Telko.id – Minat masyarakat Indonesia terhadap olahraga lari semakin meningkat. Berdasarkan data dari aplikasi Garmin Connect pada Mei 2024, terdapat lebih dari 80 ribu pengguna yang aktif berlari di Indonesia, dibandingkan pada bulan Mei di tahun sebelumnya, yang “hanya” tercatat 35 ribu pelari saja.
Berdasarkan data tersebut, besar kemungkinan ada banyak pelari pemula yang mulai tertarik untuk menggeluti olahraga lari. Bagi seorang pelari pemula, sangat penting memiliki alat pendukung seperti smartwatch yang tepat untuk memantau progres, menjaga motivasi, dan meningkatkan performa.
Untuk pelari pemula, menggunakan smartwatch yang sesuai dapat membantu mendukung gaya hidup sehat yang mulai mereka tekuni. Mulai dari memantau kemajuan latihan, mendapatkan data performa saat berlari, hingga mengetahui kondisi kebugaran dan kesiapan fisik untuk berolahraga.
“Garmin telah menyediakan berbagai pilihan smartwatch dengan fitur lengkap guna membantu pelari pemula mencapai tujuan mereka,” ujar Chandrawidhi Desideriani, Senior Marketing Communication Manager Garmin Indonesia.
Bagi para pelari pemula, berikut sejumlah tips yang dapat diperhatikan ketika mencari smartwatch untuk mendukung kegiatan olahraga lari Anda:
Ringan dan Nyaman Digunakan
Smartwatch yang ringan dan nyaman di pergelangan tangan memastikan pelari tetap fokus tanpa gangguan saat berolahraga. Forerunner 55 misalnya, smartwatch lari dari Garmin ini memiliki bobot ringan hanya 37 gram dan memungkinkan Anda berlari dengan lebih nyaman.
Fitur seperti tombol yang responsif dan menu sederhana akan membantu pengguna fokus pada lari, bukan pada pengaturan perangkat.
Dilengkapi GPS Bawaan
Fitur GPS bawaan sangat penting untuk melacak jarak, rute, dan kecepatan secara akurat. Ini membantu pelari memahami progres mereka tanpa harus membawa perangkat tambahan seperti smartphone.
Pemantauan Detak Jantung
Pemantauan detak jantung membantu pelari mengetahui intensitas latihan mereka dan memastikan mereka berlari pada zona detak jantung yang sesuai untuk tujuan kebugaran atau peningkatan performa.
Adanya fitur ini juga dapat menjadi peringatan apabila detak jantung terlalu tinggi ketika berlari. Sehingga apabila terdeteksi detak jantung terlalu tinggi, pengguna bisa mengurangi atau menurunkan intensitas larinya dan mencegah terjadinya kejadian yang tidak diinginkan.
Memiliki Fitur Rencana Latihan yang Adaptif
Bagi pemula, smartwatch yang menawarkan rencana pelatihan akan sangat bermanfaat. Ini memungkinkan pengguna mengikuti program yang dirancang khusus untuk level kebugaran mereka.
Garmin telah melengkapi sejumlah smartwatch-nya dengan fitur Garmin Coach yang dapat memberikan rencana latihan adaptif dari para pelatih profesional di bidangnya. Menariknya, fitur ini dapat digunakan secara gratis dan tanpa biaya berlangganan tambahan.
Daya Tahan Baterai yang Awet
Daya tahan baterai menjadi salah satu aspek yang perlu pertimbangan ketika membeli sebuah smartwatch untuk berlari. Jika daya tahan baterai terlalu cepat habis, tentu fitur-fitur yang ada tidak bisa dinikmati secara optimal.
Garmin memiliki portofolio smartwatch untuk pelari dengan daya tahan baterai yang panjang. Seperti misalnya Forerunner 55 yang menawarkan masa pakai baterai hingga 14 hari dalam mode smartwatch dan hingga 20 jam dalam mode GPS.
Begitu juga dengan Forerunner 265 Music yang memiliki masa pakai baterai hingga 13 hari dalam mode smartwatch dan hingga 20 jam dalam mode GPS. Tentunya ini bisa membuat Anda bisa berlari dengan lebih leluasa.
Promo Give a Garmin
Dari sederet smartwatch Garmin dengan dukungan fitur-fitur canggih, salah satu pilihan yang cocok untuk pelari pemula adalah Forerunner 55. Smartwatch ini sudah memiliki teknologi GPS untuk melacak jarak, kecepatan, dan rute dengan akurasi tinggi.
Selain itu ada juga fitur Daily Suggested Workouts yang menawarkan saran latihan harian yang disesuaikan dengan tingkat kebugaran pengguna, serta Garmin Coach untuk memberikan rencana pelatihan lari yang adaptif dengan bimbingan dari pelatih ahli.
Khusus untuk Anda para penggemar olahraga lari, Garmin menawarkan Forerunner 55 seharga Rp 1,999,000 dan Forerunner 265 Music seharga Rp 6,400,000 selama periode Give A Garmin yang berlangsung mulai 1 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Selain itu ada juga promo untuk seri lainnya seperti Instinct 2/2s, Approach S70, dan Lily 2 Classic. (Icha)
Telko.id – Datacomm Diangraha, sebagai Premier VMware Cloud Service Provider (VCSP) di Indonesia, menghadirkan DCloud VMware.
Langkah ini dilakukan karena pada akuisisi VMware oleh Broadcom pada 2023 membawa tantangan baru bagi banyak organisasi yang bergantung pada teknologi virtualisasi untuk operasional mereka.
Salah satu dampak paling signifikan dari perubahan ini adalah meningkatnya biaya operasional, terutama terkait lisensi dan layanan dukungan.
Lisensi permanen (perpetual) diganti dengan model berlangganan (subscription), yang menyebabkan kenaikan biaya hingga 100–800% pada beberapa kontrak.
Strategi ini memaksa pelanggan untuk memilih paket langganan yang sering kali tidak sesuai dengan kebutuhan mereka.
Perusahaan kecil dan menengah menjadi pihak yang paling terdampak, karena biaya tambahan tersebut membebani anggaran mereka.
Perubahan tersebut berdampak langsung pada institusi yang selama ini mengandalkan solusi tertentu dari VMware.
Penghentian dukungan terhadap beberapa produk menambah tantangan operasional, terutama bagi organisasi yang ingin tetap menggunakan infrastruktur berbasis VMware tanpa perlu melakukan migrasi besar-besaran.
Dengan fokus baru pada layanan berbasis cloud, pelanggan didorong untuk beralih ke model operasi yang lebih modern.
Namun, proses ini sering kali memunculkan tantangan baru, seperti tingginya biaya migrasi dan adaptasi teknologi, yang membutuhkan investasi tambahan dari pelanggan.
Tantangan Implementasi VMware
Melihat dari kasus tadi, individu dan organisasi yang ingin mengadopsi atau mempertahankan penggunaan VMware sering kali menghadapi beberapa tantangan kritis, antara lain:
Biaya Total Kepemilikan yang Membengkak: Meningkatnya biaya lisensi dan layanan VMware pasca akuisisi menjadi beban.
Kompleksitas Infrastruktur IT:Transisi ke lingkungan virtual seringkali memerlukan perencanaan matang dan integrasi yang rumit.
Keterbatasan Sumber Daya IT Internal: Tidak semua organisasi memiliki tenaga ahli yang cukup untuk mengelola solusi virtualisasi secara mandiri.
Keandalan dan Keamanan: Memastikan bahwa infrastruktur virtual aman dari ancaman dan tetap beroperasi dengan efisien menjadi kebutuhan utama.
DCloud VMware menjadi solusi virtualisasi yang andal dan hemat biaya
Menjawab tantangan tersebut, Datacomm Diangraha, sebagai Premier VMware Cloud Service Provider (VCSP) di Indonesia, menghadirkan DCloud VMware.
DCloud VMware adalah layanan cloud server yang memanfaatkan teknologi dari pemimpin pasar di bidang virtualisasi dan teknologi cloud, VMware.
“Implementasi VMware sering kali menjadi tantangan karena kompleksitas dan kebutuhan sumber daya yang signifikan,” Bayu Jayasukma, Cloud Product Specialist PT Datacomm Diangraha.
Menurut Bayu, dengan DCloud VMware, semua kerumitan itu ditangani untuk Anda, menghadirkan solusi yang tidak hanya efisien secara biaya, tetapi juga memberikan keandalan tinggi, kemudahan manajemen, dan dukungan profesional untuk memastikan infrastruktur IT Anda berjalan optimal tanpa hambatan.
Dengan layanan ini, pengguna tidak perlu investasi perangkat keras dan lisensi VMware untuk menikmati platform virtualisasi enterprise dari VMware.
Tidak perlu investasi perangkat keras maupun lisensi VMware untuk menggunakan platform virtualisasi enterprise dari VMware.
Fleksibilitas dalam membuat instance dengan kapasitas mulai dari 1 CPU hingga 128 CPU, memori hingga 512 GB, dan penyimpanan hingga 10 TB.
Pembayaran berbasis pemakaian (pay-per-use) sesuai pilihan instance tanpa biaya tambahan, seperti biaya transfer data masuk/keluar, penggunaan API, atau layanan lainnya.
Dukungan teknis 24/7 dari tim ahli DCloud yang berpengalaman dengan sertifikasi internasional.
Dengan DCloud VMware, organisasi dapat menghadapi tantangan yang muncul akibat perubahan besar dalam industri virtualisasi tanpa harus mengorbankan efisiensi dan keamanan operasional mereka. (Icha)
Telko.id – Dalam upaya meringankan beban masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Lewotobi, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mengambil peran penting melalui bantuan langsung dan dukungan layanan telekomunikasi gratis.
Dengan semangat gotong royong, Indosat tidak hanya hadir di masa darurat, tetapi juga mendampingi korban erupsi Gunung Lewotobi dalam masa pemulihan.
Pada tahap awal respons bencana, Indosat menyalurkan ratusan paket makanan siap saji untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dasar. Lalu kebutuhan bayi, seperti popok dan makanan khusus bayi. Serta perlengkapan pengungsian, meliputi tikar, selimut, dan masker kesehatan.
Selain itu, layanan telekomunikasi gratis disediakan untuk memastikan korban tetap terhubung dengan keluarga serta mempermudah akses ke layanan darurat. Bantuan ini diberikan langsung di Desa Bokang, Kecamatan Ilebura, sebagai langkah awal pemulihan.
“Indosat selalu hadir bersama masyarakat, baik di masa darurat maupun pemulihan, untuk membantu memenuhi kebutuhan mendesak,” kata Steve Saerang, SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison.
Untuk dukungan lebih lanjut dalam pemulihan, Indosat menyalurkan bantuan tambahan bagi korban erupsi Gunung Lewotobi, seperti Starter Pack Prabayar untuk memastikan akses komunikasi tetap berjalan.
Kuota Internet Gratis agar masyarakat tetap terhubung dengan keluarga dan informasi penting.
FWA HiFi Air untuk memperkuat akses internet di lokasi terdampak. Masker kesehatan sebagai upaya menjaga kesehatan masyarakat di tengah bahaya abu vulkanik.
Sedangkan untuk memperkuat jaringan di area terdampak, Indosat juga menghadirkan Base Transceiver Station (BTS) dengan kecepatan hingga 112 Mbps.
BTS ini mendukung konektivitas optimal bagi masyarakat, relawan, dan tim tanggap darurat. Langkah ini memungkinkan koordinasi bantuan berjalan lebih lancar dan efektif.
Indosat menunjukkan pendekatan yang tidak hanya teknis, tetapi juga penuh nilai kemanusiaan. Bantuan yang diberikan mencerminkan kepekaan terhadap kebutuhan masyarakat yang mengalami dampak langsung bencana.
Layanan komunikasi gratis, misalnya, menjadi jembatan emosional yang menghubungkan korban dengan keluarga mereka, menghadirkan rasa aman di tengah situasi yang sulit.
“Kami ingin memastikan bahwa masyarakat tidak hanya terbantu di masa darurat, tetapi juga selama masa pemulihan,” kata Steve Saerang.
Melalui upaya ini, Indosat berharap dapat menjadi mitra masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana, membantu mempercepat pemulihan, dan menciptakan harapan baru bagi korban erupsi Gunung Lewotobi. (Icha)
Telko.id – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat membuka peluang positif bagi berbagai aktivitas daring seperti ekonomi kreatif yang memiliki dampak luas bagi perkembangan ekonomi digital Indonesia.
Namun sayangnya, perkembangan teknologi tersebut juga kerap dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk aktivitas ilegal seperti judi online, yang kini semakin marak di kalangan masyarakat dari berbagai lapisan usia dan sosial ekonomi.
Aktivitas ilegal tidak hanya merugikan secara finansial, tetapi juga berpotensi mengancam ketahanan digital dan literasi finansial masyarakat. Rendahnya literasi digital dan finansial membuat masyarakat, terutama generasi muda, rentan terhadap eksploitasi oleh situs judi online.
Berdasarkan data yang dirilis Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan Indonesia (PPATK), transaksi terkait judi online di Indonesia meningkat pesat, dengan total transaksi mencapai lebih dari 25 triliun rupiah dalam setahun terakhir.
Forum Wartawan Teknologi (Forwat), sebagai organisasi wartawan juga ikut menaruh perhatian mendalam akan dampak negatif permasalahan ini dan bertanggung jawab untuk memberikan informasi dan edukasi yang akurat serta menyeluruh kepada masyarakat.
Forwat bersama dengan DANA Indonesia, mengadakan Talk Show berjudul “Memutus Mata Rantai Judi Online Demi Ekosistem Digital yang Sehat” untuk mendiskusikan pendekatan strategis yang dapat membantu meminimalkan dampak negatif judi online.
Talk Show ini menghadirkan berbagai narasumber diantaranya Rudiantara (Komisaris Utama DANA Indonesia), Dina Artarini (Chief of Legal and Compliance DANA Indonesia) dan Menhariq Noor (Ketua Tim Pengendalian Konten Internet Ilegal Perjudian.
Selain itu juga ada Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Digital Republik Indonesia), Danang Tri Hartono (Deputi Analisis dan Pemeriksaan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan Indonesia), Uniek Yuniar (Kepala Divisi Perizinan SP Ritel DKSP Bank Indonesia), dan Ferry Irwandi (Influencer, aktivis dan CEO Malaka Project).
Penanggulangan judi online secara efektif membutuhkan pendekatan kolaborasi kolektif yang dimulai dari memahami bagaimana masyarakat dapat terpapar dan akhirnya terlibat dalam aktivitas tersebut.
Sebagai salah satu pemimpin dalam industri keuangan digital, DANA Indonesia mendorong terciptanya ekosistem digital yang sehat dan aman. DANA berkomitmen membangun ekosistem digital yang aman melalui tindakan nyata serta upaya pencegahan melalui edukasi dan inovasi dalam aplikasinya.
Pada satu waktu tertentu, DANA telah melakukan blokir terhadap lebih dari 30 ribu akun pengguna dan lebih dari 500 merchant on-us yang terdaftar melalui aplikasi DANA. DANA menegaskan bahwa angka ini hanyalah gambaran pada satu waktu tertentu, yang akan terus berubah seiring perkembangan modus judi online.
Lewat fitur seperti DANA Protection, perusahaan telah memperkuat sistem keamanan untuk mendeteksi dan mencegah transaksi mencurigakan, termasuk yang berhubungan dengan judi online.
Hasilnya, ada 50.000 pencarian setiap bulannya pada Fitur Scam Checker dalam DANA Protection, di mana pengguna ikut menyelidiki akun media sosial, nomor, dan tautan mencurigakan. Saat ini, 3,6 juta pengguna DANA juga telah teredukasi mengenai judol, melalui gamifikasi Waspada Online di aplikasi DANA.
“Sejak pertama didirikan hampir tujuh tahun lalu, DANA dibuat dengan tujuan mempermudah transaksi masyarakat. Dalam kasus judi online, DANA mempunyai peran untuk melaporkan semua transaksi-transaksi mencurigakan kepada pihak berwenang. Kami ingin terus menyuarakan bahwa pemanfaatan teknologi pembayaran digital ini jangan sampai disalahgunakan,” kata Dina Artarini, Chief of Legal and Compliance DANA Indonesia.
DANA percaya bahwa penanganan dampak negatif judi online memerlukan kolaborasi lintas sektor. Sejalan dengan langkah tersebut, DANA ikut mendukung Pemerintah dan Regulator dalam menjalankan tugasnya.
Dalam era kolaborasi dan sinergi, DANA senantiasa bekerja sama dengan berbagai otoritas lintas sektor, termasuk Kementerian Komunikasi dan Digital, Bank Indonesia, serta Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) guna memastikan unsur-unsur kepatuhan terlaksana.
Mulai dari regulator, secara tegas harus membuat kebijakan yang ketat terhadap sirkulasi keuangan digital serta memotong arus peredaran situs-situs judi online. Upaya pemerintah bukan hanya soal regulasi, tetapi juga membangun kesadaran kolektif masyarakat.
Dengan kampanye di berbagai platform media sosial dan dukungan dari semua pihak, pemerintah optimis langkah-langkah ini dapat menekan transaksi terkait judi online hingga ke tingkat minimal, sekaligus melindungi masa depan ekonomi digital Indonesia.
PPATK mengapresiasi inisiatif pelaku e-wallet seperti DANA yang aktif mendukung pemberantasan judol melalui penguatan sistem keamanan dan edukasi pengguna.
Langkah ini menunjukkan pentingnya kebersamaan dalam menghadapi ancaman yang merugikan masyarakat dan ekonomi digital Indonesia. Upaya kolektif ini, jika terus diperluas, diyakini mampu menekan dampak buruk judi online secara signifikan.
Danang Tri Hartono, Deputi Analisis dan Pemeriksaan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan Indonesia mengatakan, “Tahun 2023, deposit masyarakat mencapai 34 triliun, tahun ini sampai kuartal III mencapai 43 triliun”.
Danang menambahkan bahwa transaksi paling besar ada pada perbankan, lalu e-wallet, sekarang bergeser melalui merchant aggregator. Puluhan ribu merchant terindikasi judi online, berkamuflase menjadi berbagai merchant.
“Kemudian, mereka juga menggunakan crypto dan valas. Seharusnya merchant aggregator melakukan CDD, EDD untuk melakukan antisipasi untuk memotong rantai judi online berkedok merchant,” ungkap Danang menambahkan.
Bank Indonesia sebagai otoritas yang mengatur sistem pembayaran di Indonesia berperan besar dalam memastikan bahwa transaksi digital dilakukan dengan aman dan transparan.
Aktivitas ilegal yang semakin marak memanfaatkan platform pembayaran digital untuk mempercepat transaksi, dan BI berkomitmen untuk memperketat pengawasan terhadap transaksi yang mencurigakan.
Berdasarkan sumber dana, deposit judol ini sebagian besar berasal dari transaksi melalui bank yaitu mencapai Rp33,09 triliun, dan e-wallet Rp8,37 triliun.
Bahkan, berdasarkan jumlah transaksi pada bank, sebanyak Rp1,20 triliun diantaranya tercatat berasal dari bantuan sosial atau bansos.
BI terus berupaya mengimplementasikan kebijakan yang dapat menekan penggunaan sistem pembayaran digital untuk transaksi judi online.
Melalui regulasi seperti Pengawasan terhadap Penyedia Jasa Sistem Pembayaran, BI memastikan bahwa transaksi yang melibatkan e-wallet dan pembayaran digital tetap dalam jalur yang sah dan aman, tanpa adanya penyalahgunaan untuk kegiatan ilegal seperti judi online.
“Bank Indonesia turut berperan pada penanganan judi online melalui Satuan Tugas Pemberantasan Judi Daring dan Desk Penanganan Judi Online yang dibentuk oleh Pemerintah bersama dengan beberapa Kementerian dan Lembaga lainnya,” ujar Uniek Yuniar, Kepala Divisi Perizinan SP Ritel – DKSP Bank Indonesia menjelaskan.
Bahkan BI juga berperan dalam implementasi Know Your Customer dan Know Your Merchant (KYC/KYM) dengan melakukan penguatan pada ketentuan dan implementasi Program Anti Pencucian Uang, Pencegahan Pendanaan Terorisme dan Pencegahan Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal (APU PPT dan PPPSPM).
“Selain itu, BI juga mengimbau untuk adanya penguatan melalui Fraud Detection System yang bisa melacak transaksi-transaksi kecil yang terindikasi digunakan untuk judi online,” ungkap Uniek Yuniar menambahkan.
Meningkatkan literasi digital dan keuangan masyarakat bukan hanya tugas pemerintah saja, namun juga membutuhkan peran influencer, artis, ataupun konten kreator. Influencer dan aktivis memiliki peran penting dalam membentuk opini dan mengedukasi masyarakat tentang bahaya judi online.
Dengan jutaan pengikut di berbagai platform media sosial, mereka dapat menggunakan pengaruh mereka untuk menyebarkan pesan- pesan positif dan mendidik masyarakat, terutama generasi muda, tentang risiko dan dampak dari judol ini.
Menggunakan platform seperti Instagram, TikTok, dan YouTube, influencer bisa memperkenalkan alternatif gaya hidup yang lebih sehat dan produktif, jauh dari pengaruh judi online.
Hal senada diungkapkan oleh Ferry Irwandi, sebagai tokoh masyarakat sekaligus CEO Malaka Project.
“Awal kemunculan judi online di Indonesia, banyak dipengaruhi oleh konten promosi yang masif dari influencer di media sosial. Saat itu, permasalahan ini belum dianggap serius. Dengan pemasaran dan kata-kata yang baik, konten ini banyak dikonsumsi. Sekarang, payment gateaway yang mempermudah masyarakat tetapi disalahgunakan.”
Sehubungan dengan hal ini Menhariq Noor, Ketua Tim Pengendalian Konten Internet Ilegal Perjudian, Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Digital Republik Indonesia mengatakan, “Komdigi sudah memblokir lebih dari 5,2 juta situs judi online”.
Namun, menurut Menhariq sebagai salah satu langkah terbaiknya adalah masyarakat harus stop melakukan depo ke situs judol.
Pasalnya, perkembangan judol saat ini semakin mengkhawatirkan, ini terlihat dari depo terkecil itu adalah di bawah 500 rupiah. Judi online ini bukan judi, tetapi scam atau penipuan.
“Kami tidak punya wewenang untuk take down content yang beredar di PSE, tetapi kami bisa meminta platform untuk melakukan moderasi konten dan take down content. Kalau tidak dilakukan, mereka bisa dikenakan denda, kalau sampai tidak dilakukan, mereka bisa diblokir,” lanjutnya.
Diskusi ini menjadi langkah awal yang menegaskan pentingnya peran serta kontribusi setiap pemangku kepentingan terkait terhadap tindak preventif dan penanggulangan judi online. Dengan upaya kolektif dan holistik dari seluruh pihak, judi online bisa diminimalisir dampaknya bagi masyarakat dan ekosistem digital. (Icha)
Telko.id – Setelah meluncurkan Find X8 Series secara global di Indonesia, Oppo kini secara resmi mengumumkan penjualan perdana smartphone flagship terbarunya di seluruh Indonesia.
Konsumen dapat menikmati berbagai keuntungan eksklusif senilai hingga Rp9 juta. Penawaran menarik ini mencakup perlindungan Oppo Care selama 1 tahun, cashback hingga Rp1 juta dari bank partner seperti BRI, BCA, CIMB Niaga, Mandiri, BNI, BSI, Digibank by DBS, Honest Card, Bank Mega, dan UOB.
Selain itu, Oppo juga menyediakan fasilitas cicilan 0% hingga 12 bulan yang berlaku untuk pengguna kartu kredit BCA, BNI, dan BRI. Khusus untuk konsumen yang membeli perangkat Find X8 Series mulai hari ini hingga 30 November akan mendapat tambahan berupa Maison Kitsune Limited Case senilai Rp950.000.
Tidak hanya itu, Oppo memberikan tambahan manfaat berupa voucher belanja senilai total hingga Rp2 juta yang dapat ditukarkan melalui aplikasi My Oppo.
Voucher ini berasal dari berbagai partner eksklusif Oppo seperti Adobe Lightroom, Bluebird, Bobobox, Chatime, Cold Stone, Godiva, Dekoruma, KFC, Smailing Tour, Tiket.com, Tomoro, Toys Kingdom, dan Voila. Penawaran eksklusif ini hadir untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lengkap dan menarik bagi konsumen.
Oppo Find X8 hadir dengan dua varian kapasitas yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, yakni 12GB/256GB dengan harga Rp13.999.000 dan varian 16GB/512GB dengan harga Rp15.999.000. Sementara itu, varian tertinggi Oppo Find X8 Pro ditawarkan dengan harga Rp19.999.000.
Perangkat Oppo Find X8 Series kini dapat ditemukan dengan mudah melalui berbagai kanal. Secara luring, produk ini tersedia di Oppo Gallery, Oppo Experience Store, serta toko-toko rekanan resmi Oppo di seluruh Indonesia.
Sementara untuk pembelian daring, konsumen dapat mengunjungi Oppo Online Store, Blibli, TikTok Shop, Tokopedia, Shopee, dan AkuLaku, memberikan fleksibilitas dan kenyamanan dalam berbelanja.
Sebagai bagian dari menghadirkan inovasi dan pengalaman unik bagi konsumen, Oppo menghadirkan instalasi interaktif #FindYourFox di Oppo Gallery.
Kolaborasi dengan Maison Kitsuné ini menantang konsumen untuk moncoba keunggulan fitur AI Telescope Zoom dari Find X8 untuk menangkap objek tersembunyi berupa fox di antara instalasi gedung-gedung kota mini.
Selain itu, instalasi Lightning Snap juga disediakan untuk menguji kemampuan kamera dalam menangkap momen cepat seperti instalasi kereta mini yang sedang melaju.
Fitur ini membuktikan kemampuan kamera Find X8 yang mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi dengan detail tajam meski dalam gambar yang bergerak cepat.
Puncak perayaan penjualan perdana Find X8 Series diadakan di Oppo Gallery Gandaria City melalui acara Oppo Find X8 Series First Sale Celebration.
Acara ini menghadirkan rangkaian kegiatan menarik, mulai dari talking session yang membahas dan mengupas fitur unggulan Find X8 Series, unboxing moment bersama para pembeli pertama, hingga penampilan spesial dari musisi kenamaan Sal Priadi yang semakin memeriahkan suasana.
“Kami sangat antusias melihat respons positif dari konsumen terhadap Oppo Find X8 Series. Melalui peluncuran global di Indonesia dan berbagai inovasi canggih yang dihadirkan, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna smartphone premium,” ujar Patrick Owen, Chief Marketing Officer Oppo Indonesia. (Icha)
Telko.id – Traveling ke luar negeri memang menyenangkan, tetapi sering kali bahasa menjadi kendala, terutama jika Anda mengunjungi negara yang jarang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama.
Jangan khawatir, kini ada teknologi canggih yang membantu Anda berkomunikasi dengan lancar!
Pernah mengalami kesulitan berbicara dengan warga lokal? Misalnya saat berada di Cina, pemilik restoran mungkin akan meminta bantuan kerabatnya untuk menerjemahkan.
Pengalaman ini cukup umum bagi wisatawan, namun kini masalah tersebut dapat dengan mudah diatasi berkat teknologi Galaxy AI, terutama pada fitur Interpreter mode yang terdapat pada Samsung Galaxy S24 Ultra.
Pada Galaxy S24 Ultra ini yang didukung dengan galaxy AI mampu menterjemahkan dalam 20 bahasa pada akhir tahun ini.
Inovasi ini menjadikan Galaxy AI sebagai alat yang sangat bermanfaat untuk mempelajari bahasa baru dan berkomunikasi secara efektif di berbagai situasi, mulai dari perjalanan internasional hingga percakapan sehari-hari.
Teknologi Interpreter di Galaxy S24 Ultra
Samsung Galaxy S24 Ultra hadir dengan fitur Interpreter yang terintegrasi dengan teknologi AI. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu lagi mengunduh aplikasi tambahan untuk menerjemahkan percakapan.
Interpreter membantu Anda berkomunikasi secara real-time dengan warga lokal (warlok), bahkan dalam bahasa yang mungkin tidak Anda kenal sebelumnya.
Langkah-Langkah Menggunakan Fitur Interpreter
Aktifkan Fitur Interpreter
Buka aplikasi Settings atau Bixby pada Samsung Galaxy S24 Ultra.
Cari dan pilih menu Interpreter Mode.
Pilih bahasa Anda dan bahasa target yang ingin diterjemahkan.
Pilih Mode Percakapan
Mode Real-Time: Untuk percakapan langsung, gunakan mikrofon ponsel agar kedua belah pihak dapat berbicara dan memahami satu sama lain secara instan.
Mode Teks: Jika Anda lebih nyaman membaca teks terjemahan, gunakan mode ini untuk menampilkan hasil terjemahan di layar.
Mulai Percakapan
Tekan tombol Mulai untuk mengaktifkan fitur.
Arahkan mikrofon ponsel Anda ke pembicara saat mereka berbicara, dan fitur Interpreter akan langsung menerjemahkan ucapan tersebut ke bahasa yang Anda pilih.
Supaya lebih nyaman, Anda juga bisa menggunakan Galaxy Buds agar kualitas suara lebih optimal. Hal ini akan sangat efektif jika berada di dilingkungan yang ramai, seperti pasar, stasiun atau tempat lainnya.
Yang menarik, menggunakan Galaxy S24 Ultra ini, kamu juga bisa memanfaatkan Kamera untuk Terjemahan Visual. Misalnya, untuk membaca tanda, menu, atau teks dalam bahasa asing, gunakan fitur kamera bawaan di Galaxy S24 Ultra yang mendukung terjemahan visual. Arahkan kamera ke teks, dan hasil terjemahan akan muncul di layar.
Tips Efektif Menggunakan Fitur Interpreter
Gunakan dalam Lingkungan yang Tidak Terlalu Bising
Untuk akurasi maksimal, gunakan fitur ini di tempat yang relatif tenang agar mikrofon dapat menangkap suara dengan jelas.
Latih Pengucapan Anda
Jika Anda mencoba berbicara bahasa asing melalui Interpreter, usahakan melafalkan kata-kata dengan jelas agar hasil terjemahan lebih akurat.
Praktikkan Budaya Sopan Santun
Sebelum menggunakan fitur, beri tahu lawan bicara bahwa Anda menggunakan alat penerjemah untuk berkomunikasi. Hal ini menunjukkan rasa hormat dan membantu mereka memahami proses komunikasi.
Gunakan Frasa Pendek dan Jelas
Hindari kalimat yang terlalu panjang atau kompleks. Gunakan frasa pendek untuk memastikan hasil terjemahan lebih tepat.
Coba di Berbagai Bahasa dan Dialek
Galaxy S24 Ultra mendukung hingga 20 bahasa dengan tambahan dialek. Anda bisa mencoba menggunakan bahasa sesuai dengan lokasi perjalanan untuk pengalaman yang lebih otentik. (Icha)
“Aku sering pakai Sketch to Image untuk bikin konten, karena dari kecil aku suka banget menggambar. Aku juga sering pakai Generative Edit karena aku suka edit foto dan mau dapet mood yang pas di tiap konten,” ujar Marveline yang terkenal dengan gaya konten yang lucu dan penuh warna.
Tertarik untuk bikin persona yang unik di media sosial? Berikut tips personal branding ala Marveline:
Jaga konsistensi Gaya Visual dan tambahkan elemen unik
Menurut Marveline, menjaga konsistensi gaya visual yang unik adalah fondasi untuk membuat personal branding yang kuat.
“Waktu mau bikin konten dan bangun persona di media sosial, kita harus mulai dari apa yang kita suka. Jadi, kita bisa seneng dan konsisten ngejalaninnya. Aku sendiri biasanya exploreaesthetics di Pinterest, misalnya makeup, warna, dan gaya yang aku banget,” ungkap Marveline.
Fitur Sketch to Image memudahkan Marveline berkreasi sesuai imajinasi hanya dengan goresan
Marveline kerap menggunakan fitur Sketch to Image untuk membuat kontennya terasa lebih unik dan personal. Ia menyukai bagaimana fitur ini memungkinkan setiap karyanya memiliki sentuhan khas yang mencerminkan kepribadiannya.
Dalam prosesnya, Marveline sering menambahkan elemen seperti binatang, buah, atau hiasan lainnya agar kontennya terlihat lebih playful dan menarik. Meskipun terlihat sederhana, sentuhan kecil seperti ini mampu membuat gaya khasnya lebih mudah dikenali oleh orang lain.
Kamu juga bisa pakai Sketch to Image untuk menambahkan elemen yang sesuai persona dan imajinasi kamu di setiap konten dengan cara berikut ini:
Pilih foto yang ingin ditambahkan elemen lucu
Klik ikon Galaxy AI dan pilih fitur Sketch to Image
Gambar elemen sesuai persona kamu
Setelah sketsa selesai, klik tombol generate
Berkat Generative Edit, konten lebih trendi
Bagi Marveline, setelah menemukan persona yang diinginkan di media sosial, langkah berikutnya yang harus diperhatikan adalah memastikan relevansi ke audience. Salah satu cara untuk bikin orang-orang relate dengan konten kita adalah mengikuti tren di media sosial, misalnya dari segi editing.
Dalam hal ini, Generative Edit membantu Marveline menjaga setiap konten tetap fresh dan relevan dengan tren terkini, seraya tetap memperkuat identitas visualnya.
Generative Edit membuat Marveline bisa menambahkan elemen kreatif seperti stiker dan foto maupun menghapus objek yang mengganggu hanya dengan beberapa klik.
Tren konten kekinian pun bisa dilakukan dengan praktis dengan Generative Edit
“Dengan Generative Edit, aku bisa langsung bikin konten kekinian tanpa ribet setiap kali aku melihat tren baru di TikTok atau Instagram. Biasanya, aku menambahkan elemen-elemen yang lagi viral, seperti stiker lucu atau foto-foto blurry yang aesthetic.
Jadi, aku bisa lebih cepat tap in ke tren terbaru dan muncul di timeline audience di waktu yang tepat saat trennya masih relevan,” kata Marveline.
Simak cara menggunakan Generative Edit berikut ini:
Pilih foto yang akan menjadi base fotonya
Klik logo “Edit“, dan klik ikon Galaxy AI
Klik tanda “+” di pada pojok kanan atas layar
Pilih foto atau stiker lucu yang ingin di tempel
Lakukan hal yang sama untuk item yang lain, dan klik Generate.
Narasi yang engaging
Satu lagi tips yang tak kalah penting dari Marveline untuk membangun persona di media sosial adalah membuat narasi yang engaging. Menurutnya, narasi yang menarik bisa menambah relevansi konten dan membuat lebih banyak orang merasa relate.
Dalam hal ini, Marveline banyak menggunakan fitur AI Composer untuk merangkai ide-ide menjadi caption atau storyline yang engaging sesuai dengan gaya komunikasinya.
Dengan fitur ini, Marveline memastikan bahwa setiap konten yang ia unggah tidak hanya menarik secara visual tetapi juga memiliki cerita yang kuat untuk memperkuat identitasnya di media sosial.
“AI Composer bener-bener mempermudah hidup aku sebagai content creator karena aku bisa dapet ide yang awalnya aku nggak kepikiran sama sekali. AI Composer ini bisa kasih aku trigger untuk bikin caption yang bagus. Bahasanya juga nggak kaku karena ada banyak gaya tulisan yang bisa dipilih. Pokoknya fitur ini bikin content creation jadi lebih efisien!” ujar Marveline.
Buat caption yang pas dengan branding kamu menggunakan AI Composer—cepat, mudah, dan hanya dalam sekejap!
Berikut cara pakai AI Composer untuk bikin caption dan narasi yang menarik di media sosial:
Buka Instagram, pergi ke laman untuk membuat postingan baru, kemudian masukkan foto atau video yang ingin diunggah.
Pada kolom caption, Klik ikon Galaxy AI yang tersemat di Samsung Keyboard
Pilih fitur AI Composer
Jadikan tone penulisan sebagai Casual dan pada format Social Media
Masukan prompt sesuai dengan keinginan kamu
Kamu bisa klik Refresh untuk mencari pilihan suggestion kalimat lainnya sesuai kebutuhan
Bagikan konten mu dengan Quick Share
Setelah selesai mengedit foto, kamu bisa langsung membagikan karya terbaikmu ke perangkat lain dengan fitur Quick Share. Quick Share memungkinkan kamu berbagi file dengan cepat dan tanpa kabel ke perangkat Samsung lainnya atau bahkan perangkat non-Samsung melalui koneksi link.
Dengan fitur ini, Galaxy S24 FE memastikan seluruh proses pembuatan konten, mulai dari editing hingga distribusi, menjadi lebih efisien. Berikut langkah mudah menggunakan Quick Share:
Pilih foto atau video yang ingin dibagikan di galeri.
Klik ikon Share.
Pilih Quick Share dan cari perangkat yang ingin kamu tuju.
Dalam hitungan detik, file akan terkirim dan siap digunakan!
Personal branding lebih kuat dengan Galaxy S24 FE!
Selain fitur-fitur di atas, Galaxy S24 FE juga punya hidden features yang memudahkan kamu memperkuat persona dan meningkatkan engagement. Salah satunya adalah shortcut kamera melalui double click yang langsung mengarahkan ke mode foto atau video untuk pengambilan gambar instan.
Ada juga fitur voice command yang memungkinkan pengguna mengambil foto dengan mengucap “capture” atau merekam video dengan bilang “record”. Tak ketinggalan, ada beauty mode yang menghaluskan kulit dan menyesuaikan kontur wajah secara otomatis sehingga foto dan selfie akan selalu tampak sempurna.
“Galaxy S24 FE dirancang untuk mendukung Gen Z dalam menciptakan konten yang lebih menarik dan autentik,” ujar Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.
Ditambah lagi ada Generative Edit yang memudahkan mereka melakukan editing tanpa aplikasi tambahan. Lalu, Sketch to Image mampu ‘menyulap’ berbagai visual dengan elemen-elemen unik agar konten lebih berwarna.
Terdapat juga AI Composer untuk membuat caption yang sesuai kepribadian secara instan. Fitur-fitur AI inovatif ini siap membantu pengguna menunjukkan gaya mereka yang sesungguhnya untuk memperkuat persona di media sosial.
Galaxy S24 FE hadir mulai dari harga Rp9.999.000 dalam dua varian, yaitu 8GB/256GB dan 8GB/128GB, dengan opsi warna kekinian, yaitu Graphite, Gray, dan Blue. (Icha)
Telko.id – Samsung Electronics Indonesia resmi menghadirkan Galaxy A16 versi LTE di Indonesia.
Smartphone ini menawarkan pengalaman visual yang imersif berkualitas tinggi, dilengkapi dengan One UI terbaru untuk performa yang lebih optimal, serta sertifikasi IP54 yang memberikan daya tahan dan keandalan lebih bagi pengguna.
Galaxy A16 tersedia dalam tiga pilihan warna menarik, diantaranya ada Gray, Blue Black, dan Light Green, dengan harga terjangkau mulai dari Rp2.999.000.
Galaxy A16 hadir dengan desain sudut membulat dan lebih tipis dibanding pendahulunya, disertai susunan tiga kamera di bagian belakang yang sudah menjadi ciri khas Samsung. Kini HP dua jutaan ini memiliki desain Key Island yang ikonik di sisi samping.
Material Glastic dengan sentuhan doff pada bodinya semakin mempertegas kesan stylish sekaligus memberikan kenyamanan saat digenggam.
Galaxy A16 hadir dengan dua pilihan memori, yaitu 128 GB dan 256 GB, serta dilengkapi dengan RAM Plus hingga 8 GB. Kombinasi ini memastikan kamu bisa menyimpan banyak video kesukaan, bahkan yang berukuran besar, tanpa khawatir kehabisan ruang.
Dengan kapasitas penyimpanan yang luas dan dukungan RAM yang besar, pengalaman menonton video jadi lebih lancar dan bebas gangguan.
Dari segi kualitas kameranya, Galaxy A16 memiliki kualitas mumpuni, dengan kamera utama sebesar 50 MP, kamera ultrawide 5 MP, kamera depth sebesar 2 MP dan kamera depan sebesar 8 MP.
“Kami ingin semua orang yang gemar menonton video dapat menikmati streaming yang nyaman di smartphone dua jutaan,” ujar Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.
Melalui Galaxy A16 yang hadir dengan beberapa peningkatan, mulai dari layar 6,7 inci Super AMOLED yang lebih besar, resolusi FHD+ dan refresh rate 90Hz yang memberikan pengalaman visual yang lebih mulus dan memuaskan.
“Ditambah lagi, Galaxy A16 juga sudah dilengkapi dengan One UI 6.1 terbaru, dan sertifikasi IP54 yang membuatnya tahan terhadap percikan air dan debu,” ungkap Ricky menjelaskan.
“Dibanderol di harga 2 jutaan, mulai tanggal 29 November sampai 31 Desember 2024, pengguna akan mendapatkan total bonus hingga Rp. 501.000 berupa gratis Travel Adapter 25W dan paket data Axis hingga 125 GB yang berlaku selama 6 bulan, untuk menikmati pengalaman menonton yang lebih seru dan lancar,” tambah Ricky.
Mau tau apa fitur unggulan Galaxy A16 terbaru ini? Inilah beberapa pengalaman baru yang bikin kamu pasti puas.
Pasti puas Streaming dengan layar luas dan mulus
Untuk memberikan pengalaman visual yang lebih memuaskan dari pendahulunya, Galaxy A16 dibekali dengan layar yang lebih imersif, seluas 6,7 inci Super AMOLED resolusi FHD+ dengan refresh rate 90Hz.
Layar Super AMOLED menyajikan warna yang lebih kaya yang gambar lebih hidup dan membuat kamu lebih mendalami video atau serial favorit.
Samsung Galaxy A16 memberikan performa yang tangguh berkat Chipset Helio G99. Dengan prosesor yang powerful dan efisien, perangkat ini berjalan lancar saat digunakan untuk streaming, bermain game, atau menjalankan berbagai aplikasi, sehingga pengguna bisa menikmati setiap momen tanpa hambatan.
Dengan baterai besar 5000mAh ditambah bonus fitur Fast Charging sebesar 25W, perangkat ini pun memungkinkan kamu untuk streaming sepuasnya.
Galaxy A16 hadir dengan bezel yang lebih tipis semakin memperluas area layar akan memberikan pengalaman menonton yang lebih imersif dan nyaman.
Desain ini tidak hanya menambah estetika, tetapi juga meningkatkan kepuasan pengguna saat menikmati video atau konten favorit para pengguna.
Pasti Puas Streamingnya Dengan Galaxy A16
Pasti nyaman dengan One UI 6.1 yang lebih optimal
Galaxy A16 hadir dengan One UI 6.1, versi terbaru yang memberikan pengalaman lebih optimal.
Dengan pembaruan ini, pengguna dapat menyesuaikan pengaturan baterai, layar, dan performa sesuai kebutuhan, memastikan penggunaan perangkat menjadi lebih efisien dan nyaman.
One UI 6.1 juga memudahkan akses ke berbagai fitur, membuat smartphone ini semakin praktis dan responsif untuk aktivitas sehari-hari.
Pasti panjang umur smartphone-nya
Seperti saudaranya, Galaxy A16 juga akan menerima enam kali pembaruan OS dan 6 tahun pembaruan Samsung Security Maintenance Releases (SMR) untuk memastikan perangkat tetap aman dan terkini.
Samsung Pass juga hadir di Galaxy A16 untuk memberikan kemudahan akses log-in ke berbagai akun yang sudah disimpan di Samsung Pass.
Untuk menjaga keamanan data dan privasi pengguna, perangkat ini sudah dilengkapi dengan Samsung Knox Vault yang menawarkan lapisan keamanan tingkat tinggi untuk melindungi data pribadi pengguna, seperti kata sandi dan informasi sensitif lainnya.
Teknologi ini menjaga data dari potensi ancaman, termasuk serangan berbasis hardware yang dapat disebabkan oleh gangguan tegangan listrik atau perubahan suhu ekstrem.
Untuk menambah ketahanan dari perangkat ini, ada sertifikasi IP54 yang membuat smartphone ini menjadi lebih kuat terhadap cipratan air dan debu.
Mulai 29 November 2024 hingga 31 Desember 2024, kamu sudah bisa mendapatkan Galaxy A16 yang hadir dengan promo menarik untuk memberikan pengalaman streaming yang memuaskan.
Promo senilai total bonus hingga Rp 501.000 berupa gratis Travel Adapter 25W, dan paket data Axis hingga 125 GB yang berlaku selama 6 bulan, sehingga kamu pasti puas menikmati hiburan. (Icha)
Telko.id – Oppo dengan sukses meluncurkan Oppo Find X8 Series secara global di Bali, menjadikan Indonesia sebagai lokasi pertama untuk peluncuran produk flagship Oppo di tingkat dunia.
Acara ini tidak hanya memperkenalkan Oppo Find X8 Series kepada pasar global, tetapi juga menegaskan komitmen Oppo untuk menjadikan Indonesia sebagai pasar strategis utama.
Lebih dari 500 media dan Key Opinion Leaders (KOL) yang berasal dari 17 negara di Asia, Eropa, dan Amerika berkumpul dalam acara bersejarah ini, menandakan dampak internasional yang signifikan bagi Bali dan Indonesia.
“Kami sangat bangga bisa menjadi brand smartphone pertama di Indonesia yang meluncurkan produk flagship secara global, dan kami yakin ini menegaskan posisi Indonesia sebagai pasar yang sangat penting bagi Oppo di dunia,” ujar Patrick Owen, Chief Marketing Officer OPPO Indonesia.
Patrick menambahkan bahwa acara ini bukan hanya soal peluncuran produk, tetapi juga merayakan kolaborasi global di dunia teknologi dan kekayaan budaya lokal yang dituangkan dalam rangkaian acara yang luar biasa.
Peluncuran Oppo Find X8 Series di Bali menjadi perayaan internasional yang memadukan teknologi canggih dengan budaya lokal. Acara ini tidak hanya memperkenalkan teknologi terdepan Find X8 Series, tetapi juga menampilkan beragam rangkaian acara yang memperkuat hubungan antara inovasi global dan kekayaan budaya Indonesia.
Salah satu sorotan utama adalah perayaan kolaborasi Oppo dengan brand lifestyle global Maison Kitsune, di mana Oppo memperkenalkan desain eksklusif dan stylish melalui limited edition case Find X8.
Case ini dirancang dengan desain premium yang mencerminkan gaya hidup modern dan mewah, memberikan sentuhan unik bagi pengguna setia Oppo.
Selain peluncuran Find X8, acara ini juga diwarnai dengan after party yang mengundang media dari seluruh dunia, merayakan keberhasilan Oppo dalam menghadirkan inovasi teknologi yang mengagumkan.
Salah satu bagian menarik dari rangkaian acara ini adalah penyambutan di Istana Ubud, di mana Oppo menggelar pameran foto yang menampilkan keunikan seni dan culture Bali melalui lensa Oppo Find X8 Series.
Pameran ini mengundang perhatian banyak media dengan foto-foto yang menggambarkan detail luar biasa dari pemandangan alam dan budaya Bali, yang diambil oleh fotografer internasional dan lokal menggunakan teknologi kamera Find X8.
Acara ini ditutup dengan suksesnya pagelaran Oppo RUN 2024, sebuah half marathon perdana yang diikuti oleh lebih dari 5700 pelari dari 32 negara. Selain menjadi ajang olahraga yang meriah, Oppo RUN 2024 juga berhasil mengumpulkan dana donasi hingga 785 juta rupiah.
Dana ini akan disalurkan untuk mendukung pemberdayaan ekonomi bagi penyandang disabilitas di Indonesia, menunjukkan komitmen Oppo dalam memberikan dampak sosial yang positif.
“Oppo RUN bukan sekadar acara half marathon, tapi juga upaya kami untuk mendukung masyarakat melalui kegiatan sosial. Kami sangat terharu melihat antusiasme para peserta dan dukungan luar biasa yang mereka berikan, serta hasil donasi yang dapat kami salurkan untuk tujuan mulia ini,” ujar Patrick menjelaskan.
Dengan lebih dari 500 media dan KOL dari seluruh dunia yang hadir, peluncuran global Oppo Find X8 Series membuktikan bahwa Indonesia, khususnya Bali, siap menyambut mitra strategis global dan memainkan peran besar dalam industri teknologi.
Bali, dengan keindahan alam dan budaya yang kaya, menjadi lokasi yang sempurna untuk menguji kemampuan teknologi terbaru Oppo.
Media internasional memberikan pengakuan bahwa Bali adalah pilihan ideal untuk menguji fitur unggulan dari Oppo Find X8, terutama dengan teknologi AI Telescope Zoom dan Lighting Snap yang mampu menangkap detail luar biasa dari pemandangan Bali yang memukau, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang menantang.
Ini semakin memperkuat reputasi Bali sebagai destinasi global yang siap menyambut dunia, sekaligus menampilkan potensi besar Oppo dalam memadukan inovasi teknologi dengan kekayaan budaya lokal, membawa Indonesia ke panggung dunia.
Telko.id – Telkomsel Solusi Hyper AI Digital Smart Care berhasil meraih penghargaan pada IDC Future Enterprise Awards 2024 untuk kategori Best in Future of Customer Experience di Indonesia pada 18-19 November 2024 di Singapura.
Penghargaan ini diberikan atas inisiatif terdepan Telkomsel dalam menghadirkan inovasi solusi layanan pelanggan berbasis AI (AI-Powered Digital Smart Care – AI DSC).
IDC Future Enterprise Awards 2024 sendiri merupakan ajang penghargaan yang digelar oleh International Data Corporation (IDC) yang berbasis di Amerika Serikat, dan rutin dilaksanakan sejak 2017.
Penghargaan yang diberikan kepada Telkomsel adalah apresiasi sebagai salah satu pemain transformasi digital terkemuka di Indonesia. Ajang ini juga menjadi tolok ukur penting bagi inovasi dan strategi digital dalam lingkungan bisnis yang terus berkembang.
Solusi AI DSC telah diterapkan di lebih dari 800 titik layanan pelanggan Telkomsel, termasuk GraPARI, Call Center, dan eCare. AI DSC sekaligus merupakan jawaban dari tantangan lonjakan interaksi pelanggan yang membutuhkan respon cepat dan tepat setelah bergabungnya IndiHome ke dalam bisnis Telkomsel pada 2023.
Melalui pendekatan end-to-end berbasis AI Telkomsel (Hyper AI) yang bertujuan menghadirkan layanan jaringan terbaik yang berpusat pada kebutuhan pelanggan, solusi AI DSC mempercepat akses informasi bagi agen customer service, meningkatkan ketepatan respon, serta memastikan pengalaman pelanggan yang konsisten dan berkualitas tinggi di setiap interaksinya.
“Solusi layanan pelanggan berbasis AI memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik sekaligus mendorong semangat untuk mengembangkan inovasi digital yang berdampak positif bagi masyarakat Indonesia. Penghargaan ini juga menunjukkan komitmen Telkomsel dalam menerapkan AI di seluruh aspek bisnis dan operasional,” kata Joyce Shia, Direktur IT Telkomsel.
Pada ekosistem AI DSC, implementasi AI yang memanfaatkan sumber dari Knowledge Management System (KMS)—berfungsi sebagai acuan pengetahuan produk dan layanan Telkomsel—memudahkan lebih dari 4.500 agen customer service, lebih dari 6.000 karyawan, dan lebih dari 300.000 mitra reseller untuk mendapatkan rekomendasi jawaban terbaik secara real-time.
Dengan teknologi Natural Language Processing dan rekomendasi jawaban berbasis konteks, sistem AI juga memudahkan untuk menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat dan akurat, serta mengurangi waktu penanganan hingga 50%.
Selain itu, dalam ekosistem AI DSC terdapat Dashboard utama DSC yang berfungsi sebagai pusat operasional dan mengakomodasi kebutuhan produk fixed broadband IndiHome dan mobile broadband Telkomsel.
Selain itu, pada AntreAja, mengoptimalkan proses antrian, meningkatkan efisiensi layanan dan kepuasan pelanggan di GraPARI; dan Kasir berfungsi sebagai layanan transaksi unggulan dalam ekosistem DSC, memastikan operasi keuangan yang cepat dan akurat sambil meningkatkan keandalan layanan secara keseluruhan.
“Pemenang Future Enterprise Awards 2024 dari Indonesia menunjukkan bagaimana organisasi memanfaatkan AI dan platform digital untuk mendorong inovasi, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan memberikan nilai tambah kepada masyarakat,” ujar Melvie Espejo, Direktur Riset IDC Asia/Pacific.
Menurut Espejo, salah satunya adalah Digital Smart Care berbasis AI dari Telkomsel yang menunjukkan bagaimana teknologi dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang. (Icha)