spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 1506

Tahun Depan. Advan Akan Penuhi 20% TKDN

0

Telko.id – Advan, sebagai salah satu pemain di ranah smartphone 4G LTE siap memenuhi aturan pemerintah terkait TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri). Rencananya, tahun 2016 mendatang perusahaan akan memenuhi sekitar 20% Tingkat Kandungan Lokal pada produknya.

Hal ini diutarakan Tjandra Lianto, Marketing Director Advan saat acara peluncuran smartphone 4G teranyar perusahaan hari ini, Senin (14/12). Diakuinya, Advan akan memenuhi TKDN sebanyak 20% pada tahun 2016 dengan cara memfokuskan diri pada R&D dan Pembangunan Pabrik.

“Kami berupaya untuk memenuhi aturan tersebut,” tuturnya.

Sekedar informasi, Advan baru saja meluncurkan perangkat 4G besutannya yang diberi nama i5A dan akan merilis beberapa produk 4G lainnya pada kuartal pertama di tahun depan.

Sejatinya, saat ini Advan telah memiliki pabrik yang ada di Semarang. Namun mereka masih memerlukan partner pendukung untuk membuat produk 4G. Pabrik tersebut juga mampu memproduksi smartphone sebanyak 6000 unit dalam waktu satu hari.

“Kita akan mencari industri komponen pendukung yang ada di Indonesia untuk mendongkrak TKDN,” ucapnya. Sampai saat ini nilai kandungan lokal pada Advan belum menyentuh angka 20% dan akan segera menjadikannya 20% dalam waktu dekat.

Untuk R&D sendiri, Tjandra menyebutkan tengah berkonsentrasi penuh dan melibatkan rekan mereka di Indonesia serta di China.

Mengenai potensi pada industri 4G sendiri, Tjandra mengaku terdapat sebuah potensi yang sangat besar, mengingat sudah tersedianya jaringan 4G LTE di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Advan rencananya akan menggandeng beberapa operator penyelenggara 4G LTE seperti Indosat Ooredoo dan Telkomsel untuk memasarkan produk terbarunya ini. Tak hanya itu, Advan juga mengungkap cita-citanya mereka untuk menjadi market leader di Industri smartphone 4G Indonesia. Hal tersebut tergambar pada kontrak kerjasama dengan FC Barcelona yang diperpanjang dan memakan dana jutaan Euro. [ak/if]

Hadirkan i5A, Advan Tunjukkan Keseriusan Jualan Smartphone 4G

0

Telko.id – Advan akhirnya secara resmi meluncurkan produk smartphone 4G-nya di pasaran Indonesia. Meskipun terkesan terlambat, namun Advan tetap optimis ddengan deretan handset 4G besutannya ini. Mereka yakin smartphone ini akan disambut baik di tanah air.

“Semuanya penuh dengan perhitungan dan masukan dari konsumen, karena produk 4G ini merupakan bagian dari lini produk 4G Advan yang didesain dengan penuh ketelitian,” ucap Marketing Director Advan, Tjandra Lianto dalam peluncuran yang berlangsung di Jakarta, Senin, (14/12).

Mengenai alasan keterlambatan, Tjandra Lianto menjelaskan karena izin resmi dari pemerintah untuk smartphone 4G baru dikekuarkan pada November tahun ini. Ia menambahkan, Advan sendiri sejatinya telah menyediakan perangkat ini sejak 2 tahun lalu.

Tjandra pun mengaku bahwa dengan diluncurkannya produk ini, menjadi bukti keseriusan Advan untuk merambah pasar smartphone 4G.

Produk yang diberi nama Advan i5A ini juga digunakan pertama kali oleh para bintang sepakbola dari FC Barcelona seperti Lionel Messi, Luis Suarez serta Neymar.

Terkait spesifikasi, Advan i5A menggunakan chipset MediaTek Quadcore dengan RAM sebesar 2 GB, yang tentunya akan mempermudah proses berselancar di dunia maya. Apalagi smartphone ini mampu berjalan di jaringan 4G LTE.

Untuk jaringan 4G sendiri, Advan i5A mampu berjalan pada frekuensi 900 MHz dan 1800 Mhz FDD yang menjadi frekuensi pilihan bagi beberapa operator seperti Indosat, XL Axiata, Huchtison 3, dan Telkomsel.

Advan i5A akan dibanderol dengan harga Rp. 1.999.000, namun Tjandra mengungkapkan telah menyediakan smartphone 4G yang dihargai pada kisaran dibawah 1 jutaan.

Sementara untuk kota kecil sendiri yang mana menjadi wilayah penjualan Advan terkuat, Tjandra menyebutkan di wilayah tersebut oara penggunanya sudah sangat melek teknologi dan mereka lebih cenderung ingin duluan menggunakan teknologi 4G. [ak/if]

Rusia Pasang Wi-Fi Gratis di Pemakaman

0

Telko.id – Memasang Wi-Fi di kuburan, mungkin terdengar aneh di telinga sebagian orang. Tak terkecuali kita. Tapi sepertinya tidak demikian bagi pemerintah Rusia. Mereka jelas memang tidak menganggap para almarhum yang ada di sana akan membutuhkannya, tapi para pengunjung yang masih hidup mungkin ya. Itulah sebabnya pejabat Rusia memutuskan untuk menginstal Wi-Fi gratis di tiga pemakaman paling menonjol dan sering dikunjungi di negara itu.

Dilansir dari Digitaltrends, Senin (14/12), tiga pemakaman, yakni Novodevichy, Troyekurovskoye dan Vagankovo dijadwalkan akan mendapatkan akses Wi-Fi pada kuartal pertama tahun depan. Memungkinkan para pengunjung tidak perlu khawatir lagi dengan layanan ponsel yang buruk – mereka akan memiliki Wi-Fi gratis yang dapat dimanfaatkan untuk mengakses Instagram atau semacamnya.

Dicap sebagai “zona kenyamanan psikologis,” hotspot ini akan tersedia di “rest area”, yang tampaknya menjadi permintaan pengunjung pemakaman Rusia. Hal ini menyusul survei yang dilakukan salah satu perusahaan telekomunikasi musim panas lalu.

“Dalam survei yang kami lakukan selama musim panas lalu, responden mengeluh tentang kurangnya internet di pemakaman,” kata Yevgeny Abramov, kepala perusahaan telekomunikasi YS System kepada situs Klerk.ru. “Sementara kami berpikir tentang bagaimana mengimplementasikan proyek ini dengan sensitivitas yang mungkin terbesar dan menghormati mereka yang telah meninggal, jawabannya muncul dengan sendirinya.”

Para pejabat Rusia mencatat bahwa keberadaan banyak ‘penghuni’ kuburan (penulis Anton Chekhov, pemimpin Soviet Nikita Khrushchev, dan mantan Presiden Rusia Boris Yeltsin semua dimakamkan di Novodevichy) dapat mendorong rasa ingin tahu dari wisatawan maupun penduduk setempat.

“Kuburan ini seperti museum udara terbuka,” ungkap Lilya Lvovskaya, juru bicara salah satu pemakamam. “Orang-orang sering datang dan menemukan diri mereka berdiri di depan kuburan dan ingin tahu lebih banyak tentang orang terbaring di sana.”

Tentu, itu mungkin terdengar seperti rasa ingin tahu yang aagak mengerikan, tetapi Anda harus memberikan apa yang mungkin saja diinginkan pengunjung.

Jika pengenalan Wi-Fi ini berujung pada popularitas, para pejabat mengatakan bahwa mereka akan mempertimbangkan untuk memperluas layanan ini ke 133 pemakaman lainnya yang terletak di ibukota Rusia. Pemakaman Novodevichy dan Vagankovo telah menggunakan teknologi, dan menginstal sistem GPS yang dirancang untuk membantu pengunjung menemukan kuburan yang terkenal.

Dimuati Konten Pro Teror, Twitter Kena Denda di Turki

0

Telko.id – China sepertinya tidak menjadi satu-satunya negara yang bersikap tegas pada media sosial. Regulator Komunikasi Turki, buktinya, baru-baru ini telah mengenakan denda yang belum pernah terjadi sebelumnya pada Twitter karena mengizinkan publikasi konten yang dianggap membenarkan teror.

Dilansir dari Phys.org, Senin (14/12), Otoritas Teknologi Informasi dan Komunikasi setempat telah mendenda Twitter sebesar 150.000 lira (USD 50.700). Denda ini adalah yang pertama kalinya ditujukan kepada perusahaan itu.

Keputusan ini diambil setelah Twitter, yang telah diperingati berulang kali tetap gagal untuk menarik konten yang dinilai memuji terorisme dan menargetkan pasukan keamanan dan menghasut kebencian serta kekerasan.

Hingga berita ini diturunkan, tidak ada rincian lebih lanjut tentang sifat dari konten yang menyinggung itu, tetapi para pejabat Turki telah berulang kali menyatakan kejengkelannya atas materi di media sosial itu, yang mendukung Partai Buruh Kurdistan.

Sebagai informasi, Partai Buruh Kurdistan atau PKK merupakan organisasi militan Kurdistan yang didirikan pada tahun 1970-an. PKK yang dipimpin oleh Abdullah Öcalan ini memiliki tujuan untuk mendirikan negara Kurdi yang merdeka dan sosialis di Kurdistan – terdiri dari Turki tenggara, Irak barat laut, Suriah timur laut dan Iran barat laut – dan sejak lama telah dilarang.

Pihak berwenang telah melancarkan tindakan keras berbulan-bulan pada Partai tersebut, yang pengikutnya telah merespon dengan serangan mematikan pada pasukan keamanan Turki. Pihak berwenang juga telah berulang kali memblokir sementara partai itu di Twitter dan media sosial lainnya selama masa krisis.

Presiden Recep Tayyip Erdogan memiliki hubungan yang tidak menentu dengan Twitter. Sebelumnya ia membandingkan media sosial itu dengan “pisau di tangan pembunuh” dan mengatakan “Saya tidak suka membuat tweet, schmeet.”

Tapi pada bulan Februari ia mulai membuat tweet untuk pertama kalinya dari akun pribadinya @RT_Erdogan, yang kini menjadi salah satu platform komunikasi utamanya.

Kecurigaan Erdogan atas media sosial ini dimulai saat protes massa Juni 2013 terhadap pemerintahannya, yang sebagian besar dimobilisasi oleh posting di Twitter dan Facebook.

Pemerintah memblokir Twitter dan YouTube pada Maret 2014 setelah mereka digunakan untuk menyebarkan rekaman audio torrent yang melibatkan perdana menteri dan lingkaran dalamnya dalam skandal dugaan korupsi.

Larangan terhadap media sosial itu kemudian dibatalkan oleh pengadilan berdasarkan konstitusi negara.

Pada bulan April tahun ini, Turki juga memblokir akses ke Twitter, Facebook dan YouTube atas penerbitan gambar dari jaksa Turki yang dibunuh oleh militan sayap kiri.

EE Hadirkan Layanan 4G Darurat di Inggris

0

Telko.id – Operator seluler EE telah dipilih oleh pemerintah Inggris untuk memberikan jaringan seluler khusus untuk layanan darurat bagi 300.000 tenaga emergency di Inggris.

Program Layanan Darurat Komunikasi Mobile (Emergency Service Mobile Communications) adalah inisiatif pemerintah inggris yang mrnggelontorkan dana sekira £1 miliar dengan tujuan membawa 4G ke ranah yang kritis di Inggris, menggantikan sistem TETRA yang ada.

Meskipun ini terlihat seperti kemenangan untuk EE, namun hal tersebut terwujud dari mundurnya O2 dari tender ini pada awal tahun lalu. Hal ini juga sekaligus menegaskan bahwa EE berhasil mengkudeta para pesaing mereka di Industri Telekomunikasi.

Dilansir dari Telecoms, CEO EE Olaf Swantee mengungkapkan, “Kami sangat bangga dapat dipilih untuk memberikan jaringan baru ini dan sangat penting untuk layanan darurat Inggris,” ucapnya.

Ia juga menegaskan, pihaknya telah bekerjasama dengan kru polisi dan ambulan untuk menunjukkan kekuatan 4G dalam membantu menghemat waktu dan menyelamatkan nyawa.

“Kita sekarang akan bekerja tanpa lelah untuk memberikan layanan yang sangat tangguh, jaringan 4G secara nasional untuk melayani semua tim Blue Light dan First Responder di Inggris,” tutupnya.

Transisi bertahap ke jaringan layanan darurat baru ini akan dimulai pada pertengahan 2017 mendatang. EE mengatakan itu akan menambah lebih dari 500 lokasi 4G baru untuk memenuhi kewajibannya dan akan mengaktifkan spektrum 800MHz pada 3.800 lokasi untuk meningkatkan cakupan pedesaan dan dalam ruangan, serta backhaul satelit untuk daerah terpencil.

Sementara untuk infrastruktur, Motorola Solutions memenangkan integrasi sistem dan pemeliharaan dalam kondisi yang sama seperti EE, yakni satu-satunya peserta tender yang tersisa.

“Sebagai perusahaan yang terpercaya dengan menyediakan layanan darurat dan lembaga keselamatan publik dengan teknologi komunikasi kritis inovatif, handal dan aman, kami merasa terhormat telah dipilih untuk kesempatan ini,” kata Manuel Torres dari Motorola Solutions.

Ia menambahkan, mereka berbagi komitmen dan visi ESN’s guna melengkapi lembaga darurat dan pelayanan publik dengan fungsi dan kemampuan jaringan berbasis broadband. [ak/if]

3 Baru Akan Komersialkan 4G di Q1 2016

0

Telko.id – Peresmian 4G secara nasional baru saja dilakukan. Lima operator sudah siap dengan jaringan 4G nya masing-masing. Tinggal operator Tri saja yang masih belum melakukan penjualan komersial dari layanan 4G.

“Kami baru akan komersial pada kuartal 1 2016 mendatang,” ujar M.Danny Buldansyah, Wakil Presiden Direktur Hutchison Tri Indonesia menjelaskan.

kenapa kok terlambat? Menurut Danny, pelanggan data tidak terlalu ‘penting’ 3G atau 4G. Yang penting ketika melakukan akses data, stabil dan kebutuhan mereka terpenuhi. Di jaringan Tri sendiri pelanggan 3G masih mendominasi. Sekitar 65-70% adalah pelanggan data 3G. Untuk penetrasi device 4G di jaringan Tri masih sekitar 4% saja.

Tri sendiri tidak akan langsung secara nasional untuk memberikan layanan 4G nantinya. Akan dipilih 5 kota yang mewakili setiap pulau untuk diberikan layanan 4G ini. Yakni di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Bali. Akan dilihat juga kota-kota mana yang trafik datanya tinggi. Kenapa? Karena yang akan cepat berganti ke 4G adalah pelanggan yang menggunakan akses data tinggi. Sehingga itulah yang akan menjadi taget Tri.

Selain itu, Tri lebih fokus menjadi mobile broadband operator sehingga penambahan pelanggan bukan didasari oleh teknologi. Lebih pada berjualan akses data yang mumpuni.

Saat ini, trafik data di jaringan Tri tercatat 1300 tera byte setiap hari nya. Atau sekitar sepertiga dari trafik data secara nasional. “Artinya, Tri sangat memaksimalkan fasilitas yang ada untuk memberikan pelayanan pada pelanggannya,” ujar Dannya menambahkan. (Icha)

AIPTI Siap Kawal TKDN 30%

0

Telko.id – Aturan TKDN atau Tingkat Kandungan Dalam Negeri untuk smartphone 4G sebentar lagi diberlakukan. Para vendor sudah bersiap untuk menyambut nya. Memang, saat ini masih belum jelas betul seperti apa turunan dari 30% TKDN yang harus dipenuhi para vendor tersebut.

Untuk itu Asosiasi Industri Perangkat Telematika Indonesia – AIPTI siap menjadi jembatan pemerintah ke vendor maupun sebaliknya. Harapannya, aturan TKDN ini dapat terimplemtasi dengan baik dan vendor pun memiliki suara ke pemerintah. Demikian juga sebaliknya. Termasuk di dalamnya adalah cara perhitungan TKDN itu sendiri.

Yang sudah masuk dalam AIPTI itu antara lain Panggung Elektronik yang merakit smartphone milik ZTE. Lalu, Samsung, Polytron, Advan, Oppo, Tridharma Kencana (TKD) yang merakit Lenovo, Sat Nusapersada yang memiliki pabrik di Batam dan Panasonic.

Saat ini, turunan dari TKDN yang sudah disepakati adalah 80% untuk manufaktur dan 20% untuk pengembangan. Manufaktur tersebut antara lain adalah komponen dan hardware. Sedangkan yang masuk dalam pengembangan adalah software.

Pasar smartphone saat ini memang sedang tidak berpihak pada para pemilik merek lokal. Bukan apa-apa, para merek global sudah banyak ‘turun’ bermain di lapangan yang sama karena harga yang ditawarkan sudah berkisar di Rp.1 juta – Rp.2 juta untuk smartphone 4G dengan spek yang cukup tinggi. “Persaingan menjadi cukup berat dengan pemain global bermain di arena yang sama dengan kita merek lokal,” ujar Usun Pringgodigdo, General Manager Polytron Mobile Phone menjelaskan dalam acara peresmian 4G secara nasional. Namun, dengan adanya aturan TKDN ini diharapkan, vendor merek lokal ini juga dapat bersaing dengan merek global.

Polytron sendiri sudah membangun pabrik dengan menanamkan investasi sebesar 100 miliar rupiah. Angka tersebut sudah dipakai dalam tahap I dan II yang di dalamnya termasuk Line produksi, alat untuk injeksi body, alat painting dan lainnya. Untuk tahap III baru akan dijalankan ketika kuantitas dari permintaan bertambah sehingga skala ekonomi nya juga masuk.

Usun juga menambahkan, jika saja EMEI checking sudah diberlakukan maka akan sangat membantu para vendor. Paling tidak untuk smartphone 4G dulu yang jumlahnya belum terlalu banyak. Dengan demikian, smartphone illegal yang masuk juga dapat ditekan lagi sehingga jumlah yang beredar di Indonesia menjadi sedikir. Lalu, ada nya dumping harga harus lebih diperhatikan. Dengan demikian, vendor yang melakukan investasi di Indonesia juga lebih terlindungi. (Icha)

Disaksikan Jokowi, Indonesia Resmi Masuki Era 4G

0

Telko.id – Setelah melalui sekian banyak tahap ujicoba, gelaran 4G di pita 1800 MHz akhirnya secara resmi diluncurkan di tanah air. Lima operator penyelenggara jaringan internet cepat ini, meliputi Smartfren, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Hutchison 3 serta Telkomsel menggelar kegiatan bertajuk Revolusi Digital 4G LTE hari ini, yang sekaligus menandakan resminya layanan 4G di Indonesia.

Dalam acara yang berlangsung di Museum Gadjah, Jakarta ini, Presiden Joko Widodo hadir untuk meresmikan, ditemani oleh Menkominfo Rudiantara, Menteri Perindustrian Saleh Husein, Menteri Polhukam Luhut Pandjaitan, Menteri PMK Puan Maharani, Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama, serta jajaran direksi dari seluruh operator.

Kepada Presiden RI, Joko Widodo, Menkominfo Rudiantara melaporkan bahwa Indonesia telah menyelesaikan persiapan jaringan 4G LTE melalui proses refarming yang dimulai sejak April 2015 lalu. Dimulai dari kawasan Indonesia Timur, kemudian bergerak ke Barat dan berakhir di Jakarta.

Dengan hadirnya 4G LTE ini, diharapkan pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia dapat diakselerasi,” kata Menkominfo, Rudiantara.

Ia menambahkan, bahwa di ASEAN saat ini, Indonesia menempati peringkat keempat untuk urusan ICT, dengan Singapura, Malaysia, dan Thailand berada di atasnya. Harapannya, dalam tiga tahun ke depan, yakni 2019, Indonesia akan bisa sampai ke posisi nomor dua di ASEAN untuk bidang ICT.

“Untuk membentuk ekosistem digital di Indonesia, perlu adanya percepatan pembangunan broadband yang merata di seluruh wilayah Indonesia serta melakukan pemberdayaan UKM menjadi pelaku aktif e-commerce dan memberikan dukungan penuh terhadap para developer muda,” tambah Rudiantara.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Presiden Jokowi juga menyempatkan diri untuk melakukan video conference ke beberapa wilayah di Indonesia, seperti pelaku UMKM di Palembang, blogger di Yogyakarta serta developer (pengembang) lokal di Surabaya. Dalam pesannya, Presiden menulis, “Revolusi Digital Merevolusi Ekonomi Indonesia.” [ak/if]

Ini Akibatnya Jika Sepelekan ‘Kata Sandi’

0

Telko.id – Password atau kata sandi – sebagai kumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan tersebut – tak bisa dipungkiri lagi memiliki penting dalam menjaga kerahasiaan sebuah data atau informasi. Oleh karenanya, tak bisa dipandang sepele. Nah, apa jadinya jika kita menyepelekan kata sandi?

Tes kecerdasaan siber oleh pengguna yang dilakukan oleh Kaspersky Lab menunjukkan bahwa kebanyakan pengguna masih kurang berhati-hati terhadap kata sandi yang mereka gunakan. Hanya 38% diantaranya membuat kata sandi yang kuat untuk setiap akun milik mereka, sementara 1 dari 7 pengguna (14%) hanya memiliki 1 kata sandi yang sama untuk setiap akun mereka. Para pengguna ini berisiko mengalami kebocoran data jikalau mempunyai kata sandi yang sama di beberapa akun secara serentak.

Tingkat risiko ini tidak berbeda jauh bagi para pengguna yang hanya memiliki bebrapa password untuk jumlah akun yang cukup banyak (36%) serta bagi mereka yang menggunakan variasi pola password yang sama (12%).

Menurut survei lainnya yang dilakukan oleh Kaspersky Lab, dimana membuat situasi menjadi cukup rumit, adalah satu dari sepuluh pengguna cenderung memiliki password kurang dari delapan karakter. Sementara itu, 12% lainnya enggan untuk membuat password yang lebih sulit ditebak, sebagai contoh, penggunaan huruf besar, penggabungan angka dengan huruf, tanda baca ataupun trik serupa lainnya.

Parahnya, hasil penelitian ini juga mengungkapkan bahwa para pengguna membahayakan keamanan mereka dengan menempatkan kata sandi di lokasi yang mudah diakses siapa saja atau bahkan di tempat yang tidak aman.

Lebih dari setengah responden (57%) mengaku bahwa kata sandi mereka diletakkan pada secarik kertas, di telepon genggam, pada text file di komputer, atau menyimpannya di browser. Bahkan ketika browser menawarkan layanan penyimpanan login dan password, sepertiga dari para pengguna cenderung menyetujuinya yang tentunya dapat berisiko besar apabila perangkat tersebut beralih tangan kepada penjahat siber serta orang yang memiliki niat buruk.

Sikap ceroboh terhadap password ini dapat dijelaskan oleh para pengguna yang meyakini bahwa tidak ada informasi penting yang sifatnya rahasia tersimpan dalam komputer mereka. Hal inilah yang dipercayai oleh 27% dari total responden, tanpa mengetahui bahwa kata sandi dan login mereka merupakan sasaran favorit bagi para penjahat siber.

Terlebih lagi, sebuah penelitian terbaru Kaspersky Lab menunjukkan bahwa 73% dari pengguna lebih memilih untuk memperlihatkan kata sandi mereka daripada berpergian tanpa menggunakan celana dalam. Hasilnya, sebanyak 25% akun dari para pengguna yang disurvei telah diretas dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

“Sayangnya, tidak banyak orang memahami betul skala ancaman yang muncul dari penggunaan Internet serta tidak cukup serius dalam melindungi data online pribadi mereka, dan meningkatkan risiko kehilangan data secara signifikan,” ungkap David Emm, Principal Security Researcher di Kaspersky Lab dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/12).

Ia menambahkan, sebuah kata sandi kuat dan berbeda-beda bagi setiap akun merupakan elemen mendasar yang penting dalam memproteksi identitas digital. “Anda tentunya dapat memikirkan sebuah algoritma tunggal dalam pembuatan password yang tidak mudah dipecahkan namun mudah diingat. Tentunya juga ada program khusus yang memudahkan pembuatan dan penyimpanan kata sandi,” katanya.

Berurusan dengan password dapat menjadi sangat mudah dengan Kaspersky Password Manager, yang terdapat pada Kaspersky Total Security – Multi Device. Kaspersky Password Manager menciptakan kata sandi yang kuat, menyimpannya secara aman, serta secara otomatis melakukan sinkronisasi dan memasukkan kata sandi pada semua perangkat milik pengguna.

Vodafone Luncurkan Jaringan 4G Tercepat di India

0

Telko.id – Vodafone menepati janjinya untuk menggelar layanan 4G LTE di India pada bulan Desember. Saat itu, perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Inggris ini menyebut Delhi, Mumbai, Kolkata, Karnataka, dan Kerala sebagai lima area pertama di India yang akan dikunjunginya.

Sebagai permulaan, Vodafone India telah mengumumkan peluncuran jaringan 4G generasi berikutnya di pita 1.800 MHz di Kochi, negara bagian Kerala, di pantai barat selatan India. Vodafone mengatakan bahwa Wi-Fi 4G Mobile-nya akan mendukung konektivitas hingga 10 perangkat.

Untuk harga, seperti dilaporkan RTN ASIA, akan berada di kisaran yang cukup tinggi. 20 GB akan dibanderol dengan harga 2.499 rupee atau setara Rp 500 ribu. Sementara paket trial atau percobaan diharga 29 rupee atau sekitar Rp 6000 untuk bundel 20MB.

Namun, Vodafone telah menjanjikan sebuah penawaran khusus untuk merangsang minat pengguna saat pengembangan jaringan dimulai. Ini termasuk upgrade gratis ke 4G bagi pelanggan, tawaran berlangganan film unlimited gratis dengan akses ke 7500 film selama 3 bulan, streaming musik unlimited gratis untuk semua pelanggan 4G RED selama 3 bulan dan penukaran 4G SIM langsung dengan aktivasi instan. Layanan 4G Vodafone di Kochi akan tersedia untuk pelanggan mulai 14 Desember

Vodafone mengklaim bahwa mereka adalah operator telekomunikasi pertama di Kerala yang menawarkan layanan 2G/3G/4G pada teknologi radio konvergennya sendiri. Meskipun, saat ini operator yang bersangkutan masih kalah populer dibanding Idea Cellular, yang memimpin di daerah tersebut. Idea sendiri telah berjanji untuk meluncurkan 4G di lima kota di India dalam 30 hari ke depan.

Sementara operator lain, Reliance Jio, akan meluncurkan layanannya di Kerala pada Januari 2016, dengan tawaran paket 20 GB yang dijual dengan harga 1000 Rupee atau sekitar Rp 400 ribu.

“Keahlian global Vodafone dan pengalaman memberi kita pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan pelanggan 4G,” kata CEO Vodafone India, Sunil Sood seperti dilansir dari Telecoms, Jumat (11/12).

Vodafone melaporkan, pengujian layanan 4G di Mumbai, Delhi, Kolkata dan Bengaluru sudah berhasil digelar dengan sukses. Kerala adalah pasar fokus untuk Vodafone India dan dalam 18 bulan terakhir perusahaan telah menginvestasikan 700 crores (USD 105 juta) untuk perluasan dan modernisasi jaringan di Kerala.

“Kami bangga bahwa Vodafone telah memilih Kochi sebagai kota pertama di India untuk memulai 4G,” kata Kishore Abhijit, Kepala Bisnis Vodafone India untuk Kerala. “Kami akan segera memperluas layanan 4G untuk Trivandrum dan Kozhikode.”