spot_img
Latest Phone

Garmin quatix 8, Smartwatch Maritim dengan Fitur Canggih

Telko.id - Garmin Indonesia resmi meluncurkan quatix 8, smartwatch...

Moto g86 Power 5G: Spek Lengkap dengan Harga Terjangkau

Telko.id - Smartphone terbaru dari Motorola akan segera diluncurkan....

Apple Kembangkan Chatbot AI Sendiri, Saingan ChatGPT

Telko.id – Perusahaan teknologi besar Apple, mulai bergerak mengembangkan...

Pendapatan Apple Naik 10%, Penjualan iPhone Tembus 3 Miliar Unit

Telko.id - Apple mengumumkan hasil keuangan kuartal III 2025...

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...
Beranda blog Halaman 203

Indosat Bagikan Dividen Rp 2,16 T, 48% dari Laba 2023

0

Telko.id – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Indosat Tbk (ISAT) menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp2,16 triliun, Selasa (21/5/2024).

Dividen yang dibagikan Indosat tersebut setara 48% dari laba bersih tahun buku 2023. Adapun investor akan mendapat Rp 268,4 per lembar saham yang dimiliki.

Dividen akan dibayarkan paling lambat 30 hari setelah diumumkannya ringkasan risalah rapat. Sisa laba bersih tahun buku 2023 sebesar Rp2,34 triliun akan dialokasikan oleh perseroan sebagai laba ditahan.

President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan pencapaian ini merupakan hasil kontribusi para karyawan, kolaborasi dengan mitra strategis, pelanggan yang loyal, dan kepercayaan yang diberikan para pemegang saham.

Baca juga : Indosat: Starlink Bukan Ancaman Tapi Peluang Kolaborasi!

“Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan yang menemani perjalanan tanpa akhir Indosat, melanjutkan penciptaan nilai dalam perjalanan transformatif menuju AI Native TechCo. Dengan fokus pada inovasi teknologi dan pengembangan AI, kami siap memberikan nilai lebih kepada pemegang saham dan menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan,” ujarnya.

Adapun diketahui, hingga kuartal I tahun 2024, Indosat mencatat total laba bersih sebesar Rp 1,29 triliun yang meningkat 39,4% secara tahunan (yoy). 

Sedangkan untuk EBITDA mengalami peningkatan yang lebih cepat dari pendapatan, dengan pertumbuhan 22,1% YoY mencapai Rp6.509 miliar.

Kinerja keuangan yang mengesankan ini mendorong kenaikan EBITDA Margin Indosat menjadi 47,0%, dan menghasilkan Laba Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk sebesar Rp1.295 miliar, meningkat 39,4% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Indosat terus melanjutkan komitmen ekspansi perluasan jaringan BTS 4G serta peningkatan cakupan distribusi produk dan pelayanan melalui Mini Gerai IM3 dan 3Kiosk ke berbagai pelosok pedesaan, termasuk di wilayah timur Indonesia.

Untuk mendukung transformasi menjadi AI Native TechCo, Indosat akan terus berinvestasi dalam pengembangan sumber daya manusia berbasis teknologi, meningkatkan kualitas layanan, dan memperluas konektivitas.

Ini didukung oleh kemitraan strategis Indosat, melalui anak usahanya, dengan NVIDIA sebagai Cloud Partner Provider pertama di Indonesia serta inisiatif pemberdayaan perempuan dan UMKM. (Icha)

Indosat: Starlink Bukan Ancaman Tapi Peluang Kolaborasi!

0

Telko.id – Starlink, satelit milik elon Musk resmi masuk Indonesia, Indosat pun melihat bahwa masuknya layanan satelit, bukan hanya Starlink bukan ancaman, melainkan peluang. Ya, peluang untuk melakukan kerjasama.

Hal ini disampaikan oleh  Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison dalam konferensi Pers hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Indosat, Selasa, (21/5/2024).

Vikram menyebutkan bahwa  pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk menjalin kerja sama dengan semua penyedia layanan satelit mana pun, tak terkecuali Starlink milik Elon Musk.

“Kehadiran layanan telekomunikasi satelit bukan merupakan kompetisi. Karena Indosat melihat pemain baru yang hadir akan membantu percepatan ke daerah pelosok,” ujar Vikram.

Baca juga : Telkomsat dan Starlink, Siap Garap Segmen Enterprise di Indonesia

Bahkan Vikram pun mengakui bahwa Indosat menyatakan telah ada beberapa perusahaan yang saat ini dijajaki untuk layanan business to business (B2B). Hal ini demi memberi layanan tepat guna bagi konsumennya.

“Tentunya dengan partnership yang telah dihasilkan dengan mempertimbangkan harga dan mempertimbangkan beberapa hal tapi yang paling penting adalah dapat memperdayakan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Diketahui, Layanan Starlink sendiri sudah tersedia beberapa waktu lalu di Indonesia. Sejumlah pengguna media sosial mengaku telah menggunakannya.

Sementara itu, bos Starlink Elon Musk juga datang langsung ke Indonesia sejak Minggu (19/5/2024). Salah satu agendanya adalah meresmikan layanan pada sebuah Puskesmas di Bali.

Musk juga mengunggah postingan soal kedatangannya di Indonesia. Salah satunya mengatakan cukup terhormat untuk bisa meluncurkan Starlink di Indonesia.

Dalam unggahan lainnya, dia mengatakan konektivitas sangat bermanfaat untuk masyarakat terpencil. Yakni bisa meningkatkan akses pada pendidikan dan juga peluang ekonomi.

