spot_img
Latest Phone

iPadOS 26 Resmi Dirilis: Multitasking Lebih Canggih dan Desain Baru

Telko.id - Para pengguna iPad merasakan perangkat nya masih...

Apple Intelligence Tambah Fitur Baru, Tapi Siri Masih Belum Cerdas

Telko.id - Dalam konferensi Worldwide Developers Conference (WWDC) 2025,...

iOS 26 Resmi Dirilis: Desain Liquid Glass dan Fitur AI Terbaru

Telko.id - Apple baru saja meluncurkan iOS 26, yang...

Bocoran Samsung Galaxy Watch8: Desain Baru, Tapi Kecepatan Isi Daya Masih Sama?

Telko.id - Bocoran resmi dari sertifikasi 3C di China...

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...
Beranda blog Halaman 636

Ini Lho Harapan Para Milenial dan Gen Z Pakai 5G

0

Telko.id – Para milenial dan Gen Z atau Generasi Z saat ini merupakan generasi yang cukup bergantung pada smartphone dan teknologi terkini. Kebanyakan dari mereka mengandalkan smartphone dalam mendukung berbagai aktivitas harian. 

Mulai dari bertransaksi perbankan, berbelanja online, pembelian tiket bioskop, bermain online game, hingga untuk menonton serial film. Apalagi ketika tersedia jaringan 5G, kebutuhan mobilitas para millennial (milenial) dan Gen Z akan semakin terpenuhi melalui peranti mobile mereka.

Hampir setengah dari milenial (lahir antara tahun 1983-1996) dan Gen Z berharap kehadiran 5G secara merata sehingga memungkinkan mereka untuk menonton video streaming di perangkat seluler lebih nyaman. 

Saat ini, jumlah milenial yang menonton video digital dan online telah melampaui jumlah mereka yang menonton TV tradisional. Peningkatan aktivitas streaming oleh milenial dan Gen Z juga akan kian tinggi saat konektivitas 5G tersedia secara luas.

Studi PwC berjudul “The Promise of 5G” di tahun 2018 menganalisis mengenai tingkat kepuasan konsumen tentang 5G. Teknologi generasi kelima ini menjanjikan kecepatan kirim data yang lebih cepat tanpa buffering dan menarik minat 71% responden usia 18 – 24 tahun (Gen Z atau mereka yang lahir antara tahun 1997-2006). Mereka berharap kecepatan 5G yang bisa mencapai 10 gigabits per second (Gbps) atau 10 hingga 100 kali lebih cepat dibanding 4G saat ini sangat ditunggu-tunggu kehadirannya.

Begitu pula dengan milenial dan Gen Z di Indonesia, yang sangat mengandalkan smartphone sebagai asisten pribadi dalam kegiatan sehari-hari. Mereka menginginkan dapat menikmati layanan 5G secepatnya digelar oleh pemerintah. 

Adanya 5G akan mengubah cara kedua generasi tersebut dalam mengonsumsi layanan hiburan seperti virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Misalnya, latensi rendah 5G dan bandwidth yang lebih tinggi dapat membantu menghadirkan pengalaman bermain game VR lewat gawai seluler.

Saat ini, kedua generasi tersebut memiliki kecenderungan membuat konten secara online yang lebih unik, seperti video YouTube dan Tiktok daripada generasi lainnya.

Tidak adanya buffering saat memutar video adalah salah satu hal yang diidam-idamkan oleh kedua generasi tersebut, yang akan terjawab oleh adanya jaringan 5G. Karena masa depan mengarah ke teknologi 5G, Internet of Things (IoT), dan teknologi canggih lainnya, maka koneksi broadbandnan cepat menjadi salah satu kebutuhan prioritas bagi milenial dan Gen Z.

Begitu pula dalam hal bermain gamesmartphone menjadi perangkat yang paling disukai oleh Kedua generasi tersebut. Menurut survei Deloitte “Digital Media Trends 2020” sebanyak 73 persen Gen Z dan 67 persen kalangan milenial bermain game di ponsel cerdas. Oleh karena Gen Z dan milenial adalah generasi “social savvy“, maka tidak mengherankan jika mereka memiliki kedekatan lebih besar dengan multiplayer game yang menggabungkan fitur sosial. Kebutuhan ponsel yang mendukung teknologi 5G pun akan semakin meningkat dalam dua tahun terakhir.

Melihat kebutuhan tersebut, Oppo menyiapkan perangkat terbaru Oppo Reno5 5G. “Ponsel cerdas ini didukung dengan prosesor Snapdragon 765G 5G yang hadir dengan kinerja lebih cepat untuk menyokong segala kegiatan dengan jaringan super cepat tanpa buffering,” ungkap Aryo Meidianto A, PR Manager for Oppo Reno & A Seriesmenjelaskan.

Selain itu, OPPO Reno5 5G juga menghadirkan fitur kecantikan pertama yang dirancang untuk video, Portrait Beautification Video. Fitur ini memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) untuk mendeteksi titik-titik wajah, menerapkan pemrosesan khusus sehingga mempercantik wajah pada video secara alami.

Portrait Beautification Video biasanya digunakan oleh kaum perempuan yang memiliki hobi merekam video aktivitas sehari-hari atau ketika bertemu dengan teman-temannya. Fitur semacam ini biasanya hanya bisa ditemukan di aplikasi Instagram pada filter InstaStory, namun kini kamu juga bisa memperolehnya secara gratis di perangkat OPPO Reno5 5G. (Icha)

Tiga Kementerian Bentuk Tim Kajian UU ITE Terkait Pasal Karet

0

Telko.id – Tiga Kementerian bentuk  tim kajian UU ITE atau Undang-Undang No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Langkah ini menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo mengenai pengkajian kriteria implementatif dan rumusan substansi undang-undang tersebut.

