spot_img
Latest Phone

Apple Siapkan iPhone Lipat Pertama, Rilis 2026

Telko.id - Apple dikabarkan sedang mempersiapkan peluncuran iPhone lipat...

Apple Rilis iOS 26 Beta 2 dengan Perbaikan Liquid Glass

Telko.id - Apple baru saja merilis iOS 26 beta...

ASUS ROG Luncurkan Jajaran Perangkat Gaming RTX 50 Series di Indonesia

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) resmi memperkenalkan...

Garmin Luncurkan Forerunner 570 & 970, Revolusi Smartwatch untuk Pelari

Telko.id - Garmin Indonesia resmi meluncurkan dua smartwatch GPS...

iPadOS 26 Resmi Dirilis: Multitasking Lebih Canggih dan Desain Baru

Telko.id - Para pengguna iPad merasakan perangkat nya masih...
Beranda blog Halaman 185

Satu Dekade, Samsung Pertahankan Pimpin Market Soundbar Global

Telko.id – Samsung Electronics telah mempertahankan posisinya sebagai pemimpin di market soundbar global selama sepuluh tahun berturut-turut dari tahun 2014 hingga 2023, menurut laporan tahunan dari FutureSource Consulting.

Data terbaru, yang dirilis pada 28 Februari, menyoroti dominasi Samsung yang tiada henti dengan pangsa pasar sebesar 20,3% dan kontribusi sebesar 18,8% terhadap volume penjualan industri pada tahun 2023.

Samsung terus meningkatkan standar sistem home entertainment selama bertahun-tahun, menjadikan soundbar-nya terkenal dengan reputasi kualitas suara yang superior dan inovasi yang inovatif.

Fitur-fitur unggulan seperti Q-Symphony dan SpaceFit Sound telah merevolusi pengalaman dalam mendengarkan, memberikan pengguna sebuah lanskap suara yang sangat imersif yang disesuaikan dengan lingkungan di mana mereka mendengarkan.

Baca juga : Samsung Experience Lounge, Ruang Pamer Serba AI Serba Pintar

Standar keunggulan ini telah diakui oleh para pakar industri dan pemberi ulasan, dengan T3 yang memberikan predikat “Best Soundbar” kepada HW-Q990C untuk audio yang imersif dan “exceptional object-based sonics”, dan HomeTheaterReview menjadikan soundbar ini sebagai “Editor’s Choice” dan memberikan komentar: “Suaranya luar biasa, terlepas dari jenis konten apa pun yang Anda dengarkan.”

Tahun ini, Samsung terus berinovasi melalui jajaran soundbar-nya, memperkenalkan fitur audio AI yang disempurnakan dan pilihan konektivitas untuk memikat konsumen dan penggemar home theatre.

Soundbar flagship Q-series tahun 2024 dari Samsung Electronics, HW-Q990D, semakin memperluas pengalaman audio yang imersif di rumah sekalipun

Soundbar flagship Q-series, HW-Q990D, menawarkan suara surround 11.1.4-channel yang mengesankan dan fitur Q-Symphony yang telah ditingkatkan.

Dengan dukungan AI, perangkat ini menganalisis dan menyinkronkan channel suara sehingga menghasilkan dialog yang jernih dan lanskap suara yang imersif di semua speaker.

Dipasangkan dengan SpaceFit Sound Pro untuk kalibrasi audio yang disesuaikan, soundbar ini juga memastikan pengalaman yang imersif di ruang mana pun.

Sementara HDMI 2.1 dan 4K/120Hz passthrough menyediakan opsi konektivitas yang memenuhi tuntutan sistem home entertainment modern.

“Kami sangat senang dapat kembali mendapat pengakuan sebagai pemimpin market soundbar, sebuah pencapaian yang mencerminkan tanggapan positif dari para konsumen kami selama ini,” ujar Cheolgi Kim, EVP of Visual Display Business Samsung Electronics.

Cheolgi menambahkan bahwa dengan keberhasilkan tersebut, Samsung akan terus berupaya menghadirkan inovasi dalam home entertainment dengan kualitas suara yang superior dan fitur konektivitas yang canggih, dengan memanfaatkan teknologi suara berbasis AI untuk memperkuat pengalaman konsumen dan posisi Samsung di market global. (Icha)

Konsisten Jalankan Transformasi, Telkom Catat Kinerja 2023 Positif

0

Telko.id – Kinerja Telkom sepanjang tahun 2023, tercatat positif. Perseroan membukukan pendapatan konsolidasian sebesar Rp149,2 triliun atau tumbuh sebesar 1,3% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi (EBITDA) perseroan tercatat sebesar Rp77,6 triliun dengan EBITDA margin pada 52,0%. Sementara itu, laba bersih perseroan tumbuh dua digit sebesar 18,3% YoY menjadi Rp24,6 triliun pada akhir tahun 2023.

Pencapaian positif ini dikontribusi oleh pertumbuhan bisnis Data, Internet & IT Service yang tumbuh 6,5% YoY menjadi Rp87,4 triliun. Adapun IndiHome dan layanan Interkoneksi juga catat pertumbuhan pendapatan yang cukup memuaskan pada 2,7% YoY dan 7,0% YoY.

“Dengan fokus pada transformasi dan implementasi strategi utama 5 Bold Moves, alhamdulillah Telkom tetap mampu mencatat kinerja positif baik keuangan maupun operasional. Tentunya hal ini tidak mudah, di tengah tantangan yang ada seperti persaingan bisnis, jangkauan infrastruktur, regulasi, hingga kebutuhan akan partnership dan investasi. Namun apa yang Telkom raih saat ini, menunjukkan sinyal positif dan mendorong kami untuk terus melanjutkan transformasi,” kata Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkom.

Baca juga : Kinerja Telkom Kuartal III 2023, Bukukan Pendapatan Rp111,2 Triliun

Pada segmen Mobile dan Consumer, Telkomsel selaku anak usaha Telkom mencatatkan kinerja positif mencapai Rp102,4 triliun. Pencapaian tersebut utamanya didorong oleh pertumbuhan Digital Business hingga 7,6% YoY menjadi Rp78,5 triliun dengan kontribusi dari total pendapatan sebesar 88,0% dari tahun sebelumnya 81,9%.

Telkomsel terus fokus pada peningkatan market share dengan jumlah pelanggan mobile mencapai 159,3 juta dan pelanggan IndiHome residensial (B2C) 8,7 juta pada akhir 2023.

Implementasi Fixed Mobile Covergence yang ditandai dengan penggabungan usaha IndiHome ke Telkomsel mulai menunjukkan sinyal positif. Telkomsel kian fokus pada produktivitas market share melalui pendekatan yang berprioritas pada pelanggan dengan mengoptimalkan prinsip Customer Value Management (CVM).

Efisiensi baik dari belanja modal maupun belanja operasional pun mulai dijalankan dan diproyeksikan dapat memperlihatkan hasil yang baik sebagaimana yang direncanakan oleh perseroan.

Diharapkan seiring proses dan waktu yang terus berjalan, potensi peningkatan revenue dari sinergi keduanya dapat menunjukkan hasil yang baik.

Pada segmen Enterprise, perseroan membukukan pendapatan Rp18,2 triliun yang dikontribusi dari solusi B2B Digital IT Services dan Enterprise Connectivity. Telkom terus memperkuat kapabilitas di bisnis cloud melalui kerja sama strategis dengan pemain teknologi global, di samping terus meningkatkan kualitas dalam memberikan solusi digital kepada pelanggan.

Segmen Enterprise juga meluncurkan Indibiz yang menyasar UKM dengan berbagai solusi yang tersedia, seperti Indibiz Ruko, Indibiz Finance, Indibiz Education, dan Indibiz Hotel.

Selain UKM, Telkom juga fokus menggarap potensi bisnis yang ada di pemerintahan, BUMN, dan korporasi swasta yang dijalankan oleh tujuh Telkom Regional dan unit bisnis.

Selanjutnya, segmen Whole sale dan International mencatat pendapatan Rp16,9 triliun atau tumbuh 9,6% YoY dikontribusi pertumbuhan pada bisnis layanan suara wholesale internasional dan bisnis infrastruktur digital.

Hal ini juga tidak lepas dari dukungan Telin selaku anak usaha Telkom yang bergerak di bisnis telekomunikasi internasional. Pada bisnis data center, TelkomGroup memiliki dan mengelola 32 data center yang tersebar di empat negara (Indonesia, Singapura, Hong Kong, dan Timor Leste) dengan rata-rata utilisasi hingga 70%.

Mayoritas data center tersebut memiliki klasifikasi tier 3 dan 4 dengan total kapasitas hingga 42 MW. Sepanjang 2023, bisnis data center dan cloud perseroan membukukan pendapatan Rp1,9 triliun atau tumbuh 14,8% YoY.

Pada bisnis menara telekomunikasi, Mitratel menutup tahun 2023 dengan kinerja cemerlang dan pertumbuhan double digit pada pendapatan, EBITDA, dan laba bersih.

Mitratel mencatat pendapatan Rp8,6 triliun atau tumbuh 11,2% YoY, didorong oleh pendapatan sewa menara. EBITDA dan laba bersih tumbuh masing-masing sebesar 12,7% dan 12,6% YoY dengan margin keduanya yang semakin baik senilai 80,5% dan 23,4%.

Mitratel merupakan tower provider terbesar di Asia Tenggara dari sisi kepemilikan tower yang memiliki 38.014 tower dengan tenancy ratio yang meningkat cukup baik dari 1,47x di 2022 menjadi 1,51x pada akhir 2023.

Dari sisi operasional, jumlah kolokasi dan jumlah penyewa juga mengalami peningkatan masing-masing sebesar 16,9% dan 10,4% YoY. Pada periode tersebut Mitratel membukukan kinerja keuangan yang kian kuat dengan leveraging ratio yang relatif rendah, yakni rasio net to debt EBITDA sebesar 2,2x.

Mengikuti implementasi inisiatif FMC, selanjutnya Telkom kini tengah fokus mempersiapkan implementasi strategi DCCo. Telkom melalui anak usahanya Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) fokus mengembangkan bisnis Hyperscale Data Center dan Enterprise Data Center untuk melayani kebutuhan korporasi besar dari berbagai segmen pelanggan.

Sementara itu Edge Data Center yang dimiliki difokuskan untuk mendukung layanan pemerintah lokal, operator telekomunikasi dan provider internet lokal, serta pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di seluruh Indonesia.

Tahun 2024, Telkom akan meningkatkan kapasitas data centernya dari 42 MW menjadi 55 MW, yang didorong oleh peningkatan kapasitas Hypercale Data Center Cikarang sebesar 13 MW. Selain itu, Telkom juga terbuka dan aktif membangun kerja sama dengan mitra strategis dalam mengembangkan kapasitas dan kapabilitas data center.

Perseroan juga dalam proses mempersiapkan implementasi InfraCo di mana entitas barunya telah dibentuk dengan nama Telkom Infrastruktur Indonesia pada akhir 2023.

Telkom Infrastruktur Indonesia dipersiapkan untuk menjadi penggerak utama perseroan dalam penciptaan nilai tambah perusahaan dengan meningkatkan utilisasi infrastruktur jaringan, mengoptimalkan capital expenditure TelkomGroup, meningkatkan pendapatan dari eksternal, menyediakan layanan telekomunikasi yang andal, meningkatkan efisiensi operasional, dan kemitraan strategis.

Memasuki tahun 2024, Telkom Infrastruktur Indonesia tengah mempersiapkan pengelolaan jaringan end to end Telkom, dengan fokus khusus pada optimalisasi pemanfaatan jaringan melalui penyediaan layanan wholesale Fiber-to the-Home (FTTH) untuk segmen B2B.

Hal ini merupakan wujud komitmen perusahaan untuk menyediakan layanan terbaik dengan inovasi berkelanjutan, yang bertujuan untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan memperluas penetrasi layanan broadband dan memenuhi kebutuhan konektivitas yang kian meningkat.

Sepanjang 2023, Telkom telah menggunakan belanja modal perseroan mencapai Rp33,0 triliun atau 22,1% dari total pendapatan. Belanja modal ini difokuskan pada pengembangan infrastruktur jaringan telekomunikasi demi pengalaman digital pelanggan yang lebih baik.

Sejalan dengan implementasi inisiatif FMC, Telkom mengutamakan optimisasi synergy value dari belanja modal terkait jaringan akses, infrastruktur dan sistem IT untuk peningkatan efisiensi.

Anggaran belanja modal juga digunakan untuk beberapa inisiatif besar perusahaan meliputi peningkatan kualitas dan kapasitas jaringan 4G, pengembangan teknologi 5G, pembuatan Satelit Merah Putih 2 yang saat ini sudah berada di orbit 113 BT, penggelaran sistem komunikasi kabel laut, serta penyelesaian Hyperscale Data Center Cikarang dan pembangunan Hyperscale Data Center Batam.

“Telkom terus berupaya untuk melanjutkan langkah transformasi sekaligus berinvestasi memperkuat lini usaha digital connectivity, digital platform, dan digital services. Telkom juga memiliki sumber daya yang memadai untuk membantu masyarakat Indonesia meningkatkan literasi dan keterampilan digital sebagai salah satu modal utama bagi Indonesia untuk mewujudkan cita-cita menjadi negara maju,” tutup Ririek. (Icha)

Kabar gembira, Galaxy AI Segera Hadir di Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5

Telko.id – Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5, yang terkenal dengan desain lipat unik nan inovatifnya menjadi andalan penggunanya yang aktif dan produktif. Kabar gembira bagi mereka karena keduanya akan segera diperkaya dengan fitur Galaxy AI.

“Ini akan memberikan cara baru bagi pengguna mengoptimalkan smartphone mereka. Dengan fitur AI yang terintegrasi dalam perangkat foldable ini, kemudahan dan inovasi bertemu dalam genggamanmu,” kata Selvia Gofar, Head of MX Product Marketing and Partnership, Samsung Electronics Indonesia.

Ya, Galaxy AI di smartphone tersebut menjadikan solusi yang tidak hanya mempermudah hidup, tetapi juga memnungkinkan kamu jadi punya lebih banyak waktu untuk mencoba hal-hal baru.

“Sekarang adalah saat yang tepat memiliki Galaxy Z Fold5 dan Galaxy Z Flip5 dengan berbagai tawaran menarik mulai dari 22 Maret hingga 5 April 2024,” kata Selvia.

Baca juga : Dua Samsung Galaxy Z5 Series Hadir Dengan Felx Hinge Terbaru

Produktivitas makin tinggi

Bagi seorang pengguna dengan produktivitas tinggi, seringkali memiliki meeting dalam bahasa asing dengan partner kerjanya. Dalam sebuah meeting berbahasa asing, membuat catatan di setiap meeting bukan hal yang mudah.

Saat Galaxy AI datang di Galaxy Z Fold5, fitur Note Assist akan merapikan tulisan tangan pengguna saat membuat catatan meeting dengan S Pen, dan mengubahnya menjadi bentuk teks.

Cara lain adalah merekam percakapan saat meeting, lalu dengan fitur Transcript Assist akan mengubah rekaman suara menjadi teks.

Kedua fitur AI dapat lebih dioptimalkan untuk mengubah format catatan dalam bentuk ringkasan, bahkan menerjemahkannya ke dalam bahasa lain jika diperlukan dalam hitungan detik.

Ditambah lagi, fitur Browsing Assist akan membantu merangkum sumber materi meeting atau presentasi, sehingga kamu dapat dengan mudah dan cepat memahami materi.

Integrasi Galaxy AI yang akan segera hadir di Galaxy Z Fold5 mendorong produktivitas kamu semakin efisien.

Circle to Search with Google pun ada

Mencari fashion yang sedang tren tidak perlu pusing mencari nama atau teks saat mencari informasi di internet. Dengan fitur Circle to Search with Google, kamu cukup melingkari outfit yang sedang digunakan orang lain atau sedang menjadi konten viral.

Dalam hitungan detik, berbagai informasi seperti nama brand, nama produk, di mana dapat dibeli, dan lainnya akan tampil di layar Galaxy Z Flip5. Dengan fitur ini di Galaxy Z Flip5, otomatis kamu akan jadi yang paling trendy di antara teman-temanmu!

Menyambut kehadiran Galaxy AI di Galaxy Z Fold5 dan Galaxy Z Flip5, Samsung memberikan berbagai promo menarik untuk setiap pembelian Galaxy Z Fold5 dan Galaxy Z Flip5.

Mulai dari tanggal 22 Maret – 5 April 2024 di samsung.com/id. Galaxy Z Flip5 dapat diperoleh dengan  harga mulai dari Rp15.999.000 (256GB), dan Galaxy Z Fold5 mulai dari harga Rp24.999.000 (256GB).

Tedapat juga penawaran menarik mulai dari cashback hingga Rp3.000.000, Samsung Care+ selama1 tahun, YouTube premium selama 4 bulan, Adobe Lightroom/Express selama 2 bulan, hingga One Drive Microsoft 365 sebesar 100GB selama 6 bulan. Bersiaplah menikmati era baru mobile AI yang akan membuka peluang baru untukmu. (Icha)

Tahun 2023, Xiaomi Laba Bersih Melonjak 126,3 Persen

Telko.id – Pada tahun 2023 lalu,  Xiaomi Corporation mencatatkan kinerja yang baik di mana, pendapatan total Xiaomi mencapai 271,0 miliar, sementara laba bersih yang disesuaikan melonjak 126,3% menjadi 19,3 miliar RMB (setara 591.3 Triliun rupiah).

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedua sejak Xiaomi menjadi perusahaan terdaftar.

Bisnis Kendaraan Listrik pintar (EV) serta inisiatif baru lainnya mengalami peningkatan hingga mencapai 6,7 miliar RMB (setara dengan 14.6 Triliun rupiah) (biaya kompensasi berbasis saham yang terkait dengan EV pintar dan inisiatif baru lainnya sebesar 0,8 miliar RMB tidak termasuk untuk tahun ini).

Pada kuartal keempat 2023, pendapatan total Xiaomi terus tumbuh selama dua kuartal berturut-turut, mencapai 73,2 miliar RMB (setara dengan 159.7 Triliun rupiah), meningkat 10,9% dari tahun sebelumnya, sementara laba bersih yang disesuaikan melonjak 236,1% YoY menjadi 4,9 miliar RMB.

Baca juga : Xiaomi Perkenalkan Ekosistem Pintar “Human x Car x Home” di MWC 2024

Sepanjang tahun 2023, Xiaomi terus menerapkan strategi operasional utamanya yang menekankan skala dan profitabilitas secara bersamaan.

Tahun tersebut juga menjadi awal dari implementasi peningkatan strategi perusahaan, yang dikenal sebagai “Human × Car × Home“.

Dalam hal kinerja bisnis, pertumbuhan laba mengalami akselerasi pada paruh pertama 2023, diikuti oleh peningkatan pendapatan kuartalan pada paruh kedua. Kedua indikator ini mencerminkan pertumbuhan ketahanan dan efisiensi yang luar biasa dalam operasional bisnis Xiaomi.

Di sisi pengembangan ekosistem, Xiaomi memperkenalkan sistem operasi baru, Xiaomi HyperOS, dan menggelar acara peluncuran teknologi EV Xiaomi.

Acara peluncuran produk Xiaomi SU7 Series dijadwalkan pada 28 Maret 2024, yang akan semakin memperkaya portofolio ekosistem Xiaomi.

Permintaan kuat untuk model smartphone flagship didorong oleh tren premiumisasi
Pada tahun 2023, Xiaomi telah mengirimkan sekitar 145,6 juta unit smartphone secara global, dengan pendapatan tahunan dari penjualan smartphone mencapai 157,5 miliar RMB (setara dengan 343.6 Triliun rupiah) dan margin laba kotor sebesar 14,6%.

Menurut Canalys, Xiaomi berhasil mempertahankan posisi No. 3 dalam pengiriman smartphone global selama tiga tahun berturut-turut. Pada kuartal keempat tahun 2023, pengiriman global smartphone Xiaomi meningkat menjadi 40,5 juta unit, naik sebesar 23,9% YoY.

Menghadapi persaingan pasar yang ketat, Xiaomi terus memperkuat inovasi teknologinya dan memasuki pasar smartphone premium. Pada tahun 2023, harga jual rata-rata (ASP) smartphone Xiaomi di pasar China mengalami peningkatan lebih dari 19% YoY.

Menurut data pihak ketiga, pangsa pasar Xiaomi dalam penjualan smartphone di segmen harga 4.000 RMB-6.000 RMB (setara dengan 8.7 Juta rupiah – 13 juta rupiah) di pasar China mencapai 16,9% pada tahun 2023, meningkat sebesar 9,2 poin persentase YoY.

Pada kuartal keempat, Xiaomi bahkan berhasil mencapai peringkat penjualan No. 1 di segmen harga yang sama. Di pasar China, lebih dari 20% dari total pengiriman smartphone Xiaomi untuk tahun ini adalah smartphone premium (model dengan harga eceran pada atau di atas 3.000 RMB (setara dengan 6,5 juta rupiah)).

Sebagai salah satu merek global yang paling sukses di China, smartphone Xiaomi berhasil mempertahankan posisi yang kuat di pasar global pada tahun lalu. Menurut Canalys, pada tahun 2023, pengiriman smartphone Xiaomi berada di peringkat tiga besar di 51 negara dan wilayah secara global, serta berada di antara lima besar di 65 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Secara khusus, Xiaomi menduduki peringkat No. 2 di Timur Tengah, dan peringkat No. 3 di Amerika Latin, Afrika, dan Asia Tenggara, dengan pertumbuhan pangsa pasar yang signifikan di semua wilayah ini. Model andalan dari Xiaomi mendapatkan pujian yang luas, terutama seri Xiaomi 14 yang memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Strategi operasi ritel baru Xiaomi, yang mengusung konsep “integrasi etalase”, telah menghasilkan dampak positif dengan peningkatan yang signifikan dalam efisiensi toko ritel offline-nya. Menurut data pihak ketiga, pada tahun 2023, pangsa pasar Xiaomi dalam pengiriman smartphone melalui toko offline di pasar China meningkat menjadi 8,4%.

Jumlah perangkat IoT yang terhubung pada platform AIoT mencapai rekor tertinggi, dan mendapatkan pujian yang luas di pasar global.


Pada tahun 2023, pendapatan dari produk IoT dan gaya hidup Xiaomi mencapai 80,1 miliar RMB, dengan margin laba kotor mencapai 16,3%, mencapai rekor tertinggi. Pada 31 Desember 2023, jumlah perangkat IoT yang terhubung (tidak termasuk smartphone, tablet, dan laptop) pada platform AIoT Xiaomi mencapai 739,7 juta, meningkat 25,5% YoY.

Sementara jumlah pengguna dengan lima atau lebih perangkat yang terhubung ke platform AIoT-nya (tidak termasuk smartphone, tablet, dan laptop) mencapai 14,5 juta, meningkat 25,3% YoY. Monthly Active Users (MAU) dari Mi Home App Xiaomi juga tumbuh menjadi 85,8 juta pada Desember 2023.

Xiaomi terus memperluas skenario smart living dan mendapatkan pengakuan global yang semakin luas. Sementara itu, Xiaomi TV terus mengembangkan strategi premiumisasinya. Menurut All View Cloud, pada 2023, pengiriman TV Xiaomi masuk dalam lima besar secara global.

Pada tahun yang sama, peralatan rumah tangga pintar Xiaomi menunjukkan momentum pertumbuhan penjualan yang tinggi, dengan pendapatan meningkat hampir 40% YoY.

Pengiriman tablet global Xiaomi melebihi 5 juta unit, meningkat lebih dari 50% YoY, dengan pengiriman tablet Xiaomi di pasar luar negeri meningkat dua kali lipat YoY.

Di sektor produk wearables, Xiaomi mempertahankan posisi terdepan di industri dengan fitur komprehensif dan portofolio produk yang beragam.

Menurut Canalys, pada tahun 2023, pengiriman smart band Xiaomi berada di peringkat kedua baik di pasar China maupun di pasar global, sementara pengiriman buds juga berada di peringkat kedua di pasar China.

Memperkuat kolaborasi untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan di segmen layanan internet
Pada tahun 2023, layanan internet Xiaomi mencapai rekor tertinggi dalam pendapatan dan margin laba kotor, dengan pendapatan layanan internet mencapai 30,1 miliar RMB ( setara dengan 65.6 triliun rupiah) dan margin laba kotor layanan internetnya mencapai 74,2%.

Dengan memanfaatkan jejak globalnya, Monthly Active Users (MAU) Xiaomi secara global dan di pasar China (termasuk smartphone dan tablet) masing-masing mencapai 641,2 juta dan 155,6 juta.

Dalam kemitraan globalnya, Xiaomi menerapkan pendekatan terbuka yang memungkinkan potensi monetisasi bisnis. Pada tahun 2023, pendapatan dari layanan internet di luar negeri meningkat 24,1% YoY menjadi 8,4 miliar RMB (setara dengan 18.3 triliun rupiah), mencapai rekor tertinggi dan menyumbang 28,0% dari total pendapatan layanan internet Xiaomi.

Dengan upaya terus menerus dalam mengoptimalkan efisiensi di seluruh platformnya, pendapatan iklan Xiaomi mencapai 20,5 miliar RMB (setara dengan 44.7 triliun rupiah), meningkat 11,2% YoY.

Seiring dengan kemajuan strategi premiumisasi smartphone, jumlah pengguna aktif dan pengguna berbayar dari game dalam bisnis Xiaomi terus bertambah, mendorong pendapatan dari game mencapai 4,4 miliar RMB (setara dengan 9.6 triliun rupiah) pada tahun 2023, meningkat 7,0% YoY.

Menetapkan tujuan baru pada 2020 – 2030, Xiaomi berkomitmen untuk berinvestasi dalam teknologi inti dasar dan bertujuan menjadi pemimpin teknologi mutakhir global Pada 2023, Xiaomi memperkenalkan tujuan barunya untuk 2020‒2030 dengan komitmen yang kuat untuk investasi berkelanjutan dalam teknologi inti dasar.

Perusahaan berdedikasi untuk menjadi pemimpin dalam bidang teknologi mutakhir global yang terus berkembang. Pada tahun yang sama, biaya penelitian dan pengembangan (“R&D”) Xiaomi mencapai 19,1 miliar RMB (setara dengan 41.6 triliun rupiah), meningkat 19,2% YoY.

Pada tanggal 31 Desember 2023, Xiaomi memiliki 17.800 personel R&D, yang setara dengan 53% dari total karyawan perusahaan.

Pada tanggal 28 Desember 2023, Xiaomi merilis produk EV pertamanya, yaitu seri Xiaomi SU7, dalam acara Xiaomi EV Technology Launch. Acara tersebut menampilkan lima teknologi inti Xiaomi EV, yang menjadi tonggak keberhasilan dalam langkah baru perusahaan. (Icha)

Menkominfo Dorong Industri Pusat Data Indonesia Go Global

0

Telko.id – Pemerintah mendukung upaya pengembangan ekosistem industri digital untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya melalui industri pusat data Indonesia yang bisa go global.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi pun mendorong pembangunan ekosistem data baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun swasta agar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Ke depan saya yakin DCI akan mendorong pertumbuhan industri pusat data Indonesia untuk semakin go global, tidak perlu jauh-jauh setidaknya di level Asia Tenggara saja dulu,” tuturnya dalam kegiatan E1 Open Days Data Center International (DCI) Indonesia di Jakarta Selatan, Kamis (21/03/2024).

Budi menjelaskan pada Tahun 2028 nilai pasar kegiatan layanan data center di Asia Tenggara diproyeksikan mengalami kenaikan 135% dibanding tahun 2023. Jika dibandingkan di tingkat global rata-rata pertumbuhannya hanya 15,2% setiap tahunnya.

Baca juga : Pengalihan Data center TelinSG ke NeutraDC Singapore, Ini Targetnya!

“Tentu peluang ekonomi dalam layanan pusat data di tingkat regional tidak boleh kita lewatkan. Apalagi di tingkat nasional, penetrasi internet kita di Indonesia yang terhubung sudah mencapai 79,5% atau sekitar 220 setengah juta penduduk Indonesia,” jelasnya. 

Menurut Menkominfo, jumlah penetrasi internet tersebut merupakan pasar yang sangat besar menunjukkan potensi keunggulan pusat data yang signifikan. 

“Hal ini menunjang aktivitas masyarakat menggunakan teknologi digital,” tandasnya.

Namun demikian, Budi mengingatkan tantangan dalam aspek kapasitas Pusat Data Center Indonesia yang hanya memiliki kapasitas 184 megawatt di Tahun 2023. Menurutnya, angka tersebut masih jauh jika dibandingkan dengan negara tetangga Singapura yang memiliki data center berkapasitas 707 MW. 

“Kita memang masih perlu banyak melakukan pekerjaan rumah, dari mulai optimalisasi pembangunan infrastruktur jaringan internet, pemenuhan kebutuhan talenta digital hingga penyediaan akses teknologi digital,” ungkapnya.

Budi juga mengapresiasi kiprah DCI Indonesia selama lebih dari 10 tahun memberikan layanan data. Bahkan mengharapkan dapat berkontribusi membangun masa depan digital Indonesia yang semakin produktif dan konstruktif. (Icha)

Galaxy S24 Series Pelopor Era Baru Ponsel AI, Ini 4 Alasannya!

Telko.id – AI merevolusi duniadengan potensi untuk mengubah dan mempengaruhi cara kita hidup, bekerja, dan bermain. 

Samsung Galaxy S24 series terbaru menetapkan standar baru dalam inovasi ponsel premium, didukung oleh Galaxy AI yang memberikan pengalaman premium dan cerdas, semua dalam genggaman Anda.

Berikut adalah empat alasan mengapa Galaxy S24 Ultra, Galaxy S24+, dan Galaxy S24 yang diberdayakan oleh AI, adalah perangkat yang ideal untuk menggali kekuatan dan potensi diri Anda, melalui pengalaman smartphone yang lebih intuitif dan nyaman dibanding sebelumnya.