Di Indonesia sendiri, satelit milik Elon Musk itu rencananya akan dipasang di 3.400 Puskesmas yang belum mendapat fasilitas internet dan yang koneksi internetnya kurang bagus. (Icha)

aMAYzing, Program Promo Dari Indibiz Hotel dan Sekolah

0

Telko.id – Penyedia ekosistem solusi digital usaha milik Telkom Indonesia Indibiz menggelar segudang promo menarik bagi pelaku usaha perhotelan dan pendidikan yakni program Indibiz aMAYzing: Bangkit Indonesia dan Bangkit Pendidikan Indonesia.

Program aMAYzing ini terdiri dari banyak varian promo yang khusus diperuntukan untuk sektor usaha hotel dan pendidikan.

“Ada banyak sekali penawaran menarik dari kami, mulai dari potongan harga jasa pemasangan sebesar 70 persen hingga gratis layanan add-on unggulan kami seperti OCA Customer Engagement, Antares Easy, Pijar Mahir hingga Pijar Sekolah,” kata Iwan Rusdarmono, Vice President Enterprise Business Orchestration Telkom.

Lebih lanjut, OVP Enterprise Regional Management Telkom, Reni Yustiani menjelaskan total ada 43 paket promo yang ditawarkan Indibiz Hotel dan Sekolah. Indibiz menyajikan ragam promo tersebut agar memudahkan para pelaku bisnis perhotelan dan pendidikan menentukan paket yang sesuai dengan bisnisnya.

Baca juga : Indibiz Berangkatkan Peserta Mudik Asik Bersama BUMN 2024

“Masing-masing entitas tentu memiliki kebutuhannya tersendiri masing-masing karena itu kami membantu dengan memberikan pilihan paket yang paling sesuai dan efisien,” jelas Reni Yustiani.

Ihwal promo Indibiz Hotel misalnya, ada paket bundling layanan digital yang dipadukan dengan layanan sistem keamanan dari Antares Easy, sistem customer engagement Omni Communication Assistant, hingga bonus gratis cloud storage.

Semua paket dalam program tersebut juga sudah termasuk jaringan digital cepat dan pemotongan biaya jasa pasang baru sebesar 70 persen. Adapun paket yang ditawarkan mulai dari Rp 422 ribu- 1,5 juta/bulan.

Adapun Indibiz sekolah menawarkan pilihan paket bundling layanan digital dengan akses pelatihan digital Pijar Mahir. Ada banyak sekali materi pelatihan gratis yang tersedia mulai dari materi digital marketing, bahasa asing, teknologi, hingga pembelajaran bisnis.

Tentunya, promo aMAYzing Indibiz Sekolah juga tersedia bundling yang dipadu padankan dengan berbagai layanan add-on yang menunjang bisnis pendidikan seperti Antares Easy, OCA, dan cloud storage. Untuk promo Indibiz Sekolah aMAYzing Bangkit Pendidikan Indonesia berkisar Rp 412 ribu- 1,6 juta/bulan.

“Kami harapkan dengan adanya promo Indibiz aMAYzing ini bisa turut mendorong percepatan penetrasi ekosistem digital yang makin berkualitas bagi pelaku usaha perhotelan dan pendidikan,” tutup Reni. (Icha)

Perilaku Konsumen Indonesia 94% Masih Terpengaruhi Influencer, Tapi!

Telko.id – Menurut survei yang dilakukan oleh Vero, sebuah konsultan komunikasi yang bekerjasama dengan global YouGov, 94% perilaku konsumen Indonesia masih dipengaruhi oleh influencer. Seperti apa pengaruhnya?

Dengan estimasi pengeluaran untuk pemasaran influencer yang mencapai Rp 5,5 triliun (sekitar US$ 349,83 juta) pada tahun 2028 oleh Statista, industri ini telah memberikan peluang besar bagi bisnis di Indonesia untuk memanfaatkan interaksi dengan para influencer untuk terhubung dengan audiens target mereka.

Berdasarkan survei komprehensif yang melibatkan lebih dari 2.000 responden dari berbagai latar belakang demografis, Vero dan YouGov menemukan bahwa 94% dari responden mengatakan bahwa influencer telah memberikan pengaruh dalam membentuk pola perilaku dan keputusan pembelian mereka.

Lalu, sebanyak 63% dari responden mengatakan bahwa alasan utama mereka mengikuti konten dari seorang influencer adalah untuk mempelajari hal baru, 58% untuk mencari informasi terkini, dan 53% untuk mencari inspirasi.

Baca juga : Survey YouGov, DANA Tetap Jadi Pilihan Untuk Kirim Uang

Sementara itu, 63% dari responden secara aktif mencari konten yang menawarkan saran dan tips dari para ahli, 47% menginginkan konten-konten edukatif, dan 41% merasa tertarik dengan cerita atau pengalaman pribadi influencer.

Hasil temuan ini berlaku untuk berbagai latar belakang demografis, menunjukkan pandangan yang umum tentang nilai, relevansi, dan pengaruh yang diberikan influencer terhadap masyarakat Indonesia.

“Terlihat jelas bahwa potensi besar yang dimiliki influencer dalam memengaruhi pembentukan pola pikir dan perilaku masyarakat telah melewati batas demografi. Sebagian besar masyarakat Indonesia, terlepas dari usia, tingkat pendapatan, dan lokasi geografis, mengakui bahwa mereka dipengaruhi oleh konten dari influencer,” kata Brian Griffin, CEO Vero di Jakarta, Selasa (21/5/2024).

“Alasan utama mereka berinteraksi dengan influencer adalah karena konten tersebut informatif, inspiratif, dan bermanfaat. Hal ini membuka peluang besar bagi bisnis dan organisasi untuk bekerja sama dengan influencer dalam menyampaikan pesan mereka. Adapun hal terpenting yang harus dilakukan untuk mencapai hasil terbaik adalah selalu menggunakan data dan proses yang terstruktur.” lanjutnya. 

Edward Hutasoit, General Manager at YouGov, menekankan bahwa efektivitas influencer berkaitan erat dengan nilai-nilai budaya Indonesia tentang kebersamaan dan kepercayaan. 

“Penelitian ini menyimpulkan bahwa para kreator konten digital dapat berperan sebagai pembimbing yang memberikan saran sesuai dengan keahlian individu mereka. Bagi merek, bermitra dengan influencer tidak hanya menjadi taktik pemasaran, namun juga terhubung dengan audiens secara autentik dan menciptakan dampak yang signifikan melalui kepercayaan mereka terhadap influencer,” jelas Edward. 

Menurut Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan M.Sc, Universitas Insitute Pertanian Bogor, seorang pakar yang mendalami perilaku konsumen, temuan tersebut menunjukkan bahwa pola perilaku konsumsi di masyarakat Indonesia mengalami pergeseran.

Para influencer dinilai sangat relevan dengan nilai-nilai kebersamaan dan sosial dalam budaya Indonesia, di mana kepercayaan dan rekomendasi dari mulut ke mulut memiliki peran yang signifikan. 

“Mereka tidak hanya membentuk dan memimpin komunitas baru, namun juga dapat memberikan referensi melalui konten yang menghibur dan sarat informasi berharga , yang pada akhirnya akan memengaruhi pilihan dan keputusan pembelian konsumen,” ungkap Ujang.

Lalu, kebutuhan konsumen Indonesia akan konten yang mudah dipahami dan dapat dipercaya menjadi tantangan bagi para kreator konten untuk tetap menjaga autentisitas dan relevansi dengan budaya lokal kita.

“Dengan demikian, pengaruh mereka dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Tim influencer Vero merekomendasikan agar perusahaan memanfaatkan potensi pemasaran influencer yang terus berkembang sebagai pilar utama dalam strategi komunikasi dan pemasaran mereka. Konten pemasaran influencer pun harus difokuskan pada storytelling yang autentik, bukan hanya sekadar hiburan.

Chatrine Siswoyo, Senior Advisor ASEAN Vero, menekankan pentingnya hubungan autentik dalam konteks ini.

“Efektivitas pemasaran influencer berakar pada hubungan yang tulus antara perusahaan dan kreator konten, yang dibangun berdasarkan kepercayaan dan nilai-nilai bersama. Mengenali influencer sebagai individu-individu yang berbeda-beda dengan perspektif unik masing-masing memungkinkan mereka untuk mengintegrasikan pesan merek secara relevan kepada audiens, sehingga meningkatkan kesadaran merek dan mendorong konversi,” jelasnya.

Selain itu, menggunakan analisis data yang mendalam sangat penting dalam mengoptimalkan strategi pemasaran influencer. Rangkaian solusi pemasaran influencer eksklusif Vero, InFluent, memastikan proses dan strategi yang terukur dalam mengelola kampanye influencer dan mengukur efektivitas konten.

Metodologi identifikasi influencer TrueVibe, yang dimiliki oleh Vero, menyediakan proses berbasis data untuk membantu merek mengidentifikasi dan berinteraksi dengan influencer yang dapat memberikan dampak dan hasil optimal untuk kampanye mereka.

Dengan menganalisis tingkat interaksi dan insight audiens, menyusun konten yang relevan, memilih influencer yang tepat untuk kampanye mereka, serta mengevaluasi hasil konkret dari upaya pemasaran dengan lebih baik.

Pendekatan ini tidak hanya menjadikan proses pengambilan keputusan lebih strategis, tetapi juga memastikan bahwa kerja sama dengan influencer memberikan nilai tambah yang optimal sesuai dengan tujuan pemasaran secara menyeluruh. (Icha)

Indosat Dorong Indonesia Implementasi Teknologi AI

0

Telko.id – Indosat bersama Twimbit baru saja meluncurkan laporan khusus berjudul, “Empowering Indonesia Report 2024” bertajuk tema “Growth Beyond Metropolitan”.

“Teknologi dan konektivitas memiliki peran kunci dalam memajukan Indonesia, dan laporan ini adalah langkah konkret kami dalam mewujudkan visi tersebut,” kata Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Momentum Hari Kebangkitan Nasional ini diambil untuk meluncurkan “Empowering Indonesia Report 2024”, sekaligus menjadi simbol bagi Indosat dalam mengajak para mitra strategis untuk bergotong royong mengeksplorasi peluang dan solusi berkelanjutan.

Vikram pun percaya riset dapat menjadi momentum untuk memperkuat kolaborasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan sosial, serta membuka jalan menuju masa depan lebih cerah dan inklusif menuju Indonesia Emas 2045 yang didorong oleh inovasi dan pemberdayaan masyarakat.

Baca juga : Indosat dan Nokia Kolaborasi Tingkatkan Talenta Digital Indonesia Adopsi AI

Empowering Indonesia Report 2024 mengusung lima inisiatif strategis yang diperlukan untuk melakukan transformasi secara berkelanjutan menuju visi Indonesia Emas 2045

Meliputi pemanfaatan potensi kota sekunder, peningkatan ekonomi digital hingga pelosok pedesaan di area rural, penguatan peran UMKM, peningkatan teknologi dalam sektor pertanian, serta pemberdayaan perempuan. Berdasarkan riset, diproyeksikan bahwa ekonomi digital Indonesia akan mencapai Rp1,8 triliun pada tahun 2027.

“Kami merasa terhormat, dapat terlibat dan mendukung inisiatif dalam membuka pintu bagi pertumbuhan berkelanjutan melalui “Empowering Indonesia Report 2024”. Dengan proyeksi hingga tahun 2027, kami yakin langkah ini akan menjadi pondasi yang kuat untuk mewujudkan transformasi yang berkelanjutan dan inklusif bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata Manoj Menon, Founder and Chief Executive Officer Twimbit.

Raymond Chin, Entrepreneur and Financial Enthusiast, mengatakan, “Pertumbuhan di luar kota metropolitan menjadi sebuah langkah tepat untuk mewujudkan inklusi ekonomi yang lebih luas di Indonesia”.

Raymond menambahkan bahwa dengan menjelajahi potensi daerah-daerah di luar kota besar hingga desa terpencil, mewujudkan peluang tanpa batas untuk kemajuan yang lebih besar dan kesempatan yang lebih luas. Dengan keterlibatan seluruh elemen masyarakat, saya yakin bahwa kolaborasi dan inovasi dapat mewujudkan pertumbuhan yang lebih berkelanjutan.

Indosat dan Twimbit juga membuka kesempatan bagi anak muda yang ingin berkontribusi di bidang teknologi melalui program “Youth-Tech Challenge Competition”. Sebagai bagian dari persiapan, Indosat akan menggelar acara grand launching dan roadshow di berbagai kampus.

Kompetisi ini bertujuan untuk menciptakan solusi inovatif yang didukung oleh teknologi guna mengatasi tantangan nasional di berbagai bidang, seperti perkotaan, pertanian, pendidikan, UMKM, dan pemberdayaan perempuan.

Kompetisi ini akan dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pendahuluan, semifinal, dan final. Para peserta akan dibimbing melalui serangkaian sesi mentorship dan kesempatan untuk melakukan kolaborasi dengan para profesional industri.

Mereka akan diberikan kesempatan memilih satu dari beberapa studi kasus dari Empowering Indonesia Report 2024, yang terfokus pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. (Icha)

ZTE Hadirkan Inovasi Solusi Cold-Plate Liquid Cooling

Telko.id – ZTE Corporation berpartisipasi dalam Indonesia Cloud and Data Center Convention 2024 untuk berbagi wawasan dan praktik ZTE di era digital ini.

Sebagai salah satu pembicara utama dalam acara tersebut, Chu Yanli, Vice President, ZTE Corporation, membahas tentang Liquid Cooling Data Center di Era AI.

Dalam presentasi yang disampaikan, Chu Yanli menyoroti peningkatan konsumsi daya dalam sektor data center, dimana data center tradisional bergantung pada metode air cooling yang belum sepenuhnya efektif dalam mengatasi masalah konsumsi daya, sehingga solusi liquid cooling menjadi penting dalam menghadapi tantangan ini.

Ia mengatakan untuk menjawab tantangan tersebut, ZTE memperkenalkan solusi cold-plate liquid cooling yang menegaskan komitmen perusahaan dalam memenuhi kebutuhan teknologi pendingin dan terus menciptakan terobosan dalam industri ini.

Baca juga : Telkomsel dan ZTE Kolaborasi, Hadirkan Pengalaman 1 Gbps di Indonesia

Liquid cooling mengurangi panas yang dihasilkan oleh server hingga 70%-80%, sedangkan sisanya 20%-30% dihilangkan oleh air cooling. Ini dapat membuat ekonomi dan efisiensi lebih seimbang.

Solusi cold-plate liquid cooling dirancang dengan komponen berkualitas prefabrikasi, sehingga mengurangi waktu konstruksi. Selain itu, solusi ini juga dilengkapi dengan teknologi BIM+XR untuk menjelajahi lokasi konstruksi, mengamati dan menghindari gangguan konstruksi, serta mengurangi risiko pengerjaan ulang.

Solusi ini mampu memenuhi kebutuhan konstruksi baru maupun rekonstruksi, berbagai bentuk bangunan, dan skala konstruksi yang berbeda. Dengan menggunakan DCIM sebagai platform kontrol terpadu, yang memungkinkan manajemen liquid cooling dan air cooling.

Chu Yanli turut membagikan studi kasus ZTE dalam proyek Binjiang Intelligent Computing Data Center. Proyek ini berhasil mencapai efektivitas penggunaan daya (Power Usage Effectiveness) sebesar 1.1 dengan solusi pendinginan dan catu daya yang fleksibel, serta penerapan retrofit secara online yang diselesaikan dalam waktu 90 hari.

Kepadatan daya maksimum per kabinet mencapai 60kW. Selain itu, proyek ini berhasil memanfaatkan kembali 70% dari sistem yang sudah ada, menjaga aset berharga, dan mengintegrasikan teknologi air cooling dengan berbagai inovasi multi-dimensi.

Chu Yanli pun berharap, kolaborasi dan inovasi kami akan terus memberikan dampak positif dalam memenuhi kebutuhan infrastruktur teknologi informasi yang semakin meningkat di Indonesia dan di seluruh dunia. (Icha)

Telkomsat dan Starlink, Siap Garap Segmen Enterprise di Indonesia

0

Telko.id – Telkomsat dan Starlink siap garap segmen enterprise di Indonesia yang diawali dengan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) kedua belah pihak pada 15 Mei 2024.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf dengan VP Starlink Commercial Sales beberapa waktu lalu. Kerja sama Telkomsat dan Starlink ini memungkinkan anak perusahaan dari TelkomGroup untuk menggelar layanan bisnis (business services) berbasis Starlink yang kompetitif dan setara dengan penawaran paket bisnis yang ditawarkan melalui website Starlink.

“Momentum kerja sama ini semakin mengukuhkan posisi Telkomsat sebagai mitra strategis pertama dan utama Starlink di Indonesia,” kata Lukman Hakim Abd. Rauf, Direktur Utama Telkomsat.

Sebagaimana diketahui bahwa Telkomsat telah menjalin kerja sama dengan Starlink sejak tahun 2021 dan telah menggelar layanan backhaul Starlink sejak tahun 2022 dengan memanfaatkan hak labuh yang telah diberikan oleh pemerintah.

Baca juga : Starlink Sah dan Resmi Jualan Internet di Indonesia

“Infrastruktur backhaul yang digelar oleh Telkomsat ini mampu memberikan layanan konektivitas satelit yang berkualitas dengan tetap menjamin kedaulatan dan keamanan data nasional,” tambah Lukman.

SVP Corporate dan Communication Telkom, Ahmad Reza menjelaskan, pihaknya melihat kerja sama TelkomGroup dalam hal ini Telkomsat. “Bersama Starlink, semakin menunjukkan komitmennya untuk terus berupaya mendukung program pemerintah untuk percepatan pemerataan konektivitas di seluruh wilayah Indonesia, khususnya untuk wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar),” ujar Reza.

Di samping layanan Starlink, Telkomsat yang baru saja sukses meluncurkan dan mengoperasikan Satelit Merah Putih 2 pada awal tahun ini.

Hal ini juga terus menunjukkan keseriusannya untuk meningkatkan kapasitas dan menggelar konektivitas di wilayah yang belum mendapatkan layanan konektivitas terestrial dan seluler (unserved) dan wilayah yang telah mendapatkan konektivitas terestrial dan seluler, namun belum cukup memadai (underserved).  (Icha)

Tiga Peran Strategis IDTH Sebagi Rujukan Untuk Uji Perangkat Telekomunikasi

Telko.id – Indonesia Digital Test House (IDTH) yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo di Tapos Depok Jawa Barat seminggu yang lalu. Langkah ini merupakan cara pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika membantu pelaku industri perangkat telekomunikasi agar berkembang dan mampu melakukan ekspor. 

“IDTH berfungsi untuk membantu pelaku industri di dalam negeri yang ingin mengembangkan maupun mengekspor perangkat. Dengan hadirnya IDTH, pelaku industri tidak perlu lagi menguji perangkat buatan mereka di negara tujuan ekspor,” ungkap Ismail, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo dalam Acara Ngopi Bareng, di Press Room Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Jumat, (17/05/2024). 

Melalui layanan pengujian perangkat yang menyeluruh IDTH, Kementerian Kominfo berupaya memastikan setiap perangkat yang beredar di pasar telah memenuhi standar keamanan yang ditetapkan secara internasional. 

“Kalau ada industri dalam negeri kita yang akan melakukan pengembangan usaha atau melakukan ekspor perangkat, dengan dilakukan pengujian di laboratorium IDTH ini dia tidak perlu lagi nanti menguji di negara tujuan, sehingga bisa diterima sertifikat yang telah diterbitkan dari Kementerian Kominfo,” tutur Ismail.

Baca juga : Kominfo Kembangkan IDTH Jadi Pusat Inovasi Perangkat Digital Nasional

Menurut Ismail, IDTH menjadi laboratorium pusat yang memiliki fitur-fitur paling lengkap di antara laboratorium lain yang ada di Indonesia. Bahkan, IDTH secara tidak langsung bisa disebut sebagai laboratorium rujukan jika laboratorium lain yang ada di Indonesia mengalami kesulitan melakukan pengujian perangkat telekomunikasi. 

“Artinya, mungkin ada laboratorium yang hanya sebagian-sebagian saja dari fiturnya yang dilakukan pengujian, tetapi IDTH ini adalah laboratorium yang sifatnya rujukan. Ibaratnya seperti rumah yang Tipe A, jadi kalau ada kesulitan di rumah sakit yang kecil atau di daerah, dirujuk ke rumah sakit yang terbesar. Semacam seperti itu, seluruh fiturnya paling lengkap,” jelasnya.

Ismail juga menekankan perangkat telekomunikasi yang telah memenuhi syarat sertifikasi IDTH tidak memerlukan izin khusus pengunaan spektrum frekuensi. Menurutnya, beberapa perangkat berdaya rendah seperti radio kontrol, mainan anak-anak, dan WiFi tidak memerlukan izin. 

“Itu kan digunakan bebas oleh masyarakat tidak perlu izin stasiun radio, enggak perlu minta izin ke Kominfo, izinnya itu melekat di sertifikat perangkat itu, karena dengan lulus sertifiikat perangkat itu masyarakat bisa bebas menggunakan tanpa izin,” ungkapnya seraya menjelaskan bahwa perangkat telekomunikasi seperti Base Transceiver Station (BTS), pemancar radio, dan pemancar TV tetap memerlukan izin spektrum frekuensi dari Kementerian Kominfo.

Tiga Peran Strategis

Sebagai laboratorium uji perangkat telekomunikasi berstandar internasional, IDTH memiliki fungsi untuk mensertifikasi seluruh alat perangkat telekomunikasi. Baik itu perangkat yang akan diperjualbelikan, digunakan, atau dirakit di Indonesia agar memenuhi persyaratan teknis.

Menurut Ismail, hal itu ditujukan untuk melindungi konsumen, memfasilitasi industri mengembangkan produk, dan mendukung pengelolaan spektrum frekuensi radio. 

“IDTH atau IDTH adalah singkatan dari Indonesia Digital Test House. Kalau bahasa Indonesianya yang resmi adalah Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi. Sebagai laboratorium uji, IDTH memiliki tiga peran strategis dalam pengujian perangkat, yakni protect, gate, dan spectrum management,” jelasnya.

Fungsi pertama yaitu protect mengacu pada perlindungan atau menjaga kesehatan dan keselamatan manusia dari ketidaksesuaian emisi perangkat yang berpotensi mengganggu agar perangkat aman digunakan. 

Fungsi kedua sebagai gate mengacu pada peran IDTH sebagai gerbang arus keluar masuk produkelektronik ekspor maupun impor, termasuk membantu industri dalam negeri untuk dapat masuk ke dalam pasar global. Lewat pengujian di laboratorium IDTH ini, pelaku industri tidak perlu lagi menguji perangkat di negara tujuan karena sudah ada sertifikat yang diterbitkan Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo.

Adapun fungsi ketiga spectrum management merupakan satu kesatuan dalam manajemen spektrum frekuensi nasional yang menjamin interoperabilitas dan perlindungan dari interferensi antarpengguna perangkat guna meningkatkan pengalaman pengguna atau user experience.

IDTH dibangun di atas lahan seluas 22.723 meter persegi. Dengan luas bangunan 11.953 meter persegi, IDTH merupakan sebuah evolusi yang panjang sejak Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo melakukan proses type approval atau pengecekan persyaratan teknis sebagai dasar penerbitan sertifikat hasil pengujian.  Sebelumnya, tidak semua perangkat bisa diuji di Indonesia.

“Beberapa jenis alat perangkat tetap harus melakukan pengujian dari laboratorium luar negeri. Laboratorium pengujiannya itulah yang kemarin kita kembangkan. Karena pada dasarnya, alat perangkat telekomunikasi memang harus memiliki standar internasional,” kenangnya. 

Kini, kehadiran IDTH menjadikan pengujian perangkat telekomunikasi setara dengan laboratorium di luar negeri. 

“Pengujian yang bersifat menyeluruh dan seluruh fitur bisa dilakukan pengujian itu baru di laboratorium yang kita bangun kemarin,” tegasnya. (Icha)

XL Axiata Sosialisasi Solusi Digital dan Siternet di HUT ke-44 DEKRANAS

0

Telko.id – XL Axiata hadir di HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) untuk sosialisasi solusi digital dan Sisternet dalam rangka mendukung kemajuam usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia di Surakarta atau Solo, 15 – 19 Mei 2024.

Secara khusus Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ketua Dekranas Ibu Wury Ma’ruf Amin berfoto dengan Tim XL Axiata di sela-sela mengunjungi booth peserta pameran Dekranas.

Booth XL Axiata sendiri menampilkan sejumlah layanan solusi yang tepat untuk digitalisasi UKM, seperti XL Satu Biz, Adscellence, Managed Service Wifi, Digital Rewards, Google Workspace, Infinet Go, Biz Vida, Open Wifi. Selain itu, melalui program Sisternet, dihadirkan pula sejumlah produk UKM binaan, seperti batik dan produk minuman kesehatan.

“Suatu kebanggan tersendiri atas perkenan Ibu Negara dan Ketua Dekranas berkunjung ke booth XL Axiata sehingga kami bisa mepaparkan program-program kami dalam mendukung kemajuan UKM Indonesia, baik melalui penyediaan solusi-solusi digital produk dari XLABS, maupun melalui program Sisternet kepada kalangan pelaku UKM Perempuan,” kata Tri Wahyuningsih, Group Head Enterprise Product & Marketing XL Axiata.

Baca juga : Sisternet Ajarkan Pentingnya Legalitas Usaha Bagi UMKM Indonesia

Ia pun berharap, melalui event ini, semakin banyak rekan-rekan UKM di berbagai daerah yang bisa mengadopsi solusi digital dari kami guna mendukung upaya naik kelas dan menjadi lebih produktif.

Adapun beragam produk solusi digital untuk UKM yang ditampilkan di HUT Dekranas antara lain: 

  1. XL SATU Biz, yaitu paket internet dan solusi bisnis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat untuk menyelesaikan setengah dari pekerjaan mendirikan usaha, dengan adanya internet fiber opti berkecepatan tinggi, kuota besar untuk bersama, dan juga aplikasi wirausaha majoo yang sudah menjadi bagian dari paket XL SATU Biz
  2. Adscellence, solusi digital berupa SMS Location Based Advertising. Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat untuk mendapatkan pelanggan potensial dengan iklan SMS terfokus di sekitar lokasi usaha
  3. Managed Service Wifi, yaitu teknologi wifi berbasis cloud . Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat untuk mengelola, mengontrol, dan memecahkan masalah jaringan Wi-Fi di tempat bisnis dari jarak jauh,
  4. Digital Rewards, yaitu hadiah dalam bentuk digital seperti kuota internet. Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat mengadakan program loyalitas atau penawaran khusus yang melibatkan pemberian hadiah digital.
  5. Google Workspace, yaitu ruang kerja berbasis cloud. Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat untuk memudahkan dan mengamankan pengelolaan keperluan digital workspace, mulai dari pembuatan email dengan domain perusahaan, memudahkan karyawan mengakses berbagai aplikasi Google, mengatur siapa saja yang bisa mengakses aplikasi-aplikasi tersebut, dan masih banyak lagi!
  6. Infinet Go, yaitu paket internet all in one. Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat untuk tetap terhubung ke jaringan nirkabel dari mana saja dan kapan saja dengan perangkat wifi portable berkecepatan tinggi
  7. Biz Vida, yaitu tanda tangan berbasis digital. Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat untuk  memberikan kemudahan dan kecepatan dalam proses tanda tangan digital dengan keamanan yang terjamin dan biaya yang hemat
  8. Open Wifi, yaitu fitur wifi untuk mengenal pelanggan lebih akurat dan mengetahui kebutuhan pelanggan. Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat untuk mengetahui secara real-time banyak pengunjung dari penggunaan Wi-Fi, dan dapat menambah penghasilan

Saat ini, solusi XL SATU Biz sudah hadir di 88 kota/kabupaten di berbagai provinsi Indonesia, dan akan terus meluas seiring dengan perluasan jaringan konvergensi. Hingga kuartal pertama 2024, tidak kurang dari 10K UKM telah memanfaatkan XL SATU Biz untuk mendukung produktivitas mereka.

Sisternet Dorong UKM Perempuan Naik Kelas

Pada event HUT ke-44 Dekranas, melalui program CSR Sisternet, XL Axiata juga menampilkan dua pelaku UKM yang telah berhasil naik kelas berkat mengikuti program-program pengembangan dari Sisternet seperti salah satunya Kompetisi Modal Pintar 2023.  

Kedua UKM yang ikut tampil di ajang HUT ke -44 Dekranas tersebut adalah Ulur Wiji UKM asal Desa Pandankrajan, Kabupaten Mojokerto. UKM yang dikelola perempuan ini memiliki produk berbagai jenis batik yang mengusung konsep keberlanjutan, eco-fashion, dan eco-friendly. 

Setelah mengikuti kelas-kelas pengembangan dari XL Axiata serta menggunakan layanan XL SATU Biz dan aplikasi Sisternet, Ulur Wiji ini mampu memperluas pemasaran secara digital sehingga omzet penjualan juga meningkat hingga 56%.

UKM kedua adalah lemonih.id, berasal dari Surakarta dan memiliki produk minuman kesehatan. Produk minuman tersebut terbuat dari lemon import premium, jahe merah, dan kayu manis bekualitas tinggi untuk membantu mendetoks tubuh dan membantu menurunkan berat badan yang berlebih.

Dengan bergabung menjadi bagian dari ekosistem digital Sisternet, lemonih.id mendapatkan dukungan untuk meningkatkan brand awarness dan kesempatan akses ke market yang lebih luas, serta edukasi pengembangan bisnis.

Berikut ini program dan fitur aplikasi Sisternet terkini untuk terus mendorong UKM Perempuan Indonesia naik kelas:

  1. Finansister, yaitu salah satu fitur aplikasi Sisternet yang memberikan edukasi literasi finansial dan kesempatan untuk UKM perempuan binaan Sisternet mendapatkan akses program peminjaman modal usaha yang eksklusif dengan bank partner Sisternet.
  2. Toko Sister, yaitu salah satu fitur aplikasi Sisternet yg mewadahi UKM untuk mempromosikan product dan jasanya kepada para Sisters / member Sisternet
  3. Webinar Pintar, yaitu program edukasi perempuan Indonesia yang hadir setiap bulannya dengan berbagai topik yang bervariasi untuk mendukung literasi digital semua perempuan Indonesia baik yang masih mahasiswi maupun perempuan yang sudah berkeluarga. Webinar Pintar Sisternet dapat diikuti secara gratis di aplikasi Sisternet.

Hingga saat ini, lebih dari 3.000 UKM perempuan telah mengikuti program Sisternet, melalui kelas-kelas pengembangan. Mereka berasal dari berbagai daerah di tanah air, dengan beragam produk. Mulai dari makanan dan minuman, kerajinan, fashion, hingga sektor tempat wisata. 

Ayo bergabung dengan program Sisternet dengan mendownload aplikasi nya dan mendaftar secara gratis untuk terus saling mendukung dalam memajukan perempuan Indonesia. #perempuannaikkelas #jadilebihbaik #adauntukindonesia. (Icha)

Explore Galaxy S24 Series Lebih Worry-free? Ini 4 Tips Jitunya!

Telko.id – Pakai smartphone canggih, pasti juga ada ke khawatiran tentang keamanan data. Tapi dengan menggunakan Galaxy S24 Series akan lebih worry-free karena memiliki perlindungan data yang sangat aman. Penasaran? Ini 4 tips juta?

Galaxy S24 Series sendiri sudah dilengkapi Samsung Knox membuat pengguna tidak perlu khawatir akan kebocoran data hingga peretasan terjadi saat menggunakan device ini dalam kesehariannya.

Samsung Knox merupakan platform keamanan yang menjalankan sistem keamanan berlapis untuk melindungi data pengguna secara end-to-end. Data sensitif seperti pola lockscreen, password, hingga PIN dapat disimpan secara terpisah dari data lain untuk memaksimalkan keamanan perangkat dari upaya peretasan atau pencurian data.

Namun, selain itu ternyata ada beberapa fitur yang bisa kamu aktifkan untuk mencegah masalah peretasan ataupun pencurian data yang marak terjadi di era digital sekarang ini.

Baca juga : Samsung Galaxy S24 Series Yang Buat Penasaran!

“Kecanggihan bukan satu satunya yang kami janjikan pada saat konsumen memiliki Galaxy S24 Series, tapi rasa worry-free saat menggunakan smartphone dengan keamanan berlapis juga menjadi janji kami. Bersamaan dengan inovasi produk, Samsung juga selalu mengembangkan sistem keamanan di smartphone yaitu Samsung Knox,” ujar Verry Octavianus, MX Product Marketing, Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Dengan demikian, konsumen jadi lebih bebas saat explore smartphone mereka tanpa perlu khawatir dengan kejahatan siber saat ini dengan adanya fitur seperti fitur Auto Blocker, Maintenance Mode, App Protection dan Pin App yang tentunya mampu meningkatkan keamanan data pribadi.

Penasaran bagaimana cara memaksimalkan keamanan data pribadi kamu? Yuk, ikuti 4 tips jitu Jaga keamanan data pribadi di Galaxy S24 Series!

Pakai Auto Blocker

Samsung memperkenalkan Auto Blocker yang menawarkan berbagai fitur keamanan untuk menjaga privasi pengguna. Dengan Auto Blocker, kamu bisa mencegah perangkat mengunduh aplikasi dari sumber yang mencurigakan tanpa konfirmasi terlebih dahulu kepada penggunanya.

Fungsi ini akan sangat berguna buat kamu yang tak sengaja memencet iklan-iklan mencurigakan di situs web yang kerap mengarahkan perangkat untuk download aplikasi tertentu. Jadi, data kamu akan lebih aman dari malware atau virus yang kerap menyusup ke dalam perangkat lewat aplikasi-aplikasi di luar platform resmi seperti Google Play Store dan Samsung Galaxy Store.

