo A1 memiliki layar IPS LCD dengan refresh rate 120Hz, dan Oppo A77 memiliki layar IPS LCD dengan refresh rate 90Hz.
2. Chipset Grade B dengan GPU Rating 119
Di atas kertas, chipset MT6833V yang dibawa Honor Play7T Pro mencatatkan score Antutu 10 rata-rata di angka 418550. Performanya ditopang oleh RAM berkapasitas 8 GB. Di level performa yang sama,
ada Oppo A1 dengan chipset Snapdragon 695 5G - Antutu 441837 dan RAM 8/12 GB, dan ada Oppo A77 dengan chipset Dimensity 810 - Antutu 425066 dan RAM 4/6 GB. Sementara untuk performa grafis, GPU Mali-G57 MC2 milik Honor Play7T Pro kami beri rating 119. Sebagai pembanding, GPU Oppo A1 punya rating 148, dan GPU Oppo A77 punya rating 119.
3. Support 5G
Meski sebagian pengguna berpendapat bahwa 4G sudah cukup untuk memberikan pengalaman berselancar di dunia maya dengan nyaman, tapi keberadaan teknologi 5G di Honor Play7T Pro adalah sebuah nilai tambah. Paling tidak, HP ini sudah membawa Anda selangkah lebih maju untuk menapaki masa depan. Dimana HP di level yang sama seperti
Oppo A1 sudah support teknologi 5G , dan Oppo A77 sudah support teknologi 5G .
4. Baterai 4000 mAh - charging 40W
Semua fitur yang ada di Honor Play7T Pro ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 4000 mAh yang didukung fitur pengisian 40W wired. Sementara pesaingnya,
Oppo A1, dan Oppo A77,
masing masing dilengkapi
baterai 5000 mAh - charging 67W, dan baterai 5000 mAh - charging 33W.
5. Dimensi 162.9 x 74.5 x 7.4 mm
Honor Play7T Pro memiliki dimensi 162.9 x 74.5 x 7.4 mm yang memiliki ketebalan 7.4 mm. HP ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang posisinya ada di sisi ponsel. Adapun untuk variasi warna, Honor Play7T Pro menyediakan opsi warna Black, Dark Green dan Silver.
6. Kamera Utama 50 MP dan PDAF
Tak bisa dipungkiri, kamera jadi salah satu daya tarik utama dari sebuah HP. Untuk itulah Honor Play7T Pro menanamkan kamera utama dengan spesifikasi 50 MP, f/1.8, (wide), PDAF. Fungsionalitasnya didukung oleh kamera kedua yang memiliki spesifikasi 2 MP, f/2.4, (depth). Sementara untuk kebutuhan selfie, HP ini menyediakan kamera dengan spesifikasi 8 MP, f/2.0, (wide).
Untuk autofokus, HP ini menggunakan Phase Detection Autofocus (PDAF) , menawarkan kecepatan dan akurasi yang luar biasa dalam autofokus.
7. Opsi Memori
Last but not least, fakta yang tak kalah pentingnya adalah perihal opsi memori penyimpanan. Yup, HP Honor Play7T Pro dilengkapi RAM berkapasitas 8 GB dengan opsi memori internal 128GB 8GB RAM dan 256GB 8GB RAM.
Seiring dengan kemunculan Honor Play7T di pasar HP, banyak pertanyaan muncul mengenai kapabilitas dan fitur-fiturnya. Dari daya tahan baterai, kualitas layar, hingga dukungan jaringan 5G, artikel ini akan mengungkap 7 fakta kunci yang membantu Anda memahami apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Honor Play7T. Kami akan menyelidiki setiap aspek penting dari HP ini, memberikan gambaran yang jelas dan objektif untuk membantu Anda menentukan apakah Honor Play7T sesuai dengan kebutuhan Anda.
1. Layar IPS LCD dengan Refresh Rate 90Hz
Layar IPS LCD memang bukan yang kami harapkan dari HP di kategori ini. Meskipun layar dengan ukuran 6.74 inches, 109.7 cm2 (~85.1% screen-to-body ratio) yang memiliki resolusi 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~260 ppi density) dan support refresh rate 90Hz, juga tidak bisa dikatakan jelek.
Dan sebagai perbandingan, pesaing lainnya seperti
Oppo A1 memiliki layar IPS LCD dengan refresh rate 120Hz, dan Oppo A77 memiliki layar IPS LCD dengan refresh rate 90Hz.
2. Chipset Grade B dengan GPU Rating 119
Di atas kertas, chipset MT6833V yang dibawa Honor Play7T mencatatkan score Antutu 10 rata-rata di angka 418550. Performanya ditopang oleh RAM berkapasitas 8 GB. Di level performa yang sama,
ada Oppo A1 dengan chipset Snapdragon 695 5G - Antutu 441837 dan RAM 8/12 GB, dan ada Oppo A77 dengan chipset Dimensity 810 - Antutu 425066 dan RAM 4/6 GB. Sementara untuk performa grafis, GPU Mali-G57 MC2 milik Honor Play7T kami beri rating 119. Sebagai pembanding, GPU Oppo A1 punya rating 148, dan GPU Oppo A77 punya rating 119.
3. Support 5G
Meski sebagian pengguna berpendapat bahwa 4G sudah cukup untuk memberikan pengalaman berselancar di dunia maya dengan nyaman, tapi keberadaan teknologi 5G di Honor Play7T adalah sebuah nilai tambah. Paling tidak, HP ini sudah membawa Anda selangkah lebih maju untuk menapaki masa depan. Dimana HP di level yang sama seperti
Oppo A1 sudah support teknologi 5G , dan Oppo A77 sudah support teknologi 5G .
4. Baterai 6000 mAh - charging 225W
Semua fitur yang ada di Honor Play7T ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 6000 mAh yang didukung fitur pengisian 22.5W wired. Sementara pesaingnya,
Oppo A1, dan Oppo A77,
masing masing dilengkapi
baterai 5000 mAh - charging 67W, dan baterai 5000 mAh - charging 33W.
5. Dimensi 167.5 x 76.9 x 8.3 mm
Honor Play7T memiliki dimensi 167.5 x 76.9 x 8.3 mm yang memiliki ketebalan 8.3 mm. HP ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang posisinya ada di sisi ponsel. Adapun untuk variasi warna, Honor Play7T menyediakan opsi warna Black, Blue dan Silver.
6. Kamera Utama 50 MP dan PDAF
Tak bisa dipungkiri, kamera jadi salah satu daya tarik utama dari sebuah HP. Untuk itulah Honor Play7T menanamkan kamera utama dengan spesifikasi 50 MP, f/1.8, (wide), PDAF. Fungsionalitasnya didukung oleh kamera kedua yang memiliki spesifikasi 2 MP, f/2.4, (depth). Sementara untuk kebutuhan selfie, HP ini menyediakan kamera dengan spesifikasi 5 MP, f/2.2, (wide).
Untuk autofokus, HP ini menggunakan Phase Detection Autofocus (PDAF) , menawarkan kecepatan dan akurasi yang luar biasa dalam autofokus.
7. Opsi Memori
Last but not least, fakta yang tak kalah pentingnya adalah perihal opsi memori penyimpanan. Yup, HP Honor Play7T dilengkapi RAM berkapasitas 8 GB dengan opsi memori internal 128GB 8GB RAM dan 256GB 8GB RAM.
Telko.id – Sinar Mas Land melalui salah satu proyeknya yakni Upper West melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Microsoft untuk memberikan dukungan teknologi senilai lebih dari USD 300.000.
Dukungan tersebut diwujudkan melalui pendanaan kepada para penghuni SOHO di Upper West BSD City dalam program Microsoft for Startups Founders Hub.
Kerja sama antara kedua belah pihak ini dipertemukan oleh Living Lab Ventures (LLV), sebuah corporate venture dari Sinar Mas Land yang berfokus memberikan suntikan dana untuk menginkubasi dan mengakselerasi global minded digital entrepreneurs potensial di Indonesia.
Prosesi penandatangan tersebut dilakukan oleh James Widjaja (Director Upper West), Makka Kesuma (CTO for Digital Natives and Startups Microsoft Indonesia), dan Bayu Seto (Partner Living Lab Ventures).
Dalam program Microsoft for Startups Founders Hub, para penghuni SOHO dapat mengakses berbagai macam aplikasi yang canggih.
Mulai dari platform cloud terpercaya, aman, dan open-source friendly, hingga alat produktivitas terbaik bagi developer seperti GitHub Enterprise, Engineer Visual Studio Enterprise, Power Platform, Microsoft 365, dan Dynamics 365.
Selain itu, platform ini juga memberikan akses ke leading edge technology seperti OpenAI yang merevolusi Natural Language System dengan kemampuan dari GPT-3 model.
Sebagai materi pelatihan, para startup founder akan mendapat akses ke Microsoft Learn (yang kini sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia) untuk membangun berbagai developer skills seperti DevOps Engineer, Data Engineer, Data Scientist, Solution Architect, hingga Security Engineer.
Upper West merupakan sebuah mixed-use development di mana kita dapat melakukan aktivitas pekerjaan, tempat tinggal, dan sekaligus bisa menikmati lifestyle yang sangat lengkap.
Upper West sangat memperhatikan perkembangan kebutuhan masyarakat saat ini agar lebih efektif dan efisien, serta memikirkan kebutuhan pebisnis jangka panjang.
Beragam fasilitas dihadirkan untuk memberikan kemudahan dalam berwirausaha, salah satunya melalui program Microsoft for Startups Founders Hub.