Alasan #1: Bantu selesaikan banyak hal dengan mudah

Setelah resolusi Tahun Baru berlalu, memahami cara terbaik untuk mengatur diri sendiri adalah target yang bagus. Tingkatkan efektivitas Anda dalam menyelesaikan berbagai hal dengan Note Assist di Samsung Notes, yang memungkinkan Anda, dibantu oleh AI, membuat ringkasan yang bisa jadi referensi singkat di kemudian hari. 

Baca juga : Tips Buat Konten Ngabuburit Pakai Galaxy S24 Series, Jadinya Keren!

Transcript Assist membantu menyelesaikan banyak pekerjaan dengan menggunakan teknologi AI dan Speech-to-Text untuk mentranskrip, meringkas, dan menerjemahkan rekaman suara, sehingga Anda lebih cepat menyelesaikan berbagai pekerjaan dan punya lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal lain yang penting.

Galaxy S24 series membawa pencarian ke tingkat berikutnya dengan Circle to Search with Google yang intuitif. Tekan dan tahan tombol home lalu cukup lingkari, highlight, coret, atau ketuk apa pun di layar Galaxy S24.

Anda akan mendapatkan hasil pencarian yang praktis dan berkualitas tinggi, mulai dari mencari tahu di mana tempat untuk membeli kemeja keren yang Anda lihat di aplikasi sosial, atau menemukan lebih banyak informasi tentang tempat nongkrong viral yang baru saja dilewati.

Alasan #2: Ciptakan komunikasi yang lebih bermakna

Dengan Live Translate, pengguna dapat menikmati terjemahan suara dan teks panggilan telepon secara dua arah dan real-time. Kapan lagi bisa langsung menyapa siswa pertukaran pelajar yang baru saja bergabung di kelas Anda?

Dengan fitur Interpreter, percakapan langsung dapat langsung diterjemahkan pada tampilan split-screen, sehingga Anda dapat langsung membaca transkripsi teks dari apa yang dikatakan orang lain.

Jika Anda suka berkirim pesan teks tetapi butuh bantuan untuk menyesuaikan nada bicara dengan orang yang berbeda dalam hidup Anda, Chat Assist dapat menambahkan sentuhan yang sempurna, entah itu untuk membuat caption media sosial yang menarik, atau menggunakan nada bicara yang lebih formal saat berdiskusi soal pekerjaan dengan manajer.

Alasan #3: Dorong kreativitas yang lebih epik

Berkat ProVisual Engine pada Galaxy S24 series, konten creator pemula dapat meningkatkan keahlian mereka dengan serangkaian tools bertenaga AI yang komprehensif dapat dapat mengubah segalanya, mulai dari memotret hingga memaksimalkan kebebasan berkreasi.

Merekam foto yang lebih baik dalam berbagai kondisi dengan fitur-fitur seperti Quad Tele System dengan lensa 5x optical zoom terbaru dan sensor 50MP, serta kemampuan Nightography yang telah ditingkatkan.

Setelah pemotretan, alat pengeditan Galaxy AI memungkinkan pengguna melakukan pengeditan sederhana seperti menghapus elemen yang tidak diinginkan dalam foto, menyusun ulang gambar Anda.

Jadikan semuanya terlihat apik dengan Edit Suggestion yang membantu menyarankan penyesuaian pada foto Anda dan Generative Edit yang mengisi bagian latar belakang gambar dengan generative AI saat Anda memiringkan gambar atau menghapus elemen tertentu.

Alasan #4: Jaga privasi dan keamanan Anda

Galaxy S24 series menghadirkan kecanggihan AI untuk memastikan bahwa pengguna memiliki pilihan dan kendali atas perangkat mereka melalui pengaturan Advanced Intelligence yang dapat menonaktifkan pemrosesan data secara online untuk fitur-fitur AI.

Pada saat yang sama, Galaxy S24 series dilindungi oleh Samsung Knox, platform keamanan Samsung dengan tingkat keamanan berlapis multi-lapisan, yang akan melindungi informasi penting dan pribadi Anda.

Dengan tujuh generasi upgrade OS dan update keamanan selama tujuh tahun untuk Galaxy S24 series, Anda akan menikmati kinerja perangkat Galaxy yang dioptimalkan lebih lama lagi. (Icha)

Tips Buat Konten Ngabuburit Pakai Galaxy S24 Series, Jadinya Keren!

Telko.id – Momen menanti waktu berbuka puasa sering dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat dan produktif. Menurut Digital Creator Mada Riyanhadi,  momen ngabuburit jadi saat yang tepat untuk hunting konten menarik.

Karena ngabuburti menghadirkan hangatnya kebersamaan yang tercermin dari human portrait, uasana pemandangan lanskap kota yang hangat menjelang berbuka,  hingga berbagai foto portrait menu takjil yang hanya ditemui di  bulan Ramadan.

Agar konten ngabuburit Ramadan kali ini terlihat semakin epic, Mada Riyanhadi berbagi tips memanfaatkan fitur-fitur canggih yang ada di Galaxy S24 Series.

“Saat waktunya datang, momen menunggu waktu bukber selalu seru untuk di-capture setiap tahun. Tahun ini saya kulik Galaxy S24 Series yang punya kamera terbaik dan fitur Galaxy AI yang bikin semakin canggih.

Teknologi Super HDR dan Optical Zoom hingga 5x pada kamera 50 MP akan membuat hasil foto jadi lebih spektakuler hanya dalam satu kali take. Fitur Generative Edit membuat proses editing pun jadi lebih seamless,” ujar Mada Riyanhadi.

Baca juga : Upgrade Baru di Galaxy S24 Series Bikin Foto Makin Ok

Buat kamu yang ingin hunting konten saat ngabuburit, berikut ini 3  tips yang bisa kamu explore pakai Galaxy S24 Series agar konten ngabuburit jadi lebih epic:

#1 Eksplorasi konten dengan fitur Portrait

Momen berbuka puasa bersama keluarga dan teman menjadi momen hangat yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya yang juga bikin kamu punya konten human portrait. Dengan cara berfokus pada satu objek utama, kamu bisa menciptakan foto candid yang epic. Berikut cara untuk mengabadikan momen hangat Ramadhan yang hanya bisa dilakukan pakai Galaxy S24 Series:

  1. Gunakan mode kamera Portrait untuk memfokuskan objek, mem-blur noise dan latar belakang object.
  2. Eksplor Zoom hingga dari 2x, 3x hingga 5x untuk mendapatkan kualitas foto yang jernih dan dramatis, atau biasa yang dikenal dengan istilah cinematic dan atur jarak untuk bikin foto lebih bercerita.

Fitur Portrait menghasilkan foto momen hangat saat berbuka puasa dengan blur yang smooth dan fokus objek yang tajam

Dengan kemampuan zoom hingga 5x, kamu bisa mengambil detail gesture orang yang kamu potret dari jarak jauh tanpa mengganggu aktivitasnya dan hasil foto jadi lebih natural.

Salah satu tips yang dijelaskan oleh Mada bahwa saat mengambil konten human portrait, jangan khawatir  untuk mengambil sebanyak-banyaknya foto dengan berbagai angle, latar, hingga ekspresi terbaik dari objek yang kamu potret.

Kamu juga bisa mengombinasikan mode kamera biasa dan fitur burst yang memungkinkan kamu mengambil banyak gambar dalam sekali jepretan.

#2 Capture konten dengan kamera zoom

Menunggu waktu berbuka puasa sambil menikmati keindahan senja adalah momen yang sangat berkesan untuk diabadikan. Kamu bisa membuat konten fotografi arsitektur dan lanskap menggunakan fitur Optical Zoom hingga 5x pada resolusi 50MP pada Galaxy S24 Series.

Dengan kemampuan ini, kamu bisa mengambil foto bangunan yang tinggi dan jauh, serta memperoleh pemandangan sunset secara close up dengan jelas dan detail.

Saat mengambil gambar sebuah objek arsitektur, kamu bisa memanfaatkan teknik sebagai berikut :

  • Penggunaan Titik  Fokus (Leading Lines) atau menggunakan teknik skala objek:  gunakan garis-garis yang ada dalam lanskap, seperti  garis jalan, fasad gedung, untuk menuntun mata kita ke subjek utama dalam gambar.
  • Selanjutnya, kamu bisa coba zoom in ke detail yang ingin ditangkap untuk membuat hasil foto menjadi lebih estetik dengan menggunakan Optical Zoom hingga 5x memungkinkan hasil foto yang lebih jernih dan detail.

Di dalam pembuatan konten lanskap, kamu juga bisa membuat konten yang cinematic dengan menggunakan fitur Instant Slow-Mo pada Galaxy S24 Series.

Dengan menggunakan fitur ini , kamu bisa memberikan sentuhan dramatis sehingga menciptakan konten momen Ramadan yang auto aesthetic di video manapun yang telah kamu rekam. Cara menggunakan fitur ini pun cukup mudah dan praktis:

  1. Ambil footage video pemandangan Ramadan estetik kamu
  2. Pilih tombol edit dan pilih kecepatan slow-mo yang kamu inginkan dengan klik ‘adjust speed’ dari 1/8, 1/4, 1/2, hingga 1x kecepatan.
  3. Tarik dengan jari bagian video kamu yang ingin kamu edit menjadi video slow-mo.
  4. Terakhir tinggal kamu simpan di galeri untuk hasil video slow-mo­ nya.

Setelah momen berbuka puasa, kamu tetap bisa explore low light konten dengan memanfaatkan kemampuan Nightography pada Galaxy S24 Series yang dilengkapi dengan AI yang mampu menghasilkan foto yang cerah, tajam, dan berkualitas tinggi meski dalam kondisi low light (minim cahaya).

Kamu dapat menggunakan teknik panning photography hanya dengan memanfaatkan fitur Night Mode pada Galaxy S24 Series yang dapat menghasilkan foto light trails layaknya menggunakan kamera profesional, sehingga hasil konten ambience saat berbuka puasa dapat lebih epic! Berikut cara membuat konten light trails dengan fitur Night Mode Galaxy S24 Series:

  1. Buka aplikasi kamera dan pilih fitur Night Mode.
  2. Cari objek dengan dikelilingi banyak cahaya, pastikan objek tersebut tidak bergerak.
  3. Fokuskan kamera kepada objek tersebut dan kunci fokusnya dengan mengetuk dan menahan objek sampai lock focus berubah menjadi warna kuning.
  4. Pilih durasi foto pada kanan bawah dan pilih ‘Max’ untuk mendapatkan hasil foto light trails yang epic, dan capture!.

3. Poles Hasil Foto dengan Photo Assist

Setiap detail momen ngabuburit hingga berbuka puasa bersama juga bisa disempurnakan dengan lebih mudah pakai fitur Photo Assist.

Kamu nggak perlu khawatir terganggu objek yang tidak diinginkan saat foto di keramaian karena kamu bisa langsung dihapus dengan fitur Object Eraser yang dilengkapi AI, sehingga hasil foto kamu lebih clean.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Generative Edit untuk menciptakan komposisi foto yang lebih baik, mengatir kemiringan foto, menggeser objek, dan merapikan background.

“Mengambil foto dari objek yang bergerak saat momen berbuka puasa bareng teman dan keluarga tentunya cukup challenging karena momen tersebut bersifat genuine,” jelas Mada.

Kita cenderung memotret momen dengan cepat tanpa memikirkan apakah hasil fotonya simetris ataupun apakah ada objek yang mengganggu ataupun tidak.

“Dengan Generative Edit, mengambil momen hangat di bulan Ramadan jadi seamless karena kita dapat mengedit hasil foto kita agar tetap simetris tanpa objek yang mengganggu, dan tanpa mengurangi kualitas fotonya” jelas Mada.

Ngonten ngabuburit  hingga berbuka bersama bisa makin epic dengan dukungan filter yang memungkinkan kamu untuk dapat  tone dan komposisi warna yang mewakili personality kamu.

Salah satu tips yang sering digunakan Mada, kamu dapat dengan mudah menyalin preset editing yang sudah  dibuat pada satu foto ke foto lainnya langsung di aplikasi Galeri.

Hal ini bisa sangat berguna untuk kamu yang ingin mengunggah hasil foto carousel di Instagram karena tone dari foto yang kita edit akan memiliki hasil yang serupa tanpa perlu mengedit lagi setiap fotonya.

Fitur Object Eraser untuk menghilangkan objek yang tidak diinginkan dan Filters untuk mengatur komposisi warna pada Galaxy S24 Series sangat berguna untuk kamu yang tidak ingin kehilangan momen saat mengambil konten berbuka bersama

“Galaxy S24 Series dirancang sebagai smartphone yang versatile dan fleksibel untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam berbagai momen, termasuk saat merayakan momen spesial Ramadan ini.

Dengan kehadiran Galaxy AI pada kamera Galaxy S24 Series, pengguna bisa menjelajahi berbagai trik pengambilan konten untuk lebih mudah saat mengabadikan momen,” ujar Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Yuk ngabuburit dengan Galaxy S24 Series!

Nikmati kehebatan kamera Galaxy S24 Series dan dapatkan konten terbaik selama momen Ramadan 2024. Galaxy S24 Ultra hadir dengan harga mulai dari Rp21.999.000 (12GB/256GB).

Galaxy S24+ dibanderol dengan harga mulai dari Rp16.999.000 (12GB/256GB). Galaxy S24 tersedia dengan harga mulai dari Rp13.999.000 (8GB/256GB).

Dapatkan Trade-in Cashback up to Rp3.000.000, untuk trade in atau PWP, diskon 40% Samsung Care+ selama 2 tahun, dan cicilan 0% dengan Finance+. (Icha)

Upgrade Baru di Galaxy S24 Series Bikin Foto Makin Ok

Telko.id – Ada banyak alasan  mengapa Samsung Galaxy S24 Series jadi smartphone paling worth to buy di 2024, apalagi buat kamu yang mencari HP dengan kapabilitas kamera terbaik.

Kehebatan kamera Galaxy S24 Series bisa bikin konten media sosial yang jernih, gambar yang tajam di segala kondisi termasuk low light, serta hasil foto yang detail bahkan saat pakai zoom.

Menariknya, Galaxy S24 Series juga punya pengaturan kamera canggih yang mudah digunakan untuk semakin menyempurnakan hasil foto sesuai keinginan kamu.

Terdapat banyak upgrade pada kapabilitas kamera di device ini yang membuat pengalaman menghasilkan foto yang aesthetic jadi lebih mudah dan praktis. Cocok untuk kamu yang hobi upload konten di media sosial tanpa harus ribet edit terlebih dahulu. 

Baca juga : Yuk Buat Konten Traveling mu Pakai Galaxy S24 Series, Parktis!

“Buat mereka para konten kreator, Galaxy S24 Series menawarkan upgrade fitur yang menarik banget dibanding seri sebelumnya. Ada In-apps Camera to Social Media yang menjamin tiap foto dan video yang kamu ambil dan upload di media sosial pasti on point dan smooth,” ujar Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Apalagi ada lensa 5x optical zoom terbaru yang disandingkan dengan sensor 50MP memastikan hasil zoom tetap clear dan tidak pecah. Tak ketinggalan, setting kamera di Galaxy S24 Series juga memudahkan pengguna untuk mendapatkan tangkapan gambar yang sesuai selera.

“Semuanya cocok membuat Galaxy S24 Series ini menjadi device yang worth to buy tahun ini,” ujar Verry.

Maksimalkan kehebatan kamera Galaxy S24 Series untuk capture foto yang epic dengan cara berikut:

Lebih jernih dengan kualitas Super HDR terdepan

Galaxy S24 Series hadir dengan fitur Super HDR yang semakin optimal untuk media sosial dibanding seri sebelumnya. Ini tak lepas dari dukungan Third-Party App Integration yang memungkinkan sistem kamera di Galaxy S24 Series terintegrasi penuh dengan media sosial seperti Instagram dan Snapchat.

Kamera aplikasi Instagram yang menggunakan Galaxy S24 Ultra minim distorsi dan memberikan warna yang lebih natural

Dengan kemampuan tersebut, pengguna bisa mengambil foto dan video dengan resolusi yang tinggi langsung dari media sosial favorit layaknya pakai aplikasi kamera di Galaxy S24 Series.

Lalu, saat mau pilih foto dan video untuk di-upload ke Instagram Story, Feed, atau Reels, kamu akan mendapatkan preview konten dalam mode Super HDR yang memudahkan kamu untuk menentukan foto atau video terbaik.

Jadi, baik itu saat liburan, nonton konser, atau sekadar hangout bareng teman, kamu akan mendapatkan konten paling epic secara instan dengan Galaxy S24 Series.

Galaxy S24 Series membuat kamu bisa membuat foto semulus menggunakan kamera utama di media sosial dengan praktis

Adaptive Pixel Sensor

Galaxy S24 Series hadir dengan kemampuan Adaptive Pixel Sensor yang memungkinkan pengambilan foto dalam kondisi pencahayaan minim dapat dilakukan dengan baik.

Device ini mampu menangkap lebih banyak cahaya karena memiliki ukuran piksel yang 60 persen lebih besar dibandingkan seri sebelumnya sehingga mampu meningkatkan kemampuan Nightography dan membuat hasil foto low light lebih brilian.

Hasil foto pada malam hari Galaxy S24 Ultra lebih tajam jernih serta terlihat natural jika dibandingkan dengan Galaxy S23 Ultra

Misalnya kamu menemukan scenery yang unik namun tidak memiliki pencahayaan yang baik dan cenderung gelap. Pengalaman berbeda akan kamu rasakan ketika menggunakan Galaxy S24 Series.

Kamu tidak perlu lagi khawatir terdapat noise yang mengganggu saat mengambil foto di malam hari atau ruangan yang gelap.Pengguna juga bisa memperbesar foto tanpa khawatir akan kehilangan detail atau kualitas gambar berkat piksel kamera yang mengagumkan sehingga memberikan pengalaman fotografi yang lebih memuaskan dan berkualitas.

Pede foto objek yang jauh dengan lensa optical quality zoom

Device ini juga membawa kemampuan zoom pada kamera HP ke level yang lebih tinggi lagi lewat Galaxy S24 Ultra yang mengadopsi Quad Tele Camera System dengan lensa 5x optical zoom terbaru pada sensor kamera 50MP.

Selain itu, teknologi Adaptive Pixel Sensor juga memungkinkan perangkat untuk menghasilkan kualitas setara optical zoom di berbagai level pembesaran pada saat mengambil gambar, dari 2x, 3x, 5x, hingga 10x.

Meski diambil disituasi gelap dan zoom jauh, hasil foto Galaxy S24 Ultra tidak mudah pecah karena memiliki piksel yang besar

Bukan hanya itu, seluruh model Galaxy S24 Series menawarkan peningkatan kualitas digital dan optical zoom yang membuat hasil foto akan tetap jernih, bahkan saat pengguna pakai zoom di level pembesaran hingga 100x.

Kemampuan zoom yang epic ini juga bisa kamu nikmati saat mengambil gambar di kondisi low light berkat teknologi Nightography yang telah dikembangkan. Berkat berbagai peningkatan tersebut, kamu bisa mendapatkan foto yang lebih clear ketika membidik suatu objek dari jarak yang jauh, misalnya memotret orang dengan porsi latar belakang yang lapang.

Jika dibandingkan, hasil foto zoom pada Galaxy S24 Ultra akan memberikan kualitas gambar yang jauh lebih clear dan tajam. Selain itu, karena memiliki piksel foto yang lebih banyak membuat kamu tidak perlu takut untuk memperbesar foto yang telah diambil terus menerus sehingga objek foto yang ingin dihasilkan menjadi lebih sempurna.  Dengan kemampuan ini, pengguna mendapat fleksibilitas pengambilan foto yang lebih mengesankan.

Ngezoom hasil foto portrait terbaik tanpa ragu, karena hasil foto Galaxy S24 Ultra lebih tajam dan minim noise

Maksimalkan level pemrosesan  

Galaxy S24 Series turut memungkinkan pengguna menghasilkan foto yang yang sesuai keinginan dengan lebih effortless. Berkat fitur Intelligent Optimization yang tersedia pada pengaturan kamera, Galaxy S24 Series memberi kemudahan lebih bagi pengguna untuk menentukan bagaimana perangkat menyempurnakan hasil tangkapan gambar. Pengguna dapat memilih tingkat pemrosesan dan mengoptimalkan gambar yang diinginkan.

Berikut cara menggunakan fitur Intelligent Optimization di Galaxy S24 Series:

  • Buka Camera Settings
  • Pilih Intelligent optimization
  • Klik kualitas optimasi yang dibutuhkan (Maximum, Medium, Minimum)
  • Aktifkan atau matikan Scene optimizer sesuai keinginan

Dengan fitur Intelligent Optimization, hasil foto yang kamu ambil bisa diatur agar sesuai dengan tingkat ketajaman, kontras, dan kecerahan yang diinginkan.Misalnya, kalau kamu mau hasil foto yang natural, maka kamu bisa memilih tingkat optimasi yang minimum. Atau, kalau kamu mau memaksimalkan detail dan ketajaman dari sebuah foto, apalagi saat menggunakan zoom, kamu bisa pilih tingkat optimasi maksimum.

Dapatkan foto terbaik di setiap momen dengan Galaxy S24 Series!

Nikmati kehebatan kamera Galaxy S24 Series dan dapatkan konten terbaik di segala aktivitas. Galaxy S24 Ultra hadir dengan harga mulai dari Rp21.999.000 (12GB/256GB). Galaxy S24+ dibanderol dengan harga mulai dari Rp16.999.000 (12GB/256GB). Galaxy S24 tersedia dengan harga mulai dari Rp13.999.000 (8GB/256GB). (Icha)

30 vivographers, Kolaborasi Vivo dengan 30 fotografer profesional

0

Telko.id – Sebagai bagian dari rangkaian peluncuran vivo V30 Series, vivo berkolaborasi dengan 30 fotografer profesional dalam kampanye bertajuk “30 vivographers” untuk memberikan pengalaman langsung keunggulan Ultimate Portraits yang dibawa oleh vivo V30 Series.

Melalui kolaborasi ini, 30 fotografer profesional akan menangkap dan membagikan kisah-kisah unik mereka dengan menghadirkan 30 potret yang autentik dan nyata yang ditangkap dengan keunggulan vivo V30 Pro.

Keunikan tiap karya hasil kolaborasi “30 vivographers” akan ditampilkan dalam eksibisi “Ultimate Portraits Exhibition & Photography Workshop” di Mal Kota Kasablanka, dimulai hari ini tanggal 20 Maret hingga 24 Maret 2024.

Di ajang ini, vivo menawarkan kesempatan kepada pengunjung untuk menjelajahi keindahan hasil potret dan menikmati keunggulan teknologi kamera dari vivo V30 Series.

Baca juga : vivo V30,  Hadirkan Terobosan Baru All-New Aura Light Portrait

Sebagai smartphone yang dipersembahkan bagi pengguna dengan gaya hidup yang aktif dan kreatif serta mengutamakan mobile photography, vivo menghadirkan terobosan baru dalam industri fotografi smartphone lewat kolaborasi bersama ZEISS, dengan hadirnya ZEISS Professional Portrait pertama dalam sejarah vivo V Series pada vivo V30 Pro.

Selain itu, ada pula fitur All-New Aura Light Portrait pada vivo V30 Series yang akan memberikan peningkatan Aura Light yang lebih canggih dari generasi sebelumnya, diperkaya dengan desain terkini dan dukungan kecerdasan buatan.

Fitur All-New Aura Light Portrait ini tidak hanya memberikan efek pencahayaan yang lebih mutakhir, tetapi juga memiliki kemampuan unik melalui fitur Distance-Sensitive Lighting untuk memberikan rekomendasi waktu ideal untuk mengambil foto, memungkinkan pengguna mendapatkan kualitas potret yang luar biasa dengan tampilan yang alami di berbagai kondisi pencahayaan.

Dengan menghadirkan ragam inovasi melalui vivo V30 Series ini, vivo siap menghadirkan pengalaman Ultimate Portraits yang luar biasa dari sebelumnya dengan memastikan hasil foto maupun video berkualitas tinggi dengan lebih nyata dan lebih tajam.

“Lewat kolaborasi bersama 30 fotografer terbaik di Indonesia, vivo mengajak pengguna untuk selalu terinspirasi menangkap setiap momen dan merayakan setiap cerita yang unik dengan kualitas luar biasa di mana pun dan kapan pun, tanpa terpengaruh oleh kondisi pencahayaan,” kata Alexa Tiara, PR Manager vivo Indonesia mengungkapkan.

Alexa juga menyebutkan bahwa sejalan dengan semangat Vivo “Joy in Us”, brand ini juga ingin menginspirasi pengguna untuk terus membawa dan membagikan kebahagiaan bersama vivo, khususnya melalui berbagai foto dan video dengan hasil ultimate menggunakan vivo V30 Series.

Hasil karya 30 fotografer ini sekaligus menjadi bukti keunggulan teknologi kamera yang dimiliki oleh vivo V30 Series yang kami harapkan bisa memberi inspirasi bagi para pengguna serta pengunjung eksibisi untuk mengeksplor kemampuan fotografi mereka bersama fitur terbaik dari vivo V30 Series.

Mengusung tema “Ultimate Portraits of Indonesia”, vivo merangkul 30 fotografer terkemuka seperti Ifan Hartanto, Benny Lim, Rendha Rais, Ryan Tandya, Agra Suseno, Keyna Kameron, Imran Rosadi, Afif Amrullah, Hasan Risnandar, Leo Nugraha, Antonyus Bunyamin, Karta S. Atmaja, dan masih banyak lagi, yang masing-masing menghadirkan keahlian dan spesialisasi unik dalam bidang fotografi.

Kolaborasi ini sekaligus menjadi panggung bagi para fotografer untuk menghasilkan karya-karya terbaik mereka dengan memanfaatkan kamera vivo V30 dan vivo V30 Pro yang dilengkapi dengan teknologi ZEISS Professional Portrait.

Para fotografer mengabadikan berbagai momen, kebudayaan, dan keindahan alam Indonesia dan menghasilkan serangkaian karya yang memukau, mencerminkan keindahan dan keberagaman budaya Indonesia, dari kesenian tradisional hingga tren fesyen kontemporer.

Kolaborasi yang menggabungkan teknologi canggih dengan bakat-bakat terbaik dalam industri fotografi ini tidak hanya menghasilkan galeri potret yang memukau, tetapi juga menjadi sarana untuk merayakan kekayaan budaya dan alam Indonesia secara mendalam dan autentik.

Serta menunjukkan komitmen vivo dalam mendukung dan mempromosikan seni dan budaya lokal melalui inovasi teknologi terkini. (Icha)

Tri Kenalkan Beragam Fitur Baru di Aplikasi bima+, Penasaran?

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui brand Tri memperkenalkan berbagai fitur baru di aplikasi bima+, mulai dari konten hiburan, fitur gaming, paket internet HappyFlex, ekstra kuota tambahan, cashback, hingga rewards menarik.

Ini merupakan cara Tri mengajak Gen Z untuk menjadikan aplikasi bima+ sebagai #MyOnlineBuddy, yaitu sahabat andalan untuk memenuhi kebutuhan digital mereka setiap hari hanya dalam satu aplikasi.

Gen Z merupakan generasi yang aktif di dunia digital dan kesehariannya mengandalkan platform digital untuk mencari informasi, networking, hiburan, serta memenuhi kebutuhan gaya hidup.

“Melihat hal ini, kami mengimplementasikan fitur-fitur baru pada aplikasi bima+ dan mengubah fungsinya dari aplikasi berbasis transaksional menjadi sebuah aplikasi gaya hidup atau yang kami sebut dengan one-stop companion. Kami berharap bima+ dapat menjadi online buddy bagi penggunanya, serta memberikan solusi bagi kebutuhan digital Gen Z sehari-hari,” kata Ritesh Kumar Singh, Director & Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Baca juga : MudahnyaKebaikan dari Tri di Bulan Ramadan, Ada Sedekah Kuota nya

Lewat bima+, Tri juga memperkuat komitmen untuk mendukung para gaming enthusiast untuk mengakses konten gaming yang ada di dalam fitur H3RO Land. 

Hal ini didasari karena gaming merupakan salah satu aktivitas digital yang digemari di kalangan generasi muda. Di dalamnya terdapat program pelatihan gaming untuk menjadi pro player, akses berita seputar gamingfree games, hingga top up games.

Untuk para gamers, wajib untuk mengunjungi fitur H3RO Land agar bisa menjadi lebih pro dalam bermain game favorit.

Sebagai #MyOnlineBuddy, bima+ juga terhubung dengan platform MNC, RCTI+, serta Noice, agar pelanggan bisa melakukan streaming langsung dari aplikasi bima+.

Selain itu, pelanggan dapat membeli berbagai pilihan isi ulang hingga penyesuaian paket HappyFlex, di mana pelanggan dapat mengatur sendiri jumlah kuota dan masa aktif, menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Pelanggan yang membeli paket HappyFlex di aplikasi bima+ berkesempatan mendapatkan ekstra kuota hingga 10 GB.

Sederet keuntungan lainnya juga bisa dinikmati di aplikasi bima+, di mana para pelanggan juga berkesempatan mendapatkan ekstra kuota dan cashback untuk pembelian kuota dan pulsa selama periode promo tertentu.

Selain itu, di aplikasi bima+ tersedia lebih banyak voucher potongan harga dari berbagai merchant pilihan yang bekerjasama. Pelanggan setia Tri juga dapat memperoleh lebih banyak keuntungan dengan terus meningkatkan jumlah poin BonsTri setiap melakukan transaksi.

Poin BonsTri dapat ditukarkan dengan berbagai produk Tri seperti kuota, ekstra telpon, maupun beragam voucher dengan kategori travel, edukasi, gaming, dan lainnya.

Didukung dengan jaringan hemat dan cepat Tri, pelanggan dapat menikmati rewards menarik dan fitur-fitur terbaru lainnya di aplikasi bima+. Perbarui atau unduh aplikasi bima+ di smartphone-mu atau di bit.ly/bimaplus dan jadikan aplikasi bima+ online buddy kamu. (Icha)