spot_img
Latest Phone

Pendapatan Apple Naik 10%, Penjualan iPhone Tembus 3 Miliar Unit

Telko.id - Apple mengumumkan hasil keuangan kuartal III 2025...

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...

ROG Phone 9 Series Tawarkan Bonus Eksklusif dan Diskon Hingga Rp2,99 Juta

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) menghadirkan promo...

ASUS ROG Exclusive Store Surabaya, Hadirkan Pengalaman Gaming Terbaik

Telko.id - ASUS resmi membuka ROG Exclusive Store di...

ASUS ROG Hadir di HoYo FEST 2025 Surabaya

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) kembali berpartisipasi...
Beranda blog Halaman 563

Telkomsel Hadirkan Paket Halo Unlimited, Harga Mulai Rp.80 ribuan

0

Telko.id – Paket Halo Unlimited adalah paket baru dari Telkomsel khusus untuk para pelanggan paskabayar nya. Kuota data yang diberikan unlimited hingga 150GB dengan harga mulai Rp.80 ribu per bulan.

Kuota data tersebut dapat digunakan untuk akses tanpa batas ke 27 aplikasi yang terdaftar dalam MAXstream, GamesMAX, MusicMAX, aplikasi pesan instan (LINE, WhatsApp) dan e-commerce (Shopee, Tokopedia, dan Lazada).

Paket tersebut kini sudah dapat dinikmati bagi pelanggan yang sudah berlangganan Telkomsel Halo, pelanggan baru Telkomsel Halo, serta pelanggan Telkomsel Prabayar yang ingin melakukan migrasi ke layanan Telkomsel Halo.

“Melalui paket Halo Unlimited, kami berharap dapat memberikan kenyamanan yang lebih bagi pelanggan Telkomsel Halo untuk #BukaSemuaKeunggulan dalam beraktivitas digital kesehariannya. Keunggulan dari paket Halo Unlimited ini juga akan semakin ditunjang dengan dukungan jaringan broadband 4G/LTE terdepan dari Telkomsel yang telah hadir merata dan dengan kualitas yang setara hingga pelosok negeri,” ungkap Bernadus W Wijayanto, Vice President Postpaid Consumer, International Roaming and Interconnect Telkomsel.

Paket Halo Unlimited menyediakan berbagai pilihan paket data mulai dari Rp80 ribu dengan kuota data hingga 150GB, ditambah bebas telepon hingga 1000 menit dan bebas kirim SMS hingga 2000 SMS ke semua operator, serta kuota roaming internasional hingga 500MB.

Paket ini juga memberikan nilai tambah lain berupa bebas akses tanpa batas untuk aplikasi yang tergabung di layanan MAXstream (aplikasi MAXstream, HBO GO, VIU, UseeTV GO, Vidio, Sushiroll, Genflix, RCTI+, dan Disney+ Hotstar), GamesMAX (Free Fire, Mobile Legend Bang Bang, Arena of Valor, PUBG Mobile, LINE Let’s Get Rich, Marvel Super War, dan Rise of Nowlin), MusicMAX (LangitMusik, JOOX, Smule, Spotify, Svara, dan Resso), aplikasi pesan instan (WhatsApp, LINE), dan layanan e-commerce populer (Shopee, Tokopedia, dan Lazada).

Telkomsel memberi kemudahan lebih bagi pelanggan yang telah berlangganan Telkomsel Halo untuk mengaktifkan paket Halo Unlimited, antara lain melalui layanan walk-in GraPARI, aplikasi MyTelkomsel, website Telkomsel, maupun mengakses UMB *363#.

Untuk di aplikasi MyTelkomsel, pelanggan dapat menemukan paket Halo Unlimited pada pilihan menu Shop/Belanja. Sedangkan untuk akses melalui UMB *363#, pelanggan dapat menemukannya pada pilihan Paket Bulanan Utama.

Paket Halo Unlimited juga tersedia bagi pelanggan baru Telkomsel Halo serta pelanggan Telkomsel Prabayar yang ingin bermigrasi ke layanan Telkomsel Halo. Pendaftaran/registrasi layanan paskabayar Telkomsel Halo dapat dilakukan di GraPARI, agent sales call center, dan website Telkomsel, serta layanan channel mitra Telkomsel, baik mitra distributor offline maupun online via e-commerce (Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan JD.ID).

“Hingga kuartal tiga 2021 lalu, Telkomsel mencatat pertumbuhan payload layanan data pelanggan (baik prabayar maupun paskabayar) lebih dari 50% dengan peningkatan konsumsi payload tiap pengguna mencapai sekira 38% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya,” ujar Bernadus.

Jadi, harapannya, kehadiran paket Halo Unlimited dapat membuka peluang yang lebih luas bagi pelanggan Telkomsel Halo dalam mengakselerasikan adopsi ragam keunggulan gaya hidup digital. (Icha)

Samsung Galaxy A03, Kamera 48MP Harga 1 Jutaan

0

Telko.id – Samsung Galaxy A03 baru saja diperkenalkan. Ada tiga fitur andal yang sangat dibutuhkan para pengguna smartphone yang aktif. Yakni kamera maksimal, prosesor andal, dan memori optimal dengan harga yang tetap terjangkau. Seberapa terjangkau

Kamera utama 48MP sering ditemui di berbagai smartphone, namun harganya masih berkisar Rp2 juta atau lebih. Dengan penggunaannya yang makin luas, mulai dari untuk bikin konten, merekam kejadian di sekitar, hingga mengabadikan momen sehari-hari, kamera smartphone yang jernih makin penting untuk dimiliki lebih banyak orang.

Memahami hal tersebut, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) hadir dengan Galaxy A03 Series yang mengusung kamera utama 48MP yang ditunjang dengan prosesor Octa-Core, RAM hingga 4GB, memori internal hingga 64GB yang  bisa ditambah memori eksternal hingga 1TB.

“Tidak banyak smartphone dengan kamera 48MP yang harganya cuma sejutaan, namun Samsung berhasil mewujudkannya lewat Galaxy A03 Series. Galaxy A03 Series menjadi terobosan baru di segmen low-entry untuk membawa smartphone yang powerful harga sejutaan bagi lebih banyak konsumen,” ujar Ricky Bunardi, Product Marketing Manager Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia (SEIN).

Kamera 48MP yang powerful

Galaxy A03 Series punya kamera belakang 48MP+2MP dan kamera depan 5MP untuk bikin tiap konten jadi makin menakjubkan pakai smartphone cuma sejutaan.

Kamera utama 48MP mampu menghasilkan gambar yang jernih secara instan, sedangkan depth camera 2MP membuat pengguna bisa membuat foto dengan efek bokeh dengan tingkat keburaman latar belakang yang bisa disesuaikan untuk membuat sosok yang difoto jadi tampil lebih memukau. Kamera depan 5MP pun hadir dengan Live Focus untuk membuat pengguna tampil makin menonjol saat selfie.

Berkat kualitas kamera belakang dan depan yang powerful, pengguna pun bisa explore kreativitas dan passion-nya tanpa batas dengan Galaxy A03 Series. Yang punya passion dengan kopi atau kuliner secara umum bisa foto di kafe-kafe yang sedang hits sambil bikin review terhadap makanan dan minuman yang dicoba.

Kamu yang ingin jadi content creator pun bisa mengandalkan Galaxy A03 Series untuk bikin berbagai konten kekinian, seperti mencoba berbagai tempat dan fasilitas umum, OOTD, tutorial, hingga sketsa pendek yang lucu. Bahkan kamu juga bisa tampil lebih percaya diri saat selfie, mencoba tiap filter di Instagram Story, hingga bergoyang dengan irama “Hands Crossed” yang sedang trending di TikTok.

Prosesor dan memori

Galaxy A03 Series menghadirkan performa yang memungkinkan pengguna melakukan berbagai kegiatan bersama aplikasi andalan dengan lebih baik. Bagi yang ingin terus update dengan berbagai konten kekinian di media sosial, pengguna bisa menjelajahi Instagram, TikTok, hingga SnackVideo dengan lancar. Pengguna juga bisa baca cerita-cerita yang sedang trending di LINE Webtoon, GoodNovel, dan Innovel dengan lebih seru.

Lalu, pengguna bisa menikmati berbagai hiburan digital lainnya yang disuka dengan lebih puas, mulai dari streaming di WeTV dan Viu, karaoke di WeSing, hingga main game seperti Higgs Domino Island, Free Fire, Clash of Clans, Wormszone.io, sampai Candy Crush Saga.

Tak ketinggalan, Galaxy A03 Series juga bisa diandalkan untuk menjalankan aplikasi penunjang produktivitas seperti Zoom, Microsoft Office, dan Google Workspace dengan mulus untuk menunjang aktivitas kerja dan belajar pengguna dengan lebih efisien.

Untuk urusan memori, ada dua varian RAM/ROM yang dipilih pelanggan, yaitu 3/32 GB dan 4/64 GB, di mana masing-masing varian juga sudah dilengkapi memori eksternal dengan kapasitas hingga 1TB.

Berkat memori besar di harga cuma sejutaan, kamu bisa menjalankan berbagai aplikasi tanpa khawatir smartphone akan cepat lemot. Kamu juga bisa download berbagai aplikasi yang kamu butuhkan tanpa khawatir ruang penyimpanan akan cepat habis. Usia penggunaan smartphone pun bisa lebih tahan lama.

Powerful tapi tetap terjangkau

Kamera, prosesor, dan memori powerful yang dimiliki oleh Galaxy A03 Series bisa didapat cuma dengan sejutaan. Pengguna bisa tetap menjalankan berbagai aktivitasnya dengan Awesome dengan Galaxy A03 Series yang selama Flash Sale dari tanggal 21-26 Januari 2022 di Samsung.com dan Samsung Official Store di Shopee ada potongan langsung Rp50.0000 sehingga menjadi seharga Rp1.549.000 (3GB/32GB) dan Rp1.749.000 (4GB/64GB).

Sudah termasuk juga hadiah langsung original casing seharga Rp199.000 yang dapat melindungi Galaxy A03 Series tanpa menutupi desainnya yang estetis dan warnanya menarik. Smartphone ini sendiri hadir dalam tiga varian warna, yaitu Biru, Hitam, dan Merah yang estetis berkat finishing yang matte. Desain yang ramping pun membuat Galaxy A03 Series nyaman untuk digenggam dan digunakan dalam waktu yang lama. (Icha)

Samsung Galaxy Tab A8 Resmi Hadir, Ini Harga Dan Spesifikasinya

0

Telko.id – Samsung Galaxy Tab A8 resmi hadir di Indonesia.Tablet dengan baterai kuat 7.040 mAh dan memori internal hingga 128 GB yang dapat diperbesar hingga 1TB, dirancang untuk menyajikan pengalaman hiburan hingga multitasking dan sharing antar anggota keluarga yang menyenangkan.

Samsung Galaxy Tab A8 dapat dipesan melalui pre-order pada tanggal 24-31 Januari 2022 pada harga Rp2.999.000 (Wi-Fi) dan Rp4.499.000 (LTE) dengan bonus senilai hingga Rp968.000.  

“Samsung selalu berusaha menjawab kebutuhan konsumen, khususnya keluarga-keluarga muda yang harus menyeimbangkan bermacam aktivitas sehari-hari di masa sekarang. Untuk memudahkan mereka mengerjakan sebagian aktivitas tersebut, kami menghadirkan Samsung Galaxy Tab A8 dengan memori besar untuk menyimpan tugas anak hingga drakor favorit, baterai 7.040 mAh untuk penggunaan lebih lama dan mobile, quad speaker berteknologi Dolby Atmos untuk hiburan seru sekaligus Samsung Kids agar aman digunakan oleh anak,” ungkap Annisa Maulina, Product Marketing Manager Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

Bahkan tablet ini pun dapat memantau kehidupan digital anak, menemani anak belajar, menonton, berbagi pakai perangkat, hingga menggunakan Galaxy Tab A8 untuk menikmati dua konten sekaligus tetap nyaman, sehingga orang tua dapat menghabiskan lebih banyak quality time dengan anak dalam kesehariannya.

Performa

Dengan prosesor octa-core, Galaxy Tab A8 menghadirkan kinerja tablet yang mumpuni. Performa ini ditunjang baterai besar berkapasitas 7.040mAh, cukup untuk berjam-jam menikmati hiburan atau belajar tanpa hambatan, terhindar dari video call yang terputus saat pembicaraan sedang hangat-hangatnya, atau lowbatt ketika serial yang kita tonton sedang seru-serunya. Tablet ini pun dapat diisi ulang dengan lebih cepat berkat fitur fast charging 15W.

Galaxy Tab A8 juga hadir dengan storage besar 128GB dan slot kartu memori eksternal untuk tambahan storage sampai 1TB, untuk menyimpan lebih banyak file seperti foto-foto keluarga saat momen-momen berlibur, file video episode-episode drakor favorit. Tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu menghapus file-file lama untuk menyimpan tugas-tugas sekolah anak atau file materi kursusnya.

Layar Luas untuk Hiburan

Samsung Galaxy Tab A8 hadir dengan layar 10,5 inci, nyaman untuk menikmati konten, streaming seri favorit keluarga, hingga video call. Seri favorit juga makin mendebarkan di momen puncak berkat quad-speaker berteknologi Dolby Atmos® yang menghadirkan suara yang jernih dan bebas distorsi, seperti suara aslinya.

Seusai menonton drakor favorit, tertarik mengambil kursus Bahasa Korea? Kursus bahasa asing online akan nyaman disimak di layar luas, dan suara instruktur saat mengucapkan kosakata akan terdengar jelas dengan bantuan quad speaker.

Jadikan Keluarga Makin Dekat

Samsung Galaxy Tab A8 juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung kehidupan digital anak yang sehat. Bagi mereka yang memiliki banyak kesibukan, tak setiap waktu bisa mendampingi anak, misalnya ketika work from office. Akan tetapi digital life anak tetap bisa dipantau dengan menerapkan fitur parental control pada Samsung Galaxy Tab A8.

Orang tua bisa mengatur konten yang dapat dilihat anak maupun memberikan screen time tertentu sebagai reward kepada anak. Bagi anak yang lebih muda, terdapat Samsung Kids yang dilengkapi dengan konten pendidikan interaktif untuk bermain dan melatih kemampuan berpikir kritis.

Orang tua juga bisa berbagi penggunaan tablet ini bersama dengan anak untuk menikmati quality time bersama. Dengan Multi-Active Window, layar Samsung Galaxy Tab A8 bisa menjalankan dua aplikasi yang berbeda pada saat bersamaan.

Anak bisa menonton konten Youtube Kids, sementara orang tua bisa browsing resep menu masakan yang menarik untuk anak. Fitur ini pun dapat digunakan saat perlu menyelesaikan pekerjaan, misalnya browsing web sambil mencatat.

Tak kalah penting adalah pengguna bisa menikmati pengalaman menggunakan Samsung Galaxy Tab A8 dengan percaya diri dan tenang sebab perangkat ini sudah didukung oleh platform keamanan Knox yang dilengkapi dengan perlindungan berlapis.

Promo Pre-Order 24-31 Januari 2022

Samsung Galaxy Tab A8 tersedia dalam dua pilihan. Pertama varian WiFi dengan warna Gray dan dibandrol dengan harga Rp.2.999.000. Kedua varian LTS dengan harga Rp.4.499.000 dan ada tiga pilihan warna yakni Gray, Silver dan Pink Gold.

Selama masa pre-order yakni tanggal 24 – 31 Janurari 2022, setiap pembelian akan mendapatkan bonus seniali total hingga Rp.968.000 berupa Book Cover untuk varian WiFi atau Galaxy Fit 2 untuk varian LTE. Ditambah lagi akan mendapatkan Samsung Care+ selama 6 bulan, serta cashback bank pilihan senilai hingg Rp.250.000. (Icha)

Electrum Gandeng Gogoro Perkuat Ekosistem Kendaraan Listrik

Telko.id – Electrum, usaha patungan antara Gojek dan TBS Energi Utama telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Gogoro, perusahaan teknologi global terdepan di ekosistem baterai swap yang mendukung mobilitas perkotaan secara berkelanjutan.

Melalui penandatanganan MoU ini, Electrum dan Gogoro akan bekerja sama untuk memperkuat pengembangan ekosistem kendaraan listrik (EV) di Indonesia khususnya pada kendaraan roda dua dan solusi baterai yang efisien.

Kolaborasi Electrum dan Gogoro diperkuat dengan kemampuan dan pengalaman lintas sektoral dari tiap perusahaan di bidang teknologi serta energi hulu dan hilir. Hal ini sekaligus mendukung rencana pemerintah menjadikan Indonesia sebagai pemimpin global dalam pengembangan industri kendaraan listrik yang terintegrasi.

Selain itu, kolaborasi strategis ini merupakan penguatan dan kelanjutan kerja sama Gojek dan Gogoro yang telah berlangsung selama ini dalam pelaksanaan uji coba sepeda motor listrik dan baterai swap di Jakarta.

Kerja sama dengan Gogoro merupakan bagian dari langkah nyata Electrum mewujudkan pengembangan ekosistem EV di Indonesia. Bagi Gogoro, MoU ini merupakan kesempatan untuk memperkenalkan platform baterai swap yang telah teruji ke pasar Indonesia.

Hingga saat ini, Gogoro telah mengalami pertumbuhan yang pesat dengan berbagai uji coba di Taiwan dan telah memiliki lebih dari 450.000 pengendara, lebih dari 10.000 stasiun pertukaran baterai di 2.300 lokasi, dan lebih dari 250 juta baterai swap.

Pandu Sjahrir, Direktur Utama Electrum dan Wakil Direktur Utama TBS mengatakan, “Sebagai perusahaan teknologi perintis di sektor EV Indonesia, tujuan Electrum adalah untuk mempercepat elektrifikasi transportasi di Indonesia”.

Untuk mewujudkan tujuan ambisius ini memerlukan penerapan teknologi dan proses bertaraf dunia, dan Electrum pun berkolaborasi dengan Gogoro yang merupakan pemimpin pasar dalam penyediaan solusi mobilitas dan energi yang efisien.

Untuk memperkuat pengembangan ekosistem kendaraan listrik (EV) di Indonesia menjadi fokus Electrum agar dapat terus memberikan solusi transportasi lebih ramah lingkungan ke Indonesia didasari oleh misi nya dalam memelihara lingkungan hidup dan masyarakat yang dilayani, serta berkontribusi pada kemandirian energi dan inisiatif iklim nasional.

Kolaborasi antara Gojek dan Gogoro sebenarnya sudah dimulai sejak tahun lalu. Di mana keduanya melakukan uji coba komersial ratusan motor listrik di Jakarta Selatan dan telah berjalan dengan baik.

“Kami pun antusias memperkuat kolaborasi yang telah berjalan ini melalui MoU antara Electrum dan Gogoro, dan bersama-sama mencari cara baru untuk menjadikan EV sebagai gaya hidup sehari-hari di Indonesia. Untuk bergerak maju, kita harus melakukan perubahan’” ungkap Kevin Aluwi sebagai Direktur Electrum dan CEO Gojek.

Ia pun yakin, kolaborasi dengan Gogoro dapat memperkuat posisi kami untuk mengubah kebiasaan berkendara masyarakat Indonesia serta mentransformasi seluruh armada kami di Gojek pada 2030.

“Kami memulai Gogoro dengan visi untuk mengubah transportasi perkotaan dengan menghadirkan solusi melalui kendaraan listrik yang pintar dan berkelanjutan bagi masyarakat, baik untuk hari ini maupun generasi mendatang,” ujar Horace Luke, founder, CEO dan Chairman of the Board of Gogoro.

Platform baterai swap yang inovatif dan teknologi kendaraan listrik pintar telah uji coba di pasar Taiwan, dimana satu dari empat kendaraan roda dua yang dijual di Taipei pada Desember 2021 menggunakan baterai swap Gogoro.

Kolaborasi antara Electrum dan Gogoro juga sejalan dengan komitmen Gojek dan TBS untuk mencapai Zero Emissions pada tahun 2030, mendukung Gojek menjadi platform karbon-netral dan mentransisi 100% kendaraan listrik roda dua di tahun 2030 serta investasi TBS dalam energi bersih dan terbarukan pada periode waktu yang sama.

Melalui inisiatif bersama Gogoro, Gojek dan TBS menargetkan untuk mempercepat pengembangan ekosistem yang lebih ramah lingkungan di Indonesia.

“Kami percaya bahwa momentum yang diciptakan dari kolaborasi kami dengan Gogoro serta gabungan pengetahuan dan upaya kami akan menjadi katalis perkembangan ekosistem EV di Indonesia. Kami juga yakin bahwa kualitas teknologi dan solusi yang kami bangun bersama Gogoro akan membangun kepercayaan di antara pelanggan serta mendorong masyarakat untuk mencoba kendaraan listrik roda dua dari Electrum, bersama dengan seluruh rangkaian solusi yang kami hadirkan,” tutup Pandu. (Icha)

Perlahan Tapi Pasti, 3G Telkomsel Akan Dimatikan Tahun 2022

0

Telko.id – 3G Telkomsel secara bertahap akan diupgrade ke 4G pada tahun 2022 ini. Langkah ini sebenarnya bukan baru dilakukan, namun dipercepat terlebih adanya arahan pemerintah melalui Kemkominfo RI untuk segera melakukan upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur pada 2022.

“Tahun ini, Telkomsel akan melakukan percepatan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE,” ungkap Hendri Mulya Syam, Direktur Utama Telkomsel.

Ia pun berharap, langkah ini mampu mengoptimalkan lebih banyak potensi di berbagai wilayah melalui transformasi digital lintas sektor yang lebih terakselerasi, sehingga dapat memperkuat ekonomi digital nasional ke depan.

Upgrade seluruh layanan 3G ke 4G/LTE ini juga menjadi bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam menghadirkan konektivitas digital dengan kualitas prima yang merata hingga pelosok negeri.

Untuk memastikan bahwa proses upgrade layanan 3G Telkomsel ke 4G/LTE ini, operator ini telah melalui tahap pengkajian, perencanaan serta persiapan yang matang. Hal tersebut mencakup kesiapan infrastruktur dan teknologi, jaminan kenyamanan pelanggan selama proses upgrade berlangsung, hingga kesesuaian dengan perundangan di sektor telekomunikasi dan perlindungan konsumen, yang berlaku di Indonesia.

Untuk itu, Telkomsel secara berkala telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait, mulai dari Kemkominfo RI, hingga lembaga/institusi konsumen seperti Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN)  hingga Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Direktur Network Telkomsel Nugroho menambahkan, “Telkomsel telah mempersiapkan seluruh action plan mulai dari persiapan teknis, sosialisasi kepada pelanggan, hingga tahapan mitigasi dengan optimal, guna memastikan proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur di seluruh wilayah di Indonesia dapat berjalan baik, termasuk prioritas meminimalisir potensi gangguan”.

Standar QoS (quality of service) juga terus akan diupayakan terjaga guna memenuhi standar aturan yang berlaku agar kenyamanan pelanggan tetap terjaga. Berbagai persiapan tersebut kami lakukan sebagai bentuk komitmen Telkomsel sebagai connectivity enabler yang akan terus berupaya mengimplementasikan penerapan teknologi jaringan broadband terdepan di setiap fase kehidupan secara berkelanjutan sesuai dengan roadmap transformasi perusahaan.

Nugroho lebih lanjut menjelaskan, dengan menggunakan layanan 4G/LTE, untuk pelanggan ritel (B2C) dapat menikmati pengalaman aktivitas digital yang lebih baik dibandingkan dengan layanan 3G, seperti streaming video dan music digital, video conference, bermain game online, hingga layanan VoLTE yang akan memberikan pengalaman yang berbeda ketika menikmati layanan voice dan broadband secara bersamaan.

Untuk itu, proses upgrading layanan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur ini juga akan diprioritaskan percepatannya di wilayah yang sudah memiliki pemanfaatan layanan 4G/LTE yang merata dan matang.

Seiring dengan dilakukannya upgrade layanan tersebut, Telkomsel mengajak para pelanggan yang saat ini masih menggunakan layanan 3G untuk segera beralih ke layanan 4G/LTE. Untuk itu, Telkomsel siap membantu kemudahan pelanggan untuk percepatan migrasi layanan.

Telkomsel memberikan ragam pilihan saluran bagi pelanggan dalam melakukan upgrade kartu SIM non 4G ke  uSIM 4G, baik secara online maupun offline yang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Pada channel online, pelanggan dapat mengakses akun resmi Telkomsel di Facebook dan Twitter serta layanan Virtual Assistant Telkomsel untuk mendapatkan pelayanan upgrade keuSIM 4G, atau melalui layanan mitra e-commerce (Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan JD.ID). Pelanggan juga dapat langsung mengunjungi GraPARI atau layanan MyGraPARI terdekat untuk melakukan upgrade ke uSIM 4G secara offline.

Selain itu, Telkomsel juga menyediakan beragam program dan produk menarik, mulai dari paket kuota data 4G yang terjangkau, tambahan kuota 4G hingga 30GB untuk pelanggan yang telah melakukan penukaran kartu non 4G ke kartu 4G (uSIM), hingga paket bundling device 4G terkini.

Bagi pelanggan yang ingin melakukan migrasi ke uSIM 4G bisa terlebih dahulu melakukan pengecekan terhadap ketersediaan jaringan 4G di wilayahnya dan dukungan 4G pada perangkat yang digunakan. Pengecekan dapat dilakukan dengan mudah melalui USSD Menu Browser (UMB) di *888*47#.

Sedangkan bagi pelanggan Telkomsel dari segmen industri dan enterprise, pemanfaatan layanan 4G/LTE secara utuh akan semakin menguatkan transformasi digital yang dilakukan, yang akan mendorong peningkatan produktivitas dan efisiensi perusahaan dan menghadirkan solusi layanan dengan dukungan teknologi digital bernilai lebih, sehingga dapat mempercepat penerapan Industry 4.0 di Indonesia.

“Kami juga berharap dukungan seluruh pihak dan pemangku kepentingan terkait dalam membantu proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE ini. Kolaborasi dengan pemerintah, para mitra pendukung seperti mitra infrastruktur, mitra teknologi hingga mitra penyedia device juga akan semakin membantu percepatan adopsi dan adaptasi layanan 4G/LTE secara lebih inklusif dan merata, di seluruh pelosok negeri,” kata Hendri menutup. (Icha)

Waduh, Kini Giliran Data Bank Indonesia Bocor!

Telko.id – Data Bank Indonesia bocor. Kabarnya yang meretas adalah geng ransomware Conti. Kabar peretasan itu termuat dalam salah satu platform intelijen bernama Dark Tracer di Twitter pada Kamis (20/1) pagi.

“Conti ransomware gang has announced “BANK OF INDONESIA” on the victim list,” demikian pengumuman dari tweet Dark Tracer disertai postingan yang menampilkan file diduga milik Bank Indonesia yang bocor dan bikin heboh.

Akun itu juga membagikan potongan tangkapan layar dari situs gelap geng ransomware Conti. Terlihat tampilan file yang dinamai corp.bi.go.id.

Tertera keterangan unggahan yang tertulis bahwa total data tersebut sebanyak 838 file sebesar 487,09 MB.

Diduga data tersebut diambil dari server yang terbuka atau open source dari situs www.bi.go.id. Kemudian diunggah oleh geng ransomware Conti pada Kamis (20/1).

Saat ini, Polri akan berkoordinasi dengan Bank Indonesia (BI) untuk mendalami dugaan kebocoran data hasil peretasan kelompok ransomware Conti.

“Infonya mau dikomunikasikan dulu dengan pihak BI terkait dengan isu tersebut,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, dikutip dari CNN Indonesia.

Namun, Dedi belum dapat berkomentar lebih jauh mengenai perkara tersebut. Ia menuturkan kepolisian masih harus memastikan apakah dugaan Data Bank Indonesia bocor tersebut benar atau tidak.

Jika memang data milik BI mengalami kebocoran, maka Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri akan melakukan pendalaman dan penyelidikan terkait hal tersebut.

“Apabila betul info tersebut, akan dipelajari oleh tim siber Bareskrim,” tambah dia.

Berdasarkan informasi dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Data Bank Indonesia bocor ini bukan data kritikal. Dan BSSN pun mengkonfirmasi bahwa data yang bocor berasal dari BI Cabang Bengkulu.

“Tim BSSN dan BI melakukan verifikasi terhadap konten dari data yang tersimpan. Data yang tersimpan diindikasikan merupakan data milik Bank Indonesia cabang Bengkulu,” kata Juru bicara BSSN Anton Setiawan, dikutip dari CCN Indonesia.

Anton juga menerangkan kalau serangan terjadi pada 17 Desember 2021. Pihak BI sudah melaporkan ke BSSN, kedua pihak langsung berkoordinasi untuk melakukan mitigasi insiden tersebut. Disebutkan ada 16 PC yang terdampak dari serangan ini, namun diklaim tidak ada data sistem yang penting.

“Tim BSSN dan BI melakukan verifikasi terhadap konten dari data yang tersimpan. Data yang tersimpan diindikasikan merupakan data milik Bank Indonesia cabang Bengkulu,” kata Anton.

Apa dan siapa itu Conti?

Conti rupanya adalah ransomware yang beraksi internasional dan menebar masalah di banyak negara. Dilansir dari Cybersecurity & Infrastructure Security Agency (CISA) dan FBI Amerika Serikat, Kamis (20/1/2022) Conti sudah melakukan 400 serangan di Amerika Serikat dan organisasi internasional.

“Dalam tipikal serangan ransomware Conti, aktor siber jahat mencuri file, mengenkripsi server dan workstation dan meminta pembayaran tebusan,” kata CISA dan FBI.

Conti adalah jenis ransomware yang disebut ransomware-as-a-service (RaaS). Mereka membobol jaringan lewat spearphishing dari email dengan attachment atau link berbahaya, masuk lewat kredensial Remote Desktop Protocol (RDP) yang lemah, sambungan telepon, software palsu dengan SEO, jaringan distribusi malware atau titik lemah lain pada target.

Australian Cyber Security Centre (ACSC) seperti dilansir detikINET juga melaporkan serangan Conti di Negeri Kanguru pada November-Desember 2021. Diduga Conti adalah dari jaringan penjahat siber berbahasa Rusia.

“Conti mengincar lembaga di sektor yang penting, termasuk organisasi kesehatan,” kata ACSC. (Icha)

Kuncie Resmi Akuisisi Pixel Ninja

0

Telko.id – Kuncie secara resmi mengakuisisi Pixel Ninja untuk tingkatkan kompetensi dan keterampilan praktis talenta kreatif Indonesia.

Pixel Ninja adalah sebuah platform edukasi yang berfokus pada content design sebagai bentuk dari mengedepankan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan soft skills yang mengikuti perkembangan teknologi terdepan. Platform ini akan menyesuaikan brand name menjadi “Pixel Ninja by Kuncie”.


Tim Pixel Ninja selama ini telah membangun platform andragogi yang sejalan dengan misi Kuncie memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan keterampilan mereka di dunia profesional maupun usaha bisnis UMKM. Spesialisasi Pixel Ninja pada bidang kreatif digital akan memperluas jangkauan akses dan variasi konten pembelajaran serta mentor berkualitas.

“Gabungan dua entitas ini memungkinkan kombinasi sumber daya terbaik untuk mengembangkan portofolio produk yang inovatif di masa depan,” ungkap Rofiqi Setiawan, Head of Product Kuncie.

Founder Pixel Ninja Nur Ibrahim Rosyad, yang resmi bergabung dengan team Kuncie mengatakan, “Saat ini kebutuhan terhadap pekerja kreatif semakin banyak di berbagai lini kehidupan dan juga bisnis tentunya. Hampir semua perusahaan memiliki pekerja kreatif yang menangani berbagai macam hal, mulai dari desain konten, copywriting, videografi, fotografi, dan banyak lagi lainnya,”.

Rosyad juga menambahkan bahwa tidak sedikit juga para pekerja kreatif ini yang bisa mendapatkan penghasilan sendiri tanpa perlu kerja di kantor.

Bahkan, sudah 3 tahun terakhir ini Pixel Ninja membantu ribuan orang yang punya minat dalam dunia kreatif untuk mencapai cita-citanya, dengan menyediakan berbagai kelas online di bidang kreatif.

Dengan bergabungnya Pixel Ninja dengan Kuncie yang memiliki impian sama, diharapkan kedepannya bisa memberi banyak manfaat bagi masyarakat yang ingin mengembangkan keahliannya di dunia kreatif.”

Pixel Ninja by Kuncie merupakan platform kelas online di bidang Digital Creative atau pengembangan creative skills, utamanya di bidang Graphic Design, UI/UX Design, Videography, Photography, 3D Design, dan lain sebagainya.

Pengguna platform Pixel Ninja by Kuncie bisa akses materi dimana saja dan kapan saja, serta dapat mengikuti lebih 16 kelas yang tersedia saat ini, diajarkan langsung oleh mentor yang memang sebagai praktisi di bidangnya.

Dengan penjualan rata-rata sekitar 100-200 akses kelas per bulannya, hingga saat ini sudah lebih dari 9000 peserta telah sukses berpartipasi untuk meningkatkan skill melalui platform Pixel Ninja by Kuncie.

Kuncie sendiri merupakan platform pengembangan keterampilan talenta-talenta di Indonesia dengan belajar langsung dari para praktisi dan ahli di bidangnya.

Kuncie diluncurkan pada Juli 2021, yang sekaligus menjadi wujud nyata komitmen Telkomsel yang selalu mengedepankan pemberdayaan masyarakat di Indonesia melalui kepemimpinan teknologi terdepan.

Sampai saat ini Kuncie telah diunduh lebih dari satu juta kali di Google Play Store, dengan pertumbuhan pengguna aktif rata-rata 45.5% sejak pertama kali diluncurkan, serta menduduki Top-1 aplikasi edukasi di Google Play Store Indonesia dan berhasil meraih penghargaan best personal growth dalam ajang Google Play Awards 2021 sebagai aplikasi yang berfokus pada pengembangan potensi setiap talenta di Indonesia melalui pembelajaran maupun pengembangan keterampilan di berbagai bidang.

Kuncie hadir sebagai strategi pembuka digital ecosystem enabler untuk membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi masyarakat, melalui pemanfaatan solusi berbasis teknologi digital.

Platform ini dihadirkan untuk berbagai lapisan masyarakat yang ingin mengembangkan diri demi membawa kemajuan dan kemandirian ekonomi bagi Indonesia, baik dari kalangan mahasiswa, atau yang baru ingin memulai usaha dan berinvestasi, pelaku UMKM, content creator, juru masak, fashion stylist, beauty blogger, penulis, dan lainnya.

Untuk dapat mengakomodir semua kebutuhan, sebanyak lebih dari 100 praktisi dan pakar dari segala bidang telah disiapkan untuk menjadi mentor di platform Kuncie, serta telah dilengkapi dengan lebih dari 1000 konten praktis dan masih akan terus ditambah oleh para pemimpin industri lokal berpengalaman yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Beberapa di antaranya berasal dari kalangan pengusaha seperti Gita Wirjawan; kalangan industri kreatif seperti produser film Joko Anwar; kalangan content creator seperti Raditya Dika, dan masih banyak lagi, baik para praktisi di skala mikro maupun makro. Kuncie juga dilengkapi fitur mentoring on demand agar terhubung dan memperluas koneksi satu sama lain.

“Kami percaya, talenta-talenta di Indonesia sejatinya memiliki keinginan kuat untuk dapat terus berkembang dan mengasah diri. Kini, dengan hadirnya Pixel Ninja by Kuncie, kami akan terus mendorong pengembangan kompetenasi talenta anak negeri yang lebih inklusif,” pungkas Rofiqi.

Kuncie pun berkomitmen untuk konsisten hadir sebagai sumber daya pendukung dalam mengembangkan education ecosystem yang akan mendorong hadirnya lebih banyak smart digitalpreneur di Indonesia.

Kuncie senantiasa berkomitmen untuk terus menghadirkan kelas-kelas lainnya yang dapat menjadi solusi untuk kebutuhan masyarakat untuk dapat terus berkembang dan memajukan kualitas hidup dengan terus mengasah diri dengan layanan terobosan dari Kuncie. (Icha)

UCan, Gaya Indosat Mudahkan Pelanggannya Dapat Kredit Instan

0

Telko.id – Ucan, adalah sebuah fasilitas pinjaman yang diberikan oleh Indosat Ooredoo Hutchinson pada pelanggannya. Fasilitas ini merupakan hasil kerjasama operator ini dengan Bank QNB Indonesia dan dapat diakses melalui aplikasi myIM3.

Produk ini hadir dengan membawa solusi yang dapat diandalkan dan layanan kredit instan yang aman, serta proses on-boarding yang mudah dan verifikasi instan yang dapat dilihat langsung di aplikasi.

UCan menawarkan dua fitur utama, yaitu Cash Withdrawal dan Instalment. Cash Withdrawal adalah fitur tarik tunai yang dapat ditransfer ke rekening bank pengguna. Pembayaran dari pinjaman tarik tunai ini dapat dilakukan secara angsuran dengan berbagai pilihan tenor yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Sementara itu, fitur Installment dapat dimanfaatkan untuk membeli produk paket data Indosat Ooredoo Hutchison yang tersedia secara eksklusif untuk pengguna UCan. Metode pembayaran untuk paket eksklusif UCan mencakup paket cicilan mulai dari 3 hingga 6 bulan, di mana pelanggan harus membayar uang muka terlebih dulu di awal untuk pembayaran pertama.

“Hari ini, kami meluncurkan sebuah platform pinjaman digital yang aman dan kredibel yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison melalui aplikasi myIM3, berkolaborasi dengan Bank QNB Indonesia sebagai institusi keuangan yang terpercaya, agar pelanggan kami merasa aman menggunakan UCan,” ungkap Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison.

Layanan ini tidak hanya tersedia untuk perorangan, tetapi juga bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sehingga dapat membantu mereka tidak hanya bertahan namun juga meningkatkan skala bisnis.

Melalui kerja sama ini, Indosat Ooredoo Hutchison dan Bank QNB Indonesia bertujuan untuk menyediakan produk pinjaman digital yang fleksibel dan aman bagi nasabah serta ingin mendukung program inklusi keuangan pemerintah.

“Bank QNB Indonesia berkomitmen untuk selalu memberikan solusi keuangan yang menyeluruh kepada para nasabahnya. Kami telah melayani selama lebih dari satu abad, menawarkan berbagai macam produk dan layanan untuk berbagai perusahaan besar, sektor komersial, dan masyarakat menengah atas, serta memberikan pinjaman kepada sektor-sektor produktif negara,” kata Geoffry Nugraha, Acting President Director PT Bank QNB Indonesia Tbk.

Geoffry menambahkan bahwa melalui kemitraan strategis dengan Indosat Ooredoo Hutchison dan peluncuran UCan, Bank QNB memiliki misi untuk menembus kalangan masyarakat yang belum memiliki akses terhadap layanan keuangan dan perbankan, termasuk kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah, memberikan kemudahan bagi mereka untuk mendapatkan solusi finansial.

Hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk mendukung program inklusi keuangan pemerintah dan kami bangga atas pencapaian ini.

Selama periode peluncuran, pengguna baru UCan yang memenuhi syarat dapat menikmati promosi terbatas yang berlaku sampai dengan 28 Februari 2022.

Untuk Application reward, pengguna baru UCan bisa mendapatkan limit pinjaman yang lebih tinggi. Lalu akan ada hadiah Tarik Tunai Pertama, berupa bonus data hingga 100 GB.

Selain itu juga ada program Hadiah Tunai untuk Tarik Tunai, dimana 20 nasabah tarik tunai pertama bisa mendapatkan hadiah tunai mulai dari Rp500 ribu hingga Rp7 juta.

“Dengan diluncurkannya UCan, kami berharap dapat membantu pelanggan kami melalui solusi instan sehingga mereka dapat mengamankan dana darurat mereka, menabung untuk rumah impian mereka, bahkan juga meningkatkan taraf hidup mereka ke level berikutnya tanpa khawatir,” ujar Vikram.

“UCan ini boleh dibilang menjadi fasilitas dari operator seluler yang bekerjasama dengan perbankan dengan cara baru,” ungkap Rudiantara, Komisaris Indosat Ooredoo Hutchinso menjelaskan.

Dimana, bank dapat mengakses pelanggan operator dengan profiling dan analisa yang baik. Selain itu juga dapat menjangkau masyarakat unbankable yang sulit dijangkan perbankan jika menggunakan cara-cara tradisional. (Icha)

Alita Gandeng Dua Institusi Pendidikan Di Bandung

Telko.id – Alita Praya Mitra bekerja sama dengan Institut Teknologi Nasional Bandung (ITENAS) dan ARS University untuk mengembangkan keahlian sumber daya manusia di bidang teknologi informasi dan telekomunikasi.

“Sebagai perusahaan penyedia jaringan dan solusi telematika yang telah berkiprah lebih dari 26 tahun, Alita sangat menyadari pentingnya pengembangan kualitas sumber daya manusia untuk industri ini,” ungkap Teguh Prasetya, Direktur Utama PT Alita Praya Mitra.

Dalam menyambut era transformasi ekonomi digital ini Alita juga memiliki tanggung jawab dalam membangun infrastruktur digital yang saat ini sudah menjangkau 7 provinsi 63 kota/kabupaten 2547 desa dan sekitar 8000 km dan di tahun ini akan dikembangkan hingga mendekati 20.000 km untuk jaringan Fiber Optik serta beragam solusi berbasis IoT (Internet of Things) yang diperlukan.

“Kolaborasi ini diharapkan bisa mempercepat pembangunan infrastruktur digital dan penetrasi solusi IoT di seluruh wilayah Indonesia agar percerpatan penetrasi broadband internet yang terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat segera terwujud tentunya dengan bantuan rektor, dekan, dosen serta mahasiswa terbaik dari ITENAS dan ARS University,” ujar Teguh.

Alita bergerak dinamis mengikuti tren teknologi yang terus berkembang. Diperlukan SDM yang adaptif, responsive, dan memiliki passion pada bidang ini agar dapat memberikan layanan terbaik bagi pengguna dan masyarakat.

Memasuki revolusi industri 4.0, dunia pendidikan Indonesia dihadapkan pada tuntutan penyediaan sarana pendidikan berbasis kecanggihan teknologi. Untuk menjawab tantangan tersebut, diskursus tentang integrasi teknologi ke dunia pendidikan telah digaungkan di awal 2020 berupa kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

Berdasarkan Peraturan Mendikbud No. 3 Tahun 2020, Kampus Merdeka memberikan hak kepada mahasiswa untuk belajar selama tiga semester di luar program studinya sehingga mahasiswa dapat memperkaya wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan passion-nya.

Desain perkuliahan dan kurikulum Kampus Merdeka juga diharapkan mulai memasukkan nilai keunggulan industri 4.0 yang aplikatif dan sejalan dengan perkembangan industri.

Teguh menambahkan saat ini masih banyak terdengar keluhan sulitnya lulusan perguruan tinggi mencari pekerjaan, sementara di sisi lain, banyak perusahaan kesulitan mendapatkan pegawai dengan kualifikasi yang memenuhi kebutuhan industri.

“Bukan karena pekerjaan tersebut memerlukan pengalaman kerja bertahun-tahun atau keahlian khusus yang sulit dipelajari, namun kebutuhan industri ternyata tidak dipelajari di kampus,” ujarnya.

Adanya kerjasama ini merupakan kolaborasi menguntungkan bagi institusi pendidikan dan industri, termasuk mempersiapkan mahasiswa untuk mengukur sejauh mana implementasi ilmu yang diperoleh di kampus dengan ilmu di dunia kerja nyata.

Di sisi lain, kampus dan industri bersama mengembangkan kurikulum atau memetakan apa saja yang menjadi kebutuhan industri saat ini atau bersama melihat tren kebutuhan industri di masa depan.

Alita mengharapkan kolaborasi ini berjalan dengan lancar dan terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi semua pihak. Perlu digarisbawahi bahwa pada dasarnya peran kampus sangat signifikan dalam menjembatani kebutuhan industri sekaligus dalam membantu mahasiswa untuk memilih karir yang sesuai dengan passion-nya.

“Dengan kolaborasi ini kami nantikan berbagai inovasi solusi pintar dari kampus untuk kita bawa bersama guna menjawab kebutuhan industri hingga dapat dinikmati manfaatnya segera oleh masyarakat secara meluas,” ujarnya.

Oleh karena itu, ekstensifikasi Kampus Merdeka melalui learning hub sudah semestinya menjadi panggung bagi kampus untuk memimpin proses link and match dengan mencetak sarjana berkualitas yang siap bersaing di era Industri 4.0.

Selain sisi infrastruktur, Alita juga merupakan pelopor solusi pintar berbasis IoT yang saat ini berkembang pesat di Indonesia.

