Telko.id – Telkomsel melalui inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel Jaga Bumi dan dalam rangka Hari Bumi Sedunia, merilis kampanye video “Jejak Kebaikan” yang mengajak pelanggan untuk bergerak bersama menjaga kelestarian lingkungan dan masa depan bumi.
Salah satu cara yang dapat dilakukan pelanggan Telkomsel adalah dengan menukarkan Poin setara penanaman satu pohon dalam program Telkomsel Jaga Bumi Carbon Offset.
Sejalan dengan proses bisnis berkelanjutan perusahaan yang mengedepankan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), gerakan “Jejak Kebaikan” dari Telkomsel ini terinspirasi oleh semangat Indonesia dalam menjaga bumi pertiwi.
Berdasarkan data Emissions Database for Global Atmospheric Research (EDGAR) dalam laporan GHG Emissions of All World Countries 2023, jejak karbon di Indonesia didominasi oleh karbon dioksida yang mencapai 55,8% sebagai hasil dari emisi gas rumah kaca berbagai industri.
“Telkomsel mengajak seluruh pelanggan untuk bersama menciptakan ‘Jejak Kebaikan’ melalui tindakan sederhana yang nyata dan menyeluruh untuk mengimbangi jejak karbon yang kita tinggalkan, seperti dengan berkontribusi pada program Telkomsel Jaga Bumi Carbon Offset melalui penukaran Telkomsel Poin untuk penanaman pohon,” kata Saki H. Bramono, VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel.
Salah satu capaian yang telah diraih dari program Telkomsel Jaga Bumi adalah melalui program Telkomsel Jaga Bumi Carbon Offset, di mana dalam kolaborasi bersama platform Jejak.in ini lebih dari 15 ribu pohon mangrove telah ditanam di berbagai lokasi termasuk di IKN sepanjang tahun 2023.
Sementara itu, melalui program Telkomsel Jaga Bumi Waste Management bersama PlusTik, sebanyak lebih dari 75 ribu pavement block dan 20 ribu phone holder telah diproduksi dari limbah plastik dan bekas cangkang kartu SIM sepanjang tahun 2023.
Hingga saat ini, Telkomsel pun telah mendukung akses digital pada 232 situs jaringan di daerah terpencil dan perbatasan Indonesia melalui program BTS Merah Putih yang menggunakan energi hijau atau sumber daya terbarukan, sehingga konsumsi energi lebih efisien dan rendah emisi gas karbon.
Telkomsel memanfaatkan teknologi ramah lingkungan Smart Office dan Green Building pada kantornya guna menjaga keberlangsungan secara menyeluruh dan menghemat konsumsi energi.
Adapun dalam rangka memperingati Hari Bumi, Telkomsel juga mendorong karyawan untuk berpartisipasi dalam gerakan “Jejak Kebaikan” dengan menggunakan transportasi umum, kendaraan ramah lingkungan, ataupun bike to work serta membawa alat makan pribadi.
Telkomsel akan terus melanjutkan program penukaran Poin untuk upaya carbon offsetting bersama pelanggan dan karyawan pada tahun 2024.
Selain itu, Telkomsel juga berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pemilahan dan daur ulang sampah di skala nasional bersama para stakeholder.
Saki menambahkan, sebagai perusahaan penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan, Telkomsel mengusung semangat keberlanjutan untuk memastikan keberlangsungan bisnis yang sejalan dengan upaya pelestarian bumi sesuai dengan prinsip ESG.
Melalui inisiatif Telkomsel Jaga Bumi, kami berharap dapat terus menciptakan dampak positif yang berkelanjutan terhadap berdayanya masyarakat dan lestarinya lingkungan hidup kita untuk hari yang lebih baik dan masa depan yang cerah.
Selaras dengan upaya penciptaan “Jejak Kebaikan”, sebelumnya Telkomsel juga telah meluncurkan Embedded Subscriber Identity Module (eSIM) untuk pengalaman serba digital yang seamless, mudah, dan praktis dalam mengakses seluruh jaringan Telkomsel tanpa perlu menggunakan kartu SIM fisik.
Hadirnya eSIM Telkomsel juga diharapkan dapat mengurangi limbah bekas cangkang kartu SIM dan mendukung keberlanjutan program Telkomsel Jaga Bumi Waste Management. (Icha)
Telko.id – Samsung Electronics Co., Ltd. mengumumkan prestasinya sebagai produsen signage nomor satu selama lima belas tahun berturut-turut oleh firma riset pasar Omdia, menunjukkan kepemimpinannya di pasar signage digital global.
Berdasarkan hasil penelitian Omdia pada 2023, Samsung tidak hanya memimpin global signage dengan 33% market share, tapi juga berhasil menjual lebih dari 2 juta unit – angka rekor untuk perusahaan.
“Mencapai posisi pertama di pasar display signage global selama 15 tahun berturut-turut mencerminkan komitmen kami terhadap inovasi dan kemampuan kami untuk beradaptasi dengan kondisi pasar yang terus berkembang dan kebutuhan pelanggan kami,” kata Hoon Chung, Executive Vice President of Visual Display Business at Samsung Electronics.
Hoon pun menambahkan bahwa Samsung akan terus memberikan yang terbaik kepada pelanggan nya dengan menawarkan perangkat, solusi, dan layanan khusus yang memenuhi beragam kebutuhan mereka.
Samsung Electronics secara rutin memperkenalkan produk signage berbeda yang memenuhi berbagai kebutuhan lingkungan bisnis.
The Wall, layar modular pertama di dunia dengan teknologi mikro LED. Berkat format modularnya, The Wall memungkinkan pelanggan menyesuaikan ukuran, rasio, dan bentuk tanda berdasarkan preferensi dan kasus penggunaan.
Smart Signage, yang memberikan kesan imersif dengan profil ultra-tipis dan desain bezel seragam.
Outdoor Signage yang dirancang untuk olahraga, pasar terkenal, dan stasiun pengisian kendaraan listrik. Layar dalam portofolio Outdoor Signage dirancang untuk visibilitas yang jelas dalam lingkungan cuaca apa pun.
Samsung Interactive Display, e-board yang dioptimalkan untuk pasar pendidikan yang menempatkan alat pendidikan di ujung jari pendidik dan siswa.
Perluasan jajaran produk The Wall merupakan indikasi akan inovasi dan teknologi terdepan Samsung. Produk-produk seperti The Wall All-in-One dan The Wall for Virtual Production dipilih oleh pelanggan karena kenyamanannya yang luar biasa dan kegunaannya yang unik.
Sementara The Wall telah dipilih sebagai tampilan pilihan untuk hotel-hotel mewah seperti Atlantis The Royal di Dubai dan Hilton Waikiki Beach di Hawaii.
Kepemimpinan Samsung dalam industri signage digital dapat dikaitkan dengan komitmen perusahaan terhadap inovasi produk dan layanan.
Misalnya, pengenalan layar Micro LED transparan pertama di dunia pada bulan Januari diakui oleh para pakar industri sebagai layar komersial generasi berikutnya, sehingga mendapatkan penghargaan seperti “LED Paling Menakjubkan” dan “Tampilan Transparan Terbaik” outlet berita Amerika Utara, rAVe.
Pengenalan platform Samsung Visual eXperience Transformation (VXT) baru-baru ini semakin menunjukkan komitmen Samsung terhadap inovasi layar.
Platform cloud-native ini menggabungkan konten dan operasi signage jarak jauh dalam satu platform yang aman, menawarkan layanan dan solusi yang lebih dari sekedar perangkat keras sekaligus memastikan pengoperasian dan manajemen yang lancar bagi pengguna.
Ke depannya, pasar global signage display siap mengalami pertumbuhan pesat, dengan perkiraan peningkatan tahunan sebesar 8% sehingga menghasilkan proyeksi ukuran pasar sebesar $24,6 miliar pada tahun 2027, naik dari $14 miliar pada tahun 2020. (Icha)
Telko.id – Huawei Band 9 janjikan bakal menghadirkan pengalaman layaknya smartwatch. Duh jadi penasara ya. Rencananya, perangkat ini mulai bisa dibeli di Indonesia eksklusif secara online pada 25 April 2024 pukul 00.00 WIB, dengan harga flash sale Rp499.000 lengkap dengan pilihan 700 Watch Face.
Huawei melihat bahwa pasar smartband terus mengalami pertumbuhan signifikan sejak popularitasnya meningkat di kala pandemi melanda, yakni dengan kapitalisasi pasar yang berpotensi naik hingga mencapai 14,9 miliar dolar AS pada tahun 2028.
Terlebih kini minat masyarakat Indonesia terhadap perangkat wearables juga meningkat signifikan, dimana menurut hasil survei Jakpat pada pertengahan 2023, sebanyak 64% responden mengaku memiliki perangkat wearables dan 58% responden juga menyatakan akan membeli wearables.
Antusiasme masyarakat Indonesia tersebut juga tercermin pada jajaran produk wearables Huawei khususnya smartband, yang berhasil menjadi best-selling smartband selama 3 generasi berturut-turut sejak peluncuran Huawei Band 6 pada tahun 2021 yang mengusung layar mirip smartwatch, dan Huawei Band 7 dan Huawei Band 8 yang diluncurkan pada 2022 dan 2023 lalu.
Bahkan, Huawei Band 8 sukses mencatat rekor smartband nomor satu terlaris berdasarkan total penjualan sejak peluncurannya pada Mei 2023 lalu di semua platform penjualannya.
Huawei Band 9 ini akan dijual eksklusif via HUAWEI Official Store di beberapa e-commerce terkemuka Tanah Air, seperti Shopee, Tokopedia, TikTok Shop Blibli, dan Lazada.
Perangkat ini akan hadir dengan 4 pilihan warna yang eye catching yaitu Starry Black, White, Lemon Yellow, dan Charm Pink.
Huawei Band 9 ini berperan lebih dari sekadar pelacak kebugaran, melainkan juga sebagai perangkat wearable dengan fitur canggih yang lengkap layaknya smartwatch.
Kehadiran Huawei Band 9 diharapkan dapat memberikan standar teknologi kebugaran yang lebih cerdas melalui perangkat wearables di harga yang terjangkau dengan desain minimalis yang mewah dan balutan material berkualitas yang memberi kenyamanan luar biasa saat dikenakan untuk memenuhi gaya hidup masa kini mulai dari berolahraga hingga dikenakan saat tidur.
“Melalui peluncuran Huawei Band 9, kami membawa pengalaman kebugaran layaknya smartwatch yang ditingkatkan secara menyeluruh kepada pengguna, memberikan keseimbangan yang sempurna antara fungsionalitas, gaya, dan kenyamanan,” kata Huller Fan, Country Head of Huawei Device Indonesia.
Perangkat ini akan hadir dalam empat pilihan warna yang eye catching dan stylish dengan material yang lebih lembut dan nyaman di kulit.
Ditambah dengan serangkaian fitur canggih yang disematkan, menjadikan smartband ini sebagai salah satu produk wearables yang sangat layak masuk ke wishlist konsumen Indonesia, terutama bagi mereka yang sangat peduli terhadap pemantauan kesehatan dan kebugaran secara rutin.
Hadirkan Fitur Canggih Layaknya Smartwatch
Huawei Band 9 mempertahankan posisinya dengan membawa desain yang ringan dan dan tipis dengan layar AMOLED 1,47 inci yang memberikan display area yang luas sehingga menghasilkan pengalaman visual yang lebih nyaman dan imersif layaknya menggunakan smartwatch.
Selain desain minimalis yang stylish, Huawei Band 9 juga menghadirkan serangkaian keunggulan yang memberi kemudahan sekaligus kenyamanan ekstra dalam mengawal aktivitas sehari-hari. Apa saja keunggulan tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini:
Desain setara smartwatch
Tampilan fisik Huawei Band 9 dirancang setara smartwatch dengan layar AMOLED 1,47 inci yang cerah serta rasio screen-to-body hingga 65%, memberikan area visual yang lebih besar untuk penggunaan yang lebih nyaman dan menyenangkan.
Desainnya pun ringan dan tipis, yakni hanya seberat 14 gram (tanpa tali) dan ketebalan hanya 8,99 mm, memastikan kenyamanan yang tak tertandingi untuk digunakan sepanjang hari.
Pada perangkat ini, layarnya sudah dilengkapi dengan ALS (Ambient Light Sensor) yang secara otomatis memungkinkan mengatur tingkat pencahayaan (auto brightness) sesuai kondisi cahaya sekitar.
Selain itu, material tali fluoroelastomer dengan versi yang ditingkatkan menawarkan ketahanan terhadap air dan noda, serta sekaligus minim resiko alergi dan gatal saat digunakan.
Tak ketinggalan, desain pelat penutup kaca cover glass (CG) yang melengkung menambah sentuhan premium pada HUAWEI Band 9, sehingga mampu menciptakan kesan stylish saat dikenakan.
Manajemen kesehatan profesional
Perangkat ini merupakan perangkat wearables pertama yang dilengkapi oleh fitur TruSleep 4.0+ sebagai teknologi pemantauan kualitas tidur terdepan yang lebih akurat, yang menawarkan analisa personal mengenai pola serta kualitas tidur yang sehat, termasuk struktur dan ritme tidur, serta indikator fisiologis seperti detak jantung, saturasi oksigen darah, dan laju pernapasan.
Selain itu, Huawei Band 9 juga dilengkapi dengan fitur Sleep Breathing Awareness yang pertama kali diperkenalkan di Huawei WATCH GT 4, dimana fitur ini mampu mendeteksi gangguan sleep apnea yaitu gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan seseorang terhenti sementara selama beberapa kali saat sedang tidur.
Huawei Band 9 juga dilengkapi oleh fitur TruSeen 5.5+ yang ditingkatkan, guna memastikan pemantauan detak jantung dan SpO2 yang lebih akurat, sekaligus memberdayakan pengguna untuk memantau kesehatan mereka dengan akurat.
Selain itu, fitur Pulse Wave Arrhythmia Analysis yang juga pertama kali dikenalkan di HUAWEI WATCH GT 4 juga hadir di smartband terbaru ini, dimana berfungsi untuk mendeteksi denyut jantung tidak beraturan.
Fitur pemantau latihan kebugaran lebih advanced
Salah satu fitur terbaru yang ditawarkan oleh HUAWEI Band 9 adalah fitur Swim 2.0, yang menghadirkan pemantauan latihan renang yang akurat dan real-time. Dengan dukungan sensor sembilan sumbu yang ditingkatkan, fitur ini mampu mengukur gerakan renang secara presisi.
Tidak hanya itu, fitur Activity Rings 2.0 juga hadir dengan tiga cincin baru yang memberikan gambaran yang komprehensif tentang tingkat aktivitas harian pengguna.
Di samping itu, set latihan HUAWEI TruSport yang didasarkan pada ilmu olahraga, mengintegrasikan indikator kebugaran profesional seperti RAI, VO2Max, beban latihan, dan waktu pemulihan, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengatur rutinitas latihan kebugaran mereka secara personal dan optimal.
Dengan tambahan 100 mode latihan, pengguna memiliki akses untuk menemukan set latihan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Baterai tahan lama untuk efektivitas penggunaan smartband setiap harinya
Perangkat ini memastikan penggunaan yang efektif dan tanpa gangguan sepanjang hari berkat baterai yang tahan lama hingga 14 hari untuk satu kali pengisian daya baterai. Serunya lagi, baterai Huawei Band 9 juga mengusung kemampuan pengisian ultra cepat yang memungkinkannya mencapai kapasitas penuh dalam waktu 45 menit saja.
Smartband ini juga menampilkan fitur-fitur harian yang nyaman digunakan, seperti balasan cepat WhatsApp, notifikasi panggilan via Bluetooth, serta Weather 2.0 yang menampilkan kondisi dan prakiraan cuaca selama 24 jam penuh.
Fitur tambahan seperti senter dengan pilihan warna yang beragam, pemantau jarak jauh, kontrol musik, dan ketahanan air yang tersertifikasi 5 ATM water resistance yang mutakhir semakin meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengenakan smartband canggih yang ringan dan stylish ini. (Icha)
Telko.id – Generasi muda saat ini punya banyak cara untuk memaknai Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April setiap tahunnya. Salah satunya dengan membuat konten OOTD sebagai bentuk kebebasan berekspresi di momen istimewa.
Nah, buat yang kepincut mau bikin konten dengan tren tersebut, kamu bisa all-out bikin konten dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi kamera ProVisual Engineyang ada di Galaxy S24 Series.
Teknologi ProVisual Engine ini merupakan inovasi terbaru pada kamera Galaxy S24 Series yang diperbarui dengan teknologi AI untuk menghasilkan gambar lebih sempurna dan memukau di berbagai kondisi sesuai kebutuhan.
Teknologi ini memungkinkan pengambilan gambar menjadi lebih sederhana dan minim editing. Bukan cuma itu, kerumitan pengaturan kamera hingga pengeditan foto atau visual yang memakan waktu kini tak lagi diperlukan, cocok banget untuk foto-foto ala candid untuk pamer outfit Kartini terbaik kamu atau saat ikut acara bareng bestie di kantor kamu menggunakan Galaxy S24 Series.
Terkadang bikin konten menggunakan smartphone sering menghadapi kesulitan untuk menangkap momen-momen yang berlangsung cepat karena berbagai keterbatasan. Gambar yang dihasilkan mungkin blur, kurang fokus, atau banyak noise.
“Dengan Galaxy S24 Series bisa menjadi versatile device dengan kapabilitas kamera mumpuni yang dilengkapi teknologi ProVisual Engine. Memberikan kemudahan lebih bagi pengguna dalam mengambil foto di setiap momen yang tidak ingin terlewatkan tanpa memakan banyak waktu,” ujar Verry Octavianus, MX Product Marketing, Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.
Nah, agar kamu bisa bebas berekspresi di momen spesial, berikut ini tips untuk bikin konten OOTD Kartini pakai Galaxy S24 Series:
#1 Foto candid
Mengabadikan momen istimewa dengan cepat dan mudah kini menjadi lebih mungkin dengan Galaxy S24 Series. Dilengkapi dengan kemampuan ‘Faster Shot-to-Shot Shutter Speed’, perangkat ini mampu mengambil foto dengan kecepatan 30 persen lebih cepat daripada seri sebelumnya.
Dengan demikian, kamu bisa menangkap lebih banyak momen berharga dalam waktu yang singkat lalu menggabungkannya menjadi sebuah video pendek, seperti tren di media sosial saat ini atau mengabadikan momen spesial seperti lomba fashion show dengan kebaya ataupun outfit lainnya.
Selain itu, kamera Galaxy S24 Series juga dilengkapi dengan fitur Motion Photo. Cara kerja fitur ini sangat mengesankan, memungkinkan pengguna untuk menangkap momen hingga 90 frames dengan pratinjau selama tiga detik sebelum dan setelah menekan tombol shutter.
Bahkan jika momen terlewatkan, kamu tetap dapat mendapatkan hasil foto yang memuaskan. Untuk memberikan sentuhan kreatif pada hasil foto, kamu juga bisa menggabungkan beberapa Motion Photo menjadi gambar long exposure.
Cara kerja kamera Galaxy S24 Series sehingga bisa menghasilkan Motion Photo dengan gambar pratinjau hingga 3 detik.
Kamu juga bisa memilih frame manapun dari Motion Photo untuk disimpan sebagai gambar tersendiri.
Cara untuk menyimpan salah satu frame yang telah dijepret pun mudah, kamu bisa mengikuti step by step berikut:
1. Masuk ke Camera
2. Nyalakan iconMotion Photo yang terdapat di bagian kanan
3. Pencet tombol shutter seperti biasa kamu ingin mengambil foto
4. Masuk ke Gallery dan pilih foto yang sudah berhasil diambil
5. Pencet tombol ‘View Motion Photo’ di foto tersebut
6. Cari gambar terbaik dalam Motion Photo, lalu klik pilihan Quick Crop
Nyalakan Motion Photo untuk mengabadikan setiap momen dengan sempurna!
Setelah mengikuti cara-cara tersebut, satu frame foto yang kamu inginkan akan berhasil diabadikan meski kamu terlambat memencet tombol shutter sebelumnya.
Berkat peningkatan otomatis AI, frame yang dipilih itu akan tersimpan sebagai gambar beresolusi tinggi dengan detail yang lebih baik hingga 12MP.
Motion Photo juga menawarkan kemampuan Super High Dynamic Range (HDR), sehingga foto-foto yang diambil bahkan dalam kondisi cahaya yang kurang ideal akan tetap tampak jelas.
#2 Makin stunning dengan Instant Slow-mo
Kamu juga bisa membuat konten tampilan outfit di Hari Kartini terlihat lebih dramatis dengan menggunakan fitur Instant Slow-mo.
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengedit video secara instan tanpa perlu menggunakan aplikasi pengedit video tambahan yang kompleks. Didukung dengan teknologi AI Frame Rate Conversion (AI FRC), konversi video ke slow-motion di Galaxy S24 Series lebih cepat dan mudah.
AI FRC bekerja dengan cara mengubah video yang diambil dalam berbagai pengaturan menjadi slow-motion. Setiap dua frame dari video asli dianalisis oleh AI untuk menghasilkan frame perantara yang membuat video slow-motion terlihat mulus.
Proses interpolasi frame dan pemrosesan visual lainnya dilakukan untuk memastikan hasil slow-motion yang akurat dan detail.
Berkat teknologi AI FRC, konten slow-motion dari Galaxy S24 Series kamu jadi lebih stunning dan mulus
Hasilnya adalah video slow-motion yang halus, detail, dan memukau, tanpa harus melibatkan proses editing yang rumit. Tidak hanya itu, fitur Instant Slow-mo di Galaxy S24 Series bisa mengubah video HD 24fps menjadi video slow-motion UHD 60fps yang epic, bahkan membuat video slow-motion dari FHD 240fps ke UHD 120fps berada di level slow motion yang lebih ekstrim.
Hasil Instant Slow-mo yang bikin video OOTD kamu semakin stunning dengan sangat praktis
#3 Di outdoor dengan pencahayaan optimal berkat ND Filter
Galaxy S24 Series memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menangkap momen tak terduga dalam berbagai kondisi, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, tanpa perlu khawatir.
