spot_img
Latest Phone

TECNO Luncurkan POVA 7 Series, Desain Futuristik dan Performa Gaming AI

Telko.id - TECNO resmi meluncurkan POVA 7 Series di...

Google Akhirnya Gabungkan Android dan ChromeOS, Apa Kelebihannya?

Telko.id - Google secara resmi mengonfirmasi rencana besar mereka...

Garmin Venu X1 Resmi Dirilis: Smartwatch Teringan dengan Layar 2 Inci

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan Venu X1,...

OPPO Reno14 Pro Berbekal MediaTek Dimensity 8450, Performa Lebih Cepat

Telko.id - OPPO resmi memperkenalkan Reno14 Pro sebagai smartphone...

Apple Siapkan iPhone Lipat Pertama, Rilis 2026

Telko.id - Apple dikabarkan sedang mempersiapkan peluncuran iPhone lipat...
Beranda blog Halaman 1399

Inilah ‘Rapor’ ZTE di Semester I

0

Telko.id – ZTE meningkatkan laba bersih mereka sebesar 150 juta yuan atau setara dengan € 19.900.000 dan USD 22.400.000 secara year-on-year dalam semester awal tahun 2016. Hasil ini diperoleh berdasarkan keuntungan yang stabil dalam penjualan infrastruktur mobile, perangkat konsumen, dan penggelaran smart city.

Dilaporkan TotalTelecom (28/8), Vendor asal China ini mengkalim menjadi yang terdepan untuk penjualan peralatan 4G, melaporkan pertumbuhan yang solid dalam perangkat konsumen dan bisnis smart city.

Vendor infrastruktur China ini menghasilkan profit sebesar 1,77 miliar yuan pada semester pertama 2016 dibandingkan dengan 1,62 miliar yuan pada periode yang sama di tahun 2015, angka tersebut sekaligus meningkatkan pendapatan dengan 4.05% menjadi 47,76 miliar yuan. ZTE mengatakan sebagian besar pendapatan (58%) berasal dari pasar domestik, dan sisanya dari penjualan internasional.

Lebih lanjut, ZTE mengatakan pertumbuhan penjualan didorong oleh ekspansi stabil pangsa pasarnya di pasar jaringan operator selama semester pertama. Dalam sebuah pernyataan, perusahaan mengaku telah mempertahankan posisinya sebagai nomor satu untuk vendor perangkat 4G dalam hal pengiriman global untuk tahun ketiga berturut-turut, dan telah meningkatkan pangsa pasarnya di sektor infrastruktur nirkabel dan kabel.

Pasar infrastruktur untuk fixed operator ZTE menjadi generator penjualan terbesar selama periode tersebut dengan akuntansi sebesar 28,74 miliar yuan dari total pendapatan.

Sedangkan untuk bisnis konsumen, ZTE menghasilkan 14,42 miliar yuan pendapatan selama semester pertama tahun ini. vendor mengatakan smartphone premium termasuk model Axon dan blade membantu untuk mendorong mereka ke dalam daftar enam vendor top global selama kuartal kedua, dengan share yang kuat di Rusia, Swedia, Spanyol, Afrika Selatan, Meksiko, Australia, dan Amerika Utara.

Segmen goverment dan enterprise bisnis berhasil menyumbang 4,61 miliar yuan untuk vendor asal China ini dari total pendapatan selama semester pertama 2016. ZTE mengatakan infrastruktur smart city adalah pendorong utama pertumbuhan dalam divisi, mencatat bahwa perintah meningkat 40% secara year-on-tahun selama periode.

Perusahaan menambahkan bahwa solusi smart city mereka telah diimplementasikan di 145 kota pada akhir Juni, dan itu membuat terobosan di Eropa di bidang penerangan jalan cerdas dan metering.

OLX Bukukan 1.6 Juta Transaksi di Bulan Ramadan, Total Rp 37 Triliun

0

Telko.id – Selain memperkenalkan kampanye terbarunya yang bertajuk #BekasJadiApapun, dalam acara Media Update yang berlangsung di Jakarta hari ini, Jumat (26/8), OLX juga mengumumkan pencapaiannya selama Ramadan hingga Lebaran kemarin.

Diakui CMO OLX Edward Kilian, selain berhasil menembus angka 1 juta untuk pengguna aktif harian, OLX juga memfasilitasi 1.6 juta transaksi dengan nilai transaksi lebih dari Rp. 37 Triliun pada bulan Ramadan lalu, meningkat dari bulan sebelumnya (Maret) yang tercatat sebesar Rp 26 Triliun.

“Tren di bulan Ramadan kemarin tidak jauh berbeda dari bulan-bulan sebelumnya. Kategori elektronik dan gadget masih mendominasi,” kata Kilian.

Menyusul itu, Ia menambahkan, kategori otomotif seperti motor dan mobil masih berjaya, diikuti oleh keperluan pribadi di tempat keempat.

Di kategori gadget, OLX mencatat sebanyak 490 ribu smartphone terjual selama bulan Ramadan. Smartphone yang paling banyak diminati adalah mereka yang berada di kategori middle-end, dengan harga rata-rata Rp1,3 juta. Sementara untuk brand atau produsen sendiri, Samsung masih menempati peringkat teratas, disusul Apple, BlackBerry, Xiaomi, Asus dan Sony.

Di kategori otomotif, sebanyak 270 ribu motor diketahui telah terjual selama bulan Ramadan kemarin, dengan harga rata-rata Rp 13 juta, naik dari yang awalnya Rp 11 juta. Sementara itu, mobil tercatat laku sebanyak 260 ribu unit, atau naik 10%. Harga rata-rata mobil yang dicari adalah yang berada di kisaran Rp 160 juta, dengan Toyota menjadi brand yang paling diminati.

“Peningkatan di bulan puasa bukan sesuatu yang mengejutnya, karena OLX memang mengusung model bisnis berbeda dari e-commerce yang menjual produk baru,” tambah Kilian.

Tren yang sedikit berbeda disebut Kilian terjadi setelah Ramadan berakhir. Dan itu tidak lain karena booming game Pokemon Go. Diakuinya, iklan unik terkait game ini terus bermunculan. Bahkan hingga mencapai 4.300 iklan, sementara yang dihubungi oleh pengguna adalah 1.300.

“Sebagian besar iklan itu menawarkan jasa berburu Pokemon,” katanya.

Ia menjelaskan, melalui iklan itu, penjual menawarkan jasa antar kepada pengguna yang ingin berburu Pokemon, baik dengan menggunakan motor maupun mobil, dengan tarif sebesar Rp50 ribu per jam.

Menariknya, jasa antar berburu Pokemon ini tidak hanya marak di Jakarta, tetapi juga di beberapa wilayah lainnya seperti Surabaya dan Makasar.

Lewat #BekasJadiApapun, OLX Ajak Masyarakat Wujudkan Mimpinya

0

Telko.id – Setelah pada bulan Ramadhan lalu meluncurkan kampanye bertajuk #BekasJadiDuit, OLX kali ini kembali lagi dengan program terbarunya. Dipanggil #BekasJadiApapun, program ini bertujuan untuk mengajak masyarakat memanfaatkan berbagai macam barang yang tidak terpakai, untuk menjadi modal dalam mewujudkan mimpi atau keinginannya dengan lebih cepat.

Ditemui tim Telko.id dalam acara Media Update yang berlangsung di Jakarta hari ini, Jumat (26/8), CMO OLX Indonesia, Edward Kilian menyebut bahwa kampanye ini berawal dari pengalaman para pengguna OLX sendiri. Dimana setelah disurvei, diketahui bahwa mayoritas mengumpulkan berbagai macam jenis barang untuk dijadikan modal dalam mencapai keinginan atau mimpinya.

Untuk meng-upgrade smartphone misalnya, mereka tidak hanya menjual smartphone lamanya, tetapi juga mengumpulkan  barang-barang lain yang sudah tidak terpakai seperti pakaian, sepatu, jam tangan hingga alat elektronik lainnya untuk menjadi modal tambahan. Dengan melakukan itu, mereka mendapatkan smartphone yang diinginkan dengan lebih cepat dan dengan sedikit tambahan dana yang dibutuhkan.

“Melalui kampanye #BekasJadiApapun, OLX intinya ingin mengajak masyarakat menceritakan pengalamanannya dalam mewujudkan keinginan dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai,” kata Kilian.

Ia menjelaskan, beragam hadiah mulai dari voucher BBM hingga voucher belanja pun akan disediakan dalam kampanye ini, untuk mereka yang berhasil mewujudkan keinginannya.

“Kita akan memberikan gratis BBM selama 1 tahun untuk mereka yang berhasil mewujudkan mimpinya membeli mobil atau semacamnya, memberikan gratis pulsa 1 tahun untuk mereka yang berhasil meweujudkan mimpinya membeli gadget idaman, serta voucher belanja untuk barang lainnya,” tambahnya.

Selain memperkenalkan kampanye terbarunya, dalam kesempatan yang sama OLX juga mengurai sedikit mengenai fitur terbarunya, yakni berupa Notifikasi Chat. Menurut Kilian, fitur baru ini akan sangat membantu terutama di kalangan wanita yang umumnya merasa tidak nyaman atau takut untuk menunjukkan nomor teleponnya.

Layanan Digital XL Tumbuh 40.4%

0

Telko.id – Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis digital akan menjadi lahan baru bagi operator yang cukup mengiurkan di masa depan. Saat ini mungkin belum terlihat ‘sumbangannya’ terhadap bisnis secara keseluruhan. Di XL Axiata, layanan digital atau digital service memperlihatkan tren pertumbuhan. Setidaknya, pada semester 1 2016 terjadi pertumbuhan yang cukup menggembirakan. Di mana pertumbuhan penjualan mencapai 40.4% YoY. 

“Saat ini kontribusi dari layanan digital pada pendapatan perusahaan masih kurang dari 5%. Kedepannya, target kontribusi ini dapat meningkat di angka di atas 5%. Kami harus bekerja keras dan yakin akan bisa mencapainya,” ujar Joseph Lumban Gaol, Chief Digital Services Officer XL menjelaskan dalam Media Update (26/08).

Joseph menambahkan bahwa setidaknya hingga akhir tahun 2016 bisa menyentuh 6 sampai 7%, sumbangan digital service ini terhadap pendapatan perusahaan secara keseluruhan.

Untuk mencapai target sampai akhir tahun tersebut ada tiga hal yang akan dilakukan XL. Pertama, fokus di beberapa inisiatif transformasi XL yang sudah ada dan sangat relevan dengan dunia layanan digital. Sebagai contoh, di semester 2 nanti, XL akan gencar memasarkan solusi mobile broadband berbasis 4G untuk pasar SME.

Kedua, mempercepat transformasi organisasi untuk menuju sales/market centric organization. Salah satu bentukannya adalah dengan membentuk tim khusus yang menangani SME market.

Terakhir atau yang ketiga adalah terus berupaya dan konsisten dalam membangun ekosistem layanan digital demi mendukung program ekonomi digital pemerintah. Misalnya dari sisi PP 82 tahun 2012. Walaupun XL telah berhasil mendapatkan penghargaan sebagai the Best Cloud Operator di kategori Partnership dalam ajang Global Telco Cloud Forum ke-7 di London, namun XL terus berupaya meningkatkan layanan yang ada demi mendukung implementasi PP 82 tersebut dan menciptakan Cloud & Data Center bertaraf internasional di negeri ini.
Terkait dengan layanan digital yang dimiliki oleh XL saat ini, secara umum terbagi dalam 11 kategori, yaitu Cloud & Data Center, Mobile Finance, Mobile Banking, Mobile Advertising, dan Internet of Thing (IoT). Lalu ada elevenia, layanan korporate seperti CUG, layanan MPLS dan Leased Lines, Mobile Broadband (MBB), Digital Entertainment, dan terakhir Solution Selling/Business Development.

Sampai saat ini, layanan yang paling banyak diakses oleh pelanggan adalah layanan Digital Entertainment atau lebih dikenal juga dengan nama Value Added Services (VAS). Jumlah pelanggannya mencapai sekitar 3 juta dan terus meningkat.

Untuk lebih memacu penjualan VAS, maka di semester ini, XL tengah melakukan peningkatan kualitas antara lain dengan memperbaharui fitur keamanan dan sisi kenyamanan yang ada. XL akan membuat aplikasi dan portal di mana pelanggan bisa mengetahui dengan jelas layanan apa saja yang bisa dinikmati. Pelanggan juga dapat mengelola layanan VAS mereka tanpa rasa khawatir. Nomor pelanggan yang menikmati layanan VAS pun dijamin tidak akan terekspos ke penyelenggara layanan.

Prospek XL Tunai
Pada ranah produk layanan Mobile Finance, yaitu XL Tunai, XL mampu menempatkan layanan e-money ini sebagai salah satu yang terbaik yang ada di Indonesia. Berdasarkan laporan audit 2016 dari Bank Indonesia untuk layanan remitansi, XL Tunai secara keseluruhan sudah mematuhi (comply), Peraturan Penyelenggara Transfer Dana.

Predikat lain yang berhasil disandang adalah XL sebagai operator yang berhasil meraih laba (profit) dari layanan e-money, serta kedua terbaik untuk jumlah transaksi non-tunai yang ada.

XL Saat ini memiliki lebih dari 1,8 juta pengguna layanan XL Tunai dan jumlahnya diharapkan akan terus meningkat sejalan dengan program transformasi XL Tunai yang baru saja dicanangkan.

Ke depan, dengan adanya program transformasi XL Tunai, layanan ini akan dikembangkan untuk dapat masuk ke sektor-sektor yang menjanjikan seperti transportasi, property, dan komunitas. Pengembangan baru yang akan disasar misalnya mengimplementasikan e-money berbasis aplikasi mobile dengan fitur-fitur yang relevan dan customer centric, selain juga menambah partnership yang ada dengan lembaga keuangan baik di pusat maupun di daerah.

Harapannya, 60 juta transaksi yang ada akan terus meningkat secara eksponensial. Di mana, saat ini ada tiga transaksi yang paling banyak dilakukan yakni pembelian pulsa prabayar, transfer dana, serta pembayaran belanja. Untuk transaksi belanja, sudah ada lebih dari 200 merchant/biller yang telah bekerjasama dengan XL Tunai dan akan terus bertambah sesuai dengan segmen yang disasar. (Icha)

 

83,8% Pelanggan Ponsel di Jepang Gunakan Smartphone

0

Telko.id – Menurut laporan terbaru dari Asosiasi Jaringan Informasi dan Komunikasi Jepang, lebih dari 83,8 persen basis pelanggan ponsel di Jepang adalah pengguna smartphone. Jumlah ini merupakan peningkatan 6,9 persen tahun-ke-tahun. Sementara sisanya, 16,3 persen adalah pengguna feature phone.

Pengguna smartphone yang menjadi responden terdiri dari remaja, mereka yang berusia 20an dan hampir 100% berusia 30an, kata laporan itu.

Laporan yang sama juga menunjukkan bahwa 35,9 persen dari basis pengguna ponsel di Jepang menggunakan beberapa perangkat sekaligus. Jumlah ini meningkat 14,5 persen tahun-ke-tahun.

Sekitar 82 persen pengguna smartphone dan 47,6 persen pengguna feature phone mengatakan tahu tentang MVNO. Diantara para pengguna smartphone, hanya 9 persen yang telah membeli smartphone ultra low-end, dan 37,8 persen berpikir untuk membeli, tapi jumlahnya diperkirakan tumbuh.

Masih menurut laporan yang sama, seperti dilansir Telecompaper, Jumat (26/8), pengguna ponsel di Jepang juga melihat brand ketika ingin membeli handset. Kmudian diikuti ukuran di peringkat kedua, harga, biaya pembayaran bulanan, desain dan baterai yang tahan lama.

Dua faktor teratas berbeda dari tahun sebelumnya. ‘Desain’ pindah dari posisi 14 ke posisi 5 dan ‘harga handset’ naik dari posisi 7 ke posisi 3, sementara ‘layanan berkecepatan tinggi ‘ dan ‘operator telekomunikasi seluler’ masing-masing turun dari posisi 4 dan 9 ke posisi 5 dan 16. Sementara itu, faktor peringkat teratas untuk pengguna feature phone adalah biaya bulanan, harga handset, dan ukuran.

ABI Research: Pasar Small Cell Capai US $ 1,8 miliar pada 2021

Telko.id – Permintaan terhadap data saat ini melonjak secara eksponensial. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi operator agar mampu memberikan layanan yang tetap prima. Salah satu solusi untuk menghadapi trend tersebut adalah para operator beralih ke teknologi unlisenced spektrum.

ABI Research memprediksi bahwa dukungan untuk teknologi unlisenced spektrum, seperti LTE-LAA dan Wi-Fi, akan menjadi salah satu pendorong utama untuk memperkuat layanan operator di dalam ruang dan akan memanfaatkan small cell. Itu sebabnya, pendapatan dari small cell diperkirakan akan mencapai US $ 1,8 miliar pada 2021.

Pada awal dihembuskan penggunaan Unlicensed LTE banyak pihak yang memandang negatif dan skeptis bahwa WiFi dapat digunakan pada frekuensi 5GHz,” ujar Ahmed Ali, Senior Analyst at ABI Research menjelaskan. Saat ini sedang berlangsung standarisasi dan koeksistensi sebagai upaya meningkatkan dukungan terhadap ekosistem teknologi.

LAA standard, 3GPP mengadopsi mekanisme Listen-Before-Talk channel access mechanism untuk berbagi spektrum lebih fair. IEEE dan Wi-Fi Alliance pun mengembangkan proses pengujian koeksistensi untuk membantu stakeholder mengharmonisasikan dengan ekosistem multi teknologi dalam unlicensed spectrum.

Selaras dengan adopsi solusi Unlicensed LTE , Wi-Fi tetap merupakan elemen penting dan paling sesuai untuk konektivitas dalam ruangan. Ketersediaan beberapa teknologi tersebut dapat sejalan dengan kebutuhan perusahaan yang beragam juga sehingga aakan mendorong konvergensi yang lebih baik di tahun – tahun mendatang.

“Sifat yang dinamis dan mampu memenuhi kebutuhan para pengguna yang beragam dalam sebuah ruangan menjadi solusi tepat,” kata Ali menyimpulkan. Terlebih ada dukungan multi-operasi fitur seperti 3G/4G dan akses Wi-Fi/LAA sangat dibutuhkan untuk pasar enterprise.

Tren itulah yang menjadi dasar ABI Research memperkirakan bahwa dukungan untuk LTE-based dan teknologi Wi-Fi unlicensed spectrum dalam small cell equipment akan tumbuh 51% dari total pengiriman tahunan 2021 pada CAGR sebesar 47%. (Icha)

Riset: Akan Ada 300 Juta Handset 5G Dijual Pada 2022

0

Telko.id – Laporan terbaru dari lembaga penelitian Strategy Analytics menyebutkan bahwa akan ada setidaknya 690 juta koneksi 5G pada tahun 2025, dengan pengiriman handset 5G yang juga diperkirakan akan meningkat menjadi 300 juta.

Menurut Strategy Analytics, angka 690 juta tersebut berhubungan dengan apa yang mereka panggil “user-linked subscriptions” dan tidak termasuk koneksi industri mesin-ke-mesin.

“Jadi kita memasukkan koneksi dimana ada end-point pengguna individu (baik B2C atau B2B), seperti untuk konsumen produk elektronik, tetapi tidak menyertakan aplikasi vertikal/industri,” kata Phil Kendall, Direktur Eksekutif Strategy Analytics, sperti dilansir dari Totaltelecom, Jumat (26/8).

Definisi ini mencakup handset; koneksi modem dan tertanam di PC/notebook/laptop; tablet; dan koneksi dalam kategori konsumer elektronik termasuk perangkat wearable, mobil terkoneksi dan banyak lagi.

Pada bulan Juni, Ovum memperkirakan bahwa langganan 5G global akan mencapai 24 juta pada akhir 2021 tetapi hanya mengacu koneksi broadband.

Strategy Analytics juga memperingatkan bahwa fragmentasi sangat mungkin terjadi mengingat operator di berbagai daerah mengejar jalur 5G yang berbeda. Sebab itu, perusahaan menilai kerja yang signifikan diperlukan untuk menyatukan kesamaan standar awal 5G dengan kebutuhan jangka panjang untuk mendukung kebutuhan pasar yang beragam.

Analis senior Strategy Analytics, Guang Yang mencatat bahwa rencana jaringan 5G telah berkembang dengan baik pada tahun 2016, mendorong sebuah ekosistem yang akan menempatkan 7% dari koneksi mobile pada jaringan 5G pada tahun 2025.

“Rencana peluncuran 5G di China pada 2020 membawa itu lebih dekat ke pengadopsi awal di AS, Korea Selatan dan Jepang, yang mempercepat kemajuan untuk memenuhi tuntutan akses broadband dari Olimpiade dan kompetisi pemain non-tradisional. Sebaliknya, operator Eropa saat ini lebih memperhatikan peluang di IOT,” kata Yang.

Dalam hal penjualan handset, Direktur Strategy Analytics Ken Hyers mengatakan handset 5G komersial pertama akan muncul dalam jumlah kecil pada tahun 2020 di Korea Selatan dan Jepang. Pada 2021, peluncuran yang lebih banyak diharapkan akan terjadi di AS, Inggris, Swedia dan UEA dengan penjualan komersial diperkirakan melebihi 300 juta pada tahun 2025.

“Pada tahun 2022, puluhan juta handset 5G akan dijual, dan sebagai proporsi dari total handset penjualan akan mencapai persentase single digit rendah,” kata Hyers.

Sementara itu, Analis senior Ville-Petteri Ukonaho juga menunjukkan bahwa hndset 5G komersial pertama kemungkinan akan dibanderol dengan label harga yang sangat mahal.

Dengan ‘Daftar Nonton’, Pengguna Iflix Bisa Lebih Mudah Pilih Tontonan

0

Telko.id – Layanan video dan streaming on demand asal Malaysia, Iflix, baru-baru ini memperkenalkan fitur barunya yang dipanggil Playlist atau ‘Daftar Nonton.’ Fitur baru yang nantinya akan melibatkan 35 selebritis ternama di Indonesia ini akan memungkinkan pengguna mengetahui apa saja yang menjadi tontonan idolanya.

Cam Walker, selaku CEO Iflix Indonesia, mengungkapkan dalam acara peluncuran yang berlangsung di kawasan SCBD, Jakarta, kemarin (25/8), kerjasama Iflix dengan sederatan artis tanah air ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk memberikan pengalaman dan layanan terbaik untuk penggunanya. Daftar Nonton sendiri akan menjadi cara baru dan menyenangkan bagi pengguna dalam menemukan konten, katanya.

“Daftar Nonton memudahkan pengguna Iflix untuk melihat apa yang ditonton selebritas favoritnya, disamping juga memudahkan dalam memilih tontonan dari koleksi pilihan tim Iflix berdasarkan kesukaan dan preferensi mereka,” katanya.

Walker menjelaskan, Daftar Nonton akan terbagi ke dalam dua kategori, yakni ‘Selebritas’ dan ‘Koleksi’. Menu ‘Selebritas’ berisi judul-judul pilihan tokoh-tokoh terkenal, sementara menu ‘Koleksi’ berisi kumpulan judul yang sudah dikurasi oleh tim Iflix dan dikelompokkan sesuai dengan preferensi para pengguna Iflix.

Fitur ini dapat diakses dengan memilih ‘Menu’ yang terletak di bagian pojok kiri atas website atau aplikasi. Setelah itu, Klik ‘Daftar Nonton’ untuk menemukan baik Selebritas maupun Koleksi. Akan tampil daftar nama 35 artis yang dimaksud, lengkap dengan opsi follow di bawah namanya.

Beberapa nama seperti Christian Sugiono, Michelle Ziudith, Derby Romero, Marissa Nasution, Ashraf Sinclair dan lainnya pun terpampag di sana.

“Jadi harus di-follow dulu baru bisa tahu apa yang mereka tonton,” tambah Cam.

Saat ini, Daftar Nonton sudah bisa diakses di Iflix. Pilihan untuk Daftar Nonton-mu sendiri selalu tersedia di Iflix manapun, namun Daftar Nonton yang ditampilkan ke publik baru tersedia untuk tokoh-tokoh yang sudah ada di menu ‘Selebritas’.

Diluncurkan pertama kali di Malaysia, saat ini Iflix telah tersedia di sejumlah negara di Asia Tenggara, termasuk Thailand, Filipina, Sri Lanka dan tentu saja, Indonesia. Ke depannya, menurut Cam Walker, layanan ini juga akan dibawa ke sejumlah pasar berkembang lainnya seperti Vietnam dan Afrika.

Menkominfo: Indonesia Akan Uji Coba 4.5G di Asian Games 2018

0

Telko.id – Indonesia sudah ditunjuk oleh Dewan Olimpiade Asia (OCA) sebagai tuan rumah Asian Games menggantikan Vietnam. Ajang olahraga terbesar di Asia ini akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang. Di Jakarta akan menggelar 29 cabang olahraga (cabor), sementara Palembang hanya 11 cabor.

Pada ajang Asian Games 2018 nanti, Indonesia, terutama di Jakarta dan Palembang, akan dilakukan uji coba 4.5G. “Jadi semua atlit dan official nya akan dilayani oleh jaringan 4.5G, ” ujar Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menjelaskan dalam sambutannya di acara Indonesia ICT Carnival 2016 (25/08).

Layanan 4.5G yang diharapkan oleh Rudiantara ini sudah dilakukan sejak turun dari pesawat, naik ke bus untuk para atlit, masuk hotel sampai ketika akan berbelanja. “Tidak dapat ditampik bahwa dengan adanya Asian Games ini juga akan menambah pemasukan devisa. Jadi sangat mungkin peserta, atlit dan official berbelanja dengan e-payment,” ujar Rudiantara menambahkan.

Rudiantara mengharapkan Huawei dapat membantu Indonesia dengan menjadi IT Partner. Bukan hanya dari sisi mempersiapkan jaringan saja tetapi juga IT solusi lainnya. Termasuk juga aplikasi. “Cuma, saya juga harus bicara lagi pada yang bertanggungjawab menangani event ini.

“Event besar seperti Asian Games ini akan memberikan dampak positif bagi Indonesia. Mulai dari meningkatkan merek nasional, menarik wisatawan luar negeri, menarik foreign direct investment dan meningkatkan popularitas pemerintah,” ujar Qui Heng, President of Huawei Marketing menjelaskan.

