spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 30

Aplikasi haloBCA Tambah Fitur Baru, Bisa Track Status Laporannya

0

Telko.id – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) konsisten melakukan inovasi layanan digital termasuk dalam memberikan kemudahan layanan bagi nasabahnya. Inovasi kali ini dilakukan terhadap aplikasi haloBCA yang memperkenalkan sejumlah fitur baru, seperti track status laporan (“Status Laporan”), pengkinian data rekening dan data kartu kredit, serta pengembangan layanan Halo BCA Chat.

Seluruh fitur baru tersebut dapat dinikmati nasabah pada aplikasi haloBCA versi 2.4.1. Inovasi ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nasabah akan perbankan digital yang membutuhkan konektivitas dan pengalaman serba cepat.

Aplikasi haloBCA merupakan aplikasi yang memudahkan nasabah terhubung dengan layanan contact center Halo BCA. Aplikasi ini telah dilengkapi fasilitas VoIP Call untuk menghubungi customer center BCA kapan saja dan di mana saja, bahkan ketika nasabah sedang berada di luar negeri sekalipun, tanpa khawatir terkena biaya pulsa.

Selain VoIP Call, masih ada berbagai fitur lain yang ditawarkan oleh aplikasi haloBCA, antara lain fasilitas Halo BCA Chat, e-mail, dan X (Twitter).

Baca juga : Ini Strategi BCA Amankan Transaksi Keuangan Nasabahnya!

“Di BCA, layanan contact center memegang peranan penting dalam operasional bisnis perbankan. Kami terus berinovasi dengan menyempurnakan aplikasi haloBCA, sehingga memudahkan nasabah untuk melakukan update data secara self-service, mengajukan permintaan, melaporkan kendala yang dialami, serta memantau proses penyelesaiannya,” kata Adrianus Wagimin, EVP Contact Center & Digital Services BCA.

Fitur “Status Laporan” menjadi salah satu fitur unggulan pada update aplikasi haloBCA versi 2.4.1. Fitur ini memudahkan nasabah untuk memantau perkembangan laporan yang telah mereka ajukan melalui Halo BCA atau kantor cabang.

Status terkini dari setiap laporan yang diajukan dapat dilihat secara rinci tiap prosesnya. Aplikasi ini akan menampilkan riwayat 30 laporan terakhir.

Untuk menggunakan fitur ini, nasabah cukup memilih menu “Status Laporan”, kemudian pilih laporan yang ingin dipantau.

Fitur ini menampilkan detail laporan, tanggal laporan masuk, estimasi tanggal penyelesaian, tanggal penyelesaian laporan, serta status proses laporan. Proses penyelesaian laporan pun melewati beberapa tahap, seperti “Pembuatan Laporan”, “Proses Tindak Lanjut”, hingga “Selesai”.

Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, tersedia opsi untuk terhubung dengan customer service Halo BCA melalui layanan telepon bebas pulsa.

Kemudian, fitur Halo BCA Chat juga telah dikembangkan sehingga nasabah dapat melakukan permintaan (request) dan pengaduan atas kendala yang dialami.

Sebelumnya, fitur Halo BCA Chat telah banyak digunakan nasabah untuk menyampaikan pertanyaan terkait informasi produk dan layanan BCA.

Nasabah tidak perlu khawatir akan keamanan dari fitur Halo BCA Chat. Nasabah akan diminta melakukan input PIN sebagai proses verifikasi data sebelum menyampaikan pelaporan melalui Halo BCA Chat.

Keluhan yang disampaikan nasabah di Halo BCA Chat pun akan otomatis tercatat di “Status Laporan”, sehingga memudahkan mereka memantau proses penanganan kendala dengan efisien. Untuk mengakses fitur ini, nasabah dapat klik menu “Halo BCA Chat” di aplikasi haloBCA, lalu pilih opsi “Chat”.

Selain fitur-fitur tersebut, aplikasi haloBCA versi 2.4.1 juga dilengkapi dengan fitur perubahan data rekening dan kartu kredit. Nasabah dapat memperbarui data mereka dengan langkah-langkah berikut:

  1. Klik menu “Akun Saya” pada aplikasi haloBCA. 

  2. Pilih menu “Informasi Pribadi”. 

  3. Pilih data yang ingin diubah sesuai dengan opsi yang tersedia. 


Khusus untuk perubahan alamat pengiriman kartu kredit, nasabah perlu menghubungkan Customer Number Kartu Kredit pada menu personalisasi BCA ID terlebih dahulu.

“Kami mengajak seluruh nasabah BCA untuk memanfaatkan fitur terbaru ini sebagai solusi baru untuk berkomunikasi dengan Halo BCA,” ujar Adrianus.

Ia pun berharap fitur-fitur ini dapat memenuhi kebutuhan perbankan nasabah dalam melaporkan dan memantau kendala secara real-time, serta meningkatkan kepuasan nasabah dalam mengakses layanan perbankan.

“Kami juga berupaya penuh memastikan pengalaman yang lebih nyaman, aman dan transparan bagi nasabah tercinta,” tutup Adrianus.

Aplikasi haloBCA yang resmi dapat diunduh melalui Google Play Store (untuk Android) dan App Store (untuk iOS). Setelah berhasil diunduh, nasabah dapat masuk ke aplikasi menggunakan BCA ID.

Jika belum memiliki BCA ID dan berada dalam situasi mendesak, nasabah dapat memilih untuk masuk sebagai tamu dan menikmati berbagai fitur layanan yang tersedia di aplikasi haloBCA. (Icha)

TelkomGroup Dukung Program Mudik Gratis BUMN 2025, Ini Cara Daftarnya!

0

Telko.id – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idulfitri 2025, TelkomGroup kembali berpartisipasi dalam Program Mudik Gratis BUMN 2025 sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan setia.

Tahun ini, TelkomGroup menyediakan 35 bus dan 3 rute kapal laut guna memastikan perjalanan mudik yang aman, nyaman, dan bebas biaya.

“Telkom terus berkomitmen menghadirkan program yang memberikan manfaat nyata bagi pelanggan. Melalui mudik gratis ini, kami ingin memastikan pelanggan dapat merayakan Lebaran dengan lebih nyaman dan tenang bersama keluarga tercinta,” kata Venusiana, Direktur Enterprise & Business Service Telkom.

Layanan mudik gratis ini diperuntukkan bagi pelanggan setia TelkomGroup dengan alokasi sebagai berikut : 5 bus untuk pelanggan Indibiz, 10 bus dan 3 rute kapal laut untuk pelanggan Telkomsel Poin dan 20 bus untuk pelanggan Telkomsel Prabayar & IndiHome.

Baca juga : Drive Test Jaringan 5G Telkomsel, Persiapan Mudik dan Lebaran

Para pemudik yang ikut dalam Program Mudik Gratis BUMN 2025 TelkomGroup ini akan diberangkatkan dari Museum Satria Mandala, Jakarta, pada 27 Maret 2025, menuju berbagai kota tujuan di Pulau Jawa, meliputi:

– Surakarta, Yogyakarta, Sleman, Magelang, Klaten

– Semarang, Madiun, Ponorogo, Ngawi

– Surabaya, Madiun, Malang, Ngawi

Perjalanan akan dilakukan dengan fasilitas lengkap, menjamin keamanan dan kenyamanan bagi seluruh peserta.

Cara Pendaftaran

Pendaftaran Mudik Gratis TelkomGroup 2025 telah dibuka melalui link ini. Pendaftaran melalui online ditutup  17 Maret 2025, Pukul 23:59 WIB atau sampai quota terpenuhi.

Jad, mengingat kuota terbatas, pelanggan disarankan untuk segera mendaftar guna memastikan ketersediaan tempat.

Oh iya, satu orang Pendaftar Mudik hanya boleh mendaftar satu kali. Lalu, dalam satu kali pendaftaran Peserta Mudik dengan moda bus paling banyak terdiri atas 5 orang. Untuk anak mulai 4 tahun kebawah  (Infant) yang ikut mudik tetap harus didaftarkan namun tidak mendapatkan tempat duduk, dengan satu kota tujuan yang sama.

Pendaftar Mudik boleh ikut sebagai Peserta Mudik, boleh juga tidak ikut (hanya mendaftarkan keluarganya).

Program ini merupakan wujud dukungan TelkomGroup terhadap inisiatif pemerintah dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia yang ingin merayakan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman. (Icha)

Ini Dia Pemenang #MyTelkomselCariRapper!

0

Telko.id – Telkomsel melalui MyTelkomsel Super App mengumumkan Aldo, remaja berusia 15 tahun asal Kota Soe, Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagai pemenang utama kompetisi #MyTelkomselCariRapper.

Atas kemenangannya, Aldo mendapat hadiah utama iPhone 15 serta kesempatan langka berduet dan tampil bersama rapper ternama TuanTigaBelas di video digital MyTelkomsel.

Sebelumnya, kompetisi #MyTelkomselCariRapper telah berlangsung dari 12 Desember 2024 hingga 22 Januari 2025, serta diselenggarakan secara daring melalui Instagram dan TikTok.

Kompetisi ini adalah bagian dari kampanye #IniItuMakinGampang, yang mengajak peserta dari seluruh Indonesia untuk mengunggah video rap berisi lirik dan jingle rap orisinal tentang fitur unggulan MyTelkomsel Super App, dengan hashtag #MyTelkomselCariRapper.

Baca juga : Telkomsel Gelar Ajang Kompetisi Bagi Para Rapper di MyTelkomsel Super App

Dari 257 video yang masuk, juri memilih 10 pemenang, lalu menobatkan Aldo sebagai pemenang utama.

“Banyak yang mengira MyTelkomsel Super App hanya untuk membeli paket atau cek kuota. Melalui #MyTelkomselCariRapper, kami ingin mengenalkan berbagai fitur unggulan My Telkomsel Super App dengan cara yang kreatif, sekaligus membuka peluang bagi talenta hip-hop muda Tanah Air untuk berkolaborasi dengan musisi ternama,” kata Nirwan Lesmana, VP Customer Journey and Digital Experience Telkomsel.

Kemenangan Aldo di #MyTelkomselCariRapper menegaskan talentanya sebagai rapper muda berbakat. Lirik rapnya yang kreatif dan mudah diingat, sukses menggambarkan fitur MyTelkomsel Super App, yang mempermudah berbagai kebutuhan penggunanya.

Mulai dari menonton film, mendengarkan musik, memesan tiket pesawat dan booking hotel, hingga bermain game, cukup dengan satu aplikasi ini saja.

Sementara TuanTigaBelas, yang juga berperan sebagai juri dalam kompetisi ini mengatakan, “Aldo terpilih sebagai pemenang utama #MyTelkomselCariRapper karena berhasil membuat lirik yang catchy dan mudah dipahami. Kesempatan datang kepada yang siap, dan karena Aldo siap, kesempatan itu datang.”

Aldo (Instagram: @alldordp_) bukanlah nama baru di dunia hip-hop. Minatnya terhadap musik rap telah tumbuh sejak usia 5 tahun, berkat bimbingan pamannya Ayub Arnolus, yang kemudian mengenalkannya pada komunitas RDP Generation Hip Hop.

Bersama grup ini, Aldo yang juga mahir dalam beatbox, mulai menciptakan berbagai lagu hip-hop dan menarik perhatian publik.

Pada 2017, Aldo bersama RDP Generation merilis video lagu “RDP Generation Hip Hop”, yang menjadi trending di media sosial.

Prestasinya terus berkembang, dan Aldo semakin sering diundang untuk mengisi berbagai acara televisi. Ia pernah tampil di Istana Negara dalam acara Talenta Muda Bhinneka Tunggal Ika atas undangan Presiden Joko Widodo, dan pada 2022, bersama RDP Generation dipercaya tampil di acara Pertemuan G20 di Bali untuk menghibur delegasi dari berbagai negara.

“Kesuksesan kompetisi #MyTelkomselCariRapper membuktikan bahwa inovasi digital memiliki dampak positif bagi industri kreatif. Dengan adanya fitur pencarian di MyTelkomsel Super App, kami berharap pengguna bisa semakin mudah menemukan solusi untuk memenuhi berbagai kebutuhan, termasuk untuk berkarya dan berinovasi,” tutup Nirwan.

Tonton penampilan Aldo bersama TuanTigaBelas dalam video kolaborasi #MyTelkomselCariRapper dan saksikan perjalanannya sebagai bintang baru hip-hop tanah air, yang semakin mengukuhkan namanya di dunia hip-hop Indonesia. (Icha)

Garmin Berikan Solusi Lengkap untuk Pegolf Pemula dan Profesional

0

Telko.id – Garmin, pemimpin global dalam teknologi wearable dan navigasi, mengumumkan kehadiran rangkaian perangkat golf terbaru dalam ekosistem golf, yaitu Approach S50, Approach G20 Solar dan Approach CT1.

Ketiganya dirancang untuk memberikan pengalaman bermain golf yang menyeluruh, baik bagi pemula maupun profesional.

“Kami dengan bangga memperluas ekosistem golf kami dengan peluncuran tiga perangkat baru, smartwatch Approach S50, handheld Approach G20 dan club tracker Approach CT1,” ujar Sky Chen, Regional Director of Garmin Southeast Asia.

Menurut Sky, ketiganya menggabungkan desain stylish dengan fitur-fitur canggih yang memungkinkan pegolf merencanakan strategi terbaik mereka, melacak data permainan secara akurat, serta mengoptimalkan kesehatan dan kebugaran di luar lapangan.

Baca juga : Garmin MARQ Adventurer – Damascus Steel Edition, Premium, Mewah dan Performa tinggi

“Lewat ketiga produk ini, Garmin memberikan solusi inovatif yang mendalam bagi para penggemar golf,” ujar Sky menambahkan.

Approach S50

Approach S50 dirancang untuk para pemain golf yang membutuhkan informasi penting dari tee box hingga green. Mengusung desain yang ringan dan stylish, Approach S50 cocok bagi pegolf yang menginginkan smartwatch yang berfungsi maksimal baik di dalam maupun di luar lapangan, dengan fitur-fitur canggih dengan harga terbaik.

Dengan layar 1,2 inci AMOLED berwarna yang tajam, smartwatch ini dilengkapi map lebih dari 43.000 lapangan golf di seluruh dunia.

Pemain dapat memahami cara menghindari bunker, rintangan air, dan area layup dengan fitur hazard view, serta mendapatkan bantuan dalam memutuskan stik golf mana yang harus digunakan dengan memahami jarak ke depan, tengah, dan belakang green.

Selain berfungsi sebagai smartwatch golf, Approach S50 juga memiliki fungsi sebagai health tracker yang cukup untuk keseharian.

Berikut beberapa fitur tambahan yang dimiliki Approach S50:

  • Wrist-based heart rate: Pantau detak jantung langsung dari pergelangan tangan, serta pelacakan tidur, stres, dan lainnya.
  • Preloaded activities: Latihan kekuatan dan mobilitas dengan profil aktivitas yang sudah terinstal untuk latihan kekuatan, yoga, cardio, dan lainnya, yang dapat membantu pemain memukul bola lebih jauh dan mencegah cedera.
  • Morning Report: Mulai hari dengan laporan yang dapat disesuaikan, memberikan gambaran tidur malam dan panduan latihan hari ini, serta status HRV (variabilitas detak jantung) dan cuaca.
  • Body Battery™ energy monitoring: Lacak tingkat energi sepanjang hari untuk menemukan waktu yang optimal untuk beraktivitas dan beristirahat.
  • Fitness age: Perkiraan usia berdasarkan tingkat kebugaran dibandingkan dengan usia sebenarnya sebagai umpan balik tentang bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap perubahan gaya hidup yang lebih aktif.
  • Pelacakan kesehatan wanita: Lacak siklus menstruasi atau kehamilan sambil mendapatkan edukasi mengenai latihan dan nutrisi.

Selain fitur kesehatan dan kebugaran yang luas, Approach S50 cocok dipakai sepanjang hari karena strap nilon ComfortFit yang nyaman.

Anda juga dapat mendengarkan musik atau podcast di Spotify. Nikmati semua kecanggihan advanced GPS golf smartwatch, Approach S50, dengan ketahanan baterai hingga 10 hari dalam mode smartwatch dan 15 jam dalam mode GPS.

Approach G20 Solar

Approach G20 Solar adalah perangkat GPS handheld pertama yang menggunakan teknologi tenaga surya, menawarkan daya tahan baterai yang hampir tak terbatas saat digunakan dalam kondisi cerah.

G20 Solar memungkinkan pengguna untuk menikmati permainan golf lebih lama tanpa khawatir kehabisan daya, bahkan setelah beberapa putaran berturut-turut.

“Approach G20 Solar merupakan handheld GPS golf pertama kami dengan layar bertenaga surya inovatif. Dikemas dengan fitur di lapangan yang populer, membantu Anda meningkatkan kemampuan bermain dan memungkinkan Anda bermain golf lebih lama. Approach G20 Solar adalah pendamping yang sempurna untuk pegolf dari semua tingkat keahlian,” tutup Sky.

Perangkat ini memiliki layar 2,2 inci berkontras tinggi yang mudah dibaca, bahkan di bawah sinar matahari. Dengan ukuran teks yang lebih besar, pemain dapat melihat jarak ke depan, tengah, dan belakang green dengan jelas, serta memantau rintangan dan doglegs di lapangan.

Fitur ini memungkinkan pemain golf dari segala usia untuk menggunakan perangkat ini tanpa kesulitan, bahkan dalam kondisi cahaya yang ekstrem.

Dalam kondisi cerah, perangkat ini dapat bertahan tanpa perlu pengisian daya untuk lebih dari 30 putaran golf. Dengan fitur ini, pemain dapat fokus pada permainan mereka, tanpa gangguan untuk mencari colokan listrik atau membawa charger cadangan.

Bahkan jika digunakan dalam kondisi yang kurang cerah, perangkat ini tetap dapat bertahan hingga beberapa hari tanpa perlu diisi ulang.

Berikut fitur utama dari Approach G20 Solar:

  • Layar cerah: Tampilan yang jelas dan mudah dibaca meskipun di bawah sinar matahari langsung.
  • Ukuran teks lebih besar: Pemain lebih mudah melihat jarak ke depan, tengah, dan belakang green dengan jelas, serta memantau rintangan dan doglegs di lapangan. Cocok untuk segala usia.
  • Preloaded courses: Dengan lebih dari 43.000 lapangan golf yang telah terinstal, pemain dapat menggunakan G20 Solar di berbagai lapangan di seluruh dunia.
  • Pelacakan pukulan dengan Approach CT10: Dapat dipadukan dengan Approach CT10 club tracking tags untuk melacak pukulan secara otomatis dan memberikan analisis statistik lebih lanjut.
  • Green View: Memungkinkan pemain melihat bentuk green dengan penempatan pin manual untuk membantu merencanakan pukulan dengan lebih tepat.
  • Garmin Golf: Terhubung dengan aplikasi Garmin Golf untuk menampilkan kecepatan dan arah angin serta memungkinkan pemain mencatat skor secara langsung.
  • Desain kompak: Mudah dibawa dengan magnet untuk dipasang di kereta golf atau clip untuk dipasang di sabuk, sangat cocok untuk berbagai situasi di lapangan.
  • Rating IPX7: Dirancang untuk tahan terhadap cuaca apa pun, baik hujan ringan maupun yang lebih lebat, memungkinkan pengguna tetap melanjutkan permainan tanpa khawatir tentang cuaca buruk.

Garmin Approach G20 Solar juga menawarkan kemudahan dalam penggunaan. Dengan tombol fisik yang mudah diakses, pemain dapat dengan cepat mengakses berbagai fitur tanpa gangguan.

Selain itu, perangkat ini dilengkapi dengan fitur Find My Garmin, yang memungkinkan pemain menemukan perangkat yang tertinggal dengan melacak lokasi terakhir perangkat melalui aplikasi Garmin Golf.

Dengan semua fitur canggih ini, Approach G20 Solar menjadi pilihan ideal bagi pemain golf yang mencari perangkat GPS portable dengan daya tahan baterai yang panjang, fungsionalitas tinggi, dan desain kompak yang mudah digunakan dalam berbagai situasi di lapangan.

Sempurnakan Performa dengan Club Tracker Approach CT1

Approach S50 kompatibel sepenuhnya dengan Approach CT1 tracking tags. Ringan dan aman, tag ini dipasang pada pegangan klub (stik golf) dan mengumpulkan data dari setiap klub di tas – mulai dari driver hingga putter – mencatat lokasi pukulan, jarak, dan jenis klub. Sebelum memukul, pemain cukup mengetuk tag ke smartwatch mereka untuk merekam statistik di pergelangan tangan.

Saat berada di lapangan, pemain golf dapat menggunakan Approach CT1 tags untuk melihat seberapa jauh mereka biasanya memukul setiap klub dan melihat statistik akurasi menuju fairway atau green.

Setelah bermain, pemain dapat menggunakan aplikasi Garmin Golf untuk melihat analisis strokes gained untuk setiap permainan mereka dan mengetahui bagian mana yang perlu ditingkatkan lagi.

Harga dan Ketersediaan

Dengan kehadiran Approach S50, Approach G20 dan Approach CT1, Garmin memberikan solusi yang lebih lengkap bagi para penggemar golf untuk tetap fokus pada kinerja permainan mereka, sambil menikmati kenyamanan teknologi canggih dalam satu ekosistem golf.

Ketiga perangkat ini tidak hanya membantu bermain lebih baik di lapangan, tetapi juga mendukung aktivitas olahraga di luar lapangan, menjadikannya pilihan ideal untuk para golf enthusiast yang ingin “level up” permainan mereka.

Dapatkan ketiga tambahan ekosistem golf Garmin di Garmin Brand Stores offline terdekat. Untuk pembelian Approach S50 dan Approach G20 secara online dapat mengunjungi Garmin Official Stores di Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada dan Eraspace. Sementara Approach CT1 baru akan tersedia pada 25 Maret 2025 di semua Garmin Official Stores Online. (Icha)

Pemanfaatan Hyper 5G Telkomsel di Bali Meraih Penghargaan

0

Telko.id – Telkomsel dan Huawei kembali mencetak pencapaian global dengan meraih penghargaan “Innovative Mobile Service and Application Award” dalam GTI Awards 2025 di MWC Barcelona (4/3).

Penghargaan ini mengapresiasi keberhasilan Telkomsel dan Huawei dalam menghadirkan inovasi Hyper 5G – khususnya 5G Standalone (5G SA) – sebagai solusi Smart Port di Pelabuhan Benoa, Bali, sebuah destinasi pariwisata yang tengah berkembang dan menjadi langkah nyata dalam akselerasi transformasi digital dan penguatan ekosistem ekonomi digital di Indonesia.

GTI (Global TD-LTE Initiative) adalah aliansi industri global yang berfokus pada pengembangan teknologi TD-LTE dan 5G. Didirikan pada 2011, GTI menjadi wadah kolaborasi bagi operator, vendor, dan institusi akademik dalam mempercepat evolusi jaringan dan layanan telekomunikasi.

GTI Awards memberikan apresiasi terhadap inovasi dan pencapaian luar biasa dalam teknologi dan layanan digital, sehingga menjadi salah satu penghargaan paling bergengsi di industri telekomunikasi global.

Baca juga : Drive Test Jaringan 5G Telkomsel, Persiapan Mudik dan Lebaran

Dalam proyek Smart Port di Pelabuhan Benoa, Hyper 5G menghadirkan konektivitas ultra-cepat dan latensi rendah, sehingga meningkatkan efisiensi operasional pelabuhan, mendukung sektor logistik dan pariwisata, serta memberdayakan masyarakat Bali untuk terus bergerak maju.

Sebagai katalis digitalisasi di sektor industri dan pariwisata, Telkomsel dan Huawei telah memanfaatkan teknologi 5G terkini—termasuk cloud computing, AI-based video surveillance, dan TDD-FDD Dual Massive MIMO—untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, dan produktivitas, sekaligus membuka peluang ekonomi baru bagi pelaku usaha setempat.

Kerangka 5G Standalone (5G SA) – yang saat ini masih dalam tahap uji coba sementara – juga mendemonstrasikan potensi untuk menghadirkan teknologi 5G RedCap, dengan tujuan menekan biaya bagi usaha kecil dan menengah (UKM) serta rumah tangga dengan menyediakan akses internet berkecepatan tinggi yang sebelumnya sulit dijangkau.

Meski masih dalam tahap pengembangan dan belum tersedia secara komersial, layanan 5G Cloud Phone diharapkan dapat terintegrasi dengan 5G RedCap untuk mengurangi ketergantungan pada perangkat keras serta menghadirkan fitur komunikasi canggih yang akan semakin meningkatkan aksesibilitas dan pengalaman pengguna.

Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam, menyatakan, “Penghargaan ini bukan hanya pencapaian bagi Telkomsel dan Huawei, tetapi juga bagi masyarakat dan industri yang mendukung transformasi digital Indonesia”.

Menurut Wong Soon Nam, dengan implementasi Hyper 5G, Telkomsel kami memastikan konektivitas ultra-cepat dan latensi rendah dapat dioptimalkan untuk berbagai sektor, termasuk logistik dan pariwisata.

“Kami berkomitmen untuk terus memperluas ekosistem Hyper 5G agar manfaatnya semakin dirasakan luas, mempercepat pertumbuhan ekonomi, dan membawa Indonesia lebih dekat ke visi Indonesia Emas 2045,” ungkap Wong Soon Nam menambahkan.

CMO of Huawei APAC Region, Zhang Ziyan, menambahkan, “Kami bangga dapat bermitra dengan Telkomsel dalam menghadirkan solusi inovatif yang mendorong transformasi industri melalui teknologi 5G.

Menurut Zhang, kolaborasi ini mencerminkan komitmen Huawei dalam menghadirkan konektivitas digital terdepan yang tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga menciptakan dampak nyata bagi masyarakat dan industri.

“Penghargaan ini menjadi bukti bagaimana evolusi teknologi 5G dapat mempercepat digitalisasi di berbagai sektor strategis, meningkatkan daya saing bisnis, serta membuka peluang ekonomi baru di era konektivitas cerdas,” ujar Zhang menambahkan.

Hingga saat ini, Telkomsel terus memperluas jangkauan dan pemanfaatan Hyper 5G secara masif, antara lain dengan menambah lebih dari 1.400 titik 5G baru di Jakarta dan sekitarnya.

Secara keseluruhan, Telkomsel kini telah mengoperasikan total lebih dari 2.200 BTS 5G yang tersebar di lebih dari 56 kota/kabupaten – termasuk kawasan industri, perumahan, bandara internasional, pelabuhan, rumah sakit, destinasi wisata prioritas, hingga wilayah pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Langkah ini diharapkan tidak hanya memajukan infrastruktur telekomunikasi nasional, tetapi juga membuka berbagai peluang baru, mendorong inovasi dan produktivitas, serta mempercepat pertumbuhan ekonomi digital.

Penghargaan GTI Awards 2025 ini semakin memperkuat peran Telkomsel dalam membangun ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia melalui kerja sama dengan pemangku kepentingan, termasuk mitra strategis seperti Huawei.

Selaras dengan semangat #PastiAdaSolusi, Telkomsel terus berupaya menghadirkan konektivitas, layanan, dan solusi yang inovatif dan unggul untuk dapat memberdayakan semua orang, setiap rumah, dan kegiatan bisnis. (Icha)

Indosat Berdayakan Marbot di 58 Lokasi di Seluruh Indonesia

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) kembali berbagi keberkahan dan mendukung sesama dengan langkah nyata. Tahun ini, Indosat melanjutkan Program Marbot Berdaya yang sudah dijalankan di tahun 2024 silam.

Melalui inisiatif pemberdayaan ekonomi lokal untuk Marbot di seluruh Indonesia, Indosat berkolaborasi bersama anak perusahaan (Lintasarta, Artajasa, BDx Indonesia) serta lembaga Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS) Indosat, serta Dewan Masjid Indonesia (DMI), memberikan dukungan bagi ratusan keluarga penjaga masjid atau Marbot yang tersebar di 58 lokasi di seluruh Indonesia.

“Kami percaya bahwa keberkahan terletak pada solidaritas dan kepedulian antar sesama. Melalui program Marbot Berdaya, kami ingin memberdayakan Marbot masjid beserta keluarganya, tidak hanya melalui bantuan ekonomi tetapi juga menciptakan peluang usaha berkelanjutan yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka,” kata Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Program Marbot Berdaya ini diselenggarakan di berbagai lokasi strategis di seluruh Indonesia.  Inisiatif ini dirancang untuk memberikan peluang ekonomi bagi para penjaga masjid atau Marbot beserta keluarganya, dengan menyediakan modal usaha secara inklusif.

Baca juga : Indosat Luncurkan Program Simpelnya IM3 di Bulan Ramadan, Apa Benefitnya?

Melalui inisiatif ini, Indosat sekaligus mendukung mereka dalam meningkatkan taraf hidup serta mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dengan menciptakan ekosistem kewirausahaan yang mandiri.

Faliyul Karnain, Marbot Mushola Haqul Yaqin mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan yang diberikan oleh Indosat.

“Menjadi Marbot adalah amanah besar yang mencakup berbagai tanggung jawab, mulai dari membuka dan menutup masjid hingga menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan ibadah,” kata Faliyul.

“Semoga dengan bantuan usaha ini, warung kami akan berkembang untuk dapat menopang kebutuhan keluarga, sekaligus saya dapat terus menjalankan tugas sebagai Marbot untuk melayani umat,” ungkap nya.

Indosat mendukung kehadiran masjid sebagai pusat kegiatan sosial dan ekonomi dengan memberdayakan para Marbot, keluarga dan komunitas sekitarnya.

Dengan memberikan akses terhadap peluang usaha dan pengembangan keterampilan, masjid dapat menjadi pilar dalam memperkuat ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat.

Jaminan Jaringan Andal dari Indosat

Tak hanya dari aksi sosial, Indosat juga menghadirkan keberkahan dengan memastikan kelancaran komunikasi pelanggan melalui keandalan jaringan Indosat. Hal ini bertujuan agar pelanggan dapat menikmati koneksi yang stabil di momen-momen berharga saat bulan Ramadan.

Inisiatif keunggulan jaringan ini dihadirkan melalui “Unparalleled Network Services Guaranteed” yang keandalannya sudah teruji oleh lembaga independen global.

Indosat juga memperkenalkan INFINITE (Intelligent Network for Innovative and Transformational Experience) by Indosat yang merupakan integrasi sistem jaringan operasi yang diperkuat teknologi berbasis kecerdasan artifisial (AI) dan cognitive learning. Dengan hadirnya INFINITE by Indosat ini, pelanggan dapat menikmati komunikasi yang stabil dan aman, kapan pun dan di mana pun. 

“Seluruh upaya yang kami lakukan sejalan dengan tujuan besar Indosat dalam menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia. Kami berharap program ini dapat memberikan manfaat nyata bagi yang membutuhkan serta memperkuat nilai kebersamaan di bulan penuh berkah ini,” tutup Vikram. (Icha)

Playtime is Over: Mengapa AI Menjadi Prioritas Investasi di Indonesia?

Telko.id – NTT DATA, inovator global dalam layanan bisnis dan teknologi, mengungkapkan dalam laporan Global GenAI bahwa lanskap AI akan mengalami perubahan besar di seluruh dunia.

Dimana, dengan 97% CEO memperkirakan dampak signifikan dari teknologi ini, dan 99% organisasi merencanakan investasi lebih lanjut dalam GenAI, pasar yang berkembang di Indonesia menjadikan peralihan ke AI sebagai prioritas.

Pasar Indonesia: Wawasan dan Tren

Sektor layanan teknologi informasi (TI) di Indonesia berkembang pesat, didorong oleh pemerintah yang agresif dalam transformasi digital, mempromosikan otomatisasi industri dan digitalisasi, serta populasi muda yang online dan berkembang pesat.

Permintaan untuk cloud, keamanan siber, dan analitik data meningkat tajam, dan integrasi AI menjadi pendorong utama. Bisnis sangat membutuhkan otomatisasi dan wawasan yang didukung AI.

Baca juga : Indosat dan AIonOS Bersinergi Dorong Transformasi AI Indonesia

Lebih dari dua pertiga organisasi yang disurvei merencanakan investasi signifikan dalam dua tahun ke depan.

Tren ini sangat terlihat di sektor-sektor seperti logistik, kesehatan, dan manufaktur, di mana AI diharapkan dapat meningkatkan kemampuan operasional dan pengalaman pelanggan.

Hendra Lesmana, CEO NTT DATA Indonesia, menyatakan, “Strategi AI yang sukses memerlukan lebih dari sekadar rencana, juga membutuhkan integrasi yang mendalam dengan tujuan bisnis secara keseluruhan dan budaya yang mendukung keselarasan inisiatif AI dengan tujuan bisnis”.

Menurut Hendra, di kawasan APAC, Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di pasar layanan TI dengan pertumbuhan tahunan dua digit yang tinggi, dan kita berada di titik penting di mana integrasi AI dapat mendefinisikan ulang cara bisnis beroperasi.

Dengan mengadopsi teknologi ini, organisasi dapat meningkatkan efisiensi operasional mereka dan menciptakan lingkungan bisnis yang lebih gesit dan responsif.

”Meskipun ada antusiasme terhadap AI, ada tantangan yang harus dihadapi oleh perusahaan,” ungkap Hendra menjelaskan.

Menurut Laporan Global GenAI NTT DATA, sebagian besar eksekutif, terutama Chief Information Security Officers (CISOs), mengungkapkan kekhawatiran tentang implikasi GenAI terhadap keamanan dan privasi.

Sekitar 45% CISOs merasa tertekan dan kewalahan oleh kemajuan cepat dalam GenAI, menyoroti perlunya kerangka tata kelola yang kuat untuk mengurangi risiko.

Delapan dari sepuluh responden masih ragu tentang manfaat nyata GenAI bagi operasi mereka, dan hanya 43% yang sangat setuju bahwa solusi GenAI yang ada memenuhi harapan mereka.

Ketidakpastian ini menunjukkan pentingnya inovasi yang didukung GenAI yang bertanggung jawab, yang memprioritaskan etika, keamanan, dan keberlanjutan.

oplus_137363458

Dalam tiga tahun ke depan, potensi AI untuk mengubah strategi organisasi inti sangat besar. Bisnis yang mengadopsi teknologi ini akan meningkatkan efisiensi operasional mereka dan memosisikan diri sebagai pemimpin di industri masing-masing.

Perjalanan menuju masa depan yang didukung AI memerlukan komitmen terhadap keselarasan strategis, inovasi yang bertanggung jawab, dan fokus pada pembangunan kultur yang adaptif terhadap perubahan.

Kemampuan terintegrasi NTT DATA dalam infrastruktur, aplikasi bisnis, dan kecerdasan data memungkinkan keselarasan strategis dan keterlibatan dengan mitra teknologi utama, seperti Cisco, Google Cloud, HPE Aruba, Palo Alto Networks, Microsoft, dan AWS.

Kolaborasi strategis ini membantu memberikan solusi komprehensif yang mendorong inovasi klien, meningkatkan keamanan, dan memaksimalkan potensi AI.

Dengan memanfaatkan investasi tahunan sebesar USD 3,6 miliar dalam R&D untuk inovasi digital, NTT DATA menggunakan berbagai alat AI internal untuk menciptakan kerangka transformasi bagi klien, mengoptimalkan proposisi nilai, model bisnis, dan model pengantaran jasa.

Perusahaan-perusahaan Indonesia yang tidak memprioritaskan integrasi AI secara strategis sekarang berisiko tertinggal dalam lanskap digital yang berkembang pesat. (Icha)

Telkomsel Dukung “Aliansi Judi Pasti Rugi” bersama GoPay

0

Telko.id – Telkomsel mendukung Aliansi Judi Pasti Rugi. Sebuah gerakan untuk melawan aktivitas judi online di Indonesia yang diinisiasi oleh GoPay, unit bisnis Financial Technology dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (BEI:GOTO).

Aliansi Judi Pasti Rugi ini mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama memerangi judi online yang bukan hanya merugikan diri sendiri, namun juga menjudikan mimpi dan masa depan keluarga.

Adapun selain GoPay dan ekosistem GoTo seperti mitra driver Gojek, pihak-pihak yang tergabung di dalam aliansi Judi Pasti Rugi juga berasal dari berbagai institusi yakni Telkomsel, Google, TikTok dan berbagai media massa, serta didukung penuh oleh Kementerian Komunikasi dan Digital Republik Indonesia.

Gerakan Judi Pasti Rugi dimulai dengan mitra driver Gojek. Dengan mobilitas tinggi dan interaksi langsung dengan masyarakat luas, mitra driver Gojek memiliki peran penting sebagai agen edukasi dan sosialisasi mengenai bahaya aktivitas judi online di lingkungan sekitarnya.

Meutya Hafid, Menteri Komunikasi dan Digital Republik Indonesia memberikan dukungan penuh terhadap Gerakan Judi Pasti Rugi yang melibatkan mitra driver Gojek sebagai agen edukasi bahaya judi online.

Baca juga : Grab dan Ovo Komitmen Ikut Berantas Judi Online

Menkomdigi menegaskan bahwa perjudian daring telah berkembang menjadi krisis sosial nasional yang harus segera diatasi secara menyeluruh.

“Kami telah memblokir lebih dari 1 juta situs judi online, namun masalah ini belum usai. Pemerintah memiliki kewenangan, tetapi yang jauh lebih penting adalah dukungan ekosistem secara menyeluruh. Karena itu, saya mengapresiasi langkah platform dan para stakeholder dalam Aliansi Judi Pasti Rugi yang mau bergerak bersama melawan judi online,” ujar Meutya Hafid.

Ia juga menyoroti pentingnya peran masyarakat, terutama dari lingkup keluarga, dalam memberantas praktik ini. Menkomdigi mengajak para mitra driver Gojek yang dikenal dekat dengan masyarakat untuk menjadi agen perubahan.

“Kami ingin angka judi online turun signifikan. Kuncinya adalah memperkuat pemahaman masyarakat, dimulai dari lingkungan terdekat. Kami berharap para mitra driver Gojek bisa membantu mengedukasi publik tentang bahaya judi online,” tambahnya.

Langkah ini menjadi sinyal kuat komitmen pemerintah dalam memerangi judi daring dengan menggandeng berbagai pihak demi menciptakan ekosistem digital yang sehat dan aman bagi masyarakat Indonesia.

Edukasi dan sosialisasi dilakukan Aliansi Judi Pasti Rugi secara holistik, yakni melalui platform media sosial @judipastirugi dan rangkaian edukasi offline bersama dengan komunitas masyarakat luas dari Sabang sampai Merauke.

Patrick Walujo, Direktur Utama GoTo menjelaskan pembentukan aliansi Judi Pasti Rugi merupakan kelanjutan dari komitmen GoPay dalam memberantas judi online lewat konten edukasi yang mudah dipahami dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

“Pemberantasan judi online memerlukan peran serta seluruh pihak. Karena itu, kami membentuk Aliansi Judi Pasti Rugi sebagai wadah dalam menyatukan kekuatan bersama untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya judi online,” ujar Patrick.

Menurutnya, gerakan ini turut melibatkan peran serta anggota keluarga terdekat untuk saling mengingatkan dan mencegah anggota keluarga lainnya agar tidak terjerumus judi.

“Mari bersama-sama kita berantas judi online yang berdampak sangat buruk bagi keluarga dan merugikan kita semua. Perlu diingat juga bahwa judi yang marak saat ini adalah bentuk dari penipuan, dengan algoritma yang telah dimanipulasi sedemikian rupa,” ujar Patrick.

“Aliansi Judi Pasti Rugi masih terus mengajak seluruh pihak mulai dari masyarakat, pemerintah, swasta, media massa serta komunitas untuk bergabung dan membentuk kekuatan bersama dalam upaya melawan perjudian online,” sahutnya menanbahkan.

Telkomsel turut bergabung dalam inisiatif aliansi Judi Pasti Rugi guna memperkuat upaya pemberantasan praktik judi online di Indonesia.

Langkah ini selaras dengan kebijakan prioritas pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Digital Indonesia (KOMDIGI), sekaligus menjadi wujud kolaborasi lintas sektor dalam penciptaan nilai sinergi untuk ruang digital yang lebih aman dan inklusif.

Saki H. Bramono, VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel menambahkan, “Telkomsel terus berupaya menjalin kolaborasi strategis untuk mengakselerasi kemajuan masyarakat Indonesia, menuju hari yang lebih baik dan masa depan gemilang”.

Menurut Saki, dengan bergabungnya Telkomsel di Aliansi Judi Pasti Rugi 2025, operator ini ingin menegaskan dukungan terhadap kebijakan pemerintah dalam menutup akses dan memberantas situs ilegal judi daring.

“Selain itu, langkah ini sekaligus mewujudkan komitmen Telkomsel untuk melindungi pelanggan dari ancaman kejahatan siber, menguatkan sinergi bersama GoTo Group melalui GoPay, serta mendukung terwujudnya ekosistem digital yang lebih sehat, aman, dan berdampak positif bagi seluruh masyarakat,” ujar Saki menambahkan.

Bagi yang ingin mengikuti gerakan Judi Pasti Rugi, dapat mengikuti sosial media @judipastirugi di Instagram, Tiktok, dan Facebook.

Sebelumnya, sejak 2024 GoPay telah menginisiasi kampanye Judi Pasti Rugi dengan menggandeng Rhoma Irama sebagai brand ambassador.

Melalui gerakan ini, GoPay mengajak konsumen untuk turut ikut serta dalam pemberantasan judi online, dengan berbagi pengalaman atas dampak buruk judi online di www.judipastirugi.com.

Selain itu, masyarakat bisa turut partisipasi dengan melaporkan nomor dan website yang terindikasi judi online di website tersebut. Hingga kini, kampanye ini telah menjangkau lebih dari 31 juta orang di seluruh Indonesia. (Icha)

Galaxy A06 5G, Hape Dua Jutaan Gaming Lancar dan Makin Aman

Telko.id – Samsung Electronics Indonesia hari ini merilis Galaxy A06 5G, smartphone canggih harga dua jutaan yang hadir dengan RAM yang dapat ditingkatkan hingga 12GB dan prosesor Dimensity 6300 yang bertenaga, sehingga tidak mudah lag saat membuka beberapa aplikasi sekaligus.

Dengan dukungan konektivitas 5G nan cepat, pengguna bisa menikmati pengalaman gaming, streaming, dan browsing yang lebih lancar.

Selain performa, daya tahan juga menjadi perhatian utama. Galaxy A06 5G dibekali baterai 5.000mAh yang awet, cocok bagi pengguna yang aktif tanpa harus sering mencari colokan. Teknologi pengisian daya cepatnya juga memastikan baterai terisi dengan lebih efisien.

Dari segi keamanan, Samsung Knox Vault melindungi data pribadi pengguna dari ancaman siber, sementara secara fisik perangkat ini kini telah mendapat rating IP54 untuk ketahanan debu dan cipratan air.

Baca juga : Performa Kencang, Ini Fitur-Fitur Andalan Samsung Galaxy A36 5G

“Galaxy A06 5G hadir dengan performa lancar 5G berkat Dimensity 6300, juga disertai perlindungan keamanan terdepan Knox Vault, dan kini dilengkapi IP54 rating dan pembaruan software dan keamanan lebih lama—semua bisa didapat dengan harga mulai dari dua jutaan saja,” ujar Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Ricky juga menambahkan bahwa Ngegame Free Fire di smartphone ini pasti lancar, baterai lebih awet, pilihan pasti bagi mereka yang mencari smartphone mumpuni pada harga terjangkau.

Performanya Meningkat, Pasti Makin Bertenaga

Samsung Galaxy A06 5G menawarkan kecepatan internet lebih cepat dengan dukungan jaringan 5G untuk gaming Free Fire atau scrolling FYP home TikTok yang lebih lancar.

Ditenagai prosesor Dimensity 6300 yang powerful, smartphone ini menawarkan peningkatan yang signifikan dibandingkan pendahulunya. Ditambah dengan 6GB RAM, yang bisa diperluas dengan RAM Plus hingga 6GB, dan 128GB internal storage, membuka beberapa aplikasikini semakin mulus tanpa hambatan dengan navigasi yang lebih mulus.

Tambahan lagi, masih ada slot microSD hingga 1,5TB yang dapat ditambahkan sesuai kebutuhan. Ada ruang yang lebih dari cukup untuk menyimpan lebih banyak aplikasi favoritmu, serta menyimpan file foto serta video yang lebih banyak untuk hiburan kamu sehari-hari. Tak perlu lagi hapus-install aplikasi berulang kali saat memori penuh.

Bagi para pemain Free Fire, kombinasi hardware yang mumpuni ini memastikan gameplay yang lebih responsif dan stabil. Refresh rate 90Hz pada layar luas 6,7 inci pun memberikan perpindahan frame yang lebih mulus, pengalaman gaming jadi lebih imersif, memungkinkan pemain untuk bertarung lebih percaya diri dan menikmati setiap momen di medan pertempuran tanpa gangguan.

Untuk menambah pengalaman gaming penggunanya, saat ini, Galaxy A06 5G hadir dengan sleeve eksklusif Free Fire, game battle royale populer dari Garena.

