Ujicoba mmWave, DoCoMo dan Nokia Capai Kecepatan 2 Gbps

Telko.id – Prestasi terbaru kembali dicetak operator Jepang, NTT DoCoMo. Kali ini, ditandai dengan keberhasilan perusahaan dalam menguji teknologi gelombang milimeter (mmWave) di lokasi dunia nyata, yang mencapai kecepatan koneksi puncak lebih dari 2 Gbps.

Dilakukan dalam kemitraannya dengan Nokia Networks, pengujian ini berlangsung di kompleks bertingkat tinggi Roppongi Hills di Tokyo, dan dengan menggunakan spektrum di band 70 GHz.

Dilansir dari Total telecom, Rabu (2/12), frekuensi mmWave dipandang sebagai komponen penting dari 5G, tetapi frekuensi ini memberikan tantangan yang signifikan, terutama pada bangunan komersial, di mana kekuatan sinyal dipengaruhi oleh permukaan reflektif dan BTS berada di luar jangkauan perangkat.

“Kali ini, bagaimanapun, percobaan itu berhasil berkat penggunaan dua teknologi baru: beamforming, yang berfokus pada gelombang radio dalam arah tertentu, dan beam tracking untuk mengendalikan arah sinyal menurut lokasi perangkat mobile,” kata DoCoMo, dalam pernyataannya minggu lalu.

Sebelumnya, pada bulan November, DoCoMo dan Samsung melakukan uji coba dimana kecepatan koneksi puncak 2,5 Gbps disampaikan ke kendaraan yang melaju dengan kecepatan 60 kilometer per jam dengan menggunakan spektrum 28 GHz dan banyak antena dalam hubungannya dengan beamforming dan tracking.

“Ke depan, DoCoMo akan terus meneliti dan mengembangkan teknologi jaringan canggih yang ditujukan untuk peluncuran komersial dari sistem komunikasi mobile generasi berikutnya, 5G, pada 2020,” pungkas DoCoMo.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0