Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Telkomsel dan ZTE Kolaborasi, Hadirkan Pengalaman 1 Gbps di Indonesia

Telko.id – Telkomsel dan ZTE Corporation jalin kerjasama strategis untuk memajukan portofolio jaringan mereka di masa depan.

Ditandai dengan penandatanganan Strategic Partnership Agreement (SPA) antara Telkomsel dan ZTE di MWC 2024 Barcelona (27/2), kolaborasi ini menjadi upaya kedua perusahaan untuk menghadirkan pengalaman internet berkecepatan tinggi lebih dari 1 Gbps (pengalaman gigabit) yang dapat dinikmati oleh para pelanggan di Indonesia, baik di rumah maupun di luar rumah.

Melalui kolaborasi tersebut, Telkomsel dan ZTE akan mengkaji beberapa solusi teknologi jaringan termutakhir yang dapat menghadirkan pengalaman jaringan telekomunikasi berkecepatan tinggi bagi konsumen di Indonesia, yakni Network Edge AI, 5G Advanced, dan Intelligent Home Network.

Uji coba oleh kedua perusahaan akan dilangsungkan di sejumlah lokasi jaringan Telkomsel tertentu di Indonesia guna menelaah pemanfaatannya dalam situasi nyata, termasuk dari aspek pengalaman pengguna dan efisiensi sumber daya dan biaya jaringan.

Baca juga : Telkomsel dan ZTE Kolaborasi Kembangkan Solusi 5G

“Dengan sinergi kapabilitas teknologi jaringan Telkomsel dan ZTE untuk menghadirkan pengalaman internet berkecepatan tinggi yang lebih baik, stabil, dan andal, kami berharap berdampak dan mendorong kemajuan secara inklusif dan berkelanjutan,” ujar Indra Mardiatna, Direktur Network Telkomsel.

“Kami berharap dapat merintis masa depan dengan pengalaman konektivitas yang lebih cepat dan stabil, yang dapat digunakan dalam spektrum pengaplikasian yang lebih luas,” ujar Mei Zhonghua, SVP ZTE Corporation.

Uji coba pemanfaatan jaringan yang mengimplementasikan teknologi AI bersama ZTE dalam solusi Network Edge AI diperkirakan dapat mendukung efisiensi energi dan sumber daya dengan memperhitungkan beban jaringan, sehingga akan meningkatkan pengalaman jaringan secara keseluruhan.

Sedangkan dengan solusi 5G-Advanced, Telkomsel dan ZTE akan menghadirkan teknologi Reconfigurable Intelligent Surface (RIS) untuk mengoptimalkan jangkauan sinyal dan RedCap untuk menyederhanakan kerumitan implementasi perangkat IoT dan 5G di industri.

Dalam solusi Intelligent Home Network menggunakan Smart Cloud Platform (SCP) dari ZTE, pengelolaan Mesh Access Point (AP), IP Camera (IPC), dan Perangkat Fiber-to-the-Room (FTTR) secara sekaligus akan dikombinasikan dengan pemanfaatan AI untuk meningkatkan pengalaman menikmati konten hiburan.

Jadi diharapkan dapat melengkapi kualitas pengalaman pelanggan Telkomsel dan memperkuat kapabilitas Wi-Fi di rumah.

Kolaborasi ini juga membuka peluang lebih lanjut untuk mendorong transformasi digital Telkomsel secara internal melalui penambahan wawasan pemanfaatan teknologi terkini. (Icha)

 

 

Latest

Paska Merger, Indosat Bersaing Ketat Dengan Telkomsel di Pedesaan dan Luar Pulau Jawa

Telko.id - Berdasarkan hasil analisis dari Open Signal, penggabungan...

Cybersecurity Center of Excellence, Dibentuk Demi Jaga Ekonomi Digital Indonesia

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan...

Fitur Smart Switch, Solusi Mudah Pindahkan Data ke Galaxy A15

Telko.id – Ganti device? Hmm pasti muncul pertanyaan, “Wah,...

Libur Ramadan dan Lebaran, Trafik Data XL Axiata Meningkat 16%

Telko.id - XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data...

Rekomendasi

Ramadan Dan Lebaran, Trafik Internet Telkomsel Naik 12.87 Persen

Telko.id – Momen libur Ramadan dan Lebaran tahun ini, trafik internet Telkomsel meningkat hingga 12.87 Persen dibandingkan hari biasa atau 15.08 persen lebih tinggi...

Telkomsel Siaga RAFI 2024, Berangkatkan 1.100 Pemudik

Telko.id - Dalam rangkaian Telkomsel Siaga RAFI 2024, operator ini menghadirkan program Mudik Hepi Telkomsel Poin. Program ini yang mengajak para pelanggan setia Telkomsel dan...

Telkomsel Resmi Luncurkan Layanan eSIM, Apa Kelebihannya?

Telko.id - Telkomsel resmi meluncurkan layanan Embedded Subscriber Identity Module (eSIM) bagi seluruh pelanggannya di tanah air dan di luar negeri. Teknologi eSIM memungkinkan pelanggan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini