Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Oppo Pad Air2

Tecno Spark 20

Kuasai Pasar di Madura, XL Axiata Selalu Jaga Kualitas Jaringan

Telko.id – XL Axiata selalu memastikan kualitas jaringan di Madura. Hal itu harus dilakukan karena di Pulau Garam ini XL Axiata memiliki pangsa pasar terbesar

Dengan total pelanggan mencapai 1 juta, yang tersebar di hampir 500 desa/kelurahan, 65 kecamatan, dan empat kabupaten. Selain pelanggan yang terus meningkat, trafik penggunaan layanan XL Axiata juga terus meningkat.

Dalam dua tahun terakhir, trafik meningkat hingga 83%. XL Axiata juga telah menghadirkan layanan XL SATU Fiber di Madura.

“Madura menjadi salah satu area di mana XL Axiata memiliki pelanggan yang terbanyak. Untuk menjaga kenyamanan dan loyalitas masyarakat kepada XL Axiata tersebut, kami terus memastikan kualitas jaringan di seluruh Madura,” kata I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata.

Baca juga : Sukseskan Piala Dunia U-17, XL Axiata Perkuat jaringan di 4 Kota

Gede menambahkan bahwa XL Axiata selalu bisa memenuhi kebutuhan pelanggan, apalagi saat ini layanan telekomunikasi dan data sudah menjadi sarana utama bagi masyarakat dalam mengakses berbagai layanan digital.

Kini, kualitas jaringan di seluruh Madura ditopang oleh lebih dari 2.800 BTS, yang mayoritas merupakan BTS 4G.

Gede menyempatkan diri melakukan peninjauan lapangan untuk melihat secara langsung kondisi instrastruktur di sejumlah lokasi di Madura.

Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah menara BTS yang berada di Desa Murtajih, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jumat (10/11). 

Dia juga menyempatkan diri berbincang dengan Group Head XL Axiata Region East, Dodik Ariyanto, serta para teknisi. Tidak ketinggalan, Gede juga mengunjungi beberapa retail outlet untuk mendapatkan masukan dari pengelola dan pelanggan.

Dalam memastikan kualitas jaringan di Madura, XL Axiata juga terus melakukan pembangunan jaringan baru di berbagai area, baik untuk memperkuat jaringan yang sudah ada maupun untuk ekspansi ke area baru.

Beberapa lokasi pembangunan jaringan yang baru antara lain ada di Kecamatan Modung, Galis, Blega, dan Burneh, yang berada di Kabupaten Bangkalan, kemudian Kecamatan Ketapang dan Torjun, yang berada di Kabupaten Sampang, serta Kecamatan Camplong, Kabupaten Pamekasan dan Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep.

Selain di pulau utama, jaringan XL Axiata juga menjangkau beberapa pulau kecil di sekitar Madura, antara lain di Pulau Mandangin yang masuk Kabupaten Sampang, Pulau Giliraja, Pulau Giligenting, Pulau Poteran, Pulau Gili Iyang, Pulau Sapudi, Pulau Raas, Pulau Guwa-guwa, dan Pulau Kangean yang masuk Kabupaten Sumenep.

Selain membangun jaringan, XL Axiata juga melakukan penguatan jaringan dengan melakukan peningkatan kapasita jaringan dan fiberisasi. Dalam dua tahun terakhir, kapasitas jaringan telah ditingkatkan hingga 2-3x lipat.

Selain itu, fiberisasi jaringan BTS juga terus dilakukan di seluruh Madura, dan saat ini telah mencapai lebih dari 60% BTS. Fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan BTS melalui jalur fiber, termasuk melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS.

Contohnya adalah dengan mengganti perangkat yang selama ini menggunakan microwave menjadi perangkat fiber.

Sejak awal November 2023 lalu, jaringan Fixed Mobile Convergence (FMC) juga telah masuk ke Madura, dengan layanan XL SATU Fiber.

Di tahap awal ini, jaringan FMC sudah langsung masuk ke tiga kabupaten, yaitu Sampang, Pamekasan, dan Sumenep, dengan jumlah homepass menyesuaikan dengan kebutuhan, dan harapannya sampai akhir tahun mencapai sekitar 70.000 homepass. 

Sambutan masyarakat Madura atas layanan ini juga sangat bagus. Hingga saat ini sudah ada ratusan pelanggan yang terlayani.

Secara umum, keunggulan dari layanan XL SATU Fiber dibandingkan dengan layanan sejenis adalah bahwa XL SATU Fiber mengkonvergensikan layanan internet rumah dan kuota handphone untuk sekeluarga yang menggunakan XL dan XL Prioritas dalam satu paket praktis.

Saat ini tersedia promo produk yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan dan masyarakat di pulau Madura untuk mengakses layanan data di jaringan 4G, yaitu Paket Xtra Combo Flex dari produk XL yang menawarkan bukan hanya kuota internetan yang cukup besar tapi juga bebas pilih bonus apa yang pelanggan suka, seperti bonus kuota utama, berlangganan aplikasi Vidio atau Sosmed.

Kemudian produk AXIS, khusus Madura ada paket yang cukup murah dari harga 20ribuan sudah bisa mendapatkan kuota 10Gb. Bagi setiap pelanggan yang membeli kartu perdana AXIS, akan mendapatkan Bonus Non Stop Sepanjang Tahun. Pelanggan mendapatkan bonus kuota Unlimited Gaming, bonus kuota tambahan Sosmed setiap isi ulang paket untuk pengguna AXIS baru dan Kuota Utama.

Untuk memberikan layanan kepada pelanggan, di seluruh Madura, XL Axiata memiliki jaringan layanan yang terdiri dari XL Center di Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep, dan lebih dari 3.300 retail outlet atau toko/kios penjual produk XL Axiata. (Icha)

Latest

Telkomsel Gelar Baktiku Negeriku 2024, Fokus Tingkatkan Ekonomi Desa

Telko.id -  Telkomsel meluncurkan kembali program Corporate Social Responsibility...

Telkomsel Umumkan Peraih Telkomsel Awards 2024

Telko.id - Telkomsel mengumumkan para peraih penghargaan Telkomsel Awards...

NeutraDC Ungkap Potensi Ekonomi Digital Batam

Telko.id - Sebagai wujud komitmen perusahaan dalam pembangunan berkelanjutan,...

Huawei MatePad SE 11 Kids Edition, Solusi Tablet Aman & Edukatif Buat Anak

Telko.id – Huawei MatePad SE 11 Kids Edition dirancang...

Rekomendasi

Jaringan FMC XL SATU Fiber Kini Telah Hadir di Morowali

Telko.id - XL Axiata terus memperluas jaringan Fix Mobile Convergence (FMC) di Sulawesi. Mulai awal Maret 2024, jaringan FMC XL SATU Fiber masuk ke...

XL Axiata – Apple Hadirkan Paket Bundling myPRIO DEAL iPhone

Telko.id - XL Axiata menawarkan program bundling yang memberikan nilai lebih untuk pelanggan pascabayar dan prabayar XL. Untuk pelanggan XL PRIORITAS, tersedia yaitu myPRIO...

Sinyal XL Axiata Jangkau Puluhan Pulau Terpencil di Kepulauan Riau

Telko.id - Sinyal layanan internet PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) tersedia di puluhan pulau terpencil di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Saat ini, warga di...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini