spot_img
Latest Phone

Strava Integrasikan Kacamata Oakley Meta Vanguard AI untuk Aktivitas

Telko.id - Strava, aplikasi pendukung gaya hidup aktif dengan...

Garmin Run Indonesia 2025 Sukses, 7.000 Peserta Dukung Keberlanjutan

Telko.id - Garmin Run Indonesia 2025 sukses digelar di...

Deretan Wearables Terbaru Apple, iPhone 17 Bukan Satu-Satunya

Telko.id – Selain iPhone 17 Series, pada perhelatan Apple...

Apple Rilis iPhone 17 Series, Ini Bocoran Harga dan Spesifikasinya

Telko.id – Apple akhirnya resmi meluncurkan iPhone 17 Series...

Garmin fēnix 8 Pro Resmi Hadirkan Teknologi MicroLED dan inReach

Telko.id - Garmin resmi meluncurkan seri fēnix 8 Pro,...
Beranda blog Halaman 1201

5 Fitur LazMall yang Bikin Usaha Makin Mantul

Telko.id, Singapura – Dalam acara Lazada Brands Future Forum (BFF), Lazada mengungkapkan bahwa LazMall mampu meningkatkan usaha dari seller dan brand yang bergabung. Hal ini ditegaskan oleh President Lazada Group, Jing Yin saat jadi pembicara di acara yang digelar di Singapura, Kamis (21/03/2019).

Menurut dia, ada beberapa fitur yang terdapat di LazMall yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan usaha seller dan brand. Seperti Store Builder yang membantu keduanya untuk menyesuaikan halaman depan toko mereka untuk tujuan branding.

“Etalase atau storefront dapat disesuaikan sendiri oleh seller,” katanya.

Kemudian, Seller Picks yang memungkinkan seller dan brand untuk memilih produk apa saja yang ingin dipromosikan kepada konsumen. Dijelaskan Jing Yin, fitur ini menggunakan teknologi dari Alibaba dan diklaim mampu meningkatkan penjualan sebesar 30%.

Lalu adalah Golden Slot yang membuat toko LazMall ataupun produk di dalamnya muncul di daftar teratas pencarian saat pengguna mengetik kata kunci tertentu, seperti shampoo, Xiaomi, TV, dan lainnya.

“Ini dilakukan agar traffic dan penjualan seller serta brand menjadi lebih tinggi,” ucapnya.

Fitur lainnya adalah LazMall Guarantee. Fitur ini nantinya akan diimplementasikan khusus untuk toko LazMall.

Jing Yin mengatakan, di LazMall akan ada sertifikat khusus untuk menunjukkan kepada konsumen bahwa seller dan brand terkait sangat terpercaya dan berpengalaman dalam melayani konsumen. Sertifikasi ini akan diberikan berdasarkan kinerja dan feedback dari konsumen.

Terakhir adalah Self-Sign Up. Fitur ini merupakan cara Lazada untuk memberikan kesempatan bagi pelaku Usaha Kecil Medium Menengah (UMKM) untuk bergabung ke LazMall. Fitur tersebut dapat memudahkan UMKM untuk melakukan pendaftaran dan proses lainnya dalam hitungan menit.

{Baca juga: “Shoppertainment”, Konsep Belanja Menyenangkan ala Lazada}

Lazada sendiri baru saja mengukuhkan diri bahwa mereka bukan cuma platform berbelanja saja, tapi juga sebagai platform “Shoppertainment”. Diungkapkan CEO Lazada Group, Pierre Poignant, shoppertainment merupakan konsep dari mereka untuk mengejar para pengguna millenial di Asia Tenggara yang suka dengan hiburan.

“Kami tidak ingin menjadi platform jual beli yang sederhana. Pengguna millenial di kawasan ini sangat memperhatikan sisi hiburan,” katanya. (FHP)

Angry Birds Versi AR Hadir di Perangkat iOS

Telko.id, Jakarta – Perusahaan game kenamaan dari Finlandia, Rovio, akan mengeluarkan game baru Angry Birds Isle of Pigs tahun ini, bekerjasa sama dengan studio game Swedia, Resolution Games, yang membuat aplikasi game AR untuk perangkat iOS.

Seperti dilaporkan TechCrunch, bahwa Rovio akan membuat Angry Birds Isle of Pigs dalam versi augmented reality.

Game ini bulan lalu sudah tersedia di platform Steam untuk perangakt HTC Vive dan Oculus Rift. Sebelumnya, game AR ini bisa dimainkan di peranagkat buatan Magic Leap.

Angry Birds Isle of Pigs akan dibuat versi mobile, pertama untuk perangkat iOS, dan akan meluncur. Direktur Kreatif Sami Ronkainen menyatakan versi arus utama game ini memakai beberapa fitur yang sudah ada di versi-versi sebelumnya.

{Baca juga: Serial TV Angry Birds Bakal Hadir dengan Durasi Panjang}

Game ini memakai mode first person shooter, pemain akan melempar Angry Birds dengan ketapel ke arah bangunan berisi Pigs, ciri khas utama game ini.

Berbeda dengan game sebelumnya, ponsel akan mendeteksi bidang yang layak untuk dijadikan struktur bangunan tempat Pigs bersembunyi dan pemain menggerakkan ponsel ke arah yang tepat agar bisa menembak dengan ketapel.

Pemain bisa berpindah tempat untuk menemukan sudut yang pas agar bisa menjatuhkan bangunan berisi Pigs. Rovio menjanjikan game ini akan tersedia di platform iOS pada musim semi tahun ini.

Sebelumnya, Rovio menghadirkan game baru bagi para penggemar Angry Birds. Nama game baru tersebut adalah Angry Birds Dream Blast. Pengguna hanya perlu mencocokkan warna gelembung atau balon dan menyapunya, mirip game Bejeweled.

{Baca juga: Angry Birds Blast Resmi Meluncur di iOS & Android}

Angry Birds Dream Blast merupakan jenis game free to play alias gratis. Rovio berharap, permainan model tersebut mampu memikat para pengguna. Dengan demikian, mereka bisa melakukan membelinya alias in-app purchases. [BA/HBS]

Sumber: Techcrunch

Menjajal Cepatnya VOOC 3.0 Flash Charge di Oppo F11 Pro

0

Telko.id, Jakarta – Salah satu keunggulan Oppo F11 Pro selain kemampuan kameranya yang mumpuni adalah, teknologi pengisian baterai cepat atau fast charging yang telah ditingkatkan. Oppo menyematkan teknologi bernama VOOC 3.0 Flash Charge yang diklaim mampu mengisi baterai berkapasitas 4,000 mAh dengan cepat.

Oppo mengklaim, VOOC 3.0 Flash Charge lebih cepat 20 menit daripada teknologi VOOC generasi pertama. Selain itu, brand ini menyatakan bahwa baterai F11 Pro bisa terisi penuh dalam waktu 80 menit saja. Tapi, benarkah begitu?

Well, tim Telko.id telah menggunakan Oppo F11 Pro tepat setelah smartphone ini dirilis beberapa waktu lalu.

{Baca juga: Berkenalan Lebih Jauh dengan ‘Rising Camera’ Oppo F11 Pro}

Ketika menggunakannya, sektor teknologi pengisian baterai cepat ini menjadi salah satu fokus kami untuk membuktikan apakah VOOC 3.0 Flash Charge benar-benar cepat atau tidak. So, berikut ulasannya!

Dalam pengujian ini, kami menghabiskan baterai smartphone hingga baterai tersisa 10%. Nah, untuk menghitung kecepatan pengisiannya, kami menggunakan fitur Battery Wear Test di aplikasi AnTuTu Benchmark versi 7.

Berdasarkan aplikasi tersebut, baterai Oppo F11 Pro dapat terisi penuh dari 10% ke 100% dalam waktu 74 menit. Terhitung sangat cepat, apalagi selama proses charging, smartphone ini aktif kami gunakan untuk berselancar media sosial, internetan, dan lainnya.

Pengisian yang cepat dari F11 dibarengi dengan algoritma keamanan baru yang dapat mengatur tegangan tinggi sewaktu melakukan charging. Selain itu, VOOC 3.0 juga telah mendapatkan sertifikat dari TUV SUD, itu artinya teknologi ini diakui keselamatan dan kecepatannya di mata dunia.

{Baca juga: Hasil Bidikan Kamera 48MP Oppo F11 Pro}

Dalam hal pengisian baterai sudah cepat. Lantas, bagaimana dengan daya tahannya? Berdasarkan pengujian kami menggunakan aplikasi PCMark, baterai Oppo F11 Pro terbilang tahan lama dengan catatan waktu 12 jam 29 menit dengan sisa baterai 19%.

Smartphone ini mengusung layar berukuran 6,5 inci beresolusi Full HD+ dengan aspek rasio 19,5 : 9. F11 Pro juga ditopang oleh spesifikasi yang bertenaga, seperti prosesor MediaTek Helio P70, RAM 6GB, dan ROM 64GB.

Oppo F11 Pro kini lebih menitikberatkan pada sektor kamera belakangnya, tidak lagi ke kamera selfie seperti seri sebelumnya.

Sebab, Oppo menyematkan dua kamera beresolusi masing-masing 48MP sebagai lensa utamanya dengan aperture f/1.79, dan 5MP lensa depth. Sementara kamera depannya, hanya beresolusi 16MP aperture f/2.0. (FHP)

7 Bukti Kalau Kreatif Itu Dimulai Sejak Zaman Baheula

Telko.id, Jakarta – Kreativitas dalam dunia periklanan sepertinya telah menjadi harga mati. Apalagi di era digital seperti saat ini. Tak heran, berlomba-lomba dalam menghasilkan sesuatu yang kreatif pun kerap dilakukan demi menggaet animo massa. Tujuannya satu, membuat mereka ingat kalau perlu lekat dengan produk yang diiklankan.

Iklan sendiri dianggap penting dalam memasarkan suatu produk, lantaran lewat iklan inilah perusahaan dapat memperkenalkan produknya kepada konsumen. Nah, jika saat ini kita sudah bisa menemuinya di banyak platform, mulai dari media cetak hingga elektronik, dulu lain ceritanya. Media cetak masih jadi media utama.

Well, kalaupun ada satu kesamaan yang tetap bertahan dari dulu hingga sekarang, itu adalah masalah kreativitas. Nggak percaya? Yuk, intip 8 iklan jaman dulu, yang jadi bukti bahwa kreatif itu sudah dimulai dari jaman baheula.

{Baca juga: 6 Foto Ini Buktikan Perbedaan Itu Indah, Sungguh Terjadi!}

Dari jaman dulu sampai sekarang, yang namanya balsem kalau kena mata itu periiih….

Naik pesawat di bandara itu biasa. Yang nggak biasa adalah naik Vespa….

Indomie…. dulu tampilanmu begini

Ketika permen jadi lambang kesuksesan. Bukan Jaguar apalagi cincin emas segede gaban…

Eitss…. jangan ketukar sama Bengawan Solo yang menyediakan kopi-kopi itu ya… yang ini ibu-ibu punya

Hmmm….. beneran ini balsem bisa diminum?

Namanya menunjukkan identitasnya…. 

“Shoppertainment”, Konsep Belanja Menyenangkan ala Lazada

Telko.id, SingapuraE-commerce Lazada mengukuhkan diri bahwa mereka bukan cuma platform berbelanja saja, tapi juga sebagai platformShoppertainment”. Diungkapkan CEO Lazada Group, Pierre Poignant, shoppertainment merupakan konsep dari mereka untuk mengejar para pengguna millenial di Asia Tenggara yang suka dengan hiburan.

“Kami tidak ingin menjadi platform jual beli yang sederhana. Pengguna millenial di kawasan ini sangat memperhatikan sisi hiburan,” katanya di acara LazMall Brands Future Forum, di Singapura, Kamis (21/03/2019).

Konsep ini memungkinkan pengguna untuk tidak hanya mencari produk dan membelinya saja, tapi juga mendapat hiburan yang menyenangkan.

{Baca juga: 3 Produk Terlaris yang Diincar Pengguna Lazada Indonesia, Apa Saja?}

Pengguna dapat berkomunikasi dengan penjual, melihat pertunjukan live streaming yang diadakan artis untuk menjelaskan produk, permainan yang seru, dan lainnya.

Di kesempatan yang sama, President Lazada Group, Jing Yin pun mengamini pernyataan Pierre. Menurutnya, shoppertainment merupakan “bumbu” bagi anak-anak muda di Asia Tenggara ketika berbelanja secara online.

“Pengguna dapat melihat penjelasan produk yang dijual dari KOL (Key Opinion Leader) atau influencer,” jelasnya.

Selain konsep shoppertainment, Lazada juga mengumumkan fitur-fitur yang dipercaya dapat memudahkan pengguna yang berbelanja, tapi juga penjual atau pengusaha. Seperti, layanan e-wallet dan juga Super eBusinesses.

Dikatakan Pierre, layanan e-wallet menggunakan teknologi atau engine dari Alipay. Sehingga fitur tersebut mampu menjadi layanan pembayaran yang baik dan terpercaya.

“Kami mengembangkan wallet di semua pasar kecuali Vietnam,” ucapnya.

{Baca juga: Asli, 10 Foto Ini Tunjukkan Belanja Online tak Selalu Berakhir Bahagia}

Sementara Super eBusinesses, adalah konsep yang sedang dikembangkan untuk memudahkan penjualan atau pengusaha UMKM hingga besar, lokal sampai internasional untuk mengembangkan bisnisnya.

Lazada sendiri sedang bersiap untuk merayakan hari jadinya yang ke-7 di tahun ini. E-commerce ini akan menyelenggarakan acara bertajuk “Lazada Super Party” yang serentak diadakan di 6 negara, yakni Indonesia, Vietnam, Thailand, Singapura, Filipina, dan Malaysia.

Deretan artis papan atas akan dihadirkan, seperti penyanyi asal Inggris, Dua Lipa hingga penyanyi asal Indonesia, yaitu Agnez Mo. (FHP)

Mobil Klinik Indosat Meluncur untuk Korban Banjir Sentani

0

Telko.id, Jakarta – Sebuah mobil klinik dan pelayanan kesehatan gratis dikirimkan Indosat Ooredoo untuk korban banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. Mobil Klinik ini merupakan bagian dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, sementara layanan kesehatan gratis merupakan kolaborasi Indosat Ooredoo dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

“Lewat Mobil Klinik Indosat Ooredoo yang bekerja sama dengan PMI, masyarakat terdampak bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis sehingga kami berharap mereka bisa segera pulih dari berbagai gangguan kesehatan yang mulai dialami di lokasi pengungsian,” ujar Group Head Corporate Communication Indosat Ooredoo, Turina Farouk.

Mobil Klinik Indosat Ooredoo disiapkan untuk melakukan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis, pemberian makanan tambahan dan kegiatan trauma healing/psiko-sosial untuk anak-anak. Selain itu dilakukan juga pembagian bantuan fasilitas komunikasi berupa kartu perdana dan pulsa gratis di lokasi pengungsian.

{Baca juga: Indosat Salurkan Mobil Klinik untuk Korban Banjir Madiun}

Indosat Ooredoo juga memberikan bantuan dompet pulsa bagi pelanggan terpilih di Jayapura, berlaku sampai dengan 1 April 2019. Dompet pulsa tersebut bisa langsung digunakan untuk menghubungi sanak saudara tanpa perlu mengaktifkan paket tertentu.

“Manajemen Indosat Ooredoo turut prihatin atas bencana banjir bandang yang menimpa masyarakat di Sentani Kabupaten Jayapura. Kami berkomitmen untuk membantu para korban bencana guna meringankan derita yang dihadapi,” kata Turina berdasarkan keterangan resmi yang diterima Tim Telko.id pada Rabu (21/03/2019).

Pelaksana Harian Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita, mengatakan PMI kembali bekerja sama dengan Indosat Ooredoo untuk membantu masyarakat terdampak bencana dan mempercepat pemulihan mereka. “Kami berharap kolaborasi ini memberikan manfaat, baik bagi masyarakat terdampak bencana maupun menjadi inspirasi pihak lain untuk turut memberikan bantuan,” tutur Ginandjar.

{Baca juga: Indosat Siapkan Mobil Klinik dan Telepon Gratis di Palu}

Sejak awal tahun lalu, Mobil Klinik Indosat Ooredoo telah diterjunkan di berbagai lokasi bencana alam, diantaranya: Banten, Cilegon, Lombok, Palu, Donggala, Sigi, Pandeglang, Lampung Selatan, Sukabumi, dan terakhir di Madiun.

