spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 150

Yuk Bisa Yuk, Produktif Lagi Setelah Liburan dengan Galaxy A55 5G

Telko.id – Setelah merayakan hari kemenangan di Hari Raya Idul Fitri, mempererat tali silaturahmi sekaligus menikmati liburan, kini, saatnya kembali ke rutinitas harian. Setelah berlibur selama beberapa hari, produktivitas dan kreativitas harus kembali prima.

Untuk membantu performa produktivitas setelah libur panjang, tentunya kamu membutuhkan perangkat mumpuni, yang memiliki performa mulus dengan fitur-fitur menarik dan mampu mendukung pekerjaan, seperti Galaxy A55 5G. Dengan banyaknya peningkatan yang ditawarkan, Galaxy A55 5G siap untuk menjadi partner setia kamu untuk tetap produktif.

“Produktivitas menjadi kunci utama dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dalam era yang serba cepat. Galaxy A55 5G menawarkan layar luas 6,6 inci, solusi yang memanjakan penggunanya untuk multitasking secara maksimal,” kata Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Tidak hanya itu, prosesor Exynos 1480 yang canggih memungkinkan pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan efisien. Kamu juga dapat mengedit dan menyusun dokumen lebih mudah dari Galaxy A55 5G yang sudah dihubungkan ke laptop, ringkas dan simpel.

Baca juga : 5 Alasan Galaxy A55 5G Cocok Buatmu

Berikut ini adalah beberapa cara memanfaatkanGalaxy A55 5G yang bikin kamu makin produktif dan Awesome Everyday:

Manfaatkan layar luas untuk multitasking

Untuk multitasking dengan smartphone akan terasa nyaman saat tersedia layar luas dan performanya nggak bikin kamu gemas. Galaxy A55 5G memenuhi semua syarat tersebut berkat layar Super AMOLED seluas 6,6 inci yang dapat menampilkan gambar-gambar yang jernih, terang, dan kaya warna.

Dengan layar seluas itu, kamu bisa mengaktifkan fitur Multi Window untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan.

Di satu layar misalnya kamu bisa mengedit beberapa footage yang sudah kamu rekam untuk bikin konten liburanmu, sambil nonton referensinya di TikTok di layar satunya lagi.

Kamu bisa menikmati playlist kesayanganmu sambil memeriksa email dari dosen berisi feedback terhadap tugas mid-semester. Atau kamu bisa browsing ide-ide untuk project selanjutnya sambil melakukan video call dengan anggota kelompok lainnya.  

Edit konten kamu sambil melihat referensinya menggunakan fitur Multi-Window

Dengan refresh rate sampai 120Hz, peralihan dari satu aplikasi ke aplikasi lain akan terlihat smooth. Bahkan layar tetap mudah terlihat, baik siang maupun malam, berkat level brightness 1000 nits dan adanya fitur vision booster untuk meningkatkan visibilitas saat berada di luar ruangan.

Performanya jelas bisa diandalkan, ditopang prosesor Exynos 1480 dan RAM hingga 12GB, bebas lag saat kamu buka beberapa aplikasi. Baterai 5.000mAh dengan fast-charging 25W juga nggak bikin khawatir kehabisan daya saat kamu multitasking, dan Advanced Heat Control yang bikin smartphone tetap adem.

Kolaborasi, bereskan pekerjaan lebih cepat dan efisien

Kolaborasi dengan tim kerja pakai Galaxy A55 5G, jelas bisa. Saat ada ide project baru yang perlu dipertajam dengan tim, kalian bisa menggunakan aplikasi Samsung Notes di Galaxy A55 5G untuk saling memberikan input secara real-time pada satu Note sampai dengan 9 orang, sambil melakukan video call bersama-sama.

Aplikasi Samsung Notes di Galaxy A55 5G memungkinkan kamu membuat catatan, melakukan editing atau penyuntingan secara bersama-sama, dan membaca file PDF.

Berikut cara yang bisa kamu ikuti untuk bisa share Notes kamu dengan rekan yang lain:

  1. Buka Aplikasi Samsung Notes
  2. Pilih opsi Menu pada atas kiri layar
  3. Pilih opsi Shared Notes
  4. Undang rekan kamu untuk berkolaborasi di Notes yang sama

Share notes kamu dengan rekan kamu untuk memudahkan project bersama

Hubungkan smartphone ke laptop

Galaxy A55 5G memungkinkan kamu terhubung dengan laptop dan menikmati pengalaman multi-device agar makin seamless bekerja. Dengan fitur Link to Windows, kamu bisa menghubungkan Galaxy A55 5G ke Windows PC.

 Saat terhubung kamu bisa copy & paste kutipan penting dari jurnal ilmiah atau foto-foto untuk paper, yang sebelumnya kamu browsing saat di luar kampus, ke dalam file yang ada di PC untuk lanjut dikerjakan.

Fitur Link to Windows juga memungkinkan kamu melanjutkan aktivitas browsing Internet di smartphone di PC, jadi sehabis commuting pagi dan membuka laptop, kamu dapat melanjutkan bacaan tanpa terputus.

Kamu juga dapat menjalankan aplikasi yang ada di perangkat smartphone mu di layar PC tanpa menginstal apapun, sampai dengan mentransfer file dari smartphone ke PC atau sebaliknya dengan cara Drag & Drop.

Cara menghubungkannya juga sangat mudah, berikut adalah caranya:

  1. Cari fitur Link to Windows di Galaxy A55 5G kamu
  2. Lalu Sign-in untuk terhubung dengan laptop/PC yang dituju
  3. Sign-in bisa menggunakan email Microsoft atau scan QR yang ada di layar PC kamu
  4. Jika sudah terhubung, maka kamu bisa menggunakan smartphone-mu melalui layar PC
Pilih fitur Link to Windows untuk menghubungkan smartphone kamu ke PC
Tampilan layar PC setelah fitur Link to Windows diaktifkan melalui Galaxy A55 5G

Berbagi dokumen ke siapapun dan perangkat apapun

Tak perlu repot untuk berbagi file atau dokumen penting dengan tim kerja di kantor, saat kalian sedang menggarap sebuah project besar. Gunakan saja fitur Quick Share di Galaxy A55 5G, di mana kalian bisa berbagi file foto, video, dokumen, dan file-file lainnya secara cepat.

Quick Share memang membuat berbagi file menjadi mudah dan cepat, hanya dengan beberapa langkah, tidak hanya dengan perangkat yang dekat tetapi juga antar perangkat yang jauh.

Dengan fitur Quick Share kamu tidak hanya bisa berbagi file dengan sesama perangkat Galaxy, tapi juga berbagi file dengan perangkat Android lainnya. Bahkan, kamu bisa juga berbagi file ke perangkat dengan OS lain dengan memindai QR code atau melalui link.

Dengan opsi Private Share, kamu bisa berbagi informasi atau dokumen yang sensitif dan penting secara aman. Kamu bisa mengatur waktu dan tanggal kadaluarsa pada file sehingga saat waktu itu sudah lewat, file sudah tidak bisa diakses. Kamu juga bisa mencegah penerima file melakukan screenshot, menyimpan atau mengirimkan ulang file tersebut ke orang lain.

Itulah fitur-fitur awesome di Galaxy A55 5G untuk multitasking dan membuat kamu tetap produktif. Smartphone ini sudah tersedia di berbagai channel penjualan online dan offline dengan berbagai desain warna yang menarik seperti Awesome Ice Blue, Awesome Lilac, dan Awesome Navy mulai dari harga Rp. 5.999.000.

Untuk pembelian Galaxy A55 5G sampai tanggal 21 April 2024, kamu bisa menikmati promo menarik senilai total hingga Rp 1.202.000 berupa free storage upgrade, Installment Cashback hingga Rp 500.000, dan kuota Axis sebesar 125GB selama 6 bulan. (Icha)

Telin dan Dialog Axiata, Kolaborasi Demi Keamanan Yang Lebih baik

0

Telko.id – Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master Service Agreement/MSA).

Telin akan secara eksklusif menyediakan Layanan Terkelola untuk trafik SMS A2P (Application to Person) internasional dan trafik terminasi suara internasional untuk Dialog.

Perjanjian ini ditargetkan untuk monetisasi trafik internasional sekaligus memberikan lebih banyak kenyamanan, keamanan yang lebih baik, cakupan global dan kualitas layanan yang konsisten kepada pelanggan Dialog.

Penandatanganan ini juga melambangkan komitmen kedua perusahaan untuk meningkatkan layanan telekomunikasi di seluruh dunia.

Baca juga : Telin Resmikan Telin Operation and Command Center, Ini Targetnya!

Maraknya spam, penipuan, dan pesan SMS yang mengganggu telah menjadi perhatian utama bagi banyak operator di industri telekomunikasi. Dengan pertumbuhan eksponensial komunikasi seluler dan konektivitas digital, penyebaran pesan yang tidak diinginkan menimbulkan tantangan yang signifikan bagi konsumen dan penyedia layanan.

Telin pun akan mengelola layanan suara dan pesan internasional dari sesama anak perusahaan Telkom, yaitu Telkomsel, dan menyediakan konektivitas berkualitas untuk para hyperscalers dan operator untuk terhubung dengan para pelanggan Telkomsel.

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Dialog, yang sangat peduli untuk melindungi pelanggan dan jaringan mereka dari trafik yang tidak diinginkan,” kata CEO Telin, Budi Satria Dharma Purba.

Menurut Budi, Dialog memahami tantangan yang ada di pasar dan telah bersikap sangat bijaksana dalam negosiasi perjanjian ini. Kami berharap MNO (mobile network operator) lain dapat mengikuti langkah mereka sehingga kepercayaan terhadap bisnis A2P dan Voice dapat dipulihkan di seluruh dunia.

Sementara itu, Director/Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC, Supun Weerasinghe menambahkan kemitraan strategis bersama Telin ini juga akan mempertegas komitmen perusahaan untuk melindungi pelanggan.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Telin dalam kemitraan strategis ini, yang mempertegas komitmen kami untuk melindungi pelanggan dan meningkatkan integritas komunikasi internasional,” ungkap Supun.

Ia pun menambahkan bahwa kolaborasi ini tidak hanya menjawab tantangan yang ditimbulkan oleh spam dan penipuan, namun juga menunjukkan dedikasi Dialog untuk memberikan kualitas layanan yang konsisten dan keamanan yang lebih baik kepada pelanggannya.

“Bersama dengan Telin, kami berharap dapat mempelopori pendekatan transformatif untuk melindungi jaringan komunikasi dan membangun kepercayaan di era digital,” tutup Supun. (Icha)

LG Gelar Better Life Festival, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Telko.id – LG gelar Better Life Festival sebagai upaya menginspirasi generasi muda Indonesia untuk memulai gaya hidup berkelanjutan.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan kampanye besar LG di tahun ini bertajuk ‘Better life for all” yang didesain sebagai wujud nyata inisiatif sosial perusahaan untuk berkontribusi dalam terciptanya budaya pangan berkelanjutan dan membangun kesadaran diantara generasi muda.

Terutama terkait food issue, terutama soal tingginya food waste (limbah makanan) dan food insecurity (kerawanan pangan) di Indonesia dan dunia yang menjadi topik utamanya. 

“Better Life Festival merupakan wujud komitmen LG terhadap janji merek kami, Life’s Good. Memperluas inisiatif tanggung jawab sosial untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda,” kata Lee Taejin, President of LG Electronics Indonesia.

Baca juga : Kampanye LG ‘Better life for all’, Ciptakan Budaya Pangan Berkelanjutan

Tidak hanya akan mendapatkan wawasan berharga tentang food waste, pengunjung juga akan mempelajari langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan melalui penggunaan produk elektronik inovatif.

Lebih lanjut dikatakannya, festival ini bakal berlangsung sepanjang dua hari sejak 19 April di Chillax Sudirman Jakarta dimulai pada pukul 12.00 hingga 22.00. Pada setiap harinya, beragam rangkaian acara dan aktivitas dikemas dengan membawa visi LG pada pentingnya sustainable living.

Selain berbagai lokakarya yang terlibat dalam sesi obrolan langsung dengan ahli terkait, pengunjung Better Life Festival juga akan menikmati aktivitas menarik yang disiapkan setiap harinya. 

Termasuk didalamnya, berbagai aktivitas yang melibatkan interaksi langsung dengan produk LG yang memang diciptakan dengan inovasi yang mendukung gaya hidup berkelanjutan.

“Lebih dari sekedar menunjukkan inisiatif yang LG lakukan melalui pengembangan inovasi produk, keterlibatan produk LG dalam festival ini menunjukkan kepada pengguna produk LG terkait berbagai peluang yang dapat dilakukan dalam keseharian untuk menuju gaya hidup berkelanjutan dengan mengoptimalkan fitur produk LG,” ujar Lee Taejin.

Dalam Better Life Festival, pengunjung lebih jauh dibawa untuk mengeksplorasi berbagai langkah untuk dapat memulai gaya hidup berkelanjutan. “Jauh dari membosankan, keseluruhannya dikemas dalam berbagai kegiatan menarik yang bakal membawa pengalaman berkesan sekaligus menginspirasi,” ujar Jay Jang, Marketing and Relations Director of LG Electronics Indonesia.

Diantara berbagai kegiatan ini, ujar Jay Jang lagi, bahkan melibatkan interaksi dengan berbagai produk pilihan LG yang memang memiliki inovasi untuk mendukung gaya hidup berkelanjutan.

Dibagi dalam berbagai zona, saat masuk area festival, pengunjung akan disambut LG Styler. Ditempat ini pengunjung dapat menaruh pakaian, seperti jaket, dalam perangkat LG Styler yang akan menjaga kesegaran pakaian dengan menggunakan teknologi uap air.

Selanjutnya, pada zona mesin cuci LG WashTower, pengunjung dapat mengikuti kuis terkait gaya hidup berkelanjutan, lewat perawatan pakaian yang membuat usia pakainya lebih lama, sekaligus berkreasi membuat tas dari bahan spanduk bekas.

Sementara menuju area dapur, pengunjung akan disambut demo pengolahan makanan menggunakan bahan makanan sisa. Diantaranya pembuatan teh dengan memanfaatkan sisa bongkol apel.

Setelah mengikuti berbagai aktivitas ini, LG pun menyediakan tempat bersantai yang ditemani AeroTower dan AeroFurniture.

“Di area ini, AeroTower LG, pembersih udara, memungkinkan pengunjung menikmati udara bersih dan segar dengan AeroFurniture yang terbuat dari plastik daur ulang perangkat elektronik usang,” kata Jay Jang. 

Yang membuat semakin menarik, partisipasi pada tiap aktivitas ini akan membuat pengunjung berhak atas koin khusus. Koin ini digunakan untuk mendapatkan hadiah yang diambil langsung dari vending machine. Tak sembarang hadiah, keseluruhan ragamnya pun mewakili semangat gaya hidup berkelanjutan.

Lebih lanjut terkait Better Life Festival, pengunjung akan dijamu dengan berbagai aktivitas yang mengeksplorasi upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi food issue di Indonesia, utamanya food waste dan food insecurity.

Diantaranya yaitu pertunjukan memasak bersama Chef Devina Hermawan. Mengingat masakan dibuat dari berbagai bahan makanan, seperti buah atau sayuran, yang sering dianggap kurang menarik sehingga menjadi alasan untuk dibuang, pertunjukan memasak ini didesain untuk menginspirasi upaya pengurangan food waste.

Pengunjung juga berkesempatan terlibat dalam pembicaraan menarik dengan tema seputar food waste yang dipimpin para ahli terkait. Sesi-sesi ini menekankan pentingnya mendorong tindakan kolektif untuk mengatasi food waste di lingkungan dan masyarakat sekitar, serta mendorong perubahan kecil dalam kebiasaan sehari-hari dan inisiatif berskala lebih besar.

Dengan kesadaran topik besar yang dibawanya, lebih lanjut Jay Jang menyatakan, LG pun berkolaborasi dengan berbagai pihak yang memiliki kesamaan visi. Badan Pangan Nasional menjadi mitra LG yang mewakili sosok pemerintah.

Selain itu, FoodCycle Indonesia yang dikenal dengan berbagai aktivitas, diantaranya kegiatan distribusi makanan berlebih bagi komunitas yang membutuhkan, serta Universitas Prasetiya Mulya yang memberi inspirasi peran dunia pendidikan bagi generasi muda juga turut terlibat dalam gerakan ini.

“LG sangat bangga dapat berkolaborasi dengan Bapanas, FoodCycle Indonesia, dan Universitas Prasetiya Mulya. Dengan visi yang sama, masing-masing terlibat aktif mempresentasikan berbagai aktivitas dalam Better Life Festival untuk menginspirasi tiap orang memulai langkah perubahan sederhana untuk gaya hidup berkelanjutan bagi generasi mendatang Indonesia,” ujar Lee Taejin.

Dalam festival ini, dosen dan mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya juga berbagi wawasan terkait pangan yang sekaligus menunjukkan keterlibatan lembaga pendidikan dalam proyek In2Food yang menjadi inisiatif interaktif untuk mempromosikan inovasi kolaboratif dalam pengelolaan food waste.

Pengunjung pun dapat berperan aktif memberikan donasi pangan dengan mengunjungi booth FoodCycle Indonesia. Donasi berupa pangan segar maupun dalam kemasan, yang terkumpul dari perorangan maupun korporasi, akan didistribusikan kepada berbagai komunitas yang membutuhkan di wilayah Jakarta.

Dalam booth ini pula, pengunjung akan mendapat informasi langkah untuk lebih berkontribusi membantu ketahanan pangan masyarakat melalui berbagai program FoodCycle Indonesia.

Masih membawa semangat yang sama, Badan Pangan Nasional (BAPANAS) pun secara aktif mempromosikan Stop Boros Pangan bersama sektor pentahelix melalui Gerakan Selamatkan Pangan sebagai upaya untuk mencegah pemborosan pangan.

“Sinergi dengan sektor swasta memungkinkan kami untuk memperkuat dampak positif menuju masa depan cerah Indonesia Emas 2045 yang lebih berkelanjutan dengan diawali pentingnya kesadaran generasi muda untuk mencegah dan mengurangi food waste,” ujar Nyoto Suwignyo, Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi pada saat menyampaikan keynote speech.

Lebih lanjut, partisipasi Badan Pangan Nasional dalam kolaborasi dengan LG dan FoodCycle Indonesia ini juga diwujudkan melalui partisipasi aktif pada talk show dan mendukung penyaluran donasi pangan menggunakan Food Truck NFA di 3 (tiga) lokasi di wilayah Jabodetabek, seperti yang diungkapkan oleh Nita Yulianis, Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi.

Dengan tema besar yang dikemas dalam berbagai aktivitas yang menginspirasi kesadaran baru terkait gaya hidup berkelanjutan, lebih lanjut Lee Taejin berharap, Better Life Festival dapat menjadi pemicu bagi generasi muda untuk melakukan berbagai langkah sederhana yang berkontribusi dalam gerakan besar bagi hidup yang berkelanjutan.

“Kami mengundang untuk datang dan bersenang-senang sekaligus terinspirasi dan menularkannya pada lebih banyak orang untuk menjadi bagian gerakan bagi kehidupan yang lebih baik,” tutup Lee Taejin. (Icha)

Apresiasi Buat Fans, Xiaomi Luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G Edisi Khusus

Telko.id – Xiaomi sadar bahwa merek ini besar dikarenakan oleh fanatik nya para fansnya, itu sebabnya sebagai wujud terima kasih nya, brand ini pun meluncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G Edisi Xiaomi Fan Festival.

Xiaomi Fan Festival (XFF), merupakan acara tahunan perayaan antara Xiaomi dan para penggemarnya yang diperingati setiap tanggal 6 April untuk mengekspresikan apresiasi bagi para penggemar Xiaomi. Kini, XFF telah menjangkau lebih dari 40 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Xiaomi Fans di Indonesia sudah mencapai 2,5 juta member dengan 100 ribu daily user. Bahkan secara global berada di posisi ketiga.

“Antusiasme Xiaomi Fans dan masyarakat Indonesia terhadap Redmi Note 13 Series yang diluncurkan pada Februari lalu membuat kami begitu bersemangat untuk menghadirkan lebih banyak varian smartphone untuk memantapkan Redmi Note 13 Series menjadi pilihan di hati penggemarnya,” kata Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia, Rendy Tonggo.

Baca juga : Akhirnya, Xiaomi 14 Yang Diluncurkan di Indonesia

Promosi serta kegiatan eksklusif sebagai apresiasi atas dukungan kepada Xiaomi juga merupakan bagian dari Xiaomi Fan Festival. Pada peringatan ke-14 ini, XFF mengusung tema “Our Iconic Moment” yang mengajak para penggemar untuk dapat mengenang momen-momen yang telah dilalui bersama dan juga menyambut momen baru yang akan datang.

Secara desain, smartphone ini dibuat melalui rancangan yang rumit, warna, material dan finishing bagian belakang memiliki dasar film berwarna perak yang dilapisi kaca.

Pada bagian atasnya, perangkat ini menampilkan logo yang dibuat dengan cermat menggunakan nanolithography, yang menghasilkan efek bias, membuat logo menjadi hidup dengan permainan cahaya dan bayangan yang memukau.

Selain itu, smartphone yang menyasar segmen anak muda ini juga dikemas dengan kotak eksklusif yang hadir dengan emboss dan logo berwarna perak, lengkap dengan wallpaper eksklusif dan berbagai stiker bertema XFF, sehingga pengguna dapat membuat pola logo unik mereka sendiri.

Smartphone ini tidak hanya merayakan kehebatan teknologi Xiaomi, tetapi juga menawarkan cara nyata bagi para penggemar untuk selalu terhubung dengan Xiaomi dan menjadikan perangkat edisi khusus ini sebagai kenang-kenangan berharga dari XFF 2024.

Tak hanya itu, untuk varian terbaru dari Redmi Note 13 Series, Xiaomi juga menghadirkan tambahan varian yang menghadirkan pilihan konfigurasi memori dan storage untuk Redmi Note 13 yaitu, varian RAM+ROM 8+128GB yang dibanderol dengan harga Rp2,499 juta dan Redmi Note 13 Pro 5G varian RAM12+ROM512GB yang dibanderol dengan harga Rp4,999 juta.

Selain menghadirkan varian baru, Xiaomi juga mengumumkan update Xiaomi HyperOS yang telah tersedia untuk Redmi Note 13 series.

Xiaomi HyperOS juga menambahkan sejumlah fitur keamanan yang menjamin kenyamanan penggunanya,” kata Rendy.

Saat ini smartphone Redmi Note 13 Series juga telah terupdate dengan sistem operasi Xiaomi HyperOS yang menunjukkan komitmen Xiaomi untuk terus mengembangkan sistem personalisasi yang mendalam dan lebih intuitif serta pusat kontrol yang lebih fluid. (Icha)

Paska Merger, Indosat Bersaing Ketat Dengan Telkomsel di Pedesaan dan Luar Pulau Jawa

0

Telko.id – Berdasarkan hasil analisis dari Open Signal, penggabungan Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 telah mengubah dinamika pasar seluler Indonesia dan menjadikannya sebagai operator jaringan seluler terbesar kedua di Indonesia berdasarkan pangsa pelanggan, tepat di belakang Telkomsel.

Indosat Ooredoo Hutchinson berhasil memanfaatkan kekuatan kedua entitas untuk meningkatkan jangkauan jaringan, kualitas layanan, dan inklusivitas digital di seluruh Indonesia.

Fokus utama operator baru ini adalah memperluas infrastruktur jaringan di wilayah berpenduduk jarang di luar Pulau Jawa, yang merupakan rumah bagi lebih dari 40% populasi.

Dalam analisis ini, Opensignal mengevaluasi perubahan dalam lanskap pengalaman jaringan seluler di Indonesia setelah merger – di wilayah Perkotaan, Pinggiran Kota, dan Pedesaan – serta perubahan tahun ke tahun (YoY) di semua jaringan.

Baca juga : Konsistensi Kualitas Jaringan Indosat Dapat Pengukuan OpenSignal

Temuan ini menunjukkan bahwa merger Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 telah memberikan dampak signifikan terhadap lanskap pengalaman jaringan seluler, menantang dominasi Telkomsel, terutama di wilayah pedesaan secara nasional dan wilayah di luar Pulau Jawa.

Untuk analisis ini, Open Signal memisahkan 3 dan Indosat, karena keduanya terus beroperasi sebagai merek terpisah setelah merger.

Telkomsel masih memiliki coverage yang terbaik

Telkomsel masih terus memimpin di wilayah Perkotaan, Pinggiran Kota, dan Pedesaan dengan skor Pengalaman Cakupan berkisar antara 8,4 hingga 9,6 poin dari 10 di wilayah Perkotaan dan Pinggiran Kota.

Namun demikian, Indosat mengekor dibelakangnya dengan ketat, berada di posisi dua dan hanya dua poin saja atau lebih dari dua kali lipat di daerah pedesaan.

“Peningkatan dalam Pengalaman Cakupan yang diamati oleh pengguna kami berasal dari fakta bahwa IOH berfokus pada perluasan jangkauan jaringannya,” ungkap Open Signal dalam laporan tertulis nya.

Berdasarkan catatnya, pada tahun fiskal 2023, Indosat meningkatkan jangkauan jaringannya dari 180,000 Base Transceiver Stations (BTS) menjadi 229,000 — peningkatan sebesar 27,2%, total 49,000 BTS 4G di seluruh Indonesia. Sebagai perbandingan, jumlah BTS pemimpin pasar Telkomsel mencapai 247.472.

3 menempel ketat Telkomsel dalam Pengalaman Kecepatan Download

Pengguna open signal di Indosat mengalami peningkatan terbesar dalam kecepatan pengunduhan rata-rata di ketiga lokal. Namun untuk 3 dan Telkomsel disamakan dalam Pengalaman Kecepatan Download di Pedesaan.

Selain itu, disparitas antara Telkomsel dan 3 semakin mengecil seiring dengan perpindahan kita ke luar wilayah Jawa, khususnya untuk wilayah Perkotaan.

Berdasarkan analisis Open Signal, kecepatan pengunduhan rata-rata untuk penggunanya di 3 telah meningkat sebesar 43,6% di wilayah Pedesaan, 48,5% di Perkotaan, dan 49% di wilayah Pinggiran Kota.

Pengguna Indosat terlihat peningkatan walau sedikit lebih rendah di wilayah ini, namun mereka melihat peningkatan terbesar di wilayah Pedesaan.

Sedangkan, untuk pengguna Telkomsel mengalami peningkatan sebesar 27,5-29,8% di wilayah Perkotaan dan Pinggiran Kota, dan 40,2% di wilayah Pedesaan.

Namun, pengguna Smartfren dan XL mengalami peningkatan yang jauh lebih rendah. Hasilnya, di wilayah Pedesaan, kecepatan pengunduhan rata-rata di 3 sebanding dengan Telkomsel, sedangkan di wilayah Pinggiran Kota, Pengalaman Pengunduhan pengguna 3 serupa dengan yang dilihat oleh pengguna XL.

3 dan Indosat Konsisten pimpin kualitas akses aplikasi

Baik Indosat maupun 3 berhasil menjaga kualitas secara konsisten untuk mendukung aplikasi seluler yang umum digunakan, seperti panggilan video atau mengunggah gambar ke media sosial. Hal ini merupakan peningkatan YoY terbesar.

Hanya saja, 3 kini mampu memimpin di wilayah Pinggiran Kota dan Pedesaan di Indonesia, serta seluruh wilayah di luar Pulau Jawa.

Sedangkan Telkomsel adalah satu-satunya operator lain yang mengalami peningkatan dalam Kualitas yang Konsisten — peningkatan YoY sebesar 0,8-1,4 poin persentase di wilayah Perkotaan dan Pinggiran Kota.

Dengan smartphone sebagai layar utama, dan internet nirkabel sebagai mode pilihan untuk mengakses konten online di Indonesia, streaming video pada platform global dan lokal telah berkembang di seluruh negeri.

Pada kuartal ketiga tahun 2023, sekitar 96,9% pengguna internet di Indonesia menonton konten video online apa pun setiap minggunya.

Hal ini menempatkan operator di Indonesia pada posisi utama untuk memenuhi permintaan dengan menyediakan layanan streaming video berkualitas tinggi.

“Melihat kualitas pengalaman saat streaming video on-demand, pengguna kami di 3 melihat peningkatan paling signifikan di ketiga lokal secara nasional, diikuti oleh Indosat,” ungkap Opensignal dalam analisa nya.

Akibatnya, merek-merek IOH telah mengurangi keunggulan Telkomsel di wilayah Perkotaan dan mengungguli Telkomsel di wilayah Pinggiran Kota dan Pedesaan. Pengguna kami di 3 menikmati Pengalaman Video terbaik di Pedesaan, diikuti oleh Indosat dan Telkomsel.

Sebaliknya, jika kita melihat wilayah Perkotaan, Pedesaan, dan Pinggiran Kota di luar wilayah Jawa, 3 terdepan dalam Video Experience di ketiga wilayah tersebut, diikuti oleh Indosat dan Telkomsel.

Pelanggan Indosat rasakan pengalaman nge game yang signifikan

Beralih ke Pengalaman Game, pengguna kami di semua jaringan operator telah melihat peningkatan dalam kualitas pengalaman saat bermain game seluler multipemain secara online.

Namun, pengguna Indosat telah melihat peningkatan terbesar di ketiga lokal tersebut. Telkomsel memimpin di wilayah Perkotaan dengan margin yang kecil, sementara 3 mendominasi di wilayah Pedesaan.

Selain itu, Telkomsel dan 3 sama-sama memimpin di wilayah Suburban dengan skor yang sama secara statistik mendekati angka 79 poin (pada skala 100 poin).

Indonesia merupakan salah satu pasar mobile gaming terbesar di Asia Tenggara. Dengan semakin populernya ajang kompetitif Esports, mobile gaming multipemain menjadi semakin penting bagi konsumen Indonesia.

Data kami menunjukkan bahwa Pengalaman Bermain Game di luar Pulau Jawa juga mengalami peningkatan di ketiga lokasi tersebut, dengan peningkatan tertinggi dilaporkan oleh pengguna Indosat kami.

Namun dinamikanya berbeda, pengguna kami di 3 menikmati Pengalaman Bermain Game terbaik di Pedesaan, sementara Telkomsel terus memimpin di wilayah Perkotaan dan Pinggiran Kota di luar wilayah Jawa.

Indonesia terdiri dari lebih dari 17.500 pulau, menjadikan geografinya luas dan unik, dengan mayoritas penduduk terkonsentrasi di Jawa, sementara lebih dari 40% tinggal di daerah pedesaan yang jarang penduduknya. Hal ini menghadirkan tantangan ekonomi dan operasional bagi operator yang ingin meningkatkan konektivitas seluler di wilayah di luar Pulau Jawa.

Analisis menunjukkan bahwa lanskap jaringan seluler di Indonesia telah mengalami perubahan signifikan sejak merger.

Biasanya, operator cenderung berinvestasi di wilayah perkotaan yang padat penduduknya karena secara komersial menguntungkan bagi operator untuk memprioritaskan penerapan dan peningkatan jaringan di wilayah tersebut terlebih dahulu.

Namun, langkah strategis IOH yang fokus pada wilayah pedesaan di luar Pulau Jawa telah menghasilkan perbaikan yang signifikan.

Hasilnya, 3 dan Indosat telah mengungguli kompetitor di bidang-bidang tersebut dan dapat menantang dominasi historis Telkomsel di bidang-bidang tersebut.

Langkah IOH ini telah membuka peluang bagi 3 dan Indosat untuk menerima pelanggan digital baru dan kemungkinan besar akan berkontribusi terhadap perekonomian digital Indonesia.

Hal ini juga akan memainkan peran penting dalam memberikan layanan penting kepada sebagian besar pengguna di daerah yang kurang terlayani dan terpencil sehingga mendorong hasil sosial-ekonomi yang positif dan inklusi digital.

Seiring dengan peralihan Indonesia menuju 5G, dinamika persaingan yang semakin meningkat antara IOH dan Telkomsel dapat secara signifikan membentuk masa depan pengalaman jaringan seluler di negara ini. (Icha)

Cybersecurity Center of Excellence, Dibentuk Demi Jaga Ekonomi Digital Indonesia

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan Mastercard hari ini menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk berkolaborasi dalam menjaga ekonomi digital Indonesia melalui peresmian Indosat-Mastercard Cybersecurity Center of Excellence (CoE).

Pengumuman ini disampaikan dalam acara yang dihadiri Budi Arie Setiadi, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dan Michael Miebach, CEO, Mastercard, serta jajaran eksekutif senior lainnya dari Indosat dan Mastercard.  

Tantangan keamanan siber semakin meningkat di seluruh dunia, dengan kerugian yang diprediksi akan melonjak menjadi USD 14 triliun pada 2028 dari USD 8 triliun di 2023.

Survei global terbaru juga mengungkapkan bahwa 72 persen serangan siber di Asia disebabkan oleh kurangnya tenaga ahli di bidang tersebut.

Baca juga : Unparalleled Network Services Guaranteed, Cara Indosat Garansi Jaringannya!

Indosat-Mastercard Cybersecurity Center of Excellence bertujuan untuk mengatasi kesenjangan tersebut dengan memfokuskan pada tiga pilar utama. Pertama, edukasi guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang keamanan siber melalui peningkatan akses pendidikan serta pelatihan keamanan siber.

Kedua, Inovasi melalui penelitian di beberapa area utama keamanan siber dan digital trust dengan memanfaatkan teknologi terbaru. Dan terakhir untuk kolaborasi Industri dalam mendeteksi dan memitigasi penipuan.