Tiga kementerian tersebut adalah Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Kementerian Hukum dan HAM.

“Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan Menko Polhukam Nomor 22 Tahun 2021 tentang Tim Kajian Undang-undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Kementerian terkait dalam hal ini Kementerian Kominfo dan Kementerian Kumham akan mengambil langkah-langkah,” ujar Johnny G. Plate, Menteri Kominfo dalam Konferensi Pers usai rapat Pengarahan Kepada Tim Kajian Teknis UU ITE, bersama Menkopolhukam di Ruang Nakula Kemenkopolhukam, Jakarta, Senin (22/02/2021).

Mengenai langkah yang akan diambil, Ia menyatakan salah satu prinsip yang dikedepankan adalah menjaga kualitas demokrasi di Indonesia.  Menurutnya, Indonesia telah memilih berdemokrasi, menganut kebebasan pers, kebebasan berserikat, berkumpul dan menyatakan pendapat.  Karenanya semua syarat mutlak itu, Indonesia berada pada titik tidak balik lagi atau point of no return. 

Baca juga : Presiden Resmi Mengajukan Revisi UU ITE ke DPR

“Yang menjadi tugas kita bersama adalah menjaga dan meningkatkan kualitas demokrasi, kualitas kebebasan pers, kualitas berserikat, kualitas berkumpul dan kualitas menyampaikan pendapat. Dan payung hukum hulu seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden adalah salah satu di Undang-Undang ITE,” jelasnya.

Mengenai adanya keberatan tentang pasal dalam UU ITE yang dianggap krusial, multitafsir atau pasal karet, Menteri Kominfo menegaskan hal itu telah diajukan pihak yang berkeberatan ke Mahkamah Konstitusi melalui judicial review. Kurang lebih sebanyak 10 kali dan mendapatkan penolakan. 

Namun demi manfaat untuk kehidupan bermasyarakat dan kehidupan sosial, maka terbuka selalu kemungkinan dalam rangka menambah, mengurangi, mengubah untuk penyempurnaan undang-undang itu sendiri,” tandasnya.

Dalam Surat Keputusan Menko Polhukam Nomor 22 Tahun 2021 tentang Tim Kajian UU ITE terdapat  Tim Pelaksana yang diketuai oleh Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan Hak Asasi Manusia Kemenkopolhukam Sugeng Purnomo, Sub Tim I dari Kementerian Kominfo dipimpin Staf Ahli Bidang Hukum Kementerian Kominfo Henri Subiakto, dan Widodo Ekatjahjana selaku Ketua Sub Tim II Kemenkumham. 

Peran Kominfo

Berkaitan dengan arahan Presiden, Johnny menegaskan bahwa Kementerian Kominfo akan menangani kajian dan pedoman pelaksanaan Undang-Undang ITE khususnya pada pasal krusial seperti pasal 27, pasal 28, dan pasal 29 UU ITE.

“Pedoman pelaksanaan undang-undang ITE ini bukan norma hukum baru. Jangan sampai keliru ditafsirkan seolah-olah membuat satu tafsiran terhadap undang-undang, karena sudah jelas penjelasan atas undang-undang sudah ada di bagian penjelasan undang-undang, dan penafsiran akhir dalam pelaksanaan judicial system kita bagi masyarakat pencari keadilan adalah menjadi kewenangan hakim,” tandasnya.

Menurut Menteri Kominfo, Pedoman Pelaksanaan UU ITE yang dibuat dinilai sebagai acuan bagi aparat penegak hukum dalam menindaklanjuti UU ITE apabila disengketakan atau terjadi sengketa yang berkaitan denganregulasi tersebut. 

“Baik itu oleh Kepolisian Republik Indonesia, Kejaksaan Republik Indonesia atau lembaga-lembaga lainnya di ruang fisik, dan tentunya oleh Kominfo dalam menjaga ruang digital,” jelasnya.

Johnny juga menyatakan bahwa suatu keniscayaan bagi Indonesia saat ini bertransformasi ke ruang digital. Sehingga di era transfomasi digital dibutuhkan payung hukum yang memadai guna menjaga dan mengawal ruang digital digunakan dan dimanfaatkan untuk hal-hal yang yang aman, bersih, kondusif, produktif dan bermanfaat bagi masyarakat. 

“Di sisi yang lain harus mampu menjamin pemenuhan rasa keadilan masyarakat. Untuk itu, Saya juga menggarisbawahi betul jangan sampai dalam pelaksanaan dua tim berdampak pada kekosongan payung hukum di dalam ruang digital,” ujarnya. 

Libatkan Masyarakat

Menurut Johnny, tidak bisa dimungkiri, ruang digital merupakan ruang masyarakat yang hampir semua aktifitasnya seperti aktifias di ruang fisik. “Masyarakat kita telah bertransformasi dari phyical space ke digital space, karenanya payung-payung hukum yang menyangkut tata kelola kehidupan kemasyarakatan tidak saja di dalam ruang-ruang fisik, tetapi juga di dalam ruang ruang,” tegasnya.

Menurutnya, ruang digital Indonesia saat ini merupakan komponen penting bahkan ruang digital bangsa-bangsa lain di dunia yakni terkait dengan data. “Karenaitu penting untuk kita memastikan tata kelola data dapat dilakukan dengan baik, mengingat data bergerak ekstrateritorial, data bergerak lintas batas yurisdiksi suatu negara,” ungkapnya. 

Menteri Kominfo menyatakan saat ini, dalam forum internasional, posisi Indonesia saat ini cukup kuat dan tegas dalam mengatur protokol yang memadai dalam tata kelola pergerakan data lintas batas negara. 

“Disamping undang-undang ITE, undang-undang terkait lainnya dibutuhkan untuk menjaga agar ruang digital kita bermanfaat bagi kepentingan masyarakat, dan dapat menjamin keadilan bagi pencari atau pemenuhan rasa keadilan bagi masyarakat.” tandasnya.

Johnny juga menegaskan bahwa pemerintah akan kerja maraton dengan melibatkan  komponen masyarakat, para ahli akademisi dan lingkungan kerja kementerian/lembaga terkait termasuk menerima masukan dari awak media dalam rangka menghasilkan suatu pedoman pelaksanaan yang dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan dalam penegakan hukum di Indonesia. 

“Di sisi yang lain masukan-masukan dalam rangka penyempurnaan UU ITE itu sendiri agar  bermanfaat bagi masyarakat, dan sejauh mungkin menghindarkan diri lagi dari potensi pasal-pasal karet yang baru,” imbuhnya. (Icha)

Bima Market, Makin Lengkap Penuhi kebutuhan Pelanggan 3 Indonesia

0

Telko.id – Bima Market yang bisa diakses melalui aplikasi bima+ kini hadir semakin lengkap untuk memenuhi kebutuhan pelanggan 3 Indonesia. Tidak perlu keluar rumah, semua dapat diperoleh melalui genggaman. 

“Saat ini kebiasaan berbelanja online menjadi hal yang sangat diminati oleh pelanggan kami khususnya generasi milenial. Oleh karena itu, kami senantiasa terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan setia 3 di seluruh Indonesia melalui marketplace Bima Market,” ungkap Dolly Susanto, Chief Commercial Officer 3 Indonesia.

Bima Market yang bisa diakses melaui aplikasi bima+ ini, kini semakin lengkap dengan berbagai macam produk, mulai dari kebutuhan produk gadget, gaming, pendukung school from home hingga produk kesehatan dan kecantikan. “Jadi, kami harap melalui Bima Market, para pelanggan 3 Indonesia dapat memenuhi kebutuhannya dengan lebih mudah dan tetap sehat di rumah,” ujar Dolly menambahkan. 

Selain mendapatkan kemudahan dalam berbelanja melalui marketplace ini, pelanggan 3 juga berkesempatan mendapatkan keuntungan melalui berbagai promo pada beberapa produk yang ditawarkan khusus di bulan Februari 2021.

Produk-produk tersebut diantaranya kebutuhan utama selama pandemi, yaitu masker dari BasicMeds yang memberikan potongan hingga 65%. Selain produk masker, pelanggan juga bisa mendapatkan potongan hingga 77% untuk pembelian produk di Klinsen & Dayman. Tidak hanya itu, dengan melakukan pembelian produk minimal Rp100.000 pelangan mendapatkan Klinsen Hand Sanitizer secara gratis yang dapat digunakan untuk menjaga kebersihan di tengah pandemi.

Tidak kalah penting dengan produk kesehatan dan kebersihan, di masa pandemi ini aktivitas sehari-hari yang beralih menjadi aktivitas digital perlu ditunjang dengan ketersediaaan produk-produk elektronik untuk kegiatan School from Home (SFH) dan juga Work from Home (WFH).

Bima Market memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk mendapatkan keuntungan melalui potongan harga produk elektronik pada official store Bhinneka. Potongan harga yang ditawarkan cukup beragam untuk pembelian produk Laptop, Portable USB, Wireless Speaker, hingga Headphone.

Sedangkan, untuk para pelanggan wanita, kebutuhan akan produk kecantikan dapat terpenuhi dengan tersedianya potongan harga hingga 40% hingga mendapatkan lip liner gratis dengan minimal pembelian Rp150.000 untuk produk di official store Mizzu cosmetics pada Bima Market. Selain tersedia berbagai promo menarik lainnya, pelanggan juga berhak mendapatkan poin BonsTri untuk setiap pembelian produk pada Bima Market, yang selanjutnya bisa ditukarkan melalui website resmi Bonstri.

Untuk sistem pembayaran pun, Bima Market kini semakin mudah dan lengkap berikan ragam opsi pembayaran seperti dompet elektronik (Doku, Gopay, OVO) Bank transfer, Internet Banking dan juga kartu kredit. 3 Indonesia selalu berinovasi untuk menghadirkan dan memenuhi pengalaman gaya hidup mobile yang didukung oleh jaringan 4.5GPro yang tersebar luas dan kuat di seluruh Indonesia. (Icha)

Pendapatan Seluler Indosat Ooredoo Tumbuh 11.6%

0

Telko.di – Pendapatan seluler Indosat Ooredoo tumbuh 11.6% menjadi 23.1 Triliun. Angka tersebut merupakan hasil kinerja dari operator ini pada tahun 2020 lalu. Padahal tahun lalu itu tantangannya cukup besar akibat adanya pandemic covid-19 dan kompetisi harga dari operator lainnya. 

“Meskipun menghadapi berbagai tantangan pandemi COVID-19 dan kompetisi harga dari operator lain, Indosat Ooredoo terus menjalankan strategi tiga-tahun Perusahaan serta mampu menjaga momentum pertumbuhan,” ungkap Ahmad Al-Neama, President Director and CEO Indosat Ooredoo.

Menurut Ahmad, perusahaannya akan terus berinvestasi dalam pengembangan jaringan 4G serta menghadirkan penawaran digital baru yang inovatif guna memastikan bahwa pelanggan dapat merasakan pengalaman seluler terbaik. 

“Komitmen kami terhadap pelanggan serta untuk mengetengahkan penawaran produk yang sederhana dan relevan telah berkontribusi pada peningkatan jumlah pelanggan dan volume trafik data. Pertumbuhan ini memungkinkan perusahaan untuk membukukan pertumbuhan pendapatan seluler Indosat Ooredoo di atas rata-rata pasar serta peningkatan market share signifikan,” ujarnya menambahkan. 

Ia pun menambahkan bahwa ke depan, perusahaanya terus akan mengantisipasi bahwa gaya hidup secara daring serta kegiatan bekerja dan belajar dari rumah, yang menjadi marak karena pandemi, akan menjadi gaya hidup yang permanen. 

“Indosat Ooredoo pun berkomitmen penuh untuk mendukung pelanggan seluler dan bisnis kami agar mampu beradaptasi dengan situasi new normal dengan terus meningkatkan kinerja jaringan untuk memenuhi akselerasi pertumbuhan permintaan data. Kami percaya melalui solusi digital baru perusahaan akan dapat melengkapi dan mempermudah kehidupan digital pelanggan. Inisiatif-inisiatif kami ini mendukung agenda transformasi digital di Indonesia dan menciptakan nilai tambah bagi stakeholder Perusahaan,” ungkap nya. 

Indosat Ooredoo telah mencatatkan kinerja usaha tahunan yang kokoh per 31 Desember 2020, total pendapatan tumbuh sebesar 6.9% (YoY) menjadi Rp27,9 triliun dan pendapatan seluler tumbuh sebesar 11,6% (YoY) menjadi Rp23,1 triliun.

EBITDA tumbuh 16% YoY mencapai Rp11,4 triliun, akibat pertumbuhan pendapatan yang baik serta fokus perusahaan atas efisiensi operasional. Marjin EBITDA tercatat sebesar 40.9%, tumbuh sebesar 3.2 bps dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Jumlah pelanggan seluler tumbuh 1.7% YoY menjadi 60,3 juta pelangan per akhir tahun 2020 serta Pendapatan rata-rata per Pelanggan (ARPU) meningkat menjadi Rp31,9 ribu dari sebelumnya Rp27,9 ribu, didorong oleh peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 52.8% YoY.

Indosat Ooredoo juga membukukan kinerja operasional yang kuat dengan meningkatkan pengalaman video sebanyak 55,8% YoY, meningkatkan kecepatan 4G hingga dua kali lipat, dan secara signifikan meningkatkan kecepatan unggah kami sebanyak 88,4% YoY.

Selama tahun 2020, Indosat Ooredoo berhasil menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan digital global seperti Facebook, Google, Cisco, dan Ericsson untuk menghadirkan teknologi terkini yang dapat mempercepat digitalisasi pengalaman pelanggan serta meningkatkan jaringan internet di Indonesia. 

Kami terus memperkenalkan produk baru yang inovatif untuk membantu pelanggan tetap terhubung serta mendukung pelaku usaha dan institusi pendidikan agar tetap beroperasi selama pandemi. Melalui IM3 Ooredoo, kami meluncurkan paket bisnis IMPreneur terbaru yang dirancang khusus untuk UKM. Melalui Indosat Ooredoo Business, kami baru-baru ini memperkenalkan solusi “iDo Voice” yang terdiri dari tiga layanan suara baru untuk pelanggan korporat.

Investasi Indosat Ooredoo dalam pengembangan infrastruktur jaringan 4G serta komitmen kami kepada pelanggan kembali memperoleh penghargaan bisnis internasional yang bergengsi. Di ajang OpenSignal Global Mobile Network Experience Awards 2020, perusahaan menerima penghargaan “Global Rising Star” dalam kategori Video Experience, selain itu kami juga baru-baru ini memenangkan kategori Corporate Excellence di ajang Industri Telekomunikasi & TIK di Asia Pacific Enterprise Awards (APEA) 2020 Regional Edition.

Pada tahun 2021, Indosat Ooredoo akan melanjutkan peningkatan dan perluasan jaringan perusahaan dengan fokus pada pengembangan 4G/LTE dan Jaringan Video Grade yang mampu memberikan layanan internet yang semakin baik kepada pelanggan. Peningkatan jaringan ini merupakan bagian dari upaya kami untuk mendukung transformasi digital Indonesia yang sejalan dengan rencana ekonomi digital pemerintah Indonesia serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Kami yakin bahwa momentum pertumbuhan ini akan berlanjut pada tahun 2021. Namun, karena ketidakpastian pemulihan ekonomi dari pandemi, dengan penuh pertimbangan kami optimis untuk mencapai pertumbuhan pendapatan sesuai dengan industri,  marjin EBITDA di kisaran batas bawah level 40%, serta belanja modal di kisaran 8 triliun rupiah. (Icha)

Clubhouse Terancam Akan Diblokir oleh Kominfo, Kenapa?

0

Telko.id – Clubhouse terancam akan diblokir oleh Kominfo. Pasalnya, sampai saat ini aplikasi yang khusus untuk pengguna Iphone ini masih belum mendaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE), sesuai dengan Peraturan Menteri no.5 tahun 2020. 

“Sesuai dengan PM 5/2020, setiap PSE wajib melakukan pendaftaran ke pemerintah. Clubhouse belum terdaftar di kominfo,” ujar Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi, di Jakarta, Kamis (18/02/2021).

Menurut Dedy, aplikasi yang tidak terdaftar akan mendapatkan pemutusan akses berupa  tindakan pemblokiran akses, penutupan akun dan/atau penghapusan konten.

