Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Sidik Jari dan Iris Mata Mampu Dipalsukan

Kejahatan cyber semakin merajalela, setelah beberapa perusahaan raksasa terkenal diretas. Bahkan, perusahaan raksasa sekelas Vodafone pun telah merasakan keganasan dari para pencuri tersebut.

Para penjahat cyber memburu semua jenis data, seperti data pribadi, foto, video, bahkan cara pengguna berinteraksi dengan orang lain. Data-data ini biasanya dicuri dari jejaring sosial dan bukan hanya itu, data yang dicuri seringkali di posting di tempat lain untuk nantinya dijual kepada kriminil lain yang ingin memperoleh keuntungan.

Para penjahat cyber pun kini dapat memalsukan wajah seseorang yang hendak dijadikan target mereka. Sebuah aplikasi yang diluncurkan pada 2011 bahkan dapat merubah bentuk wajah seseorang, yang diambil dari sebuah foto, dimana wajah tersebut bisa digerakkan secara dinamis dan nyata di dalam video.

Menurut data yang di terima dari Kaspersky Lab, bukan hanya wajah yang dapat dikelabui oleh para hacker, melainkan biometrik seseorang seperti sidik jari dan iris mata bisa diduplikasi oleh para pencuri tersebut.

Saat ini, banyak masyarakat yang menggunakan sidik jari mereka untuk masuk ke pusat kebugaran, seperti yang dilakukan oleh pusat kebugaran di Amerika, 24 Hour Fitness. Pasien dari pusat medis di New York University bahkan menunjukkan telapak tangan sebagai ganti kartu asuransi mereka, dimana sistem PatientSecure melakukan pemindaian pola pembuluh darah yang unik pada tangan mereka.

Sebagai contoh kasus, Jak Krissler, yang terkenal akan aksinya meretas TouchID Apple baru-baru ini menemukan cara untuk menyalin iris serta sidik jari dari foto dengan resolusi tinggi.

Kate Kochetkova, Ahli Kaspersky Lab menuturkan, “Biometrik tentunya masih memiliki ruang untuk perbaikan. Untuk saat ini, kami sangat menyarankan Anda untuk tetap waspada dan melindungi data penting Anda dengan cara lama seperti password yang kuat dan teknologi two-factor authentication,” tuturnya pada keterangan rilis yang diterima tim Telko.id

Peneliti Kaspersky Lab juga menemukan kemungkinan pemalsuan DNA seseorang. (AK/HZ)

Latest

Telkomsel Bersama Tencent Cloud dan MCASH, Adopsi Palm Scanner, ini Targetnya!

Telko.id – Telkomsel bersama dengan Tencent Cloud dan MCASH...

Axioo Gandeng JKT48, Sasar Para Generasi Z

Telko.id - PT. Tera Data Indonusa, melalui brand laptop...

Indosat HiFi Perluas Jangkauan 100% Fiber Optik ke Kota Sekunder

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui brand Indosat HiFi perluasan...

Samsung Solve for Tomorrow Gelar Pelatihan Design Thinking, Ubah Ide Jadi Solusi

Telko.id - Samsung Solved for Tomorrow gelar pelatihan Design...

Rekomendasi

Axioo Gandeng JKT48, Sasar Para Generasi Z

Telko.id - PT. Tera Data Indonusa, melalui brand laptop nya Axioo menggandeng JKT48, idol group di Indonesia sebagai brand ambasadornya untuk menyasar generasi Z. Harapannya,...

Predator Gaming Indonesia Dukung Valorant Champions Tour Pacific 2024

Telko.id - Acer Indonesia secara resmi mengumumkan partisipasi dan dukungan pada ajang kompetisi esports Valorant terbesar dunia, Valorant Champions Tour Pacific. Menjadi official partner, Predator...

Acer Swift Series Terbaru Hadir Bertenaga AMD Ryzen AI 300 Series

Telko.id - Acer mengumumkan bahwa seri laptop tipis dan ringan, Swift generasi terbaru akan hadir dengan varian model yang ditenagai prosesor khusus laptop, AMD...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini