spot_img
Latest Phone

Moto g86 Power 5G: Spek Lengkap dengan Harga Terjangkau

Telko.id - Smartphone terbaru dari Motorola akan segera diluncurkan....

Apple Kembangkan Chatbot AI Sendiri, Saingan ChatGPT

Telko.id – Perusahaan teknologi besar Apple, mulai bergerak mengembangkan...

Pendapatan Apple Naik 10%, Penjualan iPhone Tembus 3 Miliar Unit

Telko.id - Apple mengumumkan hasil keuangan kuartal III 2025...

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...

ROG Phone 9 Series Tawarkan Bonus Eksklusif dan Diskon Hingga Rp2,99 Juta

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) menghadirkan promo...
Beranda blog Halaman 635

Oppo Reno6, Ini Spesifikasi Lengkap versi Indonesia

Telko.id – Oppo Reno6 akan meluncur pada 15 Juli ini. Spesifkasi lengkapnya banyak dipertanyaakan oleh masyarakat. Maklum saja, dari awal sudah diinformasikan bahwa spesifikasi perangkat ini akan berbeda dengan yang sudah diumumkan secara global atau di negara lain.

Hal ini juga sudah terkonfirmasi oleh Aryo Meidianto Aji selaku PR Manager Oppo Indonesia yang memastikan Reno6 versi Indonesia akan beda dengan versi China.Terbukti dalam pemaparannya, ada beberapa perbedaan dari dua versi tersebut.

“Oppo Reno6 yang akan hadir di Indonesia ini akan sama dengan yang diluncurkan di Kamboja, hanya dua negara yang mendapatkan ini. Bedanya dengan versi China, mulai dari prosesor, layar, baterai, hingga charger,” ungkap Aryo dalam pernyataannya saat temu media secara virtual, Senin (12/7/2021).

Yang pasti, menurut Aryo, seperti juga katagori Reno lainnya, Oppo Reno6 ini mengutamakan fotografi, videografi dan desain. Semua nya ditujukan bagi para generasi muda yang ingin cepat menghasilkan karya tanpa perlu menggunakan berbagai aplikasi lain. Semua nya sudah ada di perangkat ini dan proses nya cepat!

So, seperti apa sesifikasi lengkap dari Oppo Reno6 ini?

Baca juga : Yuk Ngintip Apa Itu Fotografi komputasional Milik Oppo Reno6!

Punya 4 Kamera Utama

OPPO Reno6 dilengkapi dengan 4 kamera utama yakni 64MP Main Camera F/1.7, 8MP 119° Wide Angle Camera F/2.2, 2MP Macro Camera (4cm) F/2.4 dan 2MP Mono Camera F/2.4. Dibagian depan terdapat kamera yang bertipe punch hole 44MP F/2.4.

Apa yang menarik dari fitur kamera yang dimiliki oleh Oppo Reno6 ini?

Yang pertama adalah Bokeh Flare Video Portrait.  Fitur ini menjadi nilai jual utama kamera Reno6 yang dapat digunakan pada kamera depan dan kamera belakang. Fitur Bokeh Flare Video Portrait dapat membuat efek layaknya pada produksi film Hollywod dimana latar belakang dibuat blur terlebih jika terkena lingkaran cahaya.

Bokeh flare portrait ini memiliki keunggulan suar cahaya yang dibuat oleh sumber cahaya asli. Selain itu,

Fitur ini juga menggunakan algoritma kecerdasan buatan yang dikembangkan OPPO untuk menunjukkan dengan tepat sumber cahaya asli pada latar belakang dan menciptakan titik cahaya bokeh pada berbagai tingkatan kedalaman, meniru apa yang dapat dihasilkan oleh kamera profesional.

Nah, yang menarik adalah fitur Pratinjau Real-Time. Di mana,setiap pemotretan dan pemrosesan gambar dapat diselesaikan hanya dalam waktu10 milidetik, memungkinkan pratinjau Potret Bokeh Flare Video secara real-time. “Apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan.”

Jadi, Bokeh Flare Portrait Video di Reno6 dapat secara otomatis mengoptimalkan latar belakang dengan titik cahaya bokeh sekaligus mencerahkan subjek potret, sehingga pengguna bisa mendapatkan efek potret tingkat profesional hanya dengan satu klik.

Selanjutnya, selain Bokeh Flare Video Portrait Reno6 memiliki fitur unggulan AI Highlight Video. AI Highlith video berfungsi untuk video lebih jelas di malam hari atau dengan cahaya latar yang kuat, AI Highlight Video pada Reno6 akan secara otomatis mendeteksi cahaya sekitar dan membantu membuat video potret yang lebih jelas, lebih cerah, dan lebih hidup.

Saat mengambil video potret di malam hari dengan AI Highlight Video, algoritma Ultra Night Video akan secara otomatis diaktifkan untuk meningkatkan kecerahan dan mengembalikan warna asli. Tekstur video akan terlihat lebih detail, bahkan pada area yang lebih gelap.

Dengan kondisi cahaya latar yang sangat kuat, pengguna tetap dapat merekam video potret super jernih dengan Reno6. Saat merekam dengan cahaya latar kuat, Algoritma Live HDR akan diaktifkan, memungkinkan kamera menangkap bidikan dengan lebih jelas, mempertahankan warna dan detail pada area yang gelap

Perangkat ini juga memiliki fitur Portrait Beautification Video. Sebuah fitur yang menggabungkan pengenalan hingga 193 titik wajah untuk video. Di mana,fitur ini akan memberikan efek beautifikasi yang halus dan alami untuk video potret.  Fitur Portrait Beautification Video dapat menghilangkan ketidaksempurnaan kulit di wajah sambal mempertahankan fitur alami, mencocokkan warna kulit wajah dengan leher dan lengan, dan mencerahkan mata agar terlihat lebih istimewa

Tidak ketinggalan, perangkat ini juga dibekali dengan fitur Flash Snapshot yang memanfaatkan Image Clear Engine (ICE). Sebuah teknologi eksklusif Oppo. Di mana, Flash Snapshot pada Reno6 akan memfokuskan objek secara otomatis dan cepat sejak pengguna menyalakan kamera, memastikan foto snapshot cepat selalu jernih dan stabil.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan Ultra-Clear 108MP Image. Sebuah kamera utama beresolusi ultra-tinggi yang dilengkapi algoritma resolusi super mampu menghasilkan foto beresolusi hingga 108MP. Gambar yang dihasilkan akan terlihat jelas dan tajam saat diperbesar.

