spot_img
Latest Phone

Apple Kembangkan Chatbot AI Sendiri, Saingan ChatGPT

Telko.id – Perusahaan teknologi besar Apple, mulai bergerak mengembangkan...

Pendapatan Apple Naik 10%, Penjualan iPhone Tembus 3 Miliar Unit

Telko.id - Apple mengumumkan hasil keuangan kuartal III 2025...

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...

ROG Phone 9 Series Tawarkan Bonus Eksklusif dan Diskon Hingga Rp2,99 Juta

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) menghadirkan promo...

ASUS ROG Exclusive Store Surabaya, Hadirkan Pengalaman Gaming Terbaik

Telko.id - ASUS resmi membuka ROG Exclusive Store di...
Beranda blog Halaman 175

Telkomsel Hadirkan GraPARI Nusantara Di IKN

0

Telko.id – Telkomsel meluncurkan layanan pelanggan GraPARI di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) sebagai langkah strategis Telkomsel dalam mendukung pemerintah dalam pengembangan Ibu Kota Nusantara sebagai pusat pemerintahan baru yang modern dan berkelanjutan.

“Kehadiran GraPARI Nusantara di IKN merupakan perwujudan komitmen Telkomsel untuk bisa melayani pelanggan lebih dekat di ibu kota baru ini, khususnya bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pekerja,” kata Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur Sales Telkomsel.

Ia ingin memberikan pengalaman terbaik dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Kami berharap kehadiran GraPARI Nusantara ini bisa memberikan manfaat nyata bagi para pelanggan di IKN, baik dalam hal kemudahan akses maupun keandalan layanan telekomunikasi.

“Kehadiran GraPARI ini juga bisa mendukung berbagai aktivitas digital pelanggan, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat,” ungkap Sigit.

Baca juga : Jelang HUT RI ke-79 di IKN, Telkom Pastikan Kesiapan Infrastrukturnya

GraPARI Nusantara yang berlokasi di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) IKN dapat membantu pelanggan dalam melakukan beragam kebutuhan akan layanan Telkomsel, seperti pembelian SIM card prabayar dan eSIM, penggantian kartu hilang atau rusak, upgrade kartu uSIM 4G/LTE.

Selain itu juga pendaftaran baru pelanggan Telkomsel Halo (pascabayar), melayani pemasangan baru layanan IndiHome, upgrade kecepatan, penambahan fitur, hingga kebutuhan produk dan layanan Telkomsel lainnya.

GraPARI Nusantara juga dilengkapi dengan mesin layanan mandiri (self-service) MyGraPARI, yang dirancang untuk memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi pelanggan dalam mengakses layanan Telkomsel. Dengan MyGraPARI, pelanggan dapat melakukan berbagai transaksi layanannya secara mandiri.

Kenyamanan dan kemudahan bagi para pelanggan Telkomsel dan IndiHome yang akan datang ke GraPARI juga diwujudkan dengan fitur reservasi GraPARI yang dapat diakses melalui aplikasi MyTelkomsel.

Selain itu, GraPARI Nusantara ini dirancang sejalan dengan visi pengembangan Ibu Kota Nusantara sebagai kota yang hijau dan berkelanjutan, dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, GraPARI Nusantara akan menjadi pusat informasi dan edukasi bagi masyarakat sekitar terkait produk dan layanan digital Telkomsel dan memberikan pengalaman layanan terbaik kepada pelanggan.

Untuk semakin memberikan nilai tambah bagi pelanggan di GraPARI Nusantara, Telkomsel menjalin kolaborasi dengan berbagai merchant Food and Beverage di Kantin Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) IKN.

Melalui kerjasama ini, pelanggan dapat menukarkan 10 Telkomsel Poin dengan kupon diskon senilai Rp 5.000 yang dapat digunakan di merchant tersebut.

Penawaran ini berlaku hingga 30 September 2024. Selain itu, pelanggan juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan berbagai produk menarik lainnya seperti tumbler, kaos, topi, tas belanja, payung, dan berbagai merchandise eksklusif lainnya.

Selain GraPARI Nusantara yang terletak di IKN, GraPARI Telkomsel juga telah menjangkau berbagai titik pusat layanan di kota-kota penyangga di Kalimantan seperti GraPARI Balaikarangan, GraPARI Balikpapan A Yani, GraPARI Banjarbaru HM Noor, GraPARI Banjarmasin, GraPARI Bengkayang, GraPARI Bontang, GraPARI Kapuas, GraPARI Ketapang dan GraPARI Lambung Mangkurat.

Selain itu juga ada GraPARI Mall Balikpapan Baru, GraPARI Mempawah, GraPARI Muara Teweh, GraPARI Nanga Pinoh, GraPARI Ngabang, GraPARI Nunukan Pahlawan, GraPARI Palangkaraya, GraPARI Pelaihari Angsau, GraPARI Penajam Propinsi, GraPARI Pontianak dan GraPARI Samarinda.

Tidak ketinggalan ada GraPARI Samarinda Awang Long, GraPARI Sangatta Yos Sudarso, GraPARI Sanggau, GraPARI Tarakan, GraPARI Teuku Umar Pontianak, dan beberapa GraPARI lainnya yang siap melayani berbagai kebutuhan pelanggan dengan layanan yang berkualitas dan personal. (Icha)

GoPay Later dari GoTo Kini Tersedia di ShopTokopedia

0

Telko.id – GoTo, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (IDX: GOTO, “GoTo” atau “Perseroan”), hari ini mengumumkan GoT

Hal ini merupakan kelanjutan dari kerja sama antara GoTo dan TikTok yang bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, termasuk menyediakan akses ke layanan keuangan.

“Kami senang dapat memperluas kerjasama strategis dengan TikTok melalui peluncuran GoPay Later di ShopTokopedia yang tersedia di aplikasi TikTok,” kata Hans Patuwo, Direktur Grup GoTo.

Menurut Hans, GoPay Later melengkapi ketersediaan GoPay sebagai metode pembayaran yang aman dan mudah di ShopTokopedia, memberikan pengguna berbagai layanan keuangan di platform ShopTokopedia dan di saat yang sama, mendorong pertumbuhan bisnis GoTo dan TikTok.

Baca juga : Dalam Setahun, GOTO Mampu Pulihkan Kinerja EBITDA

GoPay Later merupakan layanan dari GoTo Financial, unit bisnis Financial Technology dari GoTo. Melalui GoTo Financial, GoTo berupaya membuka akses finansial ke setiap lapisan masyarakat, termasuk bagi mereka yang belum memiliki akses ke layanan keuangan yang aman dan bertanggung jawab.

Saat ini, lebih dari 97 juta orang dewasa di Indonesia belum memiliki akses ke layanan keuangan yang aman dan bertanggung jawab.

 “Dalam memberikan layanan keuangan, GoTo Financial selalu mengedepankan prinsip kehati-hatian dan praktik bertanggungjawab, seperti melakukan komunikasi yang transparan dengan konsumen, memberikan pinjaman sesuai kemampuan meminjam pengguna, dan membekali pengguna dengan edukasi finansial,” tambah Hans.

“Kami bangga bekerja sama dengan GoTo sebagai mitra strategis dalam memperluas penawaran kami kepada pengguna di Indonesia, sehingga memberikan kontribusi yang lebih luas terhadap ekonomi digital nasional,” ujar Melissa Siska Juminto, Direktur Utama Tokopedia dan TikTok Ecommerce.

Menurutnya, GoPay Later di ShopTokopedia akan membantunya menyediakan lebih banyak opsi pembayaran fleksibel kepada pedagang dan usaha kecil, memungkinkan mereka menawarkan pengalaman belanja yang lebih mulus kepada pelanggan mereka.

GoPay Later sebagai metode pembayaran cicilan di ShopTokopedia di aplikasi TikTok memberikan beragam manfaat bagi pengguna, antara lain:

  • Proses kredit yang simpel, di mana pengguna yang sudah menggunakan GoPay Later hanya perlu menyelesaikan proses verifikasi data melalui verifikasi wajah 


Limit hingga Rp10 juta, ditentukan berdasarkan penilaian risiko Data dari Bank Indonesia, 2021

Pilihan tenor fleksibel mulai dari 1, 3, 6 hingga 12 bulan 


  • Tanpa minimum transaksi

Pada kuartal pertama 2024, bisnis pinjaman konsumen GoTo Financial memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan topline GoTo.

Jumlah pinjaman yang diberikan (outstanding loan) GoTo, termasuk produk BNPL dan pinjaman tunai, meningkat sebesar 43% dari kuartal sebelumnya dan naik tiga kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya menjadi Rp2,7 triliun. Di saat yang sama, tingkat rasio kredit macet (non performing loan/NPL) tetap terjaga. (Icha)

Vidi Aldiano Sampai Pevita, Tergoda Gunakan Pakai Galaxy Z Flip6

0

Telko.id – Vidi Aldiano, Pevita Pearce, dan Anya Geraldine, tergoda gunakan Galaxy Z Flip6. Alasannya karena merasa kini memiliki banyak lifehack baru untuk bisa juggling menjalani kesibukan hariannya sekaligus melakukan hobi ataupun aktivitas lain yang lebih seamless dengan memanfaatkan AI.  

“Bukan hanya membawa desain yang revolusioner, kami juga membawa berbagai pembaruan yang lebih sempurna. Membuat lini device terbaru kami ini bisa sesuai dengan gaya hidup produktivitas tinggi dan kreativitas tanpa batas,” kata Lo Khing Seng, Head of MX Business Samsung Electronics Indonesia.

Bagaimana dengan Galaxy Z Flip6 yang ikonis? Sekarang kamera Galaxy Z Flip6 di upgrade 4 kali lebih besar dibanding pendahulunya menjadi 50 MP. Dilengkapi fitur Auto Zoom with Flex Cam yang otomatis akan menyesuaikan zoom pada kamera. So, everyone captured perfectly in every precious moment.

“Dan untuk mereka yang suka bikin konten dan langsung share kapanpun, sekarang juga sudah bisa take photo atau record video dengan Nightography Mode langsung dari Instagram. Team Galaxy telah menggunakan Galaxy Z Fold6 | Z Flip6 sebagai smartphone andalan mereka,” ujar Lo Khing Seng menambahkan.

Baca juga : Samsung Luncurkan Galaxy Z Flip6 Eksklusif Edisi Olimpiade Paris 2024

Kehebatan kamera Galaxy Z Flip6 semakin ditingkatkan sehingga mampu mengambil berbagai foto, apapun kondisinya

Mulai dari Fitur Interpreter yang semakin seamless hingga kehadiran ekosistem baru yang bikin pengalaman AI jadi semakin canggih bikin mereka terpukau. Ini beberapa cerita dari para Team Galaxy!

Explore Pengalaman Tanpa Hambatan Bahasa

Sebagai seorang public figure, Vidi Aldiano seringkali dituntut untuk bisa bekerja secara mobile ke luar negeri untuk berbagai aktivitas dan kegiatan.

Biasanya, untuk menghilangkan penat saat bekerja itu, dirinya suka mengexplore berbagai aktivitas atau pengalaman baru yang unik di negara-negara tersebut.

Misal, saat dirinya pergi ke Prancis dia pasti ingin mengulik lebih jauh tentang fashion ataupun rumah mode di negara yang dikenal sebagai pusat fashion dunia itu.

Tapi sayangnya, Vidi tidak begitu fasih berbahasa Prancis sehingga akan sulit untuk berkomunikasi dengan orang asing. Makanya sekarang ini Vidi sangat menyukai fitur Dual Screen Mode – Interpreter yang ada di device Galaxy Z Flip6 miliknya.

Dengan fitur ini, dia bisa dengan mudah menerjemahkan ataupun bercakap-cakap dengan warga asing di luar negeri. Cukup dengan berbicara dengan posisi Flex Mode di smartphonenya, maka AI akan secara otomatis menerjemahkan percakapan.

Hasil obrolan juga sangat seamless bisa dipahami karena lawan bicara bisa melihat setiap terjemahan itu dari Cover Screen.

Dengan begitu, Vidi jadi bisa refreshing di tengah pekerjaannya di luar negeri sambil mendalami hobi dan kesukaannya. Kemampuan tersebut benar-benar memberikan pengalaman baru yang mengesankan buat dirinya dalam memanfaatkan foldable smartphone, sehingga dirinya merasa tak menyesal berpindah menggunakan device yang punya form factor unik.

“Keren banget sih foldable smartphone ini, fitur Interpreter jadi bikin aku dan lawan bicara bisa langsung lihat hasil terjemahan di kedua layar smartphone Galaxy Z Flip6. Jadi aku bisa lebih fokus ketika berbincang dan hasil interpreternya juga lebih akurat,” kata Vidi.

Vidi Aldiano kini memutuskan untuk menggunakan Galaxy Z Flip6 sebagai daily drivernya

Buat Anya, bukan hanya fitur Interpreter yang menarik. Saat traveling, dirinya juga bergantung pada Galaxy Z Flip6 yang bisa membuat dirinya bebas mengambil konten dengan sangat praktis.

Dilengkapi fitur Auto Zoom with Flex Cam membuat dirinya bisa mengambil berbagai foto dari banyak angle tanpa ribet harus minta tolong kepada orang lain. Belum lagi, device ini memiliki resolusi kamera yang meningkat hingga 4 kali lipat dibanding pendahulunya.

“Seru banget pakai Flex Cam yang sudah ada Auto Zoomnya, jadi sekarang mau bikin konten angle apapun nggak ribet minta tolong orang lain. Selain Flex Cam, hasil fotonya sudah bagus banget karena resolusinya 50 megapiksel dan kita bisa edit langsung kontennya pakai Generative Edit,” kata Anya.

Anya suka banget selfie pakai Galaxy Z Flip6 karena sekarang memiliki kamera utama 50MP

Track Aktivitas Pakai Galaxy Ecosystem

Sama seperti Vidi, Pevita juga punya impresi tersendiri terhadap peluncuran berbagai device baru dari Samsung tahun ini. Apalagi, Pevita mendapat kesempatan untuk mencoba langsung berbagai lini device itu dalam acara Galaxy Unpacked 2024 di Paris beberapa waktu lalu.

Salah satu yang benar-benar memikat perhatiannya ialah kemampuan baru Galaxy Ecosystem yang memanfaatkan AI dengan sangat maksimal.


Pevita terpukau dengan kemampuan Galaxy Ecosystem terbaru yang mempermudah kesehariannya

Memadukan Galaxy Z Flip6 miliknya dengan Galaxy Watch7, Pevita bisa melakukan analisis secara mendalam terhadap aktivitas hariannya dengan lebih sempurna. Salah satu fitur baru yang kini jadi teman terbaik di perjalanan hidup sehat Pevita ialah Energy Score.

Dia pun bisa melakukan monitoring tersebut dengan lebih mudah aplikasi Samsung Health yang sudah langsung terkoneksi di Galaxy Z Flip6 miliknya. Hal-hal ini benar-benar memberikan pengalaman baru Pevita dalam nge-track setiap aktivitas hariannya.

Dengan fitur Energy Score, Pevita merasa bisa dengan mudah untuk memahami kondisi tubuhnya dan memutuskan aktivitas apa yang akan dilakukan.

Fitur ini melakukan analisis matriks kesehatan secara komprehensif mulai dari rata-rata waktu tidur, konsistensi waktu tidur, aktivitas hari sebelumnya, detak jantung, hingga variabilitas detak jantung. Semua data tersebut dikompilasi dan digabungkan menjadi angka penilaian sehingga kita bisa memahami kondisi tubuh.

“Aku ke Paris kemarin juga buat nonton perlombaan lari sama teman aku. Sekarang aku lagi senang banget lari, jadi bela-belain sampai datang ke sana. Setelah lari, biasanya aku tuh bisa lihat rute lari ku di Galaxy Watch7,” kata Pevita. 

Menariknya, penurut Pevita, bukan cuma itu, watch ini juga punya Samsung Health & Energy Score. Fitur ini benar-benar membantu aku buat tahu daily activities lewat gabungan dari analisis matriks kesehatannya. Jadi buat kita bisa lebih aware dan paham sama kondisi tubuh kita.

Pengalaman olahraga Pevita jadi semakin menyenangkan karena dia bisa fokus ketika berolahraga tanpa harus kerepotan membalas pesan-pesan yang masuk. Ini berkat kemampuan baru di Galaxy Ecosystem yang memiliki fitur Suggested Replies.

Saat berolahraga, dia bisa membalas pesan yang masuk ke handphonenya dengan cepat karena Galaxy AI akan memberikan rekomendasi jawaban sesuai dari percakapan yang telah dilakukan.

Suggested Replies menjadi fitur yang sering digunakan Pevita dalam perjalanan hidup sehatnya

Yuk Join the Flip Side Juga Bareng Pevita & Vidi

Jangan sampai ketinggalan buat punya device unik kayak idola! Yuk trade-in smartphone-mu dengan Pre Order Galaxy Z Flip6 yang masih berlangsung hingga 30 Juli 2024.

Galaxy Z Flip6 tersedia dalam varian 12GB/256GB dengan harga Rp17.499.000 dan 12GB/512GB dengan harga Rp19.499.000.  Sementara, Galaxy Z Fold6 tersedia dalam varian 12GB/256GB dengan harga Rp26.499.000, 12GB/512GB dengan harga Rp28.499.000, dan 12GB/1TB dengan harga Rp31.999.000.

Pengalaman Galaxy AI akan terasa sempurna jika kamu memiliki Galaxy Watch7 Series dengan harga mulai dari Rp4.499.000, dan Galaxy Buds3 dengan harga Rp2.299.000 serta Galaxy Buds3 Pro seharga Rp3.299.000. (Icha)

Indibiz dan Moka POS, Siap Bantu Digitalisasi UKM di Jabodetabek

0

Telko.id – Kerja sama antar penyedia sistem kasir digital Moka POS dari GoTo Financial dengan penyedia ekosistem solusi bisnis digital Indibiz dari Telkom Indonesia, memberi nilai tambah besar bagi pelaku usaha di Indonesia khususnya untuk UKM di wilayah Jabodetabek.

“Kerja sama ini akan kami jalankan secara bertahap hingga seluruh wilayah Indonesia. Untuk saat ini, baru bisa dinikmati oleh UKM di wilayah Jabodetabek. Selanjutnya akan kami perluas jangkauannya ke Jawa-Bali dan nationwide,” jelas VP Enterprise Business Orchestration Telkom, Tanto Suratno.

Indibiz terus menjalin sinergi dengan berbagai startup dan developer untuk membantu akselerasi digital bisnis UKM di berbagai daerah di Indonesia. Kerjasama dengan Moka menjadi bagian dari langkah nyata Indibiz untuk mengakselerasi digitalisasi bisnis UKM agar semakin berdaya saing.

Sebagai informasi, kerjasama Indibiz dengan Moka POS ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai sektor bisnis UKM. Mulai dari F&B, pertokoan, perhotelan, hingga layanan kesehatan. Fitur yang dihadirkan juga mendatangkan keuntungan bagi UKM.