Melalui program Mobil Klinik sebagai implementasi pilar CSR di bidang Kesehatan (Health) yang telah diinisiasi sejak 2007, Indosat Ooredoo telah memberikan bantuan kepada lebih dari 33.0000 korban bencana alam di seluruh Indonesia hingga akhir tahun 2018. [NM/IF]

Korsel Punya Cara Unik untuk Ingatkan Zombie Smartphone

Telko.id, Jakarta – Sebuah kota di Korea Selatan, yang memiliki tingkat pengguna smartphone tertinggi di dunia, membuat inovasi untuk mencegah kecelakaan akibat penggunaan perangkat tersebut. Caranya dengan memasang lampu yang dapat berkedip-kedip dan sinar laser di persimpangan jalan.

Hal ini dilakukan demi memperingatkan “zombie smartphone” agar melihat ke depan, sementara pengemudi mobil mengurangi kecepatan.

Para perancang sistem ini terinspirasi oleh kekhawatiran semakin banyaknya pejalan kaki yang terpaku pada ponsel dan mengakibatkan kecelakaan. Hal itu menjadikan Korea Selatan sebagai negara dengan angka kematian dan cedera jalan akibat kecelakaan di jalan, tertinggi diantara negara-negara maju.

Institut Teknik Sipil dan Teknologi Bangunan Korea (KICT) yang dikelola pemerintah, meyakini sistem lampu yang berkedip-kedip di persimpangan zebra dapat memperingatkan pejalan kaki dan pengemudi.

{Baca juga: 6.000 Pejalan Kaki Tewas Tahun Lalu, Gara-gara Smartphone!}

Selain lampu LED merah, kuning dan biru di trotoar, “smombies” atau zombie smartphone akan diperingatkan oleh sinar laser yang diproyeksikan dari kutub listrik dan peringatan yang dikirim ke ponsel oleh aplikasi bahwa mereka akan memasuki lalu lintas.

Sistem peringatan multi-dimensi dioperasikan oleh sensor radar dan dilengkapi dengan kamera termal seharga harga 15 juta won atau sekitar Rp 188 juta per persimpangan.

Hasilnya, pengemudi yang dingatkan melalui lampu yang berkedip terbukti efektif, yakni sebanyak 83,4 persen dalam pengujian yang melibatkan sekitar 1000 kendaraan.

Menurut data dari Sistem Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Korea Selatan, pada 2017, lebih dari 1600 pejalan kaki terbunuh dalam kecelakaan akibat mobil, yaitu sekitar 40 persen dari total kematian lalu lintas.

Untuk diketahui, Korea Selatan memiliki tingkat peneggunaansmartphone tertinggi di dunia. Menurut Pew Research Center, sekitar 94 persen orang dewasa di Korea Selatan memiliki perangkat pada tahun 2017. Sedangkan di Amerika hanya 77 persen dan 59 persen di Jepang.

{Baca juga: Di China Ada Jalur Khusus Pejalan Kaki Sambil Main Ponsel}

Untuk saat ini, sistem peringatan smombie dipasang hanya di Ilsan, sebuah kota yang berada sekitar 30 km barat laut ibukota, Seoul. Namun, diperkirakan akan dipasang tersebar di seluruh negeri.

Seorang warga Ilsan berusia 23 tahun, Kim Dan-hee, menyambut baik sistem tersebut. Sebab selama ini ia kerap terlalu asyik dengan smartphone sehingga tidak ingat untuk melihat lalu lintas.

“Cahaya yang berkelap-kelip ini membuat saya merasa aman karena itu membuat saya melihat-lihat lagi, dan saya berharap kita dapat memiliki lebih ini di kota lain,” katanya.

Sebelumnya, sistem serupa juga telah lebih dulu diterapkan di Israel, dimana pemerintah Kota Tel Aviv memasang lampu LED khusus di trotoar jalan raya. Lampu tersebut bernama Lampu Zombie yang berfungsi untuk melindungi para pejalan kaki yang berjalan tanpa bisa lepas dari penggunaan smartphone. [BA/IF]

Olympus Meluncurkan OM-D E-M1X, Kamera Dengan Kinerja Stabilitas Tertinggi di Dunia

0

Telko.id, Jakarta – Olympus mengumumkan penambahan seri OM-D baru yakni meluncurkan OM-D E-M1X. kamera ini digadang-gadang memiliki kinerja stabilisasi gambar tertinggi di dunia dengan 7,5 step dari kompensasi shutter speed.

Kamera Olympus OM-D E-M1X ini juga dilengkapi dengan Image Stabilization 5-axis terbaru yang menawarkan kinerja kompensasi terbaik di kelasnya untuk gambar dan film 4K.

“Seri OMD dikembangkan dengan OM-D E-M1X kelas profesional, disamping OM-D E-M1 Mark II. Perangkat ini menghadirkan kinerja stabilisasi gambar tertinggi di dunia dengan kecepatan rana (shutter speed) hingga 7,5 step,” ungkap  Sandy Chandra,  Marketing & Sales  Manager Olympus Customer Care Indonesia (OCCI)

{Baca juga : Olympus OM-D E-M1 Mark II, Kamera dengan Kemampuan Menembak Hingga 18fps}

Sandy menerangkan seri OM-D E-M1X diperkuat dengan prosesor gambar TruePic VIII ganda yang memungkinkan untuk Deteksi Subjek Cerdas. AF yang menggunakan teknologi deep learning dan handheld High Res Shot hingga 50MP

Lebih lanjut Sandy mengatakan bahwa dengan konstruksi pegangan vertikal terintegrasi, kamera profesional ini menawarkan holding yang aman dan operabilitas yang tinggi. Kamera ini semakin sempurna saat berpasangan dengan jajaran lensa M.Zuiko PRO yang menunjukkan kemampuan sebenarnya di mana portabilitas menjadi sangat penting, seperti dalam fotografi olahraga dan satwa liar.

Kamera ini juga dilengkapi dengan prosesor ganda yang  memungkinkan waktu start-up yang lebih cepat dan pemulihan dari sleep mode. Kamera juga mendukung dua slot kartu SD UHS-II berkecepatan tinggi untuk responsif kecepatan tinggi secara keseluruhan.

“Prosesor ini tidak hanya berkontribusi pada kamera yang lebih cepat, tetapi juga memungkinkan fungsi pemotretan terbaru seperti Handheld High Res Shot, Live ND, dan AF Deteksi Subjek Cerdas,” papar Sandy.

{Baca juga  : Olympus Membidik Pecinta Selfie Lewat Kamera PEN E-PL8}

Kamera ini juga dilengkapi dengan Sistem Sensor Lapangan dan GPS bawaan. Dimana OM-D E-M1X mempunyai sensor GPS built-in, sensor suhu, manometer dan kompas, yang secara kolektif dikenal sebagai ‘sensor medan’. Selain informasi lokasi seperti bujur dan lintang, sensor ini mendeteksi dan merekam suhu, ketinggian, dan arah kamera untuk menambahkan informasi pemotretan terperinci ke gambar

OM-D E-M1X sudah tersedia di Indonesia per 20 Maret 2019. SRP IDR 48,999,000 dengan penawaran special lensa PWP Lens Zuiko PRO. (MS)

Di Mesir, Robot Gantikan Anak Sebagai Joki Unta

Telko.id,Jakarta – Saat-saat dimana robot mulai menggantikan peran manusia sepertinya bakal segera terwujud. Sebuah robot joki, yang bisa dikendalikan dari jarak jauh kala mengikuti sebuah festival balap unta besar di Mesir timur laut, buktinya.

Robot ini dibuat setelah para pemilik unta mendapat tekanan akibat kampanye agar berhenti menggunakan pengendara anak dalam festival tersebut.

Panitia pun menerjunkan sekitar 20 robot seukuran anak-anak dengan lengan cambuk yang dapat dipicu dari kejauhan.

“Insya Allah, sejak setahun ini, tidak akan ada joki manusia, kecuali beberapa orang dewasa demi tradisi,” kata Eid Hamdan Hassan, kepala Federasi Unta Mesir, yang menyelenggarakan festival di gurun Sarabium di Ismailia.

{Baca juga: Bandara Ini Pakai Robot untuk Parkir Valet}

Untuk diketahui, beberapa negara Teluk telah melarang joki anak-anak dari olahraga tradisional Badui. Larangn itu muncul setelah kelompok HAM mengatakan anak-anak sering terluka dan beberapa anak yang menjadi joki merupakan anak yang diculik atau dijual oleh keluarga mereka.

Esam el-Din Atiyah, Presiden Federasi Balap Unta Afrika, termasuk Mesir, mengakui bahwa penunggang atau joki unta yang masih anak kadang-kadang terluka. “Organisasi hak asasi manusia mengatakan bahwa ini adalah eksploitasi anak,” katanya.

Secara pribadi, dia juga mendukung rencana para ilmuwan. Dia ingin Mesir mencontoh penggunaan robot, meski transisi itu mahal dan akan memakan waktu.

Para joki dalam festival balap unta, berusia 6 hingga 13 tahun dengan alasan ingin mempertahankan tradisi dan ikut berpartisipasi.

Sayed Mohamed (11) mengatakan, kemampuan anak-anak lebih baik daripada robot saat mengemudi mobil.

{Baca juga: Jepang Perkenalkan Robot Relawan di Olimpiade Tokyo 2020}

“Robot itu bekerja dengan baik pada unta yang tidak cenderung bersandar,” katanya.

Dalam festival ini, sekitar 150 unta diketahui ikut serta dan akan berkompetisi dalam delapan kategori jarak dari 5 hingga 15 km. Perusahaan mengklaim festival ini ditonton lebih dari 1000 penonton.

Sebelum acara dimulai, peserta setempat menyiapkan unta terbaik dan memberi makanan khusus. Semisal, kacang, jelai, pasta kurma, dan susu.

Seorang pemilik unta, Mohamed Mustofa mengatakan, unta yang menang dapat meningkatkan nilai jual unta.

“Ketika unta menang, anda bisa menjualnya dengan harga yang bagus, mulai 150.000 hingga 200.000 pound Mesir,” katanya. [BA/IF]

Jangan Kaget Ya, Bakal ada SMS Broadcast Konten Bela Negara

Telko.id – Program Bela Negara yang dicanangkan oleh Dewan Ketahanan Nasional (WANTANNAS) terus belanjut. Hal ini dilakukan karena kesadaran bela negara tidaklah dibawa sejak lahir, tetapi perlu ditumbuhkan secara terus menerus. Karena itu, pembinaan bela begara adalah upaya tanpa henti untuk menyesuaikan dengan tuntutan perubahan zaman.

Untuk itu, XL Axiata turut mendukung program tersebut salah satunya melalui layanan Short Message Services (SMS) broadcast berupa sosialisasi konten-konten yang bertema bela negara yang disebarluaskan ke seluruh pelanggan XL Axiata.

Chief Human Capital Officer XL Axiata, Rudy Afandi bersama dengan Sekertaris Jenderal Wantannas, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo melakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia dan PT XL Axiata, Tbk di Aula Serba Guna Gedung Graha BNPB, Jakarta hari ini. (20/3)

“Kami selalu berkomitmen untuk ikut turut ambil bagian dalam program-program yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia melalui layanan-layanan yang kami sediakan,” ujar Chief Human Capital Officer XL Axiata, Rudy Afandi dalam pernyataan tertulisnya.

Apalagi , menurut Ruby, keberadaan jaringan infrastruktur XL Axiata yang semakin meluas hingga ke pelosok-pelosok daerah, akan mempermudah  pemerintah untuk melakukan sosialisasi dan edukasi  secara merata ke seluruh masyarakat di Indonesia lewat layanan yang disediakan.

Program “Bela Negara” yang dicanangkan oleh WANTANNAS ini berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2018 tanggal 18 September 2018 tentang Rencana Aksi Bela Negara Tahun 2018-2019.

Sebagai informasi, program bela negara perlu dimasukan ke dalam kurikulum agar penerapannya efektif. Apalagi, kurikulum bela negara dinilai terbukti menjadi salah satu upaya untuk mencegah pengaruh negatif yang memengaruhi mahasiswa, seperti terorisme, paham radikal, dan narkotika. (Icha)