Di luar ruangan, pengambilan gambar dengan pencahayaan yang optimal menjadi lebih mudah berkat fitur Digital ND (Natural Density) Filter. Fitur yang umumnya ditemui pada kamera profesional ini berfungsi untuk mengatur pencahayaan, mengurangi noise, serta menyesuaikan exposure.
Menggunakan ND Filter yang tersedia di Galaxy S24 Series membuat pengguna dapat menyesuaikan pencahayaan foto dengan bebas
Fitur ini sangat berguna untuk mengatasi tantangan ketika ingin mengabadikan foto dengan outfit terbaik dengan angle full-body di luar ruangan, di mana kondisi pencahayaan sering tidak konsisten. Galaxy S24 Series juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pencahayaan langsung dari layar pratinjau kamera. Rentang pengaturan ND Filter, mulai dari ND2 hingga ND1000, memberikan fleksibilitas dalam mengatur kegelapan foto.
ND Filter di Galaxy S24 Series mampu menyesuaikan pencahayaan pada kamera hp kamu dengan sangat praktis dan mudah
Dengan adanya fitur ND Filter, Galaxy S24 Series dapat menghasilkan foto yang berkualitas tinggi dan artistik tanpa perlu menggunakan peralatan tambahan atau melakukan editing berlebihan setelah pengambilan foto.
Keunggulan ini menciptakan pengalaman fotografi yang lebih intuitif dan memuaskan bagi pengguna Galaxy S24 Series yang menginginkan hasil profesional dengan cara yang praktis.
Menggunakan ND Filter membuat pencahayaan pada foto yang dijepret menjadi lebih sempurna, tidak over ataupun under exposure.
Buat OOTD Hari Kartini kamu dengan Galaxy S24 Series!
Galaxy S24 Series dilengkapi kemampuan kamera mumpuni untuk memungkinkan kamu mendapatkan konten terbaik setiap saat. Galaxy S24 Ultra hadir dengan harga mulai dari Rp21.999.000 (12GB/256GB). Galaxy S24+ dibanderol dengan harga mulai dari Rp16.999.000 (12GB/256GB). Galaxy S24 tersedia dengan harga mulai dari Rp13.999.000 (8GB/256GB). (Icha)
Telko.id – Lenovo memperkenalkan laptop bisnis terbarunya dalam seri ThinkPad L dan seri ThinkPad X13. Laptop-laptop baru ini merupakan bukti komitmen Lenovo terhadap inovasi dan keberlanjutan.
Ya, deretan laptop Lenovo terbaru nya ini memiliki dengan fitur-fitur seperti kemampuan perbaikan yang ditingkatkan, lebih banyak bahan daur ulang, manajemen daya yang efisien, dan kemampuan pemrosesan yang kuat dengan keamanan dan pengelolaan bawaan.
Dengan ini, Lenovo tidak hanya memamerkan keahlian teknologinya tetapi juga dedikasinya untuk mendukung basis pelanggan yang beragam dalam mencapai kesuksesan di berbagai segmen bisnis.
ThinkPad seri L dan seri X13 terbaru dari Lenovo dengan berbagai kemajuan, dihadirkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Model-model baru ini menawarkan beberapa ukuran – termasuk 13 inci atau 13 inci 2-in-1, 14 inci dan memperkenalkan layar 16-inci baru di ThinkPad L16 – yang memenuhi kebutuhan mereka akan portabilitas tanpa mengorbankan kinerja.
Dilengkapi dengan kamera 5MP opsional yang beresolusi lebih tinggi, membuat penggunanya dapat memaksimalkan kemampuan konferensi video dan pembuatan konten yang lebih baik. Layar rasio 16:10 dirancang untuk menawarkan pengalaman menonton yang mendalam untuk produktivitas yang optimal dan dengan dukungan hingga 64GB RAM, laptop ini menjanjikan multitasking yang mulus dan performa yang unggul.
Adanya peningkatan pada termal ventilasi belakang memastikan pendinginan yang efisien untuk penggunaan dalam waktu lama, sementara model tertentu menawarkan dukungan hingga Wi-Fi 7 dan 4G LTE atau 5G sub6 pada model tertentu, meningkatkan opsi konektivitas.
Ditenagai oleh prosesor Intel Core UltraTM dengan prosesor Intel vPro atau AMD RyzenTM PRO 7030 Series pada ThinkPad L14 Gen 5 dan L16 Gen 1, laptop-laptop baru ini dirancang untuk menjalankan Windows 11 secara optimal dan siap untuk meningkatkan produktivitas serta membantu menyederhanakan pekerjaan profesional.
Keberlanjutan dan Aksesibilitas Lebih dari Material
Laptop bisnis generasi mendatang dituntut untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik sekaligus membuat langkah untuk meningkatkan dampaknya terhadap ekonomi sirkular.
Untuk membantu Lenovo dalam mengurangi emisi dan membantu pelanggan dengan tujuan keberlanjutan mereka, Lenovo telah membuat kemajuan yang signifikan di bidang ini melalui pengembangan rantai pasokan, layanan, desain produk, dan bahan yang inovatif, yang memungkinkan mereka bertransisi ke model sirkular “design, use, return, re-use.”
Laptop ThinkPad terbaru dari Lenovo semakin mewujudkan komitmen ini dengan meningkatkan kemampuan perbaikan untuk membantu mengurangi limbah elektronik, menawarkan teknologi baru dari 3M yang meningkatkan kecerahan layar sekaligus mengurangi konsumsi daya, dan menggabungkan taktil baru untuk pengalaman pelanggan yang lebih inklusif.
Dibentuk pada tahun 2020, Lenovo Product Diversity Office (PDO) berupaya menerapkan Diversity by Design dan memperkenalkan checkpoint pada fase perencanaan, pengembangan, dan eksekusi produk Lenovo, yang menyatakan bahwa solusi kami inklusif dan mudah diakses.
PDO Lenovo bekerja sama dengan berbagai kelompok pengguna, termasuk Governor Morehead School bagi para tunanetra untuk meningkatkan pemahaman tentang interaksi PC dengan pengguna tunanetra dan mereka yang memiliki pandangan buruk.
Lenovo, bekerja sama dengan tim Aksesibilitas Microsoft, menggabungkan isyarat taktil baru untuk meningkatkan aksesibilitas dalam desain keyboard, menetapkan standar industri baru. Tanda-tanda baru ini sekarang diintegrasikan ke dalam model ThinkPad desain baru pada tahun 2024.
ThinkPad T14 Gen 5, T14s Gen 5, dan ThinkPad L14 Gen 5 yang baru saja diumumkan Lenovo pada 19 Maret 2024 untuk pasar global dilengkapi dengan solusi Optical Film 3M mutakhir yang dibuat menggunakan teknologi DBEF5 pada layar laptop 14 inci tertentu.
Teknologi ini merupakan kemajuan yang signifikan dalam kualitas layar. Dengan memanfaatkan Optical Film ini, Lenovo memastikan bahwa layar laptop mereka tidak hanya memberikan kecerahan yang luar biasa, kini mencapai 400nits dari 300nits, tetapi juga berkontribusi dalam mengurangi konsumsi daya hingga 165%, serta meningkatkan efisiensi energi tanpa mengorbankan kejernihan visual.
Fitur inovatif ini menyoroti komitmen Lenovo untuk memberikan kinerja terbaik kepada pengguna dengan tetap memperhatikan konsumsi energi.
Salah satu fitur utama dari ThinkPad L14 Gen 5 dan L16 Gen 1 yang baru adalah kemampuan perbaikan yang lebih baik, dengan dukungan dari iFixit yang memberikan skor awal 9 dari 10.
Seperti dalam pengumuman ThinkPad T14 Gen 5 dan T16 Gen 3 baru-baru ini, kemitraan ini mengidentifikasi cara-cara untuk meningkatkan desain dan rekayasa sehingga pengguna dapat dengan mudah memperbaiki dan meningkatkan perangkat mereka, melalui unit pelanggan yang replaceable (CRU) yang mudah didapat seperti DIMM, keyboard, SSD, dan WWAN.
Dengan demikian dapat memperpanjang masa pakai mesin pengguna dan membantu mengurangi limbah elektronik. Komitmen untuk meningkatkan kemampuan perbaikan ini membedakan Lenovo dari produsen lain dan memperkuat dedikasi mereka dalam menghasilkan produk yang lebih andal dan tahan lama.
NPUs demi Kemampuan AI yang Ditingkatkan
Dimasukkannya prosesor Intel Core Ultra dalam ThinkPad L Series dan X13 Series adalah game-changer bagi pengguna yang ingin memanfaatkan AI dalam alur kerja mereka. NPU adalah prosesor yang dirancang khusus untuk tugas-tugas AI, seperti pengenalan gambar, pemrosesan bahasa alami, dan pembelajaran mesin.
Dengan membebankan tugas-tugas ini ke perangkat keras khusus, pengguna dapat menikmati peningkatan kinerja, pengurangan konsumsi daya, dan kecepatan komputasi yang lebih cepat.
Hal ini menghasilkan pengalaman komputasi yang lebih efisien dan responsif, menjadikan perangkat ThinkPad baru ini ideal untuk alur kerja yang digerakkan oleh AI.
Copilot di Windows berada di ujung jari pengguna sebagai pendamping AI mereka sehari-hari, bekerja di berbagai aplikasi berbeda di Windows 11 untuk menyederhanakan tugas, mengontrol pengaturan, dan memulai kreativitas. Akses cepat ke AI dengan sekali tekan tombol Copilot.
Intel Core Ultra akan mendukung lebih dari seratus aplikasi yang telah ditingkatkan untuk AI, termasuk aplikasi seperti Zoom, Microsoft Teams, Adobe Lightroom, dan Studio Effects yang dioptimalkan untuk memberikan pengalaman pengguna yang superior, ditandai dengan fungsionalitas intuitif dan kemampuan yang dinamis.
Fitur-fitur seperti prediksi teks, transkrip meeting, dan ringkasan email meningkatkan produktivitas, sementara alat konten digital memberdayakan kreativitas tanpa mengorbankan kinerja sistem.
Kolaborasi Lenovo dengan mitra strategis untuk menghadirkan solusi AI yang dipersonalisasi, mendorong pergeseran transformatif dalam PC, memimpin jalan menuju pengalaman pengguna yang lebih intuitif dan efisien.
Dedikasi untuk inovasi dan peningkatan dalam hal keberlanjutan
Lenovo ThinkPad L14 Gen 5 dan ThinkPad L16 Gen 1 tersedia dengan prosesor AMD Ryzen PRO 7030 Series yang telah dirancang dengan cermat untuk unggul dalam lingkungan yang menantang dari operasi bisnis yang dikelola IT.
Dengan hingga 8 inti pemrosesan berkinerja tinggi, prosesor ini menghadirkan kemampuan multitasking secepat kilat, memfasilitasi produktivitas tanpa hambatan dalam menghadapi tugas-tugas berat.
Menampilkan grafis terintegrasi AMD RadeonTM, pengguna mendapatkan keuntungan dari peningkatan kinerja untuk visualisasi, streaming 4K yang lancar, dan dukungan multi-display yang kuat.
Selain itu, integrasi AMD PRO Technologies meningkatkan protokol keamanan yang bersinergi dengan solusi Lenovo ThinkShield, menyederhanakan pengelolaan, dan membantu meningkatkan stabilitas dan keandalan ThinkPad.
Didesain untuk memenuhi kebutuhan tim IT yang berat, ThinkPad L14 Gen 5 dan L16 Gen 1 yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen PRO 7030 Series adalah laptop dengan kekuatan yang dapat diandalkan dan dirancang untuk mengoptimalkan efisiensi dan kinerja untuk bisnis yang beroperasi di lanskap IT yang kompleks.
“Laptop bisnis terbaru Lenovo, seri ThinkPad L dan seri ThinkPad X13 menunjukkan dedikasi Lenovo terhadap inovasi dan peningkatan dalam hal keberlanjutan, dengan menawarkan fitur-fitur seperti perbaikan yang lebih mudah, peningkatan penggunaan bahan daur ulang, dan manajemen daya yang lebih efisien,” ujar Tom Butler, direktur eksekutif, IDG Commercial Product Portfolio, Lenovo.
Dengan kemampuan pemrosesan yang kuat dan dirancang untuk menawarkan pengalaman yang dioptimalkan dengan AI, keamanan internal, dan pengelolaan yang lebih baik, laptop-laptop ini sangat cocok untuk para profesional bisnis yang mencari teknologi berkinerja tinggi dan lebih ramah lingkungan. (Icha)
Telko.id – Pupuk Indonesia gandeng Snowflake Data Cloud untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur datanya yang meningkat tajam terkait penyediaan teknologi pertanian cerdas terkini kepada lebih dari 95.000 petani kecil di Indonesia.
Indonesia adalah salah satu produsen dan eksportir produk pertanian terbesar di dunia, yang menyuplai komoditas penting seperti minyak kelapa sawit, karet alami, kakao, kopi, beras, dan rempah-rempah ke seluruh dunia, dan berkontribusi senilai 12% terhadap ekonomi negara.
Oleh karena itu, Pupuk Indonesia memahami pentingnya menciptakan pertanian berkelanjutan untuk melindungi mata pencaharian dan ketahanan pangan jutaan penduduk Indonesia.
Teknologi dan data memainkan peran penting bagi Pupuk Indonesia dalam membantu petani di Indonesia mencapai puncak produktivitas lahan.
Dengan memanfaatkan Snowflake Data Cloud, Pupuk Indonesia mampu menangani sejumlah besar data terstruktur, semi-terstruktur, dan tidak terstruktur yang diperlukan untuk membuat model profil pelanggan yang sangat rinci.
Dengan menggunakan analitik data seperti kesehatan tanaman, kondisi tanah, dan laporan cuaca, Pupuk Indonesia dapat merekalibrasi jumlah pupuk dan nutrisi tanaman untuk menghadirkan pertanian yang presisi kepada pelanggan.
Sebelumnya, infrastruktur data Pupuk Indonesia berupa data lakeon-premises yang amat bergantung pada pengaturan, pengelolaan, dan konfigurasi manual. Tim yang kecil turut mempersulit penskalaan, sehingga memengaruhi kualitas keputusan dan laju inovasi.
Dengan beralih ke Snowflake, Pupuk Indonesia dapat memanfaatkan sumber fakta tunggal untuk makin memahami kebutuhan pelanggan. Tim Pupuk kini dapat menganalisis data secara independen, yang membantu terbentuknya budaya berbasis data sekaligus mempercepat proyek dan memberikan hasil yang lebih akurat.
Berkat Snowflake yang mudah digunakan dan hampir tidak membutuhkan pemeliharaan, tim Pupuk dapat mengalokasikan lebih banyak waktu untuk mengambil keputusan strategis ketimbang mengelola platform data.
“Saat mencari solusi data dan analitik yang efisien dan ramah pengguna, kami mengambil keputusan strategis untuk beralih ke platform data cloud Snowflake,” jelas Dommy Asfiandi, Manager Project of Data Science, Pupuk Indonesia.
Dommy menambahkan bahwa kemudahan penggunaan dan pemeliharaan Snowflake yang rendah melampaui ekspektasi kami.
“Kini, tim kami merasakan laju pelaksanaan proyek analitik data yang lebih cepat, sehingga dapat memberikan wawasan yang lebih akurat dibanding sebelumnya,” lanjut Dommy.
Menurut Asfiandi, transisi Pupuk sepenuhnya ke platform awan juga memungkinkan demokratisasi data dalam perusahaan dengan diberdayakannya 40 karyawan sebagai citizen data analyst.
Dalam waktu dekat, perusahaan telah menetapkan target ratusan citizen data analyst baru, sebuah perkembangan yang diharapkan akan memungkinkan pengambilan keputusan berbasis data di seluruh organisasi.
“Dengan memanfaatkan kapabilitas Snowflake Data Cloud yang terus terdepan, Pupuk Indonesia dapat memperoleh wawasan berharga yang diperlukan untuk menyediakan layanan pertanian cerdas, sehingga mengoptimalkan sektor pertanian dan berkontribusi pada pencapaian produksi pangan berkelanjutan di Indonesia,” ungkap Satchit Joglekar, Regional Director for Emerging Markets, Snowflake ASEAN. (Icha)
Telko.id -Erajaya Active Lifestyle (ticker code: ERAL) mengumumkan kehadiran DJI Avata 2, drone generasi terbaru dari seri Avata yang memberikan pengalaman terbang dengan sudut pandang orang pertama, di jaringan ritel Erajaya Group.
Pelanggan setia juga bisa mendapatkan perangkat pendukung terbaru yakni DJI Goggles 3 dan DJI RC Motion 3 yang dirancang untuk dipasangkan dengan DJI Avata 2.
“Sejak diperkenalkan tahun 2022, DJI Avata mendapatkan sambutan yang antusias dari komunitas penerbang drone maupun pembuat konten karena kemampuannya dalam menghasilkan video dengan pendekatan yang berbeda dan berani,” kata Djohan Sutanto, CEO Erajaya Active Lifestyle.
Alasan tersebut yang mendorong Erajaya Active Lifestyle untuk menghadirkan generasi kedua dari drone ini di pasar Indonesia.
“Melalui peningkatan yang dihadirkan, DJI Avata 2 akan menjadi idola baru bagi para penerbang drone yang ingin merasakan pengalaman terbang secara imersif,” kata Djohan Sutanto, CEO Erajaya Active Lifestyle.
Drone ini hadir dengan sejumlah penyempurnaan pada sensor kamera Super Wide Angle 12 CMOS 1/1.3 inchi yang mampu menghasilkan video dengan resolusi hingga 4K/60fps serta dukungan mode warna D-Log M 10-bit yang akan merekam informasi warna untuk proses penyuntingan video.
Lensa Super-Wide dengan sudut bidik hingga 155° memungkinkan penerbang drone untuk mengambil gambar dalam jarak dekat dan mendapatkan perspektif yang unik.
Video yang dihasilkan dari manuver udara drone ini akan tetap terjaga kestabilannya berkat algoritma stabilisasi yang menjadi unggulan dari DJI yakni DJI RockSteady yang menstabilkan goncangan meski terbang dengan kecepatan tinggi atau kondisi berangin, serta DJI HorizonSteady yang mengunci gambar pada garis cakrawala meskipun drone berbelok tajam atau mengayun.
Bahkan ketika dua fitur stabilisasi dinonaktifkan, drone ini mendukung fitur Gyroflow yang membantu stabilisasi gambar di tahap penyuntingan video saat proses pascaproduksi.
Penerbang drone kini memiliki waktu lebih lama untuk menerbangkan DJI Avata 2 dan merekam aksi akrobatik mereka hingga 23 menit.
Dukungan pengisian daya cepat Power Delivery (PD) memungkinkan drone ini bisa diisi dalam waktu singkat agar bisa segera terbang kembali.
Two-Way Charging Hub memiliki fitur akumulasi daya untuk mentransfer daya yang tersisa dari beberapa baterai ke satu baterai yang memiliki daya paling tinggi untuk kebutuhan mendesak.
DJI memastikan dukungan teknologi transmisi video O4 ke perangkat ini yang memiliki jarak transmisi video maksimum 13 kilometer dengan latensi rendah hingga 24 mdtk.
Dengan demikian penerbang drone tidak lagi perlu khawatir dengan resiko gangguan koneksi yang muncul saat drone ini mengudara.
Drone ini hadir bersama dua perangkat yang melengkapi pengalaman menerbangkan drone yang imersif yakni DJI Goggles 3 dan DJI RC Motion 3.
DJI Goggles 3hadir dengan fitur diopter yang dapat disesuaikan, dua layar micro-OLED yang mendukung tampilan 10-bit dengan dukungan refresh rate hingga 100 Hz dan transmisi latensi ultra rendah.
DJI RC Motion 3 memungkinkan penerbang drone untuk mengeksekusi manuver akrobatik di udara dengan mudah sehingga mereka bisa menghasilkan rekaman video yang tidak terlupakan.
Erajaya Active Lifestyle menghadirkan 3 opsi pembelian untuk DJI Avata 2 yakni drone only senilai Rp6,980,000, paket DJI Avata 2 Fly More Combo (satu baterai) senilai Rp13,900,000 dan paket DJI Avata 2 Fly More Combo (tiga baterai) senilai Rp16,300,000.
Pelanggan bisa mendapatkannya di DJI Experience Store, Urban Republic, Erafone, iBox dan dealer resmi. Pembelian secara online juga dilayani di laman e-commerce eraspace, dan DJI Official Store di Tokopedia, Shopee dan Blibli. (Icha)
Telko.id – Setelah peluncurannya secara global di tahun 2023 silam, Hyundai membawa IONIQ 5 N untuk menjajal Sirkuit Parcmotor Castellolí, Barcelona untuk menunjukkan secara langsung performa tinggi dari IONIQ 5 N.
Sirkuit Parcmotor Castellolí merupakan kompleks arena balap terkemuka di Spanyol dan Eropa. Dibangun di lahan seluas lebih dari 800.000 meter persegi, Sirkuit Parcmotor Castellolí memiliki fasilitas dan layanan yang komprehensif untuk mendukung berbagai kegiatan balap, termasuk bagi tim- tim profesional yang ingin melakukan sesi latihan hingga pengembangan kendaraan.
Lengkap dengan lanskap pemandangan alam di sekelilingnya, Sirkuit Parcmotor Castellolí pun menawarkan pengalaman berkendara yang tak terlupakan bagi para penggemar balap dan di sulap menjadi N Playground & N Campus.
Pengalaman performa tinggi
Didesain untuk menghadirkan pengalaman berkendara berperforma tinggi yang fun to drive, IONIQ 5 N melaju secara langsung di lintasan balap, pengendara dapat merasakan fitur-fitur khas yang inovatif khas Hyundai N Brand.
Salah satu fitur eksklusif IONIQ 5 N yang mampu meningkatkan performa kendaraan di lintasan balap adalah N Grin Boost yang mampu meningkatkan akselerasi dengan tambahan daya selama 10 detik.