“Sesuai Peraturan Menteri Kominfo No 5/2020, PSE yang tidak mendaftar sesuai kebijakan yang berlaku, akan mendapat sanksi administrasi berupa pemutusan akses,” tegasnya.

Kewajiban melakukan pendaftaran bagi PSE Lingkup Privat dilakukan sebelum sistem elektronik mulai digunakan oleh pengguna.   

“Masa pendaftaran adalah 6 bulan sejak PM diundangkan pada tanggal 24 November 2020. Ketentuan ini berlaku untuk semua PSE, tidak hanya Clubhouse,” tambah Jubir Kementerian Kominfo.

Menurut Jubir Dedy Permadi, tujuan pendaftaran itu dimaksudkan untuk menjaga ruang digital Indonesia lebih sehat dan melindungi warganet sebagai pengguna aplikasi.

“Proses pendaftaran ini adalah proses biasa dan wajar, seperti halnya pendaftaran usaha. Pendaftaran ini ditujukan untuk kepentingan warganet dan ruang digital Indonesia yang lebih sehat, seperti terkait dengan pelindungan data pribadi dan keamanan siber,” paparnya.

Dedy juga menegaskan masyarakat dapat memberikan pengaduan/informasi terhadap PSE lingkup privat yang tidak melakukan kewajiban pendaftaran. “Warganet tidak perlu khawatir karena proses pendaftaran PSE-PSE telah, sedang, dan akan berjalan sampai batas waktu nanti,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kominfo baru-baru ini juga telah melakukan pemblokiran terhadap aplikasi TikTok Cash dan VTube. Beda nya, TikTok Cash ini diblokir karena sesuai dengan permintaan resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pasalanya, aplikasi ini melakukan kegiatan penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi tanpa izin. 

Sedangkan aplikasi Vtube, yang dikeluarkan oleh PT Future View Tech itu masuk daftar ilegal Satgas Waspada Investasi (SWI) sejak Juni 2020 yang lalu. Izin atau Tanda Daftar Penyelenggaraan Sistem Elektronik dengan Nomor: 02376/DJAI.PSE/03/2020 juga sudah dicabut oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi menetapkan aplikasi digital Vtube sebagai entitas investasi ilegal alias bodong. (Icha)

Samsung Galaxy M02, Harga Sejutaan Punya Baterai Besar

0

Telko.id – Samsung Galaxy M02 resmi diperkenalkan oleh Samsung Electronic Indonesia (SEIN). Smartphone ini mengusung tagline #SobatAntiLowbat. Pasalnya, sudah dibenamkannya baterai berkapasitas sebesar 5000 mAh. 

“Sebagai wujud komitmen Samsung untuk terus memenuhi kebutuhan #SobatAntiLowbat yang mobilitasnya tinggi, Samsung Galaxy M02 hadir di Indonesia dengan baterai berkapasitas besar, memori yang fleksibel untuk ditingkatkan kapasitasnya, dan Dual Camera yang siap untuk menangkap momen apa saja dengan harga terjangkau. Tidak hanya bebas khawatir dengan baterai besar 5.000 mAh, Galaxy M02 sekarang juga bisa bikin hari-hari Sobat Anti Lowbat lebih asik,” ucap Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Ingin punya? Jangan lewatkan Flash Sale-nya di 22-25 Februari 2021 untuk dapatkan Galaxy M02 di harga spesial Rp 1.299.000, gratis earphone original Samsung senilai Rp 149.000. Smartphone ini hadir dalam dua varian warna Merah dan Biru. Mantap kan?

Selain baterai kapasitas besar, apalagi kemampuannya Galaxy M02 ini?

Samsung Galaxy M02 dengan harga sejutaan juga dilengkapi dengan layar lebih besar 6,5 inci HD+ PLS Infinity-V Display yang bikin pengalaman kamu beraktivitas sehari-hari lebih asik. Baterainya yang berkapasitas 5.000 mAh sangat cocok untuk kesibukan sehari-hari kamu mulai dari bekerja atau sekolah dari rumah, hingga menjelajahi sosial media seharian. Manjakan telingamu saat YouTube-an nonton aksinya Maizura bersama geng Bebasnya di film BEBAS dengan teknologi audio Dolby Atmos.

Dengan One UI Core 2.5, fitur-fitur seperti Quick Panel dan Dark Mode akan memudahkan pengguna memaksimalkan manfaat dari Galaxy M02. Melalui Quick Panel, #SobatAntiLowbat bisa mengakses berbagai aplikasisecara cepat dengan tampilan yang lebih simple untuk digunakan. Tampilan dark mode– nya bikin kamu lebih nyamanberlama-lama menyimak dance asik geng Bebas di layar yang lebih besar.

Selain itu, sudah dilengkapi dengan teknologi Dual Camera yang kece terdiri dari Kamera Utama 13MP (f1.9) dan Kamera Makro 2MP(f2.4), Galaxy M02 siap memenuhi berbagai kebutuhan pembuatan konten. Hadir dengan LED Flash, peletakan kamera yang disusun secara vertikal dipadu dengan tampilan garis diagonal membuat ponsel seri M terbaru initampil lebih estetik. Bikin konten TikTok yang lebih kece dengan dukungan

Kamera Utama 13MP, untuk sebarkan inspirasi dan momen seru kamu seharian. Detail berbagai objek juga bisa ditampilkan dengan lebih fokus dengan Kamera Makro 2MP, sehingga hasil foto menjadi lebih maksimal. Terlebih lagi, dengan kamera selfie 5MP, kamu bisa tampil lebih keren saat video call ataupun di media sosial. Makin pede seharian di depan kamera, Galaxy M02 bikin kamu makin kece untuk mengekspresikan diri di sosmed, no debat!

Spesifikasi Samsung Galaxy M02

Memori2GB/32GB
Layar6,5 inci HD+ PLS LCD Infinity-V
Dimensi164 x 75,9 x 9,1 mm
 KameraRear Camera: 13 MP (f1.9) + 2 MP (f2.4) Front Camera: 5MP (f2.0)Perekam Video: FHD (1920 x 1080) | @30fps
Kemampuan JaringanGSM / HSPA / LTE
Cakupan Jaringan2G / 3G / 4G LTE
Jumlah SlotDual-SIM + Micro SD Slot up to 1TB
 Jaringan Data3G: HSPA+ 42.2 / 5.76Mbps4G LTE: 4 | 150Mbps
Spesifikasi BluetoothBluetooth v5.0
Spesifikasi Wireless LANWi-Fi 802.11 b/g/n 2.4GHz
Baterai5.000 mAh
WarnaRed, Blue
Sistem OperasiAndroid 10.0, One UI Core 2.5
USBMicro USB Type B
Fitur LainnyaDolby Atmos

(Icha)

Kelas Pintar Luncurkan Aplikasi Khusus Android TV

0

Telko.id – Memasuki paruh kedua tahun ajaran 2020-2021, Kelas Pintar memperkenalkan aplikasi Kelas Pintar khusus dimana pengguna dapat mengakses layanan Kelas Pintar menggunakan Android TV.

Menurut Group Head of Product, Academic & Technology Kelas Pintar, Dedy Ariansyah
aplikasi Kelas Pintar versi Android TV ini juga ditujukan untuk memberikan keleluasaan kepada orang tua maupun siswa dalam memaksimalkan gadget yang mereka punya untuk keperluan pembelajaran secara online.

Melalui aplikasi ini pengguna Kelas Pintar kini bisa belajar dan latihan SOAL menggunakan Android TV.

“Kini Kelas Pintar juga bisa diakses melalui TV Android dengan tampilan yang sudah disesuaikan agar para siswa lebih nyaman mengakses Kelas Pintar melalui layar yang lebih lebar,” ujar Dedy.

Melalui acara virtual launching pada Rabu (17/02/2021) keberadaan aplikasi Kelas Pintar versi Android TV, diharapkan interaksi antara anak dan orang tua pada saat proses pendampingan bisa lebih intim dan nyaman sehingga belajar lebih maksimal.

“Proses belajar dan pendampingan bisa jadi lebih intim. Selain tentu saja, ini adalah jawaban untuk para orang tua yang khawatir akan kesehatan mata putra-putrinya lantaran terlalu sering melihat layar HP maupun laptop dari jarak yang relatif dekat,” tutur Dedy.

Sebagai informasi, aplikasi Kelas Pintar versi Android TV saat ini masih terbatas untuk produk layanan SOAL dari Kelas Pintar.

Untuk mengaksesnya pengguna terlebih dulu harus mengunduh aplikasi Kelas Pintar melalui Google Play Store di Android TV, lalu melakukan sign in bagi yang sudah terdaftar atau pilih daftar bagi yang belum.

Selanjutnya, di aplikasi Kelas Pintar Android TV tersebut, para siswa bisa belajar sesuai kelas masing-masing melalui materi video maupun presentasi yang ada di layanan SOAL dari Kelas Pintar.

Para siswa juga bisa berlatih soal-soal pilihan ganda yang dilengkapi dengan penjelasan untuk memahami materi dari soal tersebut. Tak cukup sampai disitu, para siswa maupun orang tua juga bisa melihat rapor siswa, langsung dari Android TV.

Kolaborasi Kelas Pintar dan Oxygen.id
Selain memperkenalkan cara baru mengakses layanan SOAL melalui Android TV, Kelas Pintar juga mengumumkan kolaborasinya dengan penyedia akses internet cepat Oxygen.id untuk menyediakan paket belajar pintar dengan internet lancar.

Melalui paket belajar tersebut, para siswa, guru, maupun orang tua bisa menikmati solusi pembelajaran jarak jauh dari Kelas Pintar secara cepat dan lancar tanpa batasan kuota internet.

Kolaborasi dua perusahaan tersebut sekaligus bertujuan untuk menjawab kebutuhan stakeholder pendidikan akan solusi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang bisa diakses secara mudah, berkualitas, dan terjangkau.

“Bagi kami, ini lebih dari sekadar memberikan keleluasaan bagi siswa untuk bisa mengakses Kelas Pintar, tapi juga menjadi solusi untuk menghadirkan suasana yang nyaman untuk belajar secara online,” kata Dedy.

“Kami berharap, inisiatif ini dapat memberikan sejuta semangat pagi para siswa untuk tetap berprestasi, serta menjadi solusi bagi sekolah dan institusi Pendidikan untuk melakukan aktivitas belajar mengajar secara efektif dan efisien,” sambungnya.

Pernyataan serupa juga dikatakan oleh Head of Product & Solution Dept. Moratelindo, Mauldi Wirastomo. Menurutnya, kolaborasi antara penyedia akses dan konten penting untuk dunia pendidikan Indonesia saat ini maupun dimasa yang akan datang.

Terlebih kala pandemi Covid-19 memaksa dunia pendidikan tanah air untuk bertransformasi lebih cepat.

“Akses internet dan dunia pendidikan saat ini adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Dan sebagai bentuk dukungan kami terhadap dunia pendidikan, melalui kolaborasi dengan Kelas Pintar Oxygen.id menyediakan akses internet yang cepat dan lancar,” tutur Mauldi.

Melalui kolaborasi ini Kelas Pintar memberikan paket penawaran spesial untuk seluruh pelanggan Oxygen.id.
Untuk paket Kelas Pintar 1 bulan misalnya, dari harga normal Rp 825 ribu/bulan, pelanggan Oxygen.id kini bisa menikmati Paket Kelas Pintar Regular dan Soal hanya dengan Rp 55.000,/bulan (Termasuk PPN 10%).

Sedangkan Paket Kelas Pintar 1 Tahun dapat diperoleh siswa hanya dengan harga Rp.550.000,-/tahun. Harga khusus tersebut bisa diperoleh dengan cara mengakses laman http://home.oxygen.id/promo/kelas-pintar.

Selain menggunakan Android TV, Kelas Pintar juga bisa diakses melalui laman https://kelaspintar.id menggunakan browser internet menggunakan perangkat digital lainnya seperti PC, Laptop, Tablet PC, untuk dapat memaksimalkan beragam produk dan fitur yang tersedia di Kelas Pintar.

Wow, XL Home Tumbuh 116% Selama Pandemi Covid-19

0

Telko.id – XL Home tumbuh 116% selama pandemi Covid-19. Padahal, produk layanan fiber to the home (FTTH) XL Axiata ini umur nya belum sampai 3 tahun tapi peningkatan pertumbuhannya layanan ini luar biasa. Dengan peningkatan jumlah rumah yang terhubung sebesar 152%.

“XL Home tumbuh sangat signifikan karena disebabkan aktifitas masyarakat untuk di rumah saja saat pandemi mendorong perubahan perilaku ke arah digital. Aktivitas masyarakat di rumah menjadi sangat intens dan XL Home menjadi pilihan. Itu sebabnya, peningkatannya sangat signifikan,” ungkap Dian Siswarini, Direktur Utama XL Axiata menjelaskan dalam dalam konferensi pers virtual, Selasa (16/2). 

Sampai akhir tahun 2020 lalu, layanan XL Home ini sudah menjangkau sekitar 593 ribu rumah yang terhubung jaringan (hom pass). Kemudian, penetrasi rumah yang menjadi pelanggan (home connect) XL Home setara dengan 33% dari keseluruhan home pass yang ada. Dengan begitu, jumlah pelanggan XL Home per akhir 2020 adalah sebanyak 196.000 rumah atau meningkat lebih dari 116% secara tahunan. 

XL Home Tumbuh
Dian Siswarini, Direktur Utama XL Axiata

Penetrasi XL Home cukup tinggi di daerah penyangga ibu kota, yaitu Depok 19%, Bogor 21%, Bekasi 21%, dan Tangerang 16%, sedangkan penetrasi di Jakarta hanya 1%. Bahkan, di beberapa kota di Kalimantan dan Sulawesi, penetrasinya mencapai lebih dari 30%, yaitu Makassar 40,5%, Balikpapan 40,1%, Banjarmasin 35%. Layanan XL Home juga sudah tersedia di Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Malang, Medan, Denpasar, dan Palembang. 

Untuk ke depannya, XL Axiata berencana untuk terus memperluas jangkauan dan penetrasi XL Home. Sepanjang 2021, XL Axiata menargetkan untuk bisa menggandakan jumlah home pass XL Home. “Pada tahun 2021, kami mau menggandakan jumlah home pass di jaringan XL Home. Sementara jumlah home connect akan dipertahankan di posisi lebih dari 30%,” ucap Dian menjelaskan. 

Direktur Keuangan XL Axiata Budi Pramantika menambahkan, tingkat penetrasi rumah yang menjadi pelanggan XL Home merupakan yang tertinggi di Indonesia. Menurut dia, hal ini didukung oleh tim GTM dan pemasaran digital yang ada di setiap kota serta adanya perubahan perilaku pelanggan yang terlihat dari berpindahnya 12% trafik data XL Axiata dari perkantoran ke perumahan selama pandemi Covid-19. (Icha)

Telkomsel Gandeng Huawei Sediakan Jaringan Pada Gedung Tinggi

0

Telko.id – Telkomsel gandeng Huawei sediakan jaringan pada gedung tinggi. Hal ini merupakan solusi untuk persoalan jaringan di kota besar. Gedung yang menjulang, membuat sinyal menjadi sulit diperoleh para pelanggan. Seperti di gedung tinggi, perkantoran maupun apartemen.

Solusi Huawei yang digunakan adalah solusi antena high-gain narrow beam. Solusi ini mendukung antena-antena luar ruang dalam menghadirkan jaringan yang mampu menjangkau hingga ke titik-titik di area dalam ruangan. 

Cakupan jaringan dalam ruangan dapat meningkat secara signifikan berkat solusi ini. Solusi ini juga sekaligus mampu menghadirkan pengalaman yang luar biasa bagi pengguna, terutama untuk perkantoran yang terdapat di gedung-gedung bertingkat, apartemen, maupun bangunan-bangunan pencakar langit lainnya. 

Telkomsel gandeng Huawei untuk mengembangkan solusi ini secara bersama dan telah dimulai sejak kuartal pertama tahun 2020 yang lalu. Melalui serangkaian riset dan diskusi bersama, keduanya berhasil mengatasi kendala terkait jangkauan jaringan yang lemah akibat penggunaan sistem indoor tradisional yang letaknya tersebar. 