Yang menarik lainnya adalah AI Pallete. Fitur ini sangat mempermudah dalam menyalin gaya potret favorit preferensi pengguna ke dalam koleksi foto hanya dengan satu klik, memberi pengguna kontrol kreatif mutlak untuk setiap foto yang dihasilkan.

Desain Cantik dan Elegan

OPPO Reno6 memiliki ketebalan 7,8mm dan berat sekitar 173g, OPPO Reno6 mudah dimasukkan ke dalam saku dan pas dalam gengaman.

Jika ditelaah lebih jauh, kilauan dari casing Oppo Reno6 ini berbeda. Ya, karena pada perangkat ini menggunakan teknologi Oppo Reno Glow. Teknologi warna ekslusif Reno Glow merupakan pusat daya tarik desain seri Reno karena menciptakan efek kilauan halus pada penutup belakang perangkat, sekaligus membuatnya bebas sidik jari. Melalui pengembangan yang konsisten, Reno Glow telah menjadi fitur ikonik yang dapat dikenali dari seri Reno. Bahkan, merek ini telah memiliki 20 paten untuk pengaplikasian tehnik pewarnaan Reno Glow.

Coba saja lihat versi Aurora yang membawa tagline the “Ever-changing” Color. Warna ini terinspirasi oleh imajinasi cahaya aurora borealis pada kutub utara yang mempesona.Proses Spektrum Berlian baru juga telah ditambahkan untuk memberi Reno6 ini warna yang dapat “selalu berubah“.

Baca juga : Oppo Reno6, Stylish dan Menawan, Apa Rahasia nya?

Kini, OPPO meningkatkan 5 Lapisan Spektrum Berlian pada Reno6, 2 lapisan lebih banyak dibanding suksesornya yang mengakibatkan penambahan sekitar 1 juta kombinasi warna yang dihasilkan oleh perangkat Reno6 Aurora, sangat jauh jika dibandingkan 10.000 warna yang dihasilkan oleh OPPO Reno5.

Sedangkan pada versi Stellar Black yang memiliki tagline the Shiniest Black, menambah dimensi baru pada warna hitam klasik dengan efek visual yang dinamis, berkilau, transparan, dan warna yang dapat berubah dengan tehnik pewarnaan OPPO Reno Glow. Stellar Black memberikan kesan galaxy semesta dalam gengaman.

Yahud Bila Dibuat Main Game

Bagaimana tidak yahud, Oppo Reno6 ini dilengkapi dengan layar berkualitas tinggi yang menghadirkan pengalaman multimedia yang nyaman, terutama saat bermain game online.

Penasaran? Layar pada perangkat ini memiliki 6.4 Inci AMOLED Display, 91,7 % Rasio layar ke bingkai

Rasio layar 20 9, Refresh Rate 90Hz, Respon sentuhan hingga 180Hz, Resolusi layar 2400 x 1080 FHD+, Sertifikasi SGS Eye Care Display, dan asyiknya sudah ada Sertifikasi Netflix & Amazon Video HD Streaming.

Tidak hanya layar, perangkat ini juga dilengkap dengan teknologi ekspansi RAM. Padahal, Reno6 hadir dengan RAM besar 8GB + ROM 128GB. Adanya teknologi Ekspansi RAM yang dikembangkan Oppo ini membuat Anda ketika kehiabisan ruang RAM maka dapat memilih untuk mengubah sebagian dari ROM (penyimpanan internal) yang tersedia menjadi RAM virtual.

Anda pun dapat menyesuaikan tiga tingkat ukuran ekspansi, yang berarti RAM 8GB OPPO Reno6 dapat dilengkapi dengan memori tambahan 2GB/3GB/5GB. Hal ini membuat Reno6 tetap berjalan dengan lancar dengan beberapa aplikasi yang berjalan bersamaan.

Main game pun harus didukung dengan baterai yang mantap. Dan, Oppo Reno6 ini sudah dilengkapi dengan baterai 4310mAh dan pengisian daya cepat 50W, Reno6 dapat diisi hingga 100% dalam 45 menit, dan pengisian daya 5 menit akan memberi daya yang cukup untuk 3 jam pemutaran video berkelanjutan.

Baterai perangkat ini juga dilengkapi fitur Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby, dimana kedua fitur ini akanmembantu memaksimalkan baterai terakhir ketika sangat dibutuhkan. Pengguna akan merasa aman ketika mengetahui masa pakai baterai terakhir dapat bertahan hingga menemukan tempat untuk mengisi daya.

Selain itu, masih ada fitur Game lain yang sudah ada dalam perangkat ini. Seperti Quick Startup yang dapat membantu mengidentifikasi game favorit yang paling sering dimainkan Anda. Fitur ini akan membuat game tetap aktif di latar belakang bahkan setelah keluar dari game itu sendiri. Saat memulai kembali game, Anda dapat mengambil jalan pintas untuk langsung berada pada halaman beranda permainan hanya dengan satu klik.

Sementara Game Focus Mode akan meminimalisasi semua pemberitahuan melalui notifikasi agar pengguna dapat berfokus kepada permainan yang dijalankan.

Sistem Operasi Membuat Nyaman

Tidak hanya hard ware saja yang diperhatikan pada Oppo Reno6 ini. Sistem operasinya juga diperhatikan benar. Seperti adanya O Relax. Di mana, selain produktivitas yang unggul, Oppo juga ingin Anda dapat menikmati hidup yang lebih nyaman bersama Reno6. O Relax adalah aplikasi bawaan unik yang berisi serangkaian suara yang menenangkan. Versi terbaru O Relax menampilkan The Sounds of the Cities, White Noise Customization, dan mini game penghilang stress.

Lalu ada Artist Wallpaper, di mana perangkat ini menyediakan serangkaian wallpaper yang memamerkan keindahan sains. Dengan menggunakan teknik fotografi berkecepatan tinggi untuk menangkap reaksi kimia mikroskopis, wallpaper ini menggabungkan keindahan teknologi dan seni, menawarkan gambar inspirasi kreatif setiap kali pengguna menatap layar perangkat.Artist wallpaper tersedia gratis dan dapat diunduh pada OPPO Theme Store.

Perangkat ini juga menyediakan Free Screenshot. Sebuah fasilitas untuk mendukung tangkapan layar dalam bentuk kotak, persegi bahkan bentuk bebas. Saat memilih area tangkapan layar, cukup ketuk tombol “Terjemahkan” untuk mengaktifkan Google Lens guna membantu menerjemahkan konten ke lebih dari 100 bahasa.

Tidak ketinggalan, ada fasilitas Air Gesture. Cukup dengan pengenalan gerakan, pengguna dapat menggulirkan dari jauh ke atas dan ke bawah pada aplikasi sosial atau aplikasi video populer. Fitur Ini juga memungkinkan untuk menjawab panggilan tanpa menyentuh ponsel.

Selain itu juga ada fasilitas Adaptive Sleep. Di mana, kamera depan 44 MP Reno6 dilengkapi dengan algoritma penginderaan cerdas AI yang dapat mendeteksi keberadaan pengguna dan memastikan layar tidak akan meredup atau tertidur saat pengguna masih menatap layar.

Teknologi AI lain yang ada pada perangkat ini adalah Anti-peeping for Notifications. Di mana dengan Algoritma penginderaan cerdas berbasis AI secara otomatis mendeteksi jika orang lain mengintip ponsel pengguna. Saat diaktifkan, konten pemberitahuan berupa pop-up notification akan disembunyikan untuk mencegah orang lain memata-matai layar.

Spesifikasi OPPO Reno6

WarnaAurora \ Stellar Black
Ukuran159.1mm×73.3mm×7.8mm
ProsesorQualcomm® Snapdragon™ 720G
RAM & Penyimpanan8GB RAM LPDDR4X(dengan fitur RAM Expansion) 128GB ROM UFS 2.1 (dapat diperluas dengan MicroSD)
BeratSekitar 173g
Bahan Cover BelakangOPPO Reno Glow
Jenis & Ukuran Layar6.4″ AMOLED Single Punch Hole 90 Hz refresh rate + up to 180 Hz touch sampling rate
Sidik JariSensor sidik jari di dalam layar
Kamera Utama64MP Main Camera F/1.7 + 8MP 119° Wide Angle Camera F/2.2 + 2MP Macro Camera (4cm) F/2.4 + 2MP Mono Camera F2.4
Kamera Depan44MP F/2.4
Baterai & Pengisian Daya4310mAh, 50W Flash Charge
Teknologi PendinginMulti-cooling System
Sistem OperasiColorOS 11.1 berbasis Android 11

(Icha)

Samsung Galaxy S20 FE Hadirkan Varian Baru Dengan Fitur HDR10+

Telko.id – Varian terbaru dari Samsung Galaxy S20 FE yang ditenagai prosesor Snapdragon 865 dari Qualcomm telah tersedia di Indonesia mulai 1 Juli 2021 lalu. Hadirnya versi terbaru dari Galaxy S20 FE tersebut mampu melengkapi portofolio Samsung Galaxy di Tanah Air, sekaligus memberikan pilihan yang lebih luas bagi konsumen untuk menentukan smartphone yang sesuai dengan kebutuhan.

Lantas, apa hal baru yang ditawarkan oleh Galaxy S20 FE versi Snapdragon 865?

Dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy S20 FE varian Snapdragon 865 menawarkan fitur HDR10+ yang akan memberikan pengalaman lebih lanjut bagi konsumen dalam membuat maupun menonton konten video. Selain itu, dengan prosesor Snapdragon 865, Samsung memastikan bahwa Galaxy S20 FE versi terbaru ini akan memberikan pengalaman premium dari lini smartphone flagship Galaxy S yang utuh bagi konsumen.

Baca juga : Samsung Galaxy S20 FE Baru Saja Diluncurkan, Harga nya Rp. 10 Juta!

Sejak pertama kali hadir di Indonesia, Galaxy S20 FE telah mendapat respons yang positif dari konsumen. Maka dari itu, Samsung merasa senang dapat membawa pilihan dan pengalaman baru dari seri smartphone tersebut di Indonesia. Sesuai dengan nama Fan Edition yang diusungnya, versi Snapdragon ditujukan bagi para Fan Galaxy S20 yang ingin mendapatkan pengalaman maksimal dalam menggunakan smartphone kesayangan mereka.  

“Dengan membawa Galaxy S20 FE versi Snapdragon 865, Samsung ingin mengajak lebih banyak konsumen untuk merasakan pengalaman flagship Samsung yang sebenarnya dalam melakukan apa pun yang disuka,” ujar Selvia Gofar, Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia.

Secara garis besar, HDR10+ merupakan teknologi yang mampu meningkatkan kualitas warna dan kontras pada sebuah video menjadi lebih hidup dan dinamis.

Saat HDR10+ diaktifkan di pengaturan kamera, maka fitur tersebut akan memberikan optimalisasi di setiap frame pada video yang direkam, sehingga video tersebut dapat menampilkan lebih banyak detail secara lebih nyata. Bahkan, HDR10+ juga dapat menampilkan miliaran nuansa warna!

HDR10+ menjadi penambahan fitur yang sangat bermanfaat pada Galaxy S20 FE versi terbaru. Pasalnya, perpaduan antara HDR10+ dengan pro-grade triple camera (12MP Ultra Wide Camera + 12MP Wide-angle Camera + 8MP Telephoto Camera) yang tersemat di bagian belakang akan memberikan pengguna pengalaman yang lebih luar bisa dalam merekam video.

Hadirnya HDR10+ pun semakin melengkapi fitur-fitur kamera yang begitu disukai konsumen di Galaxy S20 FE, seperti 30x Space Zoom, Night Mode, dan Single Take.

Pengguna yang ingin mencoba keunggulan fitur dari HDR10+ bisa merekam momen-momen seperti deburan ombak di pantai sampai rerumputan yang dihembus angin. Selain itu, di tengah pembatasan sosial yang kembali diberlakukan seperti sekarang, pengguna juga bisa merekam tanaman di halaman rumah hingga lingkungan di sekitar rumah saat lari pagi dengan hasil yang lebih hidup berkat optimalisasi warna dan kontras yang dihasilkan oleh HDR10+.

Berbagai kreasi video yang diciptakan pun bisa dilihat dengan lebih nyaman tidak hanya berkat HDR10+, namun juga berkat kualitas layar yang dimiliki oleh Galaxy S20 FE versi Snapdragon 865. Smartphone tersebut mengusung layar Super AMOLED dengan ukuran 6,5 inci dan resolusi 1080×2400 yang akan membuat pengalaman menikmati konten menjadi lebih menyenangkan berkat porsi layar yang lapang dan kualitas gambar yang menawan. Hal tersebut pun dilengkapi dengan dukungan refresh rate 120Hz yang membuat tiap scroll yang dilakukan maupun setiap animasi pada layar dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi pengguna.

“Ke depan, Samsung akan terus mengembangkan lini smartphone Galaxy berdasarkan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat demi memberikan pilihan yang lebih luas sekaligus relevan bagi konsumen di seluruh Indonesia. Hal tersebut juga akan didukung dengan hadirnya lebih banyak lagi inisiatif dan inovasi yang akan memberikan pengalaman terbarukan bagi konsumen dalam memaksimalkan setiap fitur andalan di smartphone Galaxy, termasuk Galaxy S20 FE ini, di kehidupannya sehari-hari,” kata Selvia menutup.

Konsumen di seluruh Indonesia bisa mendapatkan Galaxy S20 FE versi Snapdragon 865 dengan harga mulai dari Rp8.999.000 untuk varian 8GB/128GB dan untuk varian 8GB/256GB akan dijual dengan harga Rp9.999.000.

Untuk penjualan perdana Galaxy S20 FE versi Snapdragon 865 konsumen akan mendapatkan cashback hingga Rp1.000.000 dan photo card BTS selama periode promo yaitu tanggal 1 – 31 Juli 2021. Terdapat enam pilihan warna menawan yang bisa dipilih konsumen, yaitu Cloud Red, Cloud Orange, Cloud Lavender, Cloud Mint, Cloud Navy, dan Cloud White. (Icha)

Dukung PPKM, 3 Indonesia Optimalisasi Jaringan di Area RS dan Perumahan

0

Telko.id – 3 Indonesia optimalisasi jaringan di area Rumah Sakit dan Perumahan. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi terjadi nya lonjakan trafik yang diperkirakan akan terjadi saat Pemerintah telah memberlakukan PPKM Darurat yang berlangsung hingga 20 Juli 2021, dan menghimbau masyarakat untuk beraktivitas di rumah saja.

Dengan kondisi tersebut, kebutuhan akan jaringan internet untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, atau hiburan pun semakin meningkat. Untuk itu, 3 Indonesia melakukan berbagai upaya untuk menjamin kenyamanan aktivitas digital pelanggan.

Sebagai bentuk antisipasi sekaligus tindak lanjut, 3 Indonesia telah memperketat pemantauan kenaikan trafik di sejumlah area potensial hingga menyiagakan tambahan kapasitas untuk area-area yang mengalami kenaikan trafik yang cukup tinggi.

Di samping itu, 3 Indonesia optimalisasi jaringan dengan menguatkan jaringan sinyal juga diprioritaskan pada area-area residensial dan rumah sakit, tim operasional juga disiagakan selama 7×24 jam untuk memastikan percepatan penanganan jika terjadi gangguan pada jaringan.

“Selama diberlakukannya PPKM darurat ini, 3 Indonesia telah melakukan penambahan kapasitas jaringan baik pada BTS maupun transmisi untuk mengantisipasi lonjakan trafik. Kami pastikan pelanggan mendapatkan kualitas layanan terbaik sehingga tak perlu khawatir selama menjalani bekerja dari rumah maupun sekolah daring, didukung jaringan 4.5G Pro yang luas dan kuat dari 3 aktivitas pelanggan tetap lancar dan nyaman,” ungkap M. Buldansyah, Wakil Presiden Direktur dan Chief Sales Officer 3 Indonesia menjelaskan.

Terkait dengan penerapan PPKM Darurat dalam beberapa hari ini, 3 Indonesia juga mencatat adanya peningkatan penggunaan aplikasi yang menunjang aktivitas pelanggan di rumah pada hari pertama diberlakukannya PPKM, dibandingkan dengan hari normal sebelum PPKM.

Kenaikan terbesar terdapat pada penggunaan aplikasi e-commerce sebesar 20%, hal ini sejalan dengan kebutuhan masyarakat yang kini lebih banyak dilakukan secara online. Selain itu, kenaikan juga terdapat pada aplikasi hiburan streaming yang mengalami kenaikan penggunaan sebesar 10%, dan media sosial yang rata-rata meningkat sebesar 7-9%. 3 Indonesia memprediksi kenaikan akan terus berlangsung sepanjang periode PPKM.

Untuk memenuhi segala kebutuhan dan aktivitas digital selama PPKM Darurat ini, 3 Indonesia juga menghadirkan program Kuota Besar Harga Hemat yang memberikan ekstra kuota hingga 260 GB bagi pelanggan yang melakukan isi ulang pulsa yang berlaku untuk pelanggan baru dan pelanggan dengan masa aktif tidak lebih dari 180 hari.

Tambahan kuota ini akan diberikan setiap minggunya selama pelanggan melakukan isi ulang pulsa. Untuk informasi lebih lanjut mengenai isi ulang dan kuota mingguan Kuota Besar Harga Hemat, pelanggan dapat mengakses aplikasi bima+ maupun melalui www.tri.co.id/Pulsabundlingkuota.  (Icha)

IM3 Ooredoo Propaid Lahir Dari Perkawinan Prepaid dan Postpaid

0

Telko.id – IM3 Ooredoo Propaid adalah hasil perkawinan dari produk Prepaid dan Postpaid. Berbagai keuntungan istimewa mulai dari fleksibilitas cara pembayaran, jaringan dan layanan prioritas, kuota besar dengan Data Rollover, gratis nelpon ke semua operator, hingga berbagai manfaat gaya hidup diberikan.

“Tidak dipungkiri, masyarakat Indonesia 97% adalah penggemar produk prepaid. Namun dengan ada nya Covid-19 ini, banyak juga yang gaya hidup digital nya sudah meningkat. Itu sebabnya, kami dari indosat Ooredoo membuat produk IM3 Ooredoo Propaid ini. Menawarkan simplicity dari prepaid dan flexibility dari postpaid terutama dari sisi pembayaran,” ungkap Ritesh Kumar Singh, Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo menjelaskan dalam peluncuran IM3 Ooredoo Propaid secara virtual, Jumat (09/07/2021).

IM3 Ooredoo Propaid merupakan sub-brand dengan Prime sebagai produk utamanya. Prime dari IM3 Ooredoo Propaid ini memberikan kebebasan kepada konsumen untuk dapat menentukan cara berlangganan, baik dengan metode pembayaran di awal atau di belakang.

Lebih dari itu, pelanggan juga dapat menikmati berbagai keuntungan eksklusif seperti kuota hingga 150GB dengan Data Rollover, jaringan prioritas, gratis akses premium ke Amazon Prime Video dan lebih dari 20 aplikasi populer, gratis menelepon ke sesama dan semua operator hingga 300 menit, hingga layanan prioritas pelanggan.

Ritesh menambahkan bahwa “Kami melihat kebutuhan pelanggan untuk selalu saling terhubung menjadi hal yang semakin penting. Indosat Ooredoo ingin selalu menjadi partner terpercaya dalam setiap perjalanan digital pelanggan”.

Itu sebabnya, Indosat Ooredoo menghadirkan produk terbaru nya ini sebagai inovasi terbaru bagi konsumennya yang menginginkan produk premium dengan segala kemudahan dan manfaatnya. Melalui produk ini, pelanggan akan mendapatkan kenyamanan dan fleksibilitas pembayaran sekaligus berbagai benefit eksklusif menarik.

Prime dari IM3 Ooredoo Propaid tersedia dalam beberapa pilihan, mulai dari harga Rp110.000/bulan dengan total kuota 30GB, Rp220.000/bulan total kuota 60GB, Rp330.000/bulan total kuota 100GB, dan Rp495.000/bulan dengan total kuota 150GB.

Dengan berlangganan layanan ini, pelanggan dapat menikmati langsung berbagai keuntungan istimewa mulai dari gratis menelepon ke sesama dan semua operator hingga 300 menit, gift voucher Tokopedia senilai Rp 50.000, hingga gratis 100GB Google Cloud Storage.

Indosat Ooredoo selalu berusaha memberikan kemudahan kepada masyarakat Indonesia untuk mendapatkan layanan digital dan telekomunikasi terbaik terlebih di kondisi pandemi saat ini.

Untuk itu terdapat beberapa pilihan cara untuk berlangganan layanan terbaru nya ini dapat melalui im3.do/shop, mengunjungi Gerai Indosat Ooredoo terdekat atau Eraplus. (Icha)

vivo Y53s 4G

1

Telko.id – Spesifikasi vivo Y53s 4G bertumpu pada Helio G80, 8 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 64 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2021, July 09 ini dibekali sistem operasi Android 11, Funtouch 11.1 dan layar berukuran 6.58″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Vivo memang belum secara resmi merilis harga vivo Y53s 4G. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Vivo Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Blue Purple, Black Green) dan memiliki body berdimensi 164 x 75.5 x 8.4 mm (6.46 x 2.97 x 0.33 in) dengan berat 190 g (6.70 oz). Desainnya dibangun dari komponen , dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi vivo Y53s 4G

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Helio G80 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55) dan prosesor grafis / GPU Mali-G52 MC2. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 8 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 5000 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.58″ Inch dengan jenis IPS LCD. Resolusi layarnya 1080×2408 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, vivo Y53s 4G sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A. Selain itu ada juga konektifitas USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.1, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera vivo Y53s 4G

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang vivo Y53s 4G :

  • 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.97″, 0.7µm, PDAF
    2 MP, f/2.4, (macro)
    2 MP, f/2.4, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 64 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 16 MP, f/2.0, (wide) yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

SATRIA-1 sampai 3 Sudah Mengangkasa pun, 3T Tetaplah 3T, Lalu?

0

Telko.id – SATRIA-1 sampai 3 Sudah Mengangkasa pun, 3T Tetaplah 3T, Lalu? Ya, pemerintah berencana bahwa SATRIA-1 atau Satelit Republik Indonesia -1 akan mulai beroperasi pada November 2023 mendatang.

Saat ini masih dalam proses konstruksi. Sebenarnya, satelit milik pemerintah ini harus nya sudah mengangkasa beberapa waktu lalu. Sayang terjadi hal yang tidak diinginkan sehingga harus bangun dari awal lagi.

SATRIA atau Satelit Republik Indonesia ini jika sudah mengangkasa akan mampu memberikan layanan internet atau data dengan teknologi teknologi High Throuhput Satellite (HTS) di wilayah 3T atau Tertinggal, Terjauh dan Terluar.

“Wilayah tersebut, tidak memungkinkan untuk dijangkau menggunakan kabel optic atau jaringan terestial lainnya, sehingga satelit menjadi jalan terakhir atau jalan satu-satunya agar ada pemerataan akses internet di Indonesia,” ungkap Kanaka Hidayat, Anggota Dewan Profesi dan Asosiasi MASTEL.

Kanaka juga menambahkan bahwa memang, satelit merupakan teknologi konservatif yang memiliki standar dan aturan main khusus yang diatur secara internasional tapi hingga saat ini masih terus dibutuhkan, tidak ada jalan lain.

SATRIA-1, rencananya akan dapat melayani 150.000 titik diseluruh wilayah 3T di Indonesia. Dengan rincian untuk sekolah atau pesantren sebanyak 93.900 titik, Pemda 47.900 titik, Fasilitas Kesehatan sebanyak 3.700 titik, Polsek 3.900 titik dan lainnya 600 titik. Angka tersebut merupakan hasil Hasil penelitian di tahun 2017.

Kemampuan dari SATRIA-1 ini adalah 150 Gbps. Jadi setiap titik nantinya akan mendapat layanan internet minimal 1 Mbps setiap titik nya. Tentu jika dibandingkan dengan wilayah diluar 3T masih sangat jauh kesenjangannya.

Itu sebabnya, pemerintah pun berencana untuk ‘menerbangkan’ SATRIA-2 dengan kemampuan 300 Gbps pada tahun 2025-2026 dan SATRIA-3 dengan kemampuan 500 Gbps yang baru bisa beroperasi pada tahun 2030.

Untuk SATRIA-1 rencananya akan diluncurkan pertengahan tahun 2023 dengan kapasitas 150 Gbps dengan kecepatan internet 1 Mbps per titik lokasi, mengadopsi teknologi High Throuhput Satellite (HTS), slot orbit 146E dan orbit raising electric.

“Saat ini SATRIA-1 masih dalam proses produksi di Perancis oleh perusahaan Tales Alemania Space dengan roket peluncur Space X Falcon 9-5500 produksi Amerika Serikat. Rencana peluncurannya pada November 2023 di Florida,“ ungkap ungkap Anang Latif, Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo menjelaskan.

“Tapi 3T tetap lah 3T, akses internet nya belum bisa setara dengan wilayah lain karena dari kebutuhan akses internet nya juga setiap tahun nya akan meningkat terus. Denga nada 3 satelit ini masih belum bisa mencukupi. Itu sebabnya kita gencarkan juga pembangunan BTS broadband 4G dan Palapa Ring. Jadi Satelit ini melengkapi infrastruktur yang akan dibangun pemerintah,” tambah Anang.

Anang juga menambahkan bahwa Satelit SATRIA-1 beroperasi 15 jam, kuota tiap bulan yang akan tersedia sekitar 30,3 juta GB. Sehingga kalau dibagi dengan 26,5 juta orang di titik layanan publik, masing-masing pengguna hanya akan mendapatkan 1,14 GB per bulan, dengan asumsi wilayah tersebut tidak terkover layanan terrestrial.

Sebagai perbandingan, data Telkomsel pada 2019 menyebut, rata-rata pelanggan Telkomsel menghabiskan 5,2 GB kuota per bulan.

“Pelanggan seluler mungkin pada 2023 akan menghabiskan 41-50 GB per orang per bulan. Sementara pada 2023, alokasi per pengguna per bulan di daerah 3T hanya 1,14 GB per bulan dengan satelit Satria-1. Kalau begini, daerah 3T akan tetap menjadi daerah 3T,” kata Anang, memberikan penjelasan.

Melihat hal inilah, BAKTI merencanakan pembangunan satelit Satria 2 dan 3 dengan kapasitas di atas. Anang mengatakan Satria 2a dan satria 2b perlu ada untuk menghadirkan kapasitas transport 300 Gbps yang menyediakan kuota 2,29 GB per user per bulan.

Sementara satelit Satria 3 dengan kapasitas transport data 500 Gbps akan menyediakan kuota 3,82 GB per pengguna per bulan. Jadi secara total, ketiga satelit hanya akan memberikan kuota 7,25 GB per pengguna per bulan, dengan asumsi wilayah tersebut belum tersentuh layanan terestrial.

Meski masih akan ada kesenjangan, hal ini perlu dilakukan demi memberikan konektivitas digital yang lebih baik di wilayah 3T, selain sebelumnya BAKTI membangun Palapa Ring dan infrastruktur BTS 4G.

Ketiga proyek ini saling melengkapi hingga nantinya akses internet dapat lebih merata di Indonesia. (Icha)

Blibli Luncurkan Microsite #KarenaSehatNo1 Dukung PPKM Darurat

Telko.id – Blibli luncurkan microsite #KarenaSehatNo1 dukung PPKM darurat di Jawa dan Bali. Microsite ini berisi kurasi produk-produk esensial yang dibutuhkan masyarakat selama menjalani PPKM dari rumah sehingga pembelian bisa dilakukan dengan mudah melalui satu laman.

Blibli luncurkan microsite ini merupakan komitmen Blibli untuk menjadi support system dengan menghadirkan pengalaman belanja yang nyaman bagi pelanggan di berbagai momen, terutama di masa PPKM darurat.

“Kesehatan merupakan hal yang esensial, terutama di tengah kondisi saat ini. Bukan hanya dari produk vitamin dan suplemen, tapi juga dari makanan sehari-hari yang bergizi dapat membantu masyarakat agar tetap sehat, serta perlengkapan elektronik yang bisa bantu pelanggan menjaga kebersihan dan kesehatan di rumah. Blibli luncurkan microsite #KarenaSehatNo1 ini diharapkan bisa memudahkan pelanggan dalam mencari produk-produk yang mereka butuhkan selama PPKM ini dari rumah dengan cepat dan praktis,” ungkap Fransisca Krisantia Nugraha, Executive Vice President of Consumer Goods Blibli.

Blibli luncurkan microsite ini agar pelanggan dapat membeli produk yang sudah dikurasi oleh Blibli bekerja sama dengan para seller di Blibli yang berkomitmen mendukung masyarakat di masa pandemi, dengan harga yang terjangkau. Berbagai produk tersebut, antara lain produk grocery yang lengkap dan dapat diakses dari rumah di kategori BlibliMart, produk segar sebagai sumber nutrisi dari kategori BliFresh, serta produk suplemen dan vitamin yang dapat melindungi kesehatan keluarga dari kategori BliMed.

Blibli dengan seksama melakukan kurasi pada para seller obat-obatan untuk memastikan bahwa mereka menyediakan obat-obatan asli sesuai harga eceran tertinggi (HET). Selain itu, Blibli juga memiliki alur pembelian obat resep yang bertanggung jawab,  dimana pelanggan diminta mengunggah resep obat saat melakukan checkout untuk diverifikasi oleh seller yang memiliki ijin untuk penerimaan obat resep. Kolaborasi antara Blibli dan para seller obat-obatan adalah bagian dari komitmen bersama untuk membantu pelanggan mendapatkan obat-obatan esensial dengan mudah dan cepat sesuai ketentuan di tengah keadaan yang menantang.

Microsite ini juga menyediakan peralatan elektronik yang esensial untuk menangkal virus dan bakteri dari kategori Home & Living, selain rekomendasi produk pilihan lainnya yang dibutuhkan masyarakat untuk tetap nyaman menjalani aktivitas dari rumah. Produk-produk di microsite pun adalah produk-produk orisinal dan berkualitas langsung dari seller yang merupakan brand principal, distributor, dan reseller resmi.  Kurasi produk yang dapat menemani masa PPKM masyarakat bisa dilihat di sini: https://bit.ly/KarenaSehatNo1

Blibli melengkapi kehadiran microsite dengan promosi spesial untuk potongan untuk produk bertanda PPKM, termasuk diskon hingga 58% untuk produk grocery di kategori BlibliMart serta diskon hingga 95% ditambah voucher hingga 50% untuk produk kesehatan di BliMed.

Saat mengunjungi microsite #KarenaSehatNo1, pelanggan juga diingatkan untuk tetap menjalani protokol kesehatan dari rumah dengan 6 tips mudah dari Blibli.

“Kami pun menjaga penerapan protokol kesehatan di semua lini pengoperasian bisnis Blibli, termasuk meningkatkan sanitasi di semua warehouse dan fasilitas logistik lain-lainnya, demi menjaga kesehatan bersama. Salah satu inisiatif lain yang akan kami lakukan adalah menempelkan stiker ‘Diproses dengan Protokol Kesehatan’ di packaging Blibli untuk mengingatkan pelanggan mengenai langkah-langkah yang telah kami ambil,” tutup Fransiska Krisantia Nugraha.

Berbagai program dan inisiatif ini merupakan perwujudan komitmen Blibli untuk selalu memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan bagi pelanggan. Hal ini tentunya sejalan dengan strategi bisnis Blibli, yaitu Customer Satisfaction First.

Blibli juga menghadirkan fasilitas dan pelayanan gratis ongkir, pembayaran aman, 100% produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care. #KarenaKamuNo1. (Icha)

DANA Buka Program Magang DANApprentice Dukung Kampus Merdeka

0

Telko.id – DANA buka program magang DANApprentice dukung Kampus Merdeka yang merupakan bagian dari kebijakan ‘Merdeka Belajar’ dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) untuk menjembatani kebutuhan dunia industri dan institusi pendidikan.

