Jakarta – Saham Facebook terus meroket pada kamis lalu, hal tersebut dikarenakan pendapatan mereka yang solid sebagai raksasa jejaring sosial dengan keuntungan besar dalam iklan dan koneksi yang lebih baik di mobile dan video.
Seperti dilansir dari Phys.org, Saham Facebook naik 4,6 persen dan ditutup pada $ 108,76, mendorong penambahan nilai pasar perusahaan menjadi lebih dari $ 306.000.000.000.
Nilai pasar Facebook sekarang kira-kira sama dengan raksasa online Amazon ($ 307.000.000.000) dan berada di atas dari konglomerat industri General Electric ($ 299.000.000.000).
Namun, nilai mereka masih jauh di bawah perusahaan terbesar di dunia berdasarkan nilai pasar seperti, Apple ($ 674.000.000.000), Google ($ 523.000.000.000) dan Microsoft ($ 434.000.000.000).
Dalam update kuartal pada Rabu kemarin, Facebook mengatakan iklan mobile menyumbang sebagian besar keuntungan dan pendapatan dengan basis pengguna tumbuh lebih dari 1,5 miliar orang.
Laba bersih pada kuartal ketiga melonjak 11 persen dari tahun lalu menjadi $ 891.000.000 dengan pendapatan yang melonjak hingga 41 persen menjadi $ 4,5 milyar.
Seperti dijelaskan diawal, sebagian besar pendapatan berasal dari iklan, dan iklan mobile menyumbang 78 persen dari pendapatan pada kuartal tersebut, dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan nilai 66 persen.
Facebook mengatakan, jumlah pengguna aktif bulanan mereka mencapai 1,55 miliar, atau naik sekitar 14 persen dari tahun sebelumnya, dengan lebih dari satu miliar orang menggunakan facebook setiap hari. Sekitar 1,39 miliar pengguna mereka menggunakan perangkat mobile seperti smartphone atau tablet.
Analis Jefferies Brian Pitz mengatakan dalam sebuah catatan penelitian bahwa hasil Facebook sangat mengesankan, mereka mendapatkan lebih banyak iklan di mobile dan menempatkan mereka sebagai situs pemutar video dengan lebih dari delapan miliar video dilihat setiap hari.(AK/HZ)