Selain itu, Auto Blocker juga dapat memblokir perintah-perintah yang masuk ke perangkat melalui port USB. Fungsi ini berguna untuk melindungi pengguna saat menghubungkan HP dengan device tertentu, misalnya ketika memindahkan file ke komputer.

Berikut tips mengaktifkan fitur Auto Blocker di Galaxy S24 Series:

  1. Masuk ke “Settings”, pilih “Security and Privacy”
  2. Scroll ke bawah dan akses menu “Auto Blocker”
  3. Di menu “Auto Blocker”, pilih “On” untuk menyalakan dan “Off” untuk mematikan fitur tersebut
  4. Jika dalam kondisi “On”, maka pengguna bisa melakukan konfigurasi yang lebih advanced, seperti menyalakan “Messaging app protection” atau “Block software updates by USB cable”
  5. Samsung memberi keleluasaan bagi pengguna untuk menyalakan atau mematikan fitur ini kapan pun dibutuhkan.
Cara menyalakan fitur Auto Blocker untuk memastikan handphone kamu terlindungi virus dan malware

Manfaatin Maintenance Mode

Handphone pribadi kamu pastinya butuh diperiksa secara berkala agar setiap sistem yang ada di device tersebut tetap dalam kondisi yang prima meski sudah digunakan untuk waktu yang lama. Tapi untuk memastikan setiap data yang ada di device tersebut tetap aman saat sedang diberikan kepada teknisi untuk diperiksa, kamu bisa menyalakan fitur Maintenance Mode. Fitur ini sangat berguna sehingga pihak teknisi dapat mengoperasikan fungsi inti tanpa mengakses informasi pribadi yang tersemat di smartphone tersebut.

Jika fitur ini sudah diaktifkan, maka orang lain juga tidak bisa menghapus aplikasi yang telah pengguna instal. Data atau akun yang dihasilkan saat menggunakan Maintenance Mode akan dihapus secara otomatis setelah pemilik keluar dari Maintenance Mode.

Berikut tips mengaktifkan fitur Maintenance Mode di Galaxy S24 Series:

  1. Masuk ke “Settings”
  2. Pilih “Device Care”
  3. Pilih “Maintenance Mode”
  4. Pilih Menu “Secure Wi-Fi”
  5. Klik “Turn On” untuk menyalakan fitur ini
  6. Restart device sesuai dengan instruksi dan kini data-data pribadi di HP kamu sudah aman
Maintenance mode jadi fitur terbaik untuk memastikan data pribadi pengguna aman saat melakukan servis

Periksa keamanan aplikasi secara berkala dengan App Protection

Melakukan pemeriksaan atau scanning terhadap hp kamu secara berkala menjadi hal yang penting untuk meminimalisir potensi peretasan dan pencurian data seperti yang kerap terjadi di ruang digital belakangan ini. Hanya saja, terkadang melakukan pengecekan semua data di hp kita satu per satu setiap waktunya akan menjadi aktivitas yang merepotkan.

Maka dari itu, Galaxy S24 Series memiliki fitur App Protection yang menawarkan proteksi tambahan terhadap virus atau malware di dalam perangkat dengan simpel dan praktis. Fitur App Protection memungkinkan kamu scanning seluruh aplikasi dan file yang ada di dalam HP secara otomatis, jadi kamu tak perlu repot mengecek file atau aplikasi satu per satu.

Jaga privasi dan keamanan data Galaxy S24 Series kamu dengan mengaktifkan App Protection

Dengan fitur ini, kamu bisa memilih untuk melakukan scanning secara otomatis setiap harinya atau memindai suatu aplikasi yang sedang diinstal. Jika ada isu keamanan yang terdeteksi, kamu bisa uninstall atau menyetop proses download dari aplikasi terkait untuk menghindari pencurian data.

Berikut tips mengaktifkan fitur App Protection di Galaxy S24 Series:

  1. Masuk ke “Settings”, pilih “Device Care”
  2. Masuk ke menu “Device Care” dan aktifkan “App Protection”
  3. Setelah fitur ini menyala, HP akan melakukan scanning secara manual sebanyak satu kali
  4. Klik ikon “More” (titik tiga vertikal) dan masuk ke “Settings”
  5. Aktifkan fungsi “Auto scan apps daily” dan “Auto scan when installing apps” untuk memberikan perlindungan secara otomatis
  6. Jangan lupa, ketika kamu mengaktifkan “Auto Blocker”, maka “App Protection” akan ikut aktif secara otomatis
App Protection jadi fitur yang sangat berguna untuk meminimalisir peretasan di handphone kamu

Amankan privasi dengan Pin App

Terkadang kamu ingin menunjukkan foto liburan atau konten lucu di sosial media pada teman atau kerabat. Namun, mereka bisa dengan tidak sengaja membuka aplikasi lain bahkan melihat pesan pada notifikasi. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mengaktifkan Pin App pada device.

Tips mengaktifkannya Pin App pada Galaxy S24 Series:

  1. Masuk ke “Settings”, pilih “Security & Privacy”
  2. Pilih “More Security Settings” dan aktifkan toggle “Pin App”
  3. Pilih ikon “Recents” di sebelah Home
  4. Pilih ikon di atas aplikasi yang diinginkan
  5. Lalu pilih “Pin this app”

Fitur Pin App bantu kamu melindungi informasi pribadi saat aplikasi pada device digunakan orang lain

Fitur Pin App juga dapat difungsikan sebagai mode “Do Not Disturb” karena akan mencegah notifikasi pop-up yang bersifat privasi dan sensitif.