Latest Phone

Oppo Pad Air2

Tecno Spark 20

Oppo Reno11 Pro (China)

Sidik Jari dan Iris Mata Mampu Dipalsukan

Kejahatan cyber semakin merajalela, setelah beberapa perusahaan raksasa terkenal diretas. Bahkan, perusahaan raksasa sekelas Vodafone pun telah merasakan keganasan dari para pencuri tersebut.

Para penjahat cyber memburu semua jenis data, seperti data pribadi, foto, video, bahkan cara pengguna berinteraksi dengan orang lain. Data-data ini biasanya dicuri dari jejaring sosial dan bukan hanya itu, data yang dicuri seringkali di posting di tempat lain untuk nantinya dijual kepada kriminil lain yang ingin memperoleh keuntungan.

Para penjahat cyber pun kini dapat memalsukan wajah seseorang yang hendak dijadikan target mereka. Sebuah aplikasi yang diluncurkan pada 2011 bahkan dapat merubah bentuk wajah seseorang, yang diambil dari sebuah foto, dimana wajah tersebut bisa digerakkan secara dinamis dan nyata di dalam video.

Menurut data yang di terima dari Kaspersky Lab, bukan hanya wajah yang dapat dikelabui oleh para hacker, melainkan biometrik seseorang seperti sidik jari dan iris mata bisa diduplikasi oleh para pencuri tersebut.

Saat ini, banyak masyarakat yang menggunakan sidik jari mereka untuk masuk ke pusat kebugaran, seperti yang dilakukan oleh pusat kebugaran di Amerika, 24 Hour Fitness. Pasien dari pusat medis di New York University bahkan menunjukkan telapak tangan sebagai ganti kartu asuransi mereka, dimana sistem PatientSecure melakukan pemindaian pola pembuluh darah yang unik pada tangan mereka.

Sebagai contoh kasus, Jak Krissler, yang terkenal akan aksinya meretas TouchID Apple baru-baru ini menemukan cara untuk menyalin iris serta sidik jari dari foto dengan resolusi tinggi.

Kate Kochetkova, Ahli Kaspersky Lab menuturkan, “Biometrik tentunya masih memiliki ruang untuk perbaikan. Untuk saat ini, kami sangat menyarankan Anda untuk tetap waspada dan melindungi data penting Anda dengan cara lama seperti password yang kuat dan teknologi two-factor authentication,” tuturnya pada keterangan rilis yang diterima tim Telko.id

Peneliti Kaspersky Lab juga menemukan kemungkinan pemalsuan DNA seseorang. (AK/HZ)

Latest

Dua Perangkat Samsung Ini Tangguh Untuk Berbagai Medan

Telko.id - Untuk memenuhi kebutuhan berbagai perusahaan di Indonesia...

Telkomsel dan ZTE Kolaborasi, Hadirkan Pengalaman 1 Gbps di Indonesia

Telko.id – Telkomsel dan ZTE Corporation jalin kerjasama strategis...

Xiaomi Perkenalkan Ekosistem Pintar “Human x Car x Home” di MWC 2024

Telko.id - Xiaomi memperkenalkan ekosistem pintar terbaru "Human x...

Telkomsel Hadirkan Paket kuWOTA JKT48, Apa Untungnya?

Telko.id – Telkomsel Prabayar kolaborasi dengan JKT48 meluncurkan paket...

Rekomendasi

Tecno Spark 20 Pro Series, Seharga Rp.2 jutaan Pas Buat Gen Z

Telko.id - Tecno Spark 20 Pro Series resmi hadir yang merupakan seri lanjutan dari Tecno Spark 20 Series yang telah diluncurkan Januari lalu. Tecno...

Chipset Exynos 2400 di Samsung Buat Galaxy S24 dan S24+ Ngacir!

Telko.id - Samsung Galaxy S24 Series sukses mendapat animo luar biasa dari konsumen di Indonesia berkat pengalaman terbarukan dari Galaxy AI yang tak bisa ditemukan...

Acer Manufacturing Indonesia Terus Lanjutkan Berkarya di Indonesia

Telko.id - Acer Manufacturing Indonesia (AMI), fasilitas produksi Acer di Indonesia, memperingati 12 tahun berkarya untuk bangsa. Hadir di Indonesia sejak Januari 2012 sebagai wujud...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini