spot_img
Latest Phone

Pendapatan Apple Naik 10%, Penjualan iPhone Tembus 3 Miliar Unit

Telko.id - Apple mengumumkan hasil keuangan kuartal III 2025...

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...

ROG Phone 9 Series Tawarkan Bonus Eksklusif dan Diskon Hingga Rp2,99 Juta

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) menghadirkan promo...

ASUS ROG Exclusive Store Surabaya, Hadirkan Pengalaman Gaming Terbaik

Telko.id - ASUS resmi membuka ROG Exclusive Store di...

ASUS ROG Hadir di HoYo FEST 2025 Surabaya

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) kembali berpartisipasi...
Beranda blog Halaman 564

Tecno Pop 5 Pro

0

Tecno terus berinovasi dengan meluncurkan HPTecno Pop 5 Pro, untuk menghadirkan teknologi terbaru ke dalam genggaman Anda. Diperkenalkan pada 19 January 2022, HP ini menawarkan kombinasi antara kinerja dan estetika. Tecno Pop 5 Pro menjanjikan pengalaman penggunaan yang tidak istimewa tapi masih bisa diandalkan melalui chipset Helio A22 yang memiliki score Antutu 10 rata-rata di angka 109247 dan ditopang oleh RAM berkapasitas 3 GB. Spesifikasi tersebut jadi modal Tecno Pop 5 Pro untuk bersaing dengan Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL yang dilengkapi chipset Snapdragon 660 serta RAM 3-6 GB, dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL yang dilengkapi chipset Snapdragon 632 serta RAM 3/4 GB. Tecno Pop 5 Pro sendiri, menurut data terakhir kami di bulan Agustus 2025, belum ada informasi harga dan ketersediaannya di pasar Indonesia.

Selain harga, prosesor, dan memori, variabel penting yang juga bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih sebuah HP adalah layar. Untuk itu Tecno menanamkan layar IPS LCD berukuran 6.52 inches, 102.6 cm2 (~81.8% screen-to-body ratio) dengan resolusi 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~269 ppi density) dengan refresh rate . Pada sektor kamera, spesifikasi kamera utama 8 MP yang didukung perekaman video 1080p@30fps juga jadi andalan Tecno Pop 5 Pro. Dan semua fitur tersebut ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 6000 mAh. Spesifikasi lainnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah , atau cek ulasan lengkapnya dengan membaca artikel Tecno Pop 5 Pro: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui.

Harga dan Spesifikasi Tecno Pop 5 Pro

Spesifikasi Terbaru Tecno Pop 5 Pro

Spesifikasi Tecno Pop 5 Pro
KETERSEDIAN
Diperkenalkan 19 January 2022
Status Available. Released 2022, January 19
JARINGAN
Teknologi GSM / HSPA / LTE
Jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
Jaringan 3G HSDPA 850 / 900 / 2100
Jaringan 4G LTE
Kecepatan Akses HSPA, LTE
BODI
Dimensi 164.9 x 76.1 x 9.5 mm
Berat -
Build Glass front, plastic frame, plastic back
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Varian Warna Ice Blue, Deepsea Luster, Sky Cyan
Splash resistant
LAYAR
Tipe Layar IPS LCD 480 nits (peak)
Ukuran Layar 6.52 inches, 102.6 cm2 (~81.8% screen-to-body ratio)
Resolusi Layar 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~269 ppi density)
PLATFORM
Sistem Operasi Android 11 (Go edition) - HiOS 7.6
Chipset Mediatek MT6761 Helio A22 (12 nm)
CPU / Prosesor Quad-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPU / Prosesor Grafis PowerVR GE8320
MEMORI
Kartu Memori microSDXC
RAM 3 GB
ROM / Memori Internal 32GB 3GB RAM
KAMERA UTAMA
Sensor Kamera 8 MP
QVGA
Fitur Kamera Dual-LED flash, HDR
Perekaman Video 1080p@30fps
KAMERA SELFIE
Sensor Kamera 5 MP, f/2.0
Fitur Kamera Depan LED flash
KONEKTIVITAS
WIFI Yes
Bluetooth Yes
GPS GPS
NFC No
Radio FM radio
USB microUSB 2.0, OTG
Jack Audio 3.5mm Yes
FITUR LAIN
Sensors Fingerprint (rear-mounted), accelerometer
BATERAI
Tipe Baterai Li-Po
Kapasitas Baterai 6000 mAh
Li-Po 6000 mAh, non-removable


FAQ

Berapa harga HP Tecno Pop 5 Pro?

Sampai saat ini, kami belum mendapatkan informasi harga Tecno Pop 5 Pro, tapi kami akan informasikan di laman ini begitu ada update harga untuk HP ini.

Berapakah RAM Tecno Pop 5 Pro?

Tecno Pop 5 Pro dilengkapi RAM berkapasitas 3 GB dengan opsi memori internal 32GB 3GB RAM.

Tecno Pop 5 Pro menggunakan chipset apa?

Tecno Pop 5 Pro menggunakan chipset Helio A22 yang diatas kertas mencatatkan score Antutu 10 di angka rata-rata sekitar 109247.

Apakah Tecno Pop 5 Pro anti air?

Apakah Tecno Pop 5 Pro cocok untuk main game?

Untuk HP ini, sebaiknya jangan mainkan game kategori sedang hingga berat, game yang ringan ringan saja.

Apakah Tecno Pop 5 Pro memiliki sensor sidik jari? Dimana posisinya?

Ya, Tecno Pop 5 Pro sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari. Posisinya ada di bagian belakang.

Apakah Tecno Pop 5 Pro sudah fast charging?

Kami belum memiliki informasi terkait kecepatan pengisian baterai pada ponsel ini.

Tecno Pop 5 Pro: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui

0

Dalam dunia HP yang terus berkembang, Tecno Pop 5 Pro menawarkan pendekatan yang berimbang antara fitur dan harga. Banyak pertanyaan muncul seputar spesifikasi kunci, seperti performa prosesor, kualitas kamera, dan daya tahan baterai. Dalam artikel ini, kami akan mengulas 7 aspek penting dari Tecno Pop 5 Pro, memberikan pandangan lebih dekat tentang bagaimana perangkat ini mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Dari kemudahan penggunaan sehari-hari hingga kemampuan multimedia, temukan fakta-fakta esensial yang dapat membantu Anda memahami apa yang ditawarkan oleh Tecno Pop 5 Pro.

1. Layar IPS LCD dengan Refresh Rate

Layar IPS LCD memang tidaklah istimewa, tapi untuk HP kategori menengah bawah seperti Tecno Pop 5 Pro kami masih bisa memakluminya. Paling tidak, layar milik Tecno Pop 5 Pro dengan ukuran 6.52 inches, 102.6 cm2 (~81.8% screen-to-body ratio) memiliki resolusi 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~269 ppi density) dan support refresh rate . Dan sebagai perbandingan, pesaing lainnya seperti Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL memiliki layar IPS LCD, dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL memiliki layar IPS LCD.

2. Chipset Grade C dengan GPU Rating 30

Di atas kertas, chipset Helio A22 yang dibawa Tecno Pop 5 Pro mencatatkan score Antutu 10 rata-rata di angka 109247. Performanya ditopang oleh RAM berkapasitas 3 GB. Di level performa yang sama, ada Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL dengan chipset Snapdragon 660 - Antutu 226617 dan RAM 3-6 GB, dan ada Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL dengan chipset Snapdragon 632 - Antutu 201915 dan RAM 3/4 GB. Sementara untuk performa grafis, GPU PowerVR GE8320 milik Tecno Pop 5 Pro kami beri rating 30. Sebagai pembanding, GPU Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL punya rating , dan GPU Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL punya rating .

3. Mentok di GSM / HSPA / LTE

Untuk akses data, Anda harus puas dengan teknologi GSM / HSPA / LTE dan dukungan WiFi. Dimana HP di level yang sama seperti Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL support GSM / HSPA / LTE, dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL support GSM / HSPA / LTE.

4. Baterai 6000 mAh - charging

Semua fitur yang ada di Tecno Pop 5 Pro ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 6000 mAh. Sementara pesaingnya, Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL, dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL, masing masing dilengkapi baterai 5000 mAh - charging 10W, dan baterai 4000 mAh.

5. Dimensi 164.9 x 76.1 x 9.5 mm Frame Plastik

Tecno Pop 5 Pro memiliki detail bodi Glass front, plastic frame, plastic back dengan dimensi 164.9 x 76.1 x 9.5 mm yang memiliki ketebalan 9.5 mm. HP ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang posisinya ada di bagian belakang. Adapun untuk variasi warna, Tecno Pop 5 Pro menyediakan opsi warna Ice Blue, Deepsea Luster dan Sky Cyan.

6. Kamera Utama 8 MP

Tak bisa dipungkiri, kamera jadi salah satu daya tarik utama dari sebuah HP. Untuk itulah Tecno Pop 5 Pro menanamkan kamera utama dengan spesifikasi 8 MP. Fungsionalitasnya didukung oleh kamera kedua yang memiliki spesifikasi QVGA. Sementara untuk kebutuhan selfie, HP ini menyediakan kamera dengan spesifikasi 5 MP, f/2.0.

7. Opsi Memori

Last but not least, fakta yang tak kalah pentingnya adalah perihal opsi memori penyimpanan. Yup, HP Tecno Pop 5 Pro dilengkapi RAM berkapasitas 3 GB dengan opsi memori internal 32GB 3GB RAM.

Cek juga informasi lengkap terkait harga dan spesifikasi Tecno Pop 5 Pro.

Tecno Pop 5 Pro Versus Infinix Hot 12i

Tecno Pop 5 ProInfinix Hot 12i
HargaBelum TersediaRp 1.270.000
CPUHelio A22, dengan CPU rating 21Helio A22, dengan CPU rating 21
GPUPowerVR GE8320, dengan GPU rating 30PowerVR GE8320, dengan GPU rating 30
LayarIPS LCD, 480 nits (peak)IPS LCD, 480 nits
Kamera8 MP

QVGA
13 MP, f/1.8, (wide), AF

QVGA

QVGA
Memori32GB 3GB RAM64GB 2GB RAM, 64GB 3GB RAM, 64GB 4GB RAM
BateraiLi-Po 6000 mAh, non-removableLi-Ion 5000 mAh, non-removable
ChargingN/AN/A

Mandiri Capital Indonesia Siap Gelontorkan Lagi Dana Ke Startup

Telko.id – Mandiri Capital Indonesia sebagai anak perusahaan dari Bank Mandiri , selama tahun 2021 sudah mengucurkan dana pada 7 startup. Langkah ini akan dilanjutkan lagi pada tahun 2022 untuk mendorong pertumbuhan ekosistem startup dan inklusi keuangan tanah air.

Perusahaan rintisan yang disuntik modal bergerak di bidang teknologi finansial (fintech) dan keuangan. Pendanaan itu terdiri atas tiga investasi baru dan empat lanjutan atau follow-on. Langkah ini bertujuan mewujudkan kolaborasi antara Mandiri Group dengan sejumlah startup yang membawa nilai sinergi (synergy value) tertinggi bagi perusahaan.

Dukungan MCI terhadap Mandiri Group dan pertumbuhan ekosistem startup direalisasikan melalui beberapa inisiatif sinergi yang sudah berjalan pada 2021 lalu, di antaranya adalah:

  • Penyaluran kredit agrikultur melalui Crowde senilai Rp310 miliar
  • Penyaluran kredit kepada pelaku UMKM melalui Investree senilai Rp306 miliar
  • Kerjasama komprehensif dengan Bukalapak pada tiga lini produk (pembayaran,
  • kredit dan investasi)

Penggunaan platform Jurnal dan Klik Pajak untuk mendigitalisasi laporan keuangan nasabah SME Mandiri dan Yokkebiz yang merupakan hasil kolaborasi antara iSeller dengan Yokke menghasilkan peningkatan registered users hingga mencapai enam ribu. 


“Hal ini menjadi salah satu catatan milestone kesuksesan kami, ketika kami berhasil mencatatkan peningkatan jumlah dan nilai penggalangan dana yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Melalui partisipasi pendanaan bersama para partner investasi, Mandiri Capital Indonesia berharap ini dapat menjadi kontribusi positif demi mendukung upaya pemerintah dalam mengejar target 90% inklusi keuangan di Tanah Air pada 2024 mendatang,” jelas Direktur Utama MCI, Eddi Danusaputro.

  • Bukalapak (pendanaan Pra-IPO yang dipimpin oleh GIC dan Standard Chartered, dengan jumlah yang tidak diungkapkan),
  • Ayoconnect (pendanaan Pra-Seri B bersama Patamar Capital dan Habibie Foundation, dengan jumlah total sekitar Rp143 miliar), dan
  • Salah satu startup di sektor insurtech pada pertengahan Desember 2021 Serta empat investasi follow-on untuk:
  • Amartha (yang dipimpin oleh Women’s World Banking dan MDI Ventures, dengan jumlah total lebih dari Rp510 miliar),
  • iSeller (pendanaan Pra-Seri B yang dipimpin oleh AppWorks dan Openspace Ventures, dengan total suntikan dana senilai Rp120 miliar),
  • Crowde (pendanaan Seri B yang dipimpin oleh Monks Hill, dengan jumlah yang tidak diungkapkan) dan
  • PrivyID (pendanaan Seri B yang dipimpin oleh GGV Capital, dengan jumlah hingga lebih dari Rp251 miliar).


Memasuki 2022, MCI akan melanjutkan komitmen ini dengan target pendanaan ke lebih banyak startup dengan dana investasi yang lebih besar, dan berkontribusi meningkatkan synergy value yang signifikan melalui kemitraan dengan perusahaan teknologi dan ekosistem Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tujuan investasi yang lebih besar dan meningkatkan synergy value adalah untuk terus mendorong tumbuhnya inklusi keuangan serta perkembangan ekosistem startup di Indonesia. (Icha)

Samsung Baru Memperkenalkan Exynos 2200, Apa Kelebihannya?

0

Telko.id – Samsung Exynos 2200 baru saja diperkenalkan sebagai prosesor seluler premium. Prosesor ini baru dirancang dengan Samsung Xclipse graphics processing unit (GPU) berbasis arsitektur AMD RDNA 2.

Dengan core CPU berbasis Arm® paling mutakhir yang tersedia di pasar saat ini dan neural processing unit (NPU) yang ditingkatkan, Exynos 2200 akan menghadirkan pengalaman terbaik bermain game di smartphone, serta meningkatkan pengalaman keseluruhan dalam aplikasi media sosial dan fotografi.

“Dibangun dengan proses EUV (extreme ultraviolet lithography) 4-nanometer (nm) paling canggih, dan dikombinasikan dengan teknologi seluler, GPU, dan NPU mutakhir, Samsung telah mengembangkan Exynos 2200 untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna smartphone,” kata Yongin Park, President of System LSI Business, Samsung Electronics.

Prosesor ini pun dilengkapi dengan Xclipse, GPU mobile baru Samsung yang dibangun dengan teknologi grafis RDNA 2 dari pemimpin industri AMD, Exynos 2200 akan mendefinisikan ulang pengalaman mobile gaming, dibantu oleh peningkatan grafis dan kinerja AI.

“Selain menghadirkan pengalaman seluler terbaik kepada pengguna, Samsung akan melanjutkan upayanya untuk memimpin perjalanan dalam inovasi logic chip,” ungkap Yongin menambahkan.

Ray Tracing dengan Akselerasi Perangkat Keras pada Mobile, Pertama di Industri untuk Pengalaman Gaming Terbaik

Xclipse GPU adalah sebuah prosesor grafis hybrid unik yang diposisikan antara konsol dan prosesor grafis seluler. Xclipse adalah kombinasi dari ‘X’ yang mewakili Exynos, dan kata ‘eclipse’ (gerhana). Seperti gerhana, Xclipse GPU akan mengakhiri era lama mobile gaming dan menandai dimulainya babak baru yang menarik.

Dengan arsitektur AMD RDNA 2 yang berperforma tinggi sebagai tulang punggungnya, Xclipse mewarisi fitur grafis canggih seperti ray tracing (RT) yang diakselerasi perangkat keras dan variable rate shading (VRS) dimana sebelumnya hanya tersedia di PC, laptop, dan konsol.

Ray tracing adalah teknologi revolusioner yang secara seksama mensimulasikan bagaimana cahaya berperilaku secara fisik di dunia nyata. Dengan menghitung pergerakan dan karakteristik warna sinar cahaya saat memantul dari permukaan, ray tracing menghasilkan efek pencahayaan yang realistis untuk adegan yang dirender secara grafis.

Untuk menawarkan grafis dan pengalaman pengguna yang paling imersif bahkan di perangkat seluler, Samsung telah berkolaborasi dengan AMD untuk mewujudkan ray tracing dengan akselerasi perangkat keras pertama di industri pada GPU seluler.

Variable rate shading adalah teknik yang mengoptimalkan beban kerja GPU dengan memungkinkan developer menerapkan tingkat bayangan yang lebih rendah di area yang kualitas keseluruhannya tidak akan terpengaruh. Ini memberi GPU lebih banyak ruang untuk bekerja di area yang paling penting bagi para gamer dan meningkatkan frame-rate untuk gameplay yang lebih mulus.

Selain itu, Xclipse GPU hadir dengan berbagai teknologi seperti advanced multi-IP governor (AMIGO) yang meningkatkan kinerja dan efisiensi secara keseluruhan.

“Arsitektur grafis AMD RDNA 2 memperluas solusi grafis canggih yang hemat daya ke PC, laptop, konsol, mobil, dan kini ke smartphone. Samsung Xclipse GPU adalah hasil pertama dari beberapa generasi grafis AMD RDNA yang direncanakan dalam SoC Exynos,” kata David Wang, Senior Vice President of Radeon Technologies Group, AMD. “Kami tidak sabar menunggu pengguna merasakan pengalaman bermain game yang luar biasa dengan kolaborasi teknologi kami.”

Konektivitas 5G yang Ditingkatkan

Exynos 2200 adalah salah satu yang pertama di pasar yang mengintegrasikan core CPU Armv9 terbaru dari Arm yang menawarkan peningkatan substansial dibandingkan Armv8 dalam hal keamanan dan kinerja, dua area yang menjadi sangat penting dalam perangkat komunikasi seluler saat ini.

CPU octa-core pada Exynos 2200 dirancang dalam struktur tri-cluster yang terdiri dari satu flagship-core Arm Cortex®-X2 yang kuat, tiga core besar Cortex-A710 yang seimbang dalam kinerja dan efisiensi, dan empat core kecil Cortex-A510 yang hemat daya.