Skema solusi antena high-gain narrow beam, hasil kerjasama antara Telkomsel dan Huawei

Sejumlah kendala muncul, seperti proses akuisisi lahan yang tidak mudah, biaya sewa yang tinggi, serta waktu time-to- market (TTM) yang acap kali molor. Dengan mengadopsi antena mutakhir ini, rasio gain antara sinyal yang dipancarkan dan diterima meningkat. Proses konfigurasi beam juga menjadi lebih fleksibel pada lokasi-lokasi BTS di luar ruangan. 

Zhang Jianwei, Vice President of Antenna Business Unit of Huawei’s Wireless Network mengatakan bahwa Huawei berkomitmen untuk mengembangkan solusi untuk meningkatkan jangkauan jaringan dalam ruangan. 

“Selain untuk meningkatkan kualitas jangkauan jaringan dalam ruangan, antena high-gain akan membantu pelanggan kami dalam menekan biaya modal atau CapEx serta biaya operasional atau OpEx guna mengoptimalkan efektivitas biaya dan beragam manfaat lain, seperti pembangunan dan time-to-market yang makin cepat,” ujar Zhang Jianwei. 

Zhang juga menambahkan bahwa Huawei akan terus melakukan inovasi di bidang solusi jaringan dengan berlandaskan pada kebutuhan- kebutuhan pelanggan. Komitmen ini bertujuan membantu pelanggan membangun jaringan yang efisien dan berkinerja tinggi untuk menghadirkan pengalaman yang prima dan memuaskan bagi pengguna.

Sementara itu, Akhmad Madces, Vice President of Network Planning and Engineering, Telkomsel mengatakan, “Melalui inovasi bersama Huawei, Telkomsel akan terus memimpin dan menyempurnakan jangkauan jaringan dalam ruang guna menghadirkan pengalaman terunggul kepada para pelanggan dengan implementasi operasional yang efektif dan efisien.” 

Akhmad menambahkan, Telkomsel memiliki komitmen kuat untuk terus mengembangkan jaringan broadband hingga menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk di area-area dengan lalulintas komunikasi dalam ruangan yang tinggi dan dengan cakupan yang luas. Telkomsel berkomitmen untuk terus mendukung masyarakat dalam mengoptimalkan seluruh potensi yang ada dalam keseharian mereka melalui tersedianya konektivitas digital yang prima. (Icha)

Padukan Smartfren dan Xiaomi Redmi Terbaru Dapat Bonus Kuota

0

Telko.id – Padukan Smartfren dan Xiaomi Redmi terbaru kini bisa mendapatkan bonus kuota sampai 41 GB. Hal ini merupakan jawaban dari kebutuhan para pelanggan operator ini seiring makin tingginya kebutuhan internet dan smartphone andal dengan rentang harga terjangkau. 

Melalui bundling kali ini, masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan smartphone Xiaomi Redmi 9C dan Xiaomi Redmi Note 9/9 Pro, sekaligus menikmati dukungan jaringan Smartfren yang sudah 100% 4G LTE Advance, serta bonus kuota yang berlaku nasional. 

Bundling ini mewakili semangat Smartfren untuk terus membantu membuka peluang bagi lebih banyak orang untuk mendapatkan paket internet terbaik untuk memaksimalkan smartphone andalannya. Harapan kami paket bundlingterbaru ini bisa membantu memudahkan pelanggan memanfaatkan smartphone dan internet dalam membuka peluang baru, seperti menjadi pengusaha online, menjadi kreator konten di YouTube maupun Instagram, atau menjadi berlatih menjadi atlet esports,” ungkap Sukaca Purwokardjono, Deputy CEO Mobility Smartfren.

Begitu mengaktifkan kartu perdana Smartfren yang di-bundling dengan Xiaomi Redmi 9C, Redmi Note 9/9 Pro dan mengisi pulsa minimal sebesar Rp50.000, pelanggan akan langsung mendapatkan bonus kuota utama 2 GB, kuota chatting 3 GB, dan kuota malam 10 GB. 

Total bonus sebesar 15 GB ini dapat diperoleh 1 kali per bulan selama 24 bulan. Bonus ini diperoleh tanpa memotong pulsa sama sekali serta aktif selama 14 hari. Pelanggan juga mendapatkan gratis telepon berkualitas HD ke sesama nomor Smartfren, gratis telepon ke operator lain 20 menit, gratis 1x mengganti nomor Smartfren melalui aplikasi My Smartfren.

Selain itu khusus pengguna Xiaomi juga bisa melakukan pembelian paket Special Service seharga Rp50.000 dengan manfaat berupa kuota utama 8 GB, kuota chatting 2 GB, kuota malam 10 GB, Super 4G Video 2 GB, dan Super 4G Music 4 GB. Kuota yang diperoleh dari pembelian paket tersebut sebesar 26 GB, sehingga pelanggan mendapatkan total kuota 41 GB per bulan. Adapun masa aktif paket ini selama 30 hari.

Xiaomi Redmi 9C memiliki kelebihan berupa layar jumbo 6,53 inci dengan resolusi HD+, dan teknologi triple cameraAI. Xiaomi Redmi Note 9 dibekali dengan teknologi kamera 48 MP quad camera, sedangkan Xiaomi Redmi Note 9 Pro memiliki resolusi yang lebih tinggi dengan teknologi 64 MP quad camera

Ketiga HP Xiaomi ini masing-masing memiliki teknologi yang andal untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang ingin mendapatkan perangkat genggam dengan harga terjangkau serta kamera resolusi tinggi guna mendukung usaha digital, maupun impian menjadi kreator konten. Ditambah lagi dengan adanya dukungan bonus kuota data dan internet yang 100% 4G dari Smartfren, guna mendukung peluang dan impian tersebut. (Icha)