Lewat Kesepakatan US$1 Miliar, Alibaba Kuasai Saham Lazada

Telko.id – Layanan video online Youku Tudou tampaknya tidak akan menjadi satu-satunya pembelian besar Alibaba tahun ini. Terbukti, raksasa ecommerce asal China itu telah membuat kesepakatan senilai US$1 Miliar dengan Lazada, untuk membeli saham pengendali situs jual beli online tersebut.

Menurut laporan Bloomberg, Selasa (12/4), Alibaba akan membayar US$500 juta untuk saham baru di perusahaan dan saham lain yang telah dimiliki investor yang ada.

Dari beberapa investor yang akan menjual sahamnya di Lazada, ada nama-nama seperti Rocket Internet SE, Tesco Plc dan Investment AB Kinnevik.

“Dengan investasi di Lazada, Alibaba mendapatkan akses ke platform dengan basis konsumen yang besar dan berkembang di luar China, dengan tim manajemen yang terbukti kuat,” ungkap Presiden Alibaba, Michael Evans dalam sebuah pernyataan.

Kesepakatan antara Alibaba dan Lazada ini juga mencakup opsi untuk membeli saham Lazada tertentu dalam jangka waktu 12 sampai 18 bulan setelah kesepakatan ditutup. Credit Suisse Group AG akan menjadi penasihat Alibaba, sementara Goldman Sachs Group Inc akan menjadi penasihat keuangan Lazada.

Didirikan oleh Rocket pada tahun 2012, Lazada selama ini dikenal sebagai ecommerce yang menjual produk elektronik dan pakaian di enam pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Di Indonesia, situs ini bersaing ketat dengan Tokopedia dan MatahariMall.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0