“Pengalaman digital masa depan membutuhkan kinerja, keamanan, dan efisiensi pada tingkatan baru,” kata Rene Haas, President of IP Products Group (IPG), Arm.

“Sebagai salah satu prosesor pertama yang menggunakan core CPU Armv9 baru, Samsung Exynos 2200 memanfaatkan strategi Total Compute dan fitur keamanan utama Arm, seperti Memory Tagging Extension (MTE), untuk menghadirkan komputasi yang dibuat khusus dan pemrosesan khusus yang diperlukan untuk memperkuat pengalaman seluler di masa depan,” ungkap Rene menambahkan.

Exynos 2200 menawarkan kecerdasan buatan (AI) dalam perangkat yang lebih kuat dengan NPU yang ditingkatkan. Performa NPU meningkat dua kali lipat dibandingkan pendahulunya, memungkinkan lebih banyak kalkulasi secara paralel dan meningkatkan performa AI. NPU ini sekarang menawarkan presisi yang jauh lebih tinggi dengan dukungan FP16 (16bit floating point) selain INT8 (integer 8bit) yang hemat daya dan INT16.

Selain itu, Exynos 2200 mengintegrasikan modem 3GPP Release 16 5G cepat yang mendukung pita spektrum sub-6GHz dan mmWave (millimeter Wave). Dengan E-UTRAN New Radio – Dual Connectivity (EN-DC), yang memanfaatkan sinyal 4G LTE dan 5G NR, modem ini dapat meningkatkan kecepatan hingga 10Gbps.

Untuk pengamanan, Exynos 2200 hadir dengan Integrated Secure Element (iSE) untuk menyimpan kunci kriptografik selain juga berperan sebagai RoT (Root of Trust). Selain itu, HW enkripsi inline untuk UFS dan DRAM telah diperkuat supaya enkripsi data pengguna hanya dibagikan dengan aman hanya di dalam domain yang secure.

Pengalaman Visual yang Ditingkatkan

Arsitektur image signal processor (ISP) pada Exynos 2200 telah didesain ulang untuk mendukung sensor gambar terbaru untuk resolusi ultra-tinggi hingga 200 megapiksel (MP). Pada 30 frame per detik (fps), ISP mendukung hingga 108 MP dalam mode kamera tunggal, dan 64+36 MP dalam mode kamera ganda. ISP juga dapat menghubungkan hingga tujuh sensor gambar individu dan menggerakkan empat secara bersamaan untuk pengaturan multi-kamera tingkat lanjut. Untuk perekaman video, ISP mendukung resolusi hingga 4K HDR (atau 8K).

Bersama dengan NPU, ISP menggunakan kamera AI sadar konten yang canggih untuk hasil yang lebih halus dan realistis. Saat mengambil foto, kamera AI berbasis machine learning mengenali banyak objek, lingkungan, dan wajah di dalam satu adegan. Kemudian ISP menerapkan pengaturan optimal untuk warna, white balance, exposure, dynamic range, dan lainnya untuk menghasilkan gambar berkualitas profesional.

Dengan dukungan resolusi 8K, multi-format codec (MFC) canggih pada Exynos 2200 membuat video benar-benar hidup. MFC dapat membaca video hingga 4K pada 240fps atau 8K pada 60fps dan melakukan encode hingga 4K pada 120fps atau 8K pada 30fps.

Selain itu, MFC mengintegrasikan dekoder AV1 hemat daya yang memungkinkan waktu pemutaran lebih lama. Solusi layar canggih menampilkan HDR10+ yang menambahkan jangkauan dan kedalaman lebih dinamis ke gambar dan menawarkan refresh rate hingga 144Hz untuk pengalaman transisi yang lebih responsif dan mulus saat scrolling atau bermain game.

Exynos 2200 saat ini sedang dalam produksi massal. (Icha)

Strategi Gojek Tahun 2022, Apa saja ya?

Telko.id – Strategi Gojek tahun 2022 ternyata cukup banyak yang sudah dipersiapkan. Apalagi, saat ini mobilitas masyarakat terlihat sudah mulai meningkat, bangkit dari pandemi. Gojek pun siap menjawab kebutuhan transpotasi masa para pelanggannya.

Lalu, strategi Gojek seperti apa menghadapi kondisi ini? Menurut Head of Global Transport Marketing Gojek, Amanda Parikesit, masuki tahun 2022, Gojek fokus pada dua aspek inovasi yakni keterandalan layanan dan integrasi antar-layanan transportasi.

“Memasuki tahun 2022, Gojek siap memenuhi berbagai kebutuhan mobilitas masyarakat yang merasa #UdahSaatnya kembali beraktivitas mengejar produktivitas. Kami telah menyiapkan beragam inovasi berkelanjutan yang akan makin memperkuat kehadiran Gojek sebagai solusi transportasi yang andal bagi masyarakat,” ungkap Amanda.

Melangkah di tahun 2022, Gojek siap menjawab pergeseran tren mobilitas masyarakat. Saat ini, Gojek melihat bahwa pandemi telah meningkatkan ekspektasi masyarakat terhadap standar keamanan dan higienitas tertinggi pada moda transportasi, kehadiran transportasi urban yang terintegrasi, serta opsi mobilitas yang lebih ramah lingkungan.

Strategi Gojek pada aspek pertama yakni dalam keterandalan layanan, perusahaan ini akan memperluas

layanan GoRide dan GoCar Protect+. Setelah hadir Jabodetabek, Bandung dan Bali, layanan ini akan diperluas ke kota-kota operasional utama.

Dengan mengedepankan protokol kesehatan, layanan Protect+ hadir dengan standar layanan tertinggi di industri. Pada layanan GoCar Protect+ misalnya, tersedia fasilitas Air Purifier dari Sharp yang mampu lumpuhkan 91,3% virus di udara dalam waktu 30 detik guna memastikan mobilitas yang aman bagi pengguna.

Lalu, akan ada proteksi tambahan PerjalananAman+. Di maan program ini bekerja sama dengan Prodigi dan Asuransi Sinarmas Jiwa, Gojek memberikan manfaat perlindungan tambahan bagi penumpang hingga Rp350 juta, hanya dengan membayar premi tambahan sebesar seribu Rupiah. Perlindungan ini menjadi pelengkap atas asuransi perjalanan dasar yang tersedia untuk seluruh layanan transportasi Gojek.  


