Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Ilmuwan Inggris Ciptakan Kecepatan Internet 50 ribu kali Lebih Cepat dari Biasanya

Telko.id – Mungkin sebagian besar dari pengguna internet di dunia pernah merasakan frustrasi akibat kecpatan internet yang lambat ketika hendak mengunduh sebuah file. Namun, hal ini kedepannya tidak akan dirasakan lagi, mengingat semakin baiknya kecepatan internet di seluruh dunia dengan menawarkan cepatan hingga 1Gbps.

Terlebih lagi, seorang ilmuan asal Inggris baru-baru ini telah menemukan sebuah solusi untuk mengirimkan data 50 kali lebih cepat dibandingkan dengan fixed broadband pada umumnya. Para ilmuwan di University College London telah mengembangkan peralatan serat optik baru yang dapat mengirim data pada kecepatan 1.125 terabit per detik.

Kecepatan tersebut tentunya sudah dapat mentransfer semua serial TV dengan kualitas high-defiition dalam waktu sepersekian detik dan tetunya akan jauh lebih cepat bila dibandingkan dari banyak rumah di Inggris.

Dr Robert Maher, selaku pemimpin penelitian ini menyebutkan,”Kecepatan ini hampir 50.000 kali lebih cepat bila dibandingkan dengan kecepatan rata-rata koneksi broadband di Inggris yakni hanya 24 megabits per detik, yang merupakan kecepatan saat mendefinisikan broadband supercepat yang ada,” ucapnya seperti dilansir dari laman Telegraph (12/2).

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan bahwa mereka telah memberikan contoh pada saat melakukan pengunduhan dari seri Game Of Thrones, yang mana game ini adalah game HD dengan size mencapai 1GB dan hanya memerlukan waktu satu detik saja untuk menyelesaikan proses pengunduhan.

Sementara jika melakukan pengunduhan menggunakan kecepatan normal di Inggris, data sebesar itu akan memkan waktu sekitar satu jam, bahkan hampir sepertiga rumah di Inggris hanya mampu memiliki kecepatan kurang dari 10 Mbps, yang tentunya akan memakan waktu sekitar dua jam untuk mengunduh data tersebut.

Para peneliti mengungkapkan bahwa teknologi yang mereka sebut ‘Super-Channel’ ini dapat merevolusi jaringan broadband dan dapat menciptakan generasi berikutnya dari sistem komunikasi berkapasitas tinggi.

Mereka mencapai terobosan yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, dengan menggunakan teknologi serat optik yang sama dan mengirimkan sinyal cahaya melalui ribuan mil dari kabel yang membentuk jaringan broadband BT. sejatinya mereka mengirimkan 15 ‘nadi’ cahaya pada frekuensi yang berbeda dalam sekali waktu. Super-Channel memungkinkan para peneliti untuk mengirimkan informasi pada kecepatan yang jauh lebih cepat dan sebuah receiver khusus akan menangkap berbagai frekuensi dan proses pengiriman tersebut.

Sekedar informasi, teknik ini biasanya digunakan untuk membagi sinyal nirkabel, namun sampai dengan saat ini, skema tersebut belum pernah digunakan untuk fixed internet connection. Bahkan, negara yang memiliki kecepatan serat optik terbaik, hanya mampu menghasilkan kecepatan maksimal sebesar 100 gigabit per detik.

Teknologi ini sejatinya belum tersedia secara komersial, namun para peneliti UCL sekarang berencana untuk mengujinya dan melihat apakah teknologi ini dapat berhasil membawa data di ribuan mil dari serat optik yang melintasi negara tersebut. Jika memang pengujian tersebut berhasil, maka tentunya ini menjadi sebuah ‘tamparan’ besar bagi operator mereka yakni BT.

Latest

Explore Galaxy S24 Series Lebih Worry-free? Ini 4 Tips Jitunya!

Telko.id – Pakai smartphone canggih, pasti juga ada ke...

WWF ke 10, Telkomsel Pastikan Kesiapan dan Kemudahan Akses Jaringan Broadband

Telko.id - Telkomsel turut menyukseskan pelaksanaan World Water Forum...

WWF Ke-10,  XL Axiata Siapkan Jaringan Berkualitas dan Body Worn Camera 

Telko.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan...

Oppo A60 Hadirkan Ketahanan Tingkat Militer, Ini Spesifikasi Lengkapnya!

Telko.id - Hari ini, Oppo meluncurkan anggota terbaru dari...

Rekomendasi

Pakai AI, Indomilk Steril “Click to get Riil!” Bisa Video Call Dengan Ariel Noah

Telko.id - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (“Indofood CBP”) melalui merek Indomilk Steril menghadirkan teknologi AI pertama di Indonesia yang akan membuat siapapun...

Hyundai Gelar Pesta Trade-In, Tukar Tambah Mobil Jadi Makin Mudah

Telko.id - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi mengumumkan penyelenggaraan Pesta Trade-in Hyundai di seluruh jaringan dealer Hyundai secara nasional. Keberlanjutan Pesta Trade-in Hyundai,...

Polytron PRS 510X, Kulkas Side by Side Solusi di Musim Panas

Telko.id – Musim panas seperti sekarang ini, sudah pasti membuat ingin makan atau minum yang dingin, Polytron PRS 510X, Kulkas Side by Side ini...