Baca juga : Indibiz Ekspedisi, Buat PT Tanto Intim Line Optimis Kepercayaan Pelanggan Meningkat

Mulai dari proses manajemen pesanan yang lebih mudah, mengelola laporan penjualan harian, stok barang & perhitungan pajak, membantu operasional bisnis dengan menggunakan dashboard, manajemen cabang, CRM, dan survey pelanggan, serta mampu mengatur promo berupa diskon, bundle, dan loyalty program dalam satu platform.

Dengan kerja sama antara Indibiz x Moka POS, pemilik usaha akan memiliki sistem point of sale (POS) yang terintegrasi dan multi fungsi. POS sendiri bisa diartikan sebagai sistem kasir yang menerapkan sistem komputisasi awan, atau biasa disebut cloud, yang membuat semua proses transaksi dan bisnis yang terjadi terekam secara akurat dan real time.

OVP Enterprise Regional Management Telkom, Reni Yustiani menambahkan bahwa kerja sama ini disambut sangat baik oleh pelaku UKM di daerah, khususnya di wilayah Jabodetabek. Hal ini menjadi bukti bahwa posisi Indibiz semakin kuat sebagai ekosistem solusi digital di pasar business to business (B2B) Telkom di daerah di Indonesia.

“Kami sangat menyambut baik kerja sama ini. Harapan kami, pemilik bisnis di berbagai sektor di Indonesia dapat memanfaatkan peluang ini untuk mengakselerasi digital bisnis mereka,” lanjut Reni.

Tercatat hingga berita ini ditayangkan, sudah ada ratusan UKM di Jabodetabek yang berlangganan dengan special benefit dari Indibiz dan Moka.

Untuk proses berlangganan, pelaku UKM bisa langsung mendaftarkan diri di myIndibiz.co.id. Untuk keamanan data, pastikan verifikasi e-mail dan rahasiakan OTP saat mendaftar. Kemudian klik tombol “Hubungi Sales” lalu isi formulir yang disajikan untuk mendapatkan informasi produk dan bantuan lebih lanjut dari Indibiz. (Icha)

Lenovo dan Minecraft Kolaborasi, Hadirkan Merchandise Eksklusif

0

Telko.id – Telko.id – Dalam rangka perayaan ulang tahun Minecraft yang ke 15, Lenovo berkolaborasi dengan Minecraft menghadirkan penawaran menarik untuk setiap pembelian seri laptop gaming terbaru Legion dan LOQ yang ditenagai oleh prosesor Intel.

Sebagai bagian dari promosi, pelanggan yang membeli laptop Legion akan mendapatkan merchandise pack Minecraft edisi 15th anniversary yang terdiri dari kaos, mousepad, string bag hingga stiker Legion dan minecraft.

Sementara itu, bagi pelanggan dengan pembelian laptop LOQ, akan mendapatkan laptop skin dengan ilustrasi spesial minecraft. Penawaran spesial ini berlaku mulai dari 15 Juli hingga 30 September 2024.

“Kolaborasi bersama Minecraft kali ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap komunitas maupun penggemar game minecraft dalam rangka perayaan anniversary yang ke 15,” kata Santi Nainggolan, Consumer Segment Lead Lenovo Indonesia.

Baca juga : Lenovo LOQ 15IAX9I, Pas buat Gamer Pemula Menuju Arena Pro

Hal tersebut menurut Santi juga sejalan dengan komitmen Lenovountuk selalu mendengarkan umpan balik dari masyarakat Indonesia, kolaborasi ini diharapkan dapat membangun antusiasme yang tinggi terhadap kehadiran seri laptop gaming terbaru nya.

“Rangkaian laptop ini memiliki spesifikasi inovatif dan mumpuni yang cocok untuk keperluan para gamer dan penggemar minecraft,” kata Santi menambahkan.

Generasi terbaru seri laptop gaming Lenovo dari Legion 5i, Legion 7i, Legion Pro 5i hingga Legion Pro 7i yang ditenagai prosesor Intel tahun ini sudah diintegrasikan dengan solusi sistem pendinginan terbaru Legion bernama “Coldfront Hyper” dengan desain termal hyperchamber yang memastikan pertukaran suhu udara pada laptop gaming menjadi lebih baik.

Hal ini diperlukan pengguna terutama pro gamer ketika memainkan game AAA untuk tetap menjaga kinerja tetap tinggi dan stabil.

Penutup di bagian bodi laptop bawah juga berfungsi untuk memastikan udara panas dengan udara dingin tetap terpisah karena adanya kipas ganda. Dengan begini, perangkat keras akan memiliki suhu yang lebih dingin dan dapat mengoptimalkan frame rate ketika gameplay dijalankan sehingga lebih mulus.

Sistem pendinginan terintegrasi tidak hanya terdapat di seri Legion saja, melainkan juga hadir pada seri laptop gaming entry level Lenovo yaitu LOQ.

Adanya evolusi pendinginan tingkat atas tadi, membantu pengguna dapat menggunakan LOQ dalam jangka waktu yang panjang dan meminimalisir suara kebisingan yang disebabkan dari kipas dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Laptop LOQ ini menjadi pilihan bagi pengguna yang menginginkan laptop gaming dengan performa kencang untuk memaksimalkan segala aktivitasnya baik gamer pemula hingga para pelajar.

Selain itu, seri laptop gaming Lenovo juga dilengkapi dengan Lenovo AI Engine+ dengan LA1 AI Chip yang memungkinkan kinerja Legion dan LOQ lebih optimal. LA1 AI Chip ini mampu menerapkan algoritma pembelajaran mesin perangkat lunak yang berguna untuk menyesuaikan performa sistem secara maksimal.

Kemampuan AI ini dapat diaktifkan melalui Lenovo Vantage untuk membantu memantau FPS dalam game dan secara dinamis meningkatkan efisiensi daya, kurva kipas, dan pengaturan lainnya untuk mempertahankan kinerja tertinggi.

Dalam mementingkan segi keamanan dan kenyamanan pengguna, Lenovo juga menyediakan layanan after sales terbaik untuk semua seri laptopnya dengan Lenovo Premium Care yang secara cepat menerima dukungan dari teknisi ahli untuk berbagai macam keluhan pada perangkat Lenovo selama 24/7 dari berbagai platform.

Selain itu, Legion dan LOQ juga dilengkapi Accidental Damage Protection (ADP) yang dapat menanggung kerusakan tidak disengaja oleh pengguna dan dapat diklaim lebih dari 1 kali. Garansi yang ditanggung oleh ADP meliputi kejadian tidak terduga sehari-hari seperti tumpahan cairan, benturan, lonjakan listrik, dan layar retak.

Pelanggan yang melakukan pembelian Legion dan LOQ Generasi ke 9 di periode 15 Juli hingga 30 September 2024 dengan harga mulai dari Rp 11,999,000, dapat menerima merchandise pack Minecraft edisi 15th anniversary secara gratis.

Untuk memenuhi persyaratan, pelanggan harus melengkapi formulir yang tersedia di laman promosi di Lenovo.com. Nama pelanggan, faktur pembelian, nomor seri dan MTM produk dibutuhkan untuk mengisi formulir tersebut. Jika telah berhasil, pelanggan akan menerima respon otomatis dari tim resmi Lenovo.

Promo ini berlaku untuk pembelian secara offline di Lenovo Exclusive Store maupun online di Lenovo Official & Authorized Store Tokopedia, Blibli & Shopee selama persediaan masih ada.

Tidak hanya merchandise pack Minecraft edisi 15th anniversary saja, tetapi pelanggan juga bisa mendapatkan beberapa aksesoris PC secara gratis dari Lenovo. (Icha)

Xiaomi TV A Pro 2025 Series, Dilengkapi Dengan Teknologi IoT

Telko.id – Xiaomi TV A Pro 2025 Series, merupakan lini TV Pro series di 43 inch dan 55 inch terbaru dari Xiaomi untuk memenuhi kebutuhan hibutan konsumen Indonesia. Konsumen pun dapat memilih ukuran sesuai preferensi.

Dengan harga mulai dari Rp3.899.000 di masa penjualan perdana 25-31 Juli 2024, Xiaomi TV A Pro 2025 series siap membawa pengalaman hiburan di rumah lebih seru dengan fitur Google TV yang menawarkan kemudahan akses ke berbagai konten digital, aplikasi, dan layanan streaming, memastikan pengguna selalu mendapatkan hiburan terbaik dan berkualitas.

Seri TV terbaru ini telah mendapat dukungan sistem operasi berbasis Google TV yang memudahkan pengguna untuk menikmati layanan hiburan yang lengkap.

Disertai dengan Google Assistant built-in, Google Play 2 access, Smart home control hub, Chromecast built-inTM Connectivity 3 4 & Miracast supported, Netflix, Prime Video, dan YouTube pra-instal sehingga memberikan akses yang lebih mudah serta koneksi yang lebih luas.

Baca juga : Xiaomi Masuk dalam Daftar ‘TIME100 Most Influential Companies’ 2024

Dihadirkan dengan layar 4K QLED menghasilkan warna yang akurat akan memanjakan pandangan setiap penggunanya. Bezel tipis di Xiaomi TV ini juga memberikan kesan yang lebih premium dan elegan di setiap ruang.

Speaker yang telah mendukung Dolby AudioTM memberikan pengalaman audio yang berkualitas, memastikan suara yang jernih dan mendalam untuk setiap tayangan.

Xiaomi terus berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk berkualitas tinggi yang dapat meningkatkan pengalaman hidup konsumen.

Dengan hadirnya TV Xiaomi ini di Indonesia, Xiaomi berharap dapat memberikan lebih banyak pilihan dan nilai tambah bagi para penggunanya.

Untuk memberikan pengalaman secara menyeluruh bagi konsumennya, series Xiaomi TV ini juga telah mendapat jaminan garansi selama 3 tahun yang meliputi penggantian panel secara gratis selama masa garansi berlaku.

Mulai tanggal 25 Juli sampai dengan 31 Juli 2024, Xiaomi Fans dan masyarakat umum juga bisa melakukan pembelian Xiaomi TV A Pro 2025 series pada seluruh kanal penjualan Xiaomi Indonesia dengan harga promo mulai dari Rp 3.899.000. Khusus untuk periode first sale (25-31 Juli 2024) melalui kanal pembelian online: Mi.com; Xiaomi Official Store di Shopee & Tokopedia. (Icha)

Telin dan BW Digital Kerjasama Bangun Kabel Bawah Laut

0

Telko.id – Anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) dan BW Digital mengumumkan kerja sama untuk mengembangkan dan membangun sistem kabel bawah laut Nongsa-Changi yang menghubungkan Batam dan Singapura.

Nota kesepahaman (MoU) ditandatangani selama Pekan Telekomunikasi Internasional 2024 yang diadakan di Maryland, Washington DC, AS beberapa waktu lalu.

Sistem kabel Nongsa-Changi dirancang untuk memenuhi permintaan konektivitas antara Singapura dan Batam. Inisiatif ini pun menjadi solusi bagi peningkatan lalu lintas data antara dua lokasi utama pengembangan pusat data/data center (DC).

Kolaborasi strategis antara BW Digital dan Telin pun bertujuan untuk memanfaatkan keahlian gabungan kedua perusahaan untuk secara signifikan meningkatkan konektivitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi digital di kawasan tersebut.

Baca juga : Telin dan SingTel Kolaborasi Kembangkan SKKL Singapura dan Batam

Sistem kabel Nongsa-Changi sepanjang 50 km ini akan terdiri dari minimal 24 pasang serat infrastruktur canggih, yang siap melayani permintaan pusat data di kedua lokasi.

Penerapan sistem kabel berkapasitas tinggi ini juga diharapkan dapat menyediakan jalur komunikasi yang kuat dan andal, mendukung kebutuhan data intensif dari layanan digital, konektivitas data center to data center (DC-to-DC), dan aplikasi Artificial Intelligence (AI) dengan kepadatan tinggi.

“BW Digital senang dapat memperluas aliansi strategisnya dengan Telin untuk menghadirkan kabel pertama yang menghubungkan langsung Singapura dan Nongsa Digital Park Batam. Kabel Nongsa-Changi merupakan komponen kunci dari ekosistem digital yang kami bangun di NDP,” ujar Ludovic Hutier, Chief Executive Officer BW Digital.

Dengan pendaratan di depan pintu kampus pusat data, ini akan menyediakan operator DC dengan konektivitas yang sepenuhnya beragam dan aman, dan memungkinkan mereka untuk lebih lanjut mengatasi permintaan limpahan dari Singapura.

Sementara itu, Chief Executive Officer Telin Budi Satria Dharma Purba menambahkan, “Telin bangga dapat melanjutkan kemitraan sukses kami dengan BW Digital, saat kami bekerja bersama untuk mengembangkan industri digital Indonesia di Nongsa Digital Park dan membangun sistem kabel bawah laut Hawaiki Nui 1”.

Menurut Budi Satria, kerja sama tersebut memperluas kolaborasi kami dengan BW Digital untuk menghubungkan Indonesia dan Singapura melalui sistem kabel ICE Leg 2 dan meningkatkan konektivitas DC-to-DC serta memperkuat komitmen Telin untuk menyediakan solusi terdepan bagi pelanggan.

BW Digital dan Telin berencana untuk membangun dan menerapkan sistem kabel bawah laut dengan fokus kuat pada keunggulan teknis dan pertimbangan lingkungan.

Sistem kabel bawah laut baru ini akan menghubungkan pusat data di Batam dan Singapura dan menciptakan koridor transfer data yang mulus dan efisien serta ditargetkan siap beroperasi (RFS) pada kuartal keempat 2025. (Icha)

PB PASI Apresiasi Telkom dalam Penyiapan Event Digiland Run 2024

0

Telko.id – Sebagai puncak dari rangkaian ulang tahun ke-59, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) akan menyelenggarakan Digiland 2024 di Tennis Indoor Senayan dan Plaza Barat Gelora Bung Karno (GBK) pada tanggal 27 dan 28 Juli 2024 mendatang.

Bertema “Elevating Your Future”, Digiland 2024 akan menghadirkan festival musik, konferensi dengan berbagai topik yang inspiratif dan edukatif, serta bazaar UMKM. Pada tahun ini, Digiland juga turut menyelenggarakan Digiland Run 2024 yang memberikan warna yang berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Digiland Run yang akan digelar pada 28 Juli mendatang dengan titik start di Plaza Barat Senayan dan titik finish di Plaza Utara GBK menggandeng Daniel Mananta, Melanie Putria, dan Yura Yunita sebagai brand ambassador. Hingga kini, total 10.000 tiket Digiland Run 2024 yang terdiri dari tiga kategori lomba, yakni 5K, 10K, dan 21K (Half Marathon) juga telah terjual habis.

Selain berlari, peserta Digiland Run 2024 juga diajak untuk berkontribusi dalam pelestarian lingkungan. Dari setiap 5 kilometer jarak yang ditempuh oleh pelari akan dikonversi menjadi 1 pohon, sehingga diharapkan menghasilkan 18.000 pohon yang akan disebar di hutan binaan Telkom.

Baca juga : Sambut HUT ke 59, Telkom Gelar Digiland Run 2024

Program pelestarian lingkungan sebagai bagian dari komitmen Telkom terhadap praktik Environmental, Social, and Governance (ESG) lewat program EXIST (ESG Existence for Sustainability by Telkom Indonesia).

VP Corporate Communication Telkom, Andri Herawan Sasoko mengatakan, “Saat ini progress persiapan untuk Digiland Run yang akan berlangsung pada tanggal 28 Juli sudah hampir mendekati 100%, dan peserta sudah dapat melakukan pengambilan race pack pada tanggal 25 Juli sampai 27 Juli di The Hall Senayan City.”

“Digiland Run 2024 ini juga berbeda dari kompetisi lari yang lain karena dari sisi rute sudah diukur secara langsung oleh Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) sesuai dengan aturan Association of International Marathons and Distance Races (AIMS),” tambah Andri.

Sekjen PB PASI, Tigor Tanjung yang turut hadir pada pengambilan race pack mengapresiasi Telkom karena menyelenggarakan Digiland Run 2024 yang dapat menjadi media yang efektif untuk membuka hubungan yang lebih dekat dengan masyarakat.

“Kami sangat mengapresiasi Telkom dengan adanya event ini karena bisa membuka hubungan yang lebih dekat dengan masyarakat. Lomba seperti ini sangat bermanfaat bagi kami karena menjadi alat bagi kami untuk mengenalkan olahraga atletik lebih luas lagi, terutama lari yang sudah menjadi lifestyle banyak masyarakat, bahkan menjadi kebutuhan bagi masyarakat,” ungkap Tigor.

Lebih lanjut, Didit Santoso selaku Director pada D&D Sport Race Management pada momen yang sama turut menjelaskan terkait dengan fasilitas dan keamanan pada Digiland Run 2024.

“Dari sisi rute, persiapan rute dari start sampai finish sudah kami lakukan dengan semaksimal mungkin. Dari sisi fasilitas, kami sudah menyediakan water station di berbagai titik. Terakhir, dari sisi keamanan kami juga sudah berkolaborasi dengan Dishub, Polantas, dan pihak-pihak terkait lainnya agar event ini dapat terselenggara secara aman, nyaman, dan sesuai dengan apa yang kita harapkan,” tambah Didit.

Dalam kesempatan yang sama, artis Tya Ariestya turut hadir pada pengambilan race pack. Sebagai publik figur, Tya Ariestya juga turut menyampaikan kesan dan pesannya untuk event Digiland Run.

“Bagi teman-teman yang ingin memulai mengikuti kompetisi lari, alangkah baiknya untuk memulai dengan rute yang paling dekat terlebih dahulu. Lari juga tidak hanya tentang mengejar siapa yang cepat, melainkan juga tentang bagaimana kita menjaga stamina agar kita dapat terus berolahraga secara konsisten sampai tua,” tutur Tya.

Tya menambahkan bahwa Ia berharap dengan rute yang berbeda pada Digiland Run dan persiapan yang matang, acara Digiland Run dapat berlangsung dengan lancar dan bisa menjadi contoh bagi acara-acara lari lainnya.

Selain Digiland Run, perayaan Digiland 2024 turut dimeriahkan dengan berbagai acara, seperti tahun-tahun sebelumnya, yang terdiri dari Digiland Conference, Music Festival, Digital Land, Sustainability Land, serta Pasar Rakyat dan UMKM.

Digiland Conference yang akan dilaksanakan di Tennis Indoor Senayan pada tanggal 27 Juli 2024 kembali menghadirkan sesi Talkshow dengan tema utama “Rising Above The Uncertainties” yang terdiri dari enam sesi, yaitu Elevating Your Future, Elevating Your Enterprise, Elevating Your Business, dan Elevating Your Passion.

Semuanya diisi oleh berbagai narasumber yang inspiratif untuk mengelevasi masa depan Indonesia, diantaranya Chelsea Islan, Cinta Laura, Denny Sumargo, Angga Sasongko, Mira Lesmana, dan narasumber inspiratif lainnya. Konferensi ini juga turut menghadirkan sesi Podcast dengan narasumber utama, Podcast Agak Laen.