Tak hanya para pelaggannya, tahun 2022 ini juga akan diadakan pelatihan untuk Mitra Driver melalui Modul di Aplikasi. Targetnya adalah untuk semakin meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang. Gojek pun telah menyiapkan modul pelatihan untuk mitra driver yang mencakup berbagai topik, mulai dari service excellence, keamanan berkendara, hingga pencegahan kekerasan seksual yang telah diikuti ratusan ribu mitra driver aktif.

Gojek pun akan menghadirkan Standar Pelayanan Terbaru Driver GoCar yang pada tahap awal mencakup 3 aspek. Pertama penggunaan seragam, kedua kartu identitas yang terdapat dalam unit kendaraan, ketiga standar hospitality / keramah-tamahan yang salah satu aspeknya driver akan didorong proaktif menanyakan kebutuhan penumpang misalnya terkait pengaturan suhu pada pendingin di dalam kendaraan. 


Layanan transportasi andalan persembahan Gojek tersebut akan turut hadir dengan memberikan opsi perjalanan ramah lingkungan bagi pelanggan, sejalan dengan visi nol karbon Gojek di 2030.

Hal ini diwujudkan lewat hadirnya kendaraan listrik yang operasionalnya akan terus diperluas, serta pengembangan fitur penyerapan jejak karbon yang terintegrasi pada layanan transportasi Gojek. 


Lalu,strategi Gojek pada aspek kedua adalah Integrasi Antar Layanan Transportasi. Untuk itu, Gojek

bersama PT KCI, akan hadirkan transportasi yang lebih terintegrasi. Melalui GoTransit, perusahaan ini akan mengintegrasikan layanannya dengan layanan KRL Commuter Line.

Dengan integrasi ini, penumpang akan dapat membeli tiket KRL lewat aplikasi Gojek, merencanakan paket perjalanan bundling menggunakan GoRide/GoCar dan KRL, serta menikmati fasilitas titik jemput atau area tunggu yang sejak beberapa tahun belakangan ini telah Gojek bangun di beberapa stasiun KRL.

Melalui penandatanganan Nota Kesepahaman dengan PT Kereta Commuterline Indonesia, Gojek berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman mobilitas multi-moda terbaik bagi masyarakat, mengingat selama ini berdasarkan data, 11 Stasiun KRL di Jabodetabek paling sering digunakan sebagai titik asal/tujuan layanan transportasi Gojek.

Peneliti Pusat Kajian Transportasi & Logistik (PUSTRAL) Universitas Gadjah Mada, Dr. Eng. Muhammad Zudhy Irawan, S.T., M.T. dalam sebuah menyebut tiga faktor utama yang menjadi pertimbangan penumpang saat menggunakan jasa transportasi online selama pandemi.

Tiga hal tersebut antara lain faktor keselamatan penumpang (mencakup keamanan berkendara, driver yang sudah divaksin), faktor protokol kesehatan (mencakup penerapan protokol kesehatan) dan faktor kinerja / keterandalan layanan transportasi (mencakup kualitas layanan).

“Dengan berubahnya tren dan ekspektasi transportasi masyarakat pasca pandemi, rangkaian inovasi Gojek yang menjawab tiga faktor tersebut, merupakan langkah yang tepat untuk bisa tetap relevan, memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkap Zudhy.

Zudhy juga memberikan perhatian khusus terkait inovasi di bidang integrasi yang Gojek jalankan bersama KAI Commuter / PT KCI. “Inovasi ini sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Dalam penelitian yang saya lakukan terkait topik ini, 76.12% responden menyatakan dukungannya apabila layanan transportasi umum dan layanan ride-hailing bisa bekerja sama. Semakin sering orang menggunakan angkutan umum, maka semakin sering orang tersebut menggunakan layanan ride-hailing. Kehadiran Gojek sebagai penyambung antar moda transportasi dan berfungsi sebagai first-mile dan last-mile akan semakin memudahkan mobilitas masyarakat,” jelasnya.

“Rangkaian inovasi dan inisiatif yang kami hadirkan merupakan wujud responsif dan adaptif kami terhadap kebutuhan transportasi masyarakat yang dinamis, khususnya di tengah pandemi. Harapannya, Gojek tetap bisa menjadi andalan mobilitas masyarakat dengan situasi yang makin pulih dan diikuti oleh masyarakat yang kini mulai kembali beraktivitas,” tutup Amanda. (Icha)

XL Axiata Implementasikan Teknologi CUTO, Apa Manfaatnya?

0

Telko.id – XL Axiata implementasikan teknologi CUTO atau Cisco Ultra Traffic Optimization. Uji coba nya sendiri sudah dilakukan sejak pertengahan tahun 2021. Dan, kini mulai diterapkan pada jaringan XL Axiata.

Dengan implementasi Teknologi CUTO ini, terbukti berhasil meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan radio dan mulai diimplementasikan pada akhir tahun 2021 di sejumlah area dengan tingkat kepadatan trafik data yang tinggi. Di tahun 2022, XL Axiata akan memperluas adopsi teknologi ini.

“Kami senang dapat bekerja sama dengan Cisco dalam penerapan teknologi CUTO, dimana ini adalah yang pertama di Indonesia. CUTO membantu meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan sehingga infrastruktur jaringan seluler kami menjadi semakin lebih baik. Dengan CUTO, XL Axiata dapat memberikan layanan data berkualitas tinggi kepada pelanggan, di mana pun mereka berada,” ungkap

I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata.

I Gede Darmayusa menambahkan, teknologi CUTO merupakan salah satu solusi yang tepat untuk diimplementasikan pada jaringan XL Axiata, untuk dapat terus mendukung pertumbuhan trafik data pelanggan dengan memberikan throughput dan pengalaman mobile broadband yang lebih baik kepada pelanggannya.

Hal ini terbukti dari laporan pengukuran jaringan terbaru, dimana throughput pengguna XL Axiata telah mengalami peningkatan hingga sekitar 17% melalui penerapan CUTO.

“XL Axiata merupakan salah satu operator seluler terbesar di Indonesia dengan pertumbuhan trafik layanan data yang terus meningkat setiap tahunnya. Kami sangat senang dapat bermitra dengan XL Axiata, dimana dalam perjalanan bisnisnya mereka terus berinovasi dan selalu dapat beradaptasi dengan perkembangan jaman dan teknologi baru,” papar Sanjay Kaul, President, Service Provider, Asia Pacific and Japan, Cisco

Menurut Sanjay, pihaknya berharap dapat berkolaborasi dengan XL Axiata untuk menerapkan teknologi dan solusi inovatif yang memungkinkan menangkap peluang pertumbuhan yang menarik di pasar data yang sedang berkembang di Indonesia, dan berkontribusi pada ekosistem yang dinamis untuk menghubungkan jutaan warga Indonesia secara mulus dengan internet dan layanan seluler berkualitas.

CUTO merupakan fitur optimasi yang dihadirkan oleh Cisco untuk meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan XL Axiata dengan mengandalkan algoritma Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML). Dengan algoritma AI dan ML tersebut, CUTO mampu mendeteksi kepadatan jaringan dan mengoptimalkan trafik data, sehingga penggunaan kapasitas jaringan dapat lebih efisien tanpa menurunkan pengalaman pelanggan XL Axiata.

Melalui sejumlah fitur canggih yang dimiliki CUTO tersebut, kapasitas jaringan dapat diperbesar tanpa harus melakukan upgrade jaringan sebagaimana halnya solusi konvensional. Teknologi CUTO merupakan salah satu solusi yang tepat untuk diimplementasikan pada jaringan XL Axiata, untuk dapat terus mendukung pertumbuhan trafik data pelanggan, meningkatkan kapasitas jaringan dengan cara yang efisien.

Dengan jumlah pelanggan yang mencapai hampir 58 juta di Indonesia, XL Axiata adalah salah satu penyedia layanan seluler terbesar di tanah air. Dilengkapi dengan jangkauan jaringan yang luas di hampir 460 kota yang ditopang oleh 69 ribu BTS 4G. Total BTS (2G/3G/4G) yang dimiliki XL Axiata saat sebanyak 153 ribu. XL Axiata terus meningkatkan kapasitas jaringannya melalui strategi berbasis data dan investasi dalam berbagai inovasi untuk memenuhi kebutuhan data broadband di Indonesia. (Icha)

Indosat Ooredoo Hutchison Dukung Indonesian Basketball League 2022

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison dukung Indonesian Basketball League (IBL) 2022. Indosat Ooredoo Hutchison melihat penyelenggaraan kompetisi bola basket profesional tertinggi di tanah air ini juga sejalan dengan misinya untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat di Indonesia.

“Indosat Ooredoo Hutchison memahami anak muda sebagai generasi penerus bangsa, dan karenanya, akan terus berupaya mendukung mimpi anak muda Indonesia dalam berprestasi, termasuk di cabang olahraga bola basket,” ungkap Muhammad Buldansyah, Director & Chief Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Buldansyah juga menambahkan bahwa “Dua produk andalan kami, IM3 Ooredoo dan 3, merupakan merek yang menjadi top of mind di kalangan anak muda. Dukungan Indosat Ooredoo Hutchison di Indonesian Basketball League 2022 merupakan bentuk apresiasi kami terhadap anak muda dan talenta olahraga terbaik bangsa agar mereka terus semangat menuai prestasi dan nantinya siap untuk mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia.”

Kompetisi Indonesian Basketball League 2022 yang telah resmi dimulai kemarin (15/01) diikuti oleh 15 klub profesional dan satu timnas elite muda yang bakal bertanding dalam enam seri yang digelar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Denpasar.

Turut hadir pada peresmian dimulainya seri IBL 2022, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, dan nama-nama besar lainnya. Ajang IBL 2022 juga akan diramaikan oleh 222 pemain lokal dan 30 pemain asing final nantinya akan memakai sistem home and away.

Seperti diketahui, sejumlah selebritas tanah air ternama turut bergabung meramaikan kompetisi IBL 2022. Di antaranya, Raffi Ahmad yang ikut serta mendaftarkan klub miliknya, RANS PIK Basketball. Juga ada Gading Marten yang menjadi salah satu pemilik sekaligus presiden klub West Bandits Combiphar Solo. Serta, Baim Wong yang kini turut menjabat sebagai presiden klub Satria Muda Pertamina.

Kompetisi IBL 2022 dapat disaksikan secara offline, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan pembatasan kehadiran penonton maksimal 50% dari kapasitas stadion. Seri pertama berlangsung di Jakarta dari 15-22 Januari, berlanjut ke Bandung pada 29 Januari-5 Februari, Yogyakarta pada 10-16 Februari, Solo pada 3- 9 Maret, Surabaya pada 13-19 Maret, dan akan berakhir di Denpasar pada 24-30 Maret.

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, mengatakan “Di masa pandemi ini, kami bersyukur atas kepercayaan yang diberikan oleh Indosat Ooredoo Hutchison untuk dapat membantu industri olahraga bola basket kembali bangkit. Hal ini penting agar semua dapat terus bekerjasama bahu membahu memberikan yang terbaik untuk Indonesia.”

Indosat Ooredoo Hutchison, dengan semangatnya Bersatu untuk Indonesia, mendukung penuh kemajuan industri dan olahraga bola basket di Indonesia melalui partisipasi kami di kompetisi IBL 2022. Apalagi, Indonesia akan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2022, serta tuan rumah FIBA World Cup 2023 bersama Filipina dan Jepang.

“Kami berharap dapat memberikan pengalaman digital kelas dunia yang terbaik dalam mendukung kelancaran kompetisi IBL 2022 dan mendukung sepak terjang timnas yang di tahun ini juga akan berlaga mengharumkan nama bangsa di FIBA Asia Cup 2022,” tutup Buldansyah. (Icha)

Indosat Ooredoo Hutchison Gandeng redONE

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison mengumumkan kemitraannya dengan redONE atau Merah Satu Indonesia untuk tingkatkan pelangaman para pelanggannya. redONE merupakan sebuah perusahaan yang dipandu oleh redONE Network Malaysia, sebuah perusahaan telekomunikasi regional di Asia Tenggara.

Kerjasama ini membuat Merah Satu akan menjual, mendistribusikan, dan memasarkan produk dan layanan Indosat Ooredoo Hutchison yang mencakup paket PRIME dari IM3 Ooredoo Postpaid dengan memanfaatkan channel perusahaan yang tersedia di tanah air.