Akhir tahun lalu, bersama dengan stakeholder baik itu pemerintah, dunia usaha, komunitas, akademia serta penyedia teknologi Alita meluncurkan inisiatif pembuatan Virtual Techno Park yang bertujuan mempermudah ruang kolaborasi serta industrialisasi berbagai bentuk R&D teknologi IoT khususnya di Indonesia. (Icha)

Tenang, Frekuensi 5G di Indonesia Tak Ganggu Penerbangan

0

Telko.id – Frekuensi 5G di Indonesia, ditegaskan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate tidak mengganggu penerbangan. Hal ini disampaikan karena adanya pemberitaan mengenai pembatasan sementara penggelaran jaringan 5G di Amerika Serikat.

Di negara tersebut, untuk implementasi 5G menggunakan pita frekuensi 3,7 GHz, khususnya di area sekitar bandara.

Pengaturan frekuensi 5G di Indonesia dapat dikatakan relatif aman. Hal ini disebabkan tersedianya guard band selebar 600 MHz yang membentang dari mulai frekuensi 3,6 GHz sampai dengan 4,2 GHz, guna membentengi Radio Altimeter dari sinyal jaringan 5G.

“Guard band sebesar itu hampir 3 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan yang disediakan di Amerika Serikat,” ujarnya dalam Konferensi Pers Kekhawatiran Dampak Implementasi 5G terhadap Keselamatan Penerbangan di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (19/01/2022).

Menurut Johnny, kondisi pengaturan frekuensi 5G di Amerika Serikat yang menggunakan pita frekuensi 3,7 – 3,98 GHz.

Sedangkan Indonesia pada rentang 3,4 – 3,6 GHz, dan memperhatikan bahwa alokasi frekuensi untuk Radio Altimeter yang telah ditetapkan oleh Radio Regulations ITU (International Telecommunication Union) adalah pada rentang 4,2 – 4,4 GHz. Oleh karena itu, penggunaan pita frekuensi untuk 5G di Indonesia relatif aman.

“Kementerian Kominfo perlu hadir memberikan penjelasan kepada publik agar informasi dapat dipahami untuk konteks Indonesia dengan tepat. Sebab, di Indonesia, layanan 5G yang saat ini beroperasi secara komersial oleh 3 operator seluler nasional yakni Telkomsel, Indosat, dan XL menggunakan 2 pita frekuensi seluler eksisting yaitu pita frekuensi 1800 MHz dan 2,3 GHz,” jelasnya.

Saat ini Kementerian Kominfo melakukan farming dan refarming spektrum frekuensi radio agar pemanfaatan pita frekuensi radio berlangsung optimal. Dimana, jaringan 5G di Indonesia disiapkan untuk Low Band pada pita frekuensi 700 MHz, Middle Band pada pita frekuensi 3,5 GHz dan 2,6 GHz, dan High Band pada pita frekuensi 26 GHz dan 28 GHz.

“Untuk pita frekuensi baru yang sedang dalam proses farming dan refarming guna memberikan tambahan bandwidth dan variasi use cases layanan 5G, sehingga lebih berkualitas dan optimal bagi masyarakat dan pelaku usaha,” paparnya.

Kasus yang terjadi di Amerika Serikat, spektrum frekuensi radio untuk layanan 5G berada pada pita frekuensi radio altimeter yang digunakan untuk kepentingan penerbangan.

“Case yang terjadi di Amerika Serikat konteksnya adalah untuk jaringan 5G yang bekerja pada pita frekuensi 3,7 GHz atau 3.700 Mhz tepatnya pada rentang 3,7 sampai 3,98 GHz. Sistem yang dikhawatirkan terganggu adalah sistem Radio Altimeter yang bekerja pada pita frekuensi 4,2 – 4,4 GHz,” tandasnya.

Sistem radio altimeter ini merupakan sistem keselamatan utama dan penting dalam pengoperasian pesawat udara. Hal itu agar menentukan ketinggian posisi pesawat udara terbang di atas tanah.

Informasi yang dimanfaatkan dari penggunaan Radio Altimeter sangat penting dalam mendukung operasi penerbangan terkait keselamatan penerbangan atau flight safety dan fungsi navigasi pada semua pesawat udara, seperti misalnya terrain awareness, aircraft collision avoidance, wind shear detection, flight control, serta fungsi-fungsi lainnya untuk dapat mendaratkan pesawat secara otomatis.

Berdasarkan Statement by President Biden on 5G Agreement yang dirilis oleh situs whitehouse.gov tanggal 18 Januari 2022, disebutkan bahwa penggelaran jaringan 5G di Amerika Serikat untuk sementara waktu ditunda pada sejumlah kawasan terbatas, khususnya di sekitar bandara utama atau key airports.

Namun demikian, pemerintah Amerika Serikat tetap mengizinkan penggelaran jaringan 5G sesuai jadwal yang telah ditentukan pada wilayah yang berada di luar bandara-bandara tersebut.

Hal itu dapat disimpulkan berarti 90% dari rencana penggelaran jaringan 5G tidak terhambat dengan pembatasan tersebut. Paralel dengan pembatasan tersebut, solusi teknis yang bersifat praktis terus dicari dan diupayakan oleh para stakeholders terkait di Amerika Serikat.

Untuk konteks Indonesia, Johnny menyatakan tidak ada rencana untuk menggunakan pita frekuensi 3,7 GHz dalam rangka implementasi 5G. Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kominfo, tetap akan menggunakan pita frekuensi 3,7 sampai 4,2 GHz guna keperluan komunikasi satelit, bukan untuk 5G.

“Adapun 5G rencananya akan memanfaatkan pita frekuensi yang lebih rendah, yaitu pita frekuensi 3,5 GHz yang berada pada rentang 3,4 sampai 3,6 GHz,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Menkominfo memaparkan mengenai potensi interferensi antara 5G dengan Radio Altimeter telah dan sedang dikaji Kementerian Kominfo dengan melibatkan para akademisi serta bekerja Bersama Kementerian Perhubungan.

Kementerian Kominfo senantiasa akan terus menjaga setiap komunikasi yang memanfaatkan sumber daya spektrum frekuensi radio bebas dari gangguan atau interferensi, terlebih Radio Altimeter, suatu sistem yang berkaitan erat dengan keselamatan penerbangan, dengan flight safety.

Johnny juga berharap industri telekomunikasi nasional menjadi lebih produktif dengan terus menjaga keselamatan jalur transportasi sebagai tulang punggung konektivitas masyarakat dan logistik nasional.

“Seluruh upaya ini tentunya diawasi dengan berbagai instrumen regulasi dan kebijakan-kebijakan agar berdaya saing dan terus bertumbuh memenuhi kebutuhan nasional mewujudkan Indonesia Terkoneksi: Semakin Digital, Semakin Maju,” ungkapnya. (Icha)