Pada Music Festival, pengunjung akan dihibur dengan penampilan Sal Priadi, Yura Yunita, Marion Jola, Nassar, David Bayu, The Changcuters, dan Saykoji serta Dewa 19. Guna melengkapi kemeriahan, Digiland 2024 juga menghadirkan 50 tenant Pasar Rakyat dan UMKM binaan Telkom sebagai upaya mendukung peningkatan ekonomi Indonesia.

Tiket untuk mengikuti keseruan pada acara Digiland Conference dan Festival Music untuk 2 hari, yaitu pada tanggal 27 Juli-28 Juli masih dapat diakses di https://digiland.telkom.co.id/ dengan harga Rp 159.000. (Icha)

Laba Bersih Amar Bank Naik 15% di Semester I 2024, Berkat Digitalisasi

0

Telko.id – PT Bank Amar Indonesia Tbk (“Amar Bank”, BEI: AMAR), bank digital yang melayani segmen ritel dan UMKM, mengumumkan kinerja terbarunya pada Semester I 2024.

Tercatat, Amar Bank berhasil meraih laba bersih sebesar Rp 97,79 Miliar pada Juni 2024, tumbuh 15% dibandingkan periode semester yang sama di 2023 (Year-on-Year).

Kinerja ini salah satunya didukung oleh peningkatan pengguna aplikasi aplikasi Amar Bank Digital dan Tunaiku yang dikembangkan perseroan.

Per Juni 2024, Tunaiku meraih 20 juta download, yang diikuti oleh penyaluran pinjaman perseroan. Tercatat, pinjaman Amar Bank pada Juni 2024 juga meningkat 25,3% menjadi Rp2,8 Triliun dibandingkan posisi Juni 2023 (YoY).

Baca juga : Amar Bank, Lewat Tunaiku dan Senyumku Akan ‘Hampiri’ UMKM

Penyaluran pinjaman secara prudent difokuskan pada sektor produktif. Di sisi lain, komposisi Current Account and Saving Account (CASA) meningkat dari 16% pada Juni 2023 menjadi 28% pada Juni 2024.

“Memasuki tengah tahun 2024, Amar Bank terus melaju tingkatkan kinerja positifnya, melalui berbagai produk dan layanan perbankan yang solutif,” kata Vishal Tulsian, Presiden Direktur Amar Bank.

Vishal menambahkan bahwa pencapaian aplikasi Tunaiku dan Amar Bank Digital terbukti berhasil berkontribusi pada kinerja keuangan kami yang menunjukkan keberhasilan strategi dan fokus kami sebagai pionir bank digital sejak 2014.

“Kedepan, berbagai layanan ini terus kami tingkatkan demi jangkau lebih banyak lagi nasabah khususnya UMKM sebagai fokus kami di 2024,” ujar Vishal menambahkan.

Tercatat, Amar Bank memiliki dua layanan perbankan inovatif, yakni aplikasi Amar Bank Digital dan Tunaiku. Aplikasi Amar Bank Digital adalah platform mobile-only intelligent bank berbasis cloud pertama di Indonesia yang mengadopsi teknologi artificial intelligence (AI) yang dipersonalisasi.

Sedangkan Tunaiku adalah produk teknologi finansial yang menawarkan pinjaman tanpa agunan dengan proses mudah dan cepat. Produk ini ditujukan untuk masyarakat underbanked dan unbanked, dengan pinjaman mulai dari Rp2 juta – Rp30 juta dengan tenor panjang 6-30 bulan serta suku bunga kompetitif. Tercatat, sebesar Rp12,6 Triliun telah disalurkan Tunaiku sejak hadir pertama kali 10 tahun lalu di 2014.

Capaian berbagai produk tersebut juga mendorong pendapatan operasional perseroan di Juni 2024 yakni sebesar Rp 758,6 Miliar atau meningkat 34,32% dibandingkan dengan Juni 2023.

Rasio Net Interest Margin (NIM) juga meningkat dari 17,33% pada Juni 2023 menjadi 22,90% di Juni 2024 atau meningkat 32,14%.

“Kinerja Amar Bank yang solid dan efisien mencerminkan kombinasi manajemen risiko yang efektif dan strategi pertumbuhan yang berkelanjutan yang didukung dengan teknologi. Dengan menerapkan teknologi unggul dan terkini, kami dapat memberikan layanan terbaik bagi berbagai segmen nasabah serta monitor kinerja kami secara efisien,” ungkap Vishal.

“Sejalan dengan misi kami untuk inklusi keuangan, kami akan terus memperluas inovasi produk dan kerjasama dengan mitra terpercaya.” jelas Vishal.

“Awal tahun ini, kami fokus dalam meningkatkan CASA melalui aplikasi Amar Bank. Kami juga menjaga keseimbangan antara Dana Pihak Ketiga (DPK) dan juga nasabah aplikasi Amar Bank yang kini terus meningkat,” kata David Wirawan, SVP Finance Amar Bank menjelaskan.

Kedepan, sambil mempertahankan fokus kami pada bisnis retail, kami terus mengembangkan segmen UMKM dan juga embedded banking bersama partner strategis. Hal ini juga sejalan dengan misi pemerintah untuk meningkatkan inklusi keuangan dan DPK dengan memperluas jangkauan bank serta meningkatkan kenyamanan pengguna. (Icha)

Mahasiswa Kembangkan Solusi IoT dan AI Bersama Samsung

Telko.id – Samsung melanjutkan program Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 5 2023/2024 sebagai bekal para peserta dengan keterampilan Coding & Programming, IoT dan AI.

Langkah ini merupakan komitmen Samsung untuk turut berkontribusi mencetak talenta digital di Indonesia dan betapa semakin pentingnya keterampilan AI.

Apalagi dalam sebuah survei Work Trend Index 2023, mendapati bahwa teknologi AI banyak membantu karyawan di Indonesia dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Sebanyak 75% karyawan mengatakan akan mendelegasikan sebanyak mungkin pekerjaannya kepada AI untuk meringankan pekerjaan.

Baca juga : Samsung Solve for Tomorrow Gelar Pelatihan Design Thinking, Ubah Ide Jadi Solusi

Pentingnya teknologi AI ini tidak hanya dirasakan oleh Entry Level management, tetapi juga di Mid-Level Management.

Para manajer dan pemimpin perusahaan setuju bahwa teknologi AI hadir bukan untuk menggantikan manusia, tetapi justru untuk membantu meningkatkan produktivitas dan inovasi mereka.