Dengan performa yang lebih cepat dan responsif, smartphone ini menjadi pilihan pasti bagi para gamer yang ingin Booyah! Tak hanya itu, Samsung juga menjadi Official Smartphone Partner Free Fire Nusantara Series 2025, salah satu turnamen e-sports terbesar di Indonesia.

Pasti Makin Tangguh dan Aman Dipakai Lebih Lama

Dengan harga dua jutaan saja, kamu bakal menikmati pengalaman penggunaan smartphone yang tangguh dibawa ke mana-mana berkat rating IP54 dan selalu update dengan fitur-fitur mobile kekinian.

Samsung berkomitmen untuk menyediakan update OS hingga 4 generasi dan 4 tahun pembaruan keamanan, untuk memastikan perangkat ini tetap aman dan mutakhir untuk tahun-tahun mendatang. Kamu akan selalu menikmati pengalaman mobile yang aman dan up-to-date dalam jangka panjang.

Fitur keamanan berlapis dari Samsung Knox Vault juga disertakan untuk melindungi perangkat dan data-data pribadimu dari pencurian dan peretasan yang kian marak.

Dengan Knox Vault, pengguna bisa merasa lebih tenang saat melakukan transaksi digital, menyimpan dokumen penting, atau mengakses aplikasi perbankan.

Disertai dengan fitur Auto Blocker, ini bakalan mencegah pengguna menginstal APK berbahaya, malware dan ancaman keamanan dunia maya lainnya. Tak ketinggalan, sensor side fingerprint memastikan akses perangkat yang lebih cepat dan aman.

One UI 7.0, Nikmati Lebih Banyak Pengalaman

Sejak akhir tahun lalu, Samsung merilis antarmuka One UI 7.0 yang menawarkan peningkatan aspek keamanan yang pasti makin memberikan rasa aman, dan pengalaman-pengalaman mobile yang lebih intuitif, lebih mudah disesuaikan, dan lebih menyenangkan.

Kini, pengguna Galaxy A06 5G juga sudah bisa menikmati semua itu. Antarmuka ini memberikan opsi pengaturan widget yang lebih banyak, panel notifikasi baru, dan panel pencarian yang disempurnakan, sehingga kamu dapat menyesuaikan perangkatmu sesuai selera dan kebutuhan sehari-hari.

Tampilan yang Pasti Makin Kece

Galaxy A06 5G kini memiliki desain baru dengan ketebalan 8mm, lebih ramping dibanding pendahulunya dan lebih nyaman untuk digenggam. Tampilannya stylish dan elegan dengan pilihan warna yang beragam: Light Green, Gray, dan Black.

Layout kamera yang linier dengan pengaturan kamera belakang ganda 50MP+2MP dan kamera depan 8MP, serta key island untuk menempatkan tombol-tombolnya, semakin memperkuat identitas desain Galaxy yang ikonik.Tetap tersedia 3.5mm ear jack, memberikan kamu fleksibilitas dalam menikmati musik atau panggilan telepon.

Tampilan terbaru Galaxy A06 5G buat kamu pasti lebih kece

Samsung Galaxy A06 5G dapat diperoleh dengan harga Rp2.399.000 yang sudah dilengkapi dengan bonus senilai Rp 869.000 berupa travel adapter 25W, Exclusive In-Game Item Free Fire, dan Paket Data Telkomsel 36GB/12 bulan di berbagai channel penjualan, online, dan toko resmi. (icha)

XL Circle, Asyiknya Bikin Grup dan Gratis Kuota 5GB untuk Tiap Anggota

0

Telko.id – Dalam suasana Ramadan Bulan Ramah, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui produk XL Prabayar meluncurkan fitur inovatif bernama ‘XL Circle.

Fitur yang ada di layanan Aplikasi myXL ini memungkinkan pelanggan XL Prabayar untuk membuat grup atau circle yang berisi keluarga atau komunitas kecilnya.

Dengan bergabung dalam grup ini memungkinkan pelanggan untuk berbagi kuota dengan anggota lain serta memperoleh bonus kuota 10GB setiap kali total transaksi pembelian paket internet mencapai Rp100.000 (dan kelipatannya) melalui berbagai channel seperti myXL, toko pulsa, e-commerce, bank, dan lainnya, yang dilakukan oleh seluruh anggota XL Circle. Program menarik ini sudah bisa dinikmati pelanggan sejak 7 Maret 2025 melalui Aplikasi myXL.

”Bergabung dalam sebuah komunitas atau grup menjadi sebuah gaya hidup masyarakat Indonesia, termasuk juga pelanggan kami,” kata David Arcelus Oses, Direktur & Chief Commercial Officer XL Axiata.

Baca juga : Sambut Ramadan, XL Axiata Perkuat Jaringan dan Berikan Promo Spesial

Bahkan, tingkat loyalitas yang tinggi dari pelanggan di dalam grup, perkumpulan ataupun komunitas, acap kali menjadi sarana berbagi informasi hingga memberikan rekomendasi produk terhadap sesama anggota grup.

“Untuk memberikan pengalaman digital bagi pelanggan setia, kami meluncurkan fitur baru XL Circle ini,” ujar David menambahkan.

Sesuai dengan namanya, XL Circle memberikan kebebasan untuk pelanggan membentuk grup atau komunitasnya sesuai dengan ‘circle’ mereka.

Dengan para anggota grupnya, pelanggan bisa berbagi kuota internet dengan Kuota Circle, mendapatkan bonus Kuota Circle dan berbagai keuntungan eksklusif lainnya.

Tidak hanya itu saja, para anggota baru yang diundang bergabung dalam layanan ini akan mendapatkan bonus 5GB untuk setiap orang baru yang bergabung.

Pengguna fitur ini pun tak perlu khawatir bonus kuota yang didapat bisa hangus, karena Kuota Circle hadir tanpa ada batasan masa aktif. Pastinya ini akan semakin menambah keseruan interaksi dalam XL Circle.

Untuk bergabung dalam XL Circle, pelanggan dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Download atau update Aplikasi myXL ke versi 8.0.0 atau lebih tinggi.

2. Klik shortcut XL Circle di halaman utama myXL.

3. Klik tombol “Gabung Sekarang”.

4. Undang teman/keluarga yang memiliki XL Prabayar.

5. Dapatkan Welcome Bonus sebesar 5GB untuk setiap anggota yang bergabung dalam XL Circle.

Dengan peluncuran program ini, XL berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan dan terus berinovasi untuk meningkatkan pengalaman layanan.

XL Axiata melayani pelanggan sebanyak lebih dari 58,8 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 165 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 190 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. (Icha)