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara kedua perusahaan menandai komitmen bersama untuk memperluas jangkauan produk dan layanan telekomunikasi Indosat Ooredoo Hutchison ke segmen yang belum terlayani, terutama mendorong migrasi prabayar ke pascabayar di kota-kota sekunder dan daerah terpencil di seluruh Indonesia.

Berdasarkan laporan Digital 2021 Indonesia dari We Are Social dan Hootsuite, koneksi seluler di Indonesia mencapai 345,3 juta (tidak termasuk Internet of Things/IoT), dengan 97% berasal dari koneksi prabayar dan 3% lainnya dari pelanggan pascabayar. Angka ini memberikan peluang pasar yang signifikan bagi Indosat Ooredoo Hutchison dan Merah Satu untuk mendorong migrasi dari pelanggan prabayar ke pascabayar melalui kemitraan yang dibentuk.

“Kami senang dapat bermitra dengan Merah Satu dalam meningkatkan skala produk dan layanan, serta posisi kami menjadi merek yang diakui dan dipilih masyarakat Indonesia. Kemitraan ini berpotensi mendorong konversi pelanggan prabayar menjadi pascabayar yang saat ini masih terbilang rendah, sekaligus membidik warga Indonesia yang bekerja di Asia Tenggara,” ungkap Ritesh Kumar Singh, Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Direktur Merah Satu indonesia, Edy Suyento, mengatakan, “Merah Satu bangga dapat berkolaborasi dengan Indosat Ooredoo Hutchison dalam kemitraan yang menjanjikan, di mana jaringan penjualan kami di seluruh Indonesia nantinya akan melayani pelanggan yang ingin memigrasikan layanan prabayar mereka sebelumnya ke IM3 Ooredoo Postpaid”.

redONE sendiri sudah sukses mendorong migrasi ke pascabayar di Malaysia, Singapura, dan Thailand, kemitraan ini akan menawarkan keuntungan bersama untuk bersaing secara agresif dalam memenangkan pasar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Kemitraan Indosat Ooredoo Hutchison dan Merah Satu akan berfokus pada empat ranah utama. Pertama, memperluas jangkauan produk dan layanan telekomunikasi Indosat Ooredoo Hutchison ke kota-kota sekunder, dimulai dengan paket PRIME oleh IM3 Ooredoo Postpaid.

Di mana, pelanggan yang ingin memigrasikan kartu prabayar mereka ke pascabayar dapat mendatangi Toko Premier Merah Satu, yang akan didirikan pada kuartal pertama tahun ini, untuk mendaftar lewat proses hybrid E-KYC. Kedua, meningkatkan layanan produk pascabayar, salah satunya dengan menghadirkan tambahan manfaat lifestyle di kota-kota sasaran.

Ketiga, melakukan diversifikasi dengan pendapatan non-telekomunikasi yang memanfaatkan kanal pemasaran Merah Satu yang luas. Keempat, menghadirkan program “Telcopreneur” bagi konsumen Indonesia yang tertarik mendapatkan penghasilan tambahan, dengan insentif seumur hidup dan jam kerja yang fleksibel, dengan menjual berbagai produk dan layanan Indosat Ooredoo Hutchison di bawah naungan jaringan pemasaran Merah Satu.

Dengan paket PRIME dari IM3 Ooredoo Postpaid, pelanggan dapat menikmati berbagai keuntungan eksklusif, seperti kuota besar hingga 200 GB, prioritas jaringan & layanan pelanggan, gratis panggilan hingga 300 menit ke semua operator, penyimpanan Google Cloud 100 GB, dan akses premium gratis di Amazon Prime. (Icha)

HUAWEI MateBook D15 i5 Hadir Lewat Program Better Together

0

Telko.id – Huawei MateBook D15 yang dibekali dengan Intel Core i5 hadir lewat program Better Together. Promo juga berlaku untuk MateBook Family yang merupakan jajaran produk laptop dengan inovasi terkini.

“Saat ini kami meluncurkan serangkaian produk andalan MateBook Family, seperti Huawei MateBook 14s dan 14 sebagai laptop premium ringan terdepan di kelasnya, serta Huawei MateBook D14 dan Huawei MateBook D15 yang menjawab kebutuhan akan perangkat laptop mumpuni di segmen entry-level. Kehadiran MateBook Family dirancang secara eksklusif untuk memenuhi kebutuhan dan melampaui harapan di seluruh pekerjaan, gaya hidup, dan hiburan,” ungkap Patrick Ru, Country Head of Huawei CBG Indonesia.

Seperti apa kemampuan laptop yang ada dalam promo ini?

Huawei MateBook D15 i5

Pada 19 Januari 2022, Huawei mengenalkan Huawei MateBook D15 i5 terbaru yang mengusung desain Ultra-slim dengan layar 15,6 inci dan serangkaian fitur yang ditingkatkan, kinerja bertenaga, desain penuh gaya, dan konektivitas berkecepatan tinggi.

Sebagaimana produk-produk MateBook Family lainnya, laptop ini juga turut dilengkapi dengan Huawei Share dan Fingerprint Power Button yang menjadikannya lebih dari sekadar alat produktivitas, melainkan juga asisten cerdas yang membantu pelanggan senantiasa unggul dalam bekerja, akademis, hiburan, dan berbagai skenario lainnya.

Sementara untuk daya maksimalnya, Huawei MateBook D15 i5 dilengkapi dengan Intel® Core™ i5-10510U Generasi ke-10 yang berjalan hingga 4,9GHz. Dukungan proses tersebut dapat menangani semuanya mulai dari pengeditan gambar dan video, rendering model 3D hingga online game yang intens dengan mudah.

Menariknya lagi, Huawei MateBook D15 Ini juga unggul dalam multitasking, menjadikannya pendorong produktivitas yang sempurna untuk berbagai skenario. SSD yang disertakan juga sudah 512 GB.

Huawei MateBook D15 i5 yang akan hadir untuk Pre-Order pada 19 Januari 2022 dengan harga spesial Rp9.999.000 serta GRATIS Office 365, Backpack, dan Wireless Mouse

Program Better Together

Huawei menggelar program Better Together pada periode 19 hingga 28 Januari 2022. Program ini memberikan serangkaian penawaran menarik pada produk-produk laptop MateBook Huawei unggulan yang dapat memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung dan meningkatkan produktivitas.

Program Better Together menghadirkan perangkat Huawei dengan berbagai rangkaian penawaran menarik.  Seluruh laptop seri MateBook tersedia di offline store seperti Erafone, Urban Republic, HUAWEI HES Store, dan Datascript Mall. Selain itu, produk-produk MateBook Family juga tersedia juga di beberapa mitra e-commerce terkemuka, seperti Tokopedia, Shopee, JDID, Blibli, Lazada dan Eraspace.

Menariknya untuk setiap pembelian produk MateBook Family di program Better Together, konsumen berkesempatan untuk mendapatkan Gentle Monster GRATIS seharga Rp6 juta, diskon di seluruh toko hingga 40% ditambah voucher hingga Rp200.000, serta subsidi gratis biaya pengiriman pada Huawei Official Store Grand Opening terbaru di Tokopedia.

Dapatkan harga special untuk HUAWEI MateBook 14s selama program Better Together 2022 dengan hanya Rp16.999.000 disertai hadiah tambahan. Selain itu, HUAWEI MateBook 14 seharga Rp13.999.000 disertai hadiah tambahan. Kedua laptop ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi, sering bekerja secara mobile, content creator, dan mereka yang membutuhkan laptop yang mumpuni untuk mengedit foto atau video. (Icha)

Hai, Jangan Asal Jual Aset NFT Sembarangan ya!

Telko.id – Aset digital Non Fungible Token atau NFT, tetiba marak dibicarakan banyak orang. Setelah Sultan Gustaf Al Ghozai atau Ghozali Everyday berhasil mendulang cuan hingga miliaran rupiah berkat ratusan swafotonya.

Banyak orang mencoba peruntungannya meniru Ghozali menjual gambar atau foto melalui NFT ke platform pasar digital seperti OpenSea.

Padahal, sebelum nya NFT ini sudah ada juga yang menggunakan untuk menjual aset digital mereka. Seperti Ridwan Kamil, Syahrini, Luna Maya atau Anang Hermansyah dan istrinya, Ashanty. Tapi tidak seramai usai Ghozali jual swafoto nya.

Pengertian NFT sendiri adalah barang digital yang tak tergantikan. Ini bisa berupa gambar, karya seni, koleksi, cuplikan video, album musik, item dalam gim, dan banyak item lainnya.

Nah, dikarenakan pemahaman terhadap pasar digital itu masih relatif rendah, akhir-akhir ini masyarakat yang justru menjual foto diri dengan KTP, yang notabene merupakan data pribadi.

Masyarakat yang menjual atau mengunggah foto dokumen kependudukan dan melakukan swafoto sangat rentan menjadi korban tindakan kejahatan atau penipuan oleh pihak tidak bertanggungjawab. Untuk itu, Kominfo menghimbau agar masyarakat juga lebih bijak.

“Kementerian Kominfo mengingatkan para platfom transaksi NFT untuk memastikan platformnya tidak memfasilitasi penyebaran konten yang melanggar peraturan perundang-undangan, baik berupa pelanggaran ketentuan pelindungan data pribadi, hingga pelanggaran hak kekayaan intelektual,” ungkap Dedy Permadi, Juru Bicara Kementerian Kominfo dalam pernyataan tertulisnya.

Selain itu, Dedy juga menyebutkan bahwa Menteri Kominfo telah memerintahkan jajaran terkait di Kementerian Kominfo untuk mengawasi kegiatan transaksi Non-Fungible Token (NFT) yang berjalan di Indonesia, serta melakukan koordinasi dengan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, Kementerian Perdagangan (Bappebti) selaku Lembaga berwenang dalam tata kelola perdagangan aset kripto.

Berdasarkan UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik serta perubahannya dan peraturan pelaksananya, mewajibkan seluruh PSE untuk memastikan platformnya tidak digunakan untuk tindakan yang melanggar peraturan perundang-undangan. Pelanggaran terhadap kewajiban yang ada dapat dikenakan sanksi administratif termasuk di antaranya pemutusan akses platform bagi pengguna dari Indonesia.

Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat untuk dapat merespon tren transaksi NFT dengan lebih bijak sehingga potensi ekonomi dari pemanfaatan NFT tidak menimbulkan dampak negatif maupun melanggar hukum, serta terus meningkatkan literasi digital agar semakin cakap dalam memanfaatkan teknologi digital secara produktif, dan kondusif.

Kementerian Kominfo akan mengambil tindakan tegas dengan melakukan koordinasi bersama Bappebti, Kepolisian, dan Kementerian/Lembaga lainnya untuk melakukan tindakan hukum bagi pengguna platform transaksi NFT yang menggunakan tersebut untuk melanggar hukum.

Direktur Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh juga merespon adanya penjualn KTP di NFT oleh masyarakat harus disikapi bersama-sama oleh semua pihak. Masyarakat yang menjual atau mengunggah foto dokumen kependudukan dan melakukan swafoto sangat rentan menjadi korban tindakan kejahatan atau penipuan oleh pihak tidak bertanggungjawab.

“Karena data kependudukan dapat dijual kembali di pasar underground atau digunakan dalam transaksi ekonomi online seperti pinjaman online,” ujar Zudan, seperti dikuti dari Kompas, Senin (17/1/2022).

Zudan pun mengingatkan pihak-pihak yang mendistribusikan dokumen kependudukan di media online tanpa hak, terancam pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar.

“Hal ini diamanatkan dalam Pasal 96 dan Pasal 96A Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan,” kata dia.

Sebagai informasi, permintaan dan penawaran NFT dari tahun ke tahun memang meningkat. Hal ini bisa dilihat dari laporan DappRadar, pengembang aplikasi yang menggunakan skema blockchain. DappRadar merilis jika volume penjualan NFT sepanjang tahun 2021 telah mencapai 25 miliar dolar AS (sekitar Rp 357 triliun). Angka tersebut mengalami peningkatan yang tinggi dibanding tahun 2020, yang berada di angka 95 juta dolar AS (Rp 1,3 triliun).

Sementara itu, penjual NFT juga mengalami peningkatan dari tahun 2020 hanya terdapat 545.000 penjual, kemudian di tahun 2021 menjadi sekitar 28,6 juta penjual. (Icha)