Jelang Dihapus, Biaya Roaming di Eropa Turun Drastis

Telko.id – Biaya Roaming telepon seluler di Uni Eropa jatuh tajam pada hari Sabtu. Hal ini disebut-sebut sebagai langkah terakhir sebelum biaya roaming ini benar-benar dihapuskan untuk orang Eropa tahun depan.

Menurut laporan Phys.org, Senin (2/5), Uni Eropa akan menghapus biaya roaming langsung pada 15 Juni 2017, mengakhiri biaya yang dibenci oleh jutaan turis dan pelancong bisnis di seluruh Eropa.

“Kini kami berada di tahap terakhir sebelum biaya roaming dihapus pada 2017,” kata Andrus Ansip, Wakil Presiden Komisi Eropa untuk pasar tunggal digital.

Ia menambahkan, kebijakan ini bukan hanya tentang penghematan uang di Eropa, tetapi juga terkait dengan penurunan hambatan di pasar tunggal digital.

Dengan turunnya biaya roaming secara drastis pada Sabtu kemarin, pengguna Eropa yang bepergian di benua itu hanya membayar tidak lebih dari tambahan 0,05 euro per menit untuk panggilan, 0,02 euro per SMS dan 0,05 data per megabyte.

Sebelumnya, biaya tersebut dipatok lebih dari tiga kali lipat di €0,19 per menit untuk panggilan, 0,06 euro per SMS dan 0,20 euro data per megabyte.

“Kami menyambut pemotongan biaya roaming. Konsumen saat ini tidak mengerti mengapa melintasi perbatasan di Eropa harus mengalami lonjakan biaya telepon dan internet,” kata Monique Goyens, kepala Organisasi Konsumen Eropa.

Penghapusan biaya roaming merupakan elemen kunci dari upaya Uni Eropa untuk menciptakan pasar yang jauh lebih bersatu di Eropa, terutama untuk layanan digital dan komunikasi. Uni Eropa memperdebatkan rencana tahun lalu yang akan memungkinkan wisatawan untuk mendapatkan layanan online streaming seperti Netflix atau BBC iPlayer di luar negeri, sesuatu yang saat ini diblokir.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0