Beberapa negara yang pernah atau akan menjadi tuan rumah event besar seperti Asian Games atau yang lebih besar lagi juga menggunakan teknologi informatika untuk menyambut tamunya. “Seperti Jepang, yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2020. Akan memanfaatkan teknologi 5G. Lalu saya tanya pada menterinya ketika bertemu, akan seperti apa nanti layanan yang akan diberikan. Jawabnya, yang penting akan digelar 5G. Rinciannya seperti apa, sambil jalan. Lagi pula masih tahun 2020,” cerita Rudiantara.

Untuk uji coba 4.5G ini sendiri, Rudiantara menyatakan bahwa tidak akan mengalokasikan frekuensi khusus. Uji coba akan menggunakan frekuensi yang ada. Agar rencana ini dapat berjalan, Rudiantara dalam waktu dekat akan mengumpulkan semua operator, penyedia aplikasi dan pihak-pihak lain yang berkaitan untuk mendiskusikan lebih lanjut tentang uji coba 4.5G ini. (Icha)

ZTE Terbaik Untuk Solusi LTE End-to-End

0

Telko.id – ZTE dinobatkan sebagai pemimpin untuk solusi LTE end-to-end dalam Gartner Magic Quadrant terbaru untuk infrastruktur jaringan LTE 2016.

Magic Quadrant mengevaluasi pasar seluruh dunia untuk infrastruktur jaringan LTE end-to-end, termasuk di dalamnya 10 vendor yang menyediakan radio access dan elemen core network untuk LTE.

ZTE merupakan salah satu pemain utama dalam pasar infrastruktur mobile LTE. Bermula dari pasar Cina dan Asia Pasifik, kini perusahaan yang berbasis di Tiongkok ini telah memasuki pasar internasional yang lebih besar, dengan mendapatkan referensi dari pengguna yang puas seperti Telenor Group.

Berbekal pengalaman proyek LTE di Cina, ZTE berhasil memasuki beberapa pasar kunci yang lain seperti Asia Tenggara, India dan Eropa. Belum lama ini, ZTE juga meluncurkan inisiatif pre-5G dengan mengkomersialkan beberapa solusi teknologi 5G untuk diimplementasikan di atas jaringan 4G.

ZTE merupakan pemasok utama dalam pasar 3G/4G di Cina dan merupakan pemain kunci dalam pasar infrastruktur mobile dunia. Hal ini dibuktikan dengan pendapatan yang relatif stabil dan pengalaman membangun jaringan yang penting.

ZTE terus menunjukkan, menguji dan beroperasi dengan kemampuan yang canggih dengan para penyedia layanan komunikasi (CSP) – misalnya, Massive Multiple Input, multiple output (MIMO) dancloud radio – untuk mendapatkan tempat di pasar.

Di Asia, implementasi teknologi ZTE bisa dilihat di dalam jaringan LTE SoftBank di Jepang dan jaringan TDD/FDD China Mobile di Hong Kong, Eropa, Timur Tengah, Afrika dan Amerika Latin. ZTE juga dapat menggunakan produkfixed line-nya dan hubungan baik yang dimiliki untuk membantu perusahaan penyedia telekomunikasi yang menginginkan peningkatan LTE dan mempererat kerjasama dengan mereka.a dengan para provider telekomunikasi tersebut.

Masukan dari para provider telekomunikasi mencakup pujian untuk fleksibilitas dan responsivitas yang dimiliki ZTE terutama dalam fase penyediaan awal. ZTE juga meningkatkan komunikasi pemasarannya yang dapat meningkatkan visibilitas perusahaan..

Gartner mengemukakan bahwa meskipun ZTE berasal dari Tiongkok, ZTE harus meningkatkan keberadaan dan brand awareness-nya di lebih banyak negara seiring bertambahnya kontrak dan pencapaian di pasar internasional. ZTE dapat memperoleh manfaat dengan merekrut tenaga insinyur lokal yang memiliki pengetahuan jaringan setempat dan bahasa lokal, agar lebih mendunia.