Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Starlink Layani Konektivitas Digital di Papua Pegunungan via Telkomsat

Telko.id – Starlink yang merupakan satelit orbit rendah (Low Earth Orbit), kini sudah melayani konektivitas digital di Papua Pegunungan melalui Telkomsat, miliki Telkom Indonesia dengan produk VSAT Star.

Sebagai informasi, saat ini Telkomsat merupakan satu-satunya operator telekomunikasi di Indonesia yang memiliki Hak Labuh Satelit Non Geostationer (NGSO) Starlink khusus untuk layanan backhaul.

VSAT Star adalah layanan komunikasi yang berbasis konstelasi satelit orbit rendah (Low Earth Orbit) Starlink untuk menghubungkan jaringan akses (access network) dengan jaringan utama (core network).

Layanan ini memiliki kecepatan data hingga 200 Mbps per titik, yang menjadikannya solusi ideal untuk mengatasi tantangan konektivitas di daerah terpencil seperti Papua Pegunungan.

Baca juga : Starlink Datang, Operator Lokal Gundah Gulana, Kenapa?

Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan ingin menyampaikan apresiasi mendalam kepada layanan VSAT Star yang disediakan oleh Telkomsat. Sebelum kehadiran layanan ini, kami mengalami kekurangan fasilitas jaringan yang khusus untuk melayani kantor, dan terpaksa meminjam layanan akses internet dari Pemerintah Kabupaten,” kata Kalvin Billin, Kepala Dinas Kominfo Papua Pegunungan.

Oleh karena itu, Kalvin sangat berterima kasih atas kehadiran VSAT Star yang telah memenuhi kebutuhan vital (terhadap akses internet) ini.

Dengan adanya VSAT Star, Kantor Dinas Kominfo Papua Pegunungan sekarang dapat mengakses internet dengan kecepatan dan kualitas yang memadai, meningkatkan efisiensi dalam menjalankan tugas- tugasnya.

Telkomsat berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan teknologi dan komunikasi di seluruh Indonesia, dengan fokus khusus pada daerah-daerah terpencil seperti Papua Pegunungan.

Untuk menjembatani kesenjangan infrastruktur backhaul di Indonesia, Telkomsat memanfaatkan konektivitas berbasis Starlink dan melakukan kerja sama dengan operator-operator dalam negeri.

“Kami senantiasa memaksimalkan dan mengoptimalkan pemanfaatan hak labuh Starlink yang diberikan kepada Telkomsat sebagai bagian dari TelkomGroup, untuk mendukung program pemerintah dalam hal pemerataan digital di Indonesia,” ungkap Lukman Hakim Abd. Rauf, Direktur Utama Telkomsat.

Melalui langkah ini, Telkomsat berharap dapat mengurangi kesenjangan digital dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah 3T, sejalan dengan visi Pemerintah Republik Indonesia untuk memajukan sektor ICT di seluruh negeri.

VSAT Star telah membawa harapan baru bagi Papua Pegunungan untuk berpartisipasi aktif dalam era digital yang terus berkembang. (Icha)

Latest

Telkomsel Bersama Tencent Cloud dan MCASH, Adopsi Palm Scanner, ini Targetnya!

Telko.id – Telkomsel bersama dengan Tencent Cloud dan MCASH...

Axioo Gandeng JKT48, Sasar Para Generasi Z

Telko.id - PT. Tera Data Indonusa, melalui brand laptop...

Indosat HiFi Perluas Jangkauan 100% Fiber Optik ke Kota Sekunder

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui brand Indosat HiFi perluasan...

Samsung Solve for Tomorrow Gelar Pelatihan Design Thinking, Ubah Ide Jadi Solusi

Telko.id - Samsung Solved for Tomorrow gelar pelatihan Design...

Rekomendasi

Laba Bersih Tumbuh 30%, Infomedia Kembangkan Teknologi 3A, Untuk Apa?

Telko.id - Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), PT Infomedia Nusantara (Infomedia) berhasil membukukan laba bersih sebesar 217% atau tumbuh 30% di...

Kabar Baik, Indibiz Membuka Sektor Kesehatan, Energi dan Ekspedisi

Telko.id - Kabar baik datang dari Indibiz untuk pelaku usaha di bidang kesehatan, energi dan ekspedisi. Mulai bulan Juni tahun ini, ekosistem solusi digital untuk...

NeutraDC dan KBRI Singapura Gelar Diskusi Kebijakan Pelindungan Data

Telko.id - Perusahaan data center PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura (KBRI Singapura), menyelenggarakan diskusi panel...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini