spot_img
Latest Phone

Apple Kembangkan Chatbot AI Sendiri, Saingan ChatGPT

Telko.id – Perusahaan teknologi besar Apple, mulai bergerak mengembangkan...

Pendapatan Apple Naik 10%, Penjualan iPhone Tembus 3 Miliar Unit

Telko.id - Apple mengumumkan hasil keuangan kuartal III 2025...

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...

ROG Phone 9 Series Tawarkan Bonus Eksklusif dan Diskon Hingga Rp2,99 Juta

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) menghadirkan promo...

ASUS ROG Exclusive Store Surabaya, Hadirkan Pengalaman Gaming Terbaik

Telko.id - ASUS resmi membuka ROG Exclusive Store di...
Beranda blog Halaman 174

Telkom Hadirkan 5 Solusi untuk UKM dalam Indibiz Ruko

0

Telko.id – Ruko yang kerap digunakan oleh para UMKM menjadi bisnis properti yang menjanjikan. Pasar ruko diprediksi akan terus tumbuh seiring pemulihan ekonomi pasca pandemi. Indibiz Ruko merupakan salah satu upaya Telkom untuk membantu UKM bisa membuat operasional yang efisien dan aset yang terjaga.

Indeks permintaan properti oleh Bank Indonesia menunjukkan peningkatan yang stabil, dengan pertumbuhan sektor properti diproyeksikan antara 5-7% pada tahun 2023. Namun tantangan yang dihadapi oleh pebisnis ruko dan UMKM sama, yakni bisa menjaga aset mereka dan membuat bisnis lebih efisien. Semua hal tersebut mungkin dilakukan dengan Indibiz Ruko.

Ditemui di booth Indibiz pada perhelatan Digilan 2024 di Istora Senayan, beberapa waktu lalu, Annisa Zaskiya, CMO MyIndibiz menyebut jika Telkom berkomitmen untuk memberikan solusi yang komprehensif dan end-to-end untuk seluruh ruko di Indonesia.

“Jadi mulai dari merchant yang kecil sampai besar dengan banyak cabang. Itu bisa dikelola di satu solusi oleh Telkom. Mulai dari pengelolaan inventori, kasir, sampai ke promosi bisa di satu dashboard,” kata Annisa.

Baca juga : Indibiz Health Siap Bantu Transformasi Digital Layanan Kesehatan

Dia menyebut, solusi yang diberikan Telkom di Indibiz Ruko beberapa di antaranya adalah Finpay. Layanan ini memudahkan pembayaran melalui QRIS menjadi satu pintu. Selain itu juga ada Moka untuk kasir sampai customer loyal feedback.

“Bisa menghitung profit juga, per hari sampai per bulan,” ujarnya.

Untuk promosi di semua cabang bisa dilakukan melalui satu dashboard, yakni Message Blast. Tidak lupa juga ada AI CCTV untuk mendeteksi berapa banyak pelanggan yang datang per hari. Tidak hanya mendeteksi pergerakan atau surveillance. Ada juga Location Based Advertising, yakni penyebaran promosi di sekitar kita melalui SMS.

“Untuk menggunakan Indibiz Ruko tidak mesti semua, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget dari pemilik ruko itu sendiri,” katanya Annisa.

Indibiz Ruko sejatinya ditujukan untuk pelaku usaha di sektor retail dan pertokoan, seperti resto, kafe, bengkel, dan small office home office (SOHO). Layanan ini menawarkan solusi keamanan dan efisiensi operasional melalui teknologi digital.

Beberapa layanan Indibiz Ruko lainnya seperti:

Indibiz Pay, digital payment untuk memudahkan UKM dalam hal transaksi atau pembayaran. Metode pembayaran yang dihadirkan adalah scan QRIS, sehingga membuat transaksi lebih aman, cepat, dan praktis. Selain itu, bisa dibayar dengan menggunakan semua jenis e-wallet dan m-banking.

Melalui platform aplikasi Indibiz Kasir, pelaku UKM dapat memanfaatkan berbagai fitur, seperti pencatatan kas, laporan lengkap, hingga layanan back office yang dapat memantau bisnis kapan saja secara realtime.

PaDi UMKM. Produk ini berbentuk marketplace, yang mempertemukan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dengan produk milik UKM, yang dapat ditransaksikan secara B2B maupun B2C (Business to Consumer).

Indibiz Store, yang dapat membantu para user atau konsumen untuk men-scan sendiri barang yang mereka beli. Produk yang dapat dimanfaatkan pelaku UKM ini tengah melalui hasil riset dan dalam proses uji coba atau showcase. Jika berhasil, maka akan segera diproduksi dan diluncurkan.

Indibiz Cam, yakni solusi keamanan usaha untuk bisnis UKM. Solusi monitoring tempat usaha ini hadir dalam bentuk IP Camera yang dapat diakses di manapun dan kapanpun. (Icha)

Indibiz Health Siap Bantu Transformasi Digital Layanan Kesehatan

0

Telko.id – Dukung transformasi teknologi digital kesehatan, Indibiz Health dari Telkom Indonesia kian aktif memberikan solusi digital yang relevan bagi pelaku bisnis di sektor kesehatan. Seperti klinik, rumah sakit hingga puskesmas.

Indibiz Health meyakini sistem informasi manajemen (SIM) yang terpadu menjadi kunci penting di semua tingkat administrasi layanan kesehatan di Indonesia. Dengan demikian, fasilitas kesehatan (faskes) dapat lebih meningkatkan mutu pelayanan kesehatannya berbasis digital yang saling terintegrasi, serta kemanan data dan privasi pasien lebih aman.

Solusi digital dari Indibiz Health memberikan akses lebih mudah, cepat dan akurat bagi semua stakeholders fasilitas kesehatan. Mulai dari informasi jadwal dokter, pencatatan rekam medis pasien, mengoptimalkan pengambilan keputusan medis, hingga manajemen praktek yang memudahkan semua pihak.

Dari perawat, kasir, farmasi, lab dan radiologi, penjamin asuransi, kasir dan administrasi. Menariknya lagi, solusi digital ini, dapat dikembangkan di setiap fasilitas kesehatan yang sudah memenuhi standar SATUSEHAT Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan sesuai Health Level Seven International.

Baca juga : Indibiz dan Moka POS, Siap Bantu Digitalisasi UKM di Jabodetabek

Semua kemudahan tersebut Indibiz Health hadirkan untuk membantu digitalisasi layanan kesehatan agar lebih optimal. Seperti yang telah dirasakan oleh Dina Ristina Putri, Petugas Rekam Medis Puskesmas 7 Ulu Palembang. Menurut Dina, dirinya sangat terbantu dengan solusi digital dari Indibiz Health. Proses digitalisasi di Puskesmas 7 Ulu jadi lebih mudah. Pencarian nomer rekam medis dan mencatat data kunjungan pasien juga lebih simpel.