“Kami yakin bahwa upaya yang kita lakukan hari ini akan memajukan sumber daya manusia keamanan siber Indonesia ke depannya. Dengan inisiatif ini, memperkuat tujuan kami dalam menciptakan satu juta talenta digital di Indonesia. Lebih jauh lagi, komitmen ini mendorong kami lebih dekat untuk mencapai tujuan besar Indosat dalam memberdayakan setiap individu di Indonesia,” kata Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Ia pun berharap, kerjasama ini dapat berkontribusi dalam mengatasi tantangan keamanan siber di Asia Pasifik, khususnya Indonesia.

“Mastercard berkomitmen untuk meningkatkan kepercayaan dalam ekonomi digital. Komitmen ini tidak hanya mencakup inovasi teknologi, tetapi juga meliputi pengembangan kapasitas dan kolaborasi industry. Mastercard pun bersama Indosat, mendirikan Center of Excellence in Cybersecurity & Digital Trust,” kata Safdar Khan, Division President, Southeast Asia, Mastercard.

Kolaborasi ini memadukan inovasi dan kerja sama terbaik antara keahlian lokal dan praktik global untuk mengembangkan keterampilan dan keahlian yang diperlukan guna memajukan perekonomian digital Indonesia serta memastikan kesiapan dalam menghadapi tantangan masa depan.

Indosat-Mastercard Cybersecurity Center of Excellence menandai tonggak penting perjalanan kedua belah pihak dalam menjaga masa depan digital Indonesia.

Selain itu, dengan fokus pada pengembangan kapasitas dan keterampilan, kemitraan ini sejalan dengan visi pemerintah menuju “Indonesia Emas 2045”, yang bertujuan untuk menempatkan Indonesia sebagai ekonomi terbesar keempat di dunia pada 2045 melalui peningkatan keterampilan dan pengembangan sumber daya manusia, sebagai salah satu pilar utama.

Dengan memanfaatkan keahlian dan sumber daya global dan lokal, Indosat-Mastercard Cybersecurity CoE siap memainkan peran sentral dalam meningkatkan ekosistem keamanan siber Indonesia, menempatkan Indonesia sebagai pionir digital di panggung global. (Icha)

Fitur Smart Switch, Solusi Mudah Pindahkan Data ke Galaxy A15

Telko.id – Ganti device? Hmm pasti muncul pertanyaan, “Wah, data penting seperti video, foto, WhatsApp chat history, dan dokumen penting, bagaimana memindahkannya?”.

Sering pula ada kekhawatiran harus merelakan data di smartphone lama akan hilang, dan harus mengunduh ulang aplikasi-aplikasi.

Kini, Kamu tidak lagi repot memindahkan data saat mengganti smartphone lama kamu ke smartphone 2 jutaan, yang memiliki pilihan memori 8/128GB dan 8/256GB, layar Super AMOLED 6.5-inch seperti Galaxy A15.

Samsung menawarkan solusi mudah dengan menggunakan aplikasi bawaannya, yaitu fitur Smart Switch, aplikasi bawaan yang pasti akan memudahkan pengguna untuk memindahkan data dari smartphone lama, baik Android maupun bukan, ke smartphone Samsung termasuk Galaxy A15. 

Baca juga : Tips Bikin Vlog Ramadan Pasti Mudah dengan Galaxy A15 5G

“Samsung menyediakan solusi mudah untuk beralih ke Galaxy A15 dengan menggunakan Smart Switch. Fitur ini memungkinkan pengguna memindahkan semua data, seperti foto, dokumen, dan info akun dari ponsel lama, bahkan yang menggunakan dari non android”, ujar Ricky Bunardi MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Dengan One UI 6.0, konsumen bisa mendapatkan pengalaman yang praktis dengan harga yang pasti terjangkau, ditawarkan dengan pilihan penyimpanan data yang besar, layar Super AMOLED, dan kamera 50MP.

Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mentransfer data dari ponsel lama ke Galaxy A15 dengan mudah bahkan dari ponsel dengan OS yang berbeda. Berbagai jenis data yang dapat pindahkan diantaranya adalah file foto, video, kontak, WhatsApp chat history, calendar, catatan, aplikasi, pengaturan, kata sandi, dan masih banyak lagi.

Dengan aplikasi ini, proses perpindahan bisa dilakukan dengan cepat dan efisien, tanpa khawatir kehilangan data atau konfigurasi penting.

Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara menggunakan fitur Smart Switch ini, berikut adalah cara menggunakannya:

  1. Buka aplikasi Smart Switch di smartphone baru kamu
  2. Pilih opsi “Receive data” untuk menerima data dari smartphone lama
  3. Pilih OS smartphone lama kamu sebagai sumber data yang ingin dipindahkan
  4. Pilih metode lalu terima datanya

Manfaatkan fitur Smart Switch untuk kemudahan transfer data kamu dari ponsel lama

Jika kamu bukan pengguna Samsung, kamu tetap bisa melakukan transfer data menggunakan aplikasi Smart Switch dengan cara mengunduhnya terlebih dahulu. Kamu bisa mengunduh aplikasi Smart Switch melalui aplikasi Play Store atau App Store. Untuk cara yang lebih praktis, kamu bisa langsung scan QR Code yang ada di smartphone Samsung baru kamu untuk langsung diarahkan, berikut cara mendapatkan QR Codenya.

  1. Saat sedang mencari perangkat untuk dihubungkan, klik tulisan “Get Smart Switch on your old device”
  2. Scan QR Code yang tersedia untuk mengunduh aplikasi Smart Switch

Scan QR Code untuk kemudahan mengunduh aplikasi Smart Switch

Setelah selesai memindahkan data, maka kamu bisa langsung menggunakan Galaxy A15 baru-mu yang sudah lengkap dengan data-data dari device lama kamu. Dengan itu, kamu bisa melanjutkan aktivitas-mu tanpa harus menghabiskan waktu untuk mengunduh aplikasi maupun melakukan login di apikasi – aplikasi favorit-mu.

Segera nikmati kemudahan dan performa pasti dari Galaxy A15 yang tersedia dalam pilihan warna Yellow, Blue, dan Blue Black, dengan harga Rp2.899.000 (128GB) dan Rp 3.299.000 (256GB). Smartphone ini sudah tersedia di Samsung Store seluruh Indonesia dan e-commerce favoritmu.

Libur Ramadan dan Lebaran, Trafik Data XL Axiata Meningkat 16%

0

Telko.id – XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Ramadan dan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 H, antara 4 April 2024 – 14 April 2024.

Data dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data sebesar 16% dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan.

Lonjakan trafik data XL Axiata tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran.

“Kami di XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur panjang Lebaran tahun ini. Kami sudah jauh-jauh hari melakukan menyiapkan jaringan dari semua aspek, termasuk berbagai langkah antisipasi yang diperlukan. Tim jaringan, termasuk yang di lapangan, juga bersiaga full time selama masa krusial kemarin agar bisa segera bergerak jika ada problem,” kata I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata.

Baca juga : Sambut Lebaran, XL Axiata Perkuat Jaringan di Tiga Jalur Utama Penyeberangan Laut

Seperti yang sudah XL prediksi, pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data XL Axiata yang cukup signifikan, di mana akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan.

Kenaikan trafik secara keseluruhan mencapai lebih dari 16%. Selain itu, kami juga bisa melihat data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis.

Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59%, disusul oleh web browsing sebesar 18% dan social media 15%. 

Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 135%, YouTube naik 17%, TikTok 14%, Netflix naik 42%, dan Spotify naik 23%.

Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 59%. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik X meningkat 25% dan Meta (Facebook) 15%.

Sementara itu web browsing naik 20% dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 650%. Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 154% dibanding hari normal.

Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan secara nasional selama Ramadan dan Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di :

  1. Provinsi Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 32%
  2. Provinsi Nusa Tenggara Barat, 21%
  3. Provinsi Lampung, 19%
  4. Provinsi Sumatera Barat, 17%
  5. Provinsi Naggroe Aceh Darussalam, 16%
  6. Provinsi Jawa Timur, 15%
  7. Provinsi Sumatera Utara, 14%
  8. Provinsi Sumatera Selatan, 13%
  9. Provinsi Jawa Barat, 13%
  10. Provinsi Kalimantan Selatan, 7%

 Di tingkat kota/kabupaten di seluruh Indonesia, kenaikan trafik tertinggi terjadi di:

  1. Kab. Kebumen,  Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 68%
  2. Kab. Cilacap,  Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 58%
  3. Kab. Pemalang,  Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 53%
  4. Kab. Tasikmalaya,  Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 52%
  5. Kab. Brebes,  Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 50%
  6. Kab. Tegal,  Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 48%
  7. Kab. Pandeglang,  Provinsi Banten, naik sebesar 47%
  8. Kab. Indramayu,  Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 39%
  9. Kab. Sukabumi,  Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 37%
  10. Kab. Garut,  Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 36%

Untuk trafik layanan di Jabodetabek, trafik layanan terlihat mengalami penurunan pada saat Lebaran dibanding hari biasa, yaitu turun hingga sebesar 7%. Penurunan trafik di Jabodetabek ini sesuai dengan tingginya tingkat perpindahan lokasi pelanggan selama periode Lebaran.

Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke provinsi lain, yaitu sekitar 30%.

Selama periode libur Lebaran tersebut, trafik layanan konvergensi XL Satu juga relative stabil dibandingkan hari biasa karena masih ada pelanggan yang tidak mudik. Sedangkan untuk layanan yang paling banyak diakses oleh pelanggan XL SATU adalah:

  1. Layanan Instagram, meningkat sebesar 24%
  2. Layanan Netflix, meningkat sebesar 18%
  3. Layanan Tiktok, meningkat sebesar 10%
  4. Layanan Vidio, meningkat sebesar 8%
  5. Layanan Youtube, meningkat sebesar 7%

Saat ini total jumlah pelanggan XL SATU mencapai lebih dari 235 ribu home connect.

Secara keseluruhan, guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pelanggan selama masa Lebaran tahun ini, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2 kali dibandingkan hari normal. 

Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin, termasuk dengan mengerahan 94 mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan dukungan.

Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 57 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 160 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. (Icha)

Yuk Bedah 4 Fitur Unik Kamera vivo V30 Series

0

Telko.id – Di tengah gempuran konten menarik di media sosial, kehadiran smartphone dengan kemampuan fotografi terdepan diperlukan untuk menyalurkan kreativitas dan mengekspresikan diri dalam bentuk potret maupun video.

Tidak melulu mengenai resolusi kamera saja, tetapi fitur-fitur lainnya menjadi penting untuk menunjang berbagai kebutuhan fotografi. Melalui vivo V30 Series, vivo menetapkan standar baru di dunia smartphone photography kelas menengah (mid-range) melalui kolaborasinya dengan ZEISS, perusahaan optik terkemuka asal Jerman, lewat vivo V30 Pro.

Lebih dari itu, vivo V30 Series disempurnakan oleh deretan fitur unik yang siap memberikan pengalaman berbeda saat mengabadikan momen-momen yang konten-able setiap harinya.

Kenali 4 fitur unik milik vivo V30 Series yang siap memudahkan pengguna meraih “Ultimate Portraits” berikut ini:

Baca juga : vivo V30,  Hadirkan Terobosan Baru All-New Aura Light Portrait

#1 Hasil Jepretan dengan ZEISS Professional Portrait

Berkolaborasi dengan ZEISS, vivo menawarkan kesempatan untuk menjadi fotografer profesional dengan menggenggam vivo V30 Pro.

Pengguna bisa dengan mudah mendapatkan hasil foto portrait yang lebih nyata dan berkualitas tinggi dengan memanfaatkan tiga fitur utama dari ZEISS Professional Portrait.

Mulai dari ZEISS Triple Main Camera, ZEISS Style Portrait, dan ZEISS Border Watermark. vivo V30 Pro dilengkapi oleh tiga kamera belakang, yakni 50MP VCS True Color Main Camera dengan sensor Sony IMX920, 50MP AF Super Wide-Angle, dan lensa inovatif 50MP Professional Portrait Camera dengan Sony IMX816.

Ketiga kamera belakang milik vivo V30 Pro telah memenuhi standar kualitas dan kinerja pencitraan terbaik yang telah ditetapkan oleh ZEISS. Terinspirasi dari lensa klasik ZEISS, ZEISS Triple Main Camera dijamin akan menghasilkan potret berkualitas profesional dengan tampilan yang lebih hidup.

Untuk membuat objek foto terlihat fokus dan semakin stand out, kamu bisa menggunakan enam jenis lensa potret dari fitur ZEISS Style Portrait, yakni Biotar, Distagon, Sonnar, Planar, Cinematic, dan Cine-flare.

Keenam jenis lensa potret ini akan menambahkan sentuhan artistik dari efek bokeh dan bokeh flare yang membuat gambar menjadi lebih hidup. Fitur ini sangat cocok untuk kamu yang gemar fotografi dengan konsep human interest atau candid.

Efek bokeh akan membuat ekspresi subjek foto semakin menonjol, menambah kesan dramatis dan memberi cerita pada hasil potret.

#2 All-New Aura Light Portrait

Masalah pencahayaan kerap kali menjadi hambatan untuk memperoleh hasil foto atau video yang jelas dan detail. Kini, tak perlu lagi terganggu oleh noise yang seringkali muncul akibat kondisi cahaya yang tidak optimal, pengguna dapat dengan percaya diri menangkap setiap momen dengan kejernihan yang memukau.

vivo V30 Series dibekali All-New Aura Light Portrait yang membawa pembaruan dari generasi Aura Light sebelumnya. Tidak hanya terbatas pada foto saja, kali ini All-New Aura Light Portrait juga bisa digunakan ketika merekam video dengan Aura Light Portrait Video + Ultra Stable Video.

Gunakan fitur ini saat menikmati indahnya gemerlap lampu kota atau ketika menghadiri pertunjukan orkestra. Kamu bisa menggunakan fitur mengatur intensitas cahaya yang diinginkan sesuai dengan suasana yang ingin ditampilkan dalam hasil foto atau video.

Dengan begitu, suasana yang diabadikan akan tetap mempertahankan keasliannya dan semakin fenomenal.

#3 Dual 50MP Wide-Angle Camera

Lebih leluasa untuk menentukan sudut pandang dan komposisi dengan dukungan Dual 50MP Wide-Angle Camera yang disematkan pada vivo V30 Series.

Kamu tidak perlu khawatir hasil foto atau video kehilangan estetika karena salah satu objek tidak bisa disertakan dalam satu frame yang sama. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk memotret atau merekam lanskap perkotaan secara menyeluruh dengan detail menarik.

Dengan sudut pandang yang luas, kamera ini memungkinkan pengguna untuk menangkap panorama kesibukan kota dengan bangunan pencakar langit yang megah, jalan-jalan yang ramai, serta aktivitas harian yang berlangsung.

Kamu juga bisa memanfaatkan 50MP Telephoto Camera yang dimiliki vivo V30 Pro agar tetap bisa mendapatkan kualitas gambar maupun video terbaik walaupun objek berada jauh darimu.

Selain itu, Dual 50MP Wide-Angle Camera juga bisa untuk mengambil wefie dengan teman-teman saat kegiatan kumpul bersama, dengan fitur 50MP AF Group Photo pada kamera depan.

Tidak hanya itu, kamu tidak perlu dempet-dempetan hanya untuk memastikan semua temanmu bisa ikut terpotret dengan menggunakan 50MP AF Super Wide-Angle Camera pada kamera belakang, yang dapat memuat hingga 30 orang dalam satu frame.

#4 Kemampuan Zoom Hingga 20x

Sektor fotografi vivo V30 Series semakin lengkap dengan modul kamera belakang yang memiliki fitur zoom hingga 20x. Kamu tetap bisa meraih hasil foto atau video dengan detail yang luar biasa bahkan dari jarak yang jauh sekalipun.

Kemampuan ini menjadikan vivo V30 Series bisa diandalkan untuk menemanimu menghadiri konser musisi favoritmu. Rekam atau potret aksi musisi dari kerumunan penonton tanpa mengganggu pengalaman menonton konser.

Dengan teknologi zoom yang canggih, kamu dapat dengan mudah menangkap ekspresi dan gerakan mereka dengan jelas, seolah-olah kamu berada di depan panggung sendiri. Ini memungkinkanmu untuk membuat kenangan yang tak terlupakan dan berbagi momen spesial tersebut dengan teman-teman atau keluargamu tanpa kehilangan sedikit pun dari intensitas dan kegembiraan acara tersebut.

“Kami menyadari, kepraktisan dalam membuat konten dengan kamera smartphone kini semakin dicari oleh banyak konsumen kami. Untuk itu kami pun menyematkan teknologi unggul sekelas ZEISS Professional Portrait pada vivo V30 Pro dan fitur-fitur mumpuni lain di vivo V30 Series,” kata Fendy Tanjaya, Product Manager vivo Indonesia.

Fendy pun menambahkan bahwa semua itu merupakan bukti komitmen vivo untuk menyuguhkan pengalaman fotografi smartphone yang luar biasa kepada konsumennya.

Dengan vivo V30 Series, pengguna dapat mengambil foto terbaik dalam berbagai skenario pencahayaan dan mengoptimalkan kreativitas melalui berbagai mode dan fitur tambahan yang tersedia. (Icha)

Ramadan Dan Lebaran, Trafik Internet Telkomsel Naik 12.87 Persen

0

Telko.id – Momen libur Ramadan dan Lebaran tahun ini, trafik internet Telkomsel meningkat hingga 12.87 Persen dibandingkan hari biasa atau 15.08 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Beragam upaya yang telah dilakukan oleh Telkomsel ini sejalan dengan komitmen sebagai digital telco service provider terdepan di Indonesia dalam memberdayakan Masyarakat dengan menghadirkan inovasi teknologi jaringan serta layanan terdepan.

“Kami bersyukur dapat mengawal dan melayani pelanggan setia tanpa gangguan yang berarti pada momen Ramadan dan Idul fitri 1445 H,” kata Saki Hamsat Bramono, Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel.

Selama periode RAFI 2024, lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital didorong oleh peningkatan aktivitas pelanggan pada pemanfaatan layanan digital.

Baca juga : Telkomsel Siaga RAFI 2024, Berangkatkan 1.100 Pemudik

Seperti mobile gaming melonjak 78.51 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) naik 28.52 persen, video streaming tumbuh 15.94 persen, akses e-commerce naik 15.77 persen, akses media sosial naik 14.07 persen, dan akses browsing tumbuh 9.74 persen.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform digital favorit seperti WhatsApp (naik 40.09 persen), Instagram (naik 24.51 persen), TikTok (naik 17.82 persen), YouTube (naik 15.28 persen), dan Facebook (naik 11.17 persen).

Kemudian untuk trafik layanan SMS tercatat turun 10.40 persen dan layanan suara turun sekira 18.52 persen dibandingkan hari biasa.

Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi pada pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen RAFI 2024 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa.

Data Telkomsel menunjukkan 5 wilayah kota/kabupaten di Indonesia yang memiliki pertumbuhan trafik penggunaan data tertinggi, yakni Kabupaten Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat) tercatat mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 57.42 persen.

Diikuti Kabupaten Cilacap (Provinsi Jawa Tengah) naik sekira 55.25 persen, Kabupaten Ciamis (Provinsi Jawa Barat) naik 54.48 persen, Kabupaten Garut (Provinsi Jawa Barat) naik 47.11 persen, dan Kabupaten Cirebon (Provinsi Jawa Barat) naik 34.49 persen.

Sejalan dengan prediksi pemerintah yang mengatakan terjadi peningkatan arus mudik hingga 56% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, data Telkomsel juga menunjukkan bahwa Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Cilacap menjadi 5 wilayah destinasi tujuan mudik yang mengalami pergerakan pelanggan Telkomsel paling signifikan.

Saki lebih lanjut menambahkan bahwa peningkatan signifikan trafik internet Telkomsel merupakan bukti nyata dari kepercayaan pelanggan dalam menggunakan layanan Telkomsel, sekaligus menunjukkan keberhasilan strategi optimalisasi kualitas, kapasitas.

Serta pemutakhiran teknologi jaringan terdepan yang difokuskan pada 444 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia, memastikan ketersediaan produk dan layanan unggulan yang berfokus pada pelanggan, menghadirkan berbagai program promo produk layanan digital, hingga program loyalitas bagi setiap orang, setiap rumah, dan setiap bisnis.

“Telkomsel mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan menggunakan produk dan layanan dari Telkomsel. Kami terus berkomitmen untuk memastikan kesiapan jaringan di momen-momen besar keagamaan seperti Hari Raya, dan momentum penting lainnya yang membutuhkan keandalan layanan internet,” tutup Saki. (Icha)