Selain itu, ada juga N Launch Control yang memiliki tiga tingkat traksi yang berbeda, untuk melaju dengan starter kendaraan tercepat sehingga peserta bisa memacu IONIQ 5 N layaknya mobil balap profesional.
Ketika berkendara di Sirkuit Parcmotor Castellolí atau N Playground, pengendara dapat merasakan pengalaman berkendara yang lebih intens dengan IONIQ 5 N melalui sensasi drifting yang menegangkan.
Di trek balap, pengendara dapat menggunakan langsung teknologi kontrol elektronik yang mutakhir dari IONIQ 5 N, salah satunya dari fitur N Drift Optimizer yang mampu menyeimbangkan kendali kendaraan secara real time untuk mempertahankan posisi kendaraan saat drifting.
Fitur tersebut dilengkapi dengan Torque Kick Drift yang memungkinkan clutch kick action layaknya kendaraan rear-wheel-drive ICE, sehingga bisa mendapatkan inisiasi drift yang cepat.
Menariknya lagi, pengendara dapat merasakan kendali mobil yang intuitif saat cornering berkat fitur N Torque Distribution. Patut diketahui, IONIQ 5 N merupakan EV pertama dari Hyundai N Brand dengan sistem four-wheel drive.
Dari situ, N Torque Distribution hadir sebagai solusi canggih yang memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan distribusi torsi di bagian depan dan belakang. Kehadiran fitur ini memungkinkan untuk merubah sistem four-wheel drive menjadi rear-wheel drive sesuai dengan kebutuhan saat berkendara.
N Torque Distribution, yang terinspirasi kontrol presisi dari mobil-mobil di ajang WRC, bisa digunakan hanya dengan sekali tekan tombol untuk mengaktifkan kemampuan cornering yang optimal di segala kondisi.
Fitur ini pun dilengkapi dengan Electronic Limited Slip Differential (E-LSD) di as roda belakang untuk meningkatkan performa dan kendali kendaraan saat cornering secara maksimal layaknya menggunakan mobil rear-wheel drive.
IONIQ 5 N pun semakin memanjakan para pengendara dengan fitur N Race yang menawarkan mode berkendara dengan pengalaman mengemudi yang luar biasa.
Fitur N Race dapat mengontrol konsumsi energi IONIQ 5 N sehingga meningkatkan daya tahan EV tersebut selama berada di sirkuit, ataupun menjaga performa kendaraan yang memungkinkan pengendara untuk mencatat waktu berkendara tercepat.
Fitur N Race dapat digunakan dengan sistem pengaturan yang mudah, cukup dengan mengoperasikan tombol pada kendaraan. (Icha)
Telko.id – Kinerja PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) pada akhir kuartal pertama 2024, membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp37,4 triliun atau tumbuh 3,7% YoY.
Pencapaian ini didorong oleh pertumbuhan kinerja Telkom pada bisnis Data, Internet & IT Services senilai 11,3% YoY menjadi Rp22,1 triliun. Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi (EBITDA) perseroan tercatat positif sebesar Rp19,4 triliun atau tumbuh 2,2% YoY dengan margin EBITDA yang stabil di kisaran 51,9%.
Sementara itu, kinerja Telkom mencatatkan laba bersih operasi Rp6,3 triliun atau tumbuh positif 3,1% dengan margin sebesar 16,9%. Hal ini menunjukkan kinerja perseroan yang cukup memuaskan di tengah kondisi industri yang kian menantang.
“Awal tahun 2024, TelkomGroup masih fokus pada langkah transformasi melalui strategi utama Five Bold Moves. Alhamdulillah kinerja perseroan masih berjalan cukup baik, meski kondisi industri penuh tantangan dan gejolak geopolitik global yang memberikan pengaruh besar terhadap kondisi makroekonomi, termasuk kinerja saham Telkom,” kata Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkom.
Meski demikian, Telkom optimis apa yang tengah dilakukan saat ini akan memberikan output yang positif untuk keberlanjutan perusahaan di waktu mendatang.
“Kami akan terus menjalankan bisnis dengan berfokus pada penguatan digital connectivity, digital platform, dan digital service,” ungkap Ririek menambahkan.
Pada segmen Mobile, Telkomsel selaku anak usaha Telkom membukukan pendapatan positif Rp28,5 triliun dengan tingkat profitabilitas yang sehat. Hal ini didukung oleh pertumbuhan Digital Business sebesar Rp19,7 triliun atau tumbuh 8,6% YoY. Lalu lintas data juga mengalami peningkatan cukup baik sebesar 14,4% YoY menjadi 4.823.809 TB.
Telkomsel terus fokus pada produktivitas pangsa pasar dengan jumlah pelangan seluler mencapai 159,7 juta atau tumbuh 5,7% YoY dan pelanggan IndiHome residensial (B2C) 8,9 juta pada akhir Maret 2024.
Demi memperkuat posisi sebagai pemain dominan dalam aspek jangkauan konektivitas dan kualitas layanan, saat ini Telkomsel memiliki (BTS), yang terdiri dari 257.349 Base Transceiver Station 207.671 BTS 4G dan 710 BTS 5G.
Pada segmen Enterprise, perseroan mencatat kinerja sebesar Rp4,5 triliun dengan layanan B2B Digital IT Services dan Enterprise Connectivity sebagai kontributor utama pendapatan. Telkom terus memperkuat kapabilitas di bisnis Cloud, Digital IT Services dan Cyber Security, termasuk menjalin kerja sama strategis dengan pemain teknologi global.
Selanjutnya, segmen Wholesale dan Internationalmencatat pendapatan Rp4,8 triliun atau tumbuh 17,8% YoY dikontribusi pertumbuhan pada bisnis layanan suara wholesale internasional dan bisnis infrastruktur digital. Hingga akhir Maret 2024, bisnis data center dan cloud TelkomGroup membukukan pendapatan Rp449 miliar atau tumbuh 24,6% YoY.
Pada bisnis menara telekomunikasi, Mitratel mencatat pendapatan Rp2,2 triliun atau tumbuh 7,3% YoY, didorong oleh pendapatan sewa menara. EBITDA dan laba bersih tumbuh masing- masing sebesar 9,9% dan 4,0% YoY dengan margin keduanya yang semakin baik senilai 83,5% dan 23,6%.
Sepanjang kuartal I/2024, Mitratel menambah sebanyak 121 tower baru sehingga total kepemilikan tower menjadi 38.135 tower dengan tenancy ratio yang meningkat cukup baik dari 1,46x di 2022 menjadi 1,52x pada akhir Maret 2024.
Pada akhir Februari 2024, Telkom melalui anak usahanya Telkomsat sukses meluncurkan Satelit Merah Putih 2 langsung dari Cape Canaveral, Florida. Satelit yang diluncurkan dengan roket Falcon 9 dan telah menempati slot orbit 113 derajat Bujur Timur (113 BT).
Ini merupakan satelit ke-11 sekaligus satelit pertama TelkomGroup yang menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS). Peluncuran Satelit Merah Putih 2 ini merupakan momentum penting bagi Telkom dalam mendukung terwujudnya pemerataan akses konektivitas di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T). menjadi fondasi yang memperkuat portofolio bisnis satelit TelkomGroup yang dijalankan Telkomsat.
Setelah inisiatif FMC, perseroan juga mempersiapkan DCCo. Telkom melalui anak usahanya Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) fokus mengembangkan bisnis Hyperscale Data Center dan Enterprise Data Center untuk melayani kebutuhan korporasi besar dari berbagai segmen pelanggan.
Sementara itu Edge Data Center yang dimiliki difokuskan untuk mendukung layanan pemerintah lokal, operator telekomunikasi dan provider internet lokal, serta pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di seluruh Indonesia.
Hingga akhir 2024, NeutraDC fokus meningkatkan kapasitas sebesar 18 MW untuk Hyperscale Data Center Cikarang yang ditujukan bagi berbagai segmen pelanggan antara lain hyperscaler,
implementasi strategi perbankan, dan juga pemerintah.
Selanjutnya, perseroan juga memiliki inisiatif InfraCo melalui entitas Telkom Infrastruktur Indonesia yang dibentuk pada akhir 2023 yang fokus pada pengelolaan infrastruktur dan jaringan.
Tahun ini, Telkom Infrastruktur Indonesia fokus mempersiapkan diri untuk menjalankan aktivitas opersional dalam pengelolaan jaringan end-to-end TelkomGroup.
Ke depannya, TelkomInfrastruktur Indonesia berkomitmen untuk mendukung TelkomGroup dalam membentuk sebuah standar baru dalam hal inovasi, efisiensi, dan penciptaan nilai, yang sejalan dengan kontribusi perseroan dalam mengakselerasi konektivitas nasional dan adopsi digital.
Dalam kurun tiga bulan pertama 2024, total belanja modal perseroan mencapai Rp5,1 triliun atau 13,6% dari total pendapatan. Anggaran ini difokuskan pada pengembangan infrastruktur jaringan telekomunikasi demi pengalaman digital pelanggan yang lebih baik.
Sejalan dengan implementasi inisiatif FMC, Telkom mengutamakan optimisasi synergy value dari belanja modal terkait jaringan akses, infrastruktur dan sistem IT untuk peningkatan efisiensi.
Anggaran belanja modal tersebut digunakan untuk pembiayaan beberapa inisiatif strategis TelkomGroup meliputi pembangunan BTS 4G dan 5G, pembuatan Satelit Merah Putih 2 yang saat ini berada di orbit 113 BT, penggelaran sistem komunikasi kabel laut, serta pembangunan Hyperscale Data Center di Cikarang dan Batam. (Icha)
Telko.id – Libur panjang Lebaran memang mengasyikan ketika ditemani oleh Galaxy A55 5G. Apalagi, kamera nya keren banget membuat setiap momen ketika liburan pun bisa tersimpan dengan baik atau pun berbagi di media sosial.
Selain itu, smartphone ini pun sangat mengasyikan diajak berlibur karena dapat menemani hari-hari mu ketika sedang menunggu atau diwaktu luang, bisa digunakan untuk melakukan kegiatan digital lainnya.
Apalagi, Galaxy A55 5G ini tergolong slim karena berdimensi 161.1 x 77.4 x 8.2 mm dan memiliki berat hanya 213 gram. Pas dibawa tanpa merepotkan sama sekali.
Penasaran seperti apa kehebatan dari perangkat ini? Yuk ikuti terus review Galaxy A55 5G yang menemani saat kamu libur panjang!
Ya, kamera pada Galaxy A55 5G ini sudah dibekali dengan Rear Camera – Resolution (Multiple)50.0 MP + 12.0 MP + 5.0 MP. Sedangkan untuk Front Camera – memiliki Resolution32.0 MP.
Jadi setiap moment yang kamu capture menggunakan Galaxy A55 5G ini akan terlihat ciamik banget walaupun kamu tidak punya skill khusus untuk fotografi.
Yang menarik adalah ketika merekam momen penting sekita kamu liburan itu, kamera akan menangkat objek dengan jernih dan ini yang sangat penting, tidak shacking sama sekali, walaupun kamu sedang dalam kendaraan.
Ya, memang ketika liburan, dalam perjalanan pun sering ada momen cantik yang sangat kalau dilewatkan.
Selain itu, dengan kemampuan kamera pada perangkat ini, memotret dengan kondisi pencahayaan yang minim pun dapat dihasilkan jepretan yang sangat maksimal. Warna-warni lampu nya dapat terlihat apik tanpa blur dan sungguh membuat puas.
Video stabil walaupun dalam perjalanan
Ketika dalam perjalanan, banyak juga moment yang mungkin ingin kamu rekam sebagai video. Tenang, Galaxy A55 5G ini pun sangat bisa diandalkan. Ada nya fasilitas video recording UHD 4K (3840 x 2160) @30fps dengan fasilitas OIS nya, membuat hasil rekaman sangat smooth.
Begitu banyak hasil rekaman yang dihasilkan melalui perangkat ini pun tidak akan membuat kamu khawatir jika tempat penyimanan akan full. Pasalnya, perangkat ini memiliki memori sebesar 8 GB dan ada juga yang 12 GB. Tentu, ini akan membuat tenang kamu ketika akan merekam begitu banyak video selama perjalanan.
Ditambah lagi, ada dukungan penyimanan Eksternal MicroSD (Up to 1TB) yang tentu akan semakin nyaman ketika liburan berbekal perangkat ini.
Quick Share Mudah dan Nyaman
Ingin berbagai momen dengan kerabat? Gampang, bisa juga dilakukan ketika kerabat mu tidak menggunakan smartphone Samsung karena ada fasilitas Qucik Share.
Nah, lantas seperti apa cara memanfaatkan fitur Quick Share yang ada di Galaxy A15 5G? Simak langkah-langkahnya berikut ini.
Pilih file yang ingin dikirim, lalu pilih ikon Share atau Bagikan
Pilih opsi Quick Share
Pilih penerimanya dan kirim file
Yang menarik, fitur ini juga mendukung perangkat lain non Samsung Galaxy, termasuk kerabat atau teman yang tidak berada di dekat pengguna. Jadi, fitur ini bisa dimanfaatkan pula untuk mengirimkan file ke siapa saja.
Untuk mengirimkan ke orang yang berbeda lokasi, pengguna Samsung Galaxy A55 5G bisa memanfaatkan opsi berbagi dengan QR Code atau link. Nah untuk melakukannya, simak langkah-langkahnya berikut ini.
Pilih file yang ingin dikirim, lalu pilih ikon Share atau Bagikan
Pilih opsi Quick Share
Kemudian, pilih opsi logo QR Code
Selanjutnya, penerima tinggal memindai QR Code yang ada di layar.
Opsi lainnya, pengguna bisa memilih copy URL untuk membagikan tautan file ke penerima yang lain
Asyiknya main game
Ya, ketika liburan, tentu main game menjadi salah satu kegiatan untuk menghabiskan waktu. Dengan perangkat ini, main game pun menjadi nyaman karena sudah didukung oleh CPU dan GPU yang mumpuni.
Main game jadi lebih menyengkan karena grafisnya yang mulus serta dan waktu loading yang cepat dengan grafis yang lebih.
Oh iya, perangkat ini pun memiliki teknologi pendinginan terbaru. Fitur tersebut diklaim mampu mengontrol panas yang lebih canggih dengan kinerja pendinginan yang lebih baik hingga 74%.
Ahhh jadi lebih menyenangkan untuk bermain game dalam waktu yang lama karea tidak perlu khawatir perangkat akan panas berlebih.
Nah, masalah cuaca juga tidak perlu dikhawatirkan ketika liburan berbekal Galaxy A55 5G ini. Pasalnya, perangkat ini sudah memiliki sertifikasi waterproof IP67, sehingga tahan terhadap air dan debu serta dapat bertahan saat jatuh dari ketinggian 1 meter atau terendam dalam air tawar selama maksimal 30 menit. (Icha)