“Dengan menggunakan solusi digital dari Indibiz Health, kami sangat terbantu dalam proses operasional di Puskesmas. Dari mencari nomor rekam medis dan melihat jumlah kunjungan pasien semua bisa dikerjakan secara mudah. Semua fungsi system data juga sudah terintegrasi antar unit di Puskesmas, BCare, Mobile JKN dan Satu Sehat,” jelas Dina.

Tauhid Aminudin, Head of IT RSU Andhika mengaku sejak menggunakan solusi digital dari Indibiz Health sangat terbantu dalam proses Rekam Medis Elektronik (RME) yang langsung terintegrasi dengan Kementerian Kesehatan (Aplikasi SATUSEHAT) dan BPJS.

“Awalnya kami menggunakan paket standar, karena kebutuhan Rumah Sakit untuk menerapkan RME, jadi kami mengupgrade solusi digital Indibiz Health ke paket enterprise yang langsung terintegrasi dengan SATU SEHAT dan BPJS,” jelas Tauhid.

Senada dengan Tauhid, Direktur Klinik Kita, Nurul Hidayati juga merasakan manfaat dari Indibiz Health. Menurutnya, fitur yang disajikan itu sangat membantu secara proses administrasi dan pelayanan Klinik Kita secara komprehensif. Mulai dari pasien datang hingga pulang semua tersaji secara lengkap.

“Sangat membantu kami dalam proses administrasi dan pelayanan di Klinik Kita. Dengan fitur/menu lengkap dari pasien datang sampai pulang. Pelayanan baik pasien umum, BPJS Kesehatan maupun asuransi jadi lebih mudah,” jelas Nurul.

Bagi Telkom, semakin banyak layanan kesehatan di daerah di Indonesia menggunakan solusi digital dari Indibiz Health ini, maka transformasi layanan kesehatan bisa semakin cepat terealisasi dan harapan mendukung proses digitalisasi layanan kesehatan di Indonesia bisa segera terwujud.

Menjawab kebutuhan itu, Indibiz Health melalui produk digital Healthical nya dapat dimanfaatkan oleh semua pelaku usaha di sektor kesehatan.

Telkom optimis dengan menggunakan Healthical dari Indibiz Health, proses transformasi digital kesehatan semakin mudah. Pengalaman dan kepuasan pasien juga bisa semakin meningkat.

Selain itu, proses manajemen dan operasional layanan kesehatan juga lebih mudah. Dan telah dipercaya oleh ratusan pelanggan yang tersebar di 11 provinsi di Indonesia.

Berapa layanan kesehatan yang telah menggunakan solusi digital tersebut antara lain: RS Kasih Ibu Surakarta, RS Metropolitan Medical Center, Klinik Garuda Sentra Medika, RSU Andhika, Klinik Kita dan Puskesmas 7 Ulu Palembang dan ratusan puskesmas dan apotek lainnya. (Icha)

Kinerja Telkom H1 2024, Bukukan Pendapatan Rp75,3 Triliun

0

Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mencatatkan kinerja paruh tahun pertama dengan pertumbuhan positif pada pendapatan konsolidasi sebesar 2,5% YoY menjadi Rp75,3 triliun.

Kinerja Telkom hingga akhir Juni 2024 tersebut utamanya didukung oleh kontribusi bisnis Data, Internet & IT Services dengan pendapatan Rp45,5 triliun atau tumbuh 9,2%. EBITDA (Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi) perseroan tercatat sebesar Rp37,9 triliun dengan EBITDA margin pada 50,3%.

Sementara itu, kinerja Telkom pada semester awal ini juga mencatat laba bersih operasi sebesar Rp13,0 triliun atau tumbuh 4,2% YoY dengan margin 17,3%.

Pada semester pertama tahun 2024, Telkom melaksanakan program Pensiun Dini yang berdampak pada peningkatan biaya personal Perseroan dalam jangka pendek.

Baca juga: Jelang HUT RI ke-79 di IKN, Telkom Pastikan Kesiapan Infrastrukturnya

Diharapkan dengan adanya program ini, Telkom akan menjadi perusahaan yang lebih ramping dan meningkatkan talenta digital, sehingga akan berdampak positif pada efisiensi dan produktivitas Perseroan.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, “Sepanjang enam bulan pertama tahun 2024, TelkomGroup masih fokus menjalankan strategi transformasi 5 Bold Moves disertai aksi korporasi anak usaha dan program Pensiun Dini untuk efisiensi dan produktivitas.

“Alhamdulillah, Perseroan melalui strategi bisnis FMC Telkomsel dan Data Center yang dikelola oleh NeutraDC menunjukkan kinerja finansial yang positif,” ujar Ririek.

Hal ini menjadi bukti nyata bagi Telkom untuk dapat mempercepat transformasi sehingga semua lini bisnis Perseroan dapat memberikan hasil optimal bagi para pemangku kepentingan.
Kinerja Telkomsel

Pada segmen Mobile, Telkomsel selaku anak usaha Telkom membukukan pendapatan positif Rp57,17 triliun yang didukung oleh pendapatan dari Digital Business sebesar Rp39,54 triliun atau tumbuh 4,9% YoY.

Telkomsel masih mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar pada bisnis broadband dengan total 159,9 juta pelanggan mobile atau tumbuh 4,3% YoY dan 10,6 juta pelanggan IndiHome atau tumbuh double digit 10,9% YoY.

Demi memperkuat konektivitas dan kualitas layanan, saat ini Telkomsel memiliki 265.904 Base Transceiver Station (BTS), yang terdiri dari 216.378 BTS 4G dan 716 BTS 5G. Lalu lintas data juga mengalami peningkatan cukup baik sebesar 11,7% YoY menjadi 9.753.659 TB.

Pada Juni 2024, Telkomsel telah menyelesaikan aksi korporasi jual dan sewa beli kembali (sales and lease back agreement) dengan PT Dhost Telekomunikasi Nusantara untuk 850 infrastruktur indoor (in Building Services Sites) dan penyewaan kembali sebanyak 689 indoor infrastructure dengan nilai transaksi sebesar Rp865 miliar.

Aksi korporasi ini sejalan dengan strategi transformasi perusahaan dan tren industri telekomunikasi.

Segmen Enterprise
Pada segmen Enterprise, perseroan mencatat kinerja sebesar Rp10,2 triliun atau tumbuh 9,4% YoY yang utamanya didorong oleh pertumbuhan bisnis layanan B2B Digital IT Services seperti High Speed Internet dan e-Payment sebagai kontributor utama pendapatan.
 Telkom terus memperkuat kapabilitas di bisnis Cloud, Digital IT Services, dan Cyber Security, termasuk menjalin kerja sama strategis dengan pemain teknologi global.

Segmen Wholesale
Selanjutnya, segmen Wholesale dan International mencatat pendapatan Rp9,2 triliun atau tumbuh 13,1% YoY dikontribusi pertumbuhan pada bisnis layanan suara wholesale internasional dan bisnis infrastruktur digital.

