spot_img
Latest Phone

Elon Musk Gugat Apple dan OpenAI Soal Integrasi ChatGPT di iPhone

Telko.id - Elon Musk melalui perusahaan xAI dan xAI...

iPhone Lipat Apple Akan Gunakan Touch ID, Bukan Face ID

Telko.id - Apple dikabarkan akan menggunakan teknologi Touch ID,...

Apple Gagal Wujudkan iPhone Lipat Tanpa Lipatan, Rilis 2026?

Telko.id - Apple dikabarkan gagal mewujudkan iPhone lipat dengan...

Google Pixel Watch 4, Dukung Koneksi Satelit dan Baterai Lebih Besar

Telko.id - Google secara resmi meluncurkan Pixel Watch 4...

Garmin Index Sleep Monitor Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin secara resmi meluncurkan Index Sleep Monitor,...
Beranda blog Halaman 1488

Jaringan Indosat Aman di Jalur Surabaya – Malang

0

Telko.id – Uji coba jaringan menjelang Ramadhan dan musim mudik Lebaran telah menjadi hal lumrah bagi sebagian besar operator di tanah air, tak terkecuali Indosat. Kali ini, sebagai bagian dari kesiapan jaringan dalam menyambut dua momen tersebut, Indosat melakukan uji jaringan dari Surabaya ke Malang, yang merupakan salah satu jalur mudik utama di wilayah Jawa Timur.

Rute ini, jika berkaca dari pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, diprediksi akan mengalami kepadatan lalu lintas mobil dari para pemudik yang ingin mengunjungi kedua kota tersebut. Alasannya dua, selain menjadi kota tujuan mudik, Surabaya dan Malang juga menjadi kota tujuan wisata selama masa liburan Lebaran.

“Kenaikan trafik biasanya akan terjadi di second city, seperti Malang, Bintan dan sebagainya,” kata Division Head RAN and Design Optimization Indosat, Joko Riswadi dalam perjalanan dari Suranaya ke Malang, Senin (23/5).

Berbagai aktifitas layanan data, mulai dari browsing, download dan upload file, menonton video HD serta live streaming pun dilakukan dalam drive test yang dilakukan dengan menggunakan moda transportasi bus ini.

Hasilnya, untuk kecepatan download dicapai kecepatan maksimal hingga 39,66 Mbps dengan rata-rata download 12 Mbps. Sementara kecepatan maximum upload mencapai 20,61 Mbps dengan rata-rata upload 6,59 Mbps.

Kecepatan maksimal download dan upload dicapai ketika bus memasuki tol Sidoardjo. Dari hasil pengujian, tampak bahwa sepanjang rute drive test aktitas internet berjalan dengan baik dan tidak menunjukkan tanda-tanda buffering.

Kualitas suara di jaringan Indosat juga dilakukan melalui pengujian kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukkan bahwa 89% area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat excellent (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5)  dan 8% area lainnya menunjukkan hasil dengan nilai baik.

Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, di mana angka 5 menunjukkan hasil excellent.  Hasil ini sekaligus menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat Ooredoo berada pada tingkat terbaik dibandingkan dengan yang lain.

“Layanan data dapat kami pastikan sebagai layanan yang akan mengalami peningkatan paling tinggi, mengingat semakin banyaknya pelanggan yang saat ini menggunakan layanan data untuk aplikasi-aplikasi di ponselnya,” terang Joko.

Jalur uji jaringan dari kota Surabaya ke Malang dimulai dari kantor Indosat Ooredoo Surabaya di Jl. Kayun, kemudian lanjut ke Jl. Urip Sumoharjo, Jl. Wonokromo, Pintu Tol Waru, Tol WaruTol Sidoarjo, Arteri Porong, Pintu Tol Japanan, Tol Gempol, Exit Tol Pandaan, Sampoerna Pandaan, Pasar Sukorejo, Pasar Purwosari, Lawang, Singosari, Arjosari, Jl Letjen S Parman, Alun-Alun Kota Malang dan berakhir Malang Town Square. Ada setidaknya 1.233 BTS Indosat memenuhi jalur tempuh sepanjang 97KM ini.

Hasil pengujian menunjukan jalur mudik dan pariwisata ini siap melayani pelanggan Indosat selama mudik Lebaran.

FindTukang, OTT Baru Perkuat Ekosistem Smart City

0

Telko.id – Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia, serta semakin besarnya tren smart city membuat segala aktivitas dan kebutuhan masyarakat mulai mengarah ke ranah digital. Sebagai contoh nyata adalah dari sistem pemesanan ojek berbasis aplikasi, hingga pemesanan mobil pribadi dan layanan antar jemput barang yang juga melalui media yang sama.

Berkaca dari hal tersebut, aplikasi mobile FindTukang juga ikut meramaikan pasar Indonesia. Dengan mengedepankan layanan pemesanan tukang untuk diperumahan, Aplikasi mobile ini hadir di tengah-tengah solusi untuk memanggil tenaga ahli guna memperbaiki perangkat yang rusak.

Diperkenalkan di Tangerang Selatan, FindTukang hadir dengan beberapa kategori jasa, yakni perbaikan AC, perbaikan elektronik, perbaikan komputer, perbaikan ledeng, jasa potong rambut dan cuci mobil.

Nope Lavanda, CEO FindTukang menegaskan bahwa layanan berbasis aplikasi mobile ini hadir untuk memudahkan pengguna mencari tenaga ahli atau tukang yang mampu memperbaiki kerusakan sebuah perangkat.

“FindTukang hadir sebaga solusi untuk menjawab permasalahan sulitnya mencari tukang atau tenaga ahli yang bisa memperbaiki perangkat yang rusak dirumah. Ide ini juga muncul dari sejumlah pengalaman diri saya dan teman-teman di FindTukang,” ujar Nope pada saat peluncuran aplikasi ini di BSD (23/5).

Tidak sendirian, FindTukang juga menggandeng Sinarmas, selaku developer Smart City di kawasan BSD Tanggerang.

“Yang kita bangun adalah suatu ekosistem termasuk juga FindTukang yang bertujuan untuk mendukung Smart Digital City kami,” ujar perwakilan PT. Sinarmas Land yang menyempatkan hadir pada peresmian tersebut.

Ia menambahkan, Citizen di BSD juga sudah sangat siap, karena sebelum mereka membuat proyek ini, para masyarakat sudah di edukasi terlebih dahulu terkait dengan tren smart city seperti konsep pembayaran melalui ATM, dan kesiapan lain dari masyarakat BSD untuk digitalisasi.

Untuk menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Konsumen hanya perlu mengisi alamat dan memilih kategori jasa yang dibutuhkan. Selanjutnya, pilihan Tukang dalam radius 10 Km akan muncul beserta rating mereka.

Saat ini, jumlah Tukang yang tergabung pada FindTukang sudah sebanyak 100 orang dan baru beroperasi di daerah Tangerang Selatan. Nope menambahkan, hingga akhir tahun ini akan merekrut sebanyak 500 Tukang dan memperluas wilayahnya hingga Jabodetabek.

“Bukan hanya mendatangkan solusi bagi konsumen, FindTukang berharap bisa membantu pemerintah menyelesaikan masalah pengangguran yang semakin meningkat. Tak hanya itu, solusi ini juga menjadi pintu bagi orang-orang yang memiliki keahlian tertentu tapi tidak memiliki kesempatan,” tambah Nope.

FindTukang sendiri hanya mematok 20% dari biaya pemanggilan tukang yang dibebankan oleh pengguna, adanya tambahan penghasilan lain ketika tukang menjalankan tugasnya, maka sepenuhnya itu milik si tukang tersebut.

Terdapat dua buah jenis biaya pemanggilan dari aplikasi FindTukang. Seperti, Rp. 30.000,- untuk biaya pemanggilan service ac, ledeng, komputer serta fan eketronik. Angka tersebut hanyalah sebuah jasa pemanggilan tukang saja dan belum tbelum termasuk biaya jasa dari si tukang tadi dan jika ada biaya pembelian alat atau sparepart yang dibutuhkan.

Biaya kedua sebesar Rp. 45.000,- untuk pemanggilan tenaga ahli atau tukang cuci mobil dan potong rambut. Biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya jasa si tukang tadi. Seperti dijelaskan sebelumnya, FindTukang hanya mengambil 20% dari tarif panggilan.

Untuk sistem pembayaran sendiri, saat ini FindTukang masih mengandalkan pembayaran tunai, namun kedepannya mereka juga akan menggunakan jasa kartu kredit serta payment method lainnya.

Mengenai daerah jangkauan, FindTukang untuk sementara ini baru bisa tersedia di wilayah Tanggerang dan sekitarnya. Namun, sampai dengan akhir tahun ini mereka akan melebarkan ekspansi bisnisnya di wilayah Jakarta Selatan dan Depok, Jawa Barat.

Indosat Prediksi Kenaikan Layanan Data 80% Jelang Lebaran

0

Telko.id – Melonjaknya trafik telekomunikasi menjelang Ramadhan dan libur panjang Lebaran telah diprediksi oleh semua operator seluler di tanah air, tak terkecuali Indosat Ooredoo. Indosat memperkirakan, kenaikan trafik akan terjadi pada layanan data dan voice, sementara SMS diprediksi turun.

“Kenaikan terbesar trafik layanan selama Ramadhan dan Lebaran akan terjadi pada layanan Data dan suara, yang masing-masing mencapai 80% dan 12%. Sementara untuk trafik layanan SMS kami prediksi cenderung turun, yakni 12% dari tahun lalu,” kata Achmad Abimanyu, Group Head Networks Operations Indosat Ooredoo di Surabaya, Senin (23/5).

Kenaikan trafik terutama akan terjadi di Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur yang umumnya menjadi perhentian terakhir para pemudik.

“Dan itu biasanya terjadi di second city, seperti Malang, Bintan dan sebagainya,” tambah Division Head RAN and Optimization Indosat, Joko Riswadi.

Kapasitas jaringan Indosat telah ditingkatkan antara lain untuk kapasitas trafik suara menjadi 39 juta Erlang/hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 4 Miliar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat akan meningkatkan kapasitas menjadi 6.389 TeraByte/hari.

Selain meningkatkan kapasitas jaringan, Indosat juga akan mengerahkan dan menyebarkan mobile BTS, terutama untuk memperkuat jaringan di lokasi-lokasi yang diprediksi akan menjadi konsentrasi masyarakat menjelang Lebaran, termasuk jalur mudik dan lokasi wisata.

Sementara untuk layanan 4G LTE, Indosat akan menggunakan lebar pita 10 MHz pada spektrum 1800 Mhz dan 5MHz pada spektrum 900 MHz. 37 kota telah tercover 4G LTE Indosat di Indonesia dengan kecepatan hingga 185mbps.

Melayani sekitar 69,8 juta pelanggan, saat ini Indosat didukung oleh tak kurang 52.326 BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G/4G) secara nasional.

Uber Lakukan Uji Coba Self Driving di Pittsurgh

0

Telko.id – Masalah legal dari seft diving memag masih belum keluar. Namun, banyak perusahaan yang sudah melakukan uji coba. Salah satunya adalah Uber. Perusahaan angkutan berbasis aplikasi ini menggunakan Ford Fusin dalam melakukan uji coba di Pittsburgh, Amerika Serikat. Kendaraan itu sudah diatur sedemikian rupa untuk mengumpulkan data pemetaan dan pengujian sehingga mampu melakukan self driving.

“Pengujian dunia nyata sangat penting untuk upaya kami untuk mengembangkan teknologi self-driving. mobil self-driving memiliki potensi untuk menyelamatkan jutaan nyawa dan meningkatkan kualitas hidup orang di seluruh dunia,” ujar Travis Kalanick, CEO Uber menjelaskan, seperti dilansir dari RCR Wireless.

Dengan adanya kendaraan yang dapat mengemudi sendiri tersebut, Kalanick melihat bahwa ke depan, penggunaan teknologi ini akan mengurangi kemacetan, transportasi yang lebih terjangkau dan mudah diakses. Dengan demikian, akan mengurangi juga kecelakaan mobil. Kalanick juga menambahkan bahwa tujuan itu semua berada dalam misi Uber yakni membuat transportasi yang dapat diandalkan seperti air yang mengalir di mana-mana untuk semua orang. Kalanick bahkan berharap bahwa pada 2030 mendatang, Uber sudah memiliki Uber Driveless.

Memang, pada awal peluncuran layanan ini, tidak akan datang dengan harga murah. Tapi untuk jangka panjang bisa saja terjadi. Seperti yang diungkapkan oleh Eric Coelingh, Chief Volvo Otonom dalam sebuah konferensi di Londin, bahwa mobil yang mampu mengemudi sendiri itu bisa membawa pemasukan 10.000 pound atau 14.600 US$ ketika diperkenalkan pada 2012 mendatang. Tentu, ke depan, namanya teknologi terus diharapkan dapat turun harganya. Namun, secara industri global, tentu akan memberikan penghematan yang cukup berarti karena tidak membutuhkan tenaga pengemudi lagi.

Hukum Untuk Driveless di Beberapa Negara

Ada konsensus di industri mobil bahwa teknologi mobil self-driving akan siap sekitar tahun 2020. Sampai mobil driverless menjadi mainstream, banyak yang akan terjadi meskipun, termasuk juga dalam undang-undang. Tapi yang menyentuh undang-undang, sudah dimulai. Seperti pada awal pekan ini, pemerintah U.K. mengumumkan rencana untuk undang-undang asuransi bermotor baru yang akan mendukung investasi di mobil driverless.

“Sekarang, mobil driverless dan penerbangan ruang angkasa komersial mungkin tampak seperti fiksi ilmiah,” ujar Patrick McLoughlin, Sekretaris Transportasi UK. Namun, McLoughlin melihat bahwa driveless ini mememiliki potensi ekonomi yang sangat luas. Sehingga bertekad untuk membawa Inggris menjadi negara yang juga akan mendapatkan keuntungan dengan membantu untuk memimpin perkembangannya. Mobil driverless ini akan berada di bawah undang-undang baru sehingga para pemain di indutsri driveless ini dapat diasuransikan di bawah kebijakan biasa. Undang-undang baru ini akan membantu otonom dan mobil driverless menjadi pilihan nyata untuk pembeli pribadi dan armada.

Di AS, kendaraan driveless sudah diperbolehkan untuk digunakan dibawah naungan hukum jalan raya umum di Washington, D.C, California, Nevada, Michigan dan Florida. Di 12 negara bagian lainnya masih dipertimbangkan undang-undangnya. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu anggoga Vehicle Systems International.

Di sisi lain, ada juga merasa keberatan yang menyatakan “Setelah mereka seaman mobile hari ini, baru diperbolehkan”.

Sementara itu, pada hari Uber mengumumkan uji coba mobil self-driving nya, sejumlah anggota Partai Republik dan Demokrat mengirim surat kepada Komite Transportasi Senat. Yang menyatakan bahwa perusahaan, universitas dan lain-lain yang menggunakan mobil self-driving agar dapat melaporkan semua kecelakaan, termasuk fender-benders, membawa $ 5 juta dalam asuransi ditambah asuransi mobil standar dan memperoleh persetujuan dari negara Departemen Perhubungan, hanya untuk menguji teknologi.

Di Eropa, cukup frustrasi menghadapi European Commission karena terlalu banyak ikut campur dalam undang-undang mengemudi kendaraan otonom.

“Kami di Eropa, ketika kita memiliki masalah keselamatan dalam mobilitas kita mengadopsi direktif keselamatan dan ketika kita memiliki masalah emisi kita mengadopsi direktif emisi. Padahal, driveless ini merupakan kesempatan emas. Kenapa kita semua tidak menunggu untuk hadirnya pendekatan regulasi horisontal baru?,” ujar kata Erik Jonnaert, Secretary General of The European car industry lobby group ACEA, pada Brussels Conferences menjabarkan.

Terlihat bahwa undang-undang mobile selft driving ini dibuat untuk mempersulit. Banyak pertanyaan yang diajukan adalah apakah kendaraan self driving ini harus diijinkan turun ke jalan. Lalu, kenapa tidak dibalik, bagaimana perkembangan teknologi yang mengawinkan beberap industri ini dilakukan dengan cara yang terbaik? Ujar Jonnaert menutup penjabarannya. (Icha)

Jaringan Indosat Siap Sambut Ramadhan & Lebaran

0

Telko.id – Operator Indosat Ooredoo memastikan kesiapan jaringannya jelang Ramadhan dan Lebaran, khususnya di berbagai jalur dan kota tujuan mudik yang biasanya mengalami peningkatan trafik telekomunikasi.

Indosat memastikan hal tersebut dengan melakukan berbagai cara, mulai dari peningkatan kapasitas jaringan, pemantauan kualitas jaringan melalui Network Operation Center (NOC) sebagai command center, serta melengkapi dengan berbagai paket khusus Ramadhan dan Lebaran. Kapasitas ini disiapkan untuk 69,8 juta pelanggan yang didukung total BTS 52.326 secara nasional.

“Kami telah menyiapkan jaringan telekomunikasi kami untuk menghadapi berbagai situasi, termasuk potensi lonjakan trafik pada masa Ramadhan dan Lebaran 2016. Tak hanya meningkatkan kapasitas, kami juga menyiapkan i-NOC sebagai command center,” kata Achmad Abimanyu, Group Head Network Operations Indosat Ooredoo di Surabaya, Senin (23/5).

Kapasitas jaringan Indosat telah ditingkatkan antara lain untuk kapasitas trafik suara menjadi 39 juta Erlang/hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 4 Miliar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat akan meningkatkan kapasitas menjadi 6.389 TeraByte/hari.

Jaringan Indosat selama Ramadhan dan mudik Lebaran dipantau dan dikendalikan dari i-NOC sebagai command center. Command center sendiri akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa mudik Lebaran.

“Command Center kami akan mengidentifikasi secara proaktif sebelum sebuah gangguan berimbas pada pelanggan,” tambah Abimanyu.

2018 Nokia ‘Rumahkan’ 1000 Karyawan di Finlandia?

0

Telko.id – Kabar buruk kembali menghampiri para karyawan di Nokia, khususnya di Finlandia. Pasalnya, Nokia Finlandia baru saja mengeluarkan pengumuman jika mereka akan ‘merumahkan’ 1000 karyawan mereka beberapa waktu mendatang.

Perusahaan raksasa jaringan telekomunikasi asal Finlandia ini mengumumkan pada hari Jumat lalu, bahwa mereka akan mengakhiri lebih dari 1.000 pekerja di Finlandia, yang juga merupakan asal dari vendor tersebut.

Dilaporkan TelecomLead (23/4), vendor jaringan ini telah memberikan gaya pembicaraan yang menuju kearah pemecetan dengan para stafnya. Menurut laporan yang sama, pengurangan ini harus dilakukan pada tahun 2018 mendatang.

Seperti diketahui, Nokia memiliki 104.000 karyawan di seluruh dunia. Sementara sekitar 7.000 karyawan dari mereka berada di Finlandia. Dari pengurangan saat ini yang terjadi sebanyak 500 orang, akan mempengaruhi Espoo, operasi sisanya di Oulu dan Tampere.

Saat ini, Nokia juga tengah menyesuaikan operasinya dan staf mereka di seluruh dunia menyusul pengambilalihan Alcatel-Lucent. Perusahaan ini memiliki target penghematan di seluruh dunia sebesar 900 juta euro atau sekira  USD 1 miliar untuk mensinergikan biaya tahunan mereka.

Sekadar informasi, pasca pengakuisisian Alcatel-Lucent, Nokia sempat beberapa kali membuat pengumuman perihal pemutusan kontrak kerja para karyawan mereka di seluruh dunia. Dengan 1300 pekerjaan di Finlandia, 1400 pekerjaan di Jerman, dan 400 sisanya di Perancis.

Nokia melakukan ini semua guna memenuhi integrasi Alcatel-Lucent dan tantangan atau tren pasar di masa mendatang. Perusahaan juga ingin menyingkirkan biaya berlebih karena ALU (Alcatel-Lucent) memiliki penawaran produk atau unit bisnis serupa.

Telko.id juga sempat membahas perihal pengurangan karyawan yang bisa ‘menyentuh’ Nokia Indonesia. Namun, pihak Nokia Indonesia memastikan bahwa pengurangan ini tidak sebesar dengan pengurangan yang akan terjadi di Eropa. Apalagi jika melihat Nokia memegang banyak proyek dari beberapa operator besar di Indonesia.

Well, semoga ada jalan keluar yang lebih baik ketimbang harus mengurangi jumlah karyawan. Khususnya di Indonesia, dimana terdapat 1403 karyawan yang lebih dari 90% nya adalah tenaga lokal.

XL Kolaborasi Dengan Bhinneka.com Untuk Tingkatkan Penetrasi 4G

0

Telko.id – Ekosistem 4G yang terdiri dari Device, Network dan Application, saat ini masih belum terbentuk sempurna. Dari sisi networks, operator sudah cukup banyak mengeluarkan biaya untuk membangun jaringan 4G. Sayang, untuk mengisi ‘jalur cepat’ 4G tersebut kurang didorong oleh keberadaan smartphone yang terjangkau untuk masyarakat. Akibatnya, pertumbuhan 4G, baik dari trafik maupun pengguna masih tergolong lemah. Itu sebabnya, XL menggandeng Bhinneka.com untuk coba dorong pertumbuhan tersebut.

Keduanya sepakat berkerja sama untuk memaksimalkan pertumbuhan dalam  penjualan dan melalui kerja sama ini juga dapat mendukung efisiensi operasional XL dan Bhinneka.com. Selanjutnya, kedua pihak akan bersama-sama menjalankan sejumlah program yang mencakup aktivitas penjualan dan marketing. Di antaranya adalah akuisisi pelanggan untuk layanan pasca bayar, meningkatkan penetrasi pengguna 4G, serta penjualan paket bundling smartphone 4G dengn layan XL.

Dasar dari kerja sama ini adalah untuk merespon pertumbuhan penjualan XL  di pasar digital, khususnya e-Commerce. Selain itu, kerja sama ini merupakan bagian dari program transformasi XL untuk memaksimalkan penjualan melalui modern channel. Satu hal yang menjadi perhatian XL dalam mengembangkan layanan 4G LTE adalah meningkatkan penetrasi penggunaan smartphone 4G di kalangan pelanggan dan masyarakat pada umumnya.

“Oleh karena itu, kami terus berusaha memberikan jalan dan solusi untuk mempermudah pelanggan agar bisa semakin mudah dalam mendapatkan smartphone 4G. Antara lain untuk keperluan itulah kami berkolaborasi dengan Bhinneka.com,” Titus Dondi, Chief Commercial Officer XL menjelaskan.

Titus menambahkan, Bhinneka.com merupakan mitra yang tepat untuk kerjasama ini, karena pelanggan Bhinneka.com juga tersebar di seluruh Indonesia, yang di antaranya adalah juga pelanggan XL. Selain itu, Bhinneka.com memiliki kemampuan dalam menyediakan berbagai merek dan tipe smartphone 4G, memiliki bucket size terbesar di antara e-Commerce lainya, sekaligus akses kerja sama dengan berbagai bank. Kerja sama ini akan berlangsung hingga 31 Desember 2016 dan sangat mungkin untuk diperpanjang.

Melalui kerja sama ini akan dibuat program-program yang akan memberikan manfaat lebih bagi pelanggan XL saat berbelanja di Bhinneka.com. Misalnya, potongan harga khusus untuk pembelian Paket Data  hingga smartphone, termasuk saat peluncuran suatu smartphone model baru. Untuk memudahkan pelanggan dan masyarakat menemukan produk-produk layanan XL, Bhinneka.com juga akan menyediakan halaman website khusus.

Sementara itu, agar pelanggan dan masyarakat luas lebih tertarik membeli produk XL melalui Bhinneka.com, XL akan memberikan penawaran khusus bagi pembelian produk XL di situs belanja online ini. XL juga akan membuat paket-paket bundling smartphone  dengan layanan 4G khusus di Bhinneka.com. XL juga akan merekomendasikan Bhinneka.com kepada pelanggan XL sebagai salah satu official partner XL di dunia e-Commerce agar pelanggan dapat merasa lebih nyaman berbelanja online. Tidak ketinggalan, Bhinneka.com akan dapat memanfaatkan fasilitas XL mobile advertising untuk meningkatkan penjualannya.

Sebagai tindak lanjut atas kesepakatan kerja sama yang sudah dibuat ini, kedua  pihak akan segera mengimplementasikannya dalam program-program marketing. Dengan demikian, pelanggan dan masyarakat akan segera bisa mendapatkan manfaat dari kerja sama kedua belah pihak. XL sendiri berharap, kerja sama ini bisa membuat pelanggan XL mendapatkan prioritas utama saat membeli produk di Bhinneka.com, terlebih lagi salah satu pelopor e-Commerce ini telah menjadi partner resmi XL. (Icha)

 

NextDev 2016 Targetkan Dapat Menjaring Beragam Aplikasi Smart City

0

Telko.id – Telkomsel kembali menggelar ajang kompetisi bagi kaum muda kreatif di bidang digital, NextDev 2016. Ajang ini dibuat untuk menjaring ide dan potensi anak muda Indonesia dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mewujukan Smart City di Indonesia. Roadshow yang berkenaan dengan ajang ini di gelar pertama kali di Univestitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Dan akan dilanjutkan ke 19 kota lainnya dari Banda Aceh hingga Ambon.

“Melalui roadshow The NextDev 2016, kami ingin bertatap muka dengan para generasi muda Indonesia dan  mengajak mereka semua untuk turut berkontribusi secara aktif memanfaatkan teknologi untuk melahirkan solusi yang memberikan dampak sosial yang positif melalui ajang kompetisi The NextDev 2016. Dengan tingginya partisipasi dari mereka, akan terjaring lebih banyak lagi ide-ide kreatif dan solutif yang dapat mempercepat penerapan Smart City di berbagai daerah di Indonesia,” Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel menjelaskan.

Roadshow The NextDev 2016 yang dimulai di Yogyakarta ini, juga akan dilaksanakan di 19 kota lainnya yaitu Semarang, Surabaya, Malang, Banyuwangi, Denpasar, Bandung, Bogor, Jakarta, Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Palembang, Manado, Ambon, Gorontalo, Makassar, Banjarmasin, Balikpapan dan Pontianak.

Acara ini terbuka untuk umum tanpa biaya dan akan diisi berbagai agenda menarik seperti ‘Startup Talk’ dimana peserta akan mendapatkan pengetahuan berharga mengenai pengembangan startupdari  pembicara ternama dari industri kreatif digital Indonesia. Selain itu, ada juga ‘Sharing Session’ bersama finalis The Next Dev 2015, serta ‘Rocket Pitching’ dimana para peserta berkesempatan untuk mempresentasikan produk startup nya selama 3 menit.  Tidak hanya itu, peserta juga bisa mendapatkan e-certificate atas partisipasinya di acara roadshow The NextDev 2016.

Selepas roadshow, akan diadakan proses seleksi regional dan focus group discussion, hingga pada akhirnya didapatkan 20 tim finalis untuk tingkat nasional. Para finalis akan memperoleh pelatihan dan pendampingan secara intensif dari beberapa pakar pada saat bootcamp untuk mengembangkan technical maupun soft skills, mulai dari teknik melakukan coding, marketing skills, hingga communications skills.

The NextDev mengajak kawula muda untuk mewujudkan imajinasi dan ide mereka tentang Smart Citydan menjadi bagian dari program untuk membentuk masa depan Indonesia yang lebih baik. Tahun ini The NextDev hadir dengan konsep yang lebih menantang dengan tetap fokus pada pengembangan Smart City, dengan ruang lingkup yang lebih luas yaitu kategori pengembangan aplikasi untuk rural atau pedesaan.

Dalam kompetisi The NextDev 2016, terdapat sembilan sub tema yang memiliki fokus tersendiri sebagai dasar pengembangan solusi. Kesembilan sub tema yang bisa dipilih oleh peserta adalah agrikultur, kemaritiman, usaha kecil dan menengah (UKM), pemerintahan, energi, pariwisata, kesehatan, pendidikan, dan transportasi.  Selain menciptakan karya yang akan bermanfaat bagi orang banyak, tiga tim terbaik juga akan mendapatkan berbagai hadiah menarik yang disebut dengan 6M, yakni Market Access (akses pasar), Marketing (publisitas), Mentoring (pelatihan dan pendampingan), Management Trip (study visit ke pelaku industri telekomunikasi di luar negeri), Money (uang tunai), dan Monetizing (peluang besar untuk memperoleh pendapatan melalui kolaborasi dengan stakeholder terkait).

Persyaratan untuk bisa mengikuti kompetisi The NextDev tahun ini sama dengan tahun lalu, yakni Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 hingga 30 tahun. Peserta dapat mendaftar secara individu atau tim (maksimal tiga orang). Pendaftaran peserta dan informasi lebih lanjut mengenai The NextDev 2016 bisa didapatkan dengan di www.thenextdev.id. (Icha)

Baru Meluncur, Bos JET Klaim Aplikasi Mereka Stabil

0

Telko.id – PT. PT Joint Express Transport hari ini (20/5) , meluncurkan sebuah aplikasi ride sharing yang lebih mengutamakan logistik untuk kawasan Jabodetabek.

Startup asli asal Indonesia ini siap menghadapi persaingan di pasar ride sharing Indonesia, dimana sudah terdapat setidaknya tiga pemain besar yang bermain disana. Mereka menganggap, usaha mereka lebih condong ke transportasi barang dan bukan transportasi pengguna.

Adalah Poeti Fatima Arsyad selaku COO dari JET yang mengungkapkan bahwa didalam aplikasi JET terdapat tiga fitur logistik dan hanya satu fitur saja yang mengangkut penumpang.

Poeti juga mengungkapkan bahwasanya aplikasi JET ini cukup stabil dan masih cukup aman menampung traffik pengguna.

“Berbicara mengenai stabilitas aplikasi kita, ‘inshaa Allah’ baik-baik saja, jika dibandingkan dengan yang sudah ada, saya rasa tidak fair karena mereka sudah melakukan beberapa update, tapi kita memiliki tim IT asli Indonesia yang sudah berusaha secara maksimal dan memonitoring aplikasi,” ucap Poety pada saat peluncuran aplikasi ini di Jakarta(20/5).

Ia menambahkan, “karena aplikasi kita kan masih baru walaupun saya tidak berharap itu terjadi, pasti akan ada crash di kanan kiri , tapi kita akan coba tanggulangi karena sampai dengan saat ini tim IT kita tetap bekerja dibelakang untuk mengatasi crash tersebut,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ia juga mengungkapkan bahwa saat ini mereka masih memanfaatkan sistem cloud berbasis public cloud. Namun mereka optimis ketika berbicara keamanan dan menjamin keamanan tersebut.

“Masalah security bisa dijamin, karena kami hati-hati sekali mengenai security nya dan berusaha semaksimal mungkin untuk mensecure data pelanggan kita,” tutur Poety.

Ia juga mengungkapkan bahwa pengguna tidak perlu mengkawatirkan hal tersebut karena tim IT JET sudah membangun firewall untuk mengatasi serangan siber yang mungkin akan menyerang mereka.

Sampai dengan saat ini, JET juga masih menunggu kucuran dana dari dua konglomerat untuk mengembangkan bisnis mereka.

Semua Armada Jet Gunakan Provider Telkomsel

Telko.id – PT Joint Express Transport atau JET Indonesia sebagai aplikasi ride sharing yang lebih mengutamakan logistik juga bekerjasama dengan provider seluler Telkomsel. Selain menjalin kerjasama dengan Taksi Putera, JET juga menggandeng operator BUMN ini untuk akses internet para armada mereka.

Hadir di Indonesia sejak tahun 2015 silam, aplikasi JET telah diunduh oleh 5000 lebih pengguna, jika melihat dari data playstore.

Mike Roosevelt, Co- Founder JET mengungkapkan, “aplikasi kami 100 persen buatan anak negeri, aplikasi kami telah tersedia untuk platform android dan iOS.

Kembali kepada kerjasama dengan Telkomsel, Poeti Fatima Arsyad selaku COO mereka mengungkapkan bahwa kerjasama ini merhpakan kerjasama long term.

“Kerjasama dengan Telkomsel merupakan bentuk long term partnership, jet pilot (pengemudi JET) di provide dengan kartu halo hybrid, hal ini juga berlaku dengan armada Taksi Putra yang bergabung dengan kami,” ujarnya pada saat peluncuran aplikasi ini di Jakarta (20/5).

Ia menambahkan, Telkomsel juga memprovide perangkat yang digunakan oleh para armada mereka untuk dapat mengakses aplikasi JET ini.

“PT. Pins, membantu memprovide perangkat smartphone untuk para pengemudi kami, dan itu juga berlaku untuk armada Taksi Putra,” tambah Poeti.

PT. PINS Indonesia sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan Customer Premises Equipment (CPE) dan merupakan anak usaha dari PT. Telkom Indonesia.

Sampai dengan saat ini, jumlah pengendara atau JET Pilot mereka berada di angka 1000 user, belum lagi jika ditambah dengan armada dari Taksi Putera yang saat ini mencapai 600 pengemudi, bisa dipastikan bahwa sumbangan pengguna Telkomsel dari JET Indonesia adalah 1600 user.

Dengan kata lain, Telkomsel telah mengamankan 1600 pengguna untuk kartu Halo Hybrid dan bisa dibayangkan berapa rata-rata ARPU Telkomsel untuk Kartu Halo.

Belum lagi jika Taksi Putra menambah jumlah armada mereka. Pasalnya, pada saat peluncuran tadi, Direktur Taksi Putra Mubha Kahar Muang menegaskan bahwa mereka berencana menambah 1500 armada mobil pelat hitam untuk bergabung bersama JET.

Jika memang terbukti, bisa disimpukan jika akan terdapat penambahan lagi jumlah pengguna kartu Halo Hybrid dari aplikasi ride sharing ini.