Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

100Gbps Bukan Hanya Mimpi Di Jepang?

Telko.id – Peneliti Jepang telah mencapai tingkat transmisi nirkabel hingga 100Gbps dengan pemancar baru yang beroperasi di frekuensi 275 GHz hingga jarak 305 GHz.

Sebuah tim yang terdiri dari peneliti dari Hiroshima University, Panasonic dan National Institute of Information and Communications Technology berhasil mengembangkan transmisi pemancar Terahertz yang mampu menangkap sinyal pada tingkat data per-channel lebih dari sepuluh gigabit per detik.

Dilansir dari TelecomAsia(15/2), para peneliti mengatakan pemancar diintegrasikan sebagai CMOS silikon sirkuit terpadu. Teknologi ini bisa membuka jalan untuk komunikasi nirkabel dengan kecepatan data sepuluh kali lebih tinggi dari saat ini diperbolehkan oleh teknologi yang ada.

Band Terahertz merupakan gelombang frekuensi sub-milimeter yang saat ini tidak dimanfaatkan untuk komunikasi nirkabel, dan cocok untuk komunikasi dengan kecepatan ultra-tinggi, menurut para peneliti.

Selain itu para peneliti telah menunjukkan bahwa teknologi modulasi seperti QAM yang layak pada frekuensi kisaran 300-GHz.

“Saat ini, teknologi nirkabel Terahertz dipersenjatai dengan bandwidth yang sangat luas dan kemampuan QAM. Penggunaan QAM merupakan kunci untuk mencapai kecepatan 100 gigabit per detik pada 300-GHz, “kata profesor Universitas Hiroshima Minoru Fujishima.

“Hari ini, biasanya kita berbicara tentang tarif data nirkabel di megabit per detik atau gigabit per detik, namun saya meramalkan kami akan segera berbicara mengenai kecepatan terabit per detik, kami ingin membawa kecepatan serat optik terbang ke udara, dan kami telah mengambil langkah penting untuk menuju tujuan tersebut, ” tambahnya.

Penelitian ke sirkuit nirkabel pada frekuensi 300 GHz sedang berlangsung. Para ilmuwan berencana untuk mengembangkan sirkuit penerima untuk band ini serta modulasi dan demodulasi sirkuit.

Latest

Explore Galaxy S24 Series Lebih Worry-free? Ini 4 Tips Jitunya!

Telko.id – Pakai smartphone canggih, pasti juga ada ke...

WWF ke 10, Telkomsel Pastikan Kesiapan dan Kemudahan Akses Jaringan Broadband

Telko.id - Telkomsel turut menyukseskan pelaksanaan World Water Forum...

WWF Ke-10,  XL Axiata Siapkan Jaringan Berkualitas dan Body Worn Camera 

Telko.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan...

Oppo A60 Hadirkan Ketahanan Tingkat Militer, Ini Spesifikasi Lengkapnya!

Telko.id - Hari ini, Oppo meluncurkan anggota terbaru dari...

Rekomendasi

Pakai AI, Indomilk Steril “Click to get Riil!” Bisa Video Call Dengan Ariel Noah

Telko.id - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (“Indofood CBP”) melalui merek Indomilk Steril menghadirkan teknologi AI pertama di Indonesia yang akan membuat siapapun...

Hyundai Gelar Pesta Trade-In, Tukar Tambah Mobil Jadi Makin Mudah

Telko.id - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi mengumumkan penyelenggaraan Pesta Trade-in Hyundai di seluruh jaringan dealer Hyundai secara nasional. Keberlanjutan Pesta Trade-in Hyundai,...

Polytron PRS 510X, Kulkas Side by Side Solusi di Musim Panas

Telko.id – Musim panas seperti sekarang ini, sudah pasti membuat ingin makan atau minum yang dingin, Polytron PRS 510X, Kulkas Side by Side ini...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini