Telko.id – Sejumlah fakta diungkapkan Linkedin terkait generasi millenial, yakni mereka-mereka yang berada di rentang usia 18-35 tahun. Dalam laporannya, dijelaskan bahwa generasi millenial memiliki kecenderungan untuk lebih memanfaatkan Linkedin jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
Hal ini dapat dilihat dari sepak terjang mereka saat akan melamar pekerjaan, dimana19% diantaranya melihat halaman karier sebuah perusahaan di Linkedin ketika akan melamar di perusahaan tersebut. Bandingkan dengan generasi x atau mereka yang berada di rentang usia 45-55 tahun, yang hanya 15% saja yang melakukannya, dan generasi baby boomer (51-66 tahun) yang hanya 10%.
“Ketimbang generasi sebelumnya, generasi ini memiliki kecenderungan untuk lebih memanfaatkan Linkedin,” kata Frank Koo, Head of Sputheast Asia Talent Solutions, Linkedin di Jakarta, Selasa (2/8).
Ia menjelaskan, pemanfaatan itu bisa dilakukan lewat berbagai cara, seperti menggunakan Linkedin untuk memperbarui resume, dimana 67% generasi millenial melakukannya, dan menemukan pekerjaan (21%).
Generasi millenial (64%) meyakini bahwa Linkedin berdampak positif terhadap karier mereka, sementara hanya 56% saja dari generasi baby boomer yang merasa demikian.
Sementara dari segi pengembangan karier, generasi millenial memiliki kecenderungan lebih besar untuk menerima tawaran interview kerja di lebih dari satu perusahaan, dengan 32% diantaranya menerima taawaran interview di dua hingga tiga perusahaan sekaligus. Bandingkan dengan generasi x yang hanya 14% dan generasi baby boomer dengan 10%.
“Generasi millenial cenderung lebih mudah dalam mengaktualisasiakan segala susuatunya di media sosial, artinya mereka lebih eksis dibanding generasi x dan generasi baby boomer,” kata Frank lagi.
Selain sosial media, sumber lain yang digunakan generasi millenial untuk mencari pekerjaan adalah situs portal penyedia lowongan kerja dan situs web perusahaan. Sementara untuk informasi mengenai pekerjaan itu sendiri, biasanya generasi millenial memperolehnya dari mulut ke mulut. Hal ini kian populer seiring dengan semakin luasnya jaringan.