Nonton Film Online

Telko.id – Layarkaca21 jadi salah satu situs nonton film online paling diburu menggantikan Indoxxi yang pensiun awal tahun lalu. Situs yang akrab disapa LK21 ini cukup popular di kalangan penikmat film yang ogah merogoh kocek untuk berlangganan Netflix, iFlix dan penyedia layanan streaming film online berbayar. Ya, mereka bahkan rela berburu link situs streaming film gratis yang kerap gonta ganti domain ini.

Alasannya lebih dari sekadar karena situs tersebut menawarkan layanan nonton film gratis, tapi juga lantaran inventory film yang ada di LayarKaca21 tergolong lengkap, bahkan jika dibandingkan dengan layanan berbayar. Bagaimana tidak, film yang baru tayang di bioskop saja terkadang sudah bisa dinikmati di situs tersebut dengan kualitas film HD atau bahkan Bluray. Tak heran jika situs ini diburu hingga ke “ujung dunia”, dari awal menggunakan domain dotcom, dottv, dotdgital, hingga menggunakan alamat IP.

Pertanyaannya, apakah LK21 adalah satu-satunya situs pengganti Indoxxi? Ternyata tidak, ada puluhan situs serupa yang mendapat berkah atas insaf-nya Indoxxi dari kancah per-filman ilegal di dunia maya. Ya, nama-nama seperti Indomovie, DuniaFilm21, pusatfilm21, ganool, juragan film, bioskop21, bioskop keren, moviegan, muviku, cinema 21, gudang film, indxx1, movie xx1, nonton streaming, nonton movie, dan lain-lain, justru makin mendapat sorotan. Dan mereka juga menggunakan strategi yang sama dengan LayarKaca21 yang kerap bergonta ganti domain.

{Baca Juga : Nonton Drama Korea Tanpa Langganan, Ini Dia Caranya!  }

Well, bertumbuhnya situs penyedia layanan nonton film gratis tentu bukan karena alasan sosial. Ada pundi-pundi yang diperebutkan, karena sejatinya para penikmat film tidak benar-benar secara gratis menikmati layanan mereka. Yup, para penyedia layanan hidup dari kue iklan yang dilihat oleh para penikmat film.

Bagi penikmat film sendiri, mereka rela berkontribusi terhadap pemasukan para penyedia layanan. Baik dengan secara sukarela maupun dipaksa untuk meng-klik iklan-iklan yang dijajakan di situs tersebut. But hey, faktanya situs situs tersebut tetap ramai diburu. Dan google seolah memfasilitasi situs-situs tersebut untuk tetap ada dan menjajakan layanannya. Ya, dengan bantuan google, mencari situs penyedia streaming film gratis yang kerap bergonta-ganti domain semudah mengetikkan kata kunci. Nah… berikut adalah situs-situs penyedia layanan nonton film online gratis yang bisa dengan mudah ditemukan lewat mesin pencarian di internet.

LayarKaca21 Aka LK21

Situs LayarKaca21 pertama kali muncul sekitar 5-6 tahun yang lalu. Kala itu, pembuatnya rajin posting di forum-forum untuk mempromosikan situs streaming filmnya yang menggunakan nama domain LayarKaca21.com dan LK21.org. Mereka mengaku mendapatkan film dari Ganool, situs download film yang sangat populer di era keemasan P2P sharing atau lebih dikenal dengan istilah Torrent.

Ya, saat torrent jadi pusat berbagi file, film-film bajakan memang bisa dengan mudah di download. Torrent bahkan menjadi sumber konten dari produsen CD atau DVD bajakan sejak lebih dari satu dekade silam dan bahkan sampai sekarang. Di Indonesia sendiri, Ganool pada saat itu memberikan kemudahan bagi pengguna internet yang tidak familiar dengan torrent, dengan menyediakan situs untuk download film gratis, lengkap dengan subtitle berbahasa Indonesia. Tak heran jika banyak situs streaming film gratisan yang menjadikannya sebagai sumber untuk mendownload film-film untuk dikumpulkan dan disajikan secara streaming.

LayarKaca21

Kembali ke LayarKaca21, kami sendiri tidak bisa memastikan apakah link situs yang kami dapat di internet ini dimiliki oleh orang atau instansi yang sama seperti saat kali pertama diluncurkan. Tapi sebagai informasi, saat kami telusuri link sumber dari film yang diputar secara streaming, domain yang digunakan adalah https://layarkaca21.org. Sehingga besar kemungkinan, situs yang kini menggunakan alamat IP ini valid sebagai situs LayarKaca21.

Pertanyaannya, apa yang membuat LayarKaca21 (LK21) menjadi situs streaming film online paling popular setelah Indoxxi? Well, Jika dilihat dari tampilannya, LK21 terlihat rapih. Hampir tak ada iklan popup. Jikapun ada iklan popup, praktis hanya iklan yang berasal dari mirror provider player nya (biasanya akan muncul saat tombol play di-klik). Selebihnya sang pemilik meletakkan iklan-iklan dengan cukup rapih dan tidak terlalu mengganggu. Mirip dengan Indoxxi.

Satu hal yang menurut kami cukup menarik adalah bahwa LayarKaca21 mengarahkan link nonton film dengan kategori negara Indonesia, ke situs resmi cineplex 21. Disini kami berasumsi bahwa LayarKaca21 memiliki kebijakan internal untuk tidak membajak film film buatan anak bangsa.

Room Cinema 21

Selain LayarKaca21 ada puluhan situs streaming online yang menyajikan film bersubtitle bahasa Indonesia. Room Cinema 21 adalah salah satunya. Situs ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin nonton film online secara gratis. Koleksi filmnya terbilang lengkap. FIlm dengan brebagai genre, yang diproduksi dari tahun 2000-an sampai tahun ini  bisa Anda temui di  Room Cinema 21.

Berbeda dengan kebijakan LayarKaca21,  di situs ini memuat juga film yang berasal dari Indonesia, selain tentu saja film dari China,  film Hollywood dan film dari negara lain yang populer. Untuk film Indonesia sendiri tidak dikelompokkan berdasar kategori negara, jadi harus menggunakan fasilitas search yang disedikan.

Secara tampilan, Anda akan melihat iklan yang terselip di antara deretan film-film yang tersedia. Pun begitu saat akan memutar film. Akan muncul iklan pop-up yang bisa dilewati atau di-skip sebelum film diputar.  Tapi overall, tampilan situs ini cukup rapih.

Bioskop

Situs nonton film online gratis yang bisa dengan mudah anda temukan di internet adalah Bioskop yang sebelumnya menggunakan nama Bioskop Blue. Situs ini punya tampilan mirip  IndoXXI sebelum situs tersebut memutuskan untuk tak lagi beroperasi pada awal tahun 2020 lalu.

Bioskop

Secara konten, Bioskop Blue menyajikan film-film yang cukup lengkap, khususnya untuk film Indonesia, India atau Bollywood, bahkan sampai drama Korea dengan kualitas minimal HDRip. Seperti situs streaming online gratis lainnya, terdapat berbagai iklan pop-up ketika mengakses situs maupun sebelum memutar film. Berbeda dari Room Cinema 21, situ Bioskop Blue menyediakan opsi untuk download film dan juga subtitle secara terpisah.

Gudang Film

Situs yang menyediakan layanan serupa dengan LayarKaca21 adalah Gudang Film. Situs ini menyediakan layanan streaming film gratis dengan beragam koleksi film, termasuk diantaranya film-film Indonesia yang dikelompokan berdasarkan kategori negara.

Gudang Film

Tampilan situsnya tergolong cukup simpel, meski tetap ada banner iklan yang terletak di bagian atas. Iklan pop up juga kerap muncul saat Anda beralih laman. Untungnya iklan tersebut dapat dengan mudah dihilangkan tanpa otomatis meng-klik ke halaman iklan tujuan. Dan seperti halnya situs bioskop, Gudang Film menyediakan opsi download. Ya, disini Anda bisa mengunduh beragam film dan serial TV yang tersedia di Gudang Film dengan berbagai resolusi yang tersedia.

{Baca Juga : Nonton Film Gratis Via Aplikasi Android!  }

IndoMovie

Sesuai namanya, terdapat banyak sekali film Indonesia yang bisa dinikmati di situs link Indo Movie. Selain itu, banyak juga film yang berasal dari negara lain, seperti Bollywood dan Hollywood dengan beragam genre.

Meski demikian, Indo Movie hanya menyediakan layanan streaming online saja, tanpa memberikan kemudahan kepada penonton untuk download film terbaru. Tapi, server nonton film online yang disediakan cukup beragam, dan ada Google Drive juga sebagai salah satu opsinya.

IndoMovie

Berbicara soal kualitas, Indo Movie menyajikan film dengan kualitas minimal HDRip sampai 1080p. Tapi untuk film Indonesia, rata-rata ditayangkan dalam format HDRip sampai 720p saja.

*note : link Indomovie hanya bisa dibuka jika Anda menggunakan VPN

PusatFilm21

Selain LayarKaca21 dan IndoXXi, PusatFilm21 menjadi salah satu situs yang banyak dicari penikmat film di mesin pencarian google. Ya, sesuai namanya, situs nonton film online ini tak ubahnya pusat untuk menonton film-film terbaru. Berbagai film dari beragam genre dan tahun rilis tersedia di PusatFilm21. Bahkan di link terbaru PusatFilm21, Anda bisa menemukan film-film Indonesia.

PusatFilm21

Secara tampilan, situs ini cukup banyak menampilkan iklan yang berbentuk sisipan banner dan juga pop-up yang muncul saat pengguna ingin memutar film. Tapi untungnya, situs ini didukung oleh server yang lumayan cepat.

PusatFilm21 juga menyediakan fitur download untuk Anda yang ingin menikmati tayangan secara offline. Resolusi yang dihadirkan juga lengkap dan bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

DuniaFilm21

DuniaFilm21 jadi salah satu situs wonton film online gratis yang bisa diandalkan sebagai situs pengganti IndoXXI. Koleksi filmnya pun tak kalah lengkap dan juga terus diperbarui, sehingga Anda tidak akan kesulitan mencari film yang ingin Anda tonton.

Soal tampilan websitenya, terlihat sedikit lebih “ramai” jika dibandingkan dengan IndoXXI. Saat pertama kali masuk, Anda akan langsung disuguhi dengan iklan pop-up. Banner iklan lain juga terselip di antara deretan film-film yang tersedia.

Begitu juga saat Anda beralih ke page lain, iklan pop-up akan selalu muncul. Sedikit banyak, hadirnya iklan pop-up ini bisa membuat jengkel juga.

DuniaFilm21 Nonton Film Online

Untungnya saat memutar film bisa dilakukan tanpa ribet. Anda juga bisa mengunduh film yang ingin Anda tonton. Subtitle-nya bersifat hard sub. Ini berarti Anda tak perlu lagi memasukkan subtitle-nya secara manual.

Link terbaru DuniaFilm21 menawarkan film dengan berbagai resolusi yang bisa dinikmati. Buat Anda yang tidak suka menyaksikan film dengan gambar seadanya, situs ini menyediakan pilihan resolusi hingga 1080p yang pastinya jernih. Dan yang menarik dari DuniaFilm21 adalah ketersediaan aplikasi yang bisa Anda download di Google Play Store. Aplikasi ini relatif lebih nyaman digunakan saat Anda ingin menonton film dari HP atau Anda bisa menampilkannya di layar TV menggunakan fitur screen mirroring.

IndXXI

Well, baik nama maupun logonya memang mengingatkan kita pada Indoxxi. Tapi situs bernama IndXXI ini sepertinya bukan situs yang sama, meskipun secara tampilan nyaris identik. Perbedaan utama yang bisa kita lihat praktis hanya iklan yang bertumpuk, beda dengan Indoxxi yang relatif lebih bersih.

Berbeda daripada situs nonton film online lainnya, IndXXI bisa diakses dengan dua cara. Melalui IP link atau via mengakses situs “Gabut.net”. Tampilan situsnya sangat menyerupai IndoXXI maupun LayarKaca21. Banyak sekali iklan yang tampil di banner dan juga pop-up.

Indoxxi

Meski demikian, film yang sangat banyak. Mulai dari Hollywood, Bollywood, drama Korea, sampai film Indonesia juga ada di sini. Kualitasnya? Mulai dari HDRip sampai BluRay 1080p juga tersedia.

Selain nonton streaming, Anda pun bisa download film favorit di sini. Caranya mirip dengan cara download film di link IndoXXI. Cukup pilih tombol download, dan pilih kualitas filmnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.