“Melalui kolaborasi dengan Microsoft akan sangat mendukung para pebisnis untuk menjalankan dan mengembangkan bisnisnya di dalam satu tempat dengan daya infrastruktur yang canggih. Kami akan terus mendukung akselerasi startup lokal untuk membuka potensi mereka agar dapat menjadi game-changer di masa depan,” kata James Widjaja, Director Upper West.
“Kami menyambut baik kolaborasi dengan Sinar Mas Land melalui proyeknya yakni Upper West dalam memberdayakan lebih banyak startup potensial di Indonesia,” kata Makka Kesuma, Chief Technology Officer for Digital Natives and Startups Microsoft Indonesia.
Makka juga menambahkan bahwa dalam program Microsoft for Startups Founders Hub, para startupleaders nantinya akan mendapatkan beragam akses manfaat berupa teknologi dan tools dari Microsoft serta mitra.
Beragam akses ini serta sumber daya lainnya yang disokong oleh Microsoft dapat digunakan oleh masing-masing startup untuk menjalankan bisnisnya sampai empat tahun.
Dalam kesempatan itu, Partner Living Lab Ventures – Bayu Seto menambahkan, “Kami harap dengan program ini, dapat meningkatkan entrepreneur-entrepreneur baru, program ini memberikan cukup banyak benefit kepada entrepreneur baru dimana mereka mendapatkan dukungan teknologi dari Microsoft yang sudah bekerja sama dengan LLV sebelumnya.
Menurut Bayu, langkah tersebut juga sejalan dengan misi Living Lab Ventures yaitu mendukung peningkatan ekonomi digital kreatif di Indonesia. “Kami harap akan banyak startup-startup baru yang tumbuh di Upper West ini,” ata Bayu.
Upper West merupakan sebuah pengembangan mixed-use pertama yang berlokasi sangat strategis di CBD BSD City, menggabungkan lifestyle ground, SOHO, apartment, dan loft living yang saling terintegrasi dalam satu kawasan.
Proyek ini dikembangkan oleh perusahaan konsorsium gabungan antara Sinar Mas Land dan PT Dwijaya Karya yang telah berpengalaman dalam membangun proyek premium.
Saat ini, progres pembangunan Upper West telah mencapai tingkat 9. Konstruksi Upper West dikerjakan oleh TATA Kontraktor yang merupakan salah satu kontraktor di Tanah Air yang sangat mengutamakan kualitas premium dan ketepatan waktu pembangunan.
Upper West akan memberikan kenyamanan untuk mendapatkan bagi seluruh penghuninya dalam satu atap.
Semua fasilitas yang ada di Upper West dihadirkan untuk memberikan kemudahan dalam berwirausaha dan menunjang terjadinya interaksi antar penghuni, sehingga akan menciptakan ekosistem komunitas yang dapat saling berkolaborasi yang menguntungkan bagi semua pihak.
Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain seperti Creator Room untuk para pembuat konten, Communal Kitchen & ExperimentalResto bagi para penggiat kuliner, Experience Lounge untuk mengadakan event dan meeting.
Selain itu juga ada fasilitas lainnya seperti Collaborative Space, Day Care Center, Nature and Retreat Terrace, Games Room, Barbeque Pavilion, Wellness and Yoga Terrace, Fitness Center, Infinity Pool, Refreshment Room, dan Sky Pods. (Icha)
Telko.id – Brand smartphone iQOO [dibaca: aiku] mengumumkan akan membawa seri terbarunya untuk segmen mid-range, iQOO Z Series, ke Indonesia.
Mengusung slogan “Redefining Power”, iQOO Z Series akan menemani aktivitas sehari-hari para power optimizer. iQOO Z Series akan resmi meluncur di Indonesia pada 3 April 2023.
“iQOO mendengar harapan konsumen akan smartphone yang mampu memberikan tenaga maksimal dan kecepatan tinggi. Maka dari itulah, tidak lama lagi kami akan membawa iQOO Z Series yang akan mendefinisikan ulang ‘Power’ pada smartphone kelas menengah,” ungkap Aaron Mao, Country Director of iQOO Indonesia.
iQOO melihat semangat luar biasa konsumennya dari generasi Z dan Milenial – yang terus mengeksplorasi jati diri, memiliki keinginan kuat untuk mendapatkan yang terbaik dari hidup, dan mengadopsi teknologi terbaru. Semangat inilah yang menjadi alasan kuat iQOO untuk menghadirkan seri terbarunya, iQOO Z Series.
Kabarnya, perangkat terbaru ini akan mewarisi gen iQOO yang identik dengan performa tinggi yang akan menunjang segala aktivitas padat konsumen.
Perangkat ini pun bakal menjadi smartphone yang pas untuk mereka, para power optimizer, yang memberikan kesempatan untuk menikmati hidup, bereksplorasi dengan segala aspirasi mereka sebagai generasi muda, dan mendorong semangat #PowerUp di setiap aspek kehidupan mereka.
Peluncuran pertama brnad ini di Indonesia dengan iQOO 11 mendapat sambutan yang sangat baik dan para tech enthusiasts menunjukkan ketertarikan yang tinggi akan produk berikutnya.
Dengan semangat ‘I Quest On and On’ iQOO terus mendorong batasan dan berinovasi untuk memberikan pengalaman unik dan membawa kinerja yang tak tertandingi, brand ini pun memutuskan untuk menyapa kembali konsumen dengan iQOO Z Series.
“Kami harap iQOO Z series yang akan meluncur sebentar lagi dapat menjadi smartphone yang bersahabat untuk anak muda yang ingin tetap produktif serta menjadi versi terbaik bagi diri mereka,” tutup Aaron.
Sayang masih belum jelas, tipe perangkat ini yang bakal diluncurkan di Indonesia. Namun, beberap rumor beredar, besar kemungkinan salah satunya iQOO Z7 5G.
Spesifikasi iQOO Z7 5G
Jika menilik dari GSM arena, iQOO Z7 5G akan mengusung layar AMOLED berukuran 6,38 inch Full HD+. HP ini punya dukungan refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 360Hz.
Dapur pacunya menggunakan chipset MediaTek Dimensity 920 SoC dengan RAM 8 GB. Diberikan fitur RAM virtual hingga 8 GB untuk bantu dongkrak performa.
Ada dua kamera yang disematkan di bagian belakang, terdiri dari kamera utama 64 MP yang dilengkapi OIS dan sensor depth 2 MP. Kamera di bagian depan berukuran 16 MP.
Lantaran menggunakan AMOLED, HP ini menyertakan sensor sidik jari di layar. Untuk baterainya berkapasitas 4.500 mAh dengan pengisian cepat 44W, menjanjikan 50% dalam 25 menit charging.
Saat dirilis, iQOO Z7 5G menjalankan Funtouch OS 13 berbasis Android 13. iQOO menjanjikan HP ini akan mendapatkan dua kali update Android dan pembaruan keamanan selama 3 tahun.
iQOO Z7 5G hadir dalam varian warna Norway Blue dan Pacific Night. Untuk harganya sebagai berikut:
iQOO Z7 5G 6/128 GB harganya 18.999 rupee atau Rp 3,5 juta
iQOO Z7 5G 8/128 GB harganya 19.999 rupee atau Rp 3,7 juta
Telko.id – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), sinergi dengan Telkom melalui Netmonk Prime, platform digital dibawah naungan Leap-Telkom Digital.
Kini BPKP dapat melakukan pemantauan jaringan di internal BPKP Pusat untuk menekan risiko terjadinya gangguan jaringan.
Penerapan digitalisasi dalam pemantauan jaringan di internal BPKP Pusat membutuhkan perangkat yang telah terkoneksi dengan jaringan internet sehingga kuantitasnya akan semakin prima.
Seiring meningkatnya aktivitas penggunaan jaringan internet, semakin meningkat pula risiko terjadinya gangguan jaringan.
Untuk itu, dalam menghindari segala risiko yang mungkin muncul, dibutuhkan upaya pencegahan yang bisa dilakukan melalui monitoring jaringan pada aktivitas tersebut.
Monitoring jaringan merupakan proses mengumpulkan dan menganalisa data- data yang ada di dalam lalu lintas jaringan.
Praktik ini sangat penting untuk perusahaan atau instansi memantau infrastruktur jaringan, seperti mengetahui berfungsi atau tidaknya perangkat jaringan.
Dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara pengawasan keuangan negara dan pembangunan nasional, jaringan yang saling terkoneksi dan berjalan tanpa masalah sangat diperlukan untuk memudahkan kinerja BPKP.
Namun, sebelumnya BPKP kerap mengalami kesulitan dalam melakukan pemantauan perangkat jaringan yang berfungsi dengan baik atau tidak. Tak hanya itu, pemantauan kesehatan perangkat yang digunakan juga tidak bisa dilakukan dengan efektif.
Direktur Digital Business Telkom Fajrin Rasyid mengatakan, sebagai solusi monitoring jaringan kehadiran Netmonk Prime bertujuan untuk mempermudah tim IT BPKP dalam melakukan pemantauan jaringan di perusahaan maupun instansi.
Dengan Netmonk Prime, perusahaan dan instansi dapat memantau kondisi jaringan, web/API, serta server secara proaktif dan dapat melakukan pemeliharaan preventif cukup dalam satu aplikasi.
“Dengan memanfaatkan dashboard Netmonk Prime yang friendly user, memudahkan BPKP dalam melakukan pemantauan jaringan serta kesehatan perangkat jaringan yang digunakannya untuk menghindari kekusutan jaringan yang dapat berimbas buruk bagi kinerja BPKP,” ujar Fajrin.
Selain BPKP Pusat, Netmonk Prime saat ini juga telah dipercaya oleh lebih dari 15 perusahaan di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan monitoring jaringan mereka.
Fitur-fitur unggulan Netmonk Prime seperti otomatisasi laporan secara real-time notification terbukti mampu menundukung kebutuhan di berbagai perusahaan dan instansi.
Kerja sama antara Netmonk dan BPKP juga terjalin melalui pelatihan bersama. Salah satunya pada pertengahan Januari 2023 lalu, Netmonk menyambangi BPKP untuk memberikan penjelasan mengenai berbagai fitur Netmonk yang telah disesuaikan dengan kebutuhan BPKP. Melalui kegiatan ini, BPKP juga menjadi lebih terbantu dalam mengevaluasi kinerja jaringannya.
Sub Koordinator Pengelolaan Infrastruktur Teknologi Informasi BPKP Wahyu Anggoro menyampaikan bahwa, “Penggunaan Netmonk Prime telah memenuhi kebutuhan BPKP untuk melihat up and down dari sisi perangkat, sisi penggunaan traffic, dan juga kita bisa memantau kesehatan perangkat”.
Wahyu menambahkan bahwa dengan memanfaatkan Netmonk Prime dari Leap-Telkom Digital, BPKP menjadi lebih terbantu untuk mengetahui potensi terjadinya gangguan jaringan.
“Netmonk Prime dapat memberikan peringatan atau alert ketika ada perangkat jaringan mana saja yang mengalami masalah sehingga tim informasi teknologi (IT) BPKP dapat lebih cepat mengantisipasinya,” ungkap Wahyu.
Lebih lanjut, Wahyu menambahkan, “Sebelum menggunakan Netmonk Prime, alur penanganan gangguan jaringan lebih rumit dan tidak praktis karena tim IT harus mengumpulkan data-data yang diperlukan secara manual. Dengan adanya Netmonk Prime, kami bisa mendapatkan alert dari hal-hal critical yang terjadi pada penggunaan bandwidth,” imbuh Wahyu.
Sejalan dengan Wahyu, Koordinator Operasional dan Keamanan IT BPKP Fahmi Kurniawan menyampaikan pengalaman terkait salah satu critical alert yang pernah diterima oleh BPKP Pusat berkat bantuan dashboard Netmonk Prime adalah ketika kapasitas penggunaan bandwidth di BPKP Maluku Utara telah lebih dari 70%.
Berkat peringatan itu, Tim IT BPKP Pusat bisa langsung melakukan pemeriksaan dan penanganan lanjutan agar penggunaan bandwidth tidak melebihi kapasitas.
“Setelah diperiksa ternyata benar ada penggunaan bandwidth lebih dari 70%. Sebelumnya kami belum pernah mendapatkan peringatan seperti itu. Penggunaan Netmonk Prime sangat membantu dengan dashboard yang informatif,” ujar Fahmi.
Netmonk merupakan bagian dari Leap-Telkom Digital sebagai umbrella brand dari produk- produk digital PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). Melalui produk digitalnya yang saling bersinergi, Telkom berkomitmen untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan platform digital cerdas yang berkelanjutan di Indonesia. (Icha)
Telko.id – Telkom berhasil menutup tahun buku 2022 dengan kinerja yang memuaskan melalui pertumbuhan positif baik dari sisi pendapatan, Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi (EBITDA), maupun laba bersih operasi.
Perseroan membukukan pendapatan konsolidasian sebesar Rp147,31 triliun atau tumbuh sebesar 2,9% dibanding periode yang sama tahun lalu. EBITDA perseroan tercatat sebesar Rp78,99 triliun atau tumbuh 4,3% YoY dengan laba bersih operasi Rp25,86 triliun atau tumbuh 7,7% YoY.
“Syukur Alhamdulillah, Telkom dapat menutup tahun 2022 dengan cukup baik, baik dari aspek kinerja keuangan maupun operasional. Pencapaian kinerja ini merupakan output dari fokus perusahaan dalam menjalankan strategi utama Five Bold Moves demi menciptakan nilai tambah serta pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan,” kata Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkom.
Pada segmen Mobile, Telkomsel selaku anak usaha Telkom membukukan pendapatan Rp89,04 triliun atau tumbuh 1,8% dari periode yang sama tahun lalu. Digital Business menjadi kontributor pertumbuhan kinerja dengan kontribusi sebesar 81,9% dari total pendapatan. Segmen ini tumbuh positif 6,9% YoY mencapai Rp72,93 triliun dibanding periode yang sama di tahun 2021.
Telkomsel melayani 156,8 juta pelanggan dengan data payload yang tumbuh positif hingga 18,7% YoY menjadi 16.426.853 TB dan konsumsi payload menyentuh 11.962 MB per pengguna layanan data atau tumbuh 16,1% YoY.
Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan mobile sekaligus memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan, Telkomsel secara resmi menjadi pemenang lelang frekuensi 2,1GHz dari Kementerian Komunikasi dan Informatika pada November 2022 lalu.
Sementara itu investasi Telkomsel di GoTo juga menghasilkan synergy value yang cukup baik bagi perusahaan, di antaranya integrasi MyTelkomsel dan GoPay untuk meningkatkan user experience penggunaan produk digital, integrasi layanan Telkomsel MyAds serta platform GoBiz untuk membantu digitalisasi UMKM, kemudahan bagi mitra Gojek untuk menjadi mitra reseller Telkomsel, dan lainnya.
Pada segmen Consumer, pendapatan IndiHome tercatat sebesar Rp28,0 triliun atau tumbuh positif 6,4% dari periode yang sama tahun lalu, dengan kontribusi 19,0% dari total pendapatan Perseroan dan EBITDA yang stabil pada kisaran 50%.
Adapun 90% pendapatan IndiHome ini dikontribusi pelanggan segmen Consumer dan selebihnya dari segmen Enterprise. IndiHome menutup 2022 dengan pertumbuhan pelanggan sebesar 7,1% dari akhir tahun lalu menjadi 9,2 juta pelanggan, 63% di antaranya merupakan pelanggan Dual Play dan 37% pelanggan Triple Play.
ARPU IndiHome cukup stabil pada kisaran harga Rp268 ribu, didukung oleh pendapatan dari add- ons yang tumbuh 10,4% YoY.
Pada segmen Enterprise, perseroan mencatat kinerja sebesar Rp19,2 triliun dengan layanan B2B Digital IT Services dan Enterprise Connectivity sebagai kontributor utama pendapatan.
Segmen ini mencatat pertumbuhan kinerja kuartalan yang cukup signifikan pada triwulan keempat 2022 sebesar 9,3% YoY. Telkom terus memperkuat kapabilitas di bisnis cloud melalui kerja sama strategis dengan pemain teknologi global, di samping terus meningkatkan kualitas dalam memberikan solusi digital kepada pelanggan.
Sementara itu pendapatan segmen Wholesale and International tumbuh 8,3% YoY menjadi Rp15,4 triliun dikontribusi pertumbuhan pada bisnis layanan suara wholesale internasional dan bisnis infrastruktur digital.
Pada bisnis tower, Mitratel selaku anak usaha Telkom mengukuhkan posisi sebagai perusahaan tower terbesar di Asia Tenggara berdasarkan kepemilikan menara telekomunikasi, melalui kepemilikan sebanyak 35.418 unit tower dengan tenancy ratio 1,47x.
Mitratel membukukan pendapatan sebesar Rp7,7 triliun atau tumbuh 12,5% YoY, yang utamanya didorong oleh perolehan dari sewa menara. EBITDA dan laba bersih perusahaan sepanjang 2022 tumbuh positif 18,5% dan 29,3%.
Sepanjang 2022, total belanja anggaran perseroan mencapai Rp34,2 triliun atau 23,2% dari total pendapatan. Anggaran belanja ini difokuskan pada pengembangan infrastruktur jaringan telekomunikasi demi pengalaman digital pelanggan yang lebih baik.
Startegi TelkomGroup: Five Bold Moves
Sebagai upaya untuk membangun keunggulan perusahaan yang kompetitif pada domain bisnis Digital Connectivity, Digital Platform, dan Digital Service, Telkom menginisiasi strategi utama Five Bold Moves.
Strategi ini bertujuan untuk memperkuat posisi Perseroan sebagai perusahaan telekomunikasi digital telco kelas dunia, dengan tujuan jangka panjang untuk menciptakan nilai yang lebih tinggi bagi pemangku kepentingan.
Saat ini, Telkom berfokus pada inisiatif FMC (Fixed- Mobile Convergence), InfraCo, dan DC Co (Data Center) serta terus memperkuat fundamental untuk inisiatif B2B Digital IT Service Co dan DigiCo.
Pada inisiatif FMC, TelkomGroup akan menghadirkan integrasi bisnis yang kuat antara fixed dan mobile broadband yang akan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dengan capex yang lebih efisien.
Kehadiran FMC diharapkan akan menyediakan berbagai layanan, teknologi, dan paket produk berdasarkan kebutuhan pelanggan, serta mampu meningkatkan proposisi nilai Telkom Group dan keunggulan yang kompetitif.
Seiring dengan implementasi FMC yang tengah dilakukan, TelkomGroup juga menggali potensi InfraCo yang akan mengoptimalkan value dan utilitas aset infrastruktur.
Selanjutnya untuk inisiatif Data Center, perseroan mencatat kinerja yang kian baik pada bisnis data center dan cloud sebesar Rp 1,6 triliun.
Hal ini sejalan dengan permintaan akan layanan data center yang terus bertumbuh. Hingga akhir Desember 2022, TelkomGroup memiliki 28 data center yang berlokasi di dalam maupun luar negeri.
Saat ini TelkomGroup tengah mengonsolidasi seluruh data center yang dimiliki di bawah satu entitas Telkom Data Ekosistem (TDE) dengan brand NeutraDC. Proses konsolidasi terus dilakukan dengan estimasi target penyelesaian pada 2024 mendatang.