Pendaftaran program DANApprentice dibuka hingga 30 Juli 2021 bagi mahasiswa aktif yang tengah menempuh semester 5 atau 6. DANA akan memilih 50 mahasiswa untuk diberikan kesempatan melakukan kerja magang selama 6 bulan di perusahaan teknologi finansial terkemuka yang dikembangkan oleh anak-anak muda Indonesia berkompetensi global ini. Bagi yang terpilih, mahasiswa dapat menjalankan program magang dari tanggal 23 Agustus 2021.

“Industri teknologi finansial merupakan bagian dari industri digital yang akan menjadi penyokong utama terwujudnya visi besar Indonesia menjadi salah satu kekuatan terbesar ekonomi digital dunia pada 2045. Adapun untuk mendukung terealisasinya visi tersebut, dukungan SDM digital berkompetensi global menjadi kunci utamanya,” ungkap Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA.

“DANApprentice digelar sebagai bentuk tanggung jawab kami sebagai pemain industri untuk mendukung dunia pendidikan dalam menyiapkan dan mengembangkan kompetensi talenta-talenta industri teknologi finansial Indonesia masa depan,” tambah Agustina.

Ia menambahkan, melalui program alih pengetahuan yang akan diberikan secara intensif oleh para mentor dan profesional di bidangnya, peserta DANApprentice juga mendapatkan kesempatan untuk mempelajari secara langsung beragam tantangan nyata yang dihadapi oleh industri.

“Selain melengkapi ilmu yang telah mereka peroleh di kampus, apa yang mereka peroleh dari DANApprentice akan memperkuat daya saing mereka sebagai SDM yang siap menjawab kebutuhan industri,” ungkapnya.

Bisa Belajar Teknologi, Bisa Belajar Bisnis

DANA menyediakan dua pilihan bidang yang dapat diikuti oleh para mahasiswa yang berminat bergabung di DANApprentice, masing-masing adalah DANApprentech yaitu program kerja magang di divisi teknologi dan DANApprenBiz yang merupakan program kerja magang di divisi bisnis.

Peserta DANApprentech berkesempatan untuk belajar langsung tentang back-end, front-end, Data dan IT Security. Sedangkan pada DANApprenBiz para mahasiswa bisa belajar langsung dari para profesional yang menjadi mentor tentang operasional bisnis, produk dan bagaimana mengembangkan inovasi.

Fasilitas

Selain memperoleh kesempatan untuk menimba langsung dari profesional berpengalaman, para mahasiswa yang tergabung dalam program DANApprentice akan mendapatkan uang saku setiap bulannya, juga fasilitas kerja seperti laptop, email, software antivirus, dan tunjangan untuk internet. Peserta yang dinyatakan lulus, akan mendapatkan sertifikat dari DANA. 

Informasi mengenai DANApprentice dapat ditelusuri melalui bit.ly/DANAHiring dengan mencari ‘DANA’ dalam kolom pencarian. DANA juga senantiasa membagikan informasi lengkap lainnya melalui sosial media resmi DANA, khususnya LinkedIn (DANA Indonesia) dan Instagram (@daysinDANA).  (Icha)

XL Center Kini Tersedia Secara Online Dukung PPKM Darurat

0

Telko.id – XL Center tersedia secara online dukung PPKM Darurat atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat yang diberlakukan oleh pemerintah dari 3 sampai 20 Juli.

XL Axiata pun turut mendukung kebijakan tersebut dengan menyediakan beragam layanan online guna memudahkan pelanggan mengakses mendapatkan produk maupun layanan pelanggan. Salah satunya adalah XL Center yang kini menyediakan layanan online yang melayani bermacam keperluan pelanggan, dari mulai ganti SIM Card, pengaktifan kembali nomor kartu, migrasi dari nomor prabayar ke prioritas, hingga aktivasi nomor prioritas.

Dengan demikian, pelanggan tidak perlu keluar rumah dan mengunjungi gerai fisik XL Center untuk mengurus keperluan-keperluan tersebut. Layanan online ini sudah bisa dimanfaatkan oleh pelanggan sejak April 2020 dengan pengembangan layanan yang terus di lakukan sampai sekarang.

“Harapan kami dengan layanan online ini akan mempermudah pelanggan, memberikan rasa aman untuk pelanggan dan juga sejalan dengan aturan pemerintah. Selama masa pandemi lebih dari setahun terakhir, kami terus berusaha untuk mencari solusi terbaik agar tetap dapat melayanai pelanggan dengan aman dan nyaman, salah satunya dengan layanan online #dariRUMAHsaja ini.

Novan menambahkan, melalui layanan XL Center online ini, pelanggan XL/AXIS bisa menginformasikan layanan yang diperlukan melalui web yang disediakan. Para petugas customer service akan menghubungi pelanggan melalui video call.

Khusus untuk layanan penggantian SIM Card, customer service akan mengirimkan langsung SIM Card yang baru ke alamat rumah pelanggan. Sehingga pelanggan XL/AXIS benar-benar tidak perlu keluar rumah. Layanan XL Center online beroperasi dari pukul 09.00 – 17.00 WIB dari Senin hingga Minggu.

Untuk bisa memanfaatkan layanan XL Center online, pelanggan bisa mengakses website www.xl.co.id/xlcenter, kemudian masuk ke layanan XL Center Online, input registrasi nomor XL yang sesuai dengan nomor E-KTP dan KK, input data pribadi seperti : alamat, nomor yang sering dihubungi, serta paket terakhir yang digunakan.

Meskipun ada layanan online, sebagai salah satu sektor esensial maka selama masa PPKM Darurat ini, terdapat beberapa gerai XL Center yang juga masih tetap dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan jumlah petugas terbatas.

Bila pelanggan yang memang harus datang secara fisik ke gerai XL Center tetap bisa terlayani. Beberapa gerai XL Center yang buka selama PPKM Darurat di Jabodetabek adalah, XL Center Axiata Tower, XL Center Fatmawati dan selebihnya bisa di cek di https://www.xl.co.id/id/bantuan/xlcenter-lokasi, dengan jam buka yang mengikuti aturan PPKM, yaitu Senin – Minggu ( pukul 09.00 – 16.00 WIB).

XL Axiata telah menerapkan protokol kesehatan di seluruh gerai XL Center, antara lain berupa tatacara baru di pusat layanan pelanggan untuk mengurangi interaksi langsung pelanggan dengan petugas dan perangkat layanan lainnya.