Bisnis menara
Pada bisnis menara telekomunikasi, Mitratel mencatat pendapatan Rp4,5 triliun atau tumbuh 7,8% YoY, didorong oleh pendapatan sewa menara.
EBITDA dan laba bersih tumbuh masing-masing sebesar 10,2% dan 4,1% YoY.

EBITDA margin meningkat 1,9 percentage point menjadi 83,1% sementara Net Income margin tumbuh sehat dan berada pada 23,9%.

Sepanjang semester I 2024, Mitratel menambah sebanyak 567 tower baru sehingga total kepemilikan tower menjadi 38.581 tower dengan tenancy ratio yang meningkat cukup baik dari 1,49x di 2023 menjadi 1,52x pada akhir Juni 2024.

Bisnis data center
Sejalan dengan agresivitas Perseroan menjalankan strategi utama 5 Bold Moves dalam mengembangkan ekosistem data center, sektor bisnis TelkomGroup menunjukkan hasil yang positif melalui anak usahanya, NeutraDC.

Hingga Juni 2024, bisnis Data Center dan Cloud TelkomGroup membukukan pendapatan sebesar Rp1 triliun atau tumbuh 22,0% YoY. Ini merupakan sinyal positif di mana Perseroan meyakini bahwa upaya yang tengah dilakukan adalah langkah yang tepat.

NeutraDC tengah mempersiapkan tambahan kapasitas data center hingga 18 MW untuk Hyperscale Data Center Cikarang yang ditargetkan siap beroperasi pada akhir 2024.

Sementara itu, Hyperscale Data Center Batam dengan total kapasitas 18 MW juga telah memasuki tahap konstruksi dengan estimasi mulai beroperasi pada tahun 2025.

Sepanjang semester pertama tahun 2024, Telkom telah mempersiapkan rencana unlocking bisnis data center melalui proses due diligence dan mendekati beberapa calon partner, yang diharapkan prosesnya selesai pada tahun ini.

TelkomGroup akan terus memperkuat bisnis data center-nya agar memiliki daya saing global sebagai pemain di ekosistem data center.

Telkom InfraCo
Selanjutnya, Perseroan juga memiliki inisiatif InfraCo melalui entitas  PT Telkom Infrastruktur Indonesia yang dibentuk pada akhir 2023 yang fokus pada pengelolaan infrastruktur dan jaringan.

Sepanjang semester pertama tahun ini, Perseroan telah melakukan persiapan operasional mencakup uji coba layanan dan proses bisnis, pengangkatan dewan direksi, dan pemenuhan sumber daya manusia.

Operasionalisasi perusahaan akan mulai dilakukan pada 1 Agustus 2024 sebagai perusahaan yang mengelola pemeliharaan aset fiber Telkom (managed service company).

Selanjutnya monetisasi aset perusahaan dan transfer aset fiber Telkom ke PT Telkom Infrastruktur Indonesia direncanakan akan dilakukan pada tahun 2025.

Ke depannya, Telkom Infrastruktur Indonesia berkomitmen untuk mendukung TelkomGroup dalam membentuk sebuah standar baru dalam hal inovasi, dan penciptaan nilai, melalui capex yang lebih efisien.

Langkah ini sejalan dengan kontribusi perseroan dalam mengakselerasi pembangunan konektivitas nasional dan adopsi digital.

Hingga Juni 2024, total belanja modal perseroan mencapai Rp11,7 triliun atau 15,5% dari total pendapatan.

Anggaran ini difokuskan pada pengembangan infrastruktur jaringan telekomunikasi demi pengalaman digital pelanggan yang lebih baik. 

Anggaran belanja modal tersebut di antaranya digunakan untuk  pembangunan BTS 4G dan 5G, penggelaran sistem komunikasi kabel laut, serta pembangunan Hyperscale Data Centers di Cikarang dan Batam. (Icha)

 ‘Dia Angkasa’, Serial Orisinal MAXStream Terbaru Bergenre Drama Remaja

0

Telko.id – MAXStream Studios berkolaborasi dengan Unlimited Production merilis serial orisinal terbaru berjudul “Dia Angkasa”.

Serial drama remaja ini diadaptasi dari novel Wattpad populer oleh Nurwina Sari yang telah mencapai 20,7 juta pembaca dan telah terjual puluhan ribu eksemplar sejak tahun 2021.

Serial ini akan tayang secara eksklusif dan gratis di MAXStream dan MyTelkomsel mulai 29 Juli 2024. Selain itu, “Dia Angkasa” juga akan tayang serentak di 16 negara melalui platform VIU pada tanggal yang sama.

“Dia Angkasa” disutradarai oleh Adhe Dharmastriya dan diproduksi pada Mei 2024 lalu. Serial drama remaja ini mengisahkan tentang Angkasa, seorang siswa berandalan nomor satu di SMA Andromeda yang terkenal sebagai ketua perkumpulan besar SATROVA.

Baca juga : MAXstream Rilis Sehati Semati, Serial Orisinal Terbaru Bergenre Thriller Drama

Kehidupannya yang penuh dengan kenakalan dan kekerasan berubah ketika ia bertemu dengan Aurelani Aurora, perempuan yang mampu meredakan ego dan keras kepalanya.

Serial ini dibintangi oleh aktor dan aktris muda berbakat seperti Yesaya Abraham sebagai Angkasa, Shenina Cinnamon sebagai Aurora, dan Jeff Smith sebagai Sekala.

Pemeran lainnya termasuk Freya (JKT48) sebagai Vana, Alif Rivelino sebagai Bobby, Andy W. sebagai Razi, Venly Arauna sebagai Alaska, Alzi Markers sebagai Bara, Davin Muflih sebagai Rama, serta Adzana Ashel, Jessica Shaina, Indra Wibowo, dan Joseph Kara.

“Kolaborasi dengan Unlimited Production dalam serial ‘Dia Angkasa’ menjadi salah satu bukti nyata dari komitmen Telkomsel melalui MAXStream Studios untuk terus memproduksi berbagai konten yang tidak hanya menghibur pelanggan dan masyarakat, tetapi juga mendorong kemajuan industri kreatif digital secara inklusif dan berkelanjutan,” kata Nirwan Lesmana, Vice President Digital Lifestyle Services Telkomsel.

Apalagi dengan menggandeng sineas dan talenta kreatif digital lokal, Nirwan berharap serial ini dapat diterima dengan baik oleh para penonton dan pecinta genre drama remaja, serta memberikan kontribusi positif bagi perkembangan industri hiburan di Indonesia.

MAXStream Studios adalah content producer yang telah melahirkan film dan serial dengan platform penayangan utama pada MAXStream, Allplay Entertainment, Fun Planet, dan MyTelkomsel.

MAXStream Studios telah memproduksi sebanyak 124 judul konten film dan series MAXStream Originals yang dapat dinikmati di berbagai kanal penayangan, mulai dari bioskop, platform Over-the-Top (OTT), hingga Free-to-Air (FTA).

Oswin Bonifanz, Produser Unlimited Production, menambahkan, “Judul ‘Dia Angkasa’ ini adalah masterpiece yang mencapai 20,7 juta pembaca. Cerita yang unik dengan plot twist yang menarik menjadikannya sebagai drama remaja yang berbeda dari lainnya”.

Hal ini dibuktikan dengan antusiasme pembaca yang sangat besar sejak informasi pertama dan spekulasi pemeran series bermunculan di media sosial, hingga saat ini sudah menjadi trending keyword dengan lebih dari 570 juta penonton di TikTok.

Unlimited Production adalah rumah produksi yang berbasis di Jakarta yang memadukan konsep dan kreativitas untuk menghasilkan sebuah karya seni. Unlimited Production yang didirikan pada tahun 2011 sudah cukup banyak memproduksi film maupun serial.

Beberapa di antaranya adalah film Winter in Tokyo, Aku Tahu Kapan Kamu Mati, Until Tomorrow. Serta serial Skripsick: Derita Mahasiswa Abadi, Ketua BEM and His Secret Wife, dan Skaya and the Big Boss. (Icha)

Pongo 750, Semakin Tangguh dan Tingkatkan Pengalaman Gaming

Telko.id – Pongo kembali meluncurkan produk latop gaming terbarunya yakni Pongo 750, mengukuhkan posisinya sebagai salah satu brand laptop gaming lokal yang tak henti berinovasi.

Jika dibandingkan dengan seri Pongo 725 yang telah diluncurkan beberapa bulan yang lalu, Pongo 725 dibekali dengan  Prosesor  Intel Core i7-12650H, sedangkan seri Pongo 750 ini sudah dibekali dengan Prosesor Intel Core i7-13620H yang meningkatkan performa dari generasi sebelumnya untuk gaming, multitasking dan stabilitas dalam menjalankan gaming AAA.

Pongo 725 sebelumnya menggunakan NVIDIA GeForce RTX  2050 GPU 4GB GDDR6 Up to 55W, sedangkan keunggulan Pongo 750 telah disenjatai dengan NVIDIA GeForce RTX  4050 GPU 6GB GDDR6 hingga 100W.

Dengan prosesor dan graphic card yang mumpuni, Pongo 750 mempunyai tenaga lebih dari cukup untuk memainkan game AAA pada settingan Medium – High dan akan mendapatkan FPS yang berlimpah untuk kenyamanan para gamer.

Baca juga : Pongo Monster X, Laptop Kasta Tertinggi untuk Pro Player Gamer

Keunggulan lain jika dibandingkan dengan Pongo 725,  laptop Pongo 750 ini mampu memberikan performa yang tangguh dalam menangani berbagai tugas multitasking dan gaming berat dan sangat mendukung kebutuhan grafis tinggi seperti rendering 3D, desain grafis, dan editing video yang juga cocok digunakan untuk para pekerja kreatif, konten kreator bahkan untuk produktivitas sehari – hari.

Bagi gamer yang mengutamakan kecakapan visual dalam laptop, Pongo 750 adalah pilihan yang tepat karena sudah didukung dengan full HD 144Hz display.

Layar ini memberikan pengalaman visual yang lebih halus dan responsif, mengurangi motion blur dan meningkatkan kejernihan gambar saat bermain game atau menonton konten yang bergerak cepat.

Pongo 750 juga sudah dilengkapi dengan Sound Blaster Studio yang memberikan pengalaman audio yang maksimal untuk segala aktivitas, seperti merekam voice over, streaming dan memberikan performa pendengaran murni kepada para gamer. Sound Blaster Studio juga sangat berguna untuk mereduksi suara bising sehingga suara lebih jernih pada saat meeting online.

”Melalui Pongo 750 yang kami luncurkan, ini adalah salah satu bukti bahwa kami terus berkomitmen untuk melakukan inovasi dan menjawab kebutuhan para gamers,” kata Timmy Theopelus, Vice President Business Development & Strategic Partnership PT Tera Data Indonusa, Tbk.

Timmy juga menambahkan bahwa harus memastikan dalam memilih dan membeli sebuah laptop gaming terbaik, tidak hanya mempertimbangkan harga, tetapi juga melihat spesifikasi yang mumpuni.

“Pongo 750 sudah memenuhi dua kriteria tersebut. Dengan hanya Rp 13,999,000 pengguna akan dapat merasakan laptop dengan harga terjangkau dan performa yang hebat,” ujar Timmy menyakinkan.

Dengan semua fitur dan spesifikasi yang ditawarkan, Pongo 750 merupakan pilihan yang sangat menarik bagi para penggemar game di Indonesia. Dengan harga yang terjangkau, laptop ini mampu memberikan performa dan pengalaman gaming yang memuaskan, sekaligus mendukung berbagai kebutuhan produktivitas pengguna. D

esainnya yang simpel namun elegan dan bobotnya yang ringan juga memudahkan pengguna untuk membawa laptop ini bepergian tanpa merasa terbebani. Sebagai produk lokal, Pongo 750 juga menjadi bukti bahwa Indonesia mampu bersaing dalam industri teknologi global.

Saat ini Axioo memiliki program yang spesial, yaitu Axioo Cicilan 0% yang dapat  memberikan kemudahan untuk memiliki produk – produk dari Axioo dengan pilihan skema Cicilan 0% selama 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.

Program Axioo Cicilan 0% ini bisa didapatkan di 15 titik Axioo Care Platinum. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat memanfaatkan program Axioo Trade In, yang merupakan tukar tambah laptop lama dengan unit baru laptop Axioo. U

ntuk program ini, pengguna bisa langsung datang ke Axioo Care Platinum dengan membawa laptop lama untuk pengecekan terlebih dahulu oleh tim Customer Service, dan jika sudah memenuhi ketentuan maka akan dapat menerima manfaat tukar tambah dengan unit laptop baru dari Axioo.

Manfaat program Axioo Trade In bisa disatukan dengan Axioo Cicilan 0%, yang akan meringankan pengguna untuk upgrade dari laptop lama ke laptop baru.

Satu lagi program yang menarik yaitu Axioo Accidental Damage Protection yang bisa memberikan perlindungan menyeluruh untuk perangkat Axioo dari kerusakan yang tidak terduga.

Program ini merupakan yang pertama dan satu-satunya dari brand laptop lokal di Indonesia, yang semakin menunjukkan komitmen Axioo untuk memberikan pengalaman aman dan nyaman bagi para penggunanya.

Selain perlindungan yang menyeluruh, keunggulan dari Axioo Accidental Damage Protection terdapat pada manfaat proteksi dan asuransi yang sekaligus diberikan—bahkan berlaku untuk diklaim lebih dari sekali, selama memenuhi syarat dan ketentuan berlaku.

Semua program spesial ini diharapkan dapat mendukung produktivitas serta performa para pengguna setianya lewat keuntungan dan kemudahan yang menyeluruh.

Untuk setiap pembelian Pongo 750, pengguna juga akan langsung mendapatkan garansi resmi dari Axioo selama 3 tahun. Jaminan layanan purna jual terefleksi lewat jaringan 177 service center yang tersebar hampir di seluruh Indonesia, dengan layanan same day service. (Icha)

Qualcomm Rilis Snapdragon 4s Gen 2, Permudah Akses 5G

0

Telko.id – Qualcomm meluncurkan Snapdragon 4s Gen 2, sebuah chipset yang mendefinisikan ulang pengalaman seluler entry-level.

Chipset ini dikemas dengan berbagai keunggulan untuk konsumen, termasuk pemutakhiran konektivitas 5G, efektivitas daya untuk masa pakai baterai sepanjang hari, dan kemampuan kamera yang luar biasa.

Chipset baru ini sekaligus juga merupakan contoh lain dari komitmen Qualcomm dalam mendorong kemajuan manusia, memelopori transisi global dari jaringan 4G ke 5G yang memberdayakan komunitas dan industri.

Snapdragon 4s Gen 2 juga dilengkapi dengan penyempurnaan yang kaya fitur, termasuk kinerja CPU unggul untuk multitasking dan produktivitas yang lancar, navigasi dual band untuk akurasi titik lokasi yang lebih baik, kualitas audio yang disempurnakan dengan kecerdasan buatan (AI), serta pengalaman gaming yang lebih lancar dan streaming video yang semakin bertenaga.

Baca juga : Qualcomm Perkenalkan “The PC Reborn” di Computex 2024, Apa Itu?

“Snapdragon 4s Gen 2 Mobile Platform merupakan inovasi terkini yang menjadikan teknologi 5G lebih mudah diakses, sehingga lebih banyak orang dapat menjelajahi dunia dengan kecepatan jaringan seluler generasi kelima ini,” ujar Chris Patrick, Senior Vice President & General Manager Mobile Handsets, Qualcomm Technologies, Inc.

“Berkat teknologi mutakhir, kami berhasil menyeimbangkan antara kualitas dan harga yang terjangkau, menawarkan kinerja maksimal dengan masa pakai baterai sepanjang hari, AI terintegrasi, serta akses luas ke jaringan 5G untuk pengalaman seluler yang lebih baik,” ungkap Chris Patrick menambahkan.

“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Qualcomm Technologies untuk memungkinkan akses konektivitas berkecepatan gigabit bagi pengguna di wilayah-wilayah tertentu,” tambah Anuj Sharma, Chief Marketing Officer Xiaomi India.

“Banyak orang belum merasakan manfaat 5G. Berkat Snapdragon 4s Gen 2, Xiaomi dapat menghadirkan konektivitas mutakhir ini ke lebih banyak orang seraya mendefinisikan ulang bagaimana dunia terhubung dan berinteraksi,” ungkap Anuj Sharma menambahkan.

Pada tahap awal setelah peluncurannya, chipset Qualcomm baru ini akan segera diadopsi oleh Xiaomi melalui perangkat pertama yang kemungkinan akan diumumkan sebelum akhir tahun 2024. Untuk informasi lebih lanjut tentang platform baru ini, kunjungi ringkasan produk atau situs web kami.

Oh iya, chipset seluler ini akan memudahkan 2,8 miliar pengguna smartphone di berbagai wilayah untuk mengakses 5G, menawarkan kecepatan download hingga 1 Gbps, 7 kali lebih cepat dibandingkan platform LTE yang biasa digunakan oleh smartphone di rentang harga yang sama.

Snapdragon 4s Gen 2 akan diadopsi oleh berbagai produsen peralatan asli (OEM) terkemuka dalam waktu dekat, termasuk Xiaomi, dengan perangkat komersial pertamanya diperkirakan rilis sebelum akhir tahun nanti. (Icha)

Kinerja Indosat H1 2024, Catat Laba Bersih Rp2,7 Triliun, Ini Rahasianya!

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH, IDX: ISAT) mengumumkan hasil kinerjanya untuk paruh pertama tahun 2024 (1H2024) dengan mencatatkan kinerja keuangan dan operasional yang solid.

Pada 6 bulan pertama 2024 ini, Indosat mampu mempertahankan pertumbuhan pendapatan total dua digit yang meningkat sebesar 13,4% year-on-year (YoY) menjadi Rp27.976,3 miliar.

Indosat mencatat EBITDA yang mengesankan dengan pertumbuhan lebih cepat dari pendapatan, meningkat sebesar 17,8% YoY menjadi Rp13.412,2 miliar, sementara margin EBITDA mencapai 47,9% di 1H2024, menegaskan kemampuan Indosat untuk mengkonversi pendapatan menjadi keuntungan secara efisien.

Profitabilitas ini menunjukkan keuangan Indosat yang sehat dan solid, serta  kapasitasnya untuk menghasilkan keuntungan yang substansial bagi para pemangku kepentingan.

Baca juga : Indosat Bagikan Dividen Rp 2,16 T, 48% dari Laba 2023

Dengan hasil yang mengesankan ini, Indosat mencatatkan Laba Tahun Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk sebesar Rp2.734,7 miliar, tumbuh 43,3% YoY dan mempertahankan tren kinerja positif selama lebih dari tiga tahun berturut-turut.

“Hasil yang kami catatkan di paruh pertama tahun 2024 membuktikan strategi cermat kami dalam mendorong kemajuan perusahaan. Kinerja luar biasa ini mencerminkan dedikasi kami untuk menciptakan nilai yang berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan sekaligus memberdayakan ekonomi digital Indonesia,” kata Vikram Sinha, Presiden Director dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison pada Selasa (30/7/2024).

Vikram juga menambahkan bahwa Indosat terus meningkatkan jaringan nya untuk memastikan konektivitas yang lancar dan pengalaman yang mengesankan bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

Secara bersamaan, Indosat pun meningkatkan fokus nya pada keunggulan operasional dan efisiensi, memungkinkan perusahaan ini untuk mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang kuat sambil terus meningkatkan profitabilitas.

“Selain itu, Indosat mengakselesari perjalanan menuju menjadi AI Native TechCo, menunjukkan komitmen kami untuk memanfaatkan teknologi mutakhir guna mendorong inovasi dan pertumbuhan masa depan,” ujar Vikram optimis.

Basis pelanggan Indosat meningkat sebesar 900 ribu pelanggan baru, mencapai 100,9 juta pelanggan pada akhir 1H2024. Pertumbuhan ini berkontribusi pada peningkatan lalu lintas data yang mengesankan, naik 13,4% YoY menjadi 7.965 Petabyte (PB).

Indosat terus melakukan investasi strategis dalam meningkatkan infrastruktur jaringannya. Belanja modal (Capex) di 1H2024 mencapai Rp4.520,6 miliar, di mana sekitar 89,8% dari belanja modal dialokasikan untuk layanan seluler guna mendukung permintaan pertumbuhan layanan data, sementara selebihnya dialokasikan untuk MIDI dan TI.

Sebagai bagian dari penguatan bisnis inti, Perusahaan telah mengoperasikan sekitar 188.000 BTS 4G, menambah sekitar 22.000 BTS 4G selama paruh pertama tahun 2024.

Ekspansi signifikan ini dilengkapi dengan penyebaran 103 BTS 5G, yang menegaskan komitmen Indosat untuk memajukan infrastruktur jaringannya. Dengan meningkatkan cakupan dan kapasitasnya, Indosat memastikan pengalaman pelanggan yang lebih baik yang mendorong loyalitas dan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi.

Upaya ini secara langsung berkontribusi pada peningkatan rata-rata pendapatan per pengguna (ARPU) sebesar 10,5% YoY untuk pelanggan seluler, kini mencapai Rp37.900.

Pertumbuhan ARPU ini menjadi bukti inisiatif strategis Perusahaan untuk memberikan layanan dan nilai yang superior kepada penggunanya, sehingga memperkokoh posisinya di pasar telekomunikasi yang kompetitif.

Indosat senantiasa memegang teguh komitmennya untuk bermitra dengan perusahaan teknologi raksasa berskala global guna mempercepat perjalanan transformasinya. Komitmen ini terbukti melalui kolaborasi strategisnya dengan para pemimpin industri yang tidak hanya memperkuat posisi Indosat di pasar, tetapi juga mendorong misi transformasi digital dan inovasi.

Di antaranya, Indosat dan Mastercard telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk berkolaborasi dalam melindungi ekonomi digital Indonesia dengan mendirikan Pusat Keunggulan Keamanan Siber Indosat-Mastercard.

Pusat ini akan berfokus pada tiga pilar utama: meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam keamanan siber melalui akses yang lebih baik ke pendidikan dan pelatihan, mendorong inovasi melalui penelitian di bidang keamanan siber dan kepercayaan digital, serta mendorong kolaborasi industri untuk mendeteksi dan mengurangi penipuan.

Selain itu, Indosat dan Google Cloud melanjutkan kemitraan strategis jangka panjang mereka untuk mempercepat transformasi Indosat dari perusahaan telekomunikasi menjadi AI Native TechCo.

Kolaborasi ini akan menggabungkan jaringan, operasi, dan kumpulan data pelanggan yang luas dengan AI stack terpadu dari Google Cloud untuk memberikan pengalaman yang mengesankan kepada lebih dari 100 juta pelanggan Indosat dan solusi AI untuk perusahaan serta AI generatif (GenAI) untuk bisnis di seluruh Indonesia.

PEFINDO telah mengafirmasi peringkat idAAA untuk ISAT dengan prospek stabil untuk peringkat perusahaan. Peringkat ini mencerminkan dukungan kuat ISAT dari pemegang saham mayoritasnya, posisi pasar yang sangat kuat, dan margin keuntungan yang kuat dalam jangka menengah hingga panjang.

Di sisi lain, Fitch Ratings memberikan prospek positif untuk Indosat, mengafirmasi peringkat di AA+(idn). ISAT juga dimasukkan ke dalam Indeks LQ45 sebagai salah satu indeks paling likuid di Bursa Efek Indonesia (IDX), yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan yang solid dan prospek pertumbuhan yang luar biasa dengan nilai transaksi dan frekuensi yang tinggi di pasar modal Indonesia.

“Kami berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan dan inovasi. Kemitraan strategis kami dan investasi dalam AI dan keamanan siber adalah kunci untuk memastikan kami tetap di garis depan kemajuan teknologi, memberikan nilai yang tak tertandingi kepada pelanggan dan pemangku kepentingan kami,” tutup Vikram. (Icha)

Samsung Kembangkan Energy Score untuk Galaxy Watch7

Telko.id – Galaxy Watch7 terbaru akan menggabungkan One UI 6 Watch untuk meningkatkan fungsi kesehatan yang berbasis AI pada perangkat wearable tersebut.

Fitur yang menonjol dari antarmuka baru ini adalah Energy Score, yang memberikan rekomendasi kesehatan personal kepada pengguna berdasarkan skor numerik yang mencerminkan tingkat energi mereka secara keseluruhan.

Untuk mengembangkan fitur Energy Score pada Galaxy Watch7, Samsung Research berkolaborasi dengan Profesor Patrick O’Connor dari Departemen Kinesiologi Mary Frances Early College of Education di Universitas Georgia, Amerika Serikat.

Samsung Newsroom mengeksplorasi Energy Score baru – yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman layanan kesehatan digital.

Baca juga : Samsung Galaxy Watch7, Sudah Berbekal Teknologi AI, Seperti Apa?

Energi berkaitan erat dengan efisiensi dan kelelahan sehari-hari, dan didasarkan pada aktivitas sirkuit saraf yang tidak dipahami secara sempurna di otak.

Akibatnya, mengukur energi secara objektif tidaklah mudah. Samsung Research dan tim Profesor O’Connor bekerja sama untuk mendefinisikan dan menghitung energi seseorang berdasarkan ilmu pengetahuan yang ada.

Sebagai pakar terkemuka dalam psikologi olahraga, Profesor O’Connor telah mempelajari secara ekstensif efek tidur, aktivitas fisik, dan asupan kafein pada kognisi dan perasaan energi.

Beliau memberikan saran dalam pengembangan fitur Energy Score pada Samsung Health, yang menggabungkan aktivitas fisik dengan data dan teori ilmu saraf untuk menyarankan konsep “Kapasitas Keseluruhan.”

Sementara sebagian besar layanan yang ada hanya berfokus pada aspek fisik ketika mengukur energi, Overall Capacity mempertimbangkan faktor fisik dan kognitif. Stres mental dapat mempengaruhi tingkat energi, sebagaimana dibuktikan dengan pola tidur yang terganggu dan kelelahan yang meningkat saat stres.

Pada dasarnya, energi mencerminkan jumlah aktivitas yang dapat dipertahankan seseorang relatif terhadap kapasitas total mereka. Melebihi beban fisik atau mental yang biasa dilakukan akan mengurangi energi dalam jangka pendek.

Sebagai contoh, jika seseorang biasanya berolahraga dengan intensitas rendah selama 30 menit setiap hari – namun memutuskan untuk melakukan olahraga intensitas sedang selama satu jam pada suatu hari – Skor Energi mereka diperkirakan akan turun pada hari berikutnya.

Beban fisik dan kognitif yang melebihi tingkat rata-rata menyebabkan berkurangnya energi. Namun, olahraga teratur dapat meningkatkan energi atau membantu mempertahankannya pada tingkat rata-rata yang lebih tinggi.

Olahraga teratur dapat meningkatkan Overall Capacity, yang berpotensi untuk menghasilkan Energy Score yang lebih tinggi untuk intensitas latihan yang sama dari waktu ke waktu.

Energy Score dihitung berdasarkan tingkat aktivitas fisik, kualitas tidur, detak jantung saat tidur, dan variabilitas detak jantung saat tidur yang diukur dengan perangkat yang dapat dikenakan.

Samsung Research mengembangkan fitur Energy Score berdasarkan studi ilmiah dan penelitian klinis yang mempelajari korelasi antara indikator-indikator ini dengan penanda energi kognitif, yang dilaporkan sendiri, dan fisik.

“Aktivitas” dapat mempengaruhi kapasitas fisik. Seseorang dapat memprediksi energi mereka untuk hari itu dengan membandingkan data latihan dari hari sebelumnya dengan tingkat aktivitas yang biasa mereka lakukan.

Metode ini menggunakan konsep Rasio Beban Kerja Akut:Kronis yang mengantisipasi kelelahan dengan menilai beban kerja jangka panjang dan jangka pendek.

“Tidur” terutama dikaitkan dengan kapasitas mental. Pola tidur seperti durasi tidur rata-rata selama tujuh hari, konsistensi waktu tidur dan bangun, serta seberapa cepat seseorang tertidur dianalisis dan diintegrasikan ke dalam Skor Energi.

Metode ini mengikuti model “cadangan energi” – yang mengeksplorasi hubungan antara tidur, kelelahan dan fungsi kognitif, untuk menghitung fluktuasi energi berdasarkan durasi tidur dan ritme sirkadian.

“Sleeping Heart Rate” atau Denyut Jantung Tidur dan “Sleeping Heart Rate Variability” atau Variabilitas Denyut Jantung Tidur berkaitan dengan kapasitas fisik dan mental. Energi diperkirakan dengan membandingkan pengukuran terkini dengan tren data jangka panjang sebelumnya.

Prediksi akan lebih akurat apabila detak jantung saat tidur dan variabilitas detak jantung saat tidur dianalisis selama kondisi tidur yang stabil.

Indikator yang digunakan untuk menghitung Energy Score. Aktivitas dan tidur terutama dikaitkan dengan kapasitas fisik dan mental, sementara detak jantung saat tidur dan variabilitas detak jantung saat tidur diketahui terkait dengan keduanya.

Samsung Research mempertimbangkan usia dan jenis kelamin dalam menentukan berapa besar bobot masing-masing faktor pada Skor Energi seseorang.

Selain itu, tim peneliti Profesor O’Connor melakukan eksperimen yang melibatkan tes kognitif dan laporan diri tentang energi dan gejala kelelahan, menemukan korelasi yang signifikan antara Energy Score yang dihasilkan oleh model Samsung dan data klinis yang dikumpulkan oleh para peneliti Universitas Georgia.

Skor Energi Samsung Health lebih dari sekadar nilai numerik sederhana. Angka tersebut menawarkan panduan dan saran kesehatan berdasarkan tujuh faktor utama yang memengaruhi skor, termasuk durasi tidur rata-rata dan aktivitas fisik dari hari sebelumnya.

Untuk mencapai hal ini, Samsung Research menggabungkan model skor energi dengan teknologi AI pengoptimalan dan AI generatif. Optimization AI pertama-tama menunjukkan pengaruh utama pada skor dan menganalisis tingkat energi saat ini serta perubahan gaya hidup terkini untuk menyarankan potensi peningkatan.

AI generatif pada perangkat kemudian menyusun wawasan ini menjadi pesan yang ramah sekaligus menjunjung tinggi privasi pengguna.

Panduan kesehatan yang diberikan memberikan pemahaman kepada pengguna tentang Energy Score mereka saat ini dan saran berbasis sains untuk mengatur tingkat aktivitas dan istirahat yang tepat untuk hari itu.

Dengan lebih memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi Energy Score harian mereka, pengguna dapat meningkatkan kebiasaan gaya hidup mereka.

Energy Score menyediakan panduan kesehatan yang dipersonalisasi bagi pengguna melalui pesan yang dibuat oleh AI yang ramah

Profesor O’Connor melakukan penelitian ekstensif bekerja sama dengan para pengembang Samsung, berupaya untuk meningkatkan keandalan dan validitas Energy Score.

“Energy Score, dari sudut pandang ilmiah, menunjukkan prediksi fluktuasi kemampuan untuk menyelesaikan tes kognitif singkat terkait fokus dan perhatian sepanjang hari. Prediksi ini didasarkan pada data objektif yang dikumpulkan dari sensor perangkat pintar selama seminggu terakhir,” paparnya.

“Melalui kolaborasi kami dengan Profesor O’Connor, kami dapat menjawab tantangan ini dengan pendekatan yang bermakna secara ilmiah,” ujar Yunsu Lee, Head of Data Intelligence Team di Samsung Research.

“Kami akan terus mengembangkan teknologi data dan AI untuk memastikan bahwa berbagai perangkat Samsung digunakan secara lebih luas untuk meningkatkan kehidupan pengguna.”

Segera Miliki Galaxy Watch7 Untuk Pantau Kesehatan Kamu dengan Energy Score

Kamu dapat memantau Energy Score di Galaxy Watch7 yang siap dampingi kamu untuk mendorong gaya hidup yang lebih sehat.

Dilengkapi chipset 3nm, Galaxy Watch7 hadir dalam ukuran 40mm dengan harga Rp4.499.000 dan ukuran 44mm dengan harga Rp4.999.000.

Jangan lewatkan penawaran menarik dimana kamu bisa dapatkan cashback hingga Rp499,900 untuk pembelian bersamaan dengan Galaxy smartphone, Galaxy tablet, dan watch strap mulai dari 30 Juli hingga 6 Agustus 2024.

Dukung HUT ke-79 RI di IKN, Indosat Tingkatkan Kapasitas Jaringan

0

Telko.id – Jelang Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) menguatkan infrastruktur jaringan serta ketersediaan produk dan layanan baik di wilayah IKN maupun kota penyangga seperti Balikpapan dan juga Samarinda.

“Indosat siap mendukung kesiapan konektivitas di Ibu Kota Nusantara melalui penguatan infrastruktur jaringan sejak kuartal pertama tahun 2024,” kata Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer of Indosat Ooredoo Hutchison.

Menurut Desmond, Indosat berupaya menjaga kelancaran konektivitas yang kuat dan merata sepanjang perjalanan dari kota penyangga hingga wilayah IKN.

“Upaya ini merupakan bentuk konsistensi terhadap komitmen dan tujuan besar Indosat dalam memberdayakan Indonesia,” ungkap Desmond menambahkan.

Baca juga : Telkomsel Hadirkan GraPARI Nusantara Di IKN

Saat ini, Indosat telah menyediakan jaringan 4G dan 5G di wilayah IKN. Hingga Juli 2024, Indosat telah meningkatkan kapasitas trafik data 4G hingga 84%.