Pada Desember 2022, Telkom melalui NeutraDC memulai groundbreaking Hyperscale Data Center (HDC) ke-2 di Batam. Tak hanya akan melayani berbagai kebutuhan bisnis di Indonesia, HDC Batam disiapkan juga untuk menangkap potensi limpahan permintaan (spillover) dari negara lain, terutama dari Singapura.
HDC Batam akan dibangun di atas lahan seluas 8 Ha yang terdiri dari tiga kampus berstandar global, dengan designed IT load capacity sebesar 51 MW, menggunakan energi yang terbarukan (renewable energy) melalui pengurangan emisi karbon dan mengarah pada peningkatan implementasi ESG, serta mengadopsi sistem multi-tier.
“Ke depannya, TelkomGroup masih akan terus melanjutkan implementasi inisiatif strategis Five Bold Moves,” ujar Ririek.
Melalui strategi ini, TelkomGroup dapat melakukan diversifikasi dan memperluas pangsa pasar dari bisnis B2B sekaligus dapat mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar B2C yang akan fokus dijalankan Telkomsel, sehingga pada akhirnya mampu memaksimalkan peluang dan penciptaan nilai bagi perusahaan. (Icha)
Telko.id – Smartfren dan Xingtera Inc., penyedia solusi Artificial Intelligence of Things (AIoT) dari Negeri Paman Sam, resmi menandatangani nota kesepahaman yang bertujuan memulai kerja sama untuk mewujudkan “Indonesia Industri 4.0”.
Prosesi yang berlangsung pada awal Maret lalu di sela Mobile World Congress 2023 di Barcelona, diharapkan akan memberikan dampak positif pada perkembangan perangkat berbasis kecerdasan buatan (AI) serta IoT untuk industri di tanah air.
“Kolaborasi ini akan berfokus pada pengenalan teknologi canggih dan solusi sistem 5G cloud-native dari hulu-ke-hilir (end-to-end) yang telah terbukti,” kata Yuqing Niu, President and CEO Xingtera Inc.
Lebih lanjut, Yuqing menjelaskan bahwa tujuan kerjasama ini adalah membantu perusahaan manufaktur di Indonesia dalam mempercepat realisasi janji transformasi digital, kemudian pada saat yang bersamaan berperan mempercepat jalan untuk mewujudkan Indonesia 4.0.
Perjanjian tersebut menegaskan komitmen Smartfren bersama Xingtera dalam mendukung serta mengembangkan solusi, aplikasi kecerdasan buatan, manufaktur otonom, dan lain sejenisnya.
Seluruhnya merupakan solusi-solusi terkini yang dirancang berdasarkan teknologi 5G, kecerdasan buatan (AI), serta IoT untuk diterapkan oleh Smartfren.
Harapannya penerapan solusi ini memperkuat posisi Smartfren, terutama bagi unit usaha Smartfren Business yang selama ini selalu konsisten menyediakan berbagai solusi industri 4.0 untuk perusahaan (enterprise) atau usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).
Selanjutnya Smartfren dan Xingterra, melalui Smartfren Business, akan mulai mengimplementasikan nota kesepahaman itu dalam proyek percontohan di pelabuhan cerdas yang dikelola OKI Mills, bagian dari APP Sinar Mas.
Pasca implementasi proyek, nota kesepahaman juga berlaku dalam meningkatkan skala otomatisasi operasional di pabrik OKI Mills, serta memperluasnya ke lokasi manufaktur lain yang serupa.
“Fokus kami adalah menciptakan teknologi inovatif dalam hal otomatisasi dengan pengembangan teknologi untuk perusahaan dan UMKM,” ujar Alim Gunadi, CEO Smartfren Business.
Nah, lewat kerja sama ini, Alim menyebutkan dapat menjelajah berbagai potensi baru dalam teknologi industri, salah satunya yang berdasarkan teknologi 5G.
“Proyek dengan OKI Mills ini merupakan langkah awal mewujudkan proses otomatisasi operasional yang dapat meningkatkan kinerja serta produktivitas perusahaan atau bisnis,” ujar Alim.
“Kami berharap proyek yang bekerja sama dengan Smartfren ini dapat segera terlaksana.” kata Yuqing Niu menambahkan.
Xingtera, berharap solusi yang telah teruji di lapangan serta keahliannya itu dapat berkontribusi pada revitalisasi industri di Indonesia dalam mewujudkan target Indonesia 4.0. (Icha)
Telko.id – Waspada! Penipuan dengan pengiriman file .APK semakin marak. Modus ini banyak beredar dipesan singkat dari pihak yang tidak bertanggung jawab melalui sejumlah platforminstant messaging (seperti melalui Whatsapp dan Telegram).
Telkomsel pun mengimbau pelanggan untuk terus waspada dan berhati-hati dalam merespon hal tersebut, terutama untuk pesan yang meminta pelanggan mengunduh (install)file .APK atau tautan (link) fiktif tertentu, yang biasanya terdapat Malware.
Modus kejahatan tersebut umumnya menggunakan metode social engineering, yakni teknik manipulasi dengan memanfaatkan kesalahan/ kekhilafan manusia agar bisa mendapatkan akses mengambil informasi pribadi atau data-data berharga/ rahasia yang terdaftar di sejumlah layanan berbasis aplikasi digital, seperti perbankan dan platformfinancial technology(fintech), yang terhubung langsung dengan gawai masyarakat.
Sejumlah modus kejahatan unduh file .APK fiktif dilakukan antara lain melalui permintaan pelaku kepada masyarakat mengunduh beberapa jenis file .APK yang menyampaikan adanya undangan pernikahan/ perayaan tertentu, konfirmasi pengiriman jasa ekspedisi, surat tilang elektronik, upgrade aplikasi perbankan digital atau fintech, tagihan internet, lowongan pekerjaan, termasuk kini ada yang mengatasanamakan file .APK Aplikasi MyTelkomsel fiktif.
Seluruh modus tersebut memiliki potensi tindak kejahatan, untuk itu diperlukan kewaspadaan lebih dari pelanggan Telkomsel untuk tidak perlu menanggapi permintaan yang dimaksud dan tidak menginformasikan kode apa pun kepada pihak yang tidak dikenal.
Untuk pelanggan pascabayar Telkomsel Halo, guna menjaga kenyamanan, disarankan untuk senantiasa memantau/ melakukan pengecekan limit (batas) penggunaan Telkomsel Halo secara rutin, agar selaras dengan penggunaan bulanan.
“Telkomsel serius menangani maraknya potensi penipuan yang berpotensi terjadi kepada pelanggan kami. Kami senantiasa terus melakukan sosialisasi secara berkala melalui seluruh kanal layanan pelanggan untuk meningkatkan kewaspadaan dan siap berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait guna menindaklajuti jika ada laporan dari korban berbagai modus kejahatan, terutama yang mengatasnamakan layanan Telkomsel,” kata Saki Hamsat Bramono, Vice President Corporate Communications Telkomsel menjelaskan.
Pelanggan Telkomsel diimbau meningkatkan kewaspadaan untuk tidak sembarangan mengunduh file atau mengakses tautan (link) sembarangan dan tidak memiliki kejelasan, jangan segera percaya jika ada penawaran hadiah secara langsung, serta tidak memberikan informasi data pribadi maupun data layanan jasa keuangan seperti perbankan yang bersifat rahasia.”
Telkomsel memastikan tidak pernah meminta kode verifikasi dalam bentuk apa pun, termasuk mengirimkan permintaan kepada pelanggan untuk mengunduh file .APK.
Saat ini ditemukenali bahwa modus kejahatan yang dilakukan oleh pelaku kejahatan yakni mengirimkan file .APK fiktif dengan harapan calon korban mengakses dan kemudian mengunduh file .APK fiktif tersebut.
Setelah proses instalasi selesai, calon korban diminta memberikan izin akses ke beberapa aplikasi yang memungkinkan pelaku kejahatan mencuri data rahasia secara langsung dari gawai calon korban.
Sejumlah data yang dapat diakses, antara lain seperti foto, video, SMS, dan akses akun layanan perbankan digital/ fintech. Jika akses sudah diberikan ke pelaku, maka sangat dimungkinkan bagi pelaku kejahatan memiliki kontrol terhadap gawai korban serta mengetahui seluruh informasi rahasia seperti PIN, password, dan kode OTP.
Saki lebih lanjut menambahkan, Telkomsel juga telah menyediakan berbagai kanal layanan bagi pelanggan yang ingin mendapatkan informasi ataupun melakukan pengaduan jika mengalami potensi penipuan atau kejahatan yang mengatasnamakan Telkomsel.
Pelanggan dapat menghubungi layanan Call Center 188, mengirimkan SMS ke 1166 dengan format: PENIPUAN#NOMOR PENIPU#ISI SMS PENIPUAN, mengirimkan email ke cs@telkomsel.com, atau membuat laporan ke akun resmi media sosial Telkomsel.
“Telkomsel berharap dengan semakin tingginya kesadaran pelanggan untuk terus waspada dalam menggunakan layanan telekomunikasi maupun digital, dapat semakin mengurangi potensi terkena modus kajahatan yang semakin berevolusi mengikuti perkembangan teknologi terkini,” ungkap Saki.
Telkomsel pun giat mengingatkan kembali bahwa segala informasi untuk pelanggan, baik mengenai program, layanan, produk, ataupun promosi berhadiah.
Telkomsel selalu menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi, seperti melalui surat, pemberitaan di media massa nasional, informasi di GraPARI terdekat , di Call Center Telkomsel, serta situs resmi perusahaan melalui https://www.telkomsel.com/. (Icha)