Ada sebanyak 126 tim (504 peserta) dari 1.000 peserta yang telah melalui babak seleksi akan melanjutkan ke babak ketiga program ini yaitu AI Product Development Bootcamp. Para peserta ini terdiri dari dua kategori yaitu kategori tingkat menengah atas (SMA, SMK, MA) dan kategori mahasiswa (D3, D4 & S1), dimana proses pembelajarannya akan berlangsung hingga 27 Juli 2024.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada babak ketiga ini, SIC memberikan program tambahan, yaitu Career Development Program mengenai edukasi keterampilan tambahan untuk persiapan kerja mengenai proses perekrutan, sesi wawancara, tes teknis, teknik presentasi dan lainnya, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri para peserta saat masuk ke dunia kerja.

Selain itu, Samsung juga mengadakan Digital Portofolio sebagai inisiatif baru yang merupakan galeri virtual untuk menampilkan proyek-proyek dari para lulusan program SIC dan terbuka bagi pihak industri yang membutuhkan talenta digital.

Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia mengatakan inisiatif yang dilakukan Samsung dalam mengemas keseluruhan program SIC tahun ini didasari oleh tren teknologi, khususnya AI yang terus berkembang.

Ke depannya, adopsi AI akan terus mengalami peningkatan, tidak hanya di tingkat industri, namun juga sampai ke tingkat kehidupan sehari-hari.

“Pemanfaatan AI dalam IoT product development, akan membantu para peserta untuk dapat menciptakan program/aplikasi/produk yang inovatif, dimana berbagai perangkat yang terhubung dengan internet dapat menganalisa data dan membuat keputusan-keputusan, serta bertindak berdasarkan data, tanpa campur tangan manusia,” ujar Ennita.

Melalui bootcamp ini, para peserta SIC akan mendapatkan pelatihan untuk mengembangan prototype dari proyek IoT mereka dengan berbasis AI terkini.

“Kami harapkan para peserta dapat meningkatkan keterampilan teknologinya dalam menghadirkan solusi cerdas yang dibutuhkan dalam memecahkan berbagai masalah sehari-hari di sekitar kita,” kata Ennita menjelaskan.

Dalam stage ke-3 ini, para peserta diberikan pelatihan AI yang diamplifikasi langsung pada proyek-proyek IoT mereka dengan materi AI Amplification (Machine Learning dan Deep Learning) dengan total waktu pembelajaran 140 jam.

Proses pembelajaran berlangsung secara blended-learning, yakni gabungan tatap muka secara online setiap Sabtu selama empat jam dan self-learning melalui fasilitas LMS (Learning Management System).

Sementara pembelajaran self-learning dapat dilakukan oleh semua peserta pada waktu yang mereka tentukan sendiri dengan rekaman pembelajaran tatap muka yang dapat mereka pelajari kapanpun mereka mau.

Diharapkan pembelajaran dengan sistem blended-learning ini akan memberikan pengalaman belajar yang lebih efektif dan fleksibel.

Melalui AI Product Development Bootcamp, para peserta SIC dilatih untuk terlibat langsung merakit prototype ciptaannya berdasarkan kurikulum Hands-on Prototype Samsung, yang juga dibekali dengan hardware berupa IoT kit lengkap yang terdiri dari micro controller ESP32, breadboard, sensor udara, tactile switches, resistor, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu seamlessly integrating AI models with IoT devices.

Metode pelatihan hands-on prototype Samsung ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan teknologi dengan cepat yang dapat membantu lulusan SIC pada dunia kerja.

Pada stage 3 ini, selain pelatihan perakitan prototype ciptaannya, para peserta juga dilatih untuk  melakukan pengujian atas prototype ciptaannya dengan melibatkan masyarakat melalui product sample yang dicoba langsung oleh beberapa masyarakat yang ikut terlibat sejak awal dilakukan wawancara proyek.

Pada akhirnya, semua komponen ini dirancang untuk mendukung proses pembelajaran dan eksperimen dalam bidang IoT dan membantu siswa dalam mengembangkan prototype berbasis AI, yang memungkinkan para peserta untuk mengeksplorasi dan mengimplementasikan solusi inovatif dalam bidang IoT.

Tentunya, hal ini diharapkan dapat mendorong inovasi dan kreativitas peserta dalam memecahkan masalah di dunia nyata.

Para peserta Samsung Innovation Campus ini juga dibimbing oleh para mentor berpengalaman yang merupakan ahlinya dari lintas sektor industri.

“Para mentor di SIC memiliki segudang pengalaman, salah satunya adalah saya yang sudah enam tahun malang melintang dalam bidang teknologi IoT dan AI. Ilmu dan sertifikasi tidaklah cukup, tambahan pengalaman juga merupakan faktor penting dalam keberhasilan,” kata Joshua Phartogi, Lead Mentor of Samsung Innovation Campus Batch 5.

Salah satu contoh dari inovasi yang Joshua ciptakan adalah “Automated Docking for Service Robots” yang memanfaatkan kamera dan AI via QR Code / Marker untuk memperkirakan lokasi charging station terhadap posisi real-time dan actual robot agar dapat masuk ke stasiun pengisian daya secara otomatis ketika baterainya hampir habis.

Joshua  percaya bahwa peran mentor dapat membantu para peserta SIC, mengatasi berbagai masalah dan tantangan yang muncul.

Tujuannya adalah meningkatkan kepercayaan diri para peserta dan membimbing langkah-langkah implementasi pengetahuan serta keterampilan yang telah dipelajari. Bersama,  menciptakan sesuatu yang tidak hanya inovatif, tetapi juga dapat memberikan dampak positif yang besar.

Pada babak ketiga ini, para peserta diwajibkan untuk mengumpulkan tugas-tugas yang diberikan untuk penilaian akhir. Kemudian para mentor akan memilih 80 tim terbaik (40 tim dari masing-masing kategori) untuk melaju ke babak semi-final.

Proses seleksi semi-final ini akan dilakukan pada tanggal 29 – 31 Juli, 2024 dan pengumuman tim/peserta yang masuk ke babak semi-final akan diumumkan pada tanggal 1 Agustus 2024.

Proses penjurian dilanjutkan dengan pemilihan 20 tim (10 tim dari masing-masing kategori) yang akan masuk ke babak final.

Untuk penjurian babak final ini, akan dilakukan oleh Samsung, KEMENDIKBUD, KEMENAG dan mitra industri dari Samsung untuk memilih juara pertama, kedua, dan ketiga serta pemenang kategori People Choice Award untuk masing-masing kategori peserta SMA setara dan universitas. (Icha)