Sedangkan kapasitas pengguna 4G meningkat sebesar 44%. Peningkatan kapasitas ini juga didukung oleh penguatan perangkat lunak (software) termutakhir yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Pengimplementasian teknologi AI ini memungkinkan Indosat mengantisipasi lonjakan trafik data dengan melakukan optimasi kapasitas antar BTS. Pada infrastruktur jaringannya, Indosat telah menerapkan teknologi akses radio termutakhir yang dapat menghasilkan efisiensi penggunaan energi secara signifikan dengan kinerja yang dapat diandalkan.

Tak berhenti di situ, dalam rangka persiapan Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia, Indosat juga menambah sejumlah Mobile Base Transceiver Station (MBTS) serta backbone fiber optic di wilayah IKN.

Lebih lanjut, Indosat juga memiliki lebih dari 15 ribu BTS yang telah mencakup 89% populasi di Kalimantan Timur, termasuk 100% populasi di Kota Samarinda. Kedepannya, Indosat terus menargetkan perluasan layanan baik bagi pelanggan perorangan maupun enterprise di Kalimantan.

Selain memastikan kesiapan jaringan, Indosat juga melayani kebutuhan basis pelanggan IM3 dan Tri di Kalimantan Timur dengan menyediakan pelayanan pelanggan seperti dua Gerai IM3, 107 Mini Gerai IM3, 47.401 outlet IM3, dua 3Store, 115 3KiosK, dan 31.508 outlet Tri, termasuk di kawasan IKN. Tujuannya, adalah untuk memudahkan pelanggan dalam mengakses layanan Indosat di berbagai lokasi.

Tidak hanya itu, sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat Indonesia khususnya di wilayah Kalimantan Timur, Indosat telah berperan aktif dalam menggelar berbagai program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR).

Melalui beberapa inisiatif seperti SheHacks Innovate 2024 yang diikuti para pelaku UMKM lokal, Indosat berupaya memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar IKN, termasuk program pelatihan digital dan pengembangan kapasitas masyarakat setempat.

Dengan berbagai inisiatif ini, Indosat kembali menegaskan peran aktifnya dalam menjembatani kesenjangan digital di Indonesia. Dukungan ini diharapkan dapat memaksimalkan potensi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Ibu Kota Nusantara, untuk meraih manfaat dari kemajuan teknologi dan digitalisasi di Tanah Air. (Icha)

Telkomsel Hadirkan GraPARI Nusantara Di IKN

0

Telko.id – Telkomsel meluncurkan layanan pelanggan GraPARI di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) sebagai langkah strategis Telkomsel dalam mendukung pemerintah dalam pengembangan Ibu Kota Nusantara sebagai pusat pemerintahan baru yang modern dan berkelanjutan.

“Kehadiran GraPARI Nusantara di IKN merupakan perwujudan komitmen Telkomsel untuk bisa melayani pelanggan lebih dekat di ibu kota baru ini, khususnya bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pekerja,” kata Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur Sales Telkomsel.

Ia ingin memberikan pengalaman terbaik dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Kami berharap kehadiran GraPARI Nusantara ini bisa memberikan manfaat nyata bagi para pelanggan di IKN, baik dalam hal kemudahan akses maupun keandalan layanan telekomunikasi.

“Kehadiran GraPARI ini juga bisa mendukung berbagai aktivitas digital pelanggan, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat,” ungkap Sigit.

Baca juga : Jelang HUT RI ke-79 di IKN, Telkom Pastikan Kesiapan Infrastrukturnya

GraPARI Nusantara yang berlokasi di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) IKN dapat membantu pelanggan dalam melakukan beragam kebutuhan akan layanan Telkomsel, seperti pembelian SIM card prabayar dan eSIM, penggantian kartu hilang atau rusak, upgrade kartu uSIM 4G/LTE.

Selain itu juga pendaftaran baru pelanggan Telkomsel Halo (pascabayar), melayani pemasangan baru layanan IndiHome, upgrade kecepatan, penambahan fitur, hingga kebutuhan produk dan layanan Telkomsel lainnya.

GraPARI Nusantara juga dilengkapi dengan mesin layanan mandiri (self-service) MyGraPARI, yang dirancang untuk memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi pelanggan dalam mengakses layanan Telkomsel. Dengan MyGraPARI, pelanggan dapat melakukan berbagai transaksi layanannya secara mandiri.

Kenyamanan dan kemudahan bagi para pelanggan Telkomsel dan IndiHome yang akan datang ke GraPARI juga diwujudkan dengan fitur reservasi GraPARI yang dapat diakses melalui aplikasi MyTelkomsel.

Selain itu, GraPARI Nusantara ini dirancang sejalan dengan visi pengembangan Ibu Kota Nusantara sebagai kota yang hijau dan berkelanjutan, dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, GraPARI Nusantara akan menjadi pusat informasi dan edukasi bagi masyarakat sekitar terkait produk dan layanan digital Telkomsel dan memberikan pengalaman layanan terbaik kepada pelanggan.

Untuk semakin memberikan nilai tambah bagi pelanggan di GraPARI Nusantara, Telkomsel menjalin kolaborasi dengan berbagai merchant Food and Beverage di Kantin Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) IKN.

Melalui kerjasama ini, pelanggan dapat menukarkan 10 Telkomsel Poin dengan kupon diskon senilai Rp 5.000 yang dapat digunakan di merchant tersebut.

Penawaran ini berlaku hingga 30 September 2024. Selain itu, pelanggan juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan berbagai produk menarik lainnya seperti tumbler, kaos, topi, tas belanja, payung, dan berbagai merchandise eksklusif lainnya.

Selain GraPARI Nusantara yang terletak di IKN, GraPARI Telkomsel juga telah menjangkau berbagai titik pusat layanan di kota-kota penyangga di Kalimantan seperti GraPARI Balaikarangan, GraPARI Balikpapan A Yani, GraPARI Banjarbaru HM Noor, GraPARI Banjarmasin, GraPARI Bengkayang, GraPARI Bontang, GraPARI Kapuas, GraPARI Ketapang dan GraPARI Lambung Mangkurat.

Selain itu juga ada GraPARI Mall Balikpapan Baru, GraPARI Mempawah, GraPARI Muara Teweh, GraPARI Nanga Pinoh, GraPARI Ngabang, GraPARI Nunukan Pahlawan, GraPARI Palangkaraya, GraPARI Pelaihari Angsau, GraPARI Penajam Propinsi, GraPARI Pontianak dan GraPARI Samarinda.

Tidak ketinggalan ada GraPARI Samarinda Awang Long, GraPARI Sangatta Yos Sudarso, GraPARI Sanggau, GraPARI Tarakan, GraPARI Teuku Umar Pontianak, dan beberapa GraPARI lainnya yang siap melayani berbagai kebutuhan pelanggan dengan layanan yang berkualitas dan personal. (Icha)