Kapasitas pengunjung dan petugas di batasi hanya 50%,  dari saat datang, pelanggan diminta mencuci tangan, menggunakan masker, dan mendapatkan nomor antrian melalui SMS. Dengan menggunakan nomor antrian melalui SMS, pelanggan bisa memperkirakan waktu menunggu giliran mendapatkan pelayanan petugas, sekaligus mengurangi penumpukan pelanggan di ruang tunggu. Meja layanan juga disekat dengan kaca akrilik yang membatasi petugas dengan pelanggan. Selain itu, penyemprotan disinfektin juga dilakukan setiap hari.

Jaga keamanan data pelanggan

Untuk layanan ganti SIM Card, XL Axiata menerapkan ketentuan yang ketat untuk menjaga keamanan data pelanggan dari tindak kejahatan. Untuk itu, pelanggan yang mengajukan permohonan ganti SIM Card harus memenuhi ketentuan yang berlaku, yaitu menginfokan nomor E-KTP, Nomor KK yang terdaftar saat Registrasi awal, nomor-nomor yang pernah dihubungi, tanggal isi pulsa terakhir dan paket terakhir yang diaktifkan.

“Ketentuan yang ketat ini harus kami lakukan demi menjaga keamanan data pelanggan sendiri. Karena itu kami mohon pengertian dari para pelanggan, bahwa jika kami ketat dalam aturan, itu demi kepentingan pelanggan sendiri. Ketat tidak berarti mempersulit. Ketat bisa jadi mudah jika pelanggan bisa memenuhi semua persyaratan yang berlaku, termasuk menyebutkan nomor-nomor yang telah dihubungi, “ jelas Novan.

XL Axiata merasa perlu untuk selalu mengingatkan kepada para pelanggan agar bisa memenuhi ketentuan yang berlaku jika hendak melakukan ganti SIM Card. Hal tersebut dilakukan mengingat banyaknya tindak kejahatan perbankan yang antara lain diawali dengan memalsukan data pelanggan pada SIM Card, dengan cara penggantian SIM Card secara illegal. (Icha)

20 Ribuan Peserta Siap Bertanding di Dunia Games League 2021

Telko.id – 20 ribuan peserta siap bertanding di Dunia Games League 2021. Setelah menutup pendaftaran pada 31 Mei 2021, kini DGL 2021 mulai menyajikan pertandingan-pertandingan seru antara para peserta dari berbagai daerah di Indonesia pada babak Qualifier, Play-Ins, dan Grand Final yang berlangsung dari tanggal 5 Juni sampai 11 Juli 2021.

Seluruh pertandingan tersebut dapat dinikmati secara langsung via live streaming di berbagai saluran digital dari Telkomsel dan Dunia Games.

“Telkomsel menyambut antusias dimulainya perjalanan para peserta di Dunia Games League 2021. Kami berharap para peserta yang berpartisipasi dapat menikmati jalannya pertandingan dengan semangat. Bersama-sama kita tinggatkan daya saing DGL 2021 dengan memperkuat ekosistem gaming dan eSports di Indonesia ke tingkatan yang lebih tinggi dengan menampilkan keahlian bermain kelas dunia, kekompakan dan sportivitas para peserta di dalamnya,” ungkap Rachel Goh, Direktur Marketing Telkomsel.

“Dunia Games Leagues 2020 tahun lalu juga menghadirkan suasana lain di kancah eSports PUBG Mobile khususnya di Indonesia. Dengan ini, kami sangat berharap kepada Telkomsel dan Dunia Games untuk membuka pintu lain bagi para talenta yang memiliki potensi dan kontribusi lebih banyak di industri eSports, khususnya PUBG Mobile, sekaligus kami juga akan memberikan dukungan lebih semampu kami untuk Telkomsel dan Dunia Games League,” ujar Jenny Zhuang, PUBG Mobile Indonesia Country Manager.

 Menurut Jenny, sebagai industri yang semakin populer dan dicintai masyarakat, eSports telah berkembang, dari sekedar hiburan dan waktu luang menjadi sesuatu yang bernilai dan memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat Indonesia.

Ini merupakan ketiga kalinya Dunia Games League (DGL) diselenggarakan oleh Dunia Games dari Telkomsel setelah pertama kali digelar pada 2019. Di tahun ini, Dunia Games sukses menggelar kompetisi eSports tahunan dan melebihi target, dimana DGL 2021 telah diikuti oleh lebih dari 20.600 peserta, yang terdiri dari 20.480  peserta pemula dan 120 peserta profesional. 

Jumlah peserta yang dicatatkan tahun ini pun mampu melanjutkan kesuksesan pada dua penyelenggaraan sebelumnya yang berhasil menarik minat puluhan ribu gamers dari seluruh Indonesia untuk ambil bagian secara langsung pada kompetisi DGL 2021.

Melalui kolaborasi dengan TENCENT, DGL 2021 kembali meneruskan format kompetisi di tahun-tahun sebelumnya dengan mempertemukan para jagoan PUBG Mobile dari seluruh penjuru Tanah Air. Ini juga menjadi perwujudan komitmen dari Telkomsel melalui Dunia Games untuk terus memperkuat kolaborasi dengan tiap elemen di dalam ekosistem eSports Tanah Air, mulai dari gamers hingga pengembang dan penerbit game.

Lewat kolaborasi dengan TENCENT pula dua tim terbaik dari DGL 2021 akan secara langsung diundang ke PUBG Mobile Indonesia National Championship 2021 Grand Final.

Perjalanan para peserta DGL 2021 akan berlangsung hingga babak Grand Final yang berlangsung pada 10 – 11 Juli 2021 dengan total hadiah yang diperebutkan mencapai 600 juta rupiah. 

Seluruh rangkaian pertandingan DGL 2021 dapat dinikmati melalui channel YouTube Dunia Games, DGTV di aplikasi MAXstream, NimoTV, dan situs dgl.duniagames.co.id, yang mana saat ini tayangan pertandingan DGL 2021 telah ditonton sebanyak 5.5 juta views dan sampai di Grand Final nanti ditargetkan akan ditonton sebanyak 10 juta views.

“Telkomsel mengajak para penggemar eSports dan gaming di seluruh Indonesia untuk mendukung tim favorit atau bahkan temannya yang ikut bertanding dalam DGL 2021. Kami berharap, DGL 2021 menjadi kompetisi gaming yang membuka lebih banyak peluang dan kesempatan bagi para gamers untuk meningkatkan dan menampilkan kemampuannya, sekaligus memberikan tontonan yang menarik bagi para penggemar eSports dan gaming di Tanah Air,” kata